10 Rekomendasi Lipstik Matte Terbaik (Terbaru tahun 2019)

10 Rekomendasi Lipstik Matte Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Lipstik matte seakan menjadi must have items bagi para wanita. Selain lebih tahan lama, lipstik matte dinilai lebih nyaman digunakan dibandingkan jenis lainnya. Ada berbagai brand kosmetik yang telah mengeluarkan lipstik matte berkualitas, seperti Maybelline, Pixy, dan Make Over.

Dengan berbagai macam produk lipstik matte, Anda mungkin bingung memilih. Untuk membantu Anda, pada artikel kali ini kami akan membahas jenis-jenis lipstik matte serta tips cara memilihnya. Sepuluh lipstik matte terbaik juga sudah kami siapkan bagi Anda agar lebih mudah dalam menentukan pilihan.

Daftar isi

Apa itu lipstik matte?

Apa itu lipstik matte?

Setelah booming pada tahun 1920, lipstik matte dikenalkan kembali oleh The Kardashians pada tahun 2016. Pada waktu itu, The Kardashians mengeluarkan produk lipstik matte yang habis terjual dalam waktu singkat. Sejak itu, mulailah bermunculan lipstik matte dari brand-brand makeup lain. Sebenarnya, apa sih yang membedakan lipstik matte dengan jenis lain?

Dari formulanya, lipstik matte memiliki sangat sedikit kandungan minyak sehingga memberi hasil yang tidak mengilap. Oleh karena tidak memberi kilau, bibir Anda akan terlihat lebih padat ketika menggunakan lipstik jenis ini. Kelebihan dari lipstik matte adalah finish-nya yang tidak terasa lengket. Umumnya, lipstik matte juga bersifat transferproof sehingga tidak meninggalkan noda pada makanan, gelas, atau sendok.

Hanya saja, umumnya lipstik matte akan membuat bibir menjadi kering. Jadi, sebelum menggunakan lipstik matte, kami menyarankan Anda mengoleskan lip balm untuk memberi kelembapan ekstra pada bibir. Di samping itu, lipstik jenis ini juga sulit dihapus sehingga Anda membutuhkan makeup remover untuk membersihkannya.

Cara memilih lipstik matte 

Ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih lipstik matte. Di bawah ini, kami akan membahasnya satu per satu supaya Anda dapat lebih mengerti.

Pilih produk dengan warna yang pas untuk undertone kulit

Pilih produk dengan warna yang pas untuk undertone kulit

Undertone kulit terbagi menjadi tiga, yaitu cool, warm, dan neutral. Walaupun Anda memiliki warna kulit yang serupa dengan teman Anda, belum tentu undertone-nya juga sama. Bagi Anda yang belum mengetahui undertone kulit, sekarang cobalah melihat warna nadi di pergelangan tangan. Jika terlihat warna biru, itu artinya Anda memiliki cool undertone, warna hijau untuk warm undertone, sedangkan ungu untuk neutral undertone.

Nah, setelah Anda mengetahui undertone kulit, barulah Anda dapat memilih warna lipstik yang tepat. Umumnya, cool undertone dimiliki oleh orang-orang berkulit putih, maka carilah lipstik dengan warna nude, cokelat, pink, dan merah.

Warm dan neutral undertone memiliki range warna kulit yang lebih luas. Pemilik warm undertone dengan kulit berwarna kuning langsat dapat memilih lipstik berwarna peach, maroon, mauve, dan oranye bata. Namun, jika Anda tergolong memiliki warna kulit gelap, lipstik dengan warna keunguan, pink, dan merah tua cocok untuk Anda.

Akan tetapi, pemilik neutral undertone adalah yang paling beruntung dari semuanya. Mengapa? Karena pemilik neutral undertone dapat menggunakan semua warna tersebut. Anda cukup menyesuaikan dengan range warna kulit agar bisa menemukan yang pas.

Pilih jenis lipstik matte yang nyaman untuk Anda gunakan

Di pasaran, Anda akan banyak menemukan lipstik matte berjenis stick, liquid, dan crayon. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis tersebut? Yuk, kita simak ulasannya!

Stick : jenis yang memiliki daya melembapkan paling baik

Stick : jenis yang memiliki daya melembapkan paling baik

Jenis lipstik ini sering disebut juga lipstik padat. Hal itu ditandai dengan bentuknya yang berupa stick padat serta mengandung lebih sedikit minyak dibandingkan jenis lain. Warnanya memang lebih pekat, tetapi tidak setahan lama lipstik liquid. 

Di samping itu, lipstik jenis ini dinilai sebagai yang paling nyaman digunakan karena tidak membuat bibir kering. Bahkan, produk ini dapat digunakan oleh berbagai kalangan usia. Anda juga bisa mendapatkan ketebalan warna yang diinginkan dengan cara mengatur banyaknya layer yang digunakan.

Liquid : unggul dalam pigmentasi dan ketahanan

Liquid : unggul dalam pigmentasi dan ketahanan

Lipstik liquid memiliki pigmentasi yang lebih unggul dibandingkan jenis lipstik lain. Oleh karena itu, pemilik bibir gelap akan menyukai jenis ini karena mampu memberi full coverage. Namun, sebaiknya Anda mengaplikasikan lip balm sebelum menggunakan lipstik liquid karena formulanya cenderung membuat bibir kering.

Meskipun begitu, jika Anda mencari lipstik matte yang tahan lama, jenis ini adalah jawabannya. Saat ini, Anda bahkan dapat menemukan lipstik liquid yang diklaim tahan hingga belasan jam. Dengan demikian, jenis ini adalah yang paling cocok untuk Anda gunakan saat menghadiri acara penting dengan durasi waktu yang lama.

Crayon : untuk Anda penyuka produk yang praktis

Crayon : untuk Anda penyuka produk yang praktis

Lip crayon adalah produk makeup bibir berbentuk crayon sehingga akan terasa familier ketika digenggam. Ketika hendak mengaplikasikan lip crayon, Anda hanya perlu memegangnya dengan cara yang sama seperti memegang pulpen atau pensil. Tentu Anda tidak akan merasa kesulitan, bukan?

Dari segi tekstur dan warna, lip crayon memiliki formula yang lebih ringan. Oleh sebab itu, produk ini pas digunakan pelajar atau pemula yang kurang percaya diri menggunakan lipstik dengan warna yang intens. Selain itu, lip crayon dianggap sebagai makeup multifungsi karena selain sebagai lipstik, Anda juga dapat menggunakannya sebagai blush on dan eyeshadow. 

Utamakan produk yang dapat memberi kelembapan

Utamakan produk yang dapat memberi kelembapan

Pilihlah lipstik matte yang dilengkapi kandungan pelembap, seperti squalane, jojoba oil, madu, atau argan oil. Kandungan tersebut akan menjaga kelembapan bibir Anda sehingga mengurangi efek bibir yang kering. Di samping itu, lipstik matte yang dilengkapi pelembap juga terlihat lebih bagus pada bibir karena tidak menonjolkan garis-garis bibir.

Poin ini menjadi sangat penting untuk Anda perhatikan, terlebih jika Anda selalu menggunakan lipstik matte setiap hari. Tidak bisa dipungkiri, kandungan tersebut tidak hanya memberi kelembapan, tetapi juga akan menutrisi bibir Anda. Hasilnya tentu tidak akan langsung terlihat. Namun, Anda akan menyadari manfaatnya pada kemudian hari.

10 Rekomendasi lipstik matte terbaik

Seperti yang sudah kami janjikan di awal artikel, kami telah menyiapkan sepuluh produk lipstik matte terbaik. Semoga produk-produk berikut ini dapat membantu Anda dalam memilih lipstik matte yang sesuai selera dan kebutuhan.

10. Make Over Color Stick Matte Crayon

10. Make Over Color Stick Matte Crayon

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 74.000

Sempurna mewarnai bibir hingga ke bagian tersulit

Untuk pemula yang sedang mencari lipstik matte yang pas, mungkin produk ini dapat menjadi pertimbangan. Berjenis crayon, lipstik ini mempunyai ujung yang meruncing sehingga dapat menjangkau ujung bibir dengan mudah. Dengan smooth-matte formula, bibir Anda akan tetap memiliki sedikit kilau, tanpa mengurangi pigmentasinya.

Isi 2,6 gram
Jenis Crayon
Kandungan pelembap Carnauba wax dan vitamin E
Pilihan warna 5 shades

9. Make Over Intense Matte Lip Cream

9. Make Over Intense Matte Lip Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 72.000

Kini, tak ada lagi bibir gelap yang mengganggu penampilan

Jika Anda bermasalah dengan bibir yang gelap, lipstik matte berikut ini cocok untuk Anda. Make Over Intense Matte Lip Cream mampu memberikan daya cover tinggi, tetapi tetap terasa ringan. Teksturnya yang creamy membuat produk ini mudah dibaurkan sehingga Anda dapat mengatur pemakaiannya sesuai kebutuhan.

Isi 6,5 gram
Jenis Liquid
Kandungan pelembap Synthetic beeswax, vitamin E
Pilihan warna 20 shades

8. Mineral Botanica Studio Series Perfect Cover Matte Lipstick

8. Mineral Botanica Studio Series Perfect Cover Matte Lipstick

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 50.000

Ragu menggunakan lipstik matte karena bibir kering? Ah, itu dulu!

Lipstik dari Mineral Botanica ini diklaim mampu memperbaiki tekstur bibir. Tak hanya itu, formulanya juga dapat memberi kelembapan yang dibutuhkan bibir Anda. Oleh karenanya, produk ini pas untuk Anda yang bermasalah dengan bibir kering. Jadi, pemilik bibir kering pun dapat menggunakan lipstik matte tanpa ragu.

Isi 4,2 gram
Jenis Stick
Kandungan pelembap Baobab extract, squalene, dan vitamin E
Pilihan warna 3 shades

7. Dear Me Beauty 3-in-1 Multistick Crayon

7. Dear Me Beauty 3-in-1 Multistick Crayon

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 89.000

Dengan satu produk, Anda dapat merias bibir, pipi, dan mata!

Kami rekomendasikan Dear Me Beauty 3-in-1 Multistick Crayon bagi Anda yang hobi traveling. Alasannya adalah produk ini tidak hanya berfungsi sebagai riasan bibir, tetapi juga dapat digunakan sebagai blush on dan eyeshadow. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi membawa terlalu banyak makeup saat bepergian.

Isi 3 gram
Jenis Crayon
Kandungan pelembap Argan oil
Pilihan warna 5 shades

6. Emina Creamatte Lip Cream

6. Emina Creamatte Lip Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 35.000

Lipstik matte yang tidak menegaskan garis-garis bibir!

Apabila Anda mencari lipstik matte yang tidak terlalu membuat bibir kering, Anda mungkin akan menyukai produk ini. Liquid matte lipstick dari Emina ini memberikan velvet tekstur sehingga setelah kering, bibir Anda tidak terasa kencang dan tertarik. Garis-garis bibir pun tidak akan semakin tegas saat Anda menggunakannya.

Isi 5,5 gram
Jenis Liquid 
Kandungan pelembap Vitamin E dan tocopheryl acetate
Pilihan warna 15 shades

5. L’Oréal Color Riche Matte

5. L'Oréal Color Riche Matte

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 55.000

Dibungkus dengan packaging yang terlihat elegan dan mahal

Lipstik matte dari Loreal yang satu ini diklaim dapat memberi warna yang intens hanya dalam sekali swipe. Formulanya pun nyaman di bibir. Selain itu, keunggulan lain produk ini ada juga terletak pada desain kemasannya.

Bagian luar lipstik ini dibuat dengan bahan yang motif dan teksturnya seperti kulit dengan warna hitam, sedangkan warna emas membungkus bagian dalamnya. Produk ini adalah pilihan tepat untuk Anda yang tidak hanya memperhatikan formula lipstik, tetapi juga packaging-nya.

Isi 3,7 gram
Jenis Stick
Kandungan pelembap Jojoba oil
Pilihan warna 52 shades

4. Pixy Lip Cream

4. Pixy Lip Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 49.000

Formulanya melindungi bibir dari dampak buruk sinar matahari

Tidak hanya kulit, bibir juga perlu dilindungi dari sinar UV. Salah satu lipstik matte dengan UV protection yang kami rekomendasikan adalah Pixy Lip Cream. Untuk Anda yang sering berkegiatan outdoor, produk ini cocok untuk Anda. Teksturnya pun ringan sehingga terasa seperti tidak menggunakan makeup bibir apa pun.

Isi 4 gram
Jenis Liquid
Kandungan pelembap Tidak disebutkan
Pilihan warna 15 shades

3. Maybelline Color Sensational The Powder Mattes

3. Maybelline Color Sensational The Powder Mattes

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 55.000

Powdery finish, terasa seperti tidak menggunakan lipstik matte

Color Sensational The Powder Mattes memberi hasil matte dua kali lebih intens, tetapi tidak membuat bibir terasa berat. Untuk jenis stick, produk ini memiliki ketahanan yang cukup baik. Pas sekali jika Anda gunakan lipstik ini untuk aktivitas sehari-hari.

Isi 8 gram
Jenis Stick
Kandungan pelembap Madu dan jojoba oil
Pilihan warna 26 shades

2. L’Oréal Infallible Pro-Matte Liquid Lipstick Les Chocolats

2. L'Oréal Infallible Pro-Matte Liquid Lipstick Les Chocolats

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 125.000

Lipstik dengan aroma cokelat? Tentu ada, dong!

Anda sedang mencari lipstik berwarna cokelat? L’Oreal memilikinya. Bahkan, lipstik ini unik karena bukan hanya berwarna cokelat, tetapi juga dilengkapi dengan aroma cokelat. Bagi Anda yang mengaku pencinta cokelat, tidak ada alasan untuk tidak membeli produk ini.

Isi 6,3 ml
Jenis Liquid
Kandungan pelembap Caprylyl glycol
Pilihan warna 9 shades

1. Maybelline SuperStay Matte Ink

1. Maybelline SuperStay Matte Ink

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 115.000

Tak perlu touch up lagi karena tahan hingga enam belas jam!

Dengan aplikator berbentuk arrow, produk ini mampu menjangkau hingga ke sudut bibir Anda. Sementara itu, formulanya yang waterproof dan transferproof membuat lipstik matte ini tidak hilang saat Anda makan atau minum.

Oleh karenanya, kami rekomendasikan lipstik matte ini untuk Anda gunakan saat menghadiri acara formal yang berlangsung lama. Lagi pula, produk ini mampu bertahan hingga enam belas jam sehingga Anda tidak perlu touch up di tengah acara.

Isi 5 ml
Jenis Liquid
Kandungan pelembap Caprylyl glycol
Pilihan warna 24 shades

Baca juga rekomendasi lipstik terbaik lainnya di sini!

Wanita biasanya tidak cukup dengan memiliki satu lipstik. Jadi, untuk memudahkan Anda, kami telah menyiapkan artikel-artikel lain yang membahas produk lipstik terbaik. Tidak hanya membahas lipstik, ada pula artikel yang membahas produk makeup bibir lainnya. Tanpa berlama-lama, yuk langsung cek link di bawah ini!

Kesimpulan

Setelah mengetahui apa itu lipstik matte dan tips dalam memilih lipstik matte, kami harap Anda telah menemukan produk terbaik pilihan Anda. Jangan lupa untuk mengaplikasikan lip balm sebelum menggunakan lipstik matte agar kelembapan bibir Anda selalu terjaga. Semoga artikel ini berhasil memberi informasi mengenai produk-produk lipstik matte terbaik dan sampai jumpa di artikel lainnya.