mybest
Memory card

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kamera
  3. Aksesori kamera
  4. 5 Rekomendasi Wi-Fi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 5 Rekomendasi Wi-Fi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 5 Rekomendasi Wi-Fi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 5 Rekomendasi Wi-Fi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 5 Rekomendasi Wi-Fi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 5 Rekomendasi Wi-Fi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

5 Rekomendasi Wi-Fi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Wi-Fi SD card adalah alat penyimpanan data yang dilengkapi teknologi wireless. Kartu ini juga dikenal dengan SD card Wi-Fi, memory card Wi-Fi, dan wireless SD card. Dengan produknya, Anda tidak perlu menyambungkan perangkat menggunakan kabel untuk memindahkan data. Anda dapat memindahkan data ke perangkat lainnya lewat jaringan Wi-Fi.


Merek yang menawarkan Wi-Fi SD card tidak banyak. Meskipun demikian, kami akan mengulas tips memilihnya agar Anda mendapatkan Wi-Fi SD card terbaik. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Temukan ulasan SD card Wi-Fi Transcend, Toshiba FlashAir, dan lainnya di artikel ini!

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Kelebihan Wi-Fi SD card

Kelebihan Wi-Fi SD card

Berbeda dengan kamera modern saat ini, kamera model lama tidak memiliki jaringan Wi-Fi. Hadirnya Wi-Fi SD card membuat kamera lawas Anda menjadi lebih modern dengan sentuhan teknologi.


Anda tidak perlu mengeluarkan Wi-Fi SD card dari kamera ataupun menyiapkan kabel data. Anda juga tidak memerlukan card reader. Hubungkan saja perangkat Anda dengan jaringan Wi-Fi dari kartu. Selanjutnya, Anda bisa menikmati hal-hal berikut.


  • Memindahkan data secara wireless.
  • Langsung memeriksa hasil tangkapan kamera pada display yang lebih besar.
  • Mengolah data serta mengedit foto dan video dari SD card di perangkat lain.
  • Langsung mengunggah file di media sosial Anda atau membagikannya kepada teman.

Perlu diingat bahwa menggunakan Wi-Fi SD card pada kamera akan menyebabkan baterai cepat terkuras. Jadi, pastikan baterai perangkat Anda masih cukup untuk memindahkan data, ya! Anda juga dapat menyediakan baterai cadangan saat mengaktifkan Wi-Fi SD card, lho.

Cara memilih Wi-Fi SD card

Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan apabila ingin menggunakan Wi-Fi SD card dengan maksimal. Anda dapat memeriksa kecepatan perekaman data, kapasitas, dan aplikasi dari Wi-Fi SD card.

1

Pastikan kamera Anda kompatibel dengan Wi-Fi SD card

Pastikan kamera Anda kompatibel dengan Wi-Fi SD card

Wi-Fi SD card umumnya digunakan dengan kamera digital. Akan tetapi, kamera digital model lama terkadang tidak support penggunaan Wi-Fi SD card. Karena itu, pastikan Wi-Fi SD card yang ingin Anda beli kompatibel dengan kamera yang Anda miliki.

2

Cek apakah perangkat Anda dapat mengakses internet selama terhubung dengan Wi-Fi SD card

Cek apakah perangkat Anda dapat mengakses internet selama terhubung dengan Wi-Fi SD card

Smartphone atau PC umumnya tidak dapat mengakses internet selama terhubung dengan SD card Wi-Fi. Hal ini karena SD card Wi-Fi umumnya berfungsi sebagai unit utama jaringan LAN. Namun, ada beberapa produk yang bisa dijadikan unit pendukung sehingga smartphone atau PC tetap dapat mengakses internet.


Dengan produknya, Anda bisa tetap bekerja menggunakan internet sambil memindahkan data dari SD card Wi-Fi. Sayangnya tidak banyak SD card Wi-Fi yang memiliki fungsi seperti ini. Produknya pun masih jarang dijual di Indonesia.

3

Cari tahu metode pengiriman datanya

Cari tahu metode pengiriman datanya

Metode transfer data pada memory card Wi-Fi bisa dibagi menjadi dua, yaitu manual dan otomatis. Dengan metode manual, Anda perlu memilih video dan gambar yang ingin dipindahkan. Metode manual akan lebih berguna jika Anda ingin memindahkan data ke beberapa perangkat. Sementara itu, semua data pada dasarnya akan ditransfer dengan metode otomatis sehingga lebih praktis.


Ada pula memory card Wi-Fi yang dilengkapi fitur untuk menyeleksi data-data yang akan ditransfer otomatis. Namun, Anda tetap perlu memilih sendiri apabila ingin berbagi sebagian data ke perangkat lain. Karena itu, metode ini sedikit merepotkan saat Anda ingin berbagi data ke beberapa perangkat. Jadi, pilihlah metode transfer data yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

4

Periksa jumlah pengguna Wi-Fi SD card

Periksa jumlah pengguna Wi-Fi SD card

Sama seperti router Wi-Fi, wireless SD card juga dapat terhubung secara bersamaan dengan beberapa perangkat sekaligus. Hal ini akan memudahkan Anda untuk membagikan hasil foto kepada teman-teman Anda.


Karena dapat dilihat bersamaan dengan orang lain, sebaiknya pilihlah wireless SD card yang aman. Beberapa produk dilengkapi mode owner dan mode visitor. Dengan kedua mode tersebut, Anda dapat menentukan data-data apa saja yang bisa teman Anda lihat.

5

Ketahui aplikasi yang kompatibel untuk Wi-Fi SD card

Ketahui aplikasi yang kompatibel untuk Wi-Fi SD card

Hal lain yang harus Anda perhatikan ketika membeli Wi-Fi SD card adalah aplikasi yang digunakannya. Beberapa produsen sudah membuat aplikasi khusus yang sesuai untuk produknyaAda juga Wi-Fi SD card yang tidak dilengkapi aplikasi bawaan atau memiliki aplikasi yang rumit. Untuk menanganinya, Anda dapat mengunduh aplikasi yang sesuai di Google Play atau App Store.


Hal penting yang lain adalah memastikan bahwa aplikasinya sudah mengakomodasi setiap kebutuhan Anda. Terutama apabila Anda suka membagikan foto di media sosial Anda, pastikan aplikasinya sudah dilengkapi fitur editing. Fitur ini dapat Anda gunakan untuk memotong bagian yang tidak diinginkan ataupun mengedit bagian yang tidak disukai.

6

Pertimbangkan yang memiliki pilihan Wi-Fi on/off switch

Pertimbangkan yang memiliki pilihan Wi-Fi on/off switch

Karena menggunakan jaringan Wi-Fi yang boros baterai, Anda dapat memilih SD card yang dilengkapi Wi-Fi on/off switch. Kegunaan switch ini adalah untuk mematikan fungsi Wi-Fi pada SD card sehingga baterai perangkat Anda jadi hemat.


Mematikan fungsi Wi-Fi membuat SD card Anda bekerja selayaknya SD card tanpa Wi-Fi. Anda dapat menggunakan kabel data atau card reader untuk mentransfer data saat fungsi Wi-Fi dimatikan.


Anda juga ingin mempertimbangkan SD card tanpa Wi-Fi? Jika iya, kunjungi artikel di bawah ini untuk membaca ulasan lengkapnya dari kami!

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

5 Rekomendasi Wi-Fi SD card terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan lima produk Wi-Fi SD card terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

LZeal

Ez Share

LZeal Ez Share 1

Rp1.000.000

Agak Mahal

Dilengkapi browser khusus untuk merapikan data Anda

2

Toshiba

FlashAirW-03

Toshiba FlashAir 1

Rp598.625

Lebih Murah

Bisa terkoneksi hingga tujuh perangkat sekaligus

3

Toshiba

FlashAirW-04

Toshiba FlashAir 1

Rp770.000

Agak Murah

Tercepat di antara Wi-Fi SD card lainnya

4

Trek

Flucard Pro

Trek Flucard Pro 1

Rp950.000

Agak Mahal

Memotret dengan kapasitas yang unlimited

5

Trek

Flucard Ultra

Trek Flucard Ultra 1

Rp899.900

Menengah

Tetap aman memindahkan data di mana saja berkat Wi-Fi encryption

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

LZealEz Share

Ez Share 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp1.000.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp1.000.000
Agak Mahal

Dilengkapi browser khusus untuk merapikan data Anda

Kelebihan:

  • Menawarkan browser yang bersahabat untuk pemula
  • Tersedia kapasitas penyimpanan 16 GB, 32 GB, dan 64 GB

Kekurangan:

  • Aplikasinya hanya kompatibel untuk perangkat tertentu

Produk ini memiliki browser yang akan langsung terhubung ketika SD card berada dalam jangkauan sinyal Wi-Fi. Karena itu, produk ini merupakan Wi-Fi SD card terbaik untuk Anda yang tidak ingin repot-repot menata data. Browser-nya akan secara otomatis mengatur data Anda berdasarkan tanggal dan jenis.


Pengoperasian browser dari wireless SD card ini pun tergolong mudah sehingga cocok untuk pemula. Anda tidak perlu kebingungan untuk mempelajarinya terlebih dahulu. Namun, perlu diketahui bahwa aplikasinya tidak cocok untuk semua smartphone. Jadi, produk ini bekerja lebih efektif ketika Anda menggunakan browser-nya.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

ToshibaFlashAirW-03

Harga referensi
Rp598.625
Lebih Murah

Bisa terkoneksi hingga tujuh perangkat sekaligus

Kelebihan:

  • Harganya bersahabat untuk Wi-Fi SD card dengan speed class 10

Kekurangan:

  • Aplikasinya sudah tidak tersedia

Apabila Anda suka traveling bersama teman-teman, Wi-Fi SD card Toshiba Flash W-03 cocok untuk dipilih. Produk ini dapat terkoneksi hingga tujuh perangkat. Jadi, Anda bisa membagikan foto Anda kepada banyak orang sekaligus.


Tingkat keamanan Wi-Fi memory card ini pun tinggi sehingga Anda tidak perlu khawatir jaringannya diretas oleh orang asing. Akan tetapi, aplikasi dari SD card Wi-Fi yang bagus untuk traveler ini sudah tidak dapat diakses. Jadi, Anda hanya bisa menggunakan browser.

No.3

ToshibaFlashAirW-04

Harga referensi
Rp770.000
Agak Murah

Tercepat di antara Wi-Fi SD card lainnya

Kelebihan:

  • Harganya bersahabat untuk kapasitas 64 GB

Kekurangan:

  • Aplikasinya sudah tidak dapat diakses

Teknologi UHS-3 Class 10 membuat produk yang satu ini tergolong cepat dalam hal transfer data. Jadi, Wi-Fi SD card Toshiba FlashAir W-04 cocok untuk Anda yang bekerja di industri media. Anda tidak perlu menunggu lama hingga dokumentasi Anda siap dipublikasikan.


Dengan spesifikasinya, Anda dapat mengambil video 4K secara lancar menggunakan produk ini. SD card Wi-Fi ini pun tidak hanya bisa digunakan untuk kamera DSLR, tetapi juga untuk CCTV. Sama seperti Toshiba FlashAir W-03, aplikasi dari produk ini sudah tidak dapat digunakan lagi.

No.4

TrekFlucard Pro

Flucard Pro 1
Sumber: shopee.co.id
Flucard Pro 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp950.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp950.000
Agak Mahal

Memotret dengan kapasitas yang unlimited

Kelebihan:

  • Bisa terkoneksi dengan lima perangkat sekaligus untuk mempercepat pembagian data
  • Menawarkan online storage untuk menyimpan data

Kekurangan:

  • Dengan speed class 6, kecepatan transfernya tidak setinggi produk lain
  • Tidak tersedia variasi kapasitas penyimpanan

Wi-Fi SD card untuk kamera ini memiliki storage pada jaringan online bernama Flucard Portal. Flucard Portal akan secara otomatis mengunggah foto-foto Anda dan menyimpannya pada online storage. Hal ini akan membuat Anda dapat dengan puas memotret tanpa takut kehabisan kapasitas SD card.


Selain itu, Flucard Pro merupakan salah satu SD card Wi-Fi yang kompatibel dengan berbagai jenis kamera. Jadi, produk ini dapat dipilih oleh Anda yang bekerja sebagai fotografer dengan beragam kamera. Keunggulan lain dari memory card Wi-Fi ini adalah dapat terhubung dengan lima perangkat sekaligus. Dengan begitu, Anda tak perlu pusing ketika klien Anda ingin langsung dibagikan fotonya.

No.5

TrekFlucard Ultra

Harga referensi
Rp899.900
Menengah
Harga referensi
Rp899.900
Menengah

Tetap aman memindahkan data di mana saja berkat Wi-Fi encryption

Kelebihan:

  • Menawarkan Wi-Fi encryption sehingga jaringannya terkunci

Kekurangan:

  • Tidak tersedia variasi kapasitas penyimpanan

Anda yang sering memindahkan data di tempat umum bisa mempertimbangkan Wi-Fi memory card 32 GB ini. Produk ini menawarkan jaringan yang lebih aman dengan Wi-Fi encryption. Jadi, orang lain tidak bisa sembarangan masuk ke jaringan Anda.


Dengan fitur canggihnya, Trek Flucard Ultra menjadi salah satu SD card Wi-Fi terbaik untuk content creator. Anda tidak perlu ragu untuk memindahkan data on the spot karena keamanannya. Tambahan lagi, produk ini diklaim lebih hemat daya sehingga baterai kamera Anda tidak lekas habis.

Cara menggunakan Wi-Fi SD card

Cara menggunakan Wi-Fi SD card

Pada dasarnya, cara penggunaan semua SD card Wi-Fi sama. Masukkan produknya ke dalam slot SD card sebelum menyalakan kamera, lalu aktifkan Wi-Fi pada perangkat yang ingin disambungkan. SD card Wi-Fi yang terpasang pada kamera akan muncul pada daftar SSID. Selanjutnya, sambungkan perangkat Anda ke SD card Wi-Fi dengan memasukkan password atau security key-nya.


Jika menggunakan metode otomatis, gambar dari kamera akan terkirim setelah pemotretan. Untuk metode manual, Anda bisa memilih gambar yang ingin dikirimkan melalui layar kamera atau aplikasi khusus. Pengaturan SSID dan security key dapat Anda lihat pada buku manual dari produk.

Baca juga rekomendasi aksesori kamera lainnya di sini

Aksesori selain Wi-Fi SD card bisa Anda pilih untuk mempermudah penggunaan kamera. Mic, flash, dan camera stabilizer pun akan banyak membantu Anda saat mengambil gambar. Kami sudah menyiapkan rekomendasi produknya pada link berikut. Mari simak artikelnya satu per satu!

Kesimpulan

Kami sudah memberikan beberapa tips dalam memilih Wi-Fi SD card terbaik yang sesuai untuk kebutuhan Anda. Kami juga sudah memberikan rekomendasi produk yang saat ini beredar di Indonesia.

Apakah Anda sudah menemukan produk yang diinginkan? Jika belum, jadikanlah artikel kami sebagai pedoman demi menemukan Wi-Fi SD card yang sesuai untuk Anda. Sekalipun harganya cukup tinggi, Wi-Fi SD card praktis untuk digunakan!

5 Rekomendasi Wi-Fi SD Card terbaik

No. 1: LZealEz Share

No. 2: ToshibaFlashAirW-03

No. 3: ToshibaFlashAirW-04

No. 4: TrekFlucard Pro

No. 5: TrekFlucard Ultra

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kamera
  3. Aksesori kamera
  4. 5 Rekomendasi Wi-Fi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.