10 Rekomendasi Coffee Syphon Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Coffee Syphon Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Coffee syphon atau yang dikenal juga sebagai vacuum pots adalah alat penyeduh kopi yang bisa menghasilkan rasa kopi otentik. Tidak hanya suara penyeduhannya yang dapat menenangkan pikiran, rasa yang dihasilkan oleh coffee syphon ini pun sangat nikmat. Saat ini, sudah banyak coffee syphon yang dijual di pasaran.

Untuk Anda yang sedang mencari coffee syphon, kami sarankan untuk membaca artikel ini sampai habis. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih coffee syphon beserta rekomendasi produk terbaiknya untuk Anda. Beberapa produk terkenal seperti Hario, Tiamo, dan Kono juga ada dalam rekomedasi produk, lho! Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih coffee syphon

Bagi para pencinta kopi, tentunya sulit apabila harus melewati hari tanpa meminum segelas kopi yang nikmat. Salah satu mesin pembuat kopi yang menghasilkan rasa kopi terbaik adalah syphon. Coffee syphon ini memiliki jenis yang berbeda, tergantung dari pabrik manufakturnya dan juga modelnya.

Pada artikel ini, kami akan membantu Anda dalam memilih coffee syphon yang baik. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini!

Pilih berdasarkan karakteristik pabrik pembuatnya

Coffee syphon tersedia dari berbagai macam merek pabrik terkenal seperti Hario, Kono, dan Bonmac. Masing-masing menghadirkan fitur yang berbeda dan bermacam-macam. Mari simak penjelasannya satu persatu.

Hario, reputasinya sudah terkenal di mancanegara

Hario, reputasinya sudah terkenal di mancanegara

Hario adalah perusahaan asal Jepang yang bergerak di bidang pembuatan gelas tahan panas sejak tahun 1921. Lebih spesifik lagi, Hario adalah perusahaan spesialis peralatan coffee maker seperti syphon, dripper, dan gelas ukur kopi.

Teknologi yang digunakan oleh Hario juga sudah tidak diragukan lagi sehingga reputasinya sangat bagus di seluruh dunia. Hario terus mengembangkan teknologi pada produk-produk peralatan kopinya. Tidak hanya dari sisi teknologinya, coffee syphon Hario juga memiliki desain yang menarik. Salah satu produk Hario pernah memenangkan Good Design Award di negara asalnya. 

Coffee syphon dari Hario memiliki desain yang sederhana, tetapi tetap stylish. Selain itu, jenis produknya lebih bervariasi. Salah satu produk Hario yang terkenal dan paling sering digunakan adalah Hario Technica.

Kono, brand pionir pembuat coffee syphon asal Jepang

Kono, brand pionir pembuat coffee syphon asal Jepang

Kono merupakan brand pionir asal Jepang dalam pembuatan coffee syphon. Di negeri asalnya, merek ini juga dikenal dengan nama Kono Syphon. Kono juga merupakan perusahaan pembuat mesin kopi yang pertama kali menggunakan filter berbentuk kerucut (cone). Filter tersebut dipercaya sebagai filter paling ideal untuk mengekstrak kopi.

Pendiri Kono memiliki motto “mengestrak rasa kopi yang murni secara langsung”. Hingga kini, motto tersebut semakin ditingkatkan oleh Kono dengan tujuan untuk menghasilkan rasa kopi yang semakin baik.

Coffee syphon dari Kono terkenal memiliki karakteristik yang kuat dan sangat memperhatikan detail. Selain itu, ukurannya lebih bervariasi. Namun, kini coffee syphon dari Kono telah berubah kapasitas maksimalnya dari lima cangkir menjadi empat cangkir saja.

Bonmac, coffee syphon berkualitas tinggi dengan harga terjangkau

Bonmac, coffee syphon berkualitas tinggi dengan harga terjangkau

Merek ini juga dibuat oleh perusahaan Jepang yang bernama Lucky Coffee Machine yang telah berdiri sejak tahun 1964. Bonmac sendiri pertama kali launching di tahun 1982 dengan motto “kualitas tinggi, pengembangan produk terjamin”.

Karakteristik perkembangan produk Bonmac selalu didasari pada fungsi, desain, dan harga. Oleh karena beberapa sparepart-nya juga diproduksi oleh Hario, standar kualitasnya pun sama seperti Hario tipe Technica.

Produk dari brand lainnya yang tidak kalah bagus

Produk dari brand lainnya yang tidak kalah bagus

Selain merek-merek yang telah disebutkan, ada beberapa merek coffee syphon yang terkenal, seperti Tiamo, Yama, Diguo, dan Kitchen Aid. Merek-merek tersebut juga tidak kalah kualitasnya dari pabrik buatan Jepang. Memilih coffee syphon dari merek ini juga merupakan pilihan yang bagus.

Pilih berdasarkan sumber pemanasnya

Pemanas (burner) pada coffee syphon dapat mempengaruhi kelebihan dan kekurangan produk tersebut dengan signifikan. Oleh karena itu, saat Anda memilih coffee syphon, pertimbangkan juga jenis pemanasnya.

Alcohol lamp, jenis yang paling banyak digunakan karena kemudahannya

Alcohol lamp, jenis yang paling banyak digunakan karena kemudahannya

Alcohol lamp adalah jenis burner yang paling sering digunakan sehari-hari karena kemudahannya. Burner ini pun mudah didapatkan jika sewaktu-waktu Anda ingin menggantinya. Saat dalam kondisi penuh, burner ini bisa menyala hingga kurang lebih satu jam. Untuk menyalakan burner ini Anda membutuhkan pemantik api, seperti korek gas atau korek api.

Gas, burner yang paling banyak diproduksi saat ini

Gas, burner yang paling banyak diproduksi saat ini

Ada dua jenis gas burner, yaitu gas torch dan gas table. Gas torch lebih mudah digunakan dibanding dengan gas table dan lebih cocok untuk digunakan sehari-hari. Pemakaiannya dapat bertahan selama kurang lebih satu jam, pemantiknya otomatis dan daya panasnya pun dapat disesuaikan.

Sementara itu, gas table kurang cocok untuk pemakaian sehari-hari karena prosesnya yang lebih merepotkan. Penggunaannya harus disambungkan dengan city gas terlebih dahulu. Selain itu, pemakaiannya pun lebih cocok digunakan di coffee shop karena memiliki beberapa pemanas dalam satu table.

Halogen, menyeduh kopi dengan mudah dan aman

Halogen, menyeduh kopi dengan mudah dan aman

Halogen juga dikenal dengan nama beam heater. Penggunaan burner ini juga mudah dan nyaman sehingga dapat digunakan di rumah ataupun di coffee shop. Cara penggunaannya mirip dengan kompor, Anda tinggal menyalakan thermal power nya dan menyesuaikan daya panas sesuai yang Anda inginkan.

Beam heater ini dapat dibilang lebih mahal dibanding burner yang lain. Namun, apabila Anda ingin menyeduh kopi tanpa api, produk ini merupakan pilihan yang tepat karena aman untuk digunakan.

Electric type, burner modern yang paling mudah digunakan

Electric type, burner modern yang paling mudah digunakan

Tipe burner ini adalah yang paling mudah digunakan di antara semuanya. Bagi Anda yang tidak bisa atau takut menggunakan alcohol lamp atau sejenisnya, Anda bisa menggunakan burner tipe ini. Namun, thermal power pada burner ini sudah bawaan sehingga tidak dapat disesuaikan dengan keinginan Anda. Burner ini cocok bagi Anda yang tidak begitu suka repot dan berlama-lama membuat kopi.

Pilih berdasarkan kapasitas

Pilih berdasarkan kapasitas

Ketika membuat kopi, Anda perlu memperhatikan kapasitas yang dimiliki oleh coffee syphon. Perhitungkan jumlah cangkir kopi yang dapat dihasilkan dalam sekali proses pembuatan. Pertimbangkan juga jumlah anggota keluarga di rumah Anda. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apakah aksesorinya mudah didapat?

Apakah aksesorinya mudah didapat?

Hal lainnya yang perlu Anda perhitungkan ketika membeli coffee syphon adalah kemudahan mendapatkan aksesorinya. Bagian chamber (ruang penyeduh) pada coffee syphon sebagian besar terbuat dari kaca sehingga mudah pecah. Biasanya aksesori lain seperti burner juga dijual secara terpisah. Oleh karena itu, Anda harus memastikan kemudahan membeli aksesori pada coffee syphon demi kenyamanan pemakaian. 

Pertimbangkan standar desainnya

Pertimbangkan standar desainnya

Desain yang dimaksud di sini adalah standar produk. Ketika membeli, tentu Anda akan memilih desain yang cantik dan menarik. Namun, Anda juga perlu memerhatikan standar produknya. Pastikan pemanasnya sesuai dengan ukuran syphon milik Anda. Perhatikan juga bahan filter yang digunakan, yakni menggunakan kain, kertas, atau metal.

Selain itu, chamber bawah biasanya menyatu dengan stand, tetapi ada juga tipe yang terpisah. Round type chamber biasanya menyatu dengan stand. Sementara untuk  flat type chamber, beberapa ada yang dapat digunakan sebagai server. Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa desain produk sesuai spesifikasinya.

10 Rekomendasi coffee syphon terbaik

Sekarang Anda telah memahami cara memilih coffee syphon yang baik berdasarkan penjelasan di atas. Kami telah menyiapkan sepuluh coffee syphon terbaik yang dapat Anda pertimbangkan. Selamat memilih, ya!

10. Tiamo Coffee Syphon TCA-2 HG2608 

10. Tiamo Coffee Syphon TCA-2 HG2608 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.050.000

Desainnya yang simpel memudahkan untuk penggunaan sehari-hari

Brand asal Taiwan ini memiliki desain yang cukup sederhana dan fungsional untuk digunakan sehari-hari. Produk ini menggunakan alcohol lamp sebagai burner-nya. Anda dapat dengan mudah mencari penggantinya apabila alkohol telah habis digunakan.

Produk ini dijual satu set, lengkap dengan filter dan alkoholnya. Selain itu, Tiamo juga memiliki kaca chamber yang berkualitas dan tahan panas, tidak kalah dengan syphon buatan Jepang. Bagi Anda yang tidak suka repot, coffee syphon Tiamo ini bisa menjadi pilihan Anda!

Pemanas (burner) Alcohol lamp
Kapasitas 2 cups
Aksesori Filter kain, alkohol
Desain produk Round type lower chamber

9. Hario Coffee Syphon Next NXA-5

9. Hario Coffee Syphon Next NXA-5

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 2.100.000

Tidak suka kopi pahit? Coffee Syphon ini adalah untuk Anda!

Salah satu hal yang paling menarik dari Hario adalah variasi coffee syphon yang selalu upgrade dan mengikuti kebutuhan konsumen. Satu lagi produk Hario khusus untuk Anda yang tidak terlalu menyukai kopi pahit.

Kaca antipanas yang dibuat untuk produk ini dapat mengendalikan suhu pemanasan sehingga kopi yang dihasilkan tidak pahit, tetapi tetap otentik. Suhu yang dihasilkan oleh alat ini berada pada 91-95 derajat Celcius yang merupakan suhu ideal untuk memanaskan kopi.

Pemanas (burner) Alcohol lamp
Kapasitas 5 cups
Aksesori Include burner
Desain produk Round type lower chamber

8. Diguo Electric Coffee Syphon

8. Diguo Electric Coffee Syphon

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 1.140.000

Kemudahan membuat kopi dengan menggunakan electric burner coffee syphon

Apabila Anda mencari peralatan coffee syphon yang mudah untuk digunakan, electric burner ini dapat menjadi pilihan Anda. Tentu saja, penggunaan alat ini lebih mudah dibanding dengan alcohol lamp atau jenis burner lainnya.

Tidak hanya itu, kacanya pun dibuat tahan panas dan eco-friendly. Menggunakan coffee syphon ini, Anda sudah tidak perlu repot lagi mencari bahan bakar pendukung lainnya karena hanya memerlukan listrik. Membuat kopi yang nikmat tidak pernah semudah ini!

Pemanas (burner) Electric type
Kapasitas 3 cups
Aksesori Spoon, bambu pengaduk, filter
Desain produk Round type lower chamber

7. Hario Miniphon Coffee Syphon DA-1SV

7. Hario Miniphon Coffee Syphon DA-1SV

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.750.000

Kapasitas khusus untuk satu cangkir kopi yang nikmat

Coffee syphon buatan Hario ini memang dikhususkan bagi Anda yang hanya ingin membuat satu cangkir kopi saja. Dengan produk ini, Anda tidak perlu khawatir lagi menyisakan kopi pada syphon apabila tidak habis diminum.

Kelebihan lainnya dari produk ini adalah sekrupnya yang sangat kuat. Sekrup akan menjaga glass pot coffee syphon Anda agar tidak gampang mengendur selama proses brewing. Apabila tidak sedang digunakan, desainnya yang unik juga bisa dijadikan pajangan untuk mempercantik interior ruangan.

Pemanas (burner) Alcohol lamp
Kapasitas 1 cup
Aksesori Alkohol, filter kain
Desain produk Round type lower chamber

6. Diguo Gen-2 Belgium Royal Balancing

6. Diguo Gen-2 Belgium Royal Balancing

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.500.000

Kemewahan dalam secangkir kopi Anda

Ingin merasakan proses brewing seperti di abad ke 19? Produk Diguo ini dapat memberikan Anda pengalaman tersebut. Bentuk desainnya dibuat semirip mungkin dengan coffee syphon di awal kemunculannya di Eropa. Dari segi rasa, tentunya tidak akan mengurangi kenikmatan kopi yang Anda inginkan.

Kekurangan dari produk ini adalah proses brewing yang sedikit lebih sulit dan memakan lebih banyak waktu. Namun, apabila Anda memang senang bereksperimen dan mencoba pengalaman baru, Anda dapat mencoba peralatan unik ini.

Pemanas (burner) Alcohol lamp
Kapasitas 5 cups
Aksesori Water container, syphon pipette, filter mesh, glass cup
Desain produk Flat type

5. Hario Sommelier Coffee Syphon SCA-5

5. Hario Sommelier Coffee Syphon SCA-5

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 4.190.000

Tersedia dua macam filter yang berbeda dalam satu coffee syphon saja!

Ada yang unik dari coffee syphon produk Hario yang satu ini. Alat ini mungkin terlihat tidak jauh berbeda dengan coffee syphon lain. Namun, Hario Sommelier menyediakan dua jenis filter yang berbeda, yaitu filter kain dan metal. Bagi Anda yang ingin merasakan dua cita rasa kopi yang unik pada satu coffee syphon saja, produk ini dapat menjadi pilihan.

Perbedaan dapat dilihat secara visual setelah proses brewing selesai. Kopi yang diseduh menggunakan filter kain menghasilkan warna yang lebih terang dan rasanya pun lebih fruity. Sementara itu, kopi yang diseduh dengan filter metal memiliki warna yang lebih gelap dan rasanya pun lebih pekat.

Pemanas (burner) Alcohol lamp
Kapasitas 5 cups
Aksesori Filter kain, filter metal, spoon
Desain produk Round type lower chamber

4. Kono Coffee Syphon SK-3 Cups

4. Kono Coffee Syphon SK-3 Cups

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 2.052.000

Desain klasiknya tetap setia sepanjang zaman!

Pionir coffee syphon dari Jepang ini masih konsisten menjaga desain klasiknya yang tidak pernah jauh berbeda dari produk awal mereka di tahun 1920-an. Tempat saringannya terbuat dari keramik, fitur klasik khas Kono yang sudah jarang ditemui pada mesin coffee syphon lainnya.

Meskipun menggunakan alcohol lamp, desain ini juga compatible apabila Anda ingin menggantinya dengan gas burner. Tidak perlu khawatir akan repot, sparepart Kono dapat menyesuaikan dengan brand yang lain. Bagi Anda yang menyukai alat-alat bergaya vintage, coffee syphon satu ini bisa menjadi pelengkap koleksi Anda.

Pemanas (burner) Alcohol lamp
Kapasitas 2 cups
Aksesori Filter kain, saringan keramik
Desain produk Round type lower chamber

3. Bodum Pebo Vacuum Coffee Maker

3. Bodum Pebo Vacuum Coffee Maker

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.275.000

Kapasitas tinggi! Bisa brew untuk delapan cups sekaligus!

Apakah Anda termasuk pencinta kopi yang senang brewing untuk banyak orang? Selain bisa unjuk kebolehan teknik brewing Anda, kopinya pun dapat dinikmati untuk delapan cangkir dalam sekali brew. Alat ini akan sangat berguna saat sedang banyak tamu.

Proses brewing hanya membutuhkan waktu 5-10 menit dengan memilih bubuk kopi medium roasted. Tidak perlu takut repot karena pemanas menggunakan gas torch yang mudah digunakan di rumah. Dengan menggunakan Bodum Pebo, Anda akan mendapatkan rasa kopi yang kuat dan memuaskan.

Pemanas (burner) Gas torch
Kapasitas 8 cups
Aksesori Lower dan upper chamber (tidak termasuk gas torch)
Desain produk Round type lower chamber

2. Beam Heater Coffee Syphon

2. Beam Heater Coffee Syphon

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 2.250.000

Menyeduh kopi jauh lebih aman dan cepat dengan beam heater

Bagi Anda yang mengutamakan keamanan, Anda bisa memilih coffee syphon yang satu ini. Proses brewing pun jauh lebih aman karena tidak menggunakan api atau gas. Dibanding burner lainnya, daya panas yang dihasilkan lebih konsisten sehingga produk ini jauh lebih efisien. Proses pemanasannya juga lebih cepat sehingga waktu pembuatan kopi lebih singkat.

Pemanas (burner) Beam heater
Kapasitas 3-5 cups
Aksesori Beam heater (tanpa glass pot)
Desain produk Flat type

1. Hario Coffee Syphon Technica 3 Cups Bronze TCA-3BZ-EX

1. Hario Coffee Syphon Technica 3 Cups Bronze TCA-3BZ-EX

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 2.700.000

Proses brewing cepat, rasa tetap menakjubkan

Hario Technica Series terkenal dengan kontrol waktunya. Apabila Anda terburu-buru tetapi masih ingin menyesap kopi yang nikmat, tidak masalah karena proses brewing-nya cepat. Kecepatan pada proses brewing pun tidak akan mempengaruhi rasa pada kopi Anda yang akan tetap nikmat.

Selain itu, salah satu keuntungan menggunakan produk Hario adalah sparepart-nya yang banyak dijual di pasaran. Dengan begitu, jika rusak atau ingin refill, Anda bisa mencarinya dengan mudah. Begitu juga dengan produk ini, desain elegan dan sparepart pun mudah dicari.

Pemanas (burner) Alcohol lamp
Kapasitas 3 cups
Aksesori Include burner
Desain produk Round type lower chamber

Baca juga rekomendasi produk kopi lainnya di sini

Sebagai pencinta kopi, hanya sekadar meminumnya tentu saja tidak cukup. Pastinya sesekali Anda ingin mencoba ataupun bereksperimen membuat kopi sendiri. Selain mesin kopi, dibutuhkan produk pendukung lainnya untuk membuat secangkir kopi yang nikmat. Pastinya, produk-produk ini akan membuat hari-hari minum kopi Anda semakin menyenangkan! Anda bisa membaca artikelnya di sini.

Kesimpulan

Kami telah menjelaskan kepada Anda cara memilih dan rekomendasi coffee syphon terbaik yang dapat Anda gunakan sehari-hari di rumah. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda telah menemukan tipe coffee syphon yang Anda cari?

Pastikan Anda benar-benar teliti ketika memilih coffee syphon yang ingin Anda gunakan. Pilihlah coffee syphon yang sesuai dengan selera Anda dan rasakan kenikmatannya dalam setiap cangkir kopi Anda setiap hari.