10 Rekomendasi Running Watch (Jam Tangan) Terbaik yang Dilengkapi dengan GPS (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Running Watch (Jam Tangan) Terbaik yang Dilengkapi dengan GPS (Terbaru Tahun 2017)


Saat ini semakin banyak orang yang melakukan olahraga lari, baik demi kesehatan maupun kecantikan. Karenanya, minat terhadap running watch yang dilengkapi GPS juga meningkat. Dengan GPS, kita bisa mengetahui jarak lari yang kita tempuh di smartphone kita.

Saat ini sudah banyak model dan jenis running watch dengan GPS, sehingga terkadang membuat kita bingung dalam memilih. Di sini kami akan memberikan tips untuk memilih dan juga merekomendasikan running watch terbaik untuk Anda. Nah, ayo temukan running watch dengan GPS yang paling cocok untuk Anda.

Daftar isi

Keuntungan running watch yang dilengkapi GPS

Keuntungan running watch yang dilengkapi GPSRunning watch ada yang dilengkapi GPS dan ada yang tidak. Running watch dengan GPS harganya lebih mahal. Namun, GPS yang terpasang memiliki fungsi yang menguntungkan.

Keberadaan GPS dapat menandai lokasi kita, sehingga kita bisa memperoleh data mengenai jarak yang ditempuh, rute yang dilalui, kecepatan berlari, dan lain-lain. Jika kita mengetahui catatan berlari kita, efisiensi dari latihan bisa meningkat. Data yang diperoleh juga dapat dengan mudah dipindahkan menggunakan USB atau bluetooth.

Belakangan banyak lomba maraton yang diadakan. Untuk Anda yang ingin berpartisipasi dalam lomba tersebut, bisa menggunakan running watch yang dilengkapi GPS untuk latihan agar dapat meningkatkan performa berlari.

Cara memilih running watch yang dilengkapi GPS

Ketika memilih running watch yang dilengkapi GPS, hal-hal apa saja yang harus diperhatikan? Disini, kami akan membahas 6 poin yang perlu diketahui ketika memilih running watch dengan GPS yang akan menjadi teman berlari Anda.

Ketahanan baterai

Ketahanan baterai

Mengisi ulang baterai running watch dengan GPS biasanya dilakukan menggunakan kabel USB. Jadi, tidak mungkin mengisi ulang baterai selagi berlari, sehingga Anda perlu tahu berapa lama baterai akan bertahan dalam sekali diisi ulang.

Ketika GPS dinyalakan, running watch akan mengonsumsi daya baterai lebih banyak. Untuk Anda yang hanya berlari dalam jarak dekat tidak perlu terlalu khawatir. Tetapi, jika Anda berlari jarak jauh atau maraton, Anda harus memperhatikan hal ini.

Adanya fitur tahan air

Adanya fitur tahan air

Ada tidaknya fitur tahan air penting untuk Anda. Fitur ini tidak hanya berguna saat hujan saja, tetapi juga saat kita banyak berkeringat. Saat ini, kebanyakan running watch sudah memiliki fitur tahan air.

Untuk Anda yang ingin menggunakan running watch saat berenang, Anda perlu mengetahui berapa tekanan air yang bisa ditahan oleh running watch Anda.

Kejelasan tampilan layar

Kejelasan tampilan layar

Tidak seperti jam tangan biasa, running watch digunakan saat berlari. Oleh karena itu, apabila tampilan layar running watch terlalu banyak dipenuhi dengan informasi, maka akan menyulitkan kita. Selain itu tingkat keterangan lampu juga mempengaruhi, terutama ketika dipakai di malam hari dan membutuhkan cahaya lebih.

Oleh karena itu, pilihlah running watch yang sederhana, memiliki tampilan huruf besar, mudah dipahami, dan memiliki lampu untuk membantu menerangi layar ketika gelap.

Bisa dikoneksikan ke aplikasi

Bisa dikoneksikan ke aplikasi

Memakai running watch dengan GPS yang terhubung pada aplikasi bisa memudahkan Anda merekam aktivitas berlari Anda. Data yang diperoleh bisa digunakan untuk meningkatkan efektifitas latihan Anda.

Jadi, periksalah kualitas koneksi antara running watch Anda dengan aplikasi yang tersedia.

Periksa juga fitur tambahan lainnya

Ada running watch yang tidak hanya memiliki GPS, tetapi juga fungsi lainnya. Ayo lihat fungsi apa saja yang bisa berguna untuk Anda!

Fitur pengukur detak jantung

Fitur pengukur detak jantung

Dengan fungsi pengukur detak jantung, Anda dapat mengetahui kecepatan detak jantung Anda ketika berlari. Untuk Anda yang ingin melakukan latihan dengan intensitas tinggi, disarankan menggunakan fitur ini.

Pada beberapa running watch, dibutuhkan sensor tambahan untuk menjalankan fitur ini. Contohnya, sensor yang diletakkan di dada untuk membantu pengukuran detak jantung. Bertambahnya indikator yang diukur, pastinya akan membantu Anda mengetahui tingkat kemampuan dan kemajuan Anda.

Layar sentuh

Layar sentuh

Beberapa running watch dengan GPS memiliki layar sentuh, layaknya smartphone. Hal ini mempermudah pengoperasian running watch. Meskipun layar sentuh cenderung lebih sensitif dibanding tombol, penggunaan fitur tombol kadang membuat jari sakit.

Perlu diketahui bahwa segala hal memang ada keuntungan dan kekurangannya.

Fitur G sensor

Fitur G sensorG sensor adalah fitur yang bisa digunakan ketika GPS tidak berfungsi. Sensor ini akan mengukur jarak kita berlari, meskipun tanpa GPS. Fungsi ini bisa digunakan ketika hari hujan dan juga untuk Anda yang melakukan latihan di dalam ruangan.

Perhatikan ukuran dan desainnya

Perhatikan ukuran dan desainnya

Semakin ringan running watch, semakin baik. Alasannya jelas, karena gadget ini digunakan ketika berlari. Meskipun running watch tidak ada yang beratnya sampai menyusahkan pengguna, namun sedikit perbedaan berat dapat mempengaruhi performa lari Anda. Pilihlah running watch yang tidak mengganggu latihan Anda.

Dari segi desain, running watch tersedia dalam banyak bentuk dan warna. Pilihlah running watch yang desainnya membuat Anda lebih percaya diri sehingga dapat meningkatkan performa latihan Anda.

10 Rekomendasi running watch (jam tangan) terbaik yang dilengkapi dengan GPS

10. Garmin Forerunner 15 Black

10. Garmin Forerunner 15 Black

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.100.000

Model compact yang nyaman digunakan

Running watch keluaran Garmin ini memiliki layar berukuran kotak dan mudah dilihat. Tampilan hurufnya pun besar. Desainnya compact dan tahan air sehingga nyaman digunakan. Cocok untuk Anda yang mengutamakan kenyamanan saat berlari.

Baterainya dapat bertahan 5 minggu dalam watch mode dan 8 jam dalam training mode. Kapasitas baterai yang besar ini memungkinkan Anda untuk berlatih dalam waktu lama. Selain itu, dilengkapi juga dengan pendeteksi detak jantung.

9. TomTom Runner 3 Cardio Running Watch

9. TomTom Runner 3 Cardio Running Watch

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.100.000

Dilengkapi pemandu kardio

Dibuat dengan desain sederhana dengan tampilan layar yang mudah dipahami. Runner watch dengan GPS ini memiliki daya tahan baterai selama 3 minggu di watch mode dan 11 jam ketika menggunakan GPS. Selain itu, hanya terdapat 1 tombol untuk pengaturan sehingga tidak menyulitkan Anda.

Fitur unik pada running watch ini adalah tersedianya indoor training mode, terutama untuk latihan kardio. Jam akan mengukur detak jantung kita dan mengukur jumlah kalori yang terbakar ketika kita melakukan latihan. Cocok untuk Anda yang melakukan kardio sebagai tambahan latihan lari.

8. Ezon G1A05 Running Watch

8. Ezon G1A05 Running Watch

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.610.000

Intellegent reminder untuk latihan yang teratur

Running watch berbentuk bulat yang dilengkapi GPS ini memiliki fitur fast charging sehingga dapat mengisi daya baterai dengan cepat. Running watch ini ditujukan terutama untuk pria, karena desainnya memberikan kesan maskulin bagi siapapun yang memkainya.

Hal menarik pada running watch ini adalah fitur intelligent reminder yang dapat memberikan call reminder, exercise reminder, dan alarm reminder. Informasi yang diperoleh ketika latihan dapat dilihat kembali melalui aplikasi EzonRun yang dapat diinstal pada smartphone ataupun komputer.

7. S928 Running Watch

7. S928 Running Watch

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 889.000

Kokoh dan nyaman

Running watch ini terbuat dari stainless steel berkualitas sehingga terjamin ketahanannya. Running watch ini dilengkapi juga dengan strap tahan air sehingga tetap nyaman meskipun Anda banyak berkeringat.

Produk ini sudah menyediakan fitur wireless charging, serta sensor GPS yang kuat. Cocok digunakan tidak hanya untuk berlari, tetapi juga untuk olahraga lain seperti climbing dan hiking. Cocok untuk Anda yang suka menguji kemampuan dengan olahraga menantang.

6. Garmin Vivoactive HR-SEA

6. Garmin Vivoactive HR-SEA

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.554.100

Smart watch Garmin dengan fungsi latihan yang ditambahkan

Smart watch adalah jam yang memungkinkan kita mengunduh aplikasi dan menggunakannya. Smart watch ini memiliki fungsi tambahan untuk latihan, tidak hanya untuk berlari, namun juga bisa digunakan saat bersepeda dan berenang.

Anda juga bisa merekam aktivitas olahraga Anda menggunakan aplikasi Garmin Connect. Aplikasi ini juga memudahkan Anda dalam mentransfer data ke perangkat lain. Cocok untuk Anda yang menginginkan running watch serba bisa.

5. Garmin Vivofit 3

5. Garmin Vivofit 3

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.499.000

Desain minimalis cocok siapa saja

Running watch keluaran Garmin ini memiliki desain yang minimalis. Produk ini cocok digunakan untuk siapa saja. Meskipun sederhana, running watch ini memiliki GPS yang kuat dan juga mampu mengukur pembakaran kalori.

Produk ini mampu memantau aktivitas tidur dan mengingatkan Anda untuk tetap aktif melalui peringatan suara. Selain itu melalui fitur Move IQ, jam ini dapat mengenali aktivitas Anda secara otomatis. Baik ketika berjalan ataupun berlari ringan sehingga Anda tak perlu mengubah pengaturan pada running watch.

4. Polar M430 Running Watch

4. Polar M430 Running Watch

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.508.000

Berlari bebas tanpa khawatir

Running watch yang dilengkapi GPS ini memiliki program yang mampu mengukur aktivitas berlari Anda secara akurat. Pada bagian layarnya, terdapat smart notification yang dapat menampilkan pemberitahuan dari smartphone Anda.

Running watch ini diengkapi juga dengan fitur voice command, jadi Anda dapat mencari arah, mengirim pesan, dan melihat email melalui perintah suara. Selain itu, produk ini meiliki fitur tahan air. Jadi, running watch ini cocok untuk Anda yang ingin berlari tanpa hambatan.

3. Soleus Running Watch

3. Soleus Running Watch

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.320.000

Running watch dengan warna pastel yang kalem

Running watch ini memiliki desain dengan warna pastel yang menarik. Running watch ini dilengkapi baterai dengan daya tahan 8 jam ketika menggunakan GPS dan tampilan digital yang mudah dilihat. Desain dan warnanya yang menarik juga membuatnya cocok digunakan sebagai aksesoris tambahan.

Produk ini memiliki night mode dan lampu latar yang nyaman di mata sehingga membantu Anda berlari di kondis gelap. Selain itu, fitur auto lap dapat membantu Anda menyimpan informasi aktivitas berlari ketika selesai melakukan 1 set latihan.

2. Suunto Ambit 2R Running Watch

2. Suunto Ambit 2R Running Watch

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.724.000

Mengoptimalkan aktivitas berlari Anda

Suunto Ambit 2R adalah jam tangan yang dirancang agar aktivitas berlari Anda lebih optimal dan sempurna. GPS dan accelerometer yang terintegrasi pada jamnya,  mampu mengukur kecepatan, irama, dan jarak berlari Anda.

Baterai pada running watch ini mampu bertahan 12 jam ketika GPS dinyalakan, tentunya sangat cukup jika Anda ingin ikut maraton. Pada aplikasi Suunto Apps, Anda dapat membuat program latihan untuk lari maraton. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin ikut maraton.

1. Garmin FR935 Running Watch

1. Garmin FR935 Running Watch

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 10.693.400

“Challenge yourself everyday”

Forerunner 935 memiliki fitur yang ringan dan desain yang nyaman. Running watch ini memberikan data yang sempurna mengenai status pelatihan, detak jantung, dan VO2 maksimum. Selain itu, Kapasitas baterai yang dimiliki bisa bertahan hingga 21 jam ketika GPS dinyalakan.

Produk ini dapat mengamati pemulihan dan pelatihan Anda. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir mengalami overtraining. Semua data diperoleh dapat dikumpulkan dan digunakan untuk mengetahui perkembangan Anda melalui aplikasi Garmin Connect. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang seorang atlet profesional.

Kesimpulan

Menggunakan running watch yang dilengkapi GPS memungkinkan Anda untuk mengatur data yang diperoleh dari latihan Anda. Data tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan intensitas latihan Anda agar menjadi lebih efektif.

Supaya Anda memperoleh manfaat maksimal dari latihan, gunakanlah running watch dilengkapi GPS yang sesuai untuk Anda!