10 Rekomendasi Sabun Batangan Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sabun Batang Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Penggunaan sabun batang di Indonesia sudah ada sejak zaman dahulu. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman, banyak yang lebih memilih untuk memakai sabun cair, karena dianggap lebih praktis. Namun, sabun batang ternyata tidak kalah bagusnya dibandingkan dengan sabun cair.

Sabun batang yang berkualitas bisa dipakai untuk membersihkan seluruh tubuh. Anda tidak perlu memakai shampo atau sabun khusus cuci muka lagi, karena sabun batang juga bisa dipakai untuk membersihkan rambut dan muka. Ekonomis dan banyak sekali fungsinya, bukan? Kali ini kami akan merekomendasikan 10 sabun batang terbaik untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Daftar isi

Pengetahuan dasar tentang sabun

Pengetahuan dasar tentang sabun
Sabun adalah salah satu jenis dari surfaktan. Surfaktan merupakan molekul yang berfungsi untuk mempersatukan campuran yang terdiri dari minyak dan air. Bahan ini banyak digunakan untuk memproduksi kosmetik. Sabun dihasilkan dengan cara mereaksikan asam lemak dengan alkali.

Banyak yang berpikir bahwa kata “sabun” hanya dapat digunakan untuk sabun batang. Akan tetapi, sebenarnya  sabun cair dan sabun dalam bentuk powder (bedak) juga dapat disebut sebagai sabun. Sebaliknya, beberapa produk berbentuk sabun batang sebenarnya tidak dapat disebut sebagai sabun.

Apa bedanya dengan facial cleansing foam?

Apa bedanya dengan facial cleansing foam?
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, beberapa produk berbentuk sabun batang sebenarnya tidak dapat disebut sebagai sabun. Apa sih sebenarnya yang membedakan sabun dengan facial cleansing foam?

Perbedaan paling besar antara sabun dengan facial cleansing foam adalah surfaktan sintetis yang terdapat di dalamnya. Surfaktan sintetis mempunyai daya pembersih yang kuat dan bisa mengakibatkan minyak alami penting yang terkandung dalam kulit lepas. Ketika Anda membandingkan sabun dengan facial cleansing foam, bisa dikatakan bahwa sabun batang lebih lembut dan tidak merusak kulit.

Cara memilih sabun batang

Banyak jenis sabun batang yang dijual di pasaran dengan harga dan jenis yang berbeda-beda. Sebenarnya mana yang harus kita pilih? Yuk, kita simak penjelasannya.

Pilih yang sesuai dengan tipe kulit

Pada dasarnya kulit manusia terbagi atas 2 tipe, yaitu tipe kulit kering dan kulit berminyak. Selain itu ada juga kulit yang sensitif. Pilihlah sabun batang yang sesuai dengan kulit Anda.

Kulit kering

Kulit kering
Untuk Anda yang memiliki tipe kulit kering, kami menganjurkan Anda untuk memilih sabun yang bening atau transparan. Sabun yang transparan biasanya mengandung gliserin yang berfungsi sebagai pelembap. Dengan demikian, kulit Anda akan tetap lembap setelah pemakaian.

Pilihlah sabun yang mempunyai kandungan oleic acid yang banyak ditemukan pada olive oil (minyak zaitun) dan camellia oil (minyak biji teh). Oleic acid mempunyai kemiripan dengan asam lemak pada kulit manusia dan mempunyai fungsi untuk mengangkat kotoran sekaligus melembapkan kulit.

Kulit berminyak

Kulit berminyak
Untuk Anda yang mempunyai kulit normal atau berminyak, sebaiknya Anda memilih sabun yang padat atau tidak bening. Sabun yang padat mempunyai bahan dasar minyak, dan mengandung lebih sedikit bahan pelembap seperti gliserin. Daya pembersih sabun padat pun lebih kuat dibandingkan dengan sabun yang bening.

Pilihlah sabun yang mempunyai kandungan stearic acid dan palmitic acid. Zat-zat tersebut dapat ditemukan pada beef tallow (lemak sapi) dan minyak sawit dengan khasiat membersihkan kotoran dan minyak berlebih dengan baik.

Kulit sensitif

Kulit sensitif
Bagi Anda yang mempunyai kulit yang sensitif, pakailah sabun untuk tipe kulit kering. Selain itu, pilihlah sabun yang tidak mengandung desinfektan atau zat tambahan. Sabun antiseptik juga mengandung bakterisida dan tidak dianjurkan untuk penggunaan pada kulit sensitif.

Anda juga sebaiknya menghindari penggunaan sabun yang mengandung chelating agents, seperti tetrasodium EDTA dan tetrasodium etidronate. Chelating agents dipakai untuk menghasilkan busa dan mencegah adanya remahan sabun. Bahan ini sebaiknya dihindarkan untuk Anda yang berkulit sensitif.

Pilihlah tipe sabun yang sesuai

Pilihlah tipe sabun yang sesuai

Tahukah Anda jika terdapat berbagai cara dalam memproduksi sabun? Sabun batang dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan cara pembuatannya. Pilihlah tipe sabun yang cocok untuk Anda.

Sabun dari proses saponifikasi

Saponifikasi adalah metode pembuatan sabun yang bersifat tradisional. Saponifikasi merupakan proses mereaksikan lemak atau minyak dengan alkali pada suhu yang panas. Proses saponifikasi pun terdiri dari beberapa jenis.

Setelah saponifikasi, pembuatan sabun akan memasuki proses salting out. Salting out adalah proses penambahan garam untuk membersihkan dan menjernihkan kandungan berlebih yang terdapat di dalam sabun. Selain salting out, terdapat pula metode pembakaran setelah proses saponifikasi. Dengan metode pembakaran ini, seluruh kandungan sabun tetap terjaga, meskipun tidak sejernih sabun yang melalui proses salting out.

Terdapat juga cold process soap making dalam saponifikasi. Metode pembuatan sabun cold process dilakukan dengan cara mereaksikan lemak atau minyak dengan alkali yang kuat. Karakteristik dari cold process soap making yakni tidak dilakukan pada suhu yang panas dan tidak perlu melewati proses salting out.

Sabun dari proses netralisasi

Netralisasi adalah metode pembuatan sabun dengan cara menguraikan lemak atau minyak menjadi asam lemak dan gliserin sebelum mereaksikannya dengan alkali. Metode ini tidak memerlukan proses salting out, karena tidak terdapat lagi kandungan berlebih dalam sabun.

Selain itu, metode ini membuat produsen bisa dengan bebas mengatur jenis dan banyaknya asam lemak yang ingin ditambahkan dalam produksi sabun. Dengan demikian, produsen bisa mengatur banyaknya busa, tingkat kelembutan, dan daya pembersih sabun sesuai yang diinginkan.

Sabun batang yang dibuat dengan mesin

Kebanyakan dari sabun batang yang dijual di Indonesia terbuat dari mesin. Ciri khas dari sabun batang yang dibuat dengan mesin adalah harganya yang terjangkau. Akan tetapi, dikarenakan proses pendinginan dan pengeringan yang cepat untuk meningkatkan efektifitas produksi, kandungan air dalam sabun menjadi berkurang dan fisik sabun pun menjadi lebih keras.

Sabun batang yang dibuat dengan mesin cenderung cepat terurai oleh air dan cepat mengembang. Akan tetapi, harganya yang terjangkau membuat sabun batang yang dibuat dengan mesin lebih ekonomis untuk dipakai setiap hari.

Sabun batang yang dibuat dengan cetakan

Selain sabun batang yang dibuat dengan mesin, terdapat juga sabun batang yang dibuat dengan cetakan. Sabun ini dibuat dengan cara menuangkan larutan sabun ke dalam cetakan dan mengeraskan dengan cara membiarkannya dalam jangka waktu yang cukup lama. Sebelum sabun mendingin dan mengeras, produsen bisa menambahkan parfum dan pewarna, lalu memotongnya sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

Dibandingkan dengan sabun batang yang dibuat dengan mesin, sabun batang yang dibuat dengan cetakan mempunyai molekul yang besar dan tidak mudah terurai oleh air. Akan tetapi, dikarenakan sabun yang dibuat dengan cetakan mengandung banyak kelembapan, Anda sebaiknya tidak menyimpan terlalu lama untuk menghindari berubahnya bentuk sabun.

Harga sabun batang yang dibuat dengan cetakan cenderung lebih mahal dibandingkan dengan sabun batang yang dibuat dengan mesin. Akan tetapi, sabun batang yang dibuat dengan cetakan bisa lebih melembapkan dan membuat kulit terasa lebih lembut.

Pilih yang mengandung alkali

Pilih yang mengandung alkali

Sabun bersifat basa karena terbuat dari reaksi antara asam lemak dengan alkali. Apabila terdapat sabun yang tertulis pH “netral” atau “bersifat asam” pada kemasannya, produk tersebut bukanlah “sabun” atau surfaktan yang sebenarnya. Meskipun produk tersebut berbentuk sabun batang, produk tersebut terbuat dari surfaktan sintetis dan bukan sabun yang sebenarnya.

Mungkin ada yang berpendapat bahwa sabun yang sedikit bersifat asam itu baik untuk kulit, mengingat bahwa kulit manusia memang sedikit bersifat asam. Akan tetapi, tidaklah demikian. Kulit manusia secara alami bisa menetralkan dan mengembalikan ke pH sebelumnya setelah pemakaian sabun yang bersifat basa.

Sabun yang bersifat basa atau alkali bisa membersihkan kotoran dengan lebih efektif dan membuat kulit lebih segar. Oleh karena itu, pilihlah sabun yang mengandung alkali atau dengan pH di atas angka 7.

10 Rekomendasi sabun batang terbaik

Berikut adalah 10 rekomendasi sabun batang terbaik dari kami. Pilihlah yang sesuai dengan kulit Anda. Semoga bermanfaat untuk Anda dan keluarga.

10. Dettol Gold Bar Soap Green Daily Clean

10. Dettol Gold Bar Soap Green Daily Clean
Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.000

Sabun antiseptik untuk Anda yang aktif

Dettol merupakan perusahaan antiseptik dan desinfektan terpercaya di dunia. Dettol Gold Bar Soap Green Daily Clean bisa melindungi Anda dari berbagai jenis kuman yang tidak terlihat oleh mata, seperti bakteri S. aureus, MRSA, dan S. epidermidis.

Selain bisa membersihkan dan melindungi tubuh dari kuman, harga sabun antiseptik ini juga relatif terjangkau. Ditambah dengan wangi lemongrass yang tahan lama, kulit Anda bisa segar sepanjang hari. Sabun ini cocok untuk Anda yang aktif dan ingin selalu terlindungi dari kuman.

9. The Body Shop New Satsuma Soap

9. The Body Shop New Satsuma Soap
Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 49.000

Sabun dengan satsuma oil dan wangi citrus yang segar

Sabun Body Shop telah dikenal oleh kalangan banyak. Terbuat dari surfaktan yang berbasis minyak sawit dan dikombinasikan dengan satsuma oil, sabun ini bisa membersihkan secara efektif tetapi tetap bisa menjaga kelembapan kulit. Satsuma oil yang khusus diimpor dari Argentina ini mengandung vitamin C yang bisa membuat kulit lebih sehat, cerah, dan berkilau.

Wangi citrus yang segar juga bisa membuat hari Anda lebih ceria. Produk ini dikemas hanya dengan bahan-bahan nabati, sehingga bisa digunakan oleh Anda yang vegetarian. Sabun ini cocok untuk Anda yang ingin kulit Anda tetap segar dan lembap.

8. Bath & Body Works Aromatherapy Stress Relief Eucalyptus Spearmint

8. Bath & Body Works Aromatherapy Stress Relief Eucalyptus Spearmint
Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 65.000

Mengandung eucalyptus dan spearmint yang bisa membuat suasana hati rileks

Anda ingin melepas stres setiap kali Anda mandi? Ini adalah produk yang cocok untuk Anda. Sabun Bath and Body Works ini mengandung gliserin dan kandungan minyak alami yang wangi dan membuat Anda rileks. Gliserin berguna untuk melembapkan kulit.

Sabun batang asal Amerika ini mengandung eucalyptus essential oil yang dipercaya bisa menenangkan hati dan melepas stres. Tidak hanya itu, kandungan spearmint essential oil melembutkan dan membuat kulit lebih segar. Dengan menggunakan produk ini, waktu mandi Anda pun menjadi lebih menyenangkan.

7. L’occitane en Provence Extra Gentle Milk Soap with Shea Butter

7. L’occitane en Provence Extra Gentle Milk Soap with Shea Butter
Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 30.000

Sabun asal Perancis yang mengandung shea butter dan susu

Shea butter merupakan bahan yang berasal dari Afrika Selatan, dan sejak dulu telah dipercaya dapat menutrisi kulit dan rambut. Shea butter dapat menjaga agar lapisan hydrolipidic pada kulit tetap sehat, dan memberikan pertahanan alami agar kulit tetap segar.

Sabun dari Perancis ini diformulasikan dengan 100% bahan dasar nabati, dan sangat lembut karena mengandung kandungan susu. Sabun ini bisa digunakan untuk segala jenis kulit, termasuk Anda yang mempunyai kulit kering dan sensitif. Produk ini juga aman digunakan untuk anak-anak, lho!

6. Martha Tilaar Sariayu Anti Acne Soap

6. Martha Tilaar Sariayu Anti Acne Soap
Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 20.900

Sabun anti jerawat dengan pegagan dan daun sirih

Hampir semua orang Indonesia tahu bahwa produk Martha Tilaar adalah produk asli Indonesia berkualitas yang telah dikenal di dunia internasional. Untuk Anda yang memiliki kulit yang berjerawat, sabun ini cocok untuk Anda. Sabun anti jerawat ini mengandung pegagan dan daun sirih, yang bisa menutrisi kulit sekaligus mencegah timbulnya jerawat pada kulit.

Selain itu, sabun anti jerawat ini juga mengandung puspa gagam rempah dan bunga tumbuhan yang berfungsi untuk membersihkan minyak berlebih secara efektif serta membuat kulit segar dan lembut. Dengan memakai sabun ini, Anda pun bisa memiliki kulit cerah yang bebas jerawat.

5. Pears Transparent Original Soap

5. Pears Transparent Original Soap
Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 65.000

Sabun transparan yang bisa membuat kulit tetap lembap

Anda sedang mencari sabun yang bening dan transparan? Pears adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Berasal dari Inggris, Sabun Pears merupakan sabun transparan pertama di dunia yang diproduksi secara massal. Pertama kali dijual pada tahun 1807, sabun Pears mengandung minyak alami dan gliserin yang bisa melembapkan kulit.

Formula gentle care pada produk ini bisa membersihkan tanpa menghilangkan minyak alami pada kulit. Sabun ini cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit kering. Anda ingin merasakan sabun yang mempunyai sejarah selama lebih dari 200 tahun? Pears adalah pilihan yang sesuai untuk Anda.

4. Lifebuoy Sabun Batang Total 10

4. Lifebuoy Sabun Batang Total 10

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.999

ActivSilver Formula yang melindungi kulit Anda dari kuman

Anda ingin selalu terlindung dari kuman? produk ini adalah jawabannya. Mengandung timol aktif alami dan ActivSilver Formula, sabun ini bisa melindungi kulit Anda dari 10 kuman penyebab masalah. Jadi, Anda tidak harus takut lagi untuk beraktivitas di luar rumah.

Selain bisa membuat kulit Anda selalu terlindung dari kuman, sabun ini juga bisa menghasilkan busa yang banyak, dan bisa membuat kegiatan mandi Anda menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Mengandung gliserin yang bisa melembapkan kulit, harganya yang terjangkau pun menjadi nilai tambah dari produk ini. Lifebuoy Total 10 adalah pilihan yang tepat untuk Anda dan keluarga yang aktif.

3. Dr Bronner’s Peppermint Pure-Castile Bar Soap

3. Dr Bronner’s Peppermint Pure-Castile Bar Soap

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 90.000

Sabun ramah lingkungan yang mengandung banyak minyak organik

Dr Bronner merupakan perusahaan keluarga asal Jerman yang mempunyai sejarah selama 150 tahun. Sabun Dr Bronner mengandung berbagai jenis minyak-minyak organik yang bisa menutrisi kulit, seperti minyak kelapa organik, minyak sawit organik, minyak zaitun organik, hemp oil organik, serta jojoba oil organik. Lengkap dan banyak sekali, bukan?

Banyaknya kandungan minyak nabati organik pada “magic soap” ini membuat seluruh tubuh kita senantiasa lembap dan lembut setelah penggunaan. Wangi peppermint yang segar pun membuat mandi menjadi lebih menyenangkan. Tidak hanya itu, produk Dr Bronner juga sangat ramah lingkungan. Kertas pembungkus sabun ini bisa didaur ulang, lho! Sabun ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin kulit Anda tetap bernutrisi.

2. Bali Alus Sabun Beras Lemongrass

2. Bali Alus Sabun Beras Lemongrass
Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 19.000

Sabun cold process alami dari beras dan lemongrass

Lemongrass (sereh atau serai) telah dipakai oleh masyarakat Indonesia sejak dulu karena dipercaya mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan. Selain untuk konsumsi, serai juga dipakai untuk mandi karena dapat menghangatkan tubuh. Bali Alus Sabun Beras Lemongrass memberikan solusi praktis untuk Anda yang tidak mau susah payah merebus serai sendiri.

Natural soap dari Bali ini merupakan cold process soap dan dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami. Kandungan beras dan serai dalam sabun ini bisa menyamarkan flek, stretch mark, jerawat, dan selulit. Selain itu, produk ini juga bisa membuat kulit hangat dan lembut. Produk ini cocok untuk Anda yang suka dengan wangi serai yang hangat.

1.  Cow Style Red Box Soap

1.  Cow Style Red Box Soap
Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 15.000

Sabun tradisional dengan susu sapi segar dan Japan wagyu oil

Cow Style Red Box Soap merupakan sabun batang yang populer sejak dulu di Jepang. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1909 ini memproduksi sabun dengan menggunakan Kettle Saponification Method. Proses ini memakan waktu 1 minggu dan membuat kelembapan sabun tetap terjaga.

Terbuat dari susu sapi segar yang dikombinasikan dengan Japan wagyu oil, sabun batang ini bisa membuat kulit Anda tetap lembap dan lembut. Selain bisa mencerahkan warna kulit, produk ini juga mempunyai wangi mawar yang segar. Sabun ini bisa Anda gunakan untuk membersihkan seluruh tubuh, termasuk wajah. Harganya yang cukup terjangkau pun tidak membuat kantong bolong.

Cara menghasilkan busa pada sabun batang

Cara menghasilkan busa pada sabun batang

Mungkin banyak yang tidak begitu mengerti tentang cara menghasilkan busa yang benar sewaktu menggunakan sabun batang. Busa yang benar bisa membantu mengangkat kotoran berlebih dan membersihkan kulit secara lebih efektif.

Busa yang benar bisa dihasilkan dengan cara menggosokkan sabun batang pada telapak tangan dengan menggunakan air hangat. Busa yang dihasilkan secara perlahan-lahan dikumpulkan, sehingga menjadi kumpulan busa yang berkualitas. Setelah itu, gunakanlah busa tersebut untuk membersihkan seluruh bagian tubuh.

Anda juga bisa menggunakan sponge mandi untuk menghasilkan busa pada sabun batang. Gunakan air hangat dan gosoklah sabun batang dengan sponge mandi untuk menghasilkan busa. Setelah penggunaan, untuk menjaga kebersihan sponge mandi, jangan lupa untuk membersihkan dan gantung sponge mandi di tempat yang kering.

Kesimpulan

Kali ini kami telah merekomendasikan 10 sabun batang terbaik. Kami juga telah mencantumkan harga dan keunggulan masing-masing produk. Bagaimana menurut Anda?

Sabun adalah produk yang selalu dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Pilihlah sabun batang yang sesuai dengan tipe kulit dan kebutuhan Anda. Kami berharap rekomendasi kami bermanfaat untuk Anda dan keluarga.