5 Rekomendasi Wi-Fi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

5 Rekomendasi Wi-Fi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2018)


Ketika sedang berlibur, tidak jarang kita ingin segera mem-posting foto liburan kita ke media sosial. Namun, sering kali terkendala oleh proses mentransfer foto yang membutuhkan waktu lama. Biasanya kita harus mengeluarkan SD Card terlebih dahulu dari kamera digital kemudian memindahkannya ke smartphone melalui komputer dengan bantuan kabel USB atau card reader.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengganti SD Card biasa dengan Wi-Fi SD Card yang penggunaannya sangat praktis! Anda bisa mentransfer foto dari kamera digital ke smartphone secara langsung tanpa menggunakan kabel. Berikut ini kami akan memberikan ulasan serta rekomendasi Wi-Fi SD Card terbaik berdasarkan merek, harga, serta fitur yang dimiliki.

Daftar isi

Apa keuntungan menggunakan Wi-Fi SD Card?

Dengan memiliki Wi-Fi SD Card Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan, di antaranya:

  1. Wi-Fi SD Card sudah dilengkapi Wi-Fi sendiri sehingga memungkinkan transfer foto secara nirkabel.
  2. Penyimpanan dan pengolahan data dilakukan menggunakan aplikasi yang memungkinkan Anda mengirim foto langsung ke sosial media Anda dengan mudah.
  3. Wi-Fi SD Card bisa terhubung dengan beberapa smartphone sekaligus sehingga Anda bisa berbagi foto dengan teman-teman Anda dalam waktu yang sangat cepat.

Namun, perlu diperhatikan bahwa daya baterai kamera digital Anda akan cepat habis jika menggunakan Wi-Fi SD Card. Perhatikanlah apalagi jika dipakai memotret dalam waktu yang lama.

Anda bisa mentransfer foto tanpa menggunakan kabel

Anda bisa mentransfer foto tanpa menggunaka router

Jika menggunakan SD Card biasa, kita harus mengeluarkan SD Card dari kamera digital terlebih dahulu kemudian memindahkannya ke smartphone melalui komputer menggunakan kabel. Hal tersebut terasa ribet, lain halnya jika menggunakan Wi-Fi SD Card. Adanya fitur Wi-Fi yang sudah terpasang pada SD Card tersebut akan memudahkan Anda mentransfer foto tanpa menggunakan kabel.

Transfer foto melalui aplikasi pada smartphone

Transfer foto menggunakan aplikasi

Setiap Wi-Fi SD Card biasanya sudah memiliki aplikasi khusus untuk smartphone. Penggunaannya akan semakin mudah dengan adanya aplikasi dari Apple Store atau Google Play yang juga bisa dipasang pada smartphone Anda. Hal tersebut akan membantu proses transfer foto dari kamera digital ke smartphone dan memudahkan Anda mengunggah foto ke media sosial.

Bisa segera berbagi foto

Bisa segera berbagi foto

Karena Wi-Fi SD Card tidak membutuhkan komputer untuk mentransfer data di dalamnya, Anda bisa segera berbagi foto dengan siapa saja di sekitar Anda. Ini tentunya sangat praktis misalnya saat Anda ingin berbagi foto yang diambil beramai-ramai.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan Wi-Fi SD Card

Hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan Wi-Fi SD Card

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, daya baterai sebuah kamera digital akan cepat habis jika menggunakan Wi-Fi SD Card. Oleh karena itu, penting untuk sesering mungkin mengecek sisa daya baterai kamera Anda serta disarankan untuk menyediakan baterai cadangan.

Cara memilih Wi-Fi SD Card

Agar Anda bisa merasa nyaman dan bisa menggunakan Wi-F SD Card secara maksimal dalam mentransfer foto dari kamera digital ke smartphone, ada dua hal yang benar-benar perlu diperhatikan.

Pertama, perhatikan kecepatan perekaman datanya. Hal ini penting jika Anda sedang melakukan pekerjaan di luar rumah atau kantor dan sedang terburu-buru yang tidak memungkinkan Anda untuk melakukan transfer data menggunakan kabel.

Kedua, pastikan Anda memasang aplikasi khusus untuk menghubungkan SD Card ke smartphone Anda yang pemakaiannya tidak terlalu rumit dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kedua hal ini tidak bisa diputuskan berdasarkan penampakan fisik suatu produk. Oleh karena itu, perhatikan baik-baik keterangan fitur dari Wi-Fi SD Card yang Anda inginkan sebelum membelinya.

1. Kecepatan perekaman data

1. Kecepatan perekaman data

Kecepatan yang dimiliki sebuah Wi-Fi SD Card untuk mengirim data foto dari kamera digital ke sebuah smartphone menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Kecepatan ini ditentukan oleh tingkatan kelas yang dimiliki sebuah SD Card.

Saat ini di pasaran banyak ditemukan SD Card dengan berbagai kelas di antaranya “KELAS 4” dan “KELAS 6”. Namun, berdasarkan kecepatan transfer datanya, kedua kelas tersebut masih dianggap agak lambat. Kami sarankan Anda memilih “KELAS 10” yang mampu memberikan kecepatan transfer data sebesar 10 MB per detik.

2. Fungsi aplikasi

2. Fungsi aplikasi

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah fungsi aplikasi. Dalam hal ini, periksalah apakah aplikasi yang Anda pasang pada smartphone Anda misalnya bisa mem-posting foto secara bersamaan ke dua akun sosial media Anda, seperti Facebook dan Instagram, atau lainnya.

5 Rekomendasi Wi-Fi SD Card terbaik

Berikut ini, akan kami rekomendasikan Wi-Fi SD Card berdasarkan merek, harga, serta keunggulan yang dimiliki masing-masing produk.

5. Ez Share WIFI SDHC 16GB Class 10

5. Ez Share WIFI SDHC 16GB Class 10

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 426.000

Dilengkapi browser khusus untuk mengorganisir data Anda

Koneksi Wi-Fi yang dimiliki SD Card ini memudahkan Anda dalam mentransfer foto atau video langsung ke aplikasi Dropbox. Selain itu, Wi-Fi SD Card ini memungkinkan Anda untuk bisa mem-posting foto secara bersamaan ke Facebook dan Twitter.

Meski kemampuan mentransfernya tergolong lambat, tetapi semua data Anda akan terorganisir secara otomatis melalui aplikasi atau browser bernama ez Share. Anda cukup mengunduh browser tersebut pada smartphone Anda, kemudian menghubungkan Wi-Fi SD Card ini ke browser dengan memasukkan kata sandi yang telah disediakan.

4. Transcend SDHC Wi-Fi 16GB

4. Transcend SDHC Wi-Fi 16GB

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 800.580

Proses transfer foto dan video yang lebih cepat dan stabil

Produk dari Transcend ini mempunyai kecepatan mentransfer foto dan video yang sedikit lebih stabil jika dibandingkan dengan SD Card yang lain. Beberapa pengguna ada yang mengeluhkan bahwa pada saat mentransfer foto, SD Card ini terkadang menjadi panas dan mempengaruhi kamera, namun ada juga yang tidak mengalami hal tersebut.

Wi-Fi SD Card  ini mempunyai kapasitas penyimpanan 16 GB dan berada di “KELAS 10”. Meskipun harganya tergolong mahal, sebanding dengan fitur dan daya tahan yang dimiliki. Namun, jangan lupa untuk memastikan terlebih dahulu apakah kamera Anda kompatibel atau tidak dengan Trascend SDHC Wi-Fi ini atau tidak.

3. EyeFi Mobi Wireless SDHC Card Class 10

3. EyeFi Mobi Wireless SDHC Card

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 750.000

Transfer video dalam berbagai macam format

Wi-Fi SD Card pada umumnya hanya bisa mentransfer foto dan video dalam beberapa format tertentu. Produk dari eyefi yang satu ini hadir dengan keunggulan mampu mentransfer video dalam berbagai format ke smartphone dan komputer Anda secara langsung tanpa menggunakan kabel!

Dengan kapasitas penyimpanan data 16GB dan berada di “KELAS 10”, Wi-Fi SD Card sangat ini direkomendasikan untuk kamera digital Anda. Namun, dikabarkan bahwa produk dari EyeFi ini sudah berhenti diproduksi. Di Indonesia, produk ini masih bisa ditemukan meskipun dengan jumlah semakin sedikit.

2. Eye-Fi Mobi Pro 16GB WiFi SDHC

2. Eye-Fi Mobi Pro 16GB WiFi SDHC CARD

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.429.000

Kelebihan yang ditawarkan Wi-Fi SD Card eyefi mobiPROini sebanding dengan harganya yang tergolong sangat mahal. Salah satu yang menjadi keunggulan dari produk ini adalah dalam satu aplikasi pada smartphone, Anda bisa terhubung ke lebih dari 50 kamera yang menggunakan SD Card ini!

Selain itu, SD Card ini akan secara otomatis mengelompokkan foto Anda berdasarkan tempat Anda mengambil gambar. Ini tentunya akan memudahkan Anda menemukan foto dengan cepat. Di samping itu, dengan bantuan aplikasi khusus, Wi-Fi SD Card ini bisa menyimpan 300 video per bulannya. Semua foto Anda yang mempunyai kapasitas paling tinggi akan tersimpan dengan aman di aplikasi.

1. Toshiba FlashAir 32GB W-03 Wifi SD

1. Toshiba FlashAir 32GB W-03 Wifi SD

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 427.000

Pilihan ON/OFF untuk menghemat daya baterai kamera digital Anda

Produk dari Toshiba ini hadir dengan banyak keunggulan, salah satu di antaranya adalah tersedianya pilihan ON/OFF untuk fungsi nirkabel yang bisa dinyalakan dan dimatikan sesuai kebutuhan transfer foto. Hal ini tentunya dapat mencegah agar pemakaian baterai kamera digital tidak terlalu boros.

Wi-Fi SD Card ini mempunyai fitur yang bisa digunakan jika ada perangkat lain yang juga ingin mengakses data yang ada di SD Card. Di samping itu, Anda bisa menggunakan password untuk melindungi data Anda agar hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengaksesnya.

Bagaimana menggunakan Wi-Fi SD Card

Cara menggunakan Wi-Fi SD Card sama dengan SD Card biasa. Yang membedakan adalah setelah Anda memasukkan Wi-Fi SD Card ke kamera digital, selanjutnya Wi-Fi SD Card tersebut Anda sambungkan ke aplikasi yang ada di smartphone Anda untuk memudahkan transfer foto dan video.

Memasang Wi-Fi SD Card ke kamera digital

Memasang Wi-Fi SD Card ke kamera digital

Anda cukup memasukkan Wi-Fi SD Card ke slot untuk kartu pada kamera digital yang biasanya terletak di bagian samping atau bagian bawah bodi kamera. Jangan lupa untuk memastikan apakah slot pada kamera Anda kompatibel dengan ukuran Wi-Fi SD Card.

Set up jaringan

Set up jaringan

Wi-Fi SD Card menggunakan jaringan nirkabel untuk terhubung ke smartphone, tablet, dan komputer Anda. Satu Wi-Fi SD Cardmemungkinkan untuk terhubung ke tiga sampai lima perangkat sekaligus. Dalam hal ini, jumlah tersebut bisa bervariasi tergantung jenis Wi-Fi SD Card yang Anda miliki.

Jalankan aplikasi

Jalankan aplikasi

Ketika Anda telah memasang aplikasi pada smartphone Anda dan menghubungkannya ke Wi-Fi SD Cardmaka secara otomatis foto dan video yang ada di kamera digital akan terkirim langsung ke smartphone Anda.

Kesimpulan

Penjualan Wi-Fi SD Cardtermasuk di Indonesia, masih sangat terbatas dan saat ini baru tersedia merek-merek tertentu saja. Padahal, dengan kelebihan yang dimiliki produk seperti ini akan sangat membantu bagi Anda yang mempunyai kegemaran memotret.

Berdasarkan rekomendasi di atas, semoga bisa membantu Anda yang sedang mecari produk Wi-Fi SD Card yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Meskipun tergolong mahal, harga yang ditawarkan akan sebanding dengan fungsi dan kepraktisan yang diberikan.