• 10 Makanan Oleh-Oleh Khas Bandung Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Makanan Oleh-Oleh Khas Bandung Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Makanan Oleh-Oleh Khas Bandung Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Makanan Oleh-Oleh Khas Bandung Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Makanan Oleh-Oleh Khas Bandung Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Makanan Oleh-Oleh Khas Bandung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

    Sebagai salah satu kota wisata di Indonesia, Bandung tidak pernah sepi oleh wisatawan. Selain memiliki banyak tempat wisata unik, kota ini juga dikenal sebagai pelopor di bidang kuliner. Dengan alasan itu, kami akan merangkum sepuluh makanan oleh-oleh khas kota ini yang dapat Anda beli secara online.

    Selain Kartika Sari dan Amanda Brownies, ada beberapa merek oleh-oleh khas Bandung kekinian seperti Bandung Makuta dan Chocomory dalam rekomendasi kami. Kalau begitu, mari kita mulai artikel ini dengan membahas tips cara memilih oleh-oleh khas Bandung yang enak. Pastikan Anda membacanya hingga akhir, ya!
  • Pembaharuan terakhir: 14 Oktober 2021
  • 7.387 Views
Daftar isi

Kenali makanan khas Bandung yang populer

      Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Bandung, tetapi Anda belum mencicipi makanan khasnya. Bandung dikenal memiliki banyak makanan khas yang enak-enak. Namun, ada beberapa makanan yang terkenal dan disukai oleh berbagai kalangan, antara lain serabi, oncom, peuyeum, seblak, dan pisang bolen.

  • Serabi: Jajanan tradisional yang memiliki bahan dasar tepung beras, tepung terigu, dan santan kelapa. Karena dimasak menggunakan tungku, serabi pun memiliki cita rasa dan aroma yang khas. Anda bisa memilih serabi manis yang disiram dengan kinca dan serabi asin yang dicampur dengan oncom.

  • Seblak: Makanan pedas yang dibuat dari kerupuk basah dan dimasak bersama telur, sayuran, ayam, dan aneka topping lainnya. Bahkan, saat ini Anda juga bisa request untuk level pedasnya.

  • Oncom: Makanan hasil fermentasi dari ampas tahu dan ampas tapioka dengan bungkil kacang tanah. Meskipun tampilannya mungkin terkesan kurang menarik, oncom memiliki kandungan gizi yang baik.

  • Peuyeum: Dibuat dengan bahan dasar singkong yang diolah melalui proses fermentasi menggunakan ragi. Untuk kelezatan yang maksimal, biasanya peuyeum didiamkan selama 2–3 hari. Peuyeum juga diyakini dapat menghangatkan tubuh sehingga cocok dimakan ketika hawanya sedang dingin.

  • Pisang bolen: Bahan utamanya pisang yang dibalut dengan adonan tepung. Proses pembuatan bolen atau bolu molen ini umumnya dipanggang di dalam oven. Biasanya, pisang bolen juga dicampuri cokelat ataupun keju yang lumer di dalamnya.

Cara memilih makanan oleh-oleh khas Bandung

Enaknya kuliner di Bandung mungkin membuat Anda merasa rindu. Namun, karena jarak, Anda harus meluangkan waktu yang cukup panjang untuk pergi ke sana. Tak perlu sedih karena sekarang Anda dapat membeli makanan oleh-oleh khas Bandung secara online. Simaklah tips cara memilihnya berikut ini, ya!

Pilih jenis makanan yang disukai

Untuk memudahkan Anda, kami akan mengenalkan oleh-oleh khas Bandung dalam tiga kategori, yaitu makanan manis, makanan asin, dan snack. Namun, ada pula poin lain yang harus Anda perhatikan sebelum memilih produk. Yuk, langsung kita simak!

Makanan manis: Teman minum kopi atau teh

Makanan manis: Teman minum kopi atau teh
Siapa yang tak kenal brownies? Kue cokelat ini sering dijadikan oleh-oleh saat Anda berwisata ke Bandung. Namun, tidak hanya brownies, Anda juga dapat menemukan berbagai macam makanan manis lainnya. Mengingat rasanya yang manis, tentu Anda tidak dapat mengonsumsi jenis makanan ini dalam jumlah banyak.

Selain mengenyangkan, makanan manis juga mengandung banyak gula. Jadi, pastikan bahwa Anda tetap menjaga kadar gula dalam darah agar tidak memicu penyakit diabetes. Sebagai penyeimbang rasa, makanan manis khas Bandung akan pas untuk dikonsumsi sambil minum teh atau kopi. Dengan demikian, rasa manisnya akan sedikit berkurang.

Makanan asin: Disukai semua usia

Makanan asin dinilai lebih ringan dan dapat dinikmati berbagai usia. Jenis makanan ini akan terasa lebih nikmat apabila disantap dengan saus ataupun kuah pedas. Selain itu, terdapat beberapa makanan asin khas Bandung yang dikemas untuk dimatangkan di rumah, misalnya batagor. Jadi, Anda dapat menyesuaikan proses memasaknya hingga mendapatkan tekstur yang diinginkan.

Meskipun lezat, makanan asin juga sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan, terutama bagi Anda yang memiliki risiko hipertensi. Jangan sampai lupa untuk selalu memperhatikan faktor kesehatan saat mengonsumsi makanan, ya!

Snack: Pas untuk menemani waktu santai

Snack: Pas untuk menemani waktu santai
Saat membayangkan snack khas Bandung, mungkin yang terlintas di kepala Anda adalah keripik pedas. Kota Bandung memang dikenal sebagai pelopor snack dan makanan pedas yang menawarkan berbagai level kepedasan. Sering kali, snack-snack pedas ini juga dijadikan bahan hukuman saat berkumpul atau bermain games bersama teman-teman. Hal ini dikarenakan karena rasa pedasnya yang sulit hilang.

Walau begitu, tetap saja snack-snack ini banyak diburu wisatawan karena rasa pedasnya yang membuat ketagihan. Akan tetapi, kami sarankan Anda untuk tidak memaksakan diri jika merasa kepedasan agar tidak mengakibatkan gangguan pencernaan.

Perhatikan masa ketahanannya

Perhatikan masa ketahanannya
Hal lain yang tidak kalah penting saat membeli oleh-oleh khas Bandung ini adalah memperhatikan masa ketahanan atau kedaluwarsanya. Jangan sampai makanan tersebut sudah tidak layak dikonsumsi sebelum sempat dihabiskan. Oleh sebab itu, Anda wajib menentukan jumlah yang pas ketika membeli supaya makanan tidak terbuang sia-sia.

Jenis makanan manis rata-rata dapat bertahan 3–4 hari pada suhu ruang dan 6–7 hari di dalam kulkas. Tidak berbeda jauh, jenis makanan asin dapat bertahan 2–4 hari pada suhu ruang dan 6–7 hari di dalam kulkas.


Namun, jika Anda ingin membeli oleh-oleh khas Bandung yang tahan lama, kami sarankan untuk memilih jenis snack. Teksturnya kering dan kemasannya tidak terkontaminasi udara. Oleh-oleh berupa snack umumnya dapat bertahan 9–12 bulan. Biarpun begitu, kami sarankan untuk cepat menghabiskannya saat kemasannya sudah terbuka.

Agar lebih berkesan, cek juga produsen oleh-oleh khas Bandung ini

Anda mungkin sudah mengenal merek oleh-oleh khas Bandung yang ternama seperti Kartika Sari atau Amanda Brownies. Namun, sekarang banyak produsen lainnya yang bermunculan, mulai dari Maicih yang terkenal dengan keripik pedasnya hingga Bandung Makuta yang kekinian. Jika ingin mencoba produk dengan cita rasa yang baru dan berbeda, Anda bisa melirik produk andalan dari beberapa produsen tersebut.

Bandung Makuta: Cake kekinian kebanggaan masyarakat Bandung

Sama seperti kota-kota lainnya, Bandung juga memiliki cake artis kekinian yang tak kalah lezat yaitu, Bandung Makuta. Laudya Cynthia Bella merupakan public figure yang ada di balik kesuksesan Bandung Makuta.


Cake keluaran Bandung Makuta rata-rata berbentuk persegi panjang dengan lapisan luar yang crispy dan bagian dalamnya bolu yang lembut. Bahan utamanya adalah puff pastry, sponge cake, jam/filling, dan cream cheese. Ada tujuh varian rasa yang bisa Anda pilih, mulai dari chocolate banana, extra cheese, cheese, lava cheese, chocolate, blueberry, hingga lemon.


Karena antusias pembeli makin meningkat, Bandung Makuta pun mengeluarkan produk terbarunya, yakni Makuta Melty. Produk ini memiliki lima varian rasa, white milk chocolate, milk chocolate, mocca, double strawberry, dan peanut caramel. Dibanding dengan produk sebelumnya, Makuta Melty ini memiliki tekstur yang lebih lembut.

Amanda Brownies: Mulai dari brownies hingga camilan yang gurih ada semua

Seperti namanya, Amanda Brownies dikenal dengan brownies kukusnya yang selalu bikin ketagihan hanya dalam sekali suapan. Selain varian original, brownies dengan rasa choco marble, sarikaya pandan, tiramisu, dan green tea pun harus Anda cicipi juga. Untuk Anda penyuka brownies bakar, Amanda Brownies juga mengeluarkan brownies bakar dengan taburan keju dan kacang almond di atasnya.


Tak mau kalah dengan bakery lainnya, Amanda Brownies juga menghadirkan camilan, mulai dari rasa manis hingga asin. Beberapa produk yang bisa dipilih, yaitu sweet stick, beef pastry, bolu, cheese roll, dan peanut butter. Karena banyak macamnya, Anda pun bisa bebas memilih sesuai dengan selera!

Maicih: Rajanya camilan pedas di Bandung!

Jika Anda penggemar snack pedas, produk-produk dari Maicih harus Anda borong. Mulai dari keripik singkong, macaroni, hingga basreng bisa Anda pilih. Sebagai tambahan, hampir semua produk Maicih memiliki level pedas, mulai dari level 1 hingga 15. Dengan begitu, Anda pun bisa leluasa menyesuaikan rasa pedas yang pas di lidah, bukan? 


Bukan cuma itu saja, Maicih juga mempunyai keripik pedas lainnya dengan sensasi rasa yang baru. Misalnya saja, Seblak Keju, Keripik Pare Salted Egg, Gurilem Mede, atau Keripik Singkong Rasa Udang Pedas Manis. 

10 Rekomendasi makanan oleh-oleh khas Bandung terbaik

Di bawah ini terdapat sepuluh produk oleh-oleh khas Bandung yang enak, harganya terjangkau, dan disukai banyak orang. Tidak perlu ke Bandung, Anda cukup memesannya secara online kapan pun Anda menginginkan makanan ini.
10
JenisSnack
Masa ketahanan12 bulan
9
JenisMakanan manis
Masa ketahanan4 hari setelah tanggal produksi
8

Kartika SariPisang Bollen – Cokelat Keju

Mulai dari Rp 55.000,00

JenisMakanan manis
Masa ketahanan4 hari pada suhu ruang
7
JenisMakanan manis
Masa ketahanan3 hari pada suhu ruang, 5 hari di dalam kulkas
6
JenisMakanan asin
Masa ketahanan2–3 hari suhu ruangan, 3 bulan di dalam kulkas
5
JenisMakanan asin
Masa ketahanan2 hari pada suhu ruang
4
JenisMakanan manis
Masa ketahanan5 hari di chiller, 12 jam suhu ruangan
3
JenisMakanan asin
Masa ketahanan5 hari pada suhu ruang, 10 hari di dalam kulkas
2
JenisMakanan manis
Masa ketahanan3 hari pada suhu ruang, 5 hari di dalam kulkas
1

Kartika SariBrownies Panggang – Original

0094

Mulai dari Rp 70.000,00

JenisMakanan manis
Masa ketahanan8 hari pada suhu ruang

Tabel perbandingan produk makanan oleh-oleh khas Bandung terbaik

Gambar produk
1
Kartika Sari Brownies Panggang – Original 1

Kartika Sari

2
Bandung Makuta Makuta Blueberry 1

Bandung Makuta

3
Primarasa Bandung Cheese Stick Puff 1

Primarasa Bandung

4
Chocomory Tiramisusu Original 1

Chocomory

5
Primarasa Bandung Picnic Roll 1

Primarasa Bandung

6
Batagor Coy 1

7
Bandung Kanaya 1

8
Kartika Sari Pisang Bollen – Cokelat Keju 1

Kartika Sari

9
Amanda Brownies Brownies Sarikaya Pandan 1

Amanda Brownies

10
Maicih Inti Sinergi Basreng Maicih 100 gr 1

Maicih Inti Sinergi

Nama produk

Brownies Panggang – Original

Makuta Blueberry

Cheese Stick Puff

Tiramisusu Original

Picnic Roll

Batagor Coy

Bandung Kanaya

Pisang Bollen – Cokelat Keju

Brownies Sarikaya Pandan

Basreng Maicih 100 gr

Keunggulan

Brownies legendaris yang rasanya selalu bikin kangen Bandung!

Rasa gurih dan segar berpadu cream cheese dan blueberry, maknyus!

Camilan asin untuk si buah hati

Terdapat enam lapisan dengan sensasi yang berbeda

Pilihan tepat untuk Anda yang bosan dengan oleh-oleh manis

Kemasannya membawa batagor selamat sampai di rumah

Bosan dengan kue artis yang itu-itu saja? Coba yang satu ini!

Tawarkan rasa pisang bolen yang autentik, empuk, dan manis

Rasakan aroma pandan yang khas dalam manisnya brownies kukus

Bakso kok digoreng? Penasaran? Buruan coba!

Harga mulai dariRp 70.000,00Rp 67.500,00Rp 62.000,00Rp 75.000,00Rp 75.000,00Rp 99.000,00Rp 60.000,00Rp 55.000,00Rp 44.000,00Rp 18.000,00
JenisMakanan manisMakanan manisMakanan asinMakanan manisMakanan asinMakanan asinMakanan manisMakanan manisMakanan manisSnack
Masa ketahanan8 hari pada suhu ruang3 hari pada suhu ruang, 5 hari di dalam kulkas5 hari pada suhu ruang, 10 hari di dalam kulkas5 hari di chiller, 12 jam suhu ruangan2 hari pada suhu ruang2–3 hari suhu ruangan, 3 bulan di dalam kulkas3 hari pada suhu ruang, 5 hari di dalam kulkas4 hari pada suhu ruang4 hari setelah tanggal produksi12 bulan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi snack terbaik lainnya di sini

Selain makanan dan snack asal Bandung, terdapat jenis snack lain yang asyik untuk dijadikan kudapan. Tentu snack-snack ini juga akan menolong Anda untuk sedikit mengurangi rasa lapar. Oleh sebab itu, kami telah menyiapkan artikel-artikel terkait yang membahas produk-produk snack terbaik. Untuk membacanya, silakan klik link di bawah ini!

Kesimpulan

Setelah Anda mengetahui sepuluh oleh-oleh khas Bandung yang dapat dibeli secara online, sudahkah Anda menentukan pilihan? Namun, ingatlah untuk tidak membeli terlalu banyak makanan, terlebih lagi jika produk tersebut memiliki masa ketahanan yang singkat. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk menentukan pilihan. Selamat bernostalgia dan sampai jumpa di artikel lainnya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Biskuit Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Biskuit Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Menjalankan program diet bukan berarti Anda tidak boleh ngemil. Anda bisa ngemil, hanya saja tidak boleh sembarangan. Jika ingin menikmati camilan, konsumsilah biskuit diet rendah kalori. Biskuit diet memiliki kadar kalori serta kandungan gula yang rendah sehingga tidak akan menambah berat badan.Ada banyak produk biskuit untuk diet yang enak, seperti merek WRP, Tropicana Slim, atau Slim & Fit. Pada artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi produk terpopuler dan membahas tentang biskuit untuk diet. Tidak lupa, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga memberikan komentarnya di sini. Yuk, baca sampai selesai!
    Makanan kecil & snack
    166.593 Views
  • 10 Merk Snack Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Snack Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2021)
    Seiring dengan perkembangan janin, ibu hamil akan mengalami peningkatan nafsu makan. Selain itu, wanita yang sedang hamil memang membutuhkan asupan nutrisi yang lebih besar dibandingkan biasanya. Anda dapat menyiasatinya dengan mengonsumsi snack atau camilan sebelum jam makan tiba. Namun, jangan sampai salah memilih camilan, ya. Pilihlah snack yang bagus dengan kandungan nutrisi di dalamnya.Dalam artikel ini, kami akan mengulas tips memilih snack yang sehat dan baik untuk ibu hamil. Tidak ketinggalan, ada juga rekomendasi merk snack terbaik untuk ibu hamil, seperti merek Soyjoy, Fitchips, dan lainnya. Silakan membaca sampai habis.
    Makanan kecil & snack
    86.003 Views
  • 10 Merk Snack (Makanan Ringan) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Snack (Makanan Ringan) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Siapa yang tidak suka menyantap snack atau makanan ringan? Snack dapat Anda nikmati kapan pun dan di mana pun. Baik saat bersantai maupun berpesta di rumah, akan terasa kurang apabila Anda tidak melengkapinya dengan aneka makanan ringan.Dalam artikel ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi snack terbaik yang dijamin membuat Anda ketagihan! Ada merek makanan ringan Cheetos, Pringles, Calbee, Lay’s, dan sebagainya. Sebelumnya, kami pun akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilih snack agar Anda mudah menemukan yang sesuai selera. Yuk, simak artikel ini!
    Makanan kecil & snack
    117.308 Views
  • 9 Merk Permen Karet Bebas Gula Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    9 Merk Permen Karet Bebas Gula Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Permen karet bebas gula adalah permen karet rendah kalori yang tidak merusak gigi saat dikonsumsi. Selain dapat mengusir rasa pahit di mulut, permen ini dipercaya mampu menekan asam lambung. Permen karet tanpa gula bahkan aman untuk ibu hamil, lho!Namun, produk seperti apa yang bagus untuk dikonsumsi? Kali ini kami akan membahas tips memilih permen karet bebas gula, serta memberikan sembilan rekomendasi produknya. Ada beragam merek terbaik seperti Happydent, Lotte Xylitol, dan Mentos. Selain harga yang bervariasi, rasanya juga bermacam-macam, mulai dari peppermint, spearmint, hingga rasa jeruk. Jadi, mari disimak!
    Makanan kecil & snack
    81.468 Views
  • 10 Merk Dark Chocolate Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Dark Chocolate Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dari tiga jenis cokelat, yaitu dark chocolate, milk chocolate, dan white chocolate, dark chocolate menjadi jenis cokelat yang paling banyak diminati. Manfaat mengonsumsi dark chocolate menjadi alasan jenis cokelat ini banyak peminatnya. Tak hanya rasa pahit, dark chocolate juga sangat kaya akan cita rasa.Dalam artikel kali ini kami akan memberikan tips memilih dark chocolate yang enak dijadikan camilan atau bahan masakan. Jangan ketinggalan juga melihat rekomendasi produk dark chocolate terbaik, mulai dari SilverQueen Dark Chocolate, Lindt Dark Chocolate, sampai Callebaut Dark Chocolate. Yuk, simak artikel ini sampai habis!
    Makanan kecil & snack
    15.319 Views
  • 10 Merk Es Krim Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Es Krim Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dingin, manis, dan creamy. Siapa yang dapat menolak sensasi dari es krim? Es krim merupakan makanan favorit bagi anak-anak dan orang dewasa. Rasa manisnya dapat menjadi pengobat bad mood Anda. Bahkan, tak hanya saat panas, ada juga orang yang suka menikmati es krim saat dingin.Pada artikel ini, kami akan membahas tentang es krim, serta merekomendasikan merk yang bagus yang dapat Anda coba. Merk es krim Häagen-Dazs, Wall's, Campina, Aice, sampai Paletas Wey ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini sampai habis dan temukan es krim yang Anda sukai!
    Makanan kecil & snack
    12.350 Views
  • 10 Rekomendasi Manisan Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Manisan Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Beberapa jenis buah hanya muncul pada musim tertentu. Supaya buah bisa disimpan dalam waktu lama, beberapa produsen biasanya mengolah buah tersebut menjadi manisan buah. Mangga, persik, cermai, dan pala merupakan beberapa jenis buah yang sering diolah menjadi manisan buah.Anda bisa membeli manisan buah mangga, manisan buah pala, manisan buah campur, hingga manisan buah Imlek melalui situs belanja online. Untuk membantu Anda, kami akan me-review manisan buah dari merek Herbavera Indonesia, Green Farm, dan merek lainnya. Sebelum Anda melihat pembahasan produk dari kami, bacalah poin-poin tips memilih di bawah ini!
    Makanan kecil & snack
    605 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori