1. TOP
  2. >
  3. Kamera
  4. >
  5. Aksesori kamera
  6. >
  7. 8 Rekomendasi Wi-Fi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 8 Rekomendasi Wi-Fi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 8 Rekomendasi Wi-Fi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 8 Rekomendasi Wi-Fi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 8 Rekomendasi Wi-Fi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 8 Rekomendasi Wi-Fi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

8 Rekomendasi Wi-Fi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Wi-Fi SD card adalah alat penyimpanan data yang dilengkapi dengan teknologi Wi-Fi. Dengan SD card ini, Anda tidak perlu menyambungkan perangkat menggunakan kabel data untuk memindahkan data. Anda dapat menghubungkannya dengan jaringan Wi-Fi dan langsung memindahkan data Anda ke perangkat lainnya.


Tidak banyak produsen yang memproduksi Wi-Fi SD card. Akan tetapi, untuk mendapatkan produk terbaik, kami akan memberikan beberapa tips memilih untuk Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan produk rekomendasi untuk Anda pilih. Anda dapat memilih berdasarkan merek, harga, serta fitur lain yang dimiliki. Jadi, ikuti kami, ya!

Diperbaharui 05-15-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Kelebihan Wi-Fi SD card

Kelebihan Wi-Fi SD card

Wi-Fi SD card merupakan perangkat penyimpanan data yang dilengkapi dengan teknologi Wi-Fi. Dengan perangkat ini Anda tidak perlu menggunakan peralatan lain untuk memindahkan data dari SD card ke perangkat lainnya. 


Berbeda dengan kamera modern saat ini, kamera model lama tidak memiliki jaringan Wi-Fi. Hadirnya Wi-Fi SD card membuat kamera lawas Anda menjadi lebih modern dengan sentuhan teknologi.


Anda hanya perlu memasukkan SD card ke slot, menghubungkannya dengan jaringan Wi-Fi, dan menghubungkannya dengan aplikasi untuk memindahkan data. Jadi, Anda tidak memerlukan kabel data atau card reader untuk memindahkan data Anda ke perangkat lainnya. 


Selain untuk memindahkan data, aplikasi ini juga memiliki fungsi lainnya, lho. Anda dapat menggunakannya untuk mengolah data serta mengedit foto dan video yang berada di dalam SD card. Setelah selesai, Anda juga dapat langsung mengunggahnya di media sosial Anda atau membagikannya kepada teman Anda. Praktis, bukan?


Akan tetapi, menggunakan Wi-Fi SD card pada kamera akan menyebabkan baterai cepat terkuras. Jadi, pastikan baterai perangkat Anda masih cukup untuk memindahkan data Anda, ya!

Cara memilih Wi-Fi SD card

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan apabila ingin menggunakan Wi-Fi SD card dengan maksimal. Anda dapat memperhatikan kecepatan perekaman data, kapasitas, dan aplikasi yang digunakan Wi-Fi SD card

① Pastikan kamera Anda kompatibel dengan Wi-Fi SD card

Pastikan kamera Anda kompatibel dengan Wi-Fi SD card

Wi-Fi SD card umumnya digunakan dengan kamera digital. Akan tetapi, kamera digital model lama terkadang tidak support penggunaan Wi-Fi SD card. Karena itu, pastikan Wi-Fi SD card yang ingin Anda beli kompatibel dengan kamera yang Anda miliki.

② Periksa apakah perangkat dapat mengakses internet selama terhubung dengan Wi-Fi SD card

Periksa apakah perangkat dapat mengakses internet selama terhubung dengan Wi-Fi SD card

Smartphone atau PC umumnya tidak dapat mengakses internet selama terhubung dengan Wi-Fi SD card. Hal ini karena Wi-Fi SD card umumnya berfungsi sebagai unit utama jaringan LAN. Namun, ada beberapa produk yang bisa dijadikan unit pendukung sehingga smartphone atau PC tetap dapat mengakses internet.


Dengan produk seperti ini, Anda bisa tetap bisa bekerja menggunakan internet sambil memindahkan data dari Wi-Fi SD card. Sayangnya, tidak banyak produk Wi-Fi SD card yang memiliki fungsi seperti ini. Ada pun, produk seperti ini masih jarang dijual di pasaran Indonesia.

③ Cari tahu metode pengiriman datanya

Cari tahu metode pengiriman datanya

Metode transfer data pada Wi-Fi SD card bisa dibagi menjadi dua yaitu manual dan otomatis. Dengan  metode manual, Anda perlu memilih video dan gambar yang ingin Anda pindahkan. Metode manual ini akan lebih berguna jika Anda ingin memindahkan data ke beberapa perangkat.


Sementara itu, semua data pada dasarnya akan ditransfer dengan metode otomatis sehingga lebih praktis. Ada pula Wi-Fi SD card yang dilengkapi fitur untuk menyeleksi data-data yang akan ditransfer otomatis. Namun, Anda tetap perlu memilih sendiri apabila ingin berbagi sebagian data ke perangkat lain. Karena itu, metode ini sedikit merepotkan saat Anda ingin berbagi data ke beberapa perangkat. Pilihlah metode transfer data yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

④ Periksa banyak pengguna Wi-Fi SD card

Periksa banyak pengguna Wi-Fi SD card

Sama seperti router Wi-Fi, Wi-Fi SD card juga dapat digunakan secara bersamaan oleh beberapa orang sekaligus. Hal ini akan memudahkan untuk membagikan hasil foto Anda kepada teman-teman Anda. 


Akan tetapi, karena dapat dilihat bersamaan dengan orang lain, sebaiknya Anda memilih Wi-Fi SD card yang aman. Beberapa SD card dilengkapi dengan mode owner dan mode visitor. Dengan kedua mode ini, Anda dapat memastikan data-data apa saja yang dapat teman Anda lihat. 

⑤ Cek aplikasi yang kompatibel untuk Wi-Fi SD card

Cek aplikasi yang kompatibel untuk Wi-Fi SD card

Hal lain yang harus Anda perhatikan ketika membeli Wi-Fi SD card adalah aplikasi yang digunakan SD card. Beberapa produsen sudah membuat aplikasi khusus yang sesuai untuk Wi-Fi SD card yang diproduksi. 


Akan tetapi, ada juga Wi-FI SD card yang tidak dilengkapi dengan aplikasi bawaan atau memiliki aplikasi yang rumit. Untuk menanganinya, Anda dapat mengunduh aplikasi yang sesuai di Google Play atau App Store.


Hal lainnya adalah memastikan aplikasi yang Anda gunakan sudah mengakomodasi setiap kebutuhan Anda. Terutama apabila Anda suka membagikan foto di media sosial Anda, pastikan aplikasi sudah dilengkapi dengan fitur editing. Fitur ini dapat Anda gunakan untuk memotong bagian yang tidak Anda inginkan atau mengedit bagian-bagian yang tidak Anda sukai.

⑥ Cari yang memiliki pilihan Wi-Fi on/off switch

Cari yang memiliki pilihan Wi-Fi on/off switch

Karena menggunakan jaringan Wi-Fi boros baterai, Anda dapat memilih SD card yang dilengkapi dengan Wi-Fi on/off switch. Kegunaan switch ini untuk mematikan fungsi Wi-Fi pada SD card sehingga baterai perangkat Anda jadi hemat.


Mematikan fungsi Wi-Fi akan membuat SD card Anda berfungsi selayaknya SD card tanpa Wi-Fi. Anda dapat menggunakan kabel data atau card reader untuk mentransfer data saat fungsi Wi-Fi dimatikan.

8 Rekomendasi Wi-Fi SD card terbaik

Kami sudah memberikan beberapa tips memilih Wi-Fi SD card untuk Anda. Pada bagian ini, kami akan memberikan beberapa rekomendasi produk Wi-Fi SD card untuk Anda pilih. Simak, ya!
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Toshiba

Wireless SD Card FlashAir W-04

Toshiba Wireless SD Card FlashAir W-04 1枚目

Tercepat di antara Wi-Fi SD card lainnya

2

Eye-Fi

Pro X2 Wireless SDHC Card Class 10

Eye-Fi Pro X2 Wireless SDHC Card Class 10 1枚目

Mengandalkan sinyal Wi-Fi pada perangkat Anda

3

Eye-Fi

Eyefi MobiPRO WiFi SDHC

Eye-Fi  Eyefi MobiPRO WiFi SDHC 1枚目

Otomatis transfer foto ke komputer Anda

4

Toshiba

FlashAir W-03

Toshiba FlashAir W-03 1枚目

Bisa terkoneksi hingga tujuh perangkat sekaligus

5

Transcend

SDHC Wi-Fi

Transcend SDHC Wi-Fi 1枚目

Bisa langsung melihat hasil foto di layar yang lebih besar

6

Eye-Fi

Eyefi Mobi Wireless SDHC Card Class 10

Eye-Fi Eyefi Mobi Wireless SDHC Card Class 10 1枚目

Selalu memiliki back up foto di Cloud

7

LZeal

Ez Share WIFI Class 10 SDHC

LZeal Ez Share WIFI Class 10 SDHC 1枚目

Dilengkapi browser khusus untuk merapikan data Anda

8

Trek

Flucard Pro

Trek Flucard Pro 1枚目

Memotret dengan unlimited kapasitas

Perincian produk
Close
No.1

ToshibaWireless SD Card FlashAir W-04

Mulai dari Rp840.000,00

Tercepat di antara Wi-Fi SD card lainnya

Teknologi UHS-3 Class 10 membuat SD card yang satu ini sangat cepat dalam transfer data. Wi-Fi SD card ini sangat cocok untuk Anda yang tidak suka berlama-lama menunggu. Selain itu, Wi-Fi SD card ini bukan hanya dapat digunakan untuk kamera foto, tetapi juga untuk kamera CCTV. Dengan SD card ini, Anda dapat mengambil video 4K dengan mudah, lho!

No.2

Eye-FiPro X2 Wireless SDHC Card Class 10

Mulai dari Rp905.400,00

Mengandalkan sinyal Wi-Fi pada perangkat Anda

Biasanya Wi-FI SD card mengandalkan jaringan Wi-Fi yang berasal dari router. Namun, tidak demikian dengan Wi-Fi SD card dari Eye-Fi ini. SD card ini mengandalkan jaringan Wi-Fi dari perangkat Anda. Jadi, tanpa jaringan internet pun, Wi-Fi SD card ini masih bisa digunakan. 


Selain itu, Anda juga dapat langsung melihat hasil foto Anda pada perangkat yang terpasang aplikasinya. SD card ini sangat sesuai untuk Anda yang tidak selalu berada dalam jangkauan internet. Hal lainnya adalah teknologi Geotagging yang akan membuat hasil foto Anda ter-tag pada lokasi pengambilan foto.

No.3

Eye-Fi Eyefi MobiPRO WiFi SDHC

Mulai dari Rp917.000,00

Otomatis transfer foto ke komputer Anda

Eyefi MobiPRO merupakan salah satu SD card yang pintar. Produk ini dapat mengenali perangkat komputer Anda dan akan langsung mentransfer hasil foto ke komputer setelah terhubung dengan Wi-Fi. Anda tinggal meregistrasikan komputer dan memasukkan password pada aplikasi. 


Selain itu, Anda dapat mengatur apakah Wi-Fi SD card mentransfer semua foto atau hanya foto yang Anda pilih saja. Pada aplikasi di komputer pun Anda dapat mentransfer hasil foto RAW maupun JPG. Produk ini sesuai untuk Anda yang suka menikmati hasil foto yang bening dari format RAW.

No.4

Bisa terkoneksi hingga tujuh perangkat sekaligus

Apabila Anda suka membagikan foto kepada teman-teman Anda, Wi-Fi SD card dari Toshiba ini cocok untuk Anda. SD card ini dapat terkoneksi hingga tujuh perangkat sehingga Anda dapat membagikan foto Anda kepada teman-teman Anda sekaligus. Selain itu, produk ini juga memiliki tingkat keamanan tinggi sehingga Anda tidak perlu khawatir aplikasi Anda teretas orang lain.

No.5

TranscendSDHC Wi-Fi

Mulai dari Rp530.000,00

Bisa langsung melihat hasil foto di layar yang lebih besar

Produk dari Transcend ini memiliki kecepatan transfer yang lebih stabil dibandingkan produk lainnya. Memiliki dua pilihan kapasitas akan membuat Anda dapat memotret banyak objek dalam satu waktu.

Selain itu, juga terdapat mode Shoot & View yang akan membuat hasil foto Anda langsung tampil di perangkat Anda. Akan tetapi, jangan lupa mengunduh aplikasinya terlebih dahulu, ya! Wi-Fi SD card ini sesuai untuk Anda yang ingin langsung melihat hasil foto Anda pada layar yang lebih besar.

No.6

Eye-FiEyefi Mobi Wireless SDHC Card Class 10

Mulai dari Rp900.000,00

Selalu memiliki back up foto di Cloud

Eyefi Mobi merupakan salah satu Wi-Fi SD card yang sesuai untuk pengguna baru bahkan orang awam sekalipun. Selain itu, Anda juga tidak perlu panik apabila hasil foto Anda tidak sengaja terhapus. Eyefi Mobi memiliki back up storage di aplikasi Cloud sehingga hasil foto Anda akan langsung tersimpan. 


Akan tetapi, untuk dapat menggunakan aplikasi Cloud, Anda harus berlangganan setelah 3 bulan trial dari Eyefi habis. Walaupun harus mengeluarkan tambahan biaya, adanya storage pada Cloud akan membuat Anda dapat memotret terus, bukan?

No.7

LZealEz Share WIFI Class 10 SDHC

Mulai dari Rp665.000,00

Dilengkapi browser khusus untuk merapikan data Anda

Ez Share memiliki satu browser yang akan langsung terhubung ketika SD card dalam jangkauan sinyal Wi-Fi. Wi-Fi SD card ini sangat sesuai untuk Anda yang malas menata data Anda. Browser akan secara otomatis mengatur data Anda berdasarkan tanggal dan jenis data. Pengoperasian browser-nya pun tergolong mudah sehingga Anda tidak perlu kebingungan untuk mempelajarinya terlebih dahulu. 

No.8

Memotret dengan unlimited kapasitas

Flucard Pro memiliki storage pada jaringan online bernama Flucard Portal. Flucard Portal akan secara otomatis mengunggah foto-foto Anda dan menyimpannya pada online storage yang dimiliki. Hal ini akan membuat Anda dapat dengan puas memotret tanpa takut kehabisan kapasitas SD card


Selain itu, Flucard Pro merupakan salah satu Wi-Fi SD card yang kompatibel dengan berbagai jenis kamera. Jadi, untuk Anda yang memiliki beragam kamera, Wi-Fi SD card yang satu ini dapat Anda pilih.

Cara menggunakan Wi-Fi SD card

Cara menggunakan Wi-Fi SD card

Pada dasarnya, cara penggunaan semua Wi-Fi SD card sama. Masukkan Wi-Fi SD card ke dalam SD card slot sebelum menyalakan kamera. Kemudian, aktifkan Wi-Fi pada perangkat yang ingin disambungkan. Wi-Fi SD card yang terpasang pada kamera akan muncul pada daftar SSID. Sambungkan perangkat dan Wi-Fi SD card dengan memasukkan password atau security key-nya.


Jika menggunakan metode otomatis, gambar dari kamera akan terkirim setelah pemotretan. Untuk metode manual, Anda bisa memilih gambar yang ingin dikirimkan melalui layar kamera atau aplikasi khusus. Pengaturan SSID dan security key dapat Anda lihat buku manual produk Wi-Fi SD card.

Baterai perangkat yang menggunakan Wi-Fi SD card

Baterai perangkat yang menggunakan Wi-Fi SD card
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, daya baterai sebuah kamera digital akan cepat habis saat menggunakan Wi-Fi SD card. Oleh karena itu, penting untuk sering mengecek sisa daya baterai kamera Anda. Anda juga dapat menyediakan baterai cadangan saat mengaktifkan Wi-Fi SD card Anda.

Baca juga rekomendasi SD card di sini

Wi-Fi SD card memang tidak sepopuler SD card biasa. Selain harganya yang cukup mahal, jumlah produsen yang terbatas membuat pasar tidak terlalu meliriknya. Oleh karena itu, banyak orang yang lebih memilih menggunakan SD card biasa. Apabila Anda ingin menghubungkannya dengan Wi-Fi, Anda dapat menggunakan adaptor yang sudah dilengkapi Wi-Fi. Berikut ini artikel kami tentang rekomendasi SD card terbaik untuk Anda.

Kesimpulan

Kami sudah memberikan Anda beberapa tips menemukan Wi-Fi SD card terbaik yang sesuai untuk kebutuhan Anda. Kami juga sudah memberikan rekomendasi produk yang saat ini beredar di Indonesia. 

Sekalipun harganya cukup mahal, Wi-Fi SD card sangat praktis untuk digunakan. Lalu, apakah Anda sudah menemukan produk yang Anda inginkan? Jika belum, jadikanlah artikel kami sebagai pedoman Anda menemukan Wi-Fi SD card yang sesuai untuk Anda.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer