1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan badan
  6. >
  7. 10 Lotion Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Lotion Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Lotion Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Lotion Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Lotion Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Lotion Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Lotion Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)

Kulit kering yang tidak ditangani dengan benar bisa menyebabkan masalah serius, seperti kulit kasar, bersisik, kemerahan, dan gatal. Untuk mengatasinya, lakukanlah perawatan dari luar, yaitu memakai lotion dengan formula khusus untuk mengatasi kulit kering. Namun, banyaknya produk body lotion mungkin membuat Anda kesulitan memilihnya.

Tenang, kami akan memandu Anda menemukan handbody lotion yang bagus untuk kulit kering. Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Firda N. Kusdwiharto, juga turut memberikan komentarnya di artikel ini. Kami pun mempunyai rekomendasi produk dari merek ternama, seperti Cetaphil, Vaseline, dan Nivea. Selamat membaca!
Diperbaharui 09-17-2022
dr. Firda Nurharini
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Airlangga ini lebih dikenal sebagai "Dokterkulit Firda". Anggota PERDOSKI dan owner Hafira Skincare Surabaya dan Bangil, Pasuruan ini sering menjadi speaker dalam organisasi profesi dan organisasi sosial. Melalui berbagai majalah populer tanah air, dokter Firda gencar mengedukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin serta dunia estetika anti-aging. Pemilik channel YouTube bernama "Dokterkulit Firda" ini juga aktif sebagai dosen di beberapa universitas.

Profil dr. Firda Nurharini
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berbagai faktor penyebab kulit kering

Kulit kering atau xerosis adalah kondisi ketika kulit mengalami kekurangan cairan pada lapisan paling luarnya. Kondisi ini ditandai dengan gejala khusus, seperti permukaan kulit menjadi kasar, terasa kencang, dan kaku seusai mandi. Pada kondisi yang lebih parah, kulit bisa mengelupas, retak, dan berdarah. Untuk mendapat perawatan yang tepat, simak beberapa penyebab kulit kering berikut ini.

Faktor alami kulit

Faktor alami kulit

Ada berbagai macam penyebab kulit kering. Salah satunya adalah faktor genetis atau karakter kulit bawaan. Ada yang memiliki karakter kulit berminyak, normal, dan ada juga yang karakter kulitnya kering.


Jika karakter kulit alami Anda kering, lakukan perawatan secara rutin, berkelanjutan, dan konsisten. Selain menggunakan lotion khusus untuk kulit kering, pastikan Anda lebih banyak mengonsumsi buah segar, sayuran, dan air putih.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Kulit kering (xerosis) adalah kondisi dermatosis yang paling sering terjadi di semua usia tanpa memandang jenis kelamin. Kondisi ini juga akan makin bertambah pada usia lanjut. Bagian tubuh yang terbuka seperti lengan, tangan, dan kaki adalah bagian yang paling rentan mengalami gangguan ini.

Perubahan cuaca

Perubahan cuaca

Faktor luar yang membuat kulit menjadi kering adalah perubahan cuaca. Sebagai contoh, bila Anda pergi ke dataran tinggi, kulit akan berubah menjadi sangat kering.


Hal tersebut merupakan fenomena yang wajar akibat rendahnya tingkat kelembapan udara di dataran tinggi atau daerah bercuaca dingin. Alhasil, kulit menjadi kering atau kaku. Untuk itu, Anda harus memakai body lotion ketika berada di daerah dingin guna menjaga kesehatan kulit.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Kelembapan yang rendah menyebabkan penurunan pertahanan kulit. Akibatnya, kulit menjadi lebih rentan dan kering. Kondisi dengan tingkat kelembapan yang rendah tidak hanya terjadi pada cuaca dingin. Musim panas dan saat berada di dekat perapian juga dapat menurunkan kelembapan kulit.

Penuaan dan gaya hidup

Penuaan dan gaya hidup

Tak dapat dimungkiri pertambahan usia membuat kulit menjadi makin tipis dan kering. Hal ini wajar mengingat bahwa makin tua, kemampuan tubuh untuk memproduksi beberapa hormon juga makin berkurang. Salah satunya adalah berkurangnya hormon yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit.

Gaya hidup kurang sehat, seperti bergadang serta tidak suka makan buah dan minum air putih, akan mempercepat penuaan kulit. Sering mandi dengan air panas pun bisa menyebabkan minyak alami kulit makin berkurang. Jadi, selain menggunakan lotion dengan formula khusus, sebaiknya perhatikan juga gaya hidup Anda.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Faktor usia dapat memengaruhi produksi minyak alami pada kulit manusia karena terjadi penurunan hingga 60% seiring dengan penuaan. Selain itu, kebiasaan mandi atau berendam di air panas dalam waktu lama dapat merusak lapisan minyak dan menyebabkan kulit kering.

Pemakaian produk yang kurang tepat

Pemakaian produk yang kurang tepat
Kulit merupakan lapisan pertama tubuh yang bersentuhan langsung dengan banyak benda. Bila kulit Anda sensitif, biasanya kulit akan mudah kering dan iritasi. Penyebabnya sangat beragam, contohnya gesekan dengan handuk atau pakaian.

Faktor lainnya adalah pemilihan formula pada produk yang Anda gunakan. Bisa jadi Anda memakai sabun, parfum, atau detergen yang salah. Semua faktor tersebut bisa menjadi penyebab kulit kering dan gatal-gatal. Jadi, selain merawat kulit dengan baik, Anda juga harus mengganti produk yang menyebabkan iritasi tersebut dengan yang lebih aman.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Kulit normal memiliki rentang pH cukup asam, yaitu pH 4,55,75. Penggunaan sabun dengan pH yang terlalu basa dapat merusak lapisan kulit sehingga kulit akan lebih mudah kering. Sebaiknya gunakan sabun yang memiliki efek moisturizing, seperti sabun bayi.

Tingkat pH lotion yang mengubah kondisi lapisan kulit

Tingkat pH lotion yang mengubah kondisi lapisan kulit

Lapisan pelindung pada permukaan kulit memiliki kadar pH netral, yaitu 5,5. Namun, kulit wanita dewasa cenderung lebih asam dengan kisaran pH 4,2 hingga 5,6. Apabila pH kadar kulit terlalu basa, kulit bisa menjadi kering dan sensitif. Oleh sebab itu, lotion dengan pH netral merupakan pilihan yang sangat cocok digunakan pada kulit kering ataupun sensitif.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih lotion untuk kulit kering

Mungkin ada banyak yang bertanya-tanya apakah body lotion bisa untuk kulit kering? Kuncinya terletak pada konsistensi pemakaian dan pemilihan produk yang tepat. Untuk itu, silakan menyimak ulasan berikut ini.

① Pilih produk yang mengandung moisturizer agent

Fungsi utama dari pemakaian lotion adalah untuk menjaga kelembapan kulit. Kelembapan ini didapatkan dari moisturizing agent yang terkandung di dalam lotion. Moisturizer bukanlah agen tunggal, melainkan terdiri dari tiga komponen yang memiliki fungsi sendiri-sendiri. Berikut ini penjelasannya!

Emollient, untuk melembapkan dan melembutkan kulit

Emollient, untuk melembapkan dan melembutkan kulit
Emollient merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut berbagai zat yang mampu melembapkan dan melembutkan kulit. Cara kerja zat ini adalah dengan mengisi celah dan kerak yang ada pada sel-sel kulit. Emollient akan menjadikan kulit lembut, kenyal, dan lembap.

Sayangnya, zat ini tidak bisa bertahan lama sehingga harus digabungkan dengan occlusive yang mampu mengunci kelembapan kulit. Emollient bisa didapatkan dari plant oil, shea butter, ceramide, lauric acid, stearic acid, dan sebagainya.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Emollient adalah terapi yang paling efektif untuk mengatasi masalah kulit kering. Emollient dapat berbentuk sebagai krim, gel, dan lotion. Penggunaan emollient disarankan jika Anda memiliki kulit kering dan kasar. Penggunaan emollient juga dapat dijadikan sebagai rutinitas skincare. Bahan emollient jarang menyebabkan iritasi.

Occlusive, untuk mengunci kelembapan kulit

Occlusive, untuk mengunci kelembapan kulit
Occlusive merupakan moisturizer agent yang memberikan lapisan pelindung sehingga mencegah berkurangnya kadar air dalam kulit. Jika emollient memberikan kelembapan pada kulit, occlusive mengunci kelembapan tersebut supaya bertahan lama.

Berhubung fungsinya adalah sebagai pengunci, occlusive hadir dalam tekstur yang cenderung lebih berat. Beberapa contoh bahannya adalah petrolatum, wax, silikon, zinc oxide, castor oil, dan jojoba oil. Salah satu agen occlusive yang paling populer adalah petroleum jelly.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Occlusive sebenarnya adalah produk minyak (mineral oil) yang bekerja dengan membentuk lapisan pertahanan yang mencegah menguapnya cairan dari kulit. Occlusive mempunyai fungsi melapisi kulit agar kadar air tidak menguap keluar.


Selain itu, occlusive juga melapisi kulit agar faktor-faktor penyebab iritasi dari luar tidak bisa masuk ke kulit. Tak heran jika jenis pelembap occlusive ini biasanya sangatlah pekat, berat, dan lengket. Hal tersebut menyebabkan occlusive rasanya sulit diserap kulit dan seperti ada lapisan yang menempel di atas kulit.


Bahan-bahan yang biasanya terkandung di dalam pelembap jenis occlusive adalah beeswax, olive, soybean, cocoa butter, mineral oil, petroleum jelly, paraffin, petrolatum, dan dimethicone. Bahan occlusive disarankan untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering dan dermatitis atopik.


Kelemahan dari bahan occlusive yaitu kurang membaur dengan pemakaian kosmetik. Selain itu, bahan ini berisiko menimbulkan folikulitis, erupsi akneiformis, dan dermatitis kontak.

Humectant, untuk menghidrasi kulit

Humectant, untuk menghidrasi kulit
Bagi Anda yang selama ini sudah memakai lotion, tetapi kulitnya tetap kering, mungkin Anda perlu mengganti produk yang dipakai. Bisa jadi yang Anda perlukan bukan hanya moisturizer, melainkan juga produk yang juga mampu menghidrasi kulit alias humectant.

Humectant adalah jenis pelembap yang berfungsi meningkatkan water content atau kandungan air di dalam kulit. Zat ini bekerja dengan cara menarik molekul-molekul air dari luar. Humectant bisa ditemukan pada Aloe vera, propylene glycol, hyaluronic acid, lactic acid, glycerin/gliserol, dan madu.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Produk dengan bahan ini juga bisa digunakan oleh Anda yang memiliki jenis kulit kering. Humectant bekerja dengan mengikat air dari dua sumber, yaitu dari dalam kulit dan kelembapan lingkungan. Biasanya penggunaan humectant dikombinasikan dengan occlusive. Sayangnya, humectant cukup sering menimbulkan reaksi iritasi.

② Utamakan lotion dengan kandungan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UV

Utamakan lotion dengan kandungan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UV
Cahaya matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang mampu merusak kelembapan alami kulit. Meski cuaca terlihat mendung, sinar UV tetap bisa menembus awan hingga ke bumi.

Sinar UV pun bisa menembus kaca sehingga kulit tetap bisa terpapar meski Anda berada di dalam ruangan. Dampak sinar UV adalah kulit menjadi kering, kusam, kemerahan, mudah keriput, serta muncul bintik hitam dan flek di kulit.


Cara terbaik untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV adalah dengan memakai lotion yang mengandung tabir surya. Dalam produk lotion, keberadaan tabir surya ditandai dengan tulisan SPF dan PA pada kemasan.

SPF adalah standar UV protection untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVB. Kandungan ini mampu mencegah kulit dari terbakar (sunburn). Sementara itu, PA adalah standar UV protection yang bisa melindungi kulit dari sinar UVA. PA mampu mencegah kulit mengalami perubahan warna menjadi cokelat (suntan) akibat paparan sinar matahari.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Tabir surya (sunscreen atau sunblock) sangat membantu melindungi kulit dari paparan langsung sinar UV baik UVA maupun UVB. SPF minimal untuk melindungi kulit adalah SPF 15. Namun, lebih disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan kadar minimal SPF 30.

③ Untuk kulit kering dan sensitif, gunakan produk yang telah teruji klinis

Untuk kulit kering dan sensitif, gunakan produk yang telah teruji klinis

Kulit yang kering biasanya cenderung sensitif. Untuk itu, pilihlah produk yang mengandung sedikit bahan kimia demi meminimalkan terjadinya iritasi. Pastikan produk yang Anda pakai sudah melewati tahap pengawasan dan pengujian dalam proses produksinya. Dengan demikian, produk yang dihasilkan benar-benar aman untuk kulit.


Anda bisa memilih produk dengan label hypoallergenic, paraben-free, atau dermatologically-tested. Label ini menandakan bahwa komposisi body lotion tersebut aman untuk kulit manusia. Satu lagi, pastikan juga produk yang Anda pakai sudah mendapat izin edar dari BPOM RI, ya!

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Saat ini banyak sekali produk skincare yang dijual bebas di pasaran. Sebagai konsumen yang cerdas, selayaknya kita memilih produk yang aman dan teruji secara klinis. Jangan hanya tergiur karena harga murah. Lolos uji dermatologi menunjukkan bahwa produk telah diuji coba oleh seorang dermatologis (dokter kulit) dan terbukti tidak menyebabkan iritasi kulit.

10 Rekomendasi lotion terbaik untuk kulit kering

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lotion terbaik untuk kulit kering yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Firda N. Kusdwiharto.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Beiersdorf

Nivea Intensive Moisture Body Lotion

Beiersdorf Nivea Intensive Moisture Body Lotion  1枚目

Grape seed serta avocado oil-nya lembapkan kulit kering dan kusam dengan intensif

2

Unilever

Vaseline Intensive Care Advanced Strength Lotion

Unilever Vaseline Intensive Care Advanced Strength Lotion 1枚目

Perbaiki kulit kering dan bersisik dengan cepat dalam hitungan hari

3

Unilever

Citra Night Whitening Body Lotion

Unilever Citra Night Whitening Body Lotion 1枚目

Body lotion malam untuk kulit kering dengan efek mencerahkan!

4

Neo Kosmetika Industri

Biotalk Calendula Lotion for Eczema and Dry Skin

Neo Kosmetika Industri Biotalk Calendula Lotion for Eczema and Dry Skin 1枚目

Tanpa paraben, efektif pula menutrisi dan mengunci kelembaban pada kulit

5

Darya-Varia Laboratoria

Natur-E Daily Nourishing-Moisturizing Hand & Body Lotion

Darya-Varia Laboratoria Natur-E Daily Nourishing-Moisturizing Hand & Body Lotion  1枚目

Dilengkapi UV protection dan vitamin E-beads yang unik

6

Galderma

Cetaphil Daily Advance Ultra Hydrating Lotion

Galderma Cetaphil Daily Advance Ultra Hydrating Lotion 1枚目

Hypoallergenic dan noncomedogenic, sahabat si kulit sensitif

7

Johnson & Johnson

Aveeno Skin Relief Moisturizing Lotion

Johnson & Johnson Aveeno Skin Relief Moisturizing Lotion 1枚目

Mampu tenangkan rasa gatal dan kemerahan

8

Surya Dermato Medica Laboratories

Carmed Ultimate Essence Moisturizing Lotion

Surya Dermato Medica Laboratories Carmed Ultimate Essence Moisturizing Lotion 1枚目

Mengandung natural moisturizing factors untuk merawat kulit kering dan pecah-pecah

9

ERHA

Skinsitive Ultracalm Skin Barrier Body Lotion

ERHA Skinsitive Ultracalm Skin Barrier Body Lotion 1枚目

Body lotion dengan ceramide untuk lembapkan kulit dan perkuat skin barrier Anda

10

Sebapharma

Sebamed Anti-Dry Hydrating Body Lotion

Sebapharma Sebamed Anti-Dry Hydrating Body Lotion 1枚目

Atasi kulit kering dan rusak akibat beragam penyakit

Perincian produk
Close
No.1

BeiersdorfNivea Intensive Moisture Body Lotion

Mulai dari Rp17.000,00

Grape seed serta avocado oil-nya lembapkan kulit kering dan kusam dengan intensif

Kelebihan:

  • Tidak lengket di kulit
  • Mampu menjaga kelembaban kulit hingga 48 jam
  • Memiliki tiga varian ukuran kemasan

Kekurangan:

  • Bagi beberapa orang, aroma wanginya cukup kuat
  • Produk kurang melembapkan untuk kulit yang sangat kering

Perpaduan grape seed dan avocado oil dalam produk ini bermanfaat untuk memberikan kelembapan secara intensif. Selain itu, adanya Hydra IQ akan membantu pembentukan saluran hidrasi kulit secara natural. Jika digunakan secara teratur, kulit Anda akan senantiasa lembap hingga 48 jam!


Formulanya pun ringan dan tidak greasy, cocok untuk Anda yang anti dengan losion dengan tekstur thick. Harga produk ini juga terjangkau untuk merek sebagus Nivea. Tak heran bila lotion kulit kering ini sangat tinggi penjualannya, ya.

No.2

UnileverVaseline Intensive Care Advanced Strength Lotion

Mulai dari Rp26.700,00

Perbaiki kulit kering dan bersisik dengan cepat dalam hitungan hari

Kelebihan:
  • Dapat membantu memperbaiki kulit kering, kasar, dan bersisik dengan cepat
  • Cocok untuk kulit sensitif
  • Tersedia dalam tiga varian ukuran kemasan

Kekurangan:

  • Ada pengulas yang menyatakan lotion sedikit lengket dan kurang cepat menyerap ke kulit

Jika Anda membutuhkan losion yang bisa melembapkan kulit kering tanpa butuh waktu lama, cobalah produk ini. Kulit Anda yang tadinya kering, kasar, dan bersisik akan kembali lembap dan kenyal dalam hitungan hari.


Formula khusus lotion Vaseline ini bahkan mampu memperbaiki kulit kering dari dalam lapisan stratum corneum. Jangan ragu memilih produk ini bila Anda mencari body lotion untuk kulit kering dan bersisik.

No.3

UnileverCitra Night Whitening Body Lotion

Mulai dari Rp31.100,00

Body lotion malam untuk kulit kering dengan efek mencerahkan!

Kelebihan:

  • Melembapkan dan menutrisi kulit sepanjang malam
  • Dengan pemakaian rutin, produk bisa mencerahkan kulit
  • Formulanya ringan dan cepat menyerap

Kekurangan:

  • Beberapa pengulas menyebutkan wangi produk cukup kuat sehingga sedikit mengganggu
  • Sejumlah pengulas mengatakan teksturnya agak sulit diratakan

Body lotion untuk kulit kering sekaligus memiliki fungsi memutihkan serta mencerahkan bisa Anda dapatkan pada produk ini. Diperkaya natural essence dari minyak biji anggur, vitamin E, dan yoghurt, lotion ini tak hanya mampu melembapkan kulit. 


Lebih dari itu, kulit Anda akan tampak lebih halus dan bercahaya. Jadi, jika kulit Anda belang dan kusam, cukup rutin gunakan body lotion malam ini menjelang tidur untuk mengatasinya.

No.4

Neo Kosmetika IndustriBiotalk Calendula Lotion for Eczema and Dry Skin

Mulai dari Rp89.000,00

Tanpa paraben, efektif pula menutrisi dan mengunci kelembaban pada kulit

Kelebihan:

  • Bebas paraben
  • Aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui
  • Melembapkan kulit kering dan kasar

Kekurangan:

  • Sejumlah pengulas mengatakan produk kurang efektif untuk meredakan gatal karena eksem

Apabila Anda merasa lotion Anda kurang mengunci kelembapan pada kulit kering Anda, produk ini bisa dicoba. Tak hanya itu, Calendula Lotion ini cocok pula untuk meredakan eksem dan psoriasis. Produk ini juga bebas paraben, pewarna, sulfat, dan bahan kimia yang keras sehingga ramah digunakan untuk beragam jenis kulit.

No.5

Darya-Varia LaboratoriaNatur-E Daily Nourishing-Moisturizing Hand & Body Lotion

Mulai dari Rp18.000,00

Dilengkapi UV protection dan vitamin E-beads yang unik

Kelebihan:

  • Disertai dengan vitamin E dalam bentuk beads yang unik dan mudah diratakan di kulit
  • Losion terasa sejuk saat diaplikasikan ke kulit
  • Mengandung tabir surya

Kekurangan:

  • Kulit terasa licin jika terkena air dan keringat
  • Sejumlah reviewer mengatakan produk kurang melembapkan untuk kulit yang sangat kering
  • Tingkat SPF-nya tidak disebutkan

Natur-E merupakan salah satu merek body lotion yang populer untuk urusan merawat kulit kering. Varian Daily Nourishing-Moisturizing ini salah satunya. Selain melembapkan, produk ini juga bisa merawat elastisitas dan kelembutan kulit Anda.


Lotion ini cukup unik karena mengandung vitamin E yang dimanifestasikan dalam bentuk beads. Saat lotion diaplikasikan, beads pun dapat diratakan dengan cepat di kulit tanpa menyisakan residu yang mengganggu.

No.6

GaldermaCetaphil Daily Advance Ultra Hydrating Lotion

Mulai dari Rp194.137,00

Hypoallergenic dan noncomedogenic, sahabat si kulit sensitif

Kelebihan:

  • Bebas pewangi, aman untuk kulit sensitif
  • Hypoallergenic dan noncomedogenic
  • Dapat melembapkan kulit kering hingga 48 jam

Kekurangan:

  • Harganya relatif mahal
  • Beberapa reviewer menyebutkan formula produk cenderung lengket dan tebal

Cetaphil Daily Advance Ultra Hydrating Lotion ini sesuai untuk Anda yang mencari produk dengan formula hypoallergenic dan noncomedogenic. Produk ini diklaim mampu melindungi kulit sensitif dari masalah lapisan kelembapan terganggu, dehidrasi, kasar, kaku, dan tidak nyaman. Kini tak perlu khawatir lagi dengan kulit kering sensitif Anda!

No.7

Johnson & JohnsonAveeno Skin Relief Moisturizing Lotion

Mulai dari Rp99.000,00

Mampu tenangkan rasa gatal dan kemerahan

Kelebihan:

  • Dapat menenangkan kulit sensitif ataupun superkering
  • Tidak mengandung pewangi buatan
  • Hadir dalam dua varian ukuran kemasan

Kekurangan:

  • Hampir tidak ada aroma wanginya, mungkin kurang cocok jika Anda mencari body lotion yang wangi
  • Ada pengulas yang mengatakan produk kurang bisa meredakan rasa gatal pada kulit sensitif

Anda memiliki kulit ekstrakering atau sensitif yang sering kali disertai gatal? Lotion pelembap kulit Aveeno ini bisa Anda jadikan pilihan. Selain cepat menyerap, produk ini juga diklaim dapat melembapkan kulit selama 24 jam. Hal itu menjadikan produk ini pas Anda jadikan lotion untuk kulit kering karena sering berada di ruangan ber-AC.

No.8

Surya Dermato Medica LaboratoriesCarmed Ultimate Essence Moisturizing Lotion

Mulai dari Rp24.250,00

Mengandung natural moisturizing factors untuk merawat kulit kering dan pecah-pecah

Kelebihan:

  • Lotion mengandung natural moisturizing factors (NMF), atasi masalah kulit kering dan pecah-pecah
  • Hypoallergenic
  • Tersedia dalam kemasan travel-friendly

Kekurangan:

  • Ada reviewer yang menyebutkan produk sedikit lengket di kulit

Produk ini bisa dipertimbangkan bagi Anda yang mencari lotion untuk kulit kering dan pecah-pecah. Kandungan natural moisturizing factors pada produk ini menjadikan masalah telapak kaki pecah-pecah bisa Anda atasi dengan mudah.


Pelembap badan ini juga mampu mengatasi kulit kering, kasar, dan bersisik karena mengandung lactic acid dan urea. Dengan rutin menggunakan produk ini, tumit, lutut, dan siku Anda akan tampak lebih lembap dan sehat.

No.9

ERHASkinsitive Ultracalm Skin Barrier Body Lotion

Mulai dari Rp215.000,00

Body lotion dengan ceramide untuk lembapkan kulit dan perkuat skin barrier Anda

Kelebihan:

  • Memiliki pH seimbang dan hypoallergenic
  • Membantu menenangkan kulit yang teriritasi, terutama pada kulit sensitif
  • Mengandung 3% ceramide complex yang mampu menstimulasi produksi ceramide alami

Kekurangan:

  • Harga tergolong mahal untuk ukuran 125 gram

Hand-body lotion untuk kulit kering dan sensitif ini mengandung ceramide complex yang mampu memperbaiki dan memperkuat skin barrier. Lotion ini juga bagus untuk Anda yang memiliki masalah kulit mengelupas. Kandungan 4% moisturizing agents-nya akan memberikan kelembapan ekstra dan menenangkan iritasi ringan pada kulit. Bagusnya lagi, produk ini pun aman untuk ibu hamil dan menyusui, lho.

No.10

SebapharmaSebamed Anti-Dry Hydrating Body Lotion

Mulai dari Rp295.000,00

Atasi kulit kering dan rusak akibat beragam penyakit

Kelebihan:

  • Diformulasikan untuk membantu regenerasi kulit kering dan rusak
  • Memiliki pH 5,5, seimbang dengan lapisan pelindung pada permukaan kulit
  • Cocok untuk digunakan pada kulit kering efek alergi, kemoterapi, diabetes melitus, eksem, ataupun psoriasis

Kekurangan:

  • Harganya mahal
  • Ada pengulas yang mengatakan produk kurang melembapkan untuk kulit yang sangat kering

Produk ini menggabungkan emulsi air di dalam minyak dan 13% lipids. Dengan begitu, proses regenerasi kulit yang kering dan rusak pun menjadi lebih cepat. Paduan kandungannya mampu meringankan iritasi kulit sekaligus menjadikannya lembut dan halus.


Kandungan pH netral dari lotion ini menjadikannya aman untuk mengatasi kulit kering akibat berbagai penyakit. Kulit Anda kering akibat alergi, efek kemoterapi, eczema, atau psoriasis? Cobalah produk ini untuk mendapatkan kembali kulit yang lebih sehat.

Baca juga rekomendasi produk perawatan lainnya untuk kulit kering di sini

Jika Anda membutuhkan informasi tentang produk perawatan untuk kulit kering lainnya, silakan membaca tautan di bawah ini. Ada produk sabun mandi, pelembap wajah, hingga serum, lho. Yuk, rawat kulit kering Anda dengan baik!

Kesimpulan

Kulit yang sehat dan terjaga kelembapannya akan membuat Anda lebih percaya diri. Oleh karena itu, sudah seharusnya Anda merawat kulit kering Anda dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan losion secara teratur.

Pastikan kandungan lotion yang dipilih telah sesuai dengan kebutuhan. Setelah membaca artikel ini, semoga Anda bisa menemukan losion yang cocok untuk kulit kering Anda.

5 Rekomendasi Lotion untuk Kulit Kering terbaik

No. 1BeiersdorfNivea Intensive Moisture Body Lotion

No. 2UnileverVaseline Intensive Care Advanced Strength Lotion

No. 3UnileverCitra Night Whitening Body Lotion

No. 4Neo Kosmetika IndustriBiotalk Calendula Lotion for Eczema and Dry Skin

No. 5Darya-Varia LaboratoriaNatur-E Daily Nourishing-Moisturizing Hand & Body Lotion

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer