• 10 Rekomendasi Shampo Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Shampo Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Shampo Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Shampo Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Shampo Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Shampo Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Para pengguna motor pastinya ingin memiliki motor yang bersih dan mengilap. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan rutin mencuci motor. Namun, Anda tidak bisa sembarang memilih shampo motor karena jenisnya sangat bervariasi, misalnya produk untuk cat doff atau matte yang pemakaiannya perlu disesuaikan dengan kebutuhan.

Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih shampo motor yang tepat. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk terbaik, seperti keluaran Kit, Carrera, dan Meguiars. Untuk Anda yang ingin memiliki motor yang bersih dan tetap berkilau seperti baru, wajib membaca artikel ini sampai habis!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 3.020 Views
Daftar isi

Cara memilih shampo motor

Setiap shampo motor yang beredar di pasaran memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, sebelum Anda membeli shampo motor, ada baiknya mempelajari beberapa hal berikut ini!

Perhatikan warna cat pada motor

Umumnya, terdapat dua jenis warna cat motor yang dapat Anda jumpai, yakni warna doff dan glossy. Warna doff atau matte memiliki tekstur permukaan yang sedikit kasar dengan warna tidak mengilap. Warna ini bisa Anda jumpai pada motor Yamaha N-Max, Honda Vario, maupun Honda PCX yang diproduksi tahun 2019. Sementara itu, warna glossy cenderung memberikan tekstur halus dan mengilap.

Untuk motor berwarna doff, hindari shampo yang memiliki kandungan detergen dan wax

Untuk motor berwarna doff, hindari shampo yang memiliki kandungan detergen dan wax
Wax merupakan bahan sejenis lilin yang sering digunakan sebagai lapisan cat motor maupun mobil. Dengan memoleskan wax, berarti Anda melapisi permukaan cat pada bodi motor sehingga tampak lebih mengilap. Penggunaan bahan wax tentu saja akan merusak karakteristik buram yang dimiliki motor dengan cat berwarna doff. Jadi, hindarilah penggunaan shampo motor semacam ini agar kesan matte pada motor Anda bisa bertahan lama.
Selain itu, penggunaan shampo yang mengandung detergen juga tidak disarankan untuk motor dengan cat warna doff. Cat motor berwarna doff atau matte umumnya lebih cepat memudar dibanding cat motor dengan warna glossy. Hal ini dikarenakan sifat warna doff yang kasar dan tidak dilapisi pernis. Penggunaan detergen yang sifatnya asam dapat membuat cat motor menjadi lebih cepat pudar.

Untuk motor berwarna glossy, gunakan shampo dengan kandungan wax

Untuk motor berwarna glossy, gunakan shampo dengan kandungan wax
Berbeda dengan warna doff yang harus menghindari penggunaan shampo dengan kandungan wax, jenis shampo berbahan wax sangat tepat diaplikasikan pada motor dengan warna glossy. Dengan menggunakan shampo jenis ini, tentunya warna cat pada motor Anda akan makin mengilap. Untuk itu, jangan sampai terbalik, ya!

Pastikan kandungan shampo tidak merusak warna cat pada motor

Cat adalah bagian terpenting yang harus diperhatikan saat Anda mencuci motor. Jika sampai salah dalam memilih shampo, bukan saja motor sulit dibersihkan, tetapi justru ada risiko cat motor akan rusak. Untuk itu, perhatikan secara detail kandungan bahan yang tertulis pada kemasan.

Pilih shampo motor tanpa kandungan detergen

Pilih shampo motor tanpa kandungan detergen
Meski berfungsi untuk mengangkat kotoran, kandungan detergen pada shampo memiliki dampak buruk terhadap cat motor dan lingkungan. Untuk cat motor sendiri, kandungan detergen yang bersifat asam akan menyebabkan korosi sehingga kualitas cat motor makin berkurang. Limbah yang dihasilkan dari shampo berbahan detergen juga dapat mengganggu pertumbuhan tanaman yang terkena dampaknya. Selain itu, bagi Anda yang tidak cocok menggunakan shampo detergen, kulit tangan Anda akan mudah terkena iritasi.

Pilih shampo dengan pH 7 agar cat motor lebih awet

Pilih shampo dengan pH 7 agar cat motor lebih awet
Beberapa shampo motor yang beredar di pasaran memiliki varian tingkat keasaman (pH) yang bermacam-macam. Supaya Anda lebih mudah dalam memilihnya, kami akan menjelaskan sedikit perbedaan tingkat keasaman pada shampo motor.
Nilai pH 7 merupakan nilai netral suatu cairan dan paling ideal untuk Anda gunakan karena aman bagi motor maupun bagi kulit Anda. Jika shampo motor memiliki nilai pH di bawah 7, berarti kadar keasamannya cukup tinggi sehingga bisa merusak cat motor. Sementara jika kandungan nilai pH menunjukkan angka 8 hingga 14, berarti memiliki zat basa yang tinggi. Sifat basa yang tinggi dapat merusak kulit tangan Anda saat mencuci motor. Oleh karena itu, pilihlah shampo yang memiliki pH 7.

Pilih yang berbusa banyak dan mudah untuk dibilas

Pilih yang berbusa banyak dan mudah untuk dibilas
Busa pada shampo motor akan membuat kotoran lebih mudah terangkat. Selain itu, busa yang banyak mengurangi risiko lecet pada bodi motor saat Anda menggosoknya menggunakan spons pembersih. Semakin banyak busa yang dihasilkan, semakin mudah juga Anda untuk membersihkan kotoran pada motor Anda. Selain itu, pilihlah shampo motor yang mudah untuk dibilas agar Anda lebih mudah mengelap dan mengeringkan motor.

Shampo mobil juga bisa digunakan untuk motor

Shampo mobil juga bisa digunakan untuk motor
Pada dasarnya, penggunaan shampo khusus mobil dapat diaplikasikan ke semua jenis kendaraan bermotor. Selain memiliki kandungan yang serupa, shampo mobil juga didesain untuk tidak merusak cat mobil. Bagi Anda yang memiliki motor dan mobil, Anda dapat menghemat pengeluaran dengan membeli satu produk saja. Namun, Anda tetap harus memperhatikan jenis cat pada motor Anda.

10 Rekomendasi shampo motor terbaik

Agar mencuci motor lebih maksimal, kami telah memilih sepuluh produk shampo motor terbaik untuk Anda. Seluruh produk shampo motor yang kami pilih tidak mengandung detergen, lho! Pilihlah yang sesuai kebutuhan Anda, ya!
pHpH 7
Rekomendasi cat motorGlossy
Kandungan wax×
Volume20 ml, 400 ml, 800 ml
pHpH 7
Rekomendasi cat motorGlossy
Kandungan wax×
Volume15 ml, 200 ml
pHpH 7
Rekomendasi cat motorGlossy
Kandungan wax×
Volume15 ml, 25 ml
pHTidak disebutkan
Rekomendasi cat motorGlossy
Kandungan wax
Volume1.200 ml
pHTidak disebutkan
Rekomendasi cat motorGlossy
Kandungan wax
Volume1.400 ml
pHpH 7
Rekomendasi cat motorGlossy
Kandungan waxTidak disebutkan
Volume500 ml
pHTidak disebutkan
Rekomendasi cat motorGlossy
Kandungan wax
Volume1.000 ml
pHTidak disebutkan
Rekomendasi cat motorDoff
Kandungan waxTidak disebutkan
Volume473 ml
pHpH 7
Rekomendasi cat motorGlossy atau yang sudah dilapisi nano ceramic
Kandungan wax×
Volume500 ml
pHpH 7
Rekomendasi cat motorGlossy
Kandungan waxTidak disebutkan
Volume1,890 ml dan 560 ml

Cara menggunakan shampo motor yang benar

Selain untuk menjaga kebersihan dan penampilan motor, mencuci secara rutin juga dapat mencegah terjadinya kerusakan pada cat maupun kerangka mesin motor. Namun, supaya hasil mencuci motor lebih maksimal, kami telah menyiapkan sedikit panduan mengenai tata cara dalam mencuci motor yang tepat.

Gunakan spons untuk bodi motor dan sikat kecil untuk bagian yang sulit dijangkau

Gunakan spons untuk bodi motor dan sikat kecil untuk bagian yang sulit dijangkau
Spons digunakan untuk membersihkan bagian motor yang memiliki permukaan luas dan rawan tergores. Saat membersihkan motor, sebaiknya Anda juga menyiapkan dua spons. Satu untuk menggosok bagian bodi motor, dan satunya lagi untuk membersihkan area yang berminyak. Sementara itu, penggunaan sikat ditujukan untuk membersihkan bagian sepeda motor yang sulit dijangkau, seperti jeruji roda, standar, pijakan kaki, dan shock breaker.

Baca juga rekomendasi produk dan perlengkapan motor di sini

Mencuci motor secara rutin adalah salah satu cara untuk merawat motor Anda. Selain pembahasan shampo untuk memastikan motor tetap bersih, kami juga telah menyiapkan beberapa perlengkapan motor lainnya yang dapat Anda gunakan saat berkendara. Silakan cek artikel-artikel di bawah ini lebih lanjut dan pilihlah produk yang sesuai kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, bagaimana pendapat Anda? Apakah sudah menemukan shampo motor yang paling pas untuk motor Anda? Mencuci motor memang perkara yang mudah. Namun jika tidak hati-hati, bisa jadi motor malah rusak. Bodi motor mungkin saja tergores, warna catnya pudar, atau bahkan berkarat.
Selain enak dipandang, sepeda motor yang bersih dan berkilau akan membuat Anda semakin percaya diri saat bepergian. Oleh sebab itu, cucilah motor menggunakan shampo yang telah kami rekomendasikan di atas.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Fungsi oli sangatlah penting bagi motor. Selain untuk mengoptimalkan kinerja mesin, oli juga berfungsi untuk mengurangi gesekan, pendingin, dan mengendalikan kotoran di dalam mesin. Oleh karena itu, oli perlu diganti secara rutin untuk menjaga kualitas dan memperpanjang umur mesin motor.Namun, masih banyak yang kebingungan dalam memilih oli yang tepat untuk motor. Apakah Anda termasuk salah satunya? Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih oli motor yang baik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan oli dari berbagai merek terkenal, seperti Yamalube, Shell, maupun Enduro. Selamat membaca!
    Mobil & motor
    12.083 Views
  • 10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pengendara sepeda motor tidak memandang usia dan jenis kelamin. Saat mengendarai motor, peran helm sangat penting supaya kita bisa berkendara dengan aman. Helm juga melindungi kepala kita dari benturan dan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.Beragam produsen helm seperti NHK, GM, Shoei, ZEUS, dan INK mengeluarkan helm terbaik dan juga stylish. Di artikel ini, kami akan membagikan informasi untuk Anda tentang cara memilih helm yang tepat, berikut rekomendasi sepuluh produk terbaiknya!
    Mobil & motor
    11.296 Views
  • 10 Rekomendasi Penghilang Goresan Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Penghilang Goresan Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tidak hanya disebabkan oleh kecelakaan atau terserempet, goresan pada mobil juga bisa muncul akibat debu. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan penghilang goresan mobil. Namun, banyaknya produk penghilang goresan mobil berkualitas di pasaran seperti merek Meguiar’s, Turtle Wax, atau Mother’s bisa membuat Anda bingung saat memilih, bukan?Pada artikel ini, Anda akan kami perkenalkan dengan beberapa produk penghilang goresan mobil yang beredar di Indonesia, dari jenis compound, wax, dan touch pen. Kami juga akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi produk penghilang goresan mobil terbaik agar Anda bisa memilih produk yang paling sesuai. Selamat membaca!
    Mobil & motor
    10.898 Views
  • 10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pengharum mobil bisa membuat suasana di dalam mobil Anda menjadi lebih nyaman. Berbagai produk pengharum mobil seperti Glade, Little Trees, Ambi Pur, dan sebagainya dapat Anda pilih untuk mengharumkan mobil Anda. Selain itu, bentuknya pun beragam, mulai dari tipe padat, tipe cair, tipe gel, tipe gantung, hingga tipe yang dipasang pada AC mobil.Saking banyaknya jenis pengharum mobil, bisa-bisa Anda bingung memilih yang cocok untuk Anda. Karena itu, kami akan membahas jenis-jenis pengharum mobil dengan lebih detail dan memberikan tips dalam memilihnya. Kami juga akan memberikan 10 rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Baca sampai habis, ya!
    Mobil & motor
    5.732 Views
  • 10 Rekomendasi Kunci Pengaman Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kunci Pengaman Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kunci pengaman merupakan hal penting yang harus dibawa ketika Anda berkendaraan menggunakan motor. Xena, Kryptonite, Masterlock dan Griplock menyediakan berbagai jenis kunci pengaman motor agar Anda tenang ketika meninggalkan motor di tempat parkir.Kali ini kami akan mengulas kunci pengaman motor yang akan membuat pencuri mengurungkan niat jahatnya untuk mencuri motor Anda. Amankan motor Anda dengan memakai kunci pengaman motor yang tepat sebelum Anda menyesal ! Mari ikuti ulasan berikut ini.
    Mobil & motor
    4.586 Views
  • 10 Rekomendasi Pelindung Cat Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelindung Cat Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pelindung cat mobil atau biasa disebut dengan paint protection ini merupakan cairan yang mampu melindungi permukaan cat mobil. Namun, banyaknya produk yang beredar di pasaran seperti Meguiars, 3M, Turtle Wax, dan sebagainya mungkin akan membuat Anda bingung saat memilih.Untuk memudahkan Anda, kali ini kami akan merekomendasikan produk cat mobil terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Sebelum itu, kami juga menjelaskan poin-poin yang harus Anda ketahui dalam memilih. Mari simak lebih lanjut dan jadikan cat mobil Anda tetap berkilau seperti baru!
    Mobil & motor
    3.520 Views
  • 10 Rekomendasi Pembersih Debu Terbaik untuk di Mobil (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pembersih Debu Terbaik untuk di Mobil (Terbaru Tahun 2020)
    Debu yang menempel pada mobil Anda tidak selalu terlihat oleh mata. Untuk itu, Anda perlu memberi perhatian lebih pada kebersihan mobil agar Anda dan para penumpang lain lebih nyaman berada di dalam mobil Anda. Pembersih debu atau dust cleaner yang berkualitas tentu akan mempermudah Anda dalam menjaga kebersihan mobil.Kali ini, kami menjelaskan cara memilih sekaligus memperkenalkan sepuluh rekomendasi pembersih debu terbaik untuk mobil, seperti 3M, Bagus, Bullsone, dan sebagainya, yang telah kami rangkum untuk Anda. Simak terus artikel ini dan semoga Anda menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Mobil & motor
    646 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori