• 10 Rekomendasi Running Watch Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Running Watch Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Running Watch Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Running Watch Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Running Watch Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Running Watch Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Lari merupakan salah satu olahraga cardio yang banyak digemari. Apabila ingin menekuni olahraga ini, gunakanlah peralatan yang menunjang. Salah satu peralatan yang perlu dipertimbangkan adalah jam tangan lari atau running watch. Pastikan fitur-fitur yang ada pada running watch mendukung kegiatan berlari Anda, misalnya GPS yang akurat dan pemutar musik. 

Untuk membantu Anda, kali ini kami akan memberikan tips memilih running watch. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek running watch yang bagus, seperti Garmin, SUUNTO, dan Polar. Temukan produk yang paling sesuai untuk menemani kegiatan jogging rutin ataupun profesional Anda!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Jarwadi MJ
Tina Latief
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apa itu running watch?

Apa itu running watch?

Serupa tapi tak sama, running watch dan smartwatch merupakan dua jenis jam tangan yang hampir tidak memiliki perbedaan. Meski begitu, running watch yang bagus tidak hanya sebatas smartwatch yang mempunyai fitur GPS dan fitur olahraga lainnya. Running watch seharusnya memiliki kinerja yang baik terhadap akurasi posisi atau pelacakan lokasi.


Manfaat dari fitur tersebut adalah untuk mengetahui jarak tempuh dengan lebih presisi. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui catatan berlari yang telah dilakukan. Apabila catatan tersebut diketahui dengan pasti, Anda bisa meningkatkan efisiensi dari latihan saat dibutuhkan. Bila diperlukan, Anda dapat melakukan evaluasi dan meningkatkan level lari Anda.


Kini running watch tidak hanya dilengkapi dengan fitur GPS saja, tetapi juga kompatibel dengan GLONASS, Galileo, QZSS, dan lainnya. Semua fitur tersebut merupakan fitur pelacakan lokasi yang dikembangkan dari beberapa negara berbeda. Namun, Anda tidak harus memiliki jam tangan yang kompatibel dengan semua jenis pelacakan lokasi tersebut. Pilih yang memang dibutuhkan dan dapat digunakan di lingkungan Anda.

Cara memilih running watch

Apa saja yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih running watch? Kami telah menghimpun beberapa tips bermanfaat untuk memilih running watch yang tepat. Mari kita mulai!

Pastikan keakuratan GPS untuk memantau aktivitas lari secara tepat

Pastikan keakuratan GPS untuk memantau aktivitas lari secara tepat

Meski smartphone dan smartwatch biasa telah dibekali fitur GPS yang cukup canggih, performa pelacakannya masih kurang optimal. Keakuratan running watch didasari oleh penggunaan sinyal satelit yang lebih canggih dibandingkan sinyal smartphone.


Tak hanya itu, ketika Anda kehilangan koneksi GPS, running watch akan memberikan sinyal yang jelas. Anda pun dapat menghentikan lari, menyesuaikan GPS, atau mencatat titik lari yang tidak terdata akibat kehilangan sinyal.


Sementara itu, smartphone dan smartwatch tidak memberikan sinyal yang jelas ketika kehilangan koneksi GPS. Biasanya, pada akhir sesi berlari, smartphone dan smartwatch akan menampilkan peta yang tidak lengkap karena kehilangan sinyal atau jejak. Tentunya ini akan mengganggu proses pencatatan Anda. Beberapa fitur pelacakan posisi yang terdapat pada running watch, antara lain: 


  • Global Navigation Satellite System (GLONASS): Fitur pelacakan dari Rusia ini memiliki tingkat keakuratan yang sedikit lebih baik dibandingkan fitur GPS.
  • Galileo: Fitur ini merupakan fitur pelacakan posisi yang dimiliki Uni Emirat Arab. 
  • Quasi-Zenith Satellite System (QZSS): Fitur pelacakan yang dimiliki negara Jepang.
  • BeiDou Navigation Satellite System (BDS): Fitur ini dimiliki oleh negara Cina.

Perhatikan daya tahan baterai dalam satu kali pengisian

Perhatikan daya tahan baterai dalam satu kali pengisian
Sebaiknya Anda mengetahui daya tahan baterai running watch Anda dalam sekali isi ulang. Hal tersebut perlu dilakukan karena mengisi ulang baterai saat berlari tentu bukan hal yang realistis. Adanya fitur GPS membuat daya tahan baterai running watch cepat terserap karena selalu menerima gelombang radio dari satelit buatan.

Pada dasarnya, daya tahan baterai yang pendek dapat digunakan saat berlari dengan jarak yang tidak jauh. Namun, hal tersebut akan menjadi kendala apabila Anda mengikuti lari maraton atau menempuh jarak yang lebih jauh. Jadi, jangan lupa untuk memeriksa daya tahan baterai running watch pilihan Anda!

Periksa adanya fitur tahan air

Periksa adanya fitur tahan air

Periksa juga adanya fitur tahan air pada running watch pilihan Anda. Jangan terlalu cepat berpikir bahwa Anda berlari pada cuaca yang cerah sehingga tidak memerlukan fitur ini. Saat Anda berlari pada kondisi cerah pun Anda akan mengeluarkan keringat. Tak hanya itu, fitur tahan air akan sangat bermanfaat jika Anda tetap berlari saat musim hujan.


Saat ini sebagian besar running watch yang digunakan sehari-hari sudah dilengkapi fungsi tahan air. Namun, apabila Anda mengikuti kegiatan seperti triathlon, Anda harus memeriksa seberapa kuat fungsi tahan airnya. Karena itu, sebaiknya Anda juga memahami fungsi tahan air untuk penggunaan sehari-hari dan untuk kondisi khusus.

Perhatikan tingkat ketajaman dan kecerahan layarnya

Perhatikan tingkat ketajaman dan kecerahan layarnya
Tidak seperti jam tangan biasa, running watch digunakan saat berlari. Karena itu, Anda akan kesulitan memahami informasi apabila tampilan layarnya berupa huruf berukuran kecil. Terlebih saat Anda membutuhkan informasi sembari berjalan.

Anda juga membutuhkan layar dengan tingkat pencahayaan yang mumpuni, terutama ketika dipakai berlari pada malam hari. Karena itu, pilihlah running watch yang memiliki tampilan huruf besar, sederhana, dan mudah dipahami.


Selain itu, pastikan running watch memiliki lampu untuk menerangi layar sehingga membantu memahami informasi ketika gelap. Anda juga bisa memilih running watch yang dilengkapi dengan layar AMOLED yang dapat menghasilkan cahaya.

Temukan running watch yang dapat dihubungkan dengan smartphone

Temukan running watch yang dapat dihubungkan dengan smartphone

Anda akan lebih mudah merekam aktivitas berlari apabila running watch bisa dihubungkan dengan GPS di aplikasi komputer atau smartphone. Data yang diperoleh dapat digunakan untuk meningkatkan latihan Anda supaya lebih efektif.


Adanya data tersebut diharapkan dapat membantu Anda melakukan evaluasi dan menjaga motivasi untuk mendapatkan hasil terbaik. Jadi, periksalah kualitas koneksi antara running watch dengan aplikasi yang tersedia supaya latihan Anda menjadi lebih menyenangkan!

Pertimbangkan running watch yang ringan dan simpel

Pertimbangkan running watch yang ringan dan simpel

Makin ringan running watch, makin baik untuk Anda karena gadget ini memang digunakan untuk berlari. Meski tidak ada running watch yang beratnya sampai menyusahkan pengguna, tetapi sedikit perbedaan berat dapat memengaruhi performa lari. Karena itu, pilihlah running watch yang tidak mengganggu latihan Anda.


Lebih lanjut, kami juga menyarankan untuk memilih running watch yang cukup mudah digunakan. Dengan begitu, Anda tidak perlu bingung mengoperasikan running watch ketika sedang berlari. Untuk itu, pastikan running watch pilihan tidak memiliki terlalu banyak menu yang dapat membuat Anda bingung.

Periksa juga fitur tambahan lainnya

Selain GPS, biasanya running watch dilengkapi dengan fitur lainnya. Ayo lihat fitur apa saja yang bisa berguna untuk Anda!

Monitor heart rate: Untuk menemukan keseimbangan berolahraga yang tepat

Monitor heart rate: Untuk menemukan keseimbangan berolahraga yang tepat

Dengan fitur monitor heart rate atau pengukur detak jantung, Anda bisa mengetahui kecepatan detak jantung ketika berlari. Data tersebut dapat membantu Anda meningkatkan intensitas latihan. Kami merekomendasikan produk dengan fitur ini untuk Anda yang ingin berlatih dengan intensitas tinggi.

Pemutar musik: Untuk menemani aktivitas lari yang lebih bersemangat

Pemutar musik: Untuk menemani aktivitas lari yang lebih bersemangat
Rute aktivitas berlari tentu bermacam-macam. Ada yang berlari di jalan-jalan perkotaan, stadion, lapangan olahraga, atau di daerah pinggiran. Meski Anda dapat berlari bersama teman, mungkin Anda akan merasa lebih nyaman berlari sembari mendengarkan musik. Apabila demikian, jangan lewatkan jam tangan running yang memiliki fitur pemutar musik.

Beberapa jam tangan yang memiliki fitur ini biasanya dapat dikendalikan melalui smartphone. Untuk itu, pastikan pula jam tangan lari terbaik yang dipilih kompatibel dengan smartphone Anda. Kemudian, pilihlah jam running yang memiliki ruang penyimpanan sesuai dengan kebutuhan.

G-sensor: Untuk pemakaian di segala situasi

G-sensor: Untuk pemakaian di segala situasi

G-sensor adalah fitur yang bisa digunakan ketika Anda berlari di kawasan di mana GPS tidak berfungsi. Dengan fitur ini, Anda tetap bisa mengukur jarak tempuh meski GPS tidak bekerja. Fitur ini dapat mempermudah Anda mendapatkan informasi sekalipun Anda berlatih saat hujan. Anda juga dapat mengukur kemampuan Anda saat berlatih di dalam ruangan.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi running watch terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk running watch terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. 

10
Pengukuran detak jantungGPS, GLONASS, Galileo, QZSS
Fitur pelacakan posisi52 gram
Berat
Fitur tahan air40 jam (training mode with GPS), 7 hari (watch mode)
Daya tahan bateraiWaterproof WR100
Fitur lainnyaRunning Performance Test, Cycling Performance Test, Leg Recovery Test, Music controls, Route planning with Komoot, FuelWise smart fueling assistant, Running Power, Hill Splitter
9
Pengukuran detak jantung
Fitur pelacakan posisiGPS
Berat29 gram
Fitur tahan airWater-resistant 30 m
Daya tahan baterai30 jam (training mode with GPS), 5–10 hari (watch mode)
Fitur lainnyaAdaptive Training Guidance, 24/7 Activity Tracking, Sleep Quality and Tracking, Stress and Recovery, Mobile Notifications
9
Pengukuran detak jantung
Fitur pelacakan posisiGPS, GLONASS, QZSS, BeiDou
Berat70 gram
Fitur tahan airWater-resistant 50 m
Daya tahan baterai12 jam (training mode), 2 hari (watch mode)
Fitur lainnyaOver 70 sport modes, free offline outdoor maps
7
Pengukuran detak jantung
Fitur pelacakan posisiGPS
Berat30,5 gram (40 mm), 36,5 gram (44 mm)
Fitur tahan airWater-resistant 50 m
Daya tahan baterai18 jam
Fitur lainnyaBlood Oxygen, Sleep, Fitness, Music and Podcasts, Activity Rings, Activity Sharing, Competitions, Phone and Messages, Wallet, Notifications, Maps
6
Pengukuran detak jantung
Fitur pelacakan posisiGPS
BeratTidak disebutkan
Fitur tahan airWater-resistant 50 m
Daya tahan baterai12 jam (training mode with GPS), 6 hari (watch mode)
Fitur lainnyaDaily Readiness, Stress Management, Health Metrics Dashboard Sleep Tracking
5
Pengukuran detak jantung
Fitur pelacakan posisiGPS, GLONASS, BeiDou, Galileo
Berat25,9 gram
Fitur tahan airSweat-resistant
Daya tahan baterai40 jam
Fitur lainnyaBody Composition, Group Challenge, Daily Activity & Fitness Tracking, Health, Advanced Sleep
4
Pengukuran detak jantung
Fitur pelacakan posisiGPS, GLONASS, Galileo
Berat36 gram
Fitur tahan air5 ATM
Daya tahan baterai13 jam (training mode with GPS), 7 hari (watch mode)
Fitur lainnyaGarmin Coach, Stress Tracking, Body Battery Energy Monitor, Fitness Tracking, Smart Notifications, Safety and Tracking Features, Music Controls
3
Pengukuran detak jantung
Fitur pelacakan posisiGPS
Berat43 gram (tanpa tali)
Fitur tahan airWater-resistant 5 ATM
Daya tahan baterai14 hari
Fitur lainnyaPlay Music on the Go, Better Sleep Monitoring, Release Your Stress, SpO2 Monitoring, Your Need-to-Know Fitness Information, 15 Professional Workout Modes, 85 Custom Workout Modes
2
Pengukuran detak jantung
Fitur pelacakan posisiGPS, GLONASS
Berat31 gram
Fitur tahan airWater-resistant 50 m
Daya tahan baterai5 hari (heavy use), 9 hari (watch mode)
Fitur lainnyaBlood-oxygen Level Measurement, 60+ Sports Mode, Sleep Quality Monitoring, PAI Health Assessment System, Alexa Built-in
1
Pengukuran detak jantung
Fitur pelacakan posisiGPS
BeratTidak disebutkan
Fitur tahan airWaterproof IPX8
Daya tahan baterai6 hari
Fitur lainnyaSupport Oxygen Sensor, Music Player Controller, Live Tracking Sport Center, Incoming Calls Notification, Social Media & Messenger Center

Tabel perbandingan produk running watch terbaik

Gambar produk
1
VYATTA  Fitme Soul Gen II Smartwatch 1

VYATTA

2
Huami Amazfit Bip U Pro 1

Huami

3
Huawei Huawei Watch GT 2e 1

Huawei

4
Garmin Forerunner 45 1

Garmin

5
Samsung Galaxy Watch4 Bluetooth 1

Samsung

6
Fitbit Sense 1

Fitbit

7
Apple Apple Watch Series 6 1

Apple

9
SUUNTO SUUNTO 3 1

SUUNTO

9
SUUNTO SUUNTO 7 1

SUUNTO

10
Polar Vantage V2 1

Polar

Nama produk

Fitme Soul Gen II Smartwatch

Amazfit Bip U Pro

Huawei Watch GT 2e

Forerunner 45

Galaxy Watch4 Bluetooth

Sense

Apple Watch Series 6

SUUNTO 3

SUUNTO 7

Vantage V2

Keunggulan

Pantau aliran oksigen yang dapat meningkatkan efisiensi lari

Atur berbagai fitur dengan mudah menggunakan Alexa

Desain elegan dan tangguh dengan spesifikasi premium

Tak perlu lagi membawa smartphone saat berlari!

Desain ikonik yang simpel dan berkelas untuk segala aktivitas

Isi daya lebih cepat berkat teknologi fast charging

Punya banyak varian latar yang bisa disesuaikan aktivitas dan mood

Dilengkapi fitur Adaptive Training Guidance untuk mengatur jadwal olahraga

Memiliki fitur pelacakan lengkap yang dapat digunakan di beberapa negara

Mendukung Anda untuk mengeluarkan potensi lari secara maksimal

Harga mulai dariRp 1.599.000,00Rp 1.099.000,00Rp 2.199.000,00Rp 2.699.000,00Rp 2.999.000,00Rp 4.999.000,00Rp 7.999.000,00Rp 4.186.200,00Rp 8.000.000,00Rp 12.500.000,00
Pengukuran detak jantungGPS, GLONASS, Galileo, QZSS
Fitur pelacakan posisiGPSGPS, GLONASSGPSGPS, GLONASS, GalileoGPS, GLONASS, BeiDou, GalileoGPSGPSGPSGPS, GLONASS, QZSS, BeiDou52 gram
BeratTidak disebutkan31 gram43 gram (tanpa tali)36 gram25,9 gramTidak disebutkan30,5 gram (40 mm), 36,5 gram (44 mm)29 gram70 gram
Fitur tahan airWaterproof IPX8Water-resistant 50 mWater-resistant 5 ATM5 ATMSweat-resistantWater-resistant 50 mWater-resistant 50 mWater-resistant 30 mWater-resistant 50 m40 jam (training mode with GPS), 7 hari (watch mode)
Daya tahan baterai6 hari5 hari (heavy use), 9 hari (watch mode)14 hari13 jam (training mode with GPS), 7 hari (watch mode)40 jam12 jam (training mode with GPS), 6 hari (watch mode)18 jam 30 jam (training mode with GPS), 5–10 hari (watch mode)12 jam (training mode), 2 hari (watch mode)Waterproof WR100
Fitur lainnyaSupport Oxygen Sensor, Music Player Controller, Live Tracking Sport Center, Incoming Calls Notification, Social Media & Messenger CenterBlood-oxygen Level Measurement, 60+ Sports Mode, Sleep Quality Monitoring, PAI Health Assessment System, Alexa Built-inPlay Music on the Go, Better Sleep Monitoring, Release Your Stress, SpO2 Monitoring, Your Need-to-Know Fitness Information, 15 Professional Workout Modes, 85 Custom Workout ModesGarmin Coach, Stress Tracking, Body Battery Energy Monitor, Fitness Tracking, Smart Notifications, Safety and Tracking Features, Music ControlsBody Composition, Group Challenge, Daily Activity & Fitness Tracking, Health, Advanced SleepDaily Readiness, Stress Management, Health Metrics Dashboard Sleep TrackingBlood Oxygen, Sleep, Fitness, Music and Podcasts, Activity Rings, Activity Sharing, Competitions, Phone and Messages, Wallet, Notifications, MapsAdaptive Training Guidance, 24/7 Activity Tracking, Sleep Quality and Tracking, Stress and Recovery, Mobile NotificationsOver 70 sport modes, free offline outdoor mapsRunning Performance Test, Cycling Performance Test, Leg Recovery Test, Music controls, Route planning with Komoot, FuelWise smart fueling assistant, Running Power, Hill Splitter
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan lari lainnya di sini

Selain jam tangan, ada beberapa perlengkapan lari yang dapat menemani aktivitas berlari Anda. Mulai dari sepatu, sunglasses, hingga backpack bisa Anda beli untuk melengkapinya. Untuk informasi yang lebih lengkap, silakan cek tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Kami telah memberikan tips memilih running watch terbaik untuk menemani aktivitas berlari Anda. Bagaimana pendapat Anda? Untuk memudahkan pengoperasian ketika sedang berlari, lebih baik pilih running watch dengan fitur yang simpel dan mudah.


Selain itu, pastikan running watch pilihan memiliki fitur pelacakan lokasi, kecepatan, dan lainnya. Anda juga bisa memilih running watch yang dilengkapi fitur musik untuk kegiatan lari yang lebih menyenangkan. Tubuh tetap bugar, aktivitas berlari pun jadi menyenangkan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Treadmill Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Treadmill Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    Anda ingin bugar atau mungkin ingin menurunkan berat badan? Anda bisa berolahraga jalan cepat, berlari, ataupun jogging dengan alat treadmill kapan pun Anda mau tanpa harus ke gym. Meski bukan produk yang murah, membeli treadmill bisa menjadi investasi yang baik untuk Anda.Kali ini kami akan berbagi pengetahuan tentang cara memilih treadmill yang bagus. Kami menyediakan rekomendasi treadmill dari merek Idachi, OB FIT, Jaco, Total Fitness, dan lainnya yang bisa Anda miliki di rumah. Simak juga komentar dari ahli injury and rehabilitation kami, Dr. Andy, untuk menambah wawasan Anda.
    Gym & fitness
  • 10 Matras Yoga Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Matras Yoga Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Saat akan memulai berlatih yoga, hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah matras yoga atau yoga mat. Merek peralatan olahraga ternama, seperti Berwyn dari Ace Hardware, Kettler, Miniso, dan Adidas telah memproduksi matras yoga andalan mereka. Bahkan, sekarang sudah banyak produsen yang menjual matras yoga dengan harga murah.Kami akan memperkenalkan cara memilih matras yoga bagi pemula dan memberikan rekomendasi matras yoga yang bagus dan tebal. Artikel ini sudah ditinjau oleh yoga instructor kami, Kalyana. Silakan gunakan artikel ini sebagai referensi dalam memilih matras yoga yang paling nyaman bagi Anda!
    Gym & fitness
  • 10 Matras Yoga Terbaik - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Matras Yoga Terbaik - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Yoga adalah salah satu olahraga gerak badan yang menggabungkan latihan pernapasan dan pikiran. Salah satu perlengkapan yang tak boleh Anda lewatkan saat melakukan yoga adalah matras. Matras yoga sangat dibutuhkan, baik oleh pemula maupun yogi profesional. Anda bisa memilihnya berdasarkan ketebalan, bahan, serta ukuran.Anda dapat menemukan berbagai merek matras yoga yang bagus, seperti Lululemon, Alo Yoga, dan Manduka. Kettler dan Miniso juga masuk dalam rekomendasi kami. Sebelumnya, kami akan memberikan tips memilih matras yoga yang nyaman digunakan. Artikel ini sudah ditinjau oleh yoga instructor kami, Kalyana. Selamat membaca!
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Hand Grip Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hand Grip Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Para atlet mungkin sudah tidak asing lagi dengan hand grip fitness. Alat olahraga ini berguna untuk melatih kekuatan otot jari, pergelangan tangan, dan juga lengan. Hand grip juga dapat membantu musisi melatih jarinya agar lebih lentur dan kuat. Selain itu, hand grip juga bisa dipakai oleh lansia sebagai alat terapi kesehatan.Kali ini kami akan mengulas hand grip yang bagus untuk semua kebutuhan. Berbagai merek hand grip  terbaik, seperti speeds, Happyfit, dan juga SFIDN Fits akan kami rekomendasikan. Sebelum Anda membeli salah satunya, ketahui dahulu macam-macam hand grip berikut ini!
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Fitness merupakan gaya hidup sehat dengan menjadikan olahraga sebagai salah satu faktor utamanya. Selain sebagai lifestyle, banyak wanita melakukannya untuk menjaga tubuh agar tetap ideal. Karena itu, kini banyak sekali sepatu fitness untuk wanita yang bisa Anda temukan di pasaran. Di artikel ini kami akan memberikan tips memilih sepatu fitness yang bagus untuk wanita. Kami juga menyediakan sepuluh rekomendasi sepatu fitness terbaik dari sejumlah merek, seperti adidas, Nike, dan Puma. Jika Anda sedang mencari sepatu fitness yang tepat, bacalah dahulu ulasan dari kami!
    Gym & fitness
  • 10 Kettlebell Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kettlebell Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    Kettlebell memang memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Meski begitu, manfaatnya dalam membentuk tubuh tidak perlu diragukan. Ada banyak jenis latihan yang dapat Anda lakukan menggunakan kettlebell, mulai dari olahraga kardio hingga membentuk otot. Dengan segala keunggulannya, wajar jika Anda tertarik membeli kettlebell.Dalam artikel ini kami akan membahas mengenai cara memilih kettlebell yang bagus dan memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Ada kettlebell berkualitas keluaran merek ternama, seperti Decathlon, Bfit, Happyfit, GENETIX, iReborn, Kettler, dan sebagainya. Agar tidak salah pilih, simak juga komentar dari ahli injury and rehabilitation kami, Dr. Andy.
    Gym & fitness
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori