10 Rekomendasi Lotion Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru 2019)

10 Rekomendasi Lotion Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru 2019)

Kulit kering merupakan persoalan penting yang harus segera ditangani. Jika dibiarkan, hal tersebut bisa menyebabkan masalah yang lebih serius seperti kulit kasar, bersisik, kemerahan, dan gatal. Cara mengatasi kulit kering bisa dengan perawatan dari dalam dan dari luar.

Untuk perawatan dari luar, Anda bisa memakai lotion yang dikhususkan untuk kulit kering. Namun, dari sekian banyak lotion yang beredar di pasaran, manakah yang paling cocok untuk kulit Anda? Melalui artikel ini, kami akan memandu Anda menemukan lotion terbaik. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk seperti Vaseline, Nivea, dan Cetaphil. Selamat membaca!

Daftar isi

Kulit kering dan faktor penyebabnya

Kulit kering atau xerosis adalah kondisi ketika kulit mengalami kekurangan cairan pada lapisan paling luarnya. Kondisi ini ditandai dengan gejala khusus seperti permukaan kulit menjadi kasar, serta terasa kencang dan kaku seusai mandi. Pada kondisi yang lebih parah, kulit bisa mengelupas, retak, dan berdarah.

Penyebab kulit kering ini sangat beragam, mulai dari faktor genetis (karakter kulit bawaan), penuaan, hingga pemakaian produk yang salah. Di bawah ini, kami akan menjelaskan faktor penyebab kulit kering secara terperinci. Dengan mengetahui faktor penyebab kulit kering, diharapkan Anda bisa melakukan perawatan yang tepat.

Karakter alami kulit yang memang kering

Karakter alami kulit yang memang kering

Setiap orang terlahir dengan karakter kulit yang berbeda. Ada yang berminyak, normal, dan ada juga yang karakter kulitnya kering. Jika memang karakter alami kulit Anda kering, jangan terlalu dipusingkan. Anda bisa melakukan perawatan secara rutin dan berkelanjutan. Selain menggunakan lotion khusus untuk kulit kering, Anda juga harus lebih banyak mengonsumsi buah segar, sayuran, dan air putih guna menghidrasi tubuh.

Kulit kering yang disebabkan oleh perubahan cuaca

Kulit kering yang disebabkan oleh perubahan cuaca

Pernahkan Anda pergi ke dataran tinggi dan merasakan kulit berubah menjadi sangat kering? Itu adalah fenomena yang wajar. Kelembapan kulit juga dipengaruhi oleh kelembapan udara. Saat Anda berada di daerah yang kelembapan udaranya rendah atau cuacanya dingin, kulit menjadi kaku. Kulit kering akibat perubahan cuaca seperti ini akan membaik dengan sendirinya begitu Anda berada di tempat biasanya. Meski begitu, Anda harus tetap memakai lotion tubuh ketika berada di daerah dingin guna menjaga kesehatan kulit.

Penuaan dan gaya hidup bisa membuat kulit menjadi kering

Penuaan dan gaya hidup bisa membuat kulit menjadi kering

Tak dapat dipungkiri, pertambahan usia membuat kulit seseorang menjadi semakin tipis dan kering. Hal ini wajar mengingat bahwa semakin tua, kemampuan tubuh untuk memproduksi beberapa hormon juga berkurang, termasuk hormon yang berfungsi menjaga kelembapan kulit. Apalagi jika gaya hidup Anda kurang sehat, misalnya kerap bergadang, tidak suka makan buah dan minum air putih, itu akan mempercepat proses penuaan kulit. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan gaya hidup Anda!

Kulit kering akibat pemakaian produk yang salah

Kulit kering akibat pemakaian produk yang salah

Kulit merupakan lapisan pertama tubuh yang akan bersentuhan langsung dengan banyak benda. Kulit yang sensitif biasanya akan mudah kering dan iritasi. Penyebabnya sangat beragam, mulai dari pemakaian sabun dan parfum yang salah, gesekan dengan handuk, hingga gesekan dengan pakaian. Bahkan, deterjen untuk mencuci baju pun bisa menjadi penyebab kulit kering dan gatal-gatal. Untuk kasus-kasus seperti ini, selain merawat kulit dengan baik, Anda juga harus mengganti produk yang menyebabkan iritasi tersebut dengan yang lebih aman.

Cara memilih lotion untuk kulit kering

Sebelum memberikan rekomendasi produk, kami akan menjelaskan beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam memilih lotion. Hal ini semata-mata supaya Anda menemukan produk yang benar-benar sesuai dan mampu melembapkan kulit kering Anda. Mari ketahui poin-poin penting ini!

Pilih produk yang mengandung moisturizer agent

Fungsi utama dari pemakaian lotion adalah untuk menjaga kelembapan kulit. Kelembapan ini didapatkan dari moisturizing agent yang terkandung dalam lotion tersebut. Moisturizer bukanlah agen tunggal, melainkan terdiri dari tiga komponen yang memiliki fungsi sendiri-sendiri. Berikut ini penjelasannya!

Emollient, untuk melembapkan dan melembutkan kulit

Emollient, untuk melembapkan dan melembutkan kulit

Emollient merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut berbagai zat  yang mampu melembapkan dan melembutkan kulit. Cara kerja zat ini adalah dengan mengisi celah dan kerak yang ada pada sel-sel kulit. Emollient akan menjadikan kulit lembut, kenyal, dan juga lembap. Sayangnya, zat ini tidak bisa bertahan lama sehingga harus digabungkan dengan occlusive yang mampu mengunci kelembapan kulit. Emollient bisa didapatkan dari plant oil, mineral oil, shea butter, cocoa butter, petrolatum, ceramide, dan masih banyak yang lainnya.

Occlusive, untuk mengunci kelembapan kulit

Occlusive, untuk mengunci kelembapan kulit

Occlusive merupakan moisturizer agent yang memberikan lapisan pelindung sehingga mencegah berkurangnya kadar air dalam kulit. Jika emollient memberikan kelembapan pada kulit, occlusive mengunci kelembapan tersebut supaya bertahan lama. Berhubung fungsinya adalah sebagai pengunci, maka occlusive hadir dalam tekstur yang cenderung lebih berat seperti petrolatum, wax, silikon, zinc oxide, castor oil, jojoba oil, dan lain-lain. Salah satu agen occlusive yang paling populer adalah petroleum jelly.

Humectant, untuk menghidrasi kulit

Humectant, untuk menghidrasi kulit

Bagi Anda yang selama ini sudah memakai lotion, tetapi kulitnya tetap kering, mungkin Anda perlu mengganti produk yang dipakai. Bisa jadi, yang Anda perlukan bukan hanya moizturizer, tetapi produk yang juga mampu menghidrasi kulit alias humectant. Humectant adalah jenis pelembap yang berfungsi meningkatkan water content atau kandungan air di dalam kulit. Zat ini bekerja dengan cara menarik molekul-molekul air dari luar. Humectant ini bisa ditemukan pada aloe vera, propylene glycol, glycerin/glicerol, hyaluronic acid, lactic acid, madu, dan telur.

Untuk melindungi kulit dari sinar UV, gunakan produk yang mengandung tabir surya

Untuk melindungi kulit dari sinar UV, gunakan produk yang mengandung tabir surya

Cahaya matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang mampu merusak kelembapan alami kulit. Meski cuaca terlihat mendung, sinar UV tetap bisa menembus awan hingga ke bumi. Begitu juga saat Anda berada di dalam ruangan, sinar UV bisa masuk melewati kaca sehingga kulit Anda tetap terpapar sinar tersebut. Dampak dari sinar UV adalah kulit menjadi kering, kusam, kemerahan, mudah keriput, serta muncul bintik hitam dan flek di kulit.

Cara terbaik untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV adalah dengan memakai lotion yang mengandung tabir surya. Di dalam produk lotion, keberadaan tabir surya ditandai dengan tulisan SPF dan PA pada kemasan. SPF adalah standar UV protection untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVB. Kandungan ini mampu mencegah kulit dari terbakar (sunburn). Sementara itu, PA adalah standar UV protection yang bisa melindungi kulit dari sinar UVA. PA mampu mencegah kulit mengalami perubahan warna menjadi cokelat (suntan) akibat paparan sinar matahari.

Pilih produk yang lolos uji dermatologi

Pilih produk yang lolos uji dermatologi

Kulit yang kering biasanya cenderung sensitif. Untuk itu, pilihlah produk yang tidak mengandung bahan kimia demi meminimalkan terjadinya iritasi. Pastikan produk yang Anda pakai sudah melewati tahap pengawasan dan pengujian dalam proses produksinya. Dengan demikian, produk yang dihasilkan benar-benar aman untuk kulit.

Anda bisa memilih produk dengan label hypoallergenic, bebas paraben, atau dermatologist tested. Label ini menandakan bahwa komposisi body lotion tersebut aman untuk kulit manusia. Satu lagi, pastikan juga produk yang Anda pakai sudah mendapat izin edar dari BPOM RI, ya!

10 Rekomendasi lotion terbaik untuk kulit kering

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi lotion terbaik yang bisa Anda gunakan, lengkap dengan ulasannya. Temukan lotion terbaik untuk Anda!

10. Citra Body Lotion Nourishing White UV

10. Citra Body Lotion Nourishing White UV

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 19.400

Melembapkan hingga celah kulit yang tersembunyi

Sering kali kulit sudah lembut, tetapi daerah siku dan lutut masih terasa kering serta kasar. Jika Anda mengalami hal ini, atasilah dengan Citra Nourishing White UV. Terbuat dari bahan alami dan 10x Vitamin E, produk ini mampu menutrisi kulit dan menjadikannya lebih cerah. Siku dan lutut Anda pun akan terasa lebih lembut dan halus.

Isi 230 ml
Kandungan pelembap Alpukat, madu, glycerin, mineral oil, niacinamide
Tabir surya Ada
Keamanan BPOM RI

9. Marina Healthy & Glow Body Lotion

9. Marina Healthy & Glow Body Lotion

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 9.000

Secara klinis, teruji mampu mencerahkan kulit

Jika Anda mencari lotion pelembap yang dibuat dari bahan-bahan yang halal, gunakanlah Marina Healthy & Glow. Body lotion yang sudah teruji klinis mampu mencerahkan kulit ini memiliki sertifikat halal MUI. Aroma lotion ini juga lembut dan wangi. Satu keunggulan lagi, harganya ekonomis lho!

Isi 200 ml
Kandungan pelembap Milk protein, pearl nutrient, Vitamin B3, Vitamin E
Tabir surya Ada
Keamanan BPOM RI, MUI, Clinical tested

8. Natur-E Daily Nourishing Hand & Body Lotion Nourishing

8. Natur-E Daily Nourishing Hand & Body Lotion Nourishing

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 31.000

Diperkaya butiran e-beads yang dapat meresap dengan sempurna

Selain memproduksi Vitamin E yang bisa dikonsumsi, Natur-E juga memproduksi lotion untuk perawatan kulit dari luar. Lotion ini dilengkapi butiran e-beads yang dapat meresap sempurna hingga lapisan kulit yang lebih dalam. Untuk Anda yang menginginkan kelembapan yang tahan lama, produk ini adalah jawabannya.

Isi 245 ml
Kandungan pelembap Pomegranate seed oil with Vitamin E Beads, glycerin
Tabir surya Ada
Keamanan BPOM RI

7. St. Ives Daily Hydrating Vitamin E & Avocado Body Lotion

7. St. Ives Daily Hydrating Vitamin E & Avocado Body Lotion

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 98.500

Ekstrak alpukat yang memberikan kelembapan sempurna bagi kulit Anda

Alpukat tak hanya mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, tetapi juga untuk kulit. Oleh sebab itu, St. Ives menghadirkan lotion ini. Produk ini mampu mengembalikan kelembapan kulit Anda, mencerahkan, dan juga menjadikannya selembut sutra. Body lotion ini cocok bagi Anda yang menginginkan bahan-bahan kandungan yang alami.

Isi 621 ml
Kandungan pelembap Avocado oil, soybean oil, plant based glycerin
Tabir surya Tidak ada keterangan
Keamanan Bebas paraben, dermatologist-tested 

6. Vaseline Healthy White Night Repair Lotion

6. Vaseline Healthy White Night Repair Lotion

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 26.300

Memperbaiki sel kulit Anda di malam hari

Setelah seharian terpapar sinar UV dan polutan, malam hari adalah waktu yang tepat untuk mengembalikan kelembapan kulit Anda. Untuk itu, Anda dapat menggunakan Nivea Night Repair sebelum tidur malam.

Pada saat Anda sedang tertidur lelap, produk ini akan memperbaiki dan meremajakan sel-sel kulit yang rusak, serta menjadikannya lebih cerah. Bagi Anda yang ingin melakukan perawatan kulit pada malam hari, lotion ini dapat menjadi solusi yang tepat.

Isi 200 ml
Kandungan pelembap Vitamin B3 alami, glycerin, yogurt powder, niacinamide
Tabir surya Ada
Keamanan BPOM RI

5. The Body Shop Shea Nourishing Body Lotion

5. The Body Shop Shea Nourishing Body Lotion

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 146.000

Teksturnya ringan dan terasa lembut di kulit

Lotion dengan tekstur ringan ini didedikasikan bagi Anda yang memiliki kulit sangat kering. Begitu dioleskan di kulit, Anda akan mendapatkan sensasi kelembapan, tanpa rasa lengket. Dengan pemakaian yang rutin, kulit kering akan berubah menjadi lembap dan sehat. Aromanya juga enak, lho!

Isi 250 ml
Kandungan pelembap Shea butter, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil,  Glycerin, Orbignya Oleifera Seed Oil
Tabir surya Tidak ada keterangan
Keamanan Produk dari bahan alami, no animal testing, BPOM RI

4. Cetaphil Moisturizing Lotion

4. Cetaphil Moisturizing Lotion

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 169.700

Praktis! Bisa melembapkan kulit dan wajah sekaligus

Kulit Anda membutuhkan lebih dari sekadar pelembap? Gunakanlah Cetaphil Moisturizing Lotion. Produk ini tidak hanya melembapkan, tetapi juga menghidrasi kulit. Dengan formula yang ringan dan mudah diserap, kelembapan pada kulit Anda akan bertahan lama.

Selain itu, lotion ini tidak akan menyumbat pori sehingga aman untuk diaplikasikan di kulit wajah. Jadi, produk ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang tidak ingin repot. Cukup dengan satu lotion, kulit wajah dan tubuh Anda dapat terlindungi.

Isi 200 ml
Kandungan pelembap Glycerin, macadamia nut oil, dimethicone
Tabir surya Tidak ada keterangan
Keamanan Bebas paraben, BPOM RI

3. Vaseline Lotion Intensive Care™

3. Vaseline Lotion Intensive Care™

Lihat produk ini Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 26.300

Memperbaiki dari lapisan kulit bagian dalam

Berdasarkan uji klinis, produk ini mampu memperbaiki kulit yang sangat kering dalam 5 hari. Tentu saja khasiat tersebut akan terasa jika dipakai secara teratur! Formula khususnya mampu memperbaiki kulit kering yang membandel dari dalam lapisan stratum corneum.

Apabila Anda membutuhkan keajaiban yang bisa melembapkan kulit Anda dalam waktu singkat, cobalah produk ini. Kulit Anda yang kering, kasar, dan bersisik akan kembali lembap dan kenyal. Bahkan, produk ini juga aman bagi kulit yang sensitif.

Isi 200 ml
Kandungan pelembap Glycerin, petrolatum, glyceryl stearate, dimethicone
Tabir surya Tidak ada keterangan
Keamanan BPOM RI

2. Nivea Intensive Moisture Body Lotion 200ml

2. Nivea Intensive Moisture Body Lotion 200ml

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 20.655

Dengan Hydra IQ yang membantu pembentukan saluran hidrasi alami kulit

Tidak hanya melembapkan secara intensif, produk ini juga membantu pembentukan saluran hidrasi kulit dengan adanya kandungan Hydra IQ. Jika digunakan secara teratur, lotion ini dapat menjaga kelembapan kulit Anda hingga 48 jam. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki banyak kesibukan.

Isi 200 ml
Kandungan pelembap Vitamin E, avocado oil, grape seed
Tabir surya Tidak ada keterangan
Keamanan BPOM RI, dermatologist-tested

1. Aveeno Daily Moisturizing Lotion

1. Aveeno Daily Moisturizing Lotion

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 199.000

Meningkatkan kesehatan kulit kering dalam satu hari penggunaan!

Aveeno telah terbukti secara klinis mampu meningkatkan kesehatan kulit kering sejak pemakaian hari pertama. Perubahan kulit akan semakin terasa signifikan dalam dua minggu penggunaan rutin. Hal ini disebabkan oleh formula colloidal oatmeal dan kandungan pelembap yang ada pada produk Aveeno.

Sebagai informasi tambahan, produk ini juga tidak mengandung pewangi, tidak berminyak, serta non-comedogenic. Bagi Anda yang kulit keringnya sudah sampai mengalami iritasi, gunakanlah produk ini!

Isi 354 ml
Kandungan pelembab Colloidal oatmeal, Avena sativa (oat) kernel flour, glycerin, dimethicone
Tabir surya Tidak ada keterangan
Keamanan Dermatologist-tested, bebas pewangi, BPOM RI

Baca juga rekomendasi produk perawatan untuk kulit kering lainnya di sini!

Pada artikel ini, Anda telah membaca penjelasan mengenai penyebab kulit kering dan lotion yang cocok untuk mengatasinya. Nah, jika Anda juga membutuhkan informasi tentang produk perawatan dan kecantikan untuk kulit kering lainnya, Anda dapat membacanya di sini!

Kesimpulan

Kulit yang sehat dan terjaga kelembapannya akan membuat Anda lebih percaya diri. Oleh karena itu, sudah seharusnya Anda merawat kulit, apalagi jika jenis kulit Anda sangat kering.

Salah satu cara perawatan kulit kering adalah dengan memakai lotion secara teratur. Setelah membaca artikel ini, semoga Anda bisa menemukan lotion yang cocok untuk kulit Anda. Good luck!