1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Lip color & lip care
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Lipstik Matte Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Lipstik Matte Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Lipstik Matte Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Lipstik Matte Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Lipstik Matte Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Lipstik Matte Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Lipstik Matte Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Lipstik matte masih menjadi must-have item untuk para wanita. Lipstik matte dengan formula yang melembapkan dan tidak membuat bibir kering, tentu lebih nyaman digunakan. Berbagai brand makeup mengeluarkan lipstik matte populer, di antaranya Emina, Implora, Hanasui, Madame Gie, dan Wardah.

Untuk membantu Anda memilih lipstik matte yang bagus, kami telah merangkum tips memilih lipstik matte. Beragam review lip matte terbaik dari berbagai merek juga sudah kami sediakan. Ada pula Make Over dengan shade Skye yang tengah hits. Jadi, temukan rekomendasi lipstik matte yang bagus dan tahan lama bersama kami!

Diperbaharui 09-21-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa itu lipstik matte?

Apa itu lipstik matte?

Lipstik matte merupakan lipstik dengan finish yang flat dan tidak mengilap. Finish ini diperoleh dari formula lipstik matte yang umumnya hanya mengandung sedikit minyak. Tampilan tanpa kilap inilah yang memberi efek bibir tampak lebih padat dan tebal sehingga terkesan sensual. Meski begitu, lipstik matte juga menjadi pilihan untuk riasan yang terkesan formal dan dewasa.


Formula lipstik matte umumnya bersifat lebih transferproof, tahan lama, dan tidak lengket. Dengan formula lipstik yang transferproof, lipstik yang Anda kenakan pun lebih minim meninggalkan noda pada makanan, gelas, atau sendok.


Namun, lipstik matte cenderung menyebabkan bibir kering. Jadi, sebelum menggunakan lipstik matte, kami menyarankan Anda mengoleskan lip balm untuk memberi kelembapan ekstra pada bibir. Di samping itu, lipstik jenis ini juga sulit dihapus sehingga Anda membutuhkan makeup remover untuk membersihkannya.

Cara memilih lipstik matte

Untuk menemukan lipstik matte yang tepat untuk Anda, mari ikuti tips dari kami. Perhatikan poin-poin penting di bawah ini, ya!

① Temukan warna yang sesuai dengan undertone

Temukan warna yang sesuai dengan undertone

Warna kulit manusia terbagi dalam skintone dan undertone. Skintone merupakan warna kulit yang bisa dilihat langsung secara kasat mata. Sementara itu, undertone merupakan warna dasar kulit yang ditentukan oleh gen. Undertone tidak dapat diubah meski dipengaruhi faktor dari luar. Berikut tiga jenis undertone beserta karakteristiknya:


  • Cool undertone: Warna nadi tampak biru. Pemilik cool undertone akan cocok dengan warna-warna seperti nude, cokelat, pink, dan merah.
  • Warm undertone: Warna nadi lebih kehijauan. Pemilik warm undertone serasi dengan warna yang bernuansa hangat, seperti peach, maroon, mauve, orange, merah tua, dan keunguan.
  • Neutral undertone: Warna nadi cenderung ungu. Kabar gembira bagi pemilik neutral undertone karena mereka akan cocok dengan range warna cool dan warm undertone.

Menemukan undertone Anda akan sangat membantu dalam menentukan complexion atau warna lipstik yang tepat. Ketahuilah bahwa warna kulit yang serupa belum tentu memiliki undertone yang sama. Jadi, silakan cek warna nadi pergelangan tangan dan temukan jenis undertone Anda!

② Kenali jenis lipstik matte

Lipstik matte dikemas dalam tiga bentuk berbeda, yaitu stick, liquid, dan crayon. Lipstik mana yang paling Anda sukai?

Stick, nyaman digunakan dan memiliki beragam warna

Ini merupakan jenis lipstik dengan tekstur yang padat. Penggunaan lipstik ini dirasa mudah dan nyaman digunakan oleh semua kalangan. Pilihan warna yang disajikan lipstik padat sangat beragam dengan hasil yang lebih pigmented.

Liquid, lebih presisi menjangkau tiap sudut bibir

Bila Anda mencari lipstik matte yang tahan lama, kami menyarankan liquid lipstick. Lipstik dengan tekstur cair ini memiliki pigmentasi yang full coverage dengan warna yang transferproof. Liquid lipstick dilengkapi dengan aplikator pada tiap kemasannya. Penggunaannya dinilai lebih sulit dari pada lipstik padat, tetapi aplikatornya presisi untuk menjangkau sudut bibir.


Salah satu tipe liquid lipstick yang populer saat ini adalah lip cream. Produsen lokal pun telah banyak menelurkan produk lip cream dengan warna yang sesuai kulit orang Indonesia. Selengkapnya ada di tautan berikut.

Crayon, formula ringan dengan tekstur yang lembut

Lipstik yang satu ini punya bentuk yang cukup unik. Meniru crayon, lip crayon punya bentuk yang mudah digenggam. Lip crayon memiliki tekstur dan formula yang ringan dengan pilihan warna yang intens. Selain itu, biasanya lip crayon menawarkan fungsi ganda. Beberapa lip crayon dapat berfungsi juga sebagai blush on ataupun eye shadow.


Salah satu jenis lipstik yang satu ini memang menawarkan banyak kemudahan. Untuk menggali informasinya lebih dalam lagi, cek artikel khusus mengenai lip crayon berikut ini.

③ Gunakan lipstik yang mengandung pelembap

Gunakan lipstik yang mengandung pelembap

Lipstik matte mampu memberikan warna yang intens dan full coverage. Ketahanan lipstik matte juga dikenal lebih baik dan transferproof. Namun, lipstik matte berisiko menyebabkan bibir kering. Untuk itu, kami menyarankan Anda memilih lipstik matte yang mengandung pelembap. Berikut beberapa bahan pelembap yang umumnya terkandung dalam lipstik matte.


  • Vitamin E
  • Jojoba oil
  • Olive oil
  • Chamomile oil

Bahan-bahan yang disebutkan di atas juga berperan sebagai antioksidan yang merawat kulit bibir. Meski sudah mengandung bahan pelembap, penggunaan lip balm sebelum mengaplikasikan lipstik matte tetaplah disarankan. Selain mencegah crack, bibir yang lembap juga berguna mengurangi tampilan garis-garis pada riasan bibir Anda.

10 Rekomendasi lipstik matte terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lipstik matte terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Implora

Urban Lip Cream Matte

Implora Urban Lip Cream Matte 1枚目

2

Hanasui

Mattedorable Lip Cream Boba Edition

Hanasui Mattedorable Lip Cream Boba Edition 1枚目

Kalau bisa menikmati boba tanpa mengonsumsi kalori, kenapa tidak?

3

Wardah

Colorfit Ultralight Matte Lipstick Korea Edition

Wardah Colorfit Ultralight Matte Lipstick Korea Edition 1枚目

Inspirasi warna dari cantiknya destinasi wisata Korea

4

Purbasari

Lipstick Color Matte

Purbasari Lipstick Color Matte 1枚目

Formulanya tidak menyebabkan bibir menjadi gelap

5

Madame Gie

Lip Matte +62

Madame Gie Lip Matte +62 1枚目

Lip cream hits dari Madame Gie yang cocok untuk koleksi

6

Make Over

Color Stick Matte Crayon

Make Over  Color Stick Matte Crayon 1枚目

Tampil manis dan girly dengan pilihan warna yang kalem

7

Emina

Poppin' Matte Lip Cream

Emina  Poppin' Matte Lip Cream 1枚目

Varian warna yang pas untuk remaja

8

Maybelline

Superstay Ink Crayon

Maybelline  Superstay Ink Crayon 1枚目

Warna intense dan kemasan slim, bibir selalu cantik setiap saat!

9

PINKFLASH

PinkCover Lipstik Velvet Matte

PINKFLASH PinkCover Lipstik Velvet Matte 1枚目

Pink atau nude? Beragam pilihan warna natural untuk base ombre

10

Y.O.U Beauty

Colorland Lip Crayon Velvet Matte

Y.O.U Beauty Colorland Lip Crayon Velvet Matte 1枚目

Bibir cantik dan antikering dengan lip-nourishing formula

Perincian produk
Close
No.1

ImploraUrban Lip Cream Matte

Mulai dari Rp24.000,00

Kelebihan:

  • Dilengkapi antioksidan untuk merawat kulit bibir
  • Memiliki dua puluh shades dengan range warna yang luas

Kekurangan:

  • Sebagian pengguna dengan masalah bibir kering mengalami crack

Jika detail warna adalah hal yang paling Anda utamakan dalam mencari lipstik favorit, tengoklah produk ini. Implora Urban Lip Cream memiliki dua puluh shades dengan range warna yang cukup luas.


Anda bisa tampil modest dengan shade Dusky Nudes, atau bergaya sexy dengan shade Ruby. Lalu, shade Salmon Pink dengan hint warna coral-nya juga akan membuat penampilan Anda makin cerah. Nah, shade manakah yang paling menggambarkan diri Anda?

No.2

HanasuiMattedorable Lip Cream Boba Edition

Mulai dari Rp30.500,00

Kalau bisa menikmati boba tanpa mengonsumsi kalori, kenapa tidak?

Kelebihan:

  • Memiliki aroma manis boba yang menenangkan
  • Dengan formula tahan lama yang menghidrasi dan nyaman di bibir
  • Bebas paraben sehingga lebih aman bagi pemiliki bibir sensitif

Kekurangan:

  • Sebagian pengguna dengan masalah bibir kering mengalami crack
  • Lipstik akan sedikit berpindah sewaktu makan dan minum

Bagi Anda penggemar boba, tak boleh ketinggalan lip cream yang satu ini. Hanasui menghadirkan Mattedorable Boba Edition, lip cream dengan aroma manis khas boba. Aroma boba yang menenangkan tentu akan meningkatkan mood Anda seharian.


Lalu, dengan harga yang affordable, warna-warna yang dihadirkan pun cenderung natural. Karena itu, produk ini pas untuk anak sekolahan atau kuliahan, agar penampilan tetap maksimal, tanpa stand out berlebihan.

No.3

WardahColorfit Ultralight Matte Lipstick Korea Edition

Mulai dari Rp46.000,00

Inspirasi warna dari cantiknya destinasi wisata Korea

Kelebihan:

  • Formula ringan dan menjaga kelembapan bibir
  • Dengan Color Powder Pigment sehingga teksturnya tampak lembut di bibir
  • Diklaim tahan lama hingga 8 jam

Kekurangan:

  • Menurut review, warna asli bibir sangat memengaruhi hasil warna lipstik
  • Lipstik akan sedikit berpindah sewaktu makan atau minum


Makeup Korean look masih menjadi tren. Untuk itu, Wardah menciptakan lip matte berikut ini. Lipstik varian Colorfit ini tersedia dalam delapan warna yang terinspirasi keindahan alam Korea. Selain itu, lipstik ini pun punya tekstur powdery yang lembut dan ringan. Warnanya pun kalem dan diklaim tahan hingga 8 jam sehingga cocok dipakai sehari-hari. Lalu yang pasti, lipstik ini sudah berlabel halal!

No.4

PurbasariLipstick Color Matte

Mulai dari Rp37.500,00

Formulanya tidak menyebabkan bibir menjadi gelap

Kelebihan:

  • Dilengkapi antioksidan untuk mencegah bibir hitam
  • Formula pigmented, diklaim tahan hingga 12 jam
  • Harga terbilang ekonomis, cocok digunakan harian

Kekurangan:

  • Sebagian pengguna dengan masalah bibir kering mengalami crack
  • Menurut review, shades-nya lebih cocok untuk warm undertone

Salah satu kekhawatiran pengguna lipstik adalah bibir menghitam akibat akumulasi sisa pigmen warna lipstik. Namun, Anda tak perlu mengkhawatirkan hal tersebut dengan lipstik ini. Itu karena Purbasari Lipstick Color Matte dilengkapi dengan vitamin E dan castor oil sebagai antioksidan. Selain itu, teksturnya pun ringan dan tahan lama sehingga Anda akan betah menggunakan lipstik ini seharian.

No.5

Madame GieLip Matte +62

Mulai dari Rp20.000,00

Lip cream hits dari Madame Gie yang cocok untuk koleksi

Kelebihan:

  • Formula pigmented, diklaim tahan hingga 12 jam
  • Diformulasikan untuk menjaga bibir tetap halus dan lembap
  • Harga terbilang ekonomis

Kekurangan:

  • Menurut review, produk menjadi tidak merata di bibir ketika mulai transfer
  • Isinya terbilang sedikit, mudah habis untuk pemakaian harian

Bila Anda hobi mengoleksi lip cream yang unik, jangan lupakan produk lokal berikut ini. Terinspirasi dari kota-kota besar di Indonesia, Madame Gie menamai produk dari seri ini dengan kode nomor ponsel. Selain itu, produk berneto 2 ml ini juga memiliki kemasan yang simpel dan imut. Ditambah harganya yang ekonomis, produk ini akan menggoda siapapun untuk mengoleksi semua warnanya.

No.6

Make Over Color Stick Matte Crayon

Mulai dari Rp105.000,00

Tampil manis dan girly dengan pilihan warna yang kalem

Kelebihan:

  • Formulanya ringan dan breathable di bibir
  • Ujungnya runcing sehingga pengaplikasian dapat lebih presisi
  • Pilihan warnanya kalem, cocok untuk pemula

Kekurangan:

  • Menurut review, perlu beberapa kali swipe agar warnanya muncul
  • Sebagian pengguna mengalami lipstik menggumpal saat layering

Lipstik matte dikenal dengan warna-warna yang tampak vivid di bibir. Tidak heran, sebagian first timer perlu mengumpulkan kepercayaan diri untuk mencoba tipe lipstik ini. Bila Anda masih belum memantapkan hati dalam memilih lipstik matte favorit, mulailah dari produk ini.


Colos Stick Matte Crayon dari Make Over memiliki shades yang warnanya kalem dan tidak lebay. Terlebih lagi, seri ini punya shade Skye yang belakangan menjadi buah bibir para pencinta lipstik. Dengan lipstik ini, Anda bisa tampil manis dan girly setiap hari dengan lebih percaya diri.

No.7

Emina Poppin' Matte Lip Cream

Mulai dari Rp49.000,00

Varian warna yang pas untuk remaja

Kelebihan:

  • Diklaim transferproof dan tahan lama hingga 12 jam
  • Tidak lengket dan terasa ringan di bibir

Kekurangan:

  • Menurut review, aplikatornya mengambil terlalu banyak produk dalam sekali celup

Siapa bilang lipstik matte hanya cocok untuk wanita dewasa? Jenis lipstik tersebut dapat digunakan untuk siapa saja, termasuk para remaja, kok! Contohnya, Poppin' Matte Lip Cream yang menyediakan warna-warna lembut nan ceria ini.


Teksturnya fluffy dan memberikan tampilan yang halus di bibir. Aplikator lisptik ini juga memudahkan Anda untuk menjangkau sudut bibir. Formulanya pun terasa ringan sehingga nyaman dipakai seharian dan bisa menjaga kelembapan bibir Anda.

No.8

Maybelline Superstay Ink Crayon

Mulai dari Rp105.000,00

Warna intense dan kemasan slim, bibir selalu cantik setiap saat!

Kelebihan:
  • Warna matte-nya intense dan berani
  • Ujungnya runcing sehingga pengaplikasian dapat lebih presisi
  • Dilengkapi built-in sharpener pada tutupnya

Kekurangan:

  • Menurut review, ujung produk cukup sulit untuk menjangkau bagian dalam bibir
  • Isinya terbilang sedikit, mudah habis untuk pemakaian harian

Produk-produk lipstik Maybelline dikenal dengan kualitas warnanya yang tidak main-main, termasuk produk ini. Lip crayon ini dibekali warna matte yang intense dan berani. Di balik kemasannya yang cantik, lipstik ini juga dibekali built-in sharpener agar Anda bisa meruncingkan ujungnya dengan mudah. Dengan ujung yang runcing, pengaplikasian pun dapat lebih presisi.


Bonusnya lagi, kemasannya slim sehingga Anda bisa menyelipkan ke dalam saku atau dompet panjang Anda. Superstay Ink Crayon pun siap mempercantik bibir Anda di mana pun dan kapan pun!

No.9

PINKFLASHPinkCover Lipstik Velvet Matte

Mulai dari Rp100.000,00

Pink atau nude? Beragam pilihan warna natural untuk base ombre

Kelebihan:

  • Tekstur creamy smooth, mudah diaplikasikan
  • High-pigmented, memberi coverage maksimal dalam sekali swipe
  • Memiliki formula matte yang tahan lama

Kekurangan:

  • Lipstik akan sedikit berpindah sewaktu makan atau minum, meski warnanya stay


Kebanyakan orang memilih warna-warna natural sebagai dasar riasan bibir ombre. Dengan begitu, secondary color-nya akan lebih tampak. Apakah Anda salah satunya? Kalau begitu, pilih PinkCover Lipstik dari PINKFLASH ini. Secara keseluruhan, produk ini memiliki 16 shades yang terdiri dari kelompok warna dasar pink dan nude. Semua warnanya manis-manis, cocok dijadikan base riasan ombre lips yang cantik!

No.10

Y.O.U BeautyColorland Lip Crayon Velvet Matte

Mulai dari Rp85.000,00

Bibir cantik dan antikering dengan lip-nourishing formula

Kelebihan:

  • High-pigmented, memberi coverage maksimal dalam sekali swipe
  • Dilengkapi dengan lip-nourishing formula yang dapat menutrisi bibir
  • Bebas alkohol, paraben, mineral oil, dan talc sehingga lebih aman bagi pemilik bibir sensitif 

Kekurangan:

  • Menurut review, formulanya tidak transferproof


Pemilik bibir kering kadang menghindari penggunaan lipstik matte karena biasanya akan memberi tampilan cracked di bibir. Namun, tak perlu takut bibir kering bila Anda memilih Colorland Lip Crayon.


Produk ini diilengkapi dengan lip-nourishing formula untuk mencegah bibir menjadi kering dengan cara menutrisinya. Selain itu, lipstik ini berpigmentasi tinggi sehingga Anda bisa mendapatkan warna yang memesona dalam sekali swipe!

Baca juga rekomendasi lip care berikut ini

Memandang bibir yang telah dipoles rapi menggunakan lipstik matte memang satisfying. Namun, jangan lupa untuk merawat bibir Anda agar tampilannya tetap optimal ketika dipakaian lipstik matte. Terutama bagi pemilik bibir kering, produk lip care seperti lip balm, lip scrub, dan lip serum, tak boleh dilewatkan. Langsung klik link berikut untuk mengetahui rekomendasi produknya, ya.

Kesimpulan

Lipstik matte adalah pilihan terbaik untuk digunakan di segala suasana. Saat ingin menggunakan lip matte, pastikan Anda mengecek kandungan pelembap di dalamnya. Pilihlah warna berdasarkan tone kulit karena ini akan memengaruhi hasil akhir makeup Anda.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan tips memilih dari kami. Dapatkan produk berkulitas dan tepercaya besama kami. Semoga artikel ini membantu!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer