• 10 Rekomendasi Permen Pelega Tenggorokan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Permen Pelega Tenggorokan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Permen Pelega Tenggorokan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Permen Pelega Tenggorokan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Permen Pelega Tenggorokan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Permen Pelega Tenggorokan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Bermacam masalah tenggorokan seperti batuk, tenggorokan sakit atau gatal bisa datang tiba-tiba. Tentunya, masalah tersebut bisa membuat hari Anda kurang nyaman. Apalagi jika Anda sehari-hari harus sering bertemu dengan banyak orang. Salah satu solusi tercepat dalam menanganinya adalah mengonsumsi permen pelega tenggorakan.

Merek-merek terkenal, seperti Ricola, Woods, dan Strepsils sudah sejak lama memproduksi permen pelega tenggorokan yang ampuh meredakan masalah tenggorokan. Kali ini kami akan menjelaskan cara tepat memilih permen pelega tenggorokan dan merekomendasikan sepuluh produk yang telah kami seleksi. Simak sampai habis, ya!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 22.678 Views
Daftar isi

Kenali penyebab masalah tenggorokan

Kenali penyebab masalah tenggorokan
Masalah tenggorokan dapat muncul karena berbagai faktor pemicu. Faktor yang sering menyebabkan terjadinya masalah tenggorokan antara lain adalah serangan kuman dan bakteri. Selain kedua hal tersebut, suhu udara yang terlalu panas atau dingin juga dapat menjadi penyebabnya. Suhu udara yang ekstrem dapat menyebabkan tenggorokan menjadi kering sehingga mudah terinfeksi oleh kuman dan bakteri.
Adanya infeksi yang disebabkan kuman dan bakteri bisa mengakibatkan tenggorokan sakit dan terasa gatal. Apabila infeksi yang terjadi cukup parah, tenggorokan bisa mengalami peradangan. Tidak hanya itu, infeksi kuman dan bakteri juga dapat menyebabkan masalah bau mulut yang tentunya sangat mengganggu.

Mengapa memilih permen pelega tenggorokan?

Mengapa memilih permen pelega tenggorokan?
Permen pelega tenggorokan dikenal juga dengan sebutan lozenges. Berbeda dengan jenis permen lainnya, permen jenis ini memiliki bahan aktif yang berkhasiat meredakan masalah tenggorokan. Pada dasarnya, permen pelega tenggorokan ini bekerja dengan cara menambah produksi saliva atau air liur.
Kondisi tenggorokan yang kering biasanya akan lebih mudah terserang infeksi kuman dan bakteri. Dengan menambah produksi air liur, tentunya akan membuat tenggorokan lebih lembap dan terhindar dari infeksi. Terlebih lagi, kuman dan bakteri juga akan mati karena air liur manusia memiliki antibiotik alami.
Oleh karena itu, permen pelega tenggorokan merupakan salah satu langkah tercepat untuk menangani masalah tenggorokan. Selain itu, permen pelega tenggorokan juga memiliki efek samping yang lebih ringan daripada mengonsumsi obat-obatan.

Cara memilih permen pelega tenggorokan

Saat ini ada berbagai jenis permen pelega tenggorokan yang dijual di pasaran dengan bermacam khasiat. Agar Anda tidak bingung dalam menentukan produk mana yang tepat, berikut ini kami jelaskan cara memilihnya. Baca dengan saksama, ya!

Pilih yang mengandung mentol untuk sensasi melegakan

Pilih yang mengandung mentol untuk sensasi melegakan
Kandungan mentol seperti mint atau peppermint memiliki khasiat melegakan saluran pernapasan, termasuk tenggorokan. Kandungan mentol ini juga dapat membunuh kuman dan bakteri serta meringankan peradangan. Rasa sejuk yang dihasilkan oleh mentol juga akan meringankan rasa sakit dan gatal di tenggorokan Anda. Jadi, kandungan mentol ini cukup penting dalam sebuah permen pelega tenggorokan.
Mentol juga dipercaya dapat membersihkan mulut dan menyegarkan nafas. Tak heran jika kandungan ini sering Anda temukan pada pasta gigi. Apabila Anda memiliki masalah dengan bau mulut, permen pelega tenggorakan dengan kandungan mentol merupakan pilihan tepat.

Pilih berdasarkan bentuk dan tekstur permennya

Permen pelega tenggorokan memiliki tekstur yang bermacam-macam. Ada permen pelega tenggorokan yang bertekstur padat, lunak, dan juga tipis.

Tekstur yang padat, tidak cepat habis saat dihisap sehingga efeknya lebih lama

Tekstur yang padat, tidak cepat habis saat dihisap sehingga efeknya lebih lama
Permen berbentuk padat ini memiliki ciri khas yang tidak mudah larut dengan air liur. Alhasil tidak akan cepat habis saat diisap. Sifatnya yang tidak mudah habis tersebut membuat efek melegakan yang dihasilkan juga lebih lama dan konstan.

Tekstur yang empuk, dapat dikunyah sehingga nyaman untuk gigi

Tekstur yang empuk, dapat dikunyah sehingga nyaman untuk gigi
Orang-orang yang memiliki gigi sensitif biasanya akan merasa kurang nyaman saat memakan permen bertekstur padat. Apabila Anda salah satunya, pilihlah permen pelega tenggorokan bertekstur empuk. Jenis ini memungkinkan Anda untuk mengunyahnya. Saat bersentuhan dengan gigi sekalipun tetap akan terasa nyaman. Variasi permen dengan kandungan jelly merupakan jenis permen bertekstur lunak yang paling digemari.

Bentuk yang tipis, mudah larut di mulut

Bentuk yang tipis, mudah larut di mulut
Bentuk yang tipis seperti lembaran merupakan karakteristik khas dari permen jenis ini. Dengan bentuk yang tipis, permen jenis ini dapat larut seketika dengan air liur. Hal ini dapat memberikan efek menyegarkan yang lebih cepat. Bagi Anda yang sedang terburu-buru atau harus segera tampil di depan umum, pilihlah permen jenis tipis ini.

Pilih permen dengan kadar gula rendah

Pilih permen dengan kadar gula rendah
Permen biasanya identik dengan kandungan gula. Namun, mengonsumsi gula secara berlebihan tidak menyehatkan untuk tubuh karena bisa menimbulkan penyakit seperti diabetes atau obesitas. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih permen pelega tenggorokan yang rendah kadar gulanya. Jika permen yang Anda suka mengandung gula, sebaiknya batasi konsumsinya agar tidak berlebihan.

10 Rekomendasi permen pelega tenggorokan terbaik

Sekarang kami akan mengulas sepuluh rekomendasi permen pelega tenggorokan terbaik yang telah kami seleksi berdasarkan pertimbangan merek, khasiat, dan harganya. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
Isi6 butir
Kandungan bahan aktifEkstrak licorice
Tekstur permenPadat
Jenis kemasanSaset
Kandungan gula
Kandungan mentol
Isi6 butir
Kandungan bahan aktifEkstrak licorice
Tekstur permenPadat
Jenis kemasanSaset
Kandungan gula
Kandungan mentol
Isi6 butir
Kandungan bahan aktifMint flavour, peppermint essesntial oil, peppermint essential verona, menthol crystal
Tekstur permenPadat
Jenis kemasanSaset
Kandungan gula
Kandungan mentol
Isi22 butir
Kandungan bahan aktifBlackcurrant
Tekstur permenPadat
Jenis kemasanSaset
Kandungan gula×
Kandungan mentol
Isi8 butir
Kandungan bahan aktifVitamin C 1000 mg, 2,4-dichlorobenzyl, amylmetacresol
Tekstur permenPadat
Jenis kemasanSaset
Kandungan gula
Kandungan mentol
Isi18 butir
Kandungan bahan aktifRamuan herbal (horehound, burnet, speedwell, tanaman marshmallow, lady’s mantel, bunga elder, mallow, pepermint, sage, cowslip, plantain, dan thyme)
Tekstur permenPadat
Jenis kemasanKotak kertas
Kandungan gula×
Kandungan mentol
Isi5 butir
Kandungan bahan aktifKapulaga, jahe, buah adas, daun cengkeh, madu
Tekstur permenPadat
Jenis kemasanSaset
Kandungan gulaTidak ada keterangan
Kandungan mentolTidak ada keterangan
Isi24 lembar
Kandungan bahan aktifXylitol, eucalyptol
Tekstur permenTipis
Jenis kemasanKotak plastik
Kandungan gula
Kandungan mentol
Isi12 butir
Kandungan bahan aktifDequalinium chloride 0,25 mg
Tekstur permenPadat
Jenis kemasanBlister pack
Kandungan gulaTidak ada keterangan
Kandungan mentolTidak ada keterangan

1. Ricola Refreshing Pearls Spearmint

Rp 13.700,00

Isi25 butir
Kandungan bahan aktifPerisa alami mint teh hijau, ramuan herbal
Tekstur permenLunak
Jenis kemasanKotak kertas
Kandungan gula×
Kandungan mentol

Baca juga rekomendasi permen terbaik lainnya di sini

Permen memang sudah tidak asing dalam kehidupan kita. Tidak hanya disukai anak-anak, orang dewasa juga banyak yang menyukai permen. Saat ini, di pasaran ada berbagai jenis permen dengan bentuk dan rasa yang beragam. Selain itu, ada juga permen yang memiliki khasiat khusus yang baik untuk kesehatan. Apabila Anda tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut, silakan baca artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Itu tadi cara memilih dan juga rekomendasi permen pelega tenggorokan terbaik yang telah kami seleksi untuk Anda. Tentunya Anda sudah menemukan yang sesuai dengan yang dicari, bukan?
Masalah tenggorokan memang dapat menyerang sewaktu-waktu. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan langkah pencegahan. Cara pencegahan yang dapat Anda coba antara lain dengan banyak minum air putih dan mengonsumsi vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kopi instan merupakan salah satu cara termudah untuk menikmati kopi yang enak. Tidak hanya kopi panas, ada kopi instan yang bisa disajikan sebagai es kopi, kopi susu, atau kopi rendah kafein. Banyak merek kopi instan terkenal seperti NESCAFÉ, Torabika, dan Kapal Api yang mengeluarkan berbagai produk di Indonesia.Kali ini, kami akan merekomendasikan kopi instan terbaik untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan cara memilih kopi instan agar Anda dapat menemukan produk yang Anda sukai. Di bagian akhir, kami juga akan menjelaskan cara menyajikan kopi supaya menjadi lebih nikmat. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    26.266 Views
  • 10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Yoghurt merupakan makanan yang memiliki dampak baik bagi kesehatan, seperti membantu program diet, meringankan sembelit, bahkan ada juga yang bisa digunakan sebagai masker. Saat ini bermacam-macam produk yoghurt dengan berbagai rasa dijual di pasaran. Anda juga perlu mengetahui efek baik yang ditimbulkan oleh bakteri asam laktat bagi tubuh Anda.Kali ini, kami akan membagi tips tentang apa saja yang perlu diperhatikan ketika Anda akan memilih yoghurt. Kami juga merekomendasikan merek terbaik dari Elle & Vire, Heavenly Blush, Yummy, Cimory, dan lainnya. Dalam artikel ini juga terdapat tips mengonsumsi yoghurt agar Anda mendapatkan manfaat maksimal. Mari memilih yoghurt terbaik untuk mendukung gaya hidup sehat Anda!
    Makanan & minuman
    47.732 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Makanan & minuman
    12.254 Views
  • 10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Air mineral, atau orang Indonesia lebih sering menyebutnya “aqua”, adalah minuman yang sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Air dengan kandungan mineral yang tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan dan proses hidrasi dalam tubuh. Ternyata, ada macam-macam air mineral yang dijual di pasaran. Apa saja dan bagaimana cara membedakannya?Dalam artikel ini, kami membagi informasi tentang jenis, kandungan, serta manfaat dari air mineral. Kami juga akan memberikan rekomendasi air mineral terbaik di Indonesia seperti Aqua, Club, VIT, Nestle Pure Life, Le Minerale, Eternal Plus, hingga merek lokal Equil yang populer di kalangan menengah ke atas! Sebelum Anda membeli air mineral hari ini, yuk simak artikel ini sampai selesai!
    Makanan & minuman
    48.104 Views
  • 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Minyak zaitun saat ini menjadi salah satu bahan pelengkap masakan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Di antara banyaknya produk yang dijual, ternyata hanya produk dengan label “extra virgin olive oil” yang benar-benar berkualitas tinggi dan memiliki banyak manfaat. Bahkan ada produk minyak zaitun palsu yang juga beredar di pasaran, lho!Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih extra virgin olive oil yang asli agar Anda dapat menikmati manfaat maksimal dari zaitun berkualitas tinggi. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang dapat menjadi referensi Anda. Temukanlah produk terbaik untuk melengkapi rasa hidangan di meja makan Anda!
    Makanan & minuman
    39.510 Views
  • 10 Rekomendasi Tuna Kaleng Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tuna Kaleng Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tuna kaleng kini mulai banyak digunakan sebagai bahan utama atau bahan pendamping masakan di Indonesia. Tidak hanya memiliki variasi wujud dan cairan perendam, seperti produk dari Ayam Brand, kini ada pula tuna kaleng dengan varian rasa yang enak, seperti produk dari Vinisi dan Dongwon.Berbeda tujuan penggunaan, maka berbeda pula tuna kaleng yang Anda butuhkan. Agar tidak salah pilih, simaklah dahulu cara memilih tulang kaleng yang akan kami paparkan berikut ini. Jangan lewatkan pula sepuluh rekomendasi produk tuna kaleng di akhir artikel!
    Makanan & minuman
    4.545 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori