• 10 Permen Pelega Tenggorokan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Permen Pelega Tenggorokan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Permen Pelega Tenggorokan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Permen Pelega Tenggorokan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Permen Pelega Tenggorokan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Permen Pelega Tenggorokan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Bermacam masalah tenggorokan seperti batuk, tenggorokan sakit atau gatal bisa datang tiba-tiba. Tentunya masalah tersebut bisa membuat hari Anda kurang nyaman, apalagi kalau sampai mengakibatkan radang tenggorokan. Salah satu solusi tercepatnya adalah mengonsumsi permen pelega tenggorokan, seperti dari merek Ricola, Fisherman, Strepsil, dan lainnya.

Supaya Anda dapat memilih produk yang sesuai, kami akan menjelaskan cara tepat memilih permen pelega tenggorokan. Ada pula sepuluh rekomendasi produk yang bagus untuk Anda. Simak sampai habis karena ada rekomendasi permen tenggorokan tanpa gula, serta aman untuk ibu hamil dan anak-anak, lho!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

DILA
  • Pembaharuan terakhir: 12 September 2022
Daftar isi

Mengapa memilih permen pelega tenggorokan?

Permen pelega tenggorokan dapat menjadi solusi atas permasalahan ringan pada tenggorokan. Namun, permasalahan tenggorokan seperti apa yang bisa diatasi? Lantas, bagaimana pula permen pelega tenggorokan menyembuhkan gangguan ringan pada tenggorokan? Berikut penjelasannya.

Kenali penyebab masalah tenggorokan

Kenali penyebab masalah tenggorokan
Masalah tenggorokan dapat muncul karena berbagai faktor pemicu. Faktor yang sering menyebabkan terjadinya masalah tenggorokan antara lain:

  • Suhu udara yang terlalu panas atau dingin. Suhu udara yang ekstrem dapat menyebabkan tenggorokan menjadi kering sehingga mudah terinfeksi oleh kuman dan bakteri.
  • Serangan kuman dan bakteri. Streptococcus adalah jenis bakteri yang kerap menyerang tenggorokan serta mengakibatkan tenggorokan terasa sakit dan gatal.
  • Terjadi peradangan pada tenggorokan. Peradangan merupakan infeksi pada tenggorokan sebagai buntut serangan oleh bakteri yang tidak segera ditangani.

Tidak hanya itu, infeksi kuman dan bakteri juga dapat menyebabkan masalah bau mulut yang tentunya sangat mengganggu. Permen pelega tenggorokan dapat membantu Anda mengatasi hal-hal tersebut. Meski begitu, sebaiknya hindari mengonsumsi permen pelega tenggorokan setiap hari. 


Lozenges umumnya mengandung bahan aktif yang akan menimbulkan alergi bila dikonsumsi secara berlebihan. Kandungan gula di dalamnya pun mungkin malah akan memperburuk kondisi tenggorokan Anda. Karena itu, konsumsi lozenges sesuai anjuran produsen atau hanya saat dibutuhkan.

Cara kerja permen pelega tenggorokan

Cara kerja permen pelega tenggorokan
Permen pelega tenggorokan dikenal juga dengan sebutan lozenges. Di dalam permen jenis ini terdapat bahan aktif yang berkhasiat meredakan masalah tenggorokan. Pada dasarnya, permen pelega tenggorokan ini bekerja dengan cara menambah produksi saliva atau air liur.

Kondisi tenggorokan yang kering biasanya akan lebih mudah terserang infeksi kuman dan bakteri. Dengan menambah produksi air liur, tenggorokan menjadi lebih lembap dan terhindar dari infeksi. Terlebih lagi, kuman dan bakteri juga akan mati karena air liur manusia memiliki antibiotik alami.


Karena itu, permen pelega tenggorokan merupakan salah satu langkah tercepat untuk menangani masalah tenggorokan. Ditambah lagi, permen pelega tenggorokan juga memiliki efek samping yang lebih ringan daripada mengonsumsi obat-obatan. 


Di sisi lain, sebaiknya permen ini tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, serta anak-anak berusia 6 tahun ke bawah. Kandungan mint dapat menyebabkan percepatan penurunan produksi ASI. Sementara itu, permen dikhawatirkan akan tertelan dan tersangkut di tenggorokan apabila dikonsumsi oleh anak-anak.

Cara memilih permen pelega tenggorokan

Saat ini ada berbagai jenis permen pelega tenggorokan yang dijual di pasaran dengan bermacam khasiat. Agar Anda tidak bingung dalam menentukan produk mana yang tepat, berikut ini kami jelaskan cara memilihnya. Baca dengan saksama, ya!

Sesuaikan dengan khasiatnya

Rata-rata setiap produk dilengkapi dengan beberapa kandungan khusus. Kandungan-kandungan tersebut pun memiliki khasiatnya masing-masing. Misalnya saja, kandungan mentol mampu meringankan tenggorokan gatal atau kandungan vitamin C untuk radang. 

Mentol, mint, atau peppermint: Meredakan tenggorokan gatal

Mentol, mint, atau peppermint: Meredakan tenggorokan gatal
Kandungan mentol seperti mint atau peppermint memiliki khasiat melegakan saluran pernapasan, termasuk tenggorokan. Rasa sejuk yang dihasilkan oleh mentol juga akan meringankan rasa sakit dan gatal di tenggorokan Anda. Jadi, kandungan mentol ini cukup penting dalam sebuah permen pelega tenggorokan.

Mentol juga dipercaya dapat membersihkan mulut dan menyegarkan napas. Tak heran jika kandungan ini sering Anda temukan pada pasta gigi. Apabila Anda memiliki masalah dengan bau mulut dan tenggorokan gatal, permen pelega tenggorokan dengan kandungan mentol merupakan pilihan tepat.

Vitamin C, amylmetacresol, atau licorice: Meringankan radang tenggorokan

Vitamin C, amylmetacresol, atau licorice: Meringankan radang tenggorokan

Radang tenggorokan umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri yang membuat Anda jadi susah menelan. Selain memperbanyak minum air putih, Anda bisa meredakannya dengan permen pelega tenggorokan yang memiliki kandungan vitamin C. Kandungan ini dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh untuk melawan infeksi bakteri ataupun virus.


Tidak hanya vitamin C, produk dengan kandungan amylmetacresol juga ampuh membunuh bakteri dan kuman penyebab radang tenggorokan. Hal tersebut sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dimuat pada International Journal of Clinical Practice. Bahkan, lozenges dengan kandungan licorice (liquorice) atau akar manis yang memiliki zat anti-inflamasi juga mampu menenangkan peradangan.

Kenali bentuk dan tekstur permennya

Permen pelega tenggorokan memiliki tekstur yang bermacam-macam. Ada tiga jenis permen pelega tenggorokan yang banyak dijumpai di pasaran, yaitu, padat, lunak, dan juga tipis. Yuk, kenali lebih dalam ketiga jenis tersebut!

Tekstur yang padat: Tidak cepat habis saat dihisap sehingga efeknya lebih lama

Tekstur yang padat: Tidak cepat habis saat dihisap sehingga efeknya lebih lama

Permen pelega tenggorokan berbentuk padat ini memiliki ciri khas yang tidak mudah larut dengan air liur. Dengan begitu, ketika diisap pun permen jenis ini tidak akan cepat habis. Sifatnya yang tidak mudah habis tersebut membuat efek melegakan yang dihasilkan juga lebih lama dan konstan.

Tekstur yang empuk: Dapat dikunyah sehingga nyaman untuk gigi sensitif

Tekstur yang empuk: Dapat dikunyah sehingga nyaman untuk gigi sensitif
Anda yang memiliki gigi sensitif pastinya akan merasa kurang nyaman saat memakan permen bertekstur padat. Karena itu, pilihlah produk yang bertekstur empuk agar lebih mudah dikunyah. Saat bersentuhan dengan gigi sekalipun tetap akan terasa nyaman. Variasi permen dengan kandungan jelly merupakan jenis permen bertekstur lunak yang paling digemari.

Bentuk yang tipis: Mudah larut di mulut

Bentuk yang tipis: Mudah larut di mulut

Bentuk yang tipis seperti lembaran merupakan karakteristik khas dari permen pelega tenggorokan jenis ini. Dengan bentuk yang tipis, permen jenis ini dapat larut seketika dengan air liur. Hal ini dapat memberikan efek menyegarkan yang lebih cepat. Bagi Anda yang sedang terburu-buru atau harus segera tampil di depan umum, pilihlah permen jenis tipis ini.

Agar terhindar dari diabetes, pilih yang kadar gulanya rendah

Agar terhindar dari diabetes, pilih yang kadar gulanya rendah

Permen biasanya identik dengan kandungan gula. Namun, mengonsumsi gula secara berlebihan tidak menyehatkan untuk tubuh karena bisa menimbulkan penyakit seperti diabetes atau obesitas. Karena itu, sebaiknya Anda memilih permen pelega tenggorokan yang rendah kadar gulanya. Jika permen yang Anda suka mengandung gula, sebaiknya batasi konsumsinya agar tidak berlebihan.

10 Rekomendasi permen pelega tenggorokan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk permen pelega tenggorokan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 11 September:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Sido Muncul Permen Tolak Angin Herbal Peppermint Lozenges menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Meiji SP Troches memiliki angka penjualan tertinggi. 

Gambar produk
1
Meiji SP Troches  1

Meiji

2
PT Kalbe Farma Tbk Wood’s Peppermint Lozenges Original 1

PT Kalbe Farma Tbk

3
Deltomed Permen Ziplong 1

Deltomed

4
Makson Healthcare Betadine Lozenges 1

Makson Healthcare

5
STRONG Gofress 1

STRONG

6
Fisherman’s Friend Choco Mentho 1

Fisherman’s Friend

7
PT Reckitt Benckiser Healthcare  Strepsils Vitamin C Orange Flavour 1

PT Reckitt Benckiser Healthcare

8
Ricola Refreshing Pearls Spearmint 1

Ricola

9
Afiat Industri Farmasi Pagoda Pastiles Liquorice 1

Afiat Industri Farmasi

10
Konimex Hexos Cool 1

Konimex

Nama produk

SP Troches

Wood’s Peppermint Lozenges Original

Permen Ziplong

Betadine Lozenges

Gofress

Choco Mentho

Strepsils Vitamin C Orange Flavour

Refreshing Pearls Spearmint

Pagoda Pastiles Liquorice

Hexos Cool

Keunggulan

Enak dan tidak pedas, anak-anak pasti suka!

Kandungan extra peppermint yang cepat legakan hidung dan tenggorokan

Mengandung ekstrak licorice yang meredakan peradangan

Berantas tuntas bakteri penyebab sakit tenggorokan

Mengandung xylitol yang baik untuk gigi

Legitnya rasa cokelat berpadu dengan mint yang menyegarkan

Dengan vitamin C, jaga tenggorokan dan daya tahan tubuh Anda!

Jelly berbahan alami yang menyehatkan tubuh

Anda perokok? Coba dulu lozenges yang satu ini!

Tiga varian rasa yang menyegarkan, menceriakan, sekaligus menenangkan!

Harga mulai dariRp 7.900,00Rp 4.850,00Rp 12.500,00Rp 17.850,00Rp 10.000,00Rp 18.000,00Rp 12.000,00Rp 13.900,00Rp 7.100,00Rp 13.200,00
Isi12 butir6 butir5 butir, 50 butir8 butir24 lembar25 gr8 butir25 butir20 gr (±100 butir)8 butir
Bahan aktifDequalinium chloride 0,25 mgMint flavour, peppermint essential oil, peppermint essential verona, menthol crystalEkstrak licorice, ekstrak jahe, ekstrak jeruk nipis, peppermint oilAmylmetacresol, dybenal, menthol, eucalyptusXylitol, eucalyptol, methyl salicylate, thymol MentolVitamin C 1000 mg, 2,4-dichlorobenzyl, amylmetacresol, perisa mentholEkstrak mint, perisa alami mentol, ekstrak herbal, ekstrak mint oil, ekstrak teh hijauLiquorice, mentol, minyak kayu putih, minyak cabePerisa mentol
KemasanBlister packSasetSasetBlister packKotak plastikSasetSasetKotak kertasKotak kalengSaset
Kandungan gulaTidak ada keteranganTidak ada keteranganxxx×
TeksturPadatPadatPadatPadatTipisPadatPadatLunakPadatPadat
Tautan produk
10
Isi8 butir
Bahan aktifPerisa mentol
KemasanSaset
Kandungan gula×
TeksturPadat
9

Afiat Industri FarmasiPagoda Pastiles Liquorice

Mulai dari Rp 7.100,00

Isi20 gr (±100 butir)
Bahan aktifLiquorice, mentol, minyak kayu putih, minyak cabe
KemasanKotak kaleng
Kandungan gulax
TeksturPadat
8
Isi25 butir
Bahan aktifEkstrak mint, perisa alami mentol, ekstrak herbal, ekstrak mint oil, ekstrak teh hijau
KemasanKotak kertas
Kandungan gulax
TeksturLunak
7

PT Reckitt Benckiser Healthcare Strepsils Vitamin C Orange Flavour

Mulai dari Rp 12.000,00

Isi8 butir
Bahan aktifVitamin C 1000 mg, 2,4-dichlorobenzyl, amylmetacresol, perisa menthol
KemasanSaset
Kandungan gula
TeksturPadat
6

Fisherman’s FriendChoco Mentho

Mulai dari Rp 18.000,00

Isi25 gr
Bahan aktifMentol
KemasanSaset
Kandungan gulax
TeksturPadat
5
Isi24 lembar
Bahan aktifXylitol, eucalyptol, methyl salicylate, thymol
KemasanKotak plastik
Kandungan gula
TeksturTipis
4

Makson HealthcareBetadine Lozenges

Mulai dari Rp 17.850,00

Isi8 butir
Bahan aktifAmylmetacresol, dybenal, menthol, eucalyptus
KemasanBlister pack
Kandungan gulaTidak ada keterangan
TeksturPadat
3
Isi5 butir, 50 butir
Bahan aktifEkstrak licorice, ekstrak jahe, ekstrak jeruk nipis, peppermint oil
KemasanSaset
Kandungan gula
TeksturPadat
2

PT Kalbe Farma TbkWood’s Peppermint Lozenges Original

Mulai dari Rp 4.850,00

Isi6 butir
Bahan aktifMint flavour, peppermint essential oil, peppermint essential verona, menthol crystal
KemasanSaset
Kandungan gula
TeksturPadat
1
Isi12 butir
Bahan aktifDequalinium chloride 0,25 mg
KemasanBlister pack
Kandungan gulaTidak ada keterangan
TeksturPadat

Baca juga rekomendasi permen lainnya di sini

Permen memang sudah tidak asing dalam kehidupan kita. Tidak hanya disukai anak-anak, orang dewasa juga banyak yang menyukai permen. Saat ini, di pasaran ada berbagai jenis permen dengan bentuk dan rasa yang beragam. Apabila Anda tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut, silakan baca artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Itu tadi cara memilih dan juga rekomendasi permen pelega tenggorokan terbaik yang telah kami seleksi untuk Anda. Tentunya Anda sudah menemukan yang sesuai dengan yang dicari, bukan?

Masalah tenggorokan memang dapat menyerang sewaktu-waktu. Karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan langkah pencegahan. Cara pencegahan yang dapat Anda coba antara lain dengan banyak minum air putih dan mengonsumsi vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Biskuit Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Biskuit Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Menjalankan program diet bukan berarti Anda tidak boleh ngemil. Anda bisa ngemil, hanya saja tidak boleh sembarangan. Jika ingin menikmati camilan, konsumsilah biskuit diet rendah kalori. Biskuit diet memiliki kadar kalori serta kandungan gula yang rendah sehingga tidak akan menambah berat badan.Ada banyak produk biskuit untuk diet yang enak, seperti merek WRP, Tropicana Slim, atau Slim & Fit. Pada artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi produk terpopuler dan membahas tentang biskuit untuk diet. Tidak lupa, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga memberikan komentarnya di sini. Yuk, baca sampai selesai!
    Makanan kecil & snack
  • 10 Merk Snack (Makanan Ringan) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Snack (Makanan Ringan) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan ringan atau snack tentu sangat nikmat dimakan kapan saja, baik saat kerja maupun saat santai. Snack juga wajib dibawa saat Anda pergi piknik. Ada banyak pilihan snack Indonesia sampai snack impor yang dapat Anda nikmati. Camilan yang renyah, gurih, manis, sampai pedas bisa Anda pilih.Kali ini kami akan merekomendasikan berbagai snack terenak yang kekinian dan viral di TikTok. Tak ketinggalan juga kami akan merekomendasikan snack rendah kalori dan snack jadul yang lezat. Sebelumnya, simak dahulu tips dari kami untuk memilih snack yang enak disantap kapan saja. Selamat membaca!
    Makanan kecil & snack
  • 10 Merk Dark Chocolate Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Dark Chocolate Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dari tiga jenis coklat, yaitu dark chocolate, milk chocolate, dan white chocolate, dark chocolate menjadi jenis coklat yang paling banyak diminati. Pasalnya, dark chocolate memberikan manfaat baik untuk tubuh, termasuk saat diet. Tak hanya rasa pahit, dark chocolate juga sangat kaya akan cita rasa.Dalam artikel kali ini kami akan memberikan tips memilih dark chocolate yang enak dijadikan camilan atau bahan masakan. Jangan ketinggalan juga melihat rekomendasi produk dark chocolate terbaik dari Indonesia, mulai dari merek Chocolate Monggo, SilverQueen, Tulip, dan Pipiltin Cocoa. Yuk, simak artikel ini sampai habis!
    Makanan kecil & snack
  • 10 Merk Permen Karet Bebas Gula Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Permen Karet Bebas Gula Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Permen karet bebas gula adalah permen karet rendah kalori yang tidak merusak gigi. Selain dapat mengusir rasa pahit di mulut, permen ini dipercaya mampu menekan asam lambung. Permen karet tanpa gula bahkan aman untuk ibu hamil, lho! Namun, produk seperti apa yang bagus untuk dikonsumsi?Kali ini, kami akan membahas tips memilih permen karet bebas gula serta merekomendasikan produk-produknya. Ada beragam merek permen karet bebas gula terbaik, seperti Happydent, LOTTE Xylitol, dan Mentos. Selain harga yang bervariasi, rasanya juga bermacam-macam, mulai dari peppermint, spearmint, hingga rasa jeruk. Jadi, mari disimak!
    Makanan kecil & snack
  • 10 Snack Bars Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Snack Bars Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Snack bars adalah camilan berbentuk bar yang umumnya terbuat dari sereal multigrain. Snack bars banyak diminati karena praktis dan cocok dikonsumsi untuk camilan diet sebagai pengganti snack berkalori tinggi. Beberapa merek snack bars sehat dapat ditemui dengan mudah, seperti Soyjoy, Fitbar, dan Heavenly Blush.Apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih snack bars yang sehat sekaligus enak? Informasi seputar snack bars akan kami berikan di dalam artikel ini. Kami juga merekomendasikan snack bars dalam berbagai varian rasa yang ada di Indonesia. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.
    Makanan kecil & snack
  • 10 Rekomendasi Es Krim Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Es Krim Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    Dingin, lembut, dan creamy. Siapa yang dapat menolak sensasi es krim? Es krim adalah makanan favorit semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain bergizi karena mengandung mineral, vitamin, dan protein, varian rasanya pun banyak. Ada es krim cokelat, stroberi, vanila, bahkan tiramisu. Es krim rendah kalori, low sugar, dan tidak mengandung susu pun ada!Pada artikel ini kami akan me-review sepuluh es krim yang enak. Merek es krim terbaik, mulai dari Wall's, Campina, Aice, sampai Häagen-Dazs ada dalam rekomendasi kami. Temukan review es krim terenak berikut ini!
    Makanan kecil & snack
  • 10 Rekomendasi Pod Chocolate Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pod Chocolate Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mengonsumsi coklat sering kali dihindari para vegan karena mengandung susu. Kini Anda bisa menikmati coklat yang enak khusus para vegan karena tidak mengandung produk hewani sama sekali, yaitu Pod Chocolate. Pod Chocolate menggunakan biji kakao berkualitas asal Bali dengan pemanis coconut sugar yang bernutrisi.Kali ini kami akan berbagi informasi seputar Pod Chocolate dan merekomendasikan produknya yang lezat untuk  disantap. Tentunya Anda akan mendapatkan kualitas produk yang sebanding dengan harganya. Simak sampai habis dan temukan produk Pod Chocolate yang pas dengan selera Anda.
    Makanan kecil & snack
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori