10 Rekomendasi Masker Rambut (Hair Mask) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Masker Rambut (Hair Mask) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Sadarkah Anda jika penggunaan alat styling dan bahan kimia akan memperburuk kondisi rambut Anda? Untuk menjaga kesehatan rambut, masker rambut merupakan produk yang wajib dimasukkan dalam regimen perawatan rambut Anda. Bahkan ketika belum terjadi kerusakan sekalipun, masker rambut berfungsi untuk menjadikan rambut lebih berkilau.

Berbagai merek terkenal telah mengeluarkan masker rambut dengan kelebihan yang berbeda-beda, misalnya yang terbuat dari bahan alami, yang mencegah rambut rontok, yang cocok untuk rambut kering, dan lainnya. Untuk memudahkan Anda dalam memilih masker rambut yang tepat,  kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih masker rambut dan memperkenalkan produk-produk yang direkomendasikan. Mari temukan masker rambut yang dapat meningkatkan kekuatan rambut Anda!

Daftar isi

Cara memilih masker rambut

Masing-masing masker rambut ditujukan untuk permasalahan rambut yang berbeda-beda. Masker rambut dapat memberikan manfaat yang maksimal jika digunakan pada jenis rambut yang sesuai dengan petunjuk pemakaiannya. Kami akan menjelaskan beberapa poin dalam memilih masker rambut.

Memilih bahan yang sesuai dengan permasalahan rambut

Masker rambut mengandung bahan-bahan yang bervariasi. Oleh karena itu, penting untuk memilih produk yang mengandung bahan-bahan yang efektif dan sesuai untuk mengatasi permasalahan rambut Anda.

Kandungan minyak nabati untuk rambut kering

Kandungan minyak nabati untuk rambut kering

Masker rambut yang mengandung minyak nabati direkomendasikan untuk Anda yang memiliki jenis rambut kering. Minyak nabati termasuk di antaranya adalah shea butter, jojoba oil, minyak alpukat, minyak zaitun, minyak jarak, dan lain-lain.

Campuran masker rambut dengan minyak nabati sangat efektif sebagai pelembap. Selain itu, masker rambut tersebut juga dapat digunakan saat musim panas ketika rambut terkena terik matahari yang sangat panas. Kulit kepala menjadi lebih dingin dan rambut akan tetap lembap.

Kandungan keratin dan panthenol untuk rambut rusak

Kandungan keratin dan panthenol untuk rambut rusak

Jika Anda menginginkan masker rambut yang dapat memberikan kelembapan, memperbaiki rambut yang rusak dan membuatnya berkilau, Anda dapat memilih masker rambut yang mengandung keratin dan panthenol. Keratin mengisi kekurangan pada bagian kutikula rambut yang rusak dan memperbaikinya sehingga rambut rusak Anda akan tetap lembut. Bahan pathenol sendiri dapat memberikan efek kilau serta memiliki sangat bermanfaat dalam melembapkan dan menguatkan rambut.

Memilih berdasarkan ada atau tidaknya kandungan silikon

Produk perawatan rambut tanpa silikon menjadi populer beberapa tahun belakangan. Kami menyarankan untuk tidak hanya memilih produk sampo non-silikon, tetapi juga masker rambut yang tidak menggunakan silikon.

Silikon sering ditulis dengan nama dimethicone atau amodimethicone. Anda dapat mengecek kandungan silikon pada suatu produk di grafik bahan pada penjelasan atau kemasan produk.

Produk bersilikon untuk hasil akhir terlihat ‘berat’, berkilau, dan lembap

Produk bersilikon untuk hasil akhir terlihat 'berat', berkilau, dan lembap

Sejak produk sampo tanpa silikon menjadi populer, silikon sering dianggap memiliki efek negatif. Namun, silikon bukanlah bahan yang berbahaya sepenuhnya. Silikon sendiri sebenarnya memiliki kemampuan untuk memperbaiki rambut rusak dan menjaga rambut Anda.

Selain itu, manfaat silikon cukup banyak terutama untuk rambut yang berulang kali terkena bahan kimia. Silikon dapat melembutkan rambut yang mudah kusut dan melapisi permukaan rambut sehingga memberikan efek berkilau pada rambut. Beberapa produk yang menggunakan bahan silikon memberikan hasil akhir rambut yang terlihat ‘berat’. Jadi, penggunaan produk berbahan silikon ditujukan untuk Anda yang ingin menekan volume rambut Anda.

Produk tanpa silikon untuk hasil akhir yang ‘ringan’, halus, dan mencegah kerusakan kulit kepala

Produk tanpa silikon untuk hasil akhir yang 'ringan', halus, dan mencegah kerusakan kulit

Penggunaan produk berbahan silikon akan menyebabkan kerusakan pada kulit kepala apabila digunakan dalam jangka waktu yang lama. Bahkan kerusakan dapat menjalar ke area sekitar yang sering tanpa sengaja terkena produk bersilikon tersebut seperti kulit wajah, leher, dan punggung. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda menggunakan produk masker rambut tanpa silikon.

Masker rambut tanpa silikon memberikan hasil yang terlihat lebih ringan dibandingkan produk bersilikon. Masker rambut tipe ini cocok digunakan untuk Anda yang menginginkan rambut terlihat alami dan lebih ber-volume.

Produk yang mewah atau yang harganya terjangkau?

Produk yang mewah atau yang harganya terjangkau?

Masker rambut yang banyak mengandung bahan-bahan terbaik cenderung memiliki harga yang tinggi. Tentu akan menjadi beban tersendiri untuk menggunakan masker rambut yang mahal setiap hari.

Pada kasus seperti itu, lebih baik Anda membedakan penggunaan masker rambut. Untuk perawatan sehari-hari, Anda dapat menggunakan masker rambut dengan harga di bawah seratus ribu rupiah. Sedangkan masker rambut yang lebih mahal digunakan untuk momen spesial, seperti saat akan kencan, meeting penting, atau sekadar ingin memberikan reward spesial kepada rambut Anda.

Dengan membedakan penggunaan masker rambut berdasarkan situasi, Anda tetap bisa menjaga kesehatan rambut dan dompet Anda.

10 Rekomendasi masker rambut terbaik

Setelah memahami cara memilih masker rambut dengan benar, selanjutnya kami akan memperkenalkan 10 produk masker rambut terbaik. Pilihlah masker rambut yang sesuai dengan jenis dan permasalahan rambut Anda!

10. Pantene Hair Fall Control Intensive Hair Mask

10. Pantene Hair Fall Control Intensive Hair Mask

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 33.900

Menutrisi ke akar rambut untuk mencegah kerontokan

Pantene memproduksi masker rambut yang memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya kerontokan pada rambut. Bahan-bahan berkualitas yang digunakan oleh Pantene memberikan nutrisi hingga ke akar rambut sehingga akar rambut lebih kuat dan tidak mudah rontok.

Selain kerontokan akibat lemahnya akar rambut, masker rambut dari Pantene ini juga dapat mengurangi kerontokan akibat batang rambut yang rapuh. Penggunaan masker rambut ini secara teratur akan membuat rambut Anda lebih kuat dan berkilau.

9. Dove Heat Defence Treatment Mask

9. Dove Heat Defence Treatment Mask

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 39.000

Melindungi rambut dari panasnya alat styling

Jika Anda sering menggunakan catok pelurus atau pengeriting rambut, ada baiknya Anda memberikan perlindungan terlebih dahulu pada rambut Anda. Masker rambut produksi Dove ini mampu menutrisi dan melindungi rambut Anda dari panas yang dihasilkan alat styling.

Anda tidak perlu khawatir dengan penggunaan masker rambut ini setiap hari. Dengan tekstur yang kental dan mudah menyerap pada batang rambut, masker ini tidak akan meninggalkan kesan lengket pada rambut Anda. Rambut akan terasa lebih lembut dan mudah diatur.

8. Rudy Hadisuwarno Hair Loss Defense Hair Mask

8. Rudy Hadisuwarno Hair Loss Defense Hair Mask

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 44.999

Ekstrak ginseng untuk mencegah kerontokan

Jika kerontokan rambut merupakan keluhan Anda, masker rambut produksi Rudy Hadisuwarno ini bisa menjadi pilihan! Active hair loss defense complex dan ekstrak gingseng yang terkandung dalam masker rambut ini memberikan kekuatan dan menutrisi batang rambut agar tidak rapuh.

Selain memperkuat rambut Anda, penggunaan teratur masker rambut ini akan membuat rambut Anda terlihat sehat berkilau. Anda juga tidak perlu khawatir karena penggunaan masker rambut Rudy Hadisuwarno ini tidak akan memberikan efek berminyak pada rambut Anda.

7. Makarizo Hair Repair Mask

7. Makarizo Hair Repair Mask

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 12.500

Masker rambut yang menutrisi hingga ke bagian terdalam rambut

Sebagai salah satu merek perawatan rambut terkemuka asal Indonesia, masker rambut dari Makarizo ini tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Dengan menggunakan bahan-bahan seperti royal jelly, protein nabati, dan vitamin B5, masker rambut Makarizo ini bekerja dengan memberikan nutrisi hingga ke bagian korteks rambut yang terdalam.

Masker rambut Makarizo dapat digunakan untuk semua jenis kerusakan rambut. Bahkan jika rambut Anda tidak memiliki masalah, Anda tetap dapat menggunakan masker rambut ini untuk mencegah terjadinya kerusakan alami pada rambut.

6. Mustika Ratu Cem Ceman Hair Mask

6. Mustika Ratu Cem Ceman Hair Mask

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 26.900

Masker rambut untuk menghilangkan ketombe

Mustika Ratu merupakan salah satu merek asli asal Indonesia yang terkenal dengan penggunaan bahan-bahan tradisional untuk produk-produknya. Beberapa bahan yang terkandung di dalam masker rambut dari Mustika Ratu ini antara lain minyak kelapa, panthenol, dan climbazole yang berfungsi sebagai anti-dandruff.

Penggunaan rutin dari masker rambut ini dapat memberikan kelembutan dan kilau indah pada rambut Anda. Selain itu, masker rambut ini dapat menghilangkan ketombe dan memperkuat akar rambut Anda. Masker rambut ini pun tergolong murah, Anda hanya perlu membayar kurang dari 30 ribu rupiah untuk ukuran 200 ml.

5. Furatasse Snail Collagen Masque

5. Furatasse Snail Collagen Masque

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 687.000

Perawatan 15 menit untuk rambut lebih sehat, halus, dan berkilau

Masker rambut dari Furatasse mengandung kolagen dari lendir siput yang dapat memperbaiki sel kulit kepala dan rambut yang rusak. Jika Anda memiliki rambut yang cenderung kering, Anda cocok menggunakan masker rambut ini. Rambut kering Anda akan terasa lebih halus dan ber-volume.

Walaupun ditawarkan dengan harga yang cukup mahal, penggunaan yang teratur selama 15-30 menit dari masker rambut ini dapat menyehatkan rambut yang rusak dan mengembalikan kilau alaminya. Vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya juga dapat mencegah rambut bercabang.

4. L’oreal Mythic Oil Masque

4. L’oreal Mythic Oil Masque

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 209.999

Penyeimbang kadar minyak alami rambut

Masker rambut dari L’oreal mengandung bahan-bahan yang sangat bermanfaat bagi rambut seperti argan, alpukat, biji kapas, dan minyak biji anggur. Selain dapat digunakan untuk semua jenis rambut, masker rambut dari L’oreal ini juga cocok bagi Anda yang sering melakukan smoothing, curling, dan pewarnaan pada rambut.

Masker rambut produksi L’oreal bekerja dengan menyeimbangkan jumlah minyak alami yang diproduksi oleh rambut, dan menutrisinya secara intens. Anda cukup menggunakan masker rambut ini selama tiga menit dan rambut akan terasa lebih lembut dan mengkilap setelahnya.

3. Kerastase Elixir Ultime Masque

3. Kerastase Elixir Ultime Masque

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 505.000

Sensasi kemewahan empat minyak alami pada rambut Anda

Hanya dengan menggunakan masker rambut dari Kerastase ini selama lima menit, Anda akan merasakan sensasi kemewahan yang luar biasa pada rambut Anda. Tidak heran, karena masker rambut dari Kerastase menggunakan kebaikan minyak alami sebagai bahan utama untuk menutrisi rambut Anda.

Minyak alami dari alam tersebut antara lain minyak jagung yang digunakan sebagai antioksidan, camellia oil untuk menghaluskan serat rambut, argan oil untuk menguatkan dan melindungi rambut, serta pracaxi oil untuk rambut yang lebih berkilau. Masker rambut ini cocok untuk semua jenis rambut terutama rambut kering dan mengembang.

2. The Body Shop Banana Hair Mask

2. The Body Shop Banana Hair Mask

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 199.000

Bahan-bahan organik untuk rambut yang lebih sehat

The Body Shop merupakan merek terkemuka yang berasal dari Inggris. Brand yang selalu menggunakan bahan-bahan alami terbaik dari setiap negara ini, kali ini memproduksi masker rambut berbahan dasar pisang. Selain menggunakan pisang organik terbaik dari Ekuador, masker rambut dari The Body Shop juga diperkaya dengan minyak kacang Brazil dari Peru.

Masker rambut dari The Body Shop ini dapat menutrisi rambut hingga ke ujungnya, menjadikan rambut terlihat lembut, mudah diatur, dan berkilau. Hanya dengan penggunaan rutin satu minggu sekali, rambut kering atau normal Anda akan terasa lebih sehat. Anda juga tidak perlu khawatir karena masker rambut dari The Body Shop ini tidak mengandung silikon dan mineral oil.

1. L’occitane Aromachologie Repairing Mask

1. L’occitane Aromachologie Repairing Mask

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 468.000

Kebaikan lima minyak esensial untuk merangsang regenerasi sel-sel rambut

Merek terkemuka asal Prancis, L’occitane, mengeluarkan masker rambut yang cocok digunakan apabila Anda sering melakukan pewarnaan rambut atau jika rambut Anda sering terkena bahan kimia. Masker rambut ini bekerja secara efektif dengan menutrisi dan memperbaiki serat kapiler pada rambut.

Dengan kandungan minyak protein dan lima jenis minyak esensial dari bunga matahari, lavender, angelica, patchouli, geranium dan ylang-ylang, masker rambut dari L’occitane dapat merangsang regenerasi sel-sel rambut yang rusak dan melindungi rambut dari panasnya alat styling, matahari, dan bahan-bahan kimia.

Penggunaan masker rambut yang benar

Masker rambut merupakan produk perawatan rambut yang spesial. Namun, jika Anda tidak menggunakannya dengan benar, Anda tidak akan merasakan manfaatnya. Berikut kami jelaskan cara menggunakan masker rambut yang benar.

Ikuti urutan penggunaan: Sampo → masker rambut → kondisioner

Ikuti urutan penggunaan sampo → masker rambut → kondisioner

Hal terpenting untuk mendapatkan manfaat dari masker rambut adalah urutan penggunaannya. Karena masker rambut bekerja dari dalam, pastikan Anda menggunakannya setelah rambut dicuci bersih dengan sampo. Saat menggunakan masker rambut, tidak disarankan untuk menempelkannya pada kulit kepala karena akan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori.

Setelah menggunakan masker rambut, Anda dapat membilas kemudian meneruskan penggunaan kondisioner pada rambut Anda. Dengan urutan penggunaan seperti ini, Anda akan merawat rambut dengan lebih efektif.

Cukup gunakan masker rambut 2-3 kali dalam satu minggu

Cukup gunakan masker rambut 2-3 kali dalam satu minggu

Walaupun masker rambut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan rambut Anda, namun masker rambut tidak ditujukan untuk penggunaan sehari-hari. Jika Anda mencuci rambut setiap hari, Anda tidak disarankan untuk menggunakan masker rambut setiap hari. Anda cukup menggunakannya 2-3 kali dalam satu minggu.

Kesimpulan

Banyaknya polusi dan penggunaan alat styling setiap hari akan mempercepat kerusakan rambut Anda. Rambut yang rusak akan lebih rawan mengalami kerontokan yang berimbas pada kebotakan. Anda tentu tidak ingin mengalaminya, bukan? Untuk itu masker rambut diperlukan untuk mengembalikan kekuatan alami rambut dan memberikan nutrisi ekstra.

Bagaimana pendapat Anda tentang produk masker rambut yang kami rekomendasikan? Sayangilah rambut Anda dengan menggunakan masker rambut secara rutin. Semoga Anda menemukan masker rambut yang sesuai dengan kebutuhan rambut Anda ya!