• 10 Rekomendasi Deodorant Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Deodorant Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Deodorant Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Deodorant Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Deodorant Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Deodorant Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)

Bau badan merupakan salah satu masalah yang kerap muncul pada pria. Menggunakan deodorant yang wangi dan mengandung anti-perspirant adalah satu cara mengatasi bau badan serta ketiak basah. Bahkan, deodorant yang berperan sebagai pemutih ketiak pria dan tidak memuat baju kuning pun banyak dipilih saat ini.

Anda bisa memilih jenis deodorant, baik itu deodorant spray, roll on, maupun stick. Berbagai merek deodorant yang bagus, seperti Rexona, Nivea, dan Axe menawarkan produk dengan kualitas yang baik. Di artikel ini kami akan mengulas cara memilihnya dan membagikan rekomendasi deodorant pria terbaik untuk Anda.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 14 September 2022
Daftar isi

Apa pentingnya deodorant bagi pria?

Apa pentingnya deodorant bagi pria?
Keringat yang bercampur bakteri akan menimbulkan bau badan. Bau badan ini biasanya terjadi pada area lipatan yang lembap seperti area ketiak. Masalah bau badan ini tentunya dapat mengganggu, terutama jika Anda sering berhadapan dengan banyak orang. Kesan orang lain terhadap Anda bisa menjadi kurang baik.

Agar Anda terhindar dari masalah bau badan, penting untuk menggunakan deodorant sebelum beraktivitas terutama di area ketiak. Deodorant memiliki kandungan yang dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab bau badan. Meskipun Anda berkeringat, risiko bau badan bisa berkurang.


Saat ini, deodorant tidak hanya berfungsi untuk mengatasi bau badan saja. Ada juga produk yang dapat membantu mengurangi keringat berlebih. Beberapa produk bahkan mengandung whitening untuk mencerahkan ketiak yang gelap.

Cara memilih deodorant untuk pria

Dalam memilih deodorant ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar tidak salah membeli. Sekarang, kami akan menjelaskan cara memilihnya dengan tepat. Cermati poin-poin berikut dengan saksama, ya!

Tentukan berdasarkan jenisnya

Saat ini ada banyak jenis deodorant yang ditawarkan oleh berbagai merek ternama. Adapun jenis deodorant yang sering kita jumpai, antara lain, stick, roll on, dan spray. Setiap jenis tentunya memiliki keunggulannya masing-masing.

Deodorant stick, mudah digunakan dan ekonomis

Deodorant stick, mudah digunakan dan ekonomis
Deodorant jenis stick memiliki bentuk yang padat. Bentuknya yang padat membuatnya tidak meninggalkan sisa atau belepotan saat digunakan. Anda juga tidak perlu mengoleskannya berulang-ulang karena dengan sekali oles bahan aktifnya sudah menempel ke kulit. Alhasil, produk ini tidak cepat habis dan tentunya lebih ekonomis.

Deodorant roll on, efeknya lebih merata

Deodorant roll on, efeknya lebih merata
Deodorant jenis roll on ini berbentuk cair dengan bola plastik yang dapat berputar di bagian kepala kemasannya. Bola plastik ini berfungsi untuk meratakan cairan deodorant yang keluar saat dioleskan pada ketiak.

Apabila Anda mencari produk yang efeknya dapat merata, produk jenis ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, deodorant jenis ini juga bersifat lebih lembap dibandingkan jenis lainnya. Jadi, untuk Anda yang memiliki masalah kulit kering, sebaiknya memilih deodorant jenis ini.

Deodorant spray, lebih praktis dan higienis

Deodorant spray, lebih praktis dan higienis
Saat ini, deodorant jenis spray memang cukup populer di pasaran. Deodorant jenis ini berbentuk cair dalam wujud tabung aerosol. Cara pakainya praktis, cukup dengan menyemprotkannya ke area yang sering timbul bau badan. Dari segi kepraktisannya, produk ini sangat nyaman saat untuk Anda bawa bepergian.

Selain itu, produk ini tidak langsung bersinggungan dengan kulit sehingga lebih higienis. Deodorant jenis ini biasanya juga tidak hanya dapat digunakan di ketiak saja, tetapi juga di area tubuh lainnya.

Perhatikan kandungan deodorant

Meskipun sama-sama produk deodorant, manfaatnya dapat berbeda-beda tergantung pada kandungannya. Karena itu, pilihlah deodorant dengan kandungan yang benar-benar Anda butuhkan. Berikut penjelasan singkatnya.

Anti-perspirant, efektif mengendalikan keringat berlebih

Anti-perspirant, efektif mengendalikan keringat berlebih

Kandungan anti-perspirant sangat esensial bagi Anda yang cenderung memproduksi banyak keringat. Anti-perspirant bekerja dengan cara menyumbat pori-pori dan kelenjar keringat sehingga mengurangi produksi keringat. Anda yang kerap mengalami ketiak basah tentu sangat diuntungkan dengan manfaatnya. 


Meski begitu, kandungan ini juga berisiko menjadi iritan. Sebagian orang mungkin akan mengalami gejala alergi berupa rasa gatal, ruam merah, dan bentol pada ketiak. Namun, tak perlu khawatir, kandungan anti-perspirant yang tidak berlebihan pada deodorant dinilai aman bagi pengguna.

Antibakteri, membantu mengurangi bau badan

Antibakteri, membantu mengurangi bau badan

Bau badan pada pria umumnya disebabkan oleh keringat yang bercampur bakteri. Karena itu, penting untuk menjaga kulit ketiak tetap higienis dengan memilih deodorant yang mengandung antibakteri. Adanya kandungan tersebut akan memusnahkan bakteri sebelum bercampur dengan keringat dan menghasilkan bau badan


Dengan kata lain, antibakteri sangat mendukung kerja fragrance dari sebuah deodorant. Tanpa adanya antibakteri, aroma harum deodorant hanya akan bercampur dengan keringat yang kotor. Hasilnya adalah bau badan yang makin tidak terkontrol.

Pelembap, bila kulit ketiak cenderung kering

Pelembap, bila kulit ketiak cenderung kering

Apabila Anda lebih sering berada di dalam ruangan, terutama di ruangan ber-AC, biasanya kulit ketiak menjadi lebih kering. Untuk kondisi tersebut, sebaiknya Anda memilih deodorant yang bersifat melembapkan. Kandungan pelembap atau moisturizer umumnya hanya terdapat pada deodorant stick dan roll on.


Selain itu, berada di dalam ruangan membuat Anda lebih jarang bekeringat sehingga risiko munculnya bau badan tentunya lebih kecil. Anda pun tak perlu khawatir kandungan pelembap pada deodorant malah akan membuat ketiak basah dan berbau.

Whitening, mencerahkan dan menghaluskan kulit ketiak

Whitening, mencerahkan dan menghaluskan kulit ketiak

Ketiak berwarna gelap tentunya tidak sedap dipandang mata. Jika Anda terganggu dengan hal tersebut, sebaiknya pilih deodorant yang mengandung whitening. Dengan penggunaan secara rutin, produk dengan kandungan whitening ini dapat mencerahkan ketiak Anda yang gelap.


Salah satu penyebab ketiak berwarna gelap adalah terjadinya gesekan terus-menerus pada permukaan kulit ketiak. Jadi, selain menggunakan produk yang mengandung whitening pilih juga produk yang mengandung moisturizer atau eksfoliator. Dengan begitu, proses pencerahan ketiak akan lebih efektif.

Utamakan yang tidak meninggalkan noda kuning di baju

Utamakan yang tidak meninggalkan noda kuning di baju
Beberapa bahan aktif yang ada pada deodorant ada yang dapat meninggalkan residu. Residu yang bercampur dengan keringat akan meninggalkan noda berwarna putih atau kuning pada baju. Noda tersebut tentunya akan lebih jelas terlihat saat Anda menggunakan baju dengan warna monokrom, yaitu hitam atau putih.

Karena itu, untuk Anda yang sering menggunakan baju berwarna hitam atau putih sebaiknya memilih deodorant yang bersifat anti-staining. Produk dengan bahan tersebut tidak akan meninggalkan residu berwarna yang dapat menodai baju Anda.

10 Rekomendasi deodorant terbaik untuk pria

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk deodorant terbaik untuk pria yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 30 Agustus 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Nivea Men Deep Espresso Deodorant Spray menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Nivea Men Black & White Invisible Original Deodorant Roll On memiliki angka penjualan tertinggi. 

Gambar produk
1
Beiersdorf Nivea Men Black & White Invisible Original Deodorant Roll On 1

Beiersdorf

2
Paragon Technology and Inovation Kahf Soothing Antiperspirant Deodorant 1

Paragon Technology and Inovation

3
Unilever Rexona Men MotionSense Ice Cool Deodorant Spray 1

Unilever

4
Unilever Axe Dark Temptation Deo Body Spray 1

Unilever

5
Paragon Technology and Innovation Wardah Roll On for Him 1

Paragon Technology and Innovation

6
RUNA Beauty RUNA Alpha Deo Forest Rain 1

RUNA Beauty

7
Perspirex Men AntiPerspirant Roll On  1

Perspirex

8
adidas Ice Dive Deo Body Spray 1

adidas

9
The Body Shop Maca Root & Aloe Fresh Kick Deodorant 1

The Body Shop

10
Colgate-Palmolive Speed Stick Fresh 1

Colgate-Palmolive

Nama produk

Nivea Men Black & White Invisible Original Deodorant Roll On

Kahf Soothing Antiperspirant Deodorant

Rexona Men MotionSense Ice Cool Deodorant Spray

Axe Dark Temptation Deo Body Spray

Wardah Roll On for Him

RUNA Alpha Deo Forest Rain

Men AntiPerspirant Roll On

Ice Dive Deo Body Spray

Maca Root & Aloe Fresh Kick Deodorant

Speed Stick Fresh

Keunggulan

Dengan Anti-Stain Technology sehingga tidak meninggalkan noda di pakaian Anda

Pilihan deodorant halal, bagi Anda yang seorang muslim

Teknologi MotionSense akan memberikan kesegaran di setiap langkah Anda

Sensasi wangi cokelat yang beri kesan maskulin dan menggoda

Mengandung triclosan yang efektif membunuh kuman akibat bau badan

Lebih confident dengan deodoran yang mencerahkan kulit ketiak

Lebih nyaman dengan durasi perlindungan superlama

Mengandung 0% alu salts dan baik untuk menjaga pH kulit

Ganti bau badan dengan aroma alami yang menyegarkan

Antilengket, ketiak terasa nyaman seharian!

Harga mulai dariRp 12.000,00Rp 25.000,00Rp 40.600,00Rp 38.500,00Rp 25.000,00Rp 159.000,00Rp 250.000,00Rp 53.900,00Rp 139.000,00Rp 80.000,00
Isi25 ml, 50 ml50 ml150 ml135 ml60 ml50 gr20 ml150 ml75 gr85 gr
JenisRoll on Roll onSpraySprayRoll onStickRoll on SprayStickStick
Perlindungan48 jam48 jam48 jam48 jamTidak disebutkan14 jam3–5 hari48 jamTidak disebutkan24 jam
Antinoda××
Whitening ×××××××××
AntibakteriTidak disebutkan
Pelembap×××
Anti-perspirant×
Tautan produk
10
Isi85 gr
JenisStick
Perlindungan24 jam
Antinoda
Whitening×
Antibakteri
Pelembap
Anti-perspirant
9

The Body ShopMaca Root & Aloe Fresh Kick Deodorant

Mulai dari Rp 139.000,00

Isi75 gr
JenisStick
PerlindunganTidak disebutkan
Antinoda
Whitening×
Antibakteri
Pelembap
Anti-perspirant
8
Isi150 ml
JenisSpray
Perlindungan48 jam
Antinoda
Whitening ×
Antibakteri
Pelembap×
Anti-perspirant×
7
Isi20 ml
JenisRoll on
Perlindungan3–5 hari
Antinoda
Whitening ×
Antibakteri
Pelembap
Anti-perspirant
6

RUNA BeautyRUNA Alpha Deo Forest Rain

Mulai dari Rp 159.000,00

Isi50 gr
JenisStick
Perlindungan14 jam
Antinoda
Whitening
AntibakteriTidak disebutkan
Pelembap
Anti-perspirant
5

Paragon Technology and InnovationWardah Roll On for Him

Mulai dari Rp 25.000,00

Isi60 ml
JenisRoll on
PerlindunganTidak disebutkan
Antinoda
Whitening×
Antibakteri
Pelembap
Anti-perspirant
4

UnileverAxe Dark Temptation Deo Body Spray

Mulai dari Rp 38.500,00

Isi135 ml
JenisSpray
Perlindungan48 jam
Antinoda×
Whitening×
Antibakteri
Pelembap×
Anti-perspirant
3

UnileverRexona Men MotionSense Ice Cool Deodorant Spray

Mulai dari Rp 40.600,00

Isi150 ml
JenisSpray
Perlindungan48 jam
Antinoda×
Whitening ×
Antibakteri
Pelembap×
Anti-perspirant
2

Paragon Technology and InovationKahf Soothing Antiperspirant Deodorant

Mulai dari Rp 25.000,00

Isi50 ml
JenisRoll on
Perlindungan48 jam
Antinoda
Whitening ×
Antibakteri
Pelembap
Anti-perspirant
1

BeiersdorfNivea Men Black & White Invisible Original Deodorant Roll On

Mulai dari Rp 12.000,00

Isi25 ml, 50 ml
JenisRoll on
Perlindungan48 jam
Antinoda
Whitening×
Antibakteri
Pelembap
Anti-perspirant

Baca juga rekomendasi parfum pria di sini

Selain deodorant, menggunakan parfum merupakan cara jitu untuk mengatasi masalah bau badan. Namun, umumnya, berbeda rentang usia, maka berbeda pula preferensi aromanya. Karena itu, kami menyajikan informasi mengenai parfum pria yang dibagi dalam beberapa kategori umur pengguna. Simak selengkapnya di sini!

Kesimpulan

Itulah tadi cara memilih beserta rekomendasi deodorant untuk pria berdasarkan fungsi, merek, dan harganya. Apakah Anda sudah menemukan yang sesuai dengan Anda? Kuman penyebab bau badan memang dapat muncul kapan saja, apalagi jika Anda sering berada di luar ruangan. 

Karena itu, agar dapat terhindar dari masalah bau badan, rajinlah merawat kebersihan tubuh Anda setiap hari. Selain itu, jangan lupa gunakan deodorant secara teratur setelah mandi.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.Kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering beserta rekomendasi produk dari merek terbaik di pasaran. Erha21, Skin Aqua, dan Acnes adalah beberapa contoh di antaranya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Body lotion merupakan salah satu produk skincare yang cukup populer. Tidak hanya merek luar negeri, body lotion lokal juga banyak beredar di pasar Indonesia, salah satunya Marina. Kualitas yang bagus, harga yang terjangkau, dan variasi produknya yang beragam membuat body lotion Marina dicintai oleh banyak orang.Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang varian body lotion Marina lengkap dengan manfaat dan cara memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh varian yang bagus, seperti Marina Healthy & Glow dan Marina Bright & Fresh. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai habis, ya!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh wanita. Kenyataannya, pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, tidak berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yang dibutuhkan pria adalah sunscreen atau sunblock.Ada berbagai merk yang mengeluarkan produk sunscreen untuk cowok, seperti Biore, Kahf, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yang bagus untuk kebutuhan kulit pria. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang enggan menggunakan body lotion atau hand body karena terasa lengket. Sebetulnya, body lotion adalah pelembap yang menutrisi semua jenis kulit. Anda bisa menemukan body lotion yang tidak lengket serta mampu memutihkan dengan kandungan collagen. Ada pula body lotion dengan SPF untuk kulit kering, kulit remaja, serta kebutuhan kulit lainnya.Kami akan menjelaskan cara memilih body lotion serta memberikan rekomendasi merek yang bagus. Body lotion Scarlett, Vaseline, Nivea, Grace and Glow, dan Marina akan turut kami ulas. Simak terus informasi bermanfaat yang akan kami paparkan berikut ini!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Paparan sinar UV memberikan efek buruk terhadap kulit. Oleh sebab itu, Anda perlu melindungi kulit menggunakan sunscreen atau sunblock. Ada banyak produk sunscreen/sunblock di pasaran dengan tingkat SPF yang berbeda. Untuk perlindungan yang maksimal, banyak orang memilih sunscreen atau sunblock SPF 50.Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih sunscreen/sunblock SPF 50 serta memberi review produk yang bagus. Produk dari merek ternama, seperti Nivea, LANEIGE, dan Wardah ada dalam rekomendasi kami. Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK, juga akan memberikan komentarnya.
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk melindungi kulit anak-anak yang masih rentan terhadap sinar ultraviolet, diperlukan sunscreen atau sunblock khusus anak-anak. Berbagai merek sunscreen anak dan sunblock anak beredar di pasaran dengan keistimewaan masing-masing. Ada merek Nivea, Beeme, Momami, dan masih banyak lagi.Namun, simak dahulu tips memilih sunscreen untuk anak-anak di bawah ini sebelum membeli. Jangan lewatkan juga rekomendasi sunblock anak yang bagus untuk berenang, sunscreen anak SD, sunscreen untuk anak 10 tahun, dan sebagainya. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina.
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Bath and Body Works Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Bath and Body Works Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Body lotion merupakan salah satu produk best seller dari Bath and Body Works yang memiliki banyak review baik. Selain menghidrasi kulit secara optimal, aromanya yang bervariasi bisa disesuaikan dengan selera. Namun, banyaknya pilihan mungkin membingungkan Anda dalam memilih produk yang bagus.Agar Anda dapat memilih body lotion merek Bath and Body Works secara tepat, simaklah tips dari kami. Tersedia juga sepuluh rekomendasi produk body lotion Bath and Body Works yang paling wangi. Ada body lotion Bath and Body Works Aromatherapy, Men's Collection, dan Super Smooth Body Lotion. Selamat membaca!
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori