1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Makanan kecil & snack
  6. >
  7. 10 Makanan Oleh-Oleh Khas Bandung Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Makanan Oleh-Oleh Khas Bandung Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Makanan Oleh-Oleh Khas Bandung Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Makanan Oleh-Oleh Khas Bandung Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Makanan Oleh-Oleh Khas Bandung Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Makanan Oleh-Oleh Khas Bandung Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Makanan Oleh-Oleh Khas Bandung Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

    Sebagai salah satu kota wisata di Indonesia, Bandung tidak pernah sepi oleh wisatawan. Selain memiliki banyak tempat wisata unik, kota ini juga dikenal sebagai pelopor di bidang kuliner. Dengan alasan itu, kami akan merangkum sepuluh makanan oleh-oleh khas kota ini yang dapat Anda beli secara online.

    Selain Kartika Sari dan Amanda Brownies, ada beberapa merek oleh-oleh khas Bandung kekinian seperti Bandung Makuta dan Chocomory dalam rekomendasi kami. Kalau begitu, mari kita mulai artikel ini dengan membahas tips cara memilih oleh-oleh khas Bandung yang enak. Pastikan Anda membacanya hingga akhir, ya!
Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Kenali makanan khas Bandung yang populer

      Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Bandung, tetapi Anda belum mencicipi makanan khasnya. Bandung dikenal memiliki banyak makanan khas yang enak-enak. Namun, ada beberapa makanan yang terkenal dan disukai oleh berbagai kalangan, antara lain serabi, oncom, peuyeum, seblak, dan pisang bolen.

  • Serabi: Jajanan tradisional yang memiliki bahan dasar tepung beras, tepung terigu, dan santan kelapa. Karena dimasak menggunakan tungku, serabi pun memiliki cita rasa dan aroma yang khas. Anda bisa memilih serabi manis yang disiram dengan kinca dan serabi asin yang dicampur dengan oncom.

  • Seblak: Makanan pedas yang dibuat dari kerupuk basah dan dimasak bersama telur, sayuran, ayam, dan aneka topping lainnya. Bahkan, saat ini Anda juga bisa request untuk level pedasnya.

  • Oncom: Makanan hasil fermentasi dari ampas tahu dan ampas tapioka dengan bungkil kacang tanah. Meskipun tampilannya mungkin terkesan kurang menarik, oncom memiliki kandungan gizi yang baik.

  • Peuyeum: Dibuat dengan bahan dasar singkong yang diolah melalui proses fermentasi menggunakan ragi. Untuk kelezatan yang maksimal, biasanya peuyeum didiamkan selama 2–3 hari. Peuyeum juga diyakini dapat menghangatkan tubuh sehingga cocok dimakan ketika hawanya sedang dingin.

  • Pisang bolen: Bahan utamanya pisang yang dibalut dengan adonan tepung. Proses pembuatan bolen atau bolu molen ini umumnya dipanggang di dalam oven. Biasanya, pisang bolen juga dicampuri cokelat ataupun keju yang lumer di dalamnya.

Cara memilih makanan oleh-oleh khas Bandung

Enaknya kuliner di Bandung mungkin membuat Anda merasa rindu. Namun, karena jarak, Anda harus meluangkan waktu yang cukup panjang untuk pergi ke sana. Tak perlu sedih karena sekarang Anda dapat membeli makanan oleh-oleh khas Bandung secara online. Simaklah tips cara memilihnya berikut ini, ya!

① Pilih jenis makanan yang disukai

Untuk memudahkan Anda, kami akan mengenalkan oleh-oleh khas Bandung dalam tiga kategori, yaitu makanan manis, makanan asin, dan snack. Namun, ada pula poin lain yang harus Anda perhatikan sebelum memilih produk. Yuk, langsung kita simak!

Makanan manis: Teman minum kopi atau teh

Makanan manis: Teman minum kopi atau teh
Siapa yang tak kenal brownies? Kue cokelat ini sering dijadikan oleh-oleh saat Anda berwisata ke Bandung. Namun, tidak hanya brownies, Anda juga dapat menemukan berbagai macam makanan manis lainnya. Mengingat rasanya yang manis, tentu Anda tidak dapat mengonsumsi jenis makanan ini dalam jumlah banyak.

Selain mengenyangkan, makanan manis juga mengandung banyak gula. Jadi, pastikan bahwa Anda tetap menjaga kadar gula dalam darah agar tidak memicu penyakit diabetes. Sebagai penyeimbang rasa, makanan manis khas Bandung akan pas untuk dikonsumsi sambil minum teh atau kopi. Dengan demikian, rasa manisnya akan sedikit berkurang.

Makanan asin: Disukai semua usia

Makanan asin dinilai lebih ringan dan dapat dinikmati berbagai usia. Jenis makanan ini akan terasa lebih nikmat apabila disantap dengan saus ataupun kuah pedas. Selain itu, terdapat beberapa makanan asin khas Bandung yang dikemas untuk dimatangkan di rumah, misalnya batagor. Jadi, Anda dapat menyesuaikan proses memasaknya hingga mendapatkan tekstur yang diinginkan.

Meskipun lezat, makanan asin juga sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan, terutama bagi Anda yang memiliki risiko hipertensi. Jangan sampai lupa untuk selalu memperhatikan faktor kesehatan saat mengonsumsi makanan, ya!

Snack: Pas untuk menemani waktu santai

Snack: Pas untuk menemani waktu santai
Saat membayangkan snack khas Bandung, mungkin yang terlintas di kepala Anda adalah keripik pedas. Kota Bandung memang dikenal sebagai pelopor snack dan makanan pedas yang menawarkan berbagai level kepedasan. Sering kali, snack-snack pedas ini juga dijadikan bahan hukuman saat berkumpul atau bermain games bersama teman-teman. Hal ini dikarenakan karena rasa pedasnya yang sulit hilang.

Walau begitu, tetap saja snack-snack ini banyak diburu wisatawan karena rasa pedasnya yang membuat ketagihan. Akan tetapi, kami sarankan Anda untuk tidak memaksakan diri jika merasa kepedasan agar tidak mengakibatkan gangguan pencernaan.

② Perhatikan masa ketahanannya

Perhatikan masa ketahanannya
Hal lain yang tidak kalah penting saat membeli oleh-oleh khas Bandung ini adalah memperhatikan masa ketahanan atau kedaluwarsanya. Jangan sampai makanan tersebut sudah tidak layak dikonsumsi sebelum sempat dihabiskan. Oleh sebab itu, Anda wajib menentukan jumlah yang pas ketika membeli supaya makanan tidak terbuang sia-sia.

Jenis makanan manis rata-rata dapat bertahan 3–4 hari pada suhu ruang dan 6–7 hari di dalam kulkas. Tidak berbeda jauh, jenis makanan asin dapat bertahan 2–4 hari pada suhu ruang dan 6–7 hari di dalam kulkas.


Namun, jika Anda ingin membeli oleh-oleh khas Bandung yang tahan lama, kami sarankan untuk memilih jenis snack. Teksturnya kering dan kemasannya tidak terkontaminasi udara. Oleh-oleh berupa snack umumnya dapat bertahan 9–12 bulan. Biarpun begitu, kami sarankan untuk cepat menghabiskannya saat kemasannya sudah terbuka.

③ Agar lebih berkesan, cek juga produsen oleh-oleh khas Bandung ini

Anda mungkin sudah mengenal merek oleh-oleh khas Bandung yang ternama seperti Kartika Sari atau Amanda Brownies. Namun, sekarang banyak produsen lainnya yang bermunculan, mulai dari Maicih yang terkenal dengan keripik pedasnya hingga Bandung Makuta yang kekinian. Jika ingin mencoba produk dengan cita rasa yang baru dan berbeda, Anda bisa melirik produk andalan dari beberapa produsen tersebut.

Bandung Makuta: Cake kekinian kebanggaan masyarakat Bandung

Sama seperti kota-kota lainnya, Bandung juga memiliki cake artis kekinian yang tak kalah lezat yaitu, Bandung Makuta. Laudya Cynthia Bella merupakan public figure yang ada di balik kesuksesan Bandung Makuta.


Cake keluaran Bandung Makuta rata-rata berbentuk persegi panjang dengan lapisan luar yang crispy dan bagian dalamnya bolu yang lembut. Bahan utamanya adalah puff pastry, sponge cake, jam/filling, dan cream cheese. Ada tujuh varian rasa yang bisa Anda pilih, mulai dari chocolate banana, extra cheese, cheese, lava cheese, chocolate, blueberry, hingga lemon.


Karena antusias pembeli makin meningkat, Bandung Makuta pun mengeluarkan produk terbarunya, yakni Makuta Melty. Produk ini memiliki lima varian rasa, white milk chocolate, milk chocolate, mocca, double strawberry, dan peanut caramel. Dibanding dengan produk sebelumnya, Makuta Melty ini memiliki tekstur yang lebih lembut.

Amanda Brownies: Mulai dari brownies hingga camilan yang gurih ada semua

Seperti namanya, Amanda Brownies dikenal dengan brownies kukusnya yang selalu bikin ketagihan hanya dalam sekali suapan. Selain varian original, brownies dengan rasa choco marble, sarikaya pandan, tiramisu, dan green tea pun harus Anda cicipi juga. Untuk Anda penyuka brownies bakar, Amanda Brownies juga mengeluarkan brownies bakar dengan taburan keju dan kacang almond di atasnya.


Tak mau kalah dengan bakery lainnya, Amanda Brownies juga menghadirkan camilan, mulai dari rasa manis hingga asin. Beberapa produk yang bisa dipilih, yaitu sweet stick, beef pastry, bolu, cheese roll, dan peanut butter. Karena banyak macamnya, Anda pun bisa bebas memilih sesuai dengan selera!

Maicih: Rajanya camilan pedas di Bandung!

Maicih: Rajanya camilan pedas di Bandung!
Sumber: maicih.co.id

Jika Anda penggemar snack pedas, produk-produk dari Maicih harus Anda borong. Mulai dari keripik singkong, macaroni, hingga basreng bisa Anda pilih. Sebagai tambahan, hampir semua produk Maicih memiliki level pedas, mulai dari level 1 hingga 15. Dengan begitu, Anda pun bisa leluasa menyesuaikan rasa pedas yang pas di lidah, bukan? 


Bukan cuma itu saja, Maicih juga mempunyai keripik pedas lainnya dengan sensasi rasa yang baru. Misalnya saja, Seblak Keju, Keripik Pare Salted Egg, Gurilem Mede, atau Keripik Singkong Rasa Udang Pedas Manis. 

10 Rekomendasi makanan oleh-oleh khas Bandung terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk makanan oleh-oleh khas Bandung terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Kartika Sari

Brownies Panggang – Original

Kartika Sari Brownies Panggang – Original 1枚目

Brownies legendaris yang rasanya selalu bikin kangen Bandung!

2

Bandung Makuta

Makuta Blueberry

Bandung Makuta Makuta Blueberry 1枚目

Rasa gurih dan segar berpadu cream cheese dan blueberry, maknyus!

3

Primarasa Bandung

Cheese Stick Puff

Primarasa Bandung Cheese Stick Puff 1枚目

Camilan asin untuk si buah hati

4

Chocomory

Tiramisusu Original

Chocomory Tiramisusu Original 1枚目

Terdapat enam lapisan dengan sensasi yang berbeda

5

Primarasa Bandung

Picnic Roll

Primarasa Bandung Picnic Roll 1枚目

Pilihan tepat untuk Anda yang bosan dengan oleh-oleh manis

6

Batagor Coy

 Batagor Coy 1枚目

Kemasannya membawa batagor selamat sampai di rumah

7

Bandung Kanaya

 Bandung Kanaya 1枚目

Bosan dengan kue artis yang itu-itu saja? Coba yang satu ini!

8

Kartika Sari

Pisang Bollen – Cokelat Keju

Kartika Sari Pisang Bollen – Cokelat Keju 1枚目

Tawarkan rasa pisang bolen yang autentik, empuk, dan manis

9

Amanda Brownies

Brownies Sarikaya Pandan

Amanda Brownies Brownies Sarikaya Pandan 1枚目

Rasakan aroma pandan yang khas dalam manisnya brownies kukus

10

Maicih Inti Sinergi

Basreng Maicih 100 gr

Maicih Inti Sinergi Basreng Maicih 100 gr 1枚目

Bakso kok digoreng? Penasaran? Buruan coba!

Perincian produk
Close
No.1

Kartika SariBrownies Panggang – Original 0094

Mulai dari Rp70.000,00

Brownies legendaris yang rasanya selalu bikin kangen Bandung!

Kartika Sari sudah dikenal masyarakat Bandung sejak lama, begitu pula brownies panggangnya. Produk ini memiliki rasa cokelat yang tidak terlalu manis. Kemudian, bagian luarnya juga renyah sehingga tekstur brownies-nya lebih kaya. So, apabila Anda mencari oleh-oleh Bandung yang disukai berbagai usia, Brownies panggang Kartika Sari jawabannya!
No.2

Bandung MakutaMakuta Blueberry

Mulai dari Rp67.500,00

Rasa gurih dan segar berpadu cream cheese dan blueberry, maknyus!

Jika Anda salah satu pencinta cream cheese, pasti Anda tidak bisa menolak cake yang satu ini. Bagaimana tidak, perpaduan dari gurihnya cream cheese dan renyahnya puff pastry membuat Bandung Makuta ini menjadi idola semua kalangan. Akan tetapi, varian blueberry adalah yang paling kami rekomendasikan karena akan memberi sentuhan rasa yang segar.
No.3

Primarasa BandungCheese Stick Puff

Mulai dari Rp62.000,00

Camilan asin untuk si buah hati

Bingung memilih oleh-oleh Bandung yang juga cocok untuk anak-anak? Produk ini dapat Anda jadikan pilihan yang tepat. Dengan dominasi rasa asin dan puff yang renyah, pasti anak Anda akan menyukainya. Cheese stick produksi Primarasa Bandung ini juga tidak mengenyangkan sehingga tidak mengganggu jadwal makan anak Anda.
No.4

ChocomoryTiramisusu Original

Mulai dari Rp75.000,00

Terdapat enam lapisan dengan sensasi yang berbeda

Bagi penggemar tiramisu, Anda tak boleh melewatkan produk keluaran Chocomory ini! Tiramisusu Original mempunyai tagline "6 layers of happiness". Bukan sekadar slogan saja, Chocomory membuktikannya dengan enam lapisan cake berlimpah susu dan cokelat.


Anda akan merasakan sponge cokelat dan vanilla, coffee syrup, susu cream, choco cream, serta milk crumble dalam satu suapan. Sudah terbayang bagaimana rasanya? Kelezatannya bikin merem melek, deh! Daripada mupeng, langsung diborong saja, yuk!

No.5

Primarasa BandungPicnic Roll

Mulai dari Rp75.000,00

Pilihan tepat untuk Anda yang bosan dengan oleh-oleh manis

Picnic Roll memiliki rasa gurih dari perpaduan adonan kue yang diisi dengan daging ayam atau sapi. Makanan ini dapat dijadikan pilihan saat bosan dengan oleh-oleh Bandung berupa makanan manis. Akan tetapi, sebaiknya Anda membeli dari seller yang berada satu kota dengan Anda karena makanan ini memiliki ketahanan yang singkat.
No.6

Batagor Coy

Mulai dari Rp99.000,00

Kemasannya membawa batagor selamat sampai di rumah

Bandung merupakan kota yang memelopori makanan bakso tahu goreng (batagor). Nah, jika Anda ingin membelinya secara online, kami merekomendasikan Batagor Coy. Brand ini menawarkan paket oleh-oleh yang dikemas dengan plastik vacuum sehingga kualitas isinya lebih terjamin.

Dengan demikian, risiko batagor basi atau rusak saat pengiriman tidak akan Anda alami. Karena kemasannya terlihat eksklusif, Anda bisa menjadikannya hadiah untuk dikirim ke alamat sahabat tercinta.

No.7

Bandung Kanaya

Mulai dari Rp60.000,00

Bosan dengan kue artis yang itu-itu saja? Coba yang satu ini!

Kue-kue artis seakan bertebaran di berbagai kota, termasuk di Bandung. Berbeda dari jenis kue artis lain, Bandung Kanaya menawarkan soft cake yang dipotong persegi. Untuk melengkapinya, disediakan vla berbagai rasa sebagai cocolan. 

Ada lima varian rasa yang bisa Anda pilih, yakni white choco, dark orange, milky peanut, matcha choco, dan original choco. Anda yang ingin mencoba kue artis dalam bentuk berbeda dapat mencicipi produk yang satu ini. 

No.8

Kartika SariPisang Bollen – Cokelat Keju

Mulai dari Rp55.000,00

Tawarkan rasa pisang bolen yang autentik, empuk, dan manis

Pisang bolen (bolu molen) juga banyak Anda temukan di Bandung, salah satunyadari brand Kartika Sari. Untuk Anda yang ingin membeli pisang bolen dengan rasa yang autentik, produk ini dapat dijadikan pilihan. Perpaduan potongan keju di dalamnya dan taburan cokelat di atasnya tentu akan menjadi pilihan klasik yang disukai banyak orang.
No.9

Amanda BrowniesBrownies Sarikaya Pandan

Mulai dari Rp44.000,00

Rasakan aroma pandan yang khas dalam manisnya brownies kukus

Jatuhkan pilihan Anda pada produk ini apabila ingin merasakan manisnya brownies kukus yang legit. Salah satu brand yang populer dengan brownies kukusnya adalah Amanda. Rasa cokelatnya yang kuat dengan aroma pandannya yang segar melengkapi cita rasa Brownies Sarikaya Pandan ini. 

Menariknya lagi, Anda juga akan merasakan butiran-butiran wijen yang gurih pada setiap gigitannya. Buat acara kumpul bersama keluarga jadi makin berkesan dengan sajian ini, yuk!

No.10

Maicih Inti SinergiBasreng Maicih 100 gr

Mulai dari Rp18.000,00

Bakso kok digoreng? Penasaran? Buruan coba!

Bandung juga dikenal memiliki berbagai makanan pedas, seperti camilan yang satu ini. Basreng dari Maicih ini cocok untuk Anda penggemar snack dengan rasa pedas yang pas. Berbeda dengan camilan pedas Maicih lainnya, produk ini hanya tersedia dalam satu level rasa pedas.

Anda juga tidak perlu khawatir bakso gorengnya keras dan sulit dimakan. Basreng ini dipotong tipis dan memanjang sehingga bagian dalamnya terasa empuk, tetapi kering di bagian luar. Dijamin, rasanya bikin ketagihan dan susah berhenti!

Baca juga rekomendasi snack terbaik lainnya di sini

Selain makanan dan snack asal Bandung, terdapat jenis snack lain yang asyik untuk dijadikan kudapan. Tentu snack-snack ini juga akan menolong Anda untuk sedikit mengurangi rasa lapar. Oleh sebab itu, kami telah menyiapkan artikel-artikel terkait yang membahas produk-produk snack terbaik. Untuk membacanya, silakan klik link di bawah ini!

Kesimpulan

Setelah Anda mengetahui sepuluh oleh-oleh khas Bandung yang dapat dibeli secara online, sudahkah Anda menentukan pilihan? Namun, ingatlah untuk tidak membeli terlalu banyak makanan, terlebih lagi jika produk tersebut memiliki masa ketahanan yang singkat. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk menentukan pilihan. Selamat bernostalgia dan sampai jumpa di artikel lainnya!
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer