10 Rekomendasi Foundation Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Foundation Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Jika selama ini Anda menggunakan foundation dari brand internasional, mungkin sekarang saatnya Anda melirik foundation lokal. Tidak disangka-sangka, formula foundation lokal saat ini rupanya dapat bersaing. Sebut saja Make Over, Mineral Botanica, dan Wardah, sebagian brand lokal ini telah mengeluarkan foundation yang berkualitas.

Oleh sebab itu, pada artikel ini kami akan membahas produk foundation lokal terbaik yang pantas Anda jadikan pilihan. Namun, sebelumnya kita bahas dulu yuk, apa saja poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih foundation lokal. Jangan sampai ada yang terlewat, ya!

Daftar isi

Cara memilih foundation lokal

Kami telah merangkum beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih foundation lokal. Di bawah ini, Anda dapat membaca karakteristik dari sebagian brand lokal. Selain itu, kami juga akan membahas jenis foundation dan varian hasil akhirnya.

Pilih berdasarkan karakteristik brand

Belakangan ini, brand-brand lokal seakan berlomba mengeluarkan makeup terbaiknya yang memang kualitasnya tidak boleh diragukan. Sebenarnya, apa saja kelebihan dari masing-masing brand tersebut? Yuk, kita bahas!

Wardah: mengusung tema makeup halal

Wardah: mengusung tema makeup halal

Wardah dikenal sebagai brand lokal yang pertama kali mengusung makeup halal. Tentunya ini menjadi keuntungan bagi sebagian wanita karena bisa lebih tenang dalam memilih makeup. Bahkan, Wardah juga memilih ambassador yang didominasi oleh pengguna hijab agar semakin meyakinkan bahwa produk yang mereka jual adalah halal. Selain itu, produk-produk Wardah juga dijual dengan harga yang relatif terjangkau.

Bless: produknya ramah untuk kulit sensitif

Bless: produknya ramah untuk kulit sensitif

Berdiri pada tahun 1992, Bless menawarkan produk makeup yang mengutamakan kesehatan kulit. Produk-produk yang mereka keluarkan selalu berada di bawah pengawasan dermatologist. Makeup Bless tidak hanya dibuat sesuai tren, tetap juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Formulanya pun ringan dan sudah teruji aman bagi kulit, termasuk untuk pemakaian secara rutin.

Make Over: kualitas setara makeup high end

Make Over: kualitas setara makeup high end

Ber-taglineBeauty Beyond Rules“, Make Over bisa dikatakan sebagai brand makeup lokal yang mampu menjangkau banyak kalangan. Hal ini terbukti dari varian shades produknya yang sangat luas sehingga dapat digunakan oleh berbagai range warna kulit.

Hebatnya lagi, brand ini memiliki produk makeup yang lebih lengkap dari brand lokal lainnya. Kualitasnya? Wah, jangan ditanya! Banyaknya beauty influencer yang merekomendasikan Make Over sepertinya sudah menunjukkan kualitas brand ini. Tidak hanya itu, Make Over juga sering digunakan oleh banyak makeup artist untuk model-model di acara fashion show international.

Mineral Botanica: memilih bahan alami sebagai formulanya

Mineral Botanica: memilih bahan alami sebagai formulanya

Berupaya meningkatkan kesadaran bahwa makeup dengan bahan aditif itu berbahaya, Mineral Botanica mulai memproduksi makeup yang tidak membahayakan manusia dan lingkungan. Makeup dari brand ini tidak menggunakan bahan kimia yang dinilai tidak aman untuk kulit. Sebagian besar formula produknya didapat dari ekstrak bahan alami dan minyak esensial yang berkarakter unik. Dapat dikatakan bahwa Mineral Botanica tidak hanya menawarkan makeup yang aman, tetapi juga memberi manfaat tersendiri untuk kulit Anda.

Pilih berdasarkan jenisnya

Selanjutnya, kami akan membahas kelebihan masing-masing jenis foundation, mulai dari liquid, powder, krim, hingga cushion.

Liquid, paling populer dibandingkan jenis lainnya

Liquid, paling populer dibandingkan jenis lainnya

Bertekstur cair, foundation jenis ini adalah yang paling mudah diaplikasikan. Bisa dikatakan bahwa liquid foundation paling populer dibandingkan jenis lainnya. Anda dapat menggunakan brush, sponge, bahkan jari untuk membaurkannya. Selain itu, pengaplikasian layer-nya juga bisa Anda atur hingga mencapai coverage yang sesuai kebutuhan.

Powder, memberi hasil akhir natural

Powder, memberi hasil akhir natural

Powder foundation menawarkan finish yang lebih halus. Anda dapat menggunakannya sebagai bedak untuk mendapatkan makeup natural, serta bisa digunakan di atas base makeup lain untuk memaksimalkan daya cover. Dengan teksturnya yang berupa powder atau bedak, foundation ini memiliki partikel yang lebih halus sehingga akan lebih menempel pada kulit. Keunggulan lainnya terletak pada kemampuannya dalam mengontrol minyak sehingga powder foundation pas untuk digunakan oleh pemilik kulit berminyak.

Krim, membantu mendapatkan daya cover maksimal

Krim, membantu mendapatkan daya cover maksimal

Krim foundation memiliki tekstur padat. Oleh sebab itu, jenis foundation ini sering dijadikan pilihan untuk membuat makeup yang full coverage. Jika ingin teksturnya sedikit lebih ringan, Anda dapat mencampurnya dengan liquid foundation. Akan tetapi, perlu dicatat bahwa kulit Anda juga akan terasa lebih berat saat menggunakannya. Jadi, krim foundation ini tidak cocok untuk digunakan sehari-hari.

Cushion, praktis dan mudah digunakan

Cushion, praktis dan mudah digunakan

Foundation yang dikemas dalam bentuk cushion adalah perpaduan dari powder dan liquid foundation. Jenis ini pertama kali diperkenalkan oleh brand-brand makeup Korea. Meskipun begitu, saat ini Anda dapat menemukannya dengan mudah pada brand makeup lokal.

Cushion foundation adalah pilihan tepat untuk Anda yang dikejar-kejar waktu. Hal tersebut dikarenakan kemasan foundation ini tergolong praktis sebab sudah dilengkapi dengan cermin dan aplikator. Jadi, Anda dapat mengaplikasikan foundation dengan lebih cepat dan mudah.

Pilih berdasarkan hasil akhirnya

Umumnya, Anda dapat menemukan foundation yang menawarkan tiga macam hasil akhir. Pilihlah yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Matte finish, tepat untuk jenis kulit berminyak

Matte finish, tepat untuk jenis kulit berminyak

Foundation dengan matte finish membuat wajah Anda tanpa kilau dan terlihat lebih mulus. Bagi pemilik kulit berminyak, jenis foundation ini adalah yang paling cocok untuk kondisi kulit Anda karena dapat menahan minyak. Selain itu, matte foundation juga pas untuk dipilih saat Anda membuat riasan bold yang digunakan untuk menghadiri acara formal.

Dewy finish, memberi tampilan lebih fresh pada kulit kering

Dewy finish, memberi tampilan lebih fresh pada kulit kering

Jika matte foundation cocok untuk tipe kulit berminyak, dewy foundation cocok untuk tipe kulit kering. Hal ini dikarenakan finish foundation yang terlihat basah akan membuat kulit Anda terlihat lebih segar. Di samping itu, penggunaan dewy foundation pada kulit kering juga akan menghindari foundation crack karena terlalu kering. Jenis foundation ini tepat dijadikan pilihan untuk membuat look makeup yang ringan dan fresh.

Natural finish, pas untuk digunakan sehari-hari

Natural finish, pas untuk digunakan sehari-hari

Berbeda dari dua macam finish foundation sebelumnya, natural finish justru membuat Anda terlihat seperti tidak menggunakan foundation. Hasil akhirnya berada di antara matte dan dewy finish atau sering disebut skin like finish. Oleh sebab itu, foundation jenis ini sangat pas digunakan sehari-hari.

Baik untuk memilih produk yang disertai bahan pelembap

Baik untuk memilih produk yang disertai bahan pelembap

Siapa bilang kulit berminyak tidak membutuhkan pelembap? Itu adalah pernyataan yang salah! Kulit berminyak tetap membutuhkan pelembap karena jika tidak, kulit justru akan meningkatkan produksi minyak. Di lain pihak, kulit kering memang membutuhkan kelembapan tambahan untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada kulit.

Oleh karena alasan itu, cobalah terlebih dahulu memeriksa komposisi dari sebuah produk foundation sebelum Anda menentukan pilihan. Kandungan pelembap yang dapat ditemukan dalam formula foundation di antaranya adalah tocopheryl acetate, olive oil, jojoba oil, dan glycerin. Anda dapat memprioritaskan foundation dengan kandungan tersebut agar tidak hanya mendapatkan hasil akhir makeup yang terlihat memesona, tetapi kesehatan kulit Anda juga tetap terjaga.

10 Rekomendasi foundation lokal terbaik

Bagaimana? Apakah Anda kini semakin mengerti perbedaan di antara foundation-foundation lokal? Nah, jika sudah, berarti Anda siap untuk memilih produk terbaik versi Anda. Pilihlah yang sesuai dari segi finish, coverage, dan tentu harganya.

10. Wardah Exclusive Liquid Foundation

10. Wardah Exclusive Liquid Foundation

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 61.500

Mencari foundation yang halal dan berkualitas? Wardah jawabannya!

Exclusive series dari Wardah mengeluarkan liquid foundation yang bertekstur ringan. Anda tidak akan kesulitan saat mengaplikasikannya karena mudah di-blend. Wardah juga menjamin semua bahan-bahannya halal. Untuk Anda yang ingin mencari foundation aman dan bermutu, produk ini dapat menjadi pilihan.

Pilihan warna 5 shades
Kandungan pelembap Glycine soja oil, persea gratissima (avocado) oil, dan simmondsia chinensis (jojoba) seed oil, macadamia ternifolia seed oil
Jenis Liquid
Hasil akhir Matte
Isi 20 ml

9. La Tulipe Perfect Foundation

9. La Tulipe Perfect Foundation

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 94.600

Foundation dari brand melegenda yang bantu meratakan tekstur kulit

La Tulipe Perfect Foundation tepat dijadikan pilihan bagi Anda yang bermasalah dengan kulit bertekstur. Karena berjenis krim, foundation ini akan membantu meratakan tekstur pada kulit sehingga tampak lebih halus. Berbagai ketidaksempurnaan pada wajah Anda, seperti bekas jerawat, kerutan, dan area bawah mata yang gelap akan tertutupi.

Pilihan warna 5 shades
Kandungan pelembap Avocado oilolive oil, beeswax
Jenis Krim
Hasil akhir Tidak disebutkan
Isi 18 gram

8. Mineral Botanica Acne Care Loose Foundation

8. Mineral Botanica Acne Care Loose Foundation

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 71.668

Dengan acne care formula yang akan mengatasi jerawat

Anda mencari foundation untuk kulit yang berjerawat? Jika iya, produk ini cocok untuk Anda. Kandungan di dalam produk ini mampu mengeringkan jerawat dan mengurangi produksi minyak. Setelah diaplikasikan, foundation ini akan berperan layaknya two way cake. Namun, rasanya sangat ringan dan tidak seperti menggunakan base makeup.

Pilihan warna 3 shades
Kandungan pelembap Tocopheryl acetate dan ethylhexylglycerin
Jenis Powder
Hasil akhir Natural
Isi 15 gram

7. Bless Healthy Glow Foundation

7. Bless Healthy Glow Foundation

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 70.000

Tanpa bahan pewangi sehingga aman untuk kulit sensitif!

Dengan formula yang ringan dan tanpa pewangi, produk ini bisa menjadi pilihan bagi pemilik kulit sensitif. Coverage-nya memang tidak tinggi, tetapi cukup untuk menyamarkan noda dan meratakan warna kulit. Anda yang bermasalah dengan kulit kusam juga dapat mencoba produk ini karena akan membuat kulit tampak lebih cerah.

Pilihan warna 2 shades
Kandungan pelembap Tocopheryl acetate dan sodium lactate
Jenis Liquid
Hasil akhir Natural
Isi 35 gram

6. Emina City Chic CC Cake

6. Emina City Chic CC Cake

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 42.000

Selain easy-blending, formulanya juga mampu menahan produksi minyak

Powder foundation dari Emina ini menawarkan formula long-lasting shine-free yang berperan dalam menahan produksi minyak di wajah. Oleh sebab itu, produk ini pas bagi Anda yang memiliki kulit kombinasi cenderung berminyak.

Selain memberi hasil akhir yang terlihat natural, produk ini juga tidak meninggalkan rasa berat pada kulit Anda. Tekstur powder-nya pun halus dan mudah menyatu dengan kulit Anda sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk membaurkannya.

Pilihan warna 4 shades
Kandungan pelembap Apricot oil dan tocopheryl acetate
Jenis Powder
Hasil akhir Natural
Isi 12 gram

5. Pixy Make It Glow Dewy Cushion

5. Pixy Make It Glow Dewy Cushion

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 125.000

Membantu Anda mendapatkan dewy finish yang cantik

Mengandung berbagai pelembap dari bahan-bahan alami, cushion foundation ini tidak hanya akan mempercantik kulit, tetapi juga memberikan nutrisi. Selain itu, wajah Anda akan terlihat lebih bercahaya berkat dewy finish yang diusung oleh produk ini. Anda pemilik kulit kering akan menyukainya.

Pilihan warna 3 shades
Kandungan pelembap Olive oil, jojoba oil dan yuzu extract
Jenis Cushion
Hasil akhir Dewy
Isi 15 gram

4. Rose All Day The Realest Lightweight Foundation

4. Rose All Day The Realest Lightweight Foundation

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 195.000

Finish-nya terlihat seperti Anda tidak menggunakan base makeup!

Bagi Anda yang mencari foundation lokal dengan skin like finish, produk ini pas untuk Anda! Teksturnya yang buildable membuat Anda dapat terus me-layer foundation ini hingga mendapat coverage yang sesuai. Kulit Anda juga akan terlihat lebih cerah saat menggunakannya karena di dalam formulanya terdapat kandungan vitamin C.

Pilihan warna 6 shades
Kandungan pelembap Hyaluronic acid, glycerin, dan tocopheryl acetate
Jenis Liquid 
Hasil akhir Natural
Isi 30 ml

3. Mustika Ratu Beauty Queen Series High Coverage Foundation Dewy Finish  SPF30

3. Mustika Ratu Beauty Queen Series High Coverage Foundation Dewy Finish  SPF30

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 71.400

Formulanya berperan sebagai anti-aging dan antiradang

Foundation dari Mustika Ratu ini mengandung moringa seeds extract yang bekerja sebagai anti-aging untuk menyamarkan kerutan. Tidak hanya itu, kandungan ini juga memiliki kandungan antiinflamasi atau antiradang yang berfungsi menenangkan kulit yang meradang.

Walau hasil akhirnya dewy, tetapi foundation ini mampu memberikan high coverage yang akan menutupi berbagai ketidaksempurnaan kulit. Jadi, Anda yang mencari foundation yang disertai formula anti-aging dapat mencoba produk ini.

Pilihan warna 3 shades
Kandungan pelembap Olive oil, beeswax, glycerin, hydrogenated castor oil, dan rose flower oil
Jenis Liquid
Hasil akhir Dewy
Isi 30 ml

2. Make Over Powerstay Matte Powder Foundation

2. Make Over Powerstay Matte Powder Foundation

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 142.900

Produknya sering dibilang dupe brand high end! Yakin masih ga mau coba?

Diklaim sebagai dupe MAC Studio Fix Powder, produk ini memiliki coverage yang tidak main-main. Bukan itu saja, powder foundation ini mampu bertahan hingga sepuluh jam dengan soft-matte finish. Jika Anda ingin mempersingkat waktu ber-make up, tetapi mengharapkan hasil yang tahan lama dan full coverage, foundation ini dapat jadi pilihan!

Pilihan warna 8 shades
Kandungan pelembap Ethylhexylglycerin dan tocopheryl acetate
Jenis Powder 
Hasil akhir Soft-matte
Isi 12 gram

1. Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion

1. Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 215.000

Dilengkapi UV protection tingkat tinggi sebagai perlindungan dari paparan sinar matahari

Masih dari varian yang sama, seri Powerstay dari Make Over juga mengeluarkan cushion. Formulanya yang dilengkapi SPF 50/PA++++ cocok digunakan saat Anda berkegiatan di luar ruangan, bahkan hingga selama dua belas jam.

Saat Anda membeli produk ini, Anda juga akan mendapatkan puff aplikator yang bersifat antiair dan antibakteri. Dengan demikian, produknya tidak akan terserap ke dalam puff sehingga dapat memaksimalkan penggunaan foundation.

Pilihan warna 6 shades
Kandungan pelembap Pentylene glycol, glycerin, dan ethylhexylglycerin
Jenis Cushion
Hasil akhir Demi-matte
Isi 15 gram

Baca juga rekomendasi foundation terbaik lainnya di sini!

Setelah mengetahui sebagian foundation dari brand lokal, mungkin Anda menjadi penasaran dengan produk-produk lainnya. Untuk itu, kami juga menyiapkan artikel-artikel terkait yang masih membahas produk foundation terbaik. Tidak hanya brand lokal, Anda juga dapat menemukan produk dari brand internasional di sana. Silakan cek link di bawah ini!

Kesimpulan

Kini, kualitas foundation lokal tidak dapat diragukan. Dari segi formula, coverage, tekstur, dan kenyamanan, produk-produk tersebut tidak kalah dari brand internasional.

Kami berharap, setelah membaca tips cara memilih foundation lokal di atas, Anda dapat menemukan produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa juga untuk mengutamakan produk yang dilengkapi kandungan pelembap agar kulit Anda terhindar dari kekeringan.