• 10 Lotion Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Lotion Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Lotion Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Lotion Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Lotion Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Lotion Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)

Kulit kering yang tidak ditangani dengan benar bisa menyebabkan masalah serius, seperti kulit kasar, bersisik, kemerahan, dan gatal. Lakukan perawatan dari luar untuk mengatasinya, yaitu memakai lotion dengan formula khusus yang mengatasi kulit kering. Namun, mungkin Anda akan kesulitan memilih merek yang bagus untuk kulit Anda.

Kami akan memandu Anda menemukan lotion yang bagus untuk kulit kering. Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Firda N. Kusdwiharto, juga turut memberikan komentarnya di artikel ini. Kami juga mempunyai rekomendasi produk dari merek ternama, seperti L'Occitane, Innisfree, dan Cetaphil. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Firda Nurharini
  • Pembaharuan terakhir: 14 November 2021
  • 204.089 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Firda N. Kusdwiharto

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Firda N. Kusdwiharto

Dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Airlangga ini lebih dikenal sebagai "Dokterkulit Firda". Anggota PERDOSKI dan owner Hafira Skincare Surabaya dan Bangil, Pasuruan ini sering menjadi speaker dalam organisasi profesi dan organisasi sosial.


Melalui berbagai majalah populer tanah air, dokter Firda gencar mengedukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin serta dunia estetika anti-aging. Pemilik channel YouTube bernama "Dokterkulit Firda" ini juga aktif sebagai dosen di beberapa universitas.

Berbagai faktor penyebab kulit kering

Kulit kering atau xerosis adalah kondisi ketika kulit mengalami kekurangan cairan pada lapisan paling luarnya. Kondisi ini ditandai dengan gejala khusus, seperti permukaan kulit menjadi kasar, terasa kencang, dan kaku seusai mandi. Pada kondisi yang lebih parah, kulit bisa mengelupas, retak, dan berdarah. Untuk mendapat perawatan yang tepat, simak beberapa penyebab kulit kering berikut ini. 

Kulit kering akibat faktor alami kulit

Kulit kering akibat faktor alami kulit

Ada berbagai macam penyebab kulit kering, salah satunya adalah faktor genetis atau karakter kulit bawaan. Ada yang memiliki karakter kulit berminyak, normal, dan ada juga yang karakter kulitnya kering. 


Jika karakter kulit alami Anda kering, lakukan perawatan secara rutin, berkelanjutan, dan konsisten. Selain menggunakan lotion khusus untuk kulit kering, pastikan Anda lebih banyak mengonsumsi buah segar, sayuran, dan air putih. 

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Kulit kering (xerosis) adalah kondisi dermatosis yang paling sering terjadi di semua usia tanpa memandang jenis kelamin. Kondisi ini juga akan makin bertambah pada usia lanjut. Bagian tubuh yang terbuka seperti lengan, tangan, dan kaki adalah bagian yang paling rentan mengalami gangguan ini.

Perubahan cuaca

Perubahan cuaca

Faktor luar yang membuat kulit menjadi kering adalah perubahan cuaca. Sebagai contoh, bila Anda pergi ke dataran tinggi, kulit akan berubah menjadi sangat kering. Hal ini merupakan fenomena yang wajar karena rendahnya tingkat kelembapan udara di dataran tinggi atau daerah bercuaca dingin. Karena itu, kulit menjadi kering atau kaku. 


Namun, kulit kering akibat perubahan cuaca seperti ini akan membaik dengan sendirinya begitu berada di tempat bersuhu normal. Meski begitu, Anda tetap harus memakai body lotion ketika berada di daerah dingin guna menjaga kesehatan kulit.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Kelembapan yang rendah menyebabkan penurunan pertahanan kulit. Akibatnya, kulit menjadi lebih rentan dan kering. Kondisi dengan tingkat kelembapan yang rendah tidak hanya di cuaca dingin saja. Saat musim panas dan saat berada di dekat perapian juga dapat menurunkan kelembapan kulit.

Penuaan dan gaya hidup

Penuaan dan gaya hidup

Tak dapat dimungkiri, pertambahan usia membuat kulit menjadi makin tipis dan kering. Hal ini wajar mengingat bahwa makin tua, kemampuan tubuh untuk memproduksi beberapa hormon juga berkurang. Salah satunya adalah berkurangnya hormon yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit.


Gaya hidup kurang sehat seperti bergadang serta tidak suka makan buah dan minum air putih akan mempercepat proses penuaan kulit. Tak hanya itu, mandi dengan air panas juga bisa menyebabkan minyak alami kulit makin berkurang. Karena itu, selain menggunakan lotion dengan formula khusus, sebaiknya perhatikan gaya hidup Anda.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Faktor usia dapat memengaruhi produksi minyak alami pada kulit manusia karena terjadi penurunan hingga 60% seiring dengan penuaan. Selain itu, kebiasaan mandi atau berendam di air panas dalam waktu lama dapat merusak lapisan minyak dan menyebabkan kulit kering.

Pemakaian produk yang kurang tepat

Pemakaian produk yang kurang tepat
Kulit merupakan lapisan pertama tubuh yang bersentuhan langsung dengan banyak benda. Bila kulit Anda sensitif, biasanya kulit akan mudah kering dan iritasi. Penyebabnya sangat beragam, contohnya gesekan dengan handuk atau pakaian. 

Faktor lainnya adalah pemilihan formula pada produk yang Anda pilih. Bisa jadi Anda memakai sabun, parfum, atau detergen yang salah. Semua faktor tersebut bisa menjadi penyebab kulit kering dan gatal-gatal. Jadi, selain merawat kulit dengan baik, Anda juga harus mengganti produk yang menyebabkan iritasi tersebut dengan yang lebih aman.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Kulit normal memiliki rentang pH cukup asam yaitu pH 4,55,75. Penggunaan sabun dengan pH yang terlalu basa dapat merusak lapisan kulit sehingga kulit akan lebih mudah kering. Sebaiknya gunakan sabun yang memiliki efek moisturizing seperti sabun bayi.

Tingkat pH lotion yang mengubah kondisi lapisan kulit

Tingkat pH lotion yang mengubah kondisi lapisan kulit

Lapisan pelindung pada permukaan kulit memiliki kadar pH netral, yaitu 5,5. Namun, kulit wanita dewasa cenderung lebih asam dengan kisaran pH 4,2 hingga 5,6. Apabila pH kadar kulit terlalu basa, kulit bisa menjadi kering dan sensitif. Karena itu itu, lotion dengan pH netral merupakan pilihan yang sangat cocok digunakan pada kulit kering maupun sensitif.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih lotion untuk kulit kering

Mungkin ada banyak yang bertanya-tanya apakah body lotion bisa untuk kulit kering? Kuncinya terletak pada konsistensi pemakaian dan pemilihan produk yang tepat. Untuk itu, sebelum kami memberikan rekomendasi lotion untuk kulit kering, silakan menyimak ulasan berikut ini. Harapan kami, Anda bisa menemukan produk yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan kulit kering Anda. 

Pilih produk yang mengandung moisturizer agent

Fungsi utama dari pemakaian lotion adalah untuk menjaga kelembapan kulit. Kelembapan ini didapatkan dari moisturizing agent yang terkandung di dalam lotion. Moisturizer bukanlah agen tunggal, melainkan terdiri dari tiga komponen yang memiliki fungsi sendiri-sendiri. Berikut ini penjelasannya!

Emollient, untuk melembapkan dan melembutkan kulit

Emollient, untuk melembapkan dan melembutkan kulit
Emollient merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut berbagai zat yang mampu melembapkan dan melembutkan kulit. Cara kerja zat ini adalah dengan mengisi celah dan kerak yang ada pada sel-sel kulit. Emollient akan menjadikan kulit lembut, kenyal, dan juga lembap.

Sayangnya, zat ini tidak bisa bertahan lama sehingga harus digabungkan dengan occlusive yang mampu mengunci kelembapan kulit. Emollient bisa didapatkan dari plant oil, mineral oil, shea butter, cocoa butter, petrolatum, ceramide, dan lainnya.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Emollient adalah terapi yang paling efektif untuk mengatasi masalah kulit kering. Emollient dapat berbentuk sebagai krim, gel, dan lotion. Penggunaan emollient disarankan jika Anda memiliki kulit kering dan kasar. Penggunaan emollient juga dapat dijadikan sebagai rutinitas skincare. Bahan emollient jarang menyebabkan iritasi.

Occlusive, untuk mengunci kelembapan kulit

Occlusive, untuk mengunci kelembapan kulit
Occlusive merupakan moisturizer agent yang memberikan lapisan pelindung sehingga mencegah berkurangnya kadar air dalam kulit. Jika emollient memberikan kelembapan pada kulit, occlusive mengunci kelembapan tersebut supaya bertahan lama. 

Berhubung fungsinya adalah sebagai pengunci, occlusive hadir dalam tekstur yang cenderung lebih berat. Beberapa contoh bahannya adalah petrolatum, wax, silikon, zinc oxide, castor oil, jojoba oil, dan lain-lain. Salah satu agen occlusive yang paling populer adalah petroleum jelly.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Occlusive sebenarnya adalah produk minyak (mineral oil) yang bekerja dengan membentuk lapisan pertahanan yang mencegah menguapnya cairan dari kulit. Occlusive mempunyai fungsi melapisi kulit agar kadar air tidak menguap keluar. 


Selain itu, occlusive juga melapisi kulit agar faktor-faktor penyebab iritasi dari luar tidak bisa masuk ke kulit. Maka, tak heran jenis pelembap occlusive ini biasanya sangatlah pekat, berat, dan lengket. Hal tersebut menyebabkan occlusive rasanya sulit diserap kulit dan seperti ada lapisan yang menempel di atas kulit.


Bahan-bahan yang biasanya terkandung di dalam pelembap jenis occlusive adalah beeswax, olive, soybean, cocoa butter, mineral oil, petroleum jelly, paraffin, petrolatum, dan dimethicone. Bahan occlusive disarankan untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering dan dermatitis atopik. 


Kelemahan dari bahan occlusive yaitu kurang membaur dengan pemakaian kosmetik. Selain itu, bahan ini berisiko menimbulkan folikulitis, erupsi akneiformis, dan dermatitis kontak.

Humectant, untuk menghidrasi kulit

Humectant, untuk menghidrasi kulit
Bagi Anda yang selama ini sudah memakai lotion, tetapi kulitnya tetap kering, mungkin Anda perlu mengganti produk yang dipakai. Bisa jadi yang Anda perlukan bukan hanya moisturizer, tetapi produk yang juga mampu menghidrasi kulit alias humectant.

Humectant adalah jenis pelembap yang berfungsi meningkatkan water content atau kandungan air di dalam kulit. Zat ini bekerja dengan cara menarik molekul-molekul air dari luar. Humectant bisa ditemukan pada Aloe vera, propylene glycol, hyaluronic acid, lactic acid, glycerin/gliserol, madu, dan telur.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Produk dengan bahan ini juga bisa digunakan oleh Anda yang memiliki jenis kulit kering. Humectant bekerja dengan mengikat air dari dua sumber, yaitu dari dalam kulit dan kelembapan lingkungan. Biasanya penggunaan humectant dikombinasikan dengan occlusive. Sayangnya humectant cukup sering menimbulkan reaksi iritasi.

Untuk melindungi kulit dari sinar UV, pilih lotion dengan kandungan tabir surya

Untuk melindungi kulit dari sinar UV, pilih lotion dengan kandungan tabir surya
Cahaya matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang mampu merusak kelembapan alami kulit. Meski cuaca terlihat mendung, sinar UV tetap bisa menembus awan hingga ke bumi. 

Begitu juga saat berada di dalam ruangan, sinar UV bisa masuk melewati kaca sehingga kulit Anda tetap terpapar sinar tersebut. Dampak dari sinar UV adalah kulit menjadi kering, kusam, kemerahan, mudah keriput, serta muncul bintik hitam dan flek di kulit.


Cara terbaik untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV adalah dengan memakai lotion yang mengandung tabir surya. Di dalam produk lotion, keberadaan tabir surya ditandai dengan tulisan SPF dan PA pada kemasan.

SPF adalah standar UV protection untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVB. Kandungan ini mampu mencegah kulit dari terbakar (sunburn). Sementara itu, PA adalah standar UV protection yang bisa melindungi kulit dari sinar UVA. PA mampu mencegah kulit mengalami perubahan warna menjadi cokelat (suntan) akibat paparan sinar matahari.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Tabir surya (sunscreen atau sunblock) sangat membantu melindungi kulit dari paparan langsung sinar UV baik UVA dan UVB. SPF minimal untuk melindungi kulit yaitu SPF 15. Namun, lebih disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan kadar minimal SPF 30.

Untuk kulit kering dan sensitif, pilih produk yang telah teruji klinis

Untuk kulit kering dan sensitif, pilih produk yang telah teruji klinis

Kulit yang kering biasanya cenderung sensitif. Untuk itu, pilihlah produk yang tidak mengandung bahan kimia demi meminimalkan terjadinya iritasi. Pastikan produk yang Anda pakai sudah melewati tahap pengawasan dan pengujian dalam proses produksinya. Dengan demikian, produk yang dihasilkan benar-benar aman untuk kulit.


Anda bisa memilih produk dengan label hypoallergenic, paraben-free, atau dermatologist-tested. Label ini menandakan bahwa komposisi body lotion tersebut aman untuk kulit manusia. Satu lagi, pastikan juga produk yang Anda pakai sudah mendapat izin edar dari BPOM RI, ya!

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Saat ini banyak sekali produk skincare yang dijual bebas di pasaran. Sebagai konsumen yang cerdas, selayaknya kita memilih produk yang aman dan teruji secara klinis. Jangan hanya tergiur karena harga murah. Lolos uji dermatologi menunjukkan bahwa produk telah diuji coba oleh seorang dermatologis (dokter kulit) dan terbukti tidak menyebabkan iritasi kulit.

10 Rekomendasi lotion terbaik untuk kulit kering

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lotion terbaik untuk kulit kering yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Firda N. Kusdwiharto.

10

Barclay ProductsMarina Healthy & Glow Body Lotion

Mulai dari Rp 9.500,00

Isi185 ml
Tabir surya✔︎
Kandungan emollientStearic acid, cetyl alcohol, glyceryl stearate
Kandungan occlusiveMineral oil, dimethicone
Kandungan humectantGlycerin
KeamananBPOM RI, MUI, clinically-tested
9

UnileverSt. Ives Hydrating Vitamin E & Avocado Body Lotion

Mulai dari Rp 115.900,00

Isi621 ml
Tabir suryax
Kandungan emollientStearic acid, soybean oil, glycol stearate, glyceryl stearate, cetyl alcohol, caprylyl glycol, avocado oil
Kandungan occlusiveDimethicone
Kandungan humectantGlycerin
KeamananParaben-free, dermatologist-tested
8

UnileverVaseline Healthy Bright Night Repair Lotion

Mulai dari Rp 35.300,00

Isi200 ml
Tabir surya✔︎
Kandungan emollientIsostearyl alcohol, glyceryl hydrostearate, stearic acid, palmitic acid
Kandungan occlusiveDimethicone
Kandungan humectantCetearyl glucoside, glucose
KeamananBPOM RI
7

GaldermaCetaphil DailyAdvance Ultra Hydrating Lotion

Mulai dari Rp 248.900,00

Isi85 gram
Tabir suryax
Kandungan emollientHydrogenated polyisobutene, Butyrospermum parkii butter, Macadamia ternifolia seed oil/ Macadamia nut oil, cyclopentasiloxane, stearoxytrimethylsilane
Kandungan occlusiveDimethiconol
Kandungan humectantGlycerin, panthenol
KeamananBPOM RI, dermatologist-tested, fragrance-free, hypoallergenic, noncomedogenic
6

UnileverVaseline Intensive Care Advanced Strength Lotion

Mulai dari Rp 20.100,00

Isi100 ml
Tabir suryax
Kandungan emollientStearic acid, glycol stearate, glyceryl stearate, cetyl alcohol
Kandungan occlusiveMineral oil, dimethicone, petrolatum
Kandungan humectantGlycerin
KeamananBPOM RI
5

BeiersdorfNivea Intensive Moisture Body Lotion

Mulai dari Rp 23.800,00

Isi200 ml
Tabir suryax
Kandungan emollientGlyceryl stearate citrate, Vitis vinifera seed oil, Persea gratissima oil
Kandungan occlusiveDimethicone, Persea gratissima oil
Kandungan humectantGlycerin, glyceryl glucoside
KeamananBPOM RI, dermatologist-tested
4
Isi300 ml
Tabir suryax
Kandungan emollientHydrogenated poly (C6-14 olefin), cetyl ethylhexanoate, pentaerythrityl tetraethylhexanoate, stearic acid, mango seed butter, diisostearyl malate
Kandungan occlusiveDimethicone, olive fruit oil
Kandungan humectantGlycerin
KeamananTidak ada keterangan
3
Isi354 ml
Tabir suryax
Kandungan emollientCetyl alcohol, oat kernel flour, shea butter, oat kernel extract
Kandungan occlusivePetrolatum, dimethicone
Kandungan humectantGlycerin
KeamananDermatologist-tested, fragrance-free
2

L’OccitaneShea – Ultra Rich Body Lotion

01LC250K17

Mulai dari Rp 500.000,00

Isi250 ml
Tabir suryax
Kandungan emollientShea butter, coco-caprylate/caprate, olus oil/vegetable oil, cetyl palmitate, jojoba esters, caprylyl glycol, cetyl alcohol
Kandungan occlusiveBeeswax
Kandungan humectantGlycerin, mel extract/honey extract, jojoba esters, caprylyl glycol
KeamananTidak ada keterangan
1
Isi200 ml
Tabir suryax
Kandungan emollientDicaprylyl ether, shea butter, Brassica campestris sterols
Kandungan occlusiveTocopheryl acetate
Kandungan humectantGlycerin, sodium lactate, lactic acid
KeamananDermatologist-tested

Tabel perbandingan produk lotion terbaik untuk kulit kering

Gambar produk
1
Sebamed Anti-Dry Hydrating Body Lotion 1

Sebamed

2
 L’Occitane Shea – Ultra Rich Body Lotion 1

L’Occitane

3
Aveeno Skin Relief Moisturizing Lotion 1

Aveeno

4
Innisfree Olive Real Body Lotion  1

Innisfree

5
Beiersdorf Nivea Intensive Moisture Body Lotion  1

Beiersdorf

6
Unilever Vaseline Intensive Care Advanced Strength Lotion 1

Unilever

7
Galderma Cetaphil DailyAdvance Ultra Hydrating Lotion 1

Galderma

8
Unilever Vaseline Healthy Bright Night Repair Lotion 1

Unilever

9
Unilever St. Ives Hydrating Vitamin E & Avocado Body Lotion 1

Unilever

10
Barclay Products Marina Healthy & Glow Body Lotion 1

Barclay Products

Nama produk

Anti-Dry Hydrating Body Lotion

Shea – Ultra Rich Body Lotion

Skin Relief Moisturizing Lotion

Olive Real Body Lotion

Nivea Intensive Moisture Body Lotion

Vaseline Intensive Care Advanced Strength Lotion

Cetaphil DailyAdvance Ultra Hydrating Lotion

Vaseline Healthy Bright Night Repair Lotion

St. Ives Hydrating Vitamin E & Avocado Body Lotion

Marina Healthy & Glow Body Lotion

Keunggulan

Atasi kulit kering dan rusak akibat berbagai penyakit

Formula sempurna untuk menjaga kelembapan dan menutrisi kulit kering

Sahabatnya si kulit ekstra kering

Menghaluskan kembali kulit yang bersisik dengan aroma segar dan tekstur yang lembut

Kulit tetap lembap hingga 48 jam!

Memperbaiki dari lapisan kulit bagian dalam

Bebas pewangi dengan pH seimbang, cocok untuk semua jenis kulit

Memperbaiki sel kulit Anda saat malam hari

Kembalikan kelembapan kulit dengan berbagai kandungan alami

Mencerahkan kulit dan melindunginya dari paparan sinar UV

Harga mulai dariRp 295.000,00Rp 500.000,00Rp 279.000,00Rp 170.000,00Rp 23.800,00Rp 20.100,00Rp 248.900,00Rp 35.300,00Rp 115.900,00Rp 9.500,00
Isi200 ml250 ml354 ml300 ml200 ml100 ml85 gram200 ml621 ml185 ml
Tabir suryaxxxxxxx✔︎x✔︎
Kandungan emollientDicaprylyl ether, shea butter, Brassica campestris sterolsShea butter, coco-caprylate/caprate, olus oil/vegetable oil, cetyl palmitate, jojoba esters, caprylyl glycol, cetyl alcoholCetyl alcohol, oat kernel flour, shea butter, oat kernel extractHydrogenated poly (C6-14 olefin), cetyl ethylhexanoate, pentaerythrityl tetraethylhexanoate, stearic acid, mango seed butter, diisostearyl malateGlyceryl stearate citrate, Vitis vinifera seed oil, Persea gratissima oil Stearic acid, glycol stearate, glyceryl stearate, cetyl alcoholHydrogenated polyisobutene, Butyrospermum parkii butter, Macadamia ternifolia seed oil/ Macadamia nut oil, cyclopentasiloxane, stearoxytrimethylsilaneIsostearyl alcohol, glyceryl hydrostearate, stearic acid, palmitic acidStearic acid, soybean oil, glycol stearate, glyceryl stearate, cetyl alcohol, caprylyl glycol, avocado oilStearic acid, cetyl alcohol, glyceryl stearate
Kandungan occlusiveTocopheryl acetateBeeswaxPetrolatum, dimethiconeDimethicone, olive fruit oilDimethicone, Persea gratissima oilMineral oil, dimethicone, petrolatumDimethiconolDimethiconeDimethiconeMineral oil, dimethicone
Kandungan humectantGlycerin, sodium lactate, lactic acidGlycerin, mel extract/honey extract, jojoba esters, caprylyl glycolGlycerinGlycerinGlycerin, glyceryl glucosideGlycerinGlycerin, panthenolCetearyl glucoside, glucoseGlycerinGlycerin
KeamananDermatologist-testedTidak ada keteranganDermatologist-tested, fragrance-freeTidak ada keteranganBPOM RI, dermatologist-testedBPOM RIBPOM RI, dermatologist-tested, fragrance-free, hypoallergenic, noncomedogenicBPOM RIParaben-free, dermatologist-testedBPOM RI, MUI, clinically-tested
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk perawatan lainnya untuk kulit kering di sini

Jika Anda membutuhkan informasi tentang produk perawatan dan kecantikan untuk kulit kering lainnya, silakan membaca tautan berikut. Ada berbagai produk yang bisa Anda temukan, mulai dari toner, pelembap, hingga primer. Yuk, rawat kulit kering Anda dengan baik!

Kesimpulan

Kulit yang sehat dan terjaga kelembapannya akan membuat Anda lebih percaya diri. Karena itu, sudah seharusnya Anda merawat kulit, apalagi jika kulit Anda sangat kering. Salah satu cara merawat kulit kering adalah dengan menggunakan lotion secara teratur.


Pastikan kandungan lotion yang dipilih telah sesuai dengan kebutuhan. Setelah membaca artikel ini, semoga Anda bisa menemukan lotion yang cocok untuk kulit kering Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari berbagai kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.Agar Anda tidak salah pilih, kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering. Tentu saja lengkap dengan rekomendasi beberapa produk dari merek terbaik yang ada di pasaran. Erha21, Skin Aqua, dan Acnes adalah beberapa contoh di antaranya. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
    126.937 Views
  • 10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi para wanita, bicara perihal payudara tidak akan ada habisnya. Ada saja yang dikeluhkan, mulai dari tidak puas dengan ukurannya sampai payudara yang kendur. Karena itu, bust up cream hadir sebagai solusi yang dapat memberikan efek bust up dan mengembalikan kekencangan payudara.Produk bust up cream dari Mustika Ratu, Clinelle, dan Royalty mungkin sudah banyak dikenal publik. Namun, masih banyak produk lain yang juga tak kalah bagusnya. Agar tidak salah pilih, artikel ini akan membahas cara memilih bust up cream beserta produk rekomendasinya. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda.
    Perawatan badan
    211.479 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sinar matahari berlebihan diketahui berpotensi menyebabkan kanker kulit. Karena itu, penting sekali untuk melindungi kulit Anda dengan pengaplikasian tabir surya secara rutin. Beragam sunscreen untuk badan dan muka telah banyak beredar di pasaran. Produk mancanegara, seperti Nivea dan Vaseline, maupun produk lokal seperti Wardah dan Joylab, bisa menjadi referensi Anda.Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh sunscreen terbaik untuk Anda. Mulai dari produk dengan SPF 30 sampai 50, akan kami bahas di sini. Kami juga akan menjelaskan perbedaan antara sunscreen dan sunblock. Jadi, mari simak sampai akhir, ya!
    Perawatan badan
    390.150 Views
  • 10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Whitening agent, seperti alpha arbutin, kojic acid, dan niacinamide di dalamnya akan mengembalikan warna kulit Anda seperti semula.Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett, NIVEA, Vaseline, dan Kojie San. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!
    Perawatan badan
    206.845 Views
  • 10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Scrub bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit menjadi lebih halus. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli body scrub, seperti tekstur butiran, bahan baku, dan khasiatnya untuk kulit. Anda dapat memilih di antara beberapa merk yang populer, seperti Mustika Ratu, The Body Shop, dan LUSH.Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara memilih scrub badan yang bagus. Anda juga dapat menemukan rekomendasi scrub badan terbaik. Baca juga tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani mengenai penggunaan body scrub yang tepat. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
    238.518 Views
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Vaseline Terbaik (Terbaik Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Body Lotion Vaseline Terbaik (Terbaik Tahun 2021)
    Menggunakan body lotion secara rutin adalah cara untuk menjaga kelembapan dan mencegah kulit kusam. Salah satu merk body lotion yang bagus dan populer di Indonesia adalah Vaseline. Merek ini memiliki beragam body lotion yang mampu memperbaiki kondisi kulit.Banyaknya varian body lotion Vaseline mungkin membuat Anda bingung menentukan pilihan. Guna membantu Anda, kami akan memberikan tips memilih body lotion Vaseline terbaik. Kami juga akan mengulas body lotion Vaseline yang bisa merawat kulit kusam hingga yang melindungi kulit dari sinar UV. Selamat membaca!
    Perawatan badan
    2.291 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori