mybest
Shampo motor

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Otomotif
  3. Perawatan kendaraan
  4. 10 Rekomendasi Shampo Motor Terbaik [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif]
  • 10 Rekomendasi Shampo Motor Terbaik  [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif] 1
  • 10 Rekomendasi Shampo Motor Terbaik  [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif] 2
  • 10 Rekomendasi Shampo Motor Terbaik  [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif] 3
  • 10 Rekomendasi Shampo Motor Terbaik  [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif] 4
  • 10 Rekomendasi Shampo Motor Terbaik  [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif] 5

10 Rekomendasi Shampo Motor Terbaik [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif]

Setiap pengguna motor pasti menginginkan motor yang bersih dan mengilap. Untuk mewujudkannya, motor Anda harus rutin dicuci dengan shampo motor. Namun, memilih shampo motor tidak bisa sembarangan. Sebagai contoh, shampo motor untuk bodi motor dengan cat warna doff tentu berbeda dengan cat warna glossy.

Kami akan membahas cara memilih shampo motor yang tepat. Kami juga merekomendasikan merek shampo motor yang bagus, seperti 3M, Meguiar's, dan KILAP PREMIUM. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Jika ingin motor tampil menawan, Anda tidak boleh ketinggalan menyimak artikel ini!

Diperbaharui 30/11/2023
Ardanto Sigit
Pakar
Guru Teknik Otomotif
Ardanto Sigit

Ardanto Sigit, S.Pd, Gr. adalah guru teknik otomotif yang memiliki sertifikasi guru profesional dan sertifikasi bidang kompetensi teknik otomotif. Fokusnya yaitu jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor. Ardanto menekuni bidang otomotif selama sepuluh tahun. Ia memiliki pengalaman kerja di salah satu dealer Mitsubishi di Yogyakarta. Setelah itu, ia memutuskan untuk melanjutkan studi pada bidang Pendidikan Teknik Otomotif.

Profil Ardanto Sigit
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih shampo motor

Ada banyak pilihan produk sampo motor yang beredar di pasaran. Setiap produk sampo motor memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Karena itu, sebelum membelinya, Anda bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1

Perhatikan warna cat pada motor

Warna cat motor umumnya dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu warna doff dan glossy. Kedua jenis warna cat motor tersebut memiliki karakteristik yang berbeda sehingga sampo motor yang digunakan juga berbeda. Berikut ini adalah penjelasan terkait pilihan sampo motor untuk kedua jenis warna cat motor.

Warna doff: Shampo yang mengandung detergen dan wax sebaiknya dihindari

Warna doff: Shampo yang mengandung detergen dan wax sebaiknya dihindari

Warna doff atau matte memiliki tekstur yang sedikit kasar. Selain itu, warnanya juga tidak terlihat mengilap. Warna tersebut dapat Anda jumpai pada motor Yamaha N-Max, Honda Vario, atau Honda PCX yang diproduksi tahun 2019.


Jika Anda memiliki motor dengan warna doff, hindari sampo yang mengandung wax. Wax merupakan bahan sejenis lilin yang sering digunakan sebagai lapisan cat motor atau mobil. Jika Anda menggunakan sampo motor dengan wax untuk warna doff, kesan buram pada cat doff akan rusak.


Warna cat doff juga harus dihindarkan dari sampo motor yang mengandung detergen. Detergen pada sampo motor bersifat asam yang menyebabkan warna doff akan lebih cepat pudar. Terlebih lagi, warna doff memang mudah pudar karena tidak dilapisi pernis. 

Warna glossy: Shampo yang mengandung wax pas digunakan

Warna glossy: Shampo yang mengandung wax pas digunakan
Karakteristik cat warna glossy di bodi motor tentunya berbeda dengan cat warna doff. Dari segi tekstur, cat warna glossy cenderung halus ketika disentuh. Kemudian, cat warna glossy juga terlihat lebih mengilap.

Sampo motor yang cocok untuk bodi motor berwarna glossy adalah sampo yang mengandung wax. Alasannya karena sampo dengan wax dapat menjadikan motor makin mengilap. Hal ini tentu menjadikan motor terlihat seperti baru.
2

Ketahui kandungan pada shampo motor

Cat adalah bagian terpenting yang harus diperhatikan saat Anda mencuci motor. Jika sampai salah dalam memilih sampo, motor mungkin sulit dibersihkan dan bisa jadi cat motor berisiko rusak. Untuk itu, perhatikan secara detail kandungan bahan yang tertulis di kemasan.

Detergen, berfungsi untuk mengangkat kotoran, tetapi bersifat korosi terhadap cat

Detergen, berfungsi untuk mengangkat kotoran, tetapi bersifat korosi terhadap cat

Detergen pada sampo motor berfungsi untuk mengangkat kotoran. Meski demikian, kandungan detergen juga memiliki dampak buruk bagi cat motor. Apa saja dampak buruk yang akan terjadi?


  • Detergen yang bersifat asam dapat menyebabkan korosi sehingga kualitas cat motor akan menurun. Jika Anda ingin memilih sampo motor jenis detergen, pilih produk dengan kandungan detergen yang rendah.

  • Detergen juga berdampak buruk bagi lingkungan. Limbah sampo berbahan detergen dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. 

  • Sampo dengan detergen juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Terlebih, jika Anda tidak cocok dengan sampo berbahan detergen.

  • Detergen bisa merusak lapisan wax pada cat

Akan lebih aman jika Anda memilih sampo dengan bahan dasar organik. Selain aman untuk cat motor, sampo dengan bahan dasar organik juga aman terhadap lingkungan karena limbahnya mudah terurai.

Ber-pH 7, menjadikan warna cat motor lebih awet

Ber-pH 7, menjadikan warna cat motor lebih awet

Sampo motor yang beredar di pasaran memiliki tingkat keasaman (pH) yang beragam. Untuk itu, Anda harus mengetahui perbedaan tingkat keasaman sampo motor karena hal ini dapat berpengaruh pada keawetan cat motor.


  • Nilai pH 7: Nilai pH 7 merupakan nilai netral suatu cairan. Sampo motor dengan nilai pH 7 paling ideal digunakan karena aman bagi cat motor dan kulit.

  • Nilai pH di bawah 7: Sampo motor dengan nilai pH di bawah 7 berarti kadar keasamannya tinggi. Jika digunakan, sampo ini dapat merusak cat motor.

  • Nilai pH 8 hingga 14: Nilai pH 8 hingga pH 14 menunjukkan bahwa sampo motor memiliki kadar basa yang tinggi. Jika digunakan untuk mencuci motor, dapat membuat catnya mudah kusam.
3

Pilih yang mudah untuk dibilas

Pilih yang mudah untuk dibilas

Sampo motor berbusa banyak dapat mempermudah Anda untuk membersihkan kotoran yang menempel pada motor. Selain itu, busa yang banyak juga mengurangi risiko lecet pada bodi motor saat Anda menggosoknya menggunakan spons pembersih.


Namun, tidak selamanya sampo dengan busa yang banyak itu bagus. Ada juga sampo dengan busa yang melimpah justru menandakan zat pembersih pada sampo bersifat basa atau pH terlalu tinggi. Jika sampo tersebut sering digunakan, akibatnya lapisan coat, wax, atau sealant pada cat akan mudah pecah dan getas. Pada akhirnya, cat akan berubah menjadi kusam dan belang setelah dicuci.


Anda juga perlu mempertimbangkan sampo yang mudah dibilas. Sampo yang mudah dibilas akan memudahkan Anda mengelapnya sehingga proses pengeringan bodi motor lebih mudah dan cepat.

4

Gunakan shampo mobil untuk mencuci motor

Gunakan shampo mobil untuk mencuci motor

Sampo mobil dapat juga Anda gunakan untuk mencuci motor. Hal ini karena kandungan pada sampo mobil tidak jauh berbeda dengan sampo motor. Selain itu, sampo mobil juga didesain tidak merusak cat pada mobil sehingga bisa diaplikasikan ke motor. 


Bagi Anda yang memiliki motor dan mobil, penggunaan sampo mobil untuk mencuci motor dan mobil dapat menghemat pengeluaran. Namun, Anda tetap harus memperhatikan jenis cat pada motor Anda.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Shampo Motor Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Shampo Motor terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 30 November 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Nilai pH
Rekomendasi cat motor
Kandungan wax
Isi
1

SC Johnson

KIT Motor Shampoo

SC Johnson KIT Motor Shampoo 1

Rp12.000

Lebih Murah

Andal untuk membersihkan bekas oli yang menempel pada mesin

Netral

Glossy

Tidak diketahui

30 ml, 75 ml, 200 ml

2

SEBERSIH

Car Shampoo Sabun Cuci Mobil & Motor

SEBERSIH Car Shampoo Sabun Cuci Mobil & Motor 1

Rp100.000

Agak Mahal

Isinya banyak, cocok untuk usaha cuci motor

Netral

Segala jenis cat

Tidak diketahui

5.000 ml

3

3M

Car Wash Soap Gold Series

3M Car Wash Soap Gold Series 1

Rp51.100

Menengah

Dilengkapi bahan antikarat agar motor lebih awet

Netral

Glossy

500 ml

4

Auto Protect

Matte Shampoo

Auto Protect Matte Shampoo 1

Rp39.000

Menengah

Mampu menjaga kualitas cat warna doff tetap baik

Netral

Doff

250 ml

5

Meguiar's

Ultimate Wash & Wax

Meguiar's Ultimate Wash & Wax 1

Rp354.500

Lebih Mahal

Mengandung kondisioner yang mengurangi risiko goresan pada cat motor

Tidak diketahui

Glossy

1.416 ml

6

KILAP PREMIUM

Paket Perawatan Motor Basic

KILAP PREMIUM Paket Perawatan Motor Basic 1

Rp320.500

Lebih Mahal

Satu paket perawatan untuk hasil yang optimal

Netral

Doff, glossy

Tidak diketahui

250 ml

7

SABUSA

Coating Shampo

SABUSA Coating Shampo 1

Rp50.000

Menengah

Shampo motor yang tepat untuk cat motor berlapis nano ceramic

Netral

Cat dengan nano coating

500 ml

8

Mizu Shield

Matte Snow Wash

Mizu Shield Matte Snow Wash 1

Rp35.000

Menengah

Penggunaannya irit dan mampu merawat cat motor dengan maksimal

Netral

Doff

240 ml

9

The Wax Project

Autofoam Sabun Shampo Soap Cuci Mobil Motor

The Wax Project Autofoam Sabun Shampo Soap Cuci Mobil Motor 1

Rp54.499

Menengah

Formula non-scraping-nya mampu membuat coating cat lebih awet

Netral

Glossy

500 ml

10

Sparindo Mustika

NOSY Shampoo Motor

Sparindo Mustika NOSY Shampoo Motor 1

Rp26.400

Agak Murah

Hasilkan busa melimpah yang aman di tangan

Netral

Glossy

Tidak diketahui

25 ml

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

SC JohnsonKIT Motor Shampoo

KIT Motor Shampoo 1
Sumber: scjohnson.co.id
KIT Motor Shampoo 2
Sumber: shopee.co.id
KIT Motor Shampoo 3
Sumber: shopee.co.id
KIT Motor Shampoo 4
Sumber: shopee.co.id
KIT Motor Shampoo 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp12.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp12.000
Lebih Murah

Andal untuk membersihkan bekas oli yang menempel pada mesin

KIT Motor Shampo pastinya sudah tidak asing di telinga Anda. Kelebihan sampo motor merek ini adalah memiliki kemampuan ekstra dalam membersihkan kotoran. Bekas oli yang menempel pada mesin terbukti dapat dibersihkan dengan mudah.


Oli yang menempel pada mesin memang tidak bisa dihindari, terutama setelah motor diservis. Anda bisa menggunakan sampo motor ini untuk mencuci motor setelah diservis. Gunakan spons dan sikat untuk menggosok bagian motor dengan sampo. Alhasil, kotoran bandel pun akan hilang.

Nilai pHNetral
Rekomendasi cat motorGlossy
Kandungan waxTidak diketahui
Isi30 ml, 75 ml, 200 ml
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

SEBERSIHCar Shampoo Sabun Cuci Mobil & Motor

Harga referensi
Rp100.000
Agak Mahal

Isinya banyak, cocok untuk usaha cuci motor

Sampo motor dari SEBERSIH ini merupakan produk yang wajib dipilih jika Anda memiliki usaha cuci motor. Alasannya karena sampo motor ini memiliki ukuran yang tergolong besar, yakni 5 liter. 


Dengan isinya yang banyak, tentu pemilik usaha cuci motor tak perlu bolak-balik membeli sampo lagi jika kehabisan. Selain harganya terjangkau, sampo ini juga bisa dipakai untuk membersihkan mobil.

Nilai pHNetral
Rekomendasi cat motorSegala jenis cat
Kandungan waxTidak diketahui
Isi5.000 ml
No.3

3MCar Wash Soap Gold Series

Harga referensi
Rp51.100
Menengah

Dilengkapi bahan antikarat agar motor lebih awet

Motor yang sering terkena hujan akan lebih mudah berkarat sehingga bisa cepat rusak. Jika jarang dibersihkan, risiko korosi akan membuat mesin cepat rapuh. Untuk mencegah karat pada motor, kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan sampo motor ini.


Selain mencegah mesin berkarat, sampo motor ini dapat mengangkat kotoran yang membandel tanpa menimbulkan bekas noda. Tidak hanya itu, sampo dari 3M juga ini mengandung pH netral sehingga aman digunakan untuk pencucian motor setiap hari.
Nilai pHNetral
Rekomendasi cat motorGlossy
Kandungan wax
Isi500 ml
No.4

Auto ProtectMatte Shampoo

Harga referensi
Rp39.000
Menengah

Mampu menjaga kualitas cat warna doff tetap baik

Matte Shampoo menjadi salah satu sampo dengan harga ekonomis yang bisa Anda gunakan untuk motor bercat doff. Dengan busa yang banyak, bintik-bintik bekas air di bodi motor akan hilang. Selain itu, debu yang menempel di bodi motor Anda juga akan terangkat.


Anda tidak perlu takut terlalu sering mencuci motor menggunakan sampo dari Auto Protect ini. Sampo motor doff ini tidak mengandung silikon yang merusak kualitas warna. Dengan kata lain, mencuci motor menggunakan sampo ini dapat menjaga kualitas cat warna doff pada bodi motor.

Nilai pHNetral
Rekomendasi cat motorDoff
Kandungan wax
Isi250 ml
No.5

Meguiar'sUltimate Wash & Wax

Harga referensi
Rp354.500
Lebih Mahal

Mengandung kondisioner yang mengurangi risiko goresan pada cat motor

Ketika mencuci motor terkadang muncul rasa khawatir jika cat akan tergores. Nah, apabila Anda merasakan hal serupa, ada baiknya menggunakan sampo motor keluaran Meguiar's ini. 


Sampo motor ini mengandung kondisioner agar mengurangi risiko munculnya goresan pada cat motor. Kondisioner membuat proses mencuci terasa lebih lembut. Dengan begitu, kondisioner dapat menjaga cat motor tetap dalam keadaan mulus.

Nilai pHTidak diketahui
Rekomendasi cat motorGlossy
Kandungan wax
Isi1.416 ml
No.6

KILAP PREMIUMPaket Perawatan Motor Basic

Harga referensi
Rp320.500
Lebih Mahal

Satu paket perawatan untuk hasil yang optimal

Pilihlah produk ini apabila Anda mencari sampo motor yang sudah satu paket dengan perawatan motor lainnya. Paket produk KILAP PREMIUM ini tidak hanya terdiri dari sampo motor, tetapi juga tiga jenis perawatan motor lainnya. 


Ada produk untuk melindungi cat motor dan produk untuk mengangkat noda-noda serta kerak di mesin motor. Produk yang dapat mengembalikan warna hitam di bagian motor berbahan plastik juga ada, lho. Paket lengkap, bukan?

Nilai pHNetral
Rekomendasi cat motorDoff, glossy
Kandungan waxTidak diketahui
Isi250 ml
No.7

SABUSACoating Shampo

Harga referensi
Rp50.000
Menengah

Shampo motor yang tepat untuk cat motor berlapis nano ceramic

Jika Anda mempunyai motor dengan cat yang dilapisi nano ceramic, produk ini bisa dijadikan pilihan. Alasannya karena lapisan nano ceramic berfungsi untuk melindungi cat motor. Karena itulah, membersihkan cat motor dengan lapisan nano ceramic tidak boleh sembarang. Hal ini bertujuan agar lapisan tersebut tidak mudah rusak.

Nilai pHNetral
Rekomendasi cat motorCat dengan nano coating
Kandungan wax
Isi500 ml
No.8

Mizu ShieldMatte Snow Wash

Harga referensi
Rp35.000
Menengah

Penggunaannya irit dan mampu merawat cat motor dengan maksimal

Produk sampo motor khusus cat warna doff memang tidak banyak. Anda tidak perlu bingung karena Anda bisa menggunakan sampo motor dari Mizu Shield ini. Dengan pH seimbang, sampo motor ini tidak akan mengikis lapisan cat motor. 


Selain itu, sampo ini juga tidak mengandung silikon sehingga tidak akan meninggalkan noda putih pada cat motor. Terlebih lagi, sampo ini juga terbilang irit. Hanya dengan 20 ml sampo, Anda bisa mencampurkannya dengan 4 liter air.

Nilai pHNetral
Rekomendasi cat motorDoff
Kandungan wax
Isi240 ml
No.9

The Wax ProjectAutofoam Sabun Shampo Soap Cuci Mobil Motor

Harga referensi
Rp54.499
Menengah

Formula non-scraping-nya mampu membuat coating cat lebih awet

Anda khawatir coating motor Anda rusak terkena sabun saat mencuci? Kalau begitu coba pertimbangkan produk satu ini. Sampo motor dan mobil dari The Wax Project ini memiliki formula non-scraping yang diklaim mampu menghindari proses pengikisan coating saat dicuci. 


Selain itu, dengan membeli satu sampo ini, Anda bisa memakainya untuk mencuci motor sekaligus mobil. Terlebih, busa yang dihasilkan juga tebal sehingga sampo ini bisa dipakai untuk seluruh bagian exterior kendaraan Anda. 

Nilai pHNetral
Rekomendasi cat motorGlossy
Kandungan wax
Isi500 ml
No.10

Sparindo MustikaNOSY Shampoo Motor

Harga referensi
Rp26.400
Agak Murah

Hasilkan busa melimpah yang aman di tangan

Anda sering kesal dengan sampo motor yang tidak berbusa meskipun sudah digosok berkali-kali? Silakan Anda menggunakan produk sampo motor yang satu ini. 


NOSY Shampoo Motor mampu menghasilkan busa melimpah dan yang terpenting aman di tangan. Dengan begitu, Anda pun bisa mencuci motor dengan bersih tanpa khawatir tangan mengalami iritasi.

Nilai pHNetral
Rekomendasi cat motorGlossy
Kandungan waxTidak diketahui
Isi25 ml

Pertanyaan umum seputar shampo motor

Pertanyaan umum seputar shampo motor

Kami tidak hanya membahas cara memilih dan rekomendasi produk sampo motor. Akan tetapi, kami juga membahas pertanyaan umum seputar sampo motor. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan terkait sampo motor beserta jawabannya.

Apakah shampo rambut dan sabun cuci piring bisa untuk mencuci motor?

Sabun cuci piring tidak disarankan untuk mencuci motor karena dapat meninggalkan white spot. Mencuci motor menggunakan sabun cuci piring juga dapat membuat lapisan cat motor cepat rusak. Sementara itu, mencuci motor dengan sampo rambut dapat menurunkan daya kilap. Pasalnya, sampo rambut tidak mengandung wax yang dapat melindungi cat motor dari paparan sinar matahari.


Selain itu, sampo rambut dan sabun cuci piring mengandung zat kimia yang tidak cocok untuk cat motor. Bukannya terlihat mengilat, bisa jadi body motor Anda akan terlihat kusam dan meninggalkan bercak-bercak putih.

Apakah boleh mencuci motor dalam keadaan panas?

Mencuci motor dalam keadaan panas dapat berdampak buruk pada kondisi motor, terutama untuk jangka panjang. Beberapa dampak mencuci motor saat keadaan panas akan kami jelaskan di bawah ini.


  • Selain krom knalpot akan mudah mengelupas, uap yang dihasilkan karena mesin yang disiram air juga menyebabkan dampak buruk. Dampaknya adalah penumpukan embun di panel indikator dan water spot berupa bercak.

  • Mencuci motor dalam keadaan mesin panas dapat menimbulkan bercak di sekitar mesin setelah mengering yang terlihat seperti noda. Hal ini disebabkan oleh busa sampo yang langsung mengering karena terkena panas mesin. Tentunya hal tersebut sangat tidak enak untuk dipandang karena mesin seolah ada bercak-bercak putih.

  • Sering mencuci motor dalam keadaan mesin panas juga akan berakibat buruk pada komponen-komponen mesin yang terbuat dari logam. Hal tersebut dapat menyebabkan thermal shock, yaitu kondisi logam panas yang terkena siraman air dingin menjadi menyusut secara mendadak.

Dampak yang mudah terlihat adalah pada logam leher knalpot yang akan menguning dan berkarat. Lebih baik menunggu 10–20 menit setelah motor digunakan agar suhu mesin turun terlebih dahulu. Setelah itu, motor Anda bisa dicuci.

Berapa minggu sekali sebaiknya motor dicuci?

Mencuci motor sebaiknya dilakukan secara rutin, misalnya minimal satu minggu sekali. Jangan tunggu motor terlalu kotor. Kotoran yang menempel pada motor bisa memicu kerusakan. Alangkah baiknya jika Anda mencuci motor pada pagi hari sebelum digunakan untuk beraktivitas.


Selain itu, debu-debu pada motor akan menjadi kerak dan sulit dibersihkan jika dibiarkan. Kotoran yang dibiarkan lama-lama akan memicu karat pada komponen-komponen logam. Sebaiknya segera cuci motor setelah dipakai menerjang hujan. Air hujan yang cenderung asam akan mengakibatkan karat mudah muncul pada komponen-komponen logam motor.

Cara menggunakan shampo motor yang benar

Cara menggunakan shampo motor yang benar
Mencuci dengan sampo motor dapat menjaga kebersihan dan penampilan motor. Selain itu, mencuci motor juga dapat mencegah kerusakan pada cat dan kerangka mesin motor. Agar hasil mencuci motor lebih maksimal, kami siapkan sedikit panduan mengenai tata cara mencuci motor yang tepat.

  • Siapkan dua spons untuk membersihkan bagian motor yang memiliki permukaan luas dan rawan tergores. Satu sponsnya digunakan untuk menggosok bodi motor, sedangkan satunya lagi untuk membersihkan area berminyak. 

  • Gunakanlah sikat untuk membersihkan bagian yang sulit dijangkau, seperti jeruji roda, standar, pijakan kaki, dan shock breaker.


  • Lakukan pencucian pada bagian bawah rangka motor terlebih dahulu. Pastikan untuk membilas bagian tersebut hingga bersih. Jika perlu, gunakan sikat kecil untuk menjangkau bagian-bagian yang sulit dijangkau dan memiliki kotoran yang membandel. 

  • Setelah selesai membersihkan bagian bawah, lakukan penyabunan pada bodi motor dengan spons yang khusus untuk bodi motor.

5 Rekomendasi Shampo Motor terbaik

No. 1: SC JohnsonKIT Motor Shampoo

No. 2: SEBERSIHCar Shampoo Sabun Cuci Mobil & Motor

No. 3: 3MCar Wash Soap Gold Series

No. 4: Auto ProtectMatte Shampoo

No. 5: Meguiar'sUltimate Wash & Wax

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Otomotif
  3. Perawatan kendaraan
  4. 10 Rekomendasi Shampo Motor Terbaik [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.