10 Rekomendasi Tusuk Gigi Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Tusuk Gigi Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Tusuk gigi sering diasosiasikan sebagai alat untuk membersihkan gigi setelah makan. Namun, sebenarnya ada beragam variasi tusuk gigi baik dari bahan, bentuk, ukuran, maupun fungsinya. Selain untuk menjaga kebersihan mulut, tusuk gigi ternyata mempunyai banyak fungsi lain.

Kali ini, kami menjelaskan berbagai kegunaan beserta cara memilih tusuk gigi yang sesuai kebutuhan. Selain itu, kami juga merekomendasikan sepuluh produk tusuk gigi dengan beragam aplikasinya. Mulai dari alat pembersih gigi hingga yang dapat dijadikan tusuk makanan! Temukan berbagai hal baru seta keunikan fungsi tusuk gigi dalam artikel ini!

Daftar isi

Macam-macam kegunaan tusuk gigi

Macam-macam kegunaan tusuk gigi

Apakah Anda hanya menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi? Sebetulnya, banyak sekali kegunaan tusuk gigi yang lain. Tusuk gigi dapat dijadikan alat kebersihan, membuat kerajinan tangan, menghias cat kuku, hingga alat dekorasi permen dan manisan lainnya.

Berikut ini akan dijelaskan beragam kegunaan tusuk gigi beserta cara memilih produk yang tepat. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk pilihan yang dapat menjadi referensi Anda saat berbelanja.

Cara memilih tusuk gigi

Anda dapat memilih tusuk gigi sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan saat penggunaan. Semua itu tergantung pada bentuk, panjang, ketebalan, dan bahan dasar tusuk gigi tersebut.

Kenali perbedaan kegunaan tusuk gigi berdasarkan bentuk, panjang, dan ketebalannya

Perbedaan panjang, lebar, dan bentuk tusuk gigi akan memberikan kenyamanan yang berbeda ketika digunakan.

Tusuk gigi yang panjang lebih mudah untuk dipegang

Tusuk gigi yang panjang lebih mudah untuk dipegang

Tusuk gigi dengan panjang 9 cm akan lebih mudah dipegang daripada yang berukuran 5 cm. Jika Anda butuh untuk memberi tekanan di bagian ujungnya, tusuk gigi berukuran panjang merupakan pilihan yang tepat. Contohnya adalah tusuk gigi yang digunakan untuk mengambil manisan atau buah potong. Karena itu, penting untuk mengetahui ukuran panjang tusuk gigi sebelum membeli.

Tusuk gigi yang tebal lebih kukuh untuk dipegang

Tusuk gigi yang tebal lebih kukuh untuk dipegang

Tusuk gigi yang tebal umumnya lebih kuat dan tidak mudah patah. Jika Anda menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan gigi, tentu tidak memerlukan tusuk gigi yang tebal. Namun, jika digunakan untuk mengambil atau mempertahankan susunan makanan, tusuk gigi yang tebal adalah pilihan yang tepat. Sebaliknya, jika Anda menggunakan tusuk gigi untuk dekorasi kue atau menghias kuku, tusuk gigi yang halus lebih direkomendasikan. Sebelum membeli, perhatikan ketebalan tusuk gigi untuk kenyamanan saat pemakaian.

Bentuk bulat, pipih, dan persegi memiliki fungsi yang berbeda-beda

Bentuk bulat, pipih, dan persegi memiliki fungsi yang berbeda-beda

Tusuk gigi berbentuk bulat adalah model paling umum untuk membersihkan gigi ataupun digunakan untuk dekorasi kue. Bentuk pipih cocok digunakan untuk mengambil sekaligus memotong manisan. Tusuk gigi berbentuk persegi relatif tidak licin ketika dipegang dan juga lebih mudah digunakan untuk menusuk makanan. Anda dapat memilih bentuk tusuk gigi sesuai dengan kebutuhan dan penggunaannya.

Perhatikan ujungnya apakah runcing atau tumpul

Perhatikan ujungnya, apakah runcing atau tumpul

Penggunaan tusuk gigi yang tajam cenderung dapat merusak gusi. Namun, sisa makanan yang terjebak di sela-sela gigi juga tidak bisa diambil dengan tusuk gigi yang tumpul. Karena itu, pilihlah bentuk tusuk gigi yang tepat dan sesuai dengan penggunaannya.

Selain itu, perlu diperhatikan agar tusuk gigi dapat terbebas dari jangkauan anak-anak. Tusuk gigi bisa menjadi barang berbahaya karena terbuat dari bahan yang keras dengan ujung yang tajam.

Pilihlah bahan tusuk gigi yang sesuai dengan kebutuhan

Jika Anda sering menggunakan tusuk gigi dalam jumlah yang besar, pilihlah produk dengan harga murah. Sebaliknya, jika Anda hanya menggunakannya sesekali, pada momen spesial bersama tamu istimewa, tusuk gigi yang berkualitas adalah pilihan yang tepat.

Berikut ini akan dijelaskan lima macam bahan dasar tusuk gigi yang umum digunakan, yaitu kayu, bambu, plastik, dan logam. Masing-masing bahan tersebut mempunyai harga yang berbeda-beda. Namun, selain masalah harga, penting juga disesuaikan dengan kegunaannya.

Kayu, cocok untuk pemakaian dalam jumlah besar

Kayu, cocok untuk pemakaian dalam jumlah besar

Pada umumnya, tusuk gigi yang terbuat dari kayu birch berasal dari Cina dan Jepang. Tusuk gigi jenis ini harganya relatif murah dan dijual dalam kemasan besar. Jika Anda sering dan banyak menggunakan tusuk gigi, bahan kayu ini adalah pilihan yang tepat. Namun, tipe ini relatif mudah rusak di bagian ujung dan pangkalnya.

Bambu, cocok untuk membersihkan sela-sela yang sempit

Bambu, cocok untuk membersihkan sela-sela yang sempit

Tusuk gigi dari bambu juga banyak ditemukan di pasaran. Harganya pun lebih murah dibandingkan tusuk gigi kebanyakan. Istimewanya lagi, tusuk gigi bambu dinilai kuat dan tidak mudah patah. Bagian ujungnya yang tipis dan lancip sangat cocok digunakan untuk membersihkan celah-celah yang sempit. Namun, tipe ini tidak direkomendasikan untuk membersihkan sela-sela gigi karena cukup tajam sehingga dapat melukai gusi.

Plastik polypropylene, cocok untuk melengkapi bekal makan siang yang cantik

Plastik polypropylene, cocok untuk melengkapi bekal makan siang yang cantik

Tipe ini mempunyai bentuk dan warna yang bervariasi, sangat cocok untuk mempercantik kotak makan anak kesayangan Anda. Tusuk gigi plastik yang kukuh dan keras dapat digunakan untuk dekorasi makanan. Sebaliknya, tusuk gigi plastik yang lebih lembut bisa digunakan untuk membersihkan gigi tanpa takut melukai gusi.

Logam, dapat digunakan berulang kali

Logam, dapat digunakan berulang kali

 

Tusuk gigi sekali pakai sudah biasa. Namun, ada juga tusuk gigi yang dapat digunakan berulang kali. Biasanya tusuk gigi tipe ini terbuat dari logam, seperti emas, perak, titanium, tetapi ada juga yang berasal dari gading.

Produk ini relatif kuat dan ramah lingkungan. Namun, jika Anda tertarik menggunakannya, perlu dicermati aspek kebersihannya. Sebaiknya Anda memilih tusuk gigi yang mudah dibersihkan dengan cairan antibakteri.

10 Rekomendasi tusuk gigi terbaik

Di bawah ini, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tusuk gigi terbaik untuk Anda. Kami memilihkan berbagai variasi tusuk gigi dengan kegunaan yang berbeda-beda. Anda dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

10. Tusuk Gigi Kiloan

10. Tusuk Gigi Kiloan

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 18.000

Murah dan fungsional

Jika Anda ingin menggunakan tusuk gigi dalam jumlah besar, kami rekomendasikan tusuk gigi berkemasan besar atau yang dijual kiloan. Produk ini cukup ekonomis digunakan di restoran atau acara-acara besar karena harganya yang murah. Anda dapat menggunakannya baik untuk membersihkan gigi, kerajinan tangan, maupun untuk menusuk makanan kecil.

Bahan Bambu
Ukuran Tidak disebutkan
Jumlah 10 pak

9. Tusuk Gigi Bambu untuk Dessert

9. Tusuk Gigi Bambu untuk Dessert

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 39.000

Tajam dan kuat. Tidak perlu khawatir patah!

Produk ini memiliki ujung yang tajam, cocok digunakan sebagai tusuk buah. Ukurannya yang relatif panjang dapat digunakan untuk menyatukan bagian-bagian makanan yang mudah terlepas seperti sandwich. Di samping itu, bagian pangkal yang melengkung berbentuk simpul akan mempercantik sajian dessert Anda.

Bahan Bambu
Ukuran 9 cm dan 12 cm
Jumlah 100 batang

8. Tusuk Gigi Plastik Interdental

8. Tusuk Gigi Plastik Interdental

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat Produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 18.600

Nyaman untuk Anda yang menggunakan kawat gigi

Tidak hanya sekadar tusuk gigi, produk ini juga dilengkapi dengan bulu sikat halus yang dapat mengangkat sisa makanan di sela gigi. Dengan demikian, sisa-sisa makanan di sela gigi dapat dibersihkan dengan lembut. Hal ini dapat mengurangi risiko kerusakan pada gusi.

Jika Anda menggunakan kawat gigi, tusuk gigi ini adalah pilihan yang tepat. Bulu sikatnya dapat masuk ke bagian yang sulit dijangkau sikat gigi biasa. Tusuk gigi plastik ini juga dapat dibersihkan dan digunakan beberapa kali. Karena itu, produk ini relatif ekonomis.

Bahan Plastik
Ukuran 6,5 cm
Jumlah 50 batang

7. Tusuk Gigi Dental Floss

7. Tusuk Gigi Dental Floss

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat Produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.000

Membersihkan sela gigi tanpa khawatir merusak gusi

Tusuk gigi benang menggabungkan dua fungsi dalam satu produk yaitu tusuk gigi dan benang pembersih gigi (dental floss). Desain tusuk gigi ini memudahkan Anda untuk menggunakan dental floss ketika membersihkan sela-sela gigi. Benang yang tipis dan halus, aman untuk kesehatan gusi Anda.

Bagian ujung tusuk gigi ini didesain tipis tetapi tidak runcing. Anda dapat menggunakannya seperti tusuk gigi konvensional. Ujungnya yang pipih dan tumpul lebih mudah menjangkau sisa makanan di sela-sela gigi, tanpa khawatir akan melukai gusi.

Bahan Plastik
Ukuran 7,8 cm
Jumlah 24 batang

6. Tusuk Gigi Bendera

6. Tusuk Gigi Bendera

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat Produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 25.000

Tusuk gigi sekaligus hiasan

Anda dapat menghias kudapan untuk si kecil atau penganan di acara pesta degan tusuk gigi berhias bendera. Warna-warni bendera ini membuat hidangan Anda semakin cantik. Tersedia hiasan bendera kertas dari berbagai negara yang tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain itu, tusuk gigi bendera juga bisa digunakan sebagai pelengkap kerajinan tangan maupun dekorasi untuk kue tar. Namun, penggunaan oleh anak-anak tetap harus dalam pantauan orang dewasa. Ujungnya yang tajam dan runcing dapat membahayakan jika tidak digunakan dengan berhati-hati.

Bahan Tidak disebutkan
Ukuran Tidak disebutkan
Jumlah 10 batang

5. Victorinox Toothpick

5. Victorinox Toothpick

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 20.000

Andalan saat beraktivitas di luar rumah

Anda sering beraktivitas di alam terbuka? Victorinox menyediakan produk tusuk gigi yang dapat menemani Anda saat berada di luar rumah. Tusuk gigi ini dapat dipasang pada pisau lipat serbaguna dengan merek yang sama, seperti pisau lipat Victorinox Classic, Executive, dan Rally Models.

Anda dapat menggunakannya untuk membersihkan gigi atau alat survival di alam terbuka, serta dapat menyimpannya dengan aman di saku. Meskipun harganya relatif mahal, tusuk gigi Victorinox dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Materialnya kuat dan juga mudah dibersihkan. Pastikan keaslian produk ini sebelum membeli!

Bahan Material sintetik solid
Ukuran 4,5 cm
Jumlah 1 batang

4. Meizhu Toothpick

4. Meizhu Toothpick

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.000

Murah, pas untuk pemakaian jumlah besar

Tusuk gigi kayu sangat umum digunakan, baik untuk keperluan dapur, catering, maupun restoran. Bahan kayunya kuat dan tidak berserabut, aman dan nyaman digunakan untuk membersihkan gigi. Harga tusuk gigi kayu ini juga relatif murah untuk pemakaian sehari-hari atau pemakaian dalam jumlah besar.

Bahan Kayu
Ukuran Tidak disebutkan
Jumlah 100 batang

3. Tiartisan Toothpick Set RT1572 (2 pcs)

3. Tiartisan Toothpick Set RT1572 (2 pcs)

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 277.340

Awet dipakai dalam waktu lama

Tusuk gigi ini berbahan dasar logam yang tahan karat dan mudah dibersihkan sehingga awet digunakan dalam jangka panjang. Anda juga dapat menggunakan ujungnya yang tajam untuk mengambil buah ataupun kudapan lainnya. Pilih produk ini apabila Anda berkomitmen mendukung zero waste program!

Bahan Logam
Ukuran 6,5 cm
Jumlah 2 batang

2. Tusuk Gigi Bungkus Kertas

2. Tusuk Gigi Bungkus Kertas

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat Produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 20.000

Masing-masing dibungkus kertas. Lebih higienis, deh!

Tusuk gigi yang dikemas satuan lebih terjamin kebersihannya. Produk ini sangat cocok digunakan di acara pesta, kafe, dan hotel Anda. Tusuk gigi bungkus kertas juga dapat dipakai saat menjamu tamu di rumah. Anda pun bisa menyelipkan beberapa batang tusuk gigi ini di dalam tas tanpa khawatir terkontaminasi oleh kotoran dan bakteri.

Bahan Bambu
Ukuran 6 cm
Jumlah 500 batang

1. Tusuk Gigi Titanium Outdoor

1. Tusuk Gigi Titanium Outdoor

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 216.000

Praktis dibawa ke mana-mana

Keistimewaan logam titanium antara lain ringan, tidak menyebabkan alergi, serta tahan karat. Tusuk gigi titanium ini dikemas dalam wadah tertutup dengan desain elegan, sangat praktis digunakan di luar ruangan atau menjadi hadiah untuk kolega dan teman. Produk ini juga cocok untuk Anda yang hobi camping dan bertualang di alam terbuka.

Bahan Titanium
Ukuran 7 cm
Jumlah 1 batang

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda tentang sepuluh macam tusuk gigi yang telah kami rekomendasikan? Tentu masih banyak lagi jenis dan merek lainnya, dengan hiasan dan model yang berbeda. Tersedia banyak variasi tusuk gigi, dengan ukuran, bentuk, dan fungsi yang beragam di pasar. Maka dari itu, pilihlah tusuk gigi yang sesuai dan paling nyaman untuk Anda gunakan!