mybest
Body lotion

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan badan
  4. 10 Rekomendasi Lotion untuk Kulit Kering Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]
  • 10 Rekomendasi Lotion untuk Kulit Kering Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 1
  • 10 Rekomendasi Lotion untuk Kulit Kering Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 2
  • 10 Rekomendasi Lotion untuk Kulit Kering Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 3
  • 10 Rekomendasi Lotion untuk Kulit Kering Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 4
  • 10 Rekomendasi Lotion untuk Kulit Kering Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 5

10 Rekomendasi Lotion untuk Kulit Kering Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

Kulit kering yang tidak dirawat bisa makin parah dan menjadi kasar, bersisik, kemerahan, bahkan gatal. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah memakaikan lotion dengan formula sangat melembapkan pada kulit kering. Namun, banyaknya produk lotion mungkin membuat Anda kesulitan memilihnya.

Tidak perlu bingung! Kami bersama dermatovenereologist, dr. Dia Febrina, telah menyusun cara memilih lotion yang bagus untuk kulit kering. Kami membahas kandungan yang sebaiknya ada dalam produk lotion dan sesuai dengan kebutuhan kulit kering. Tersedia juga rekomendasi lotion untuk kulit kering dari merek ternama, seperti Cetaphil, Aveeno, dan Vaseline. Selamat membaca!
Diperbaharui 05/02/2024
dr. Dia Febrina
Pakar
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

dr. Dia Febrina, Sp.KK adalah dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Pendidikan Dokter Umum dan Spesialis, Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Pendiri klinik Medika Asyifa Jatiasih dan Dr. Derm Skin Care ini memiliki ketertarikan dalam bidang dermatologi kosmetik, estetik, dan tumor bedah kulit. Saat ini dr. Dia aktif melakukan edukasi seputar kesehatan kulit, kelamin, dan estetik, baik melalui ruang publik maupun media sosial.

Profil dr. Dia Febrina
Lanjut membaca
Nisa Destiana
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Nisa Destiana

Nisa Destiana adalah seorang apoteker yang sudah gemar menulis sedari kecil dan bercita-cita menjadikan hobi tersebut sebagai karier profesional. Usai bekerja di perusahaan farmasi multinasional selama hampir lima tahun, ia memutuskan untuk memulai karier sebagai content writer. Nisa banyak menulis artikel-artikel kesehatan untuk start-up telemedisin sebelum akhirnya menulis dan menjadi editor untuk mybest Indonesia. Di mybest Indonesia, Nisa banyak terhubung dengan pakar untuk menulis berbagai artikel perawatan tubuh, kecantikan, dan kesehatan sesuai latar belakang pendidikannya.

Profil Nisa Destiana
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa penyebab kulit kering dan bersisik?

Apa penyebab kulit kering dan bersisik?

Kondisi kulit yang kering dapat membuatnya tampak bersisik. Meski begitu, 'sisik' tersebut tidak selalu terlihat jelas. Adapun penyebab kulit kering bisa bermacam-macam, antara lain:


  • Faktor genetik

Beberapa orang memang terlahir dengan tipe kulit yang kering. Jadi, diperlukan perawatan khusus agar kelembapan kulitnya bisa terjaga. 


  • Gangguan bawaan

Ada gangguan tertentu, seperti ichthyosis dan dermatitis atopik, yang terjadi karena kulit tidak bisa menghasilkan NMF (natural moisturizing factor). Gangguan ini juga bisa disebabkan karena faktor genetik. 


  • Aging

Kulit yang kering juga bisa terjadi seiring bertambahnya usia. Hal ini disebabkan produksi kolagen yang berkurang sehingga memengaruhi kelembapan dan elastisitas kulit.

 

  • Cuaca panas dan paparan sinar matahari

Selain faktor internal, faktor eksternal seperti cuaca bisa menyebabkan kulit kering. Ketika cuaca panas atau kulit terlalu banyak terpapar sinar matahari, kulit bisa menjadi kering dan bersisik.


  • Penggunaan produk tertentu 

Penggunaan produk yang salah atau tidak cocok juga bisa membuat kulit kering. Biasanya, hal ini terjadi karena produk tersebut mengandung bahan yang membuat kulit menjadi kering atau  iritasi. 


  • Suhu air mandi

Apabila Anda terlalu sering menggunakan air hangat atau suam-suam kuku untuk mandi, kulit bisa menjadi kering. Alasannya, air hangat dapat menghilangkan minyak alami yang ada pada permukaan kulit. 


Selain bersisik, kulit kering juga sering mengalami sensasi kaku atau ketat, gampang gatal, dan mudah iritasi. Kulit yang sangat kering atau very dry skin akan lebih terlihat bersisik dengan retakan kulit yang terlihat jelas. Sebaliknya, jenis kulit normal dan sehat akan terasa lembap, lembut, dan teksturnya tidak kasar atau bersisik.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina
Berbeda dengan wajah, jenis kulit badan umumnya hanya normal, kering, dan sangat kering. Hampir tidak ada jenis kulit badan yang berminyak sebab kelenjar sebaceous di badan memang tidak seaktif di wajah.

Apakah body lotion bisa melembapkan kulit kering?

Apakah body lotion bisa melembapkan kulit kering?

Penggunaan body lotion dapat membantu mengembalikan kelembapan kulit yang jadi kering karena faktor eksternal. Sebut saja, kulit kering karena berendam di air hangat atau berada di dalam ruangan ber-AC terlalu lama. Nah, pemakaian body lotion bisa memberikan kelembapan dan hidrasi sehingga kulit Anda kembali normal.


Akan tetapi, apabila kulit Anda kering karena faktor genetik atau gangguan bawaan, body lotion hanya melembapkan sementara waktu saja. Kulit yang tidak bisa menghasilkan NMF tentu tidak bisa terasa lembut dengan sendirinya tanpa bantuan pelembap. Oleh sebab itu, Anda perlu selalu mengaplikasikan pelembap untuk menjaga kelembapannya. 

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Jika kulit kering dibiarkan dalam waktu lama, kulit akan berisiko mengalami dermatitis asteatotik (eksim).

Cara memilih Lotion untuk Kulit Kering

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah body lotion efektif untuk mengatasi kulit kering? Efektivitas lotion dalam mengatasi kulit kering terletak pada konsistensi pemakaian dan pemilihan produk yang tepat. Untuk lebih jelasnya, silakan simak ulasan berikut ini.

1

Cari yang mengandung pelembap dengan kombinasi emolien, humektan, dan oklusif sebagai pilihan ideal untuk merawat kulit kering dan bersisik

Cari yang mengandung pelembap dengan kombinasi emolien, humektan, dan oklusif sebagai pilihan ideal untuk merawat kulit kering dan bersisik

Kulit kering umumnya memang cenderung bersisik. Hal ini terutama jika bagian kulit tersebut kerap mengalami gesekan atau terkena air, misalnya bagian telapak kaki. Selain itu, beberapa gangguan seperti dermatitis atopik atau ichthyosis juga bisa menyebabkan kulit terlihat pecah-pecah. Hal ini disebabkan oleh kondisi kulit yang kekurangan NMF (pelembap alami kulit) dan dehidrasi. 


Untuk merawat kulit kering, Anda perlu kombinasi tiga jenis pelembap, yaitu emolien, humektan, dan oklusif. Berikut ini karakteristik dari ketiganya.


  • Emolien

Pelembap emolien berperan penting untuk skin barrier repair atau memperbaiki pelindung kulit yang rusak. Beberapa contoh pelembap emolien adalah ceramide, fatty acids, dan kolesterol


  • Humektan

Humektan berfungsi untuk menarik molekul air ke dalam kulit agar kulit tetap terhidrasi. Beberapa contoh pelembap humektan adalah glycerin, hyaluronic acid atau sodium hyaluronate, urea, dan AHA. Namun, AHA atau alpha hydroxy acid tidak boleh dalam konsentrasi yang terlalu tinggi karena justru bisa mengakibatkan kulit kering. 


  • Oklusif

Pelembap oklusif berperan mencegah penguapan air dan menjaga hidrasi kulit. Beberapa contohnya meliputi petrolatum, soybean oil, shea butter, cocoa butter, beeswax, dan paraffin. Beberapa jenis minyak, seperti jojoba oil, sunflower oil, dan mineral oil, juga termasuk pelembap oklusif. 


Berikut ini contoh daftar komposisi body lotion yang mengandung ketiga jenis pelembap di atas.
Aqua, glycerin (1), stearic acid, cetyl alcohol, cetearyl glucoside, propanediol, Butyrospermum parkii butter (2), Olea europaea (olive) fruit oil (3), Cocos nucifera (coconut) oil (4), Oryza sativa (rice) bran oil, ceteareth-25, behenic acid, allantoin, sodium hyaluronate (5), Aloe barbadensis leaf juice, chlorphenesin, cholesterol, ceramide EOP, ceramide EOS, ceramide NP, ceramide NS, ceramide AP (6), _____, caccharide isomerate.

Keterangan:
(1) dan (5) = Humektan
(2), (3), dan (4) = Oklusif
(6) = Emolien atau barrier repair

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina
Jika Anda sulit menemukan body lotion dengan tiga jenis pelembap, pilih saja yang mengandung dua jenis pelembap. Misalnya, Anda bisa memilih body lotion yang mengandung emolien dan humektan.


Namun, apabila kulit banyak terpapar sinar matahari, sebaiknya pilih yang mengandung humektan dan oklusif. Alasannya, paparan sinar matahari bisa menyebabkan penguapan air dari permukaan kulit atau transepidermal water loss (TEWL). 

Jika kulit Anda sangat kering, utamakan body cream atau body butter dibandingkan lotion

Jika kulit Anda sangat kering, utamakan body cream atau body butter dibandingkan lotion

Dari sisi kenyamanan, lotion memang lebih nyaman karena umumnya tidak meninggalkan rasa lengket di kulit. Akan tetapi, kemampuan moisturizing-nya lebih rendah dibandingkan krim yang teksturnya thick. Pelembap badan bertekstur krim, seperti body butter, biasanya bisa menjaga kelembapan kulit lebih lama.


Oleh sebab itu, jika kondisi kulit Anda sangat kering, sebaiknya pilih pelembap yang berbentuk krim atau ointment. Jenis pelembap ini lebih efektif untuk melembapkan kulit. Di sisi lain, jika kulit Anda tidak kering parah, Anda masih bisa memilih body lotion. Namun, pastikan terdapat klaim intensive care atau nourishing


Ingin mengetahui lebih lanjut tentang body butter? Yuk, langsung cek saja artikel di bawah ini!

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina
Lotion adalah produk yang dibuat dari campuran minyak dan air, dengan air sebagai kandungan utamanya. Karena itu, lotion hampir pasti memiliki tekstur yang ringan dan mudah meresap. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi mencari klaim atau label 'formula ringan', 'light weight', atau sejenisnya.
2

Pilih body lotion yang mengandung exfoliating agent untuk kulit kering dan kusam serta brightening agent untuk noda hitam dan warna kulit tidak merata atau belang

Kulit yang kusam kerap menjadi masalah bagi banyak orang. Apabila Anda memiliki masalah kulit kusam dan kering, tentunya pemilihan body lotion harus diperhatikan. Exfoliating agent dan brightening agent adalah komponen yang sebaiknya ada untuk merawat kulit kering dan kusam. 

Kandungan exfoliating agent seperti AHA, pilihan utama untuk mencerahkan kulit kusam

Kandungan exfoliating agent seperti AHA, pilihan utama untuk mencerahkan kulit kusam

Sebenarnya, kulit memiliki kemampuan untuk eksfoliasi secara mandiri. Kulit yang sehat akan mengalami regenerasi setiap 28 hari sekali. Pada proses ini, kulit lama akan digantikan oleh kulit baru yang lebih plump, cerah, dan sehat. Apabila proses regenerasi kulit tidak merata atau terjadi lebih dari 28 hari, sel-sel kulit mati akan menumpuk. Penumpukan sel-sel kulit mati inilah yang membuat kulit tampak kusam. 


Karenaa itu, untuk kulit kering dan kusam, carilah body lotion dengan tambahan exfoliating agent seperti AHA (Alpha Hydroxy Acid). Fungsinya adalah untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Beberapa contoh AHA di dalam body lotion meliputi glycolic acid, citric acid, lactic acid, dan malic acid. Konsentrasi AHA yang aman digunakan dalam perawatan harian, termasuk untuk pemula, adalah 10%. Jika tersedia, Anda juga bisa membeli body lotion yang mengandung exfoliating agent dan brightening agent


Berikut ini contoh body lotion dengan kandungan exfoliating dan brightening agent.
Aqua, glycerin (1), isopropyl myristate, niacinamide (2), isohexadecane, paraffinum liquidum (3), cetearyl alcohol, carbomer, phenoxyethanol, glyceryl monostearate, kojic acid dipalmitate (4), alpha arbutin (5), lactic acid (6), citrus lemon fruit extract (7), triethanolamine, sodium metabisulfite, glycolic acid (8), citric acid (9), malic acid (10), ____, CI 19140

Keterangan:
(1) = Humektan
(2), (4), dan (5) = Brightening agent
(3) = Oklusif
(6), (7), (8), (9), dan (10) = Exfoliating agent/AHA

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Sebelum menggunakan body lotion yang mengandung exfoliating agent, periksalah sensitivitas kulit Anda terlebih dahulu. Untuk menghindari iritasi, Anda bisa menggunakan body lotion yang mengandung AHA 1-2 kali dalam seminggu. Selebihnya, silakan pakai body lotion tanpa kandungan exfoliating agent.

Untuk hiperpigmentasi dan warna kulit tidak merata, utamakan brightening agent: Alpha arbutin, glutathione, ubiquinone, kojic acid, atau vitamin C

Untuk hiperpigmentasi dan warna kulit tidak merata, utamakan brightening agent: Alpha arbutin, glutathione, ubiquinone, kojic acid, atau vitamin C

Selain kusam, beberapa orang mungkin mengalami masalah warna kulit yang tidak merata. Lalu, ada juga yang memiliki noda hitam bekas luka di badan. Jika Anda mengalami masalah serupa, pertimbangkan body lotion yang dilengkapi brightening agent. Beberapa contoh brightening agent antara lain:


  • Niacinamide
  • Arbutin
  • Glutathione
  • Ubiquinone
  • Kojic acid
  • Licorice extract
  • Vitamin C (biasanya ditulis sebagai senyawa ascorbyl atau ascorbic)
  • Mulberry extract
  • Pycnogenol
  • Recorcinol
  • Retinol
  • Soy

Biasanya, produsen menggabungkan beberapa komponen brightening agent. Hal ini dilakukan agar lotion lebih optimal dalam mencerahkan kulit, terutama untuk mengatasi hiperpigmentasi dengan memutus jalur pigmen melanin. Di pasaran juga banyak body lotion yang mengandung brightening agent dari bahan alami, misalnya vitamin C dan pomegranate extract. Hanya saja, perlu waktu lebih lama sampai hasilnya terlihat bila Anda memilih kandungan alami. 

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Brightening agent yang berasal dari bahan alami cenderung kurang stabil. Efeknya pun tidak seefektif bahan sintetis yang sudah terukur konsentrasinya untuk memberikan hasil yang diharapkan.

3

Agar kulit tidak makin kering dan kusam, gunakan body lotion yang minimal dilengkapi SPF 30 dan PA+++ atau broad spectrum

Agar kulit tidak makin kering dan kusam, gunakan body lotion yang minimal dilengkapi SPF 30 dan PA+++ atau broad spectrum

Salah satu penyebab warna kulit tidak merata atau belang adalah paparan sinar matahari. Lama-kelamaan, flek hitam bisa bermunculan dan kulit pun menjadi gelap. Itu sebabnya Anda membutuhkan lotion dengan UV protection. Apalagi umumnya kulit menjadi sensitif terhadap paparan sinar matahari setelah menggunakan brightening agent


Anda bisa memilih body lotion yang mengandung brightening agent serta dilengkapi SPF 30 dan PA+++. Apabila tidak ada tanda PA, carilah label broad spectrum atau spektrum luas yang melindungi kulit dari UVA dan UVB. Dalam komposisi, Anda bisa mencari titanium dioxide sebagai salah satu broad spectrum UV protection yang lazim ada dalam body lotion.


Di pasaran, Anda juga mungkin menemukan body lotion dengan klaim double atau triple protection. Biasanya, produk ini dilengkapi antioksidan sehingga bisa melindungi kulit Anda dari blue light yang memicu penuaan dini. Sebagai informasi, blue light dipancarkan oleh digital screen dan memiliki spektrum yang sama dengan UVA.


Jika body lotion Anda belum dilengkapi UV protection, Anda perlu menggunakan body lotion dan diikuti dengan sunscreen untuk badan. Body lotion dengan UV protection tentu akan memudahkan Anda karena dalam satu produk sudah ada pelembap sekaligus UV protection. Jadi, Anda tidak perlu lagi menggunakan produk berlapis-lapis.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina
Produk berlabel "sunscreen for body" berarti hanya melindungi dari UV saja. Oleh sebab itu, Anda tetap memerlukan body lotion sebagai pelembap. Selain kurang praktis, Anda mungkin merasakan sensasi lengket saat menggunakan sunscreen tersebut karena mineral oil-nya cukup tinggi.

Pada malam hari, kandungan sunscreen tidak dibutuhkan. Jadi, Anda cukup menggunakan body lotion yang mengandung pelembap dan bahan pencerah saja. Meski demikian, tidak masalah apabila Anda ingin menggunakan body lotion yang sama untuk pagi dan malam hari. Berbeda dengan sunscreen  wajah yang berisiko menimbulkan komedo, penggunaan kandungan UV protection pada badan relatif jarang menimbulkan masalah.
4

Bagi Anda yang kulitnya kering dan sensitif atau terasa gatal, utamakan body lotion yang bebas iritan dan mengandung soothing agent, seperti Cica, chamomile, Aloe vera, allantoin, atau colloidal oatmeal

Anda yang memiliki kulit kering dan sensitif tentunya perlu memperhatikan kandungan dari body lotion yang dipakai. Pastikan bahwa body lotion tidak mengandung zat iritan seperti pewangi dan minyak esensial. Selain itu, sebaiknya produk yang dipakai mengandung soothing agent

Fragrance dan essential oil, sebaiknya dihindari oleh pemilik kulit kering dan sensitif

Fragrance dan essential oil, sebaiknya dihindari oleh pemilik kulit kering dan sensitif
Fragrance dan essential oil diketahui sebagai bahan yang rentan memicu iritasi. Idealnya, pemilik kulit sensitif menggunakan body lotion tanpa pewangi. Sayangnya, kebanyakan body lotion di pasaran mengandung fragrance.

Meski begitu, Anda masih bisa menggunakan body lotion tersebut asalkan aromanya tidak menyengat. Selain itu, lakukan patch test terlebih dahulu untuk melihat reaksi kulit. Oleskan sedikit body lotion di area tangan bagian dalam dan biarkan selama beberapa saat. Idealnya, Anda mengulang proses ini selama 2 minggu untuk memastikan kandungan dalam body lotion aman untuk Anda.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina
Di pasaran, Anda mungkin menemukan body lotion yang dilengkapi keterangan pH. Produk perawatan kulit sebaiknya memang memiliki pH yang mendekati pH alami kulit. Meski begitu, poin ini tidak menjadi acuan utama dalam pemilihan body lotion.

Centella asiatica, chamomile, Aloe vera, allantoin, atau colloidal oatmeal, membantu meredakan inflamasi dan gatal

Centella asiatica, chamomile, Aloe vera, allantoin, atau colloidal oatmeal, membantu meredakan inflamasi dan gatal
Iritasi merupakan bagian dari reaksi inflamasi. Apabila ada peradangan atau rasa gatal di kulit Anda, sebaiknya pilih body lotion yang dilengkapi soothing agent untuk menenangkannya. Beberapa kandungan soothing agent yang sering dijadikan sebagai bahan aktif, antara lain:

  • Cica atau Centella asiatica
  • Chamomile
  • Aloe vera
  • Allantoin
  • Colloidal oatmeal


Berikut ini contoh daftar komposisi body lotion yang mengandung Centella asiatica, allantoin, dan Aloe vera sebagai soothing agent.


Aquadest, glycerin, stearic acid, cetyl alcohol, cetearyl glucoside, propanediol, Butyrospermum parkii (shea) butter, Olea europaea (olive) oil, Cocos nucifera (coconut) oil, Helianthus annuus (sunflower) seed oil, Centella asiatica extract, allantoin, sodium hyaluronate, cera alba (beeswax), Aloe barbadensis leaf extract, Rosa damascena flower oil, niacinamide, goats milk extract, chlorphenesin, xanthan gum, sodium PCA, kalium hidroksida

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Lotion untuk Kulit Kering Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Lotion untuk Kulit Kering terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 27 Desember 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Pelembap emolien
Pelembap humektan
Pelembap oklusif
Nilai SPF
Nilai PA
Klaim broadspectrum
Blue light protection
Exfoliating agent
Brightening agent
Soothing agent
Untuk kulit sensitif
Pewangi
Pilihan ukuran
BPOM
1

Unilever

Vaseline Intensive Care Aloe Soothe Lotion

Unilever Vaseline Intensive Care Aloe Soothe Lotion 1

Rp18.400

Agak Murah

Mampu menyegarkan kulit hingga 24 jam

Stearic acid, palmitic acid, isopropyl myristate, cetyl alcohol, dimethicone, glyceryl stearate, glycol stearate

Glycerin, Aloe barbadensis leaf juice powder, lactic acid

Petrolatum, paraffinum liquidum

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Lactic acid

Tidak diketahui

Aloe barbadensis leaf juice powder

100 ml, 200 ml, 400 ml

NA18150100517

2

Beiersdorf

NIVEA Body Lotion Extra White Instant Glow

 Beiersdorf NIVEA Body Lotion Extra White Instant Glow 1

Rp34.000

Menengah

Tampilkan kecantikan alami kulitmu dengan kilau instan dan kelembapan ekstra

C12-15 alkyl benzoate, cyclomethicone, myrciaria dubia fruit juice

Glycerin, propylene glycol, glyceryl glucoside

Vitis vinifera seed oil

15

PA+

Citric acid

Glycyrrhiza glabra root extract

Glycyrrhiza glabra root extract

Tidak diketahui

100 ml, 200 ml, 400 ml

NA18170105797

3

Johnson & Johnson

Aveeno Skin Relief Moisturizing Lotion

Johnson & Johnson Aveeno Skin Relief Moisturizing Lotion 1

Rp104.000

Menengah

Mampu tenangkan rasa gatal dan kemerahan

Isopropyl palmitate, cetyl alcohol, dimethicone, Avena sativa (oat) kernel flour

Glycerin

Petrolatum, shea butter, stearyl alcohol, myristyl alcohol

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Avena sativa (oat) kernel flour, Avena sativa (oat) kernel extract

71 ml, 354 ml

NA26220100069

4

Galderma

Cetaphil Daily Advance Ultra Hydrating Lotion

Galderma Cetaphil Daily Advance Ultra Hydrating Lotion 1

Rp240.000

Agak Mahal

Hypoallergenic dan noncomedogenic, sahabat si kulit sensitif

Hydrogenated polyi, cetearyl alcohol, cyclopentasiloxane, macadamia seed oil, stearoxytrimethylsilane, stearyl alcohol

Glycerin, panthenol

Butyrospermum parkii butter

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Citric acid

Tidak diketahui

Panthenol

85 g

NE11160101847

5

Barclay Products

Marina Natural Antibacterial Rich Moisturizing

Barclay Products Marina Natural Antibacterial Rich Moisturizing 1

Rp5.400

Lebih Murah

Mengunci kelembapan dan melindungi kulit dari bakteri

Dimethicone, myristyl myristate

Glycerin

Petrolatum, avocado oil, olive oil

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Stearic acid

Tidak diketahui

Allantoin, panthenol

Tidak diketahui

105 ml, 185 ml, 313 ml, 475 ml

NA18210107199

6

Darya-Varia Laboratoria

Natur-E Daily Nourishing-Moisturizing Hand & Body Lotion

Darya-Varia Laboratoria Natur-E Daily Nourishing-Moisturizing Hand & Body Lotion  1

Rp18.000

Agak Murah

Dilengkapi vitamin E-beads yang unik, mudah merata ke kulit!

Vitamin E beads, seed oil

Glycerin

Paraffinum liquidum

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Lactic acid

Niacinamide

Tidak diketahui

Tidak diketahui

100 ml, 245 ml

NA18190122053

7

Carmed

Ultimate Essence Moisturizing Lotion

Carmed Ultimate Essence Moisturizing Lotion 1

Rp44.000

Menengah

Mengandung natural moisturizing factors untuk merawat kulit kering dan pecah-pecah

Hydrogenated polyisobutene, isopropyl palmitate

Urea, propylene glycol, glycerin, lactic acid

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Niacinamide

Niacinamide

Tidak diketahui

Tidak diketahui

50 ml, 100 ml

NA18150103861

8

Garnier

Bright Complete Brightening Serum Milk UV Body Lotion Skin Care

Garnier Bright Complete Brightening Serum Milk UV Body Lotion Skin Care 1

Rp84.000

Menengah

Solusi lengkap untuk membuat kulit cerah, sehat, dan terlindungi dari sinar matahari

Dimethicone, palmitic acid

Glycerin

Paraffinum liquidum

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Salicylic acid, stearic acid

Lemon fruit extract

Tidak diketahui

Tidak diketahui

400 ml

NA18190100352

9

Sebapharma

Sebamed Anti-Dry Hydrating Body Lotion

Sebapharma Sebamed Anti-Dry Hydrating Body Lotion 1

Rp300.000

Lebih Mahal

Atasi kulit kering dan rusak akibat beragam penyakit

Dicaprylyl ether, brassica campestris sterols

Glycerin

Butyrospermum parkii butter

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Lactic acid

Tidak diketahui

Tidak diketahui

200 ml

NC16110102961

10

Stiefel

Physiogel Daily Moisture Therapy Body Lotion

Stiefel Physiogel Daily Moisture Therapy Body Lotion 1

Rp123.800

Agak Mahal

Rasakan kelembapan tanpa iritasi, hadirkan kilau sehat pada kulit sensitifmu setiap hari!

Caprylic/capric triglyceride, hydrogenated lecithin, caprylyl glycol, squalane

Glycerin, pentylene glycol, caprylyl glycol

Cocos nucifera oil, Elaeis guineensis oil, Butyrospermum parkii butter, Olea europaea fruit oil

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

100 ml, 200 ml

NA49210100018

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

UnileverVaseline Intensive Care Aloe Soothe Lotion

Vaseline Intensive Care Aloe Soothe Lotion 1
Sumber: vaseline.com
Vaseline Intensive Care Aloe Soothe Lotion 2
Sumber: shopee.co.id
Vaseline Intensive Care Aloe Soothe Lotion 3
Sumber: shopee.co.id
Vaseline Intensive Care Aloe Soothe Lotion 4
Sumber: shopee.co.id
Vaseline Intensive Care Aloe Soothe Lotion 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp18.400
Agak Murah
Harga referensi
Rp18.400
Agak Murah

Mampu menyegarkan kulit hingga 24 jam

Body lotion Vaseline Aloe vera ini pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan kulit terasa lembap dan segar seharian. Ekstrak lidah buayanya mampu menghidrasi kulit sehingga kesehatan kulit akan tetap terjaga. 


Bagi Anda yang mengalami kulit merah karena iritasi, formula body lotion ini efektif untuk meredakannya. Produk ini juga memiliki wangi enak dan segar sehingga cocok bagi Anda yang tidak menyukai losion dengan wangi mencolok.

Pelembap emolienStearic acid, palmitic acid, isopropyl myristate, cetyl alcohol, dimethicone, glyceryl stearate, glycol stearate
Pelembap humektanGlycerin, Aloe barbadensis leaf juice powder, lactic acid
Pelembap oklusifPetrolatum, paraffinum liquidum
Nilai SPFTidak diketahui
Nilai PATidak diketahui
Klaim broadspectrumTidak diketahui
Blue light protection
Exfoliating agentLactic acid
Brightening agentTidak diketahui
Soothing agentAloe barbadensis leaf juice powder
Untuk kulit sensitif
Pewangi
Pilihan ukuran100 ml, 200 ml, 400 ml
BPOMNA18150100517
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

BeiersdorfNIVEA Body Lotion Extra White Instant Glow

Harga referensi
Rp34.000
Menengah

Tampilkan kecantikan alami kulitmu dengan kilau instan dan kelembapan ekstra

NIVEA Body Lotion Extra White Instant Glow memberikan pengalaman perawatan kulit istimewa dengan formula inovatifnya. Diperkaya dengan ekstrak licorice dan vitamin C, lotion ini memberikan kelembapan optimal, meratakan warna kulit, dan memberikan kilau instan. Teksturnya ringan dan mudah meresap, memberikan sentuhan lembut dan nyaman pada kulit.

Produk ini cocok digunakan oleh Anda yang menginginkan kulit tampak lebih cerah, merata, dan bercahaya. Ideal untuk semua jenis kulit, lotion ini memberikan hasil instan yang membuat kulit terlihat lebih sehat. Dapatkan kulit berkilau setiap hari dengan NIVEA Body Lotion Extra White Instant Glow.

Pelembap emolienC12-15 alkyl benzoate, cyclomethicone, myrciaria dubia fruit juice
Pelembap humektanGlycerin, propylene glycol, glyceryl glucoside
Pelembap oklusifVitis vinifera seed oil
Nilai SPF15
Nilai PAPA+
Klaim broadspectrum
Blue light protection
Exfoliating agentCitric acid
Brightening agentGlycyrrhiza glabra root extract
Soothing agentGlycyrrhiza glabra root extract
Untuk kulit sensitifTidak diketahui
Pewangi
Pilihan ukuran100 ml, 200 ml, 400 ml
BPOMNA18170105797
View all
No.3

Johnson & JohnsonAveeno Skin Relief Moisturizing Lotion

Harga referensi
Rp104.000
Menengah

Mampu tenangkan rasa gatal dan kemerahan

Anda memiliki kulit superkering atau sensitif yang sering kali disertai gatal? Lotion pelembap kulit Aveeno ini bisa Anda jadikan pilihan. Selain cepat meresap, produk ini juga diklaim dapat melembapkan kulit selama 24 jam. Jika Anda sering berada di ruangan ber-AC, Anda dapat mengandalkan lotion ini untuk melindungi kulit Anda dari kekeringan.

Pelembap emolienIsopropyl palmitate, cetyl alcohol, dimethicone, Avena sativa (oat) kernel flour
Pelembap humektanGlycerin
Pelembap oklusifPetrolatum, shea butter, stearyl alcohol, myristyl alcohol
Nilai SPFTidak diketahui
Nilai PATidak diketahui
Klaim broadspectrum
Blue light protectionTidak diketahui
Exfoliating agentTidak diketahui
Brightening agentTidak diketahui
Soothing agentAvena sativa (oat) kernel flour, Avena sativa (oat) kernel extract
Untuk kulit sensitif
Pewangi
Pilihan ukuran71 ml, 354 ml
BPOMNA26220100069
View all
No.4

GaldermaCetaphil Daily Advance Ultra Hydrating Lotion

Harga referensi
Rp240.000
Agak Mahal

Hypoallergenic dan noncomedogenic, sahabat si kulit sensitif

Cetaphil Daily Advance Ultra Hydrating Lotion ini sesuai untuk Anda yang mencari produk dengan formula hypoallergenic dan noncomedogenic. Produk ini diklaim mampu melindungi kulit sensitif dari masalah lapisan kelembapan terganggu, dehidrasi, kasar, kaku, dan tidak nyaman.

Ketahanan kulit sensitif juga meningkat saat Anda memakai lotion ini. Hal tersebut karena adanya kombinasi antara shea butter, niacinamide, panthenol, dan glycerin yang telah teruji secara ilmiah. Jadi, Anda tak perlu khawatir lagi dengan kulit kering sensitif Anda!

Pelembap emolienHydrogenated polyi, cetearyl alcohol, cyclopentasiloxane, macadamia seed oil, stearoxytrimethylsilane, stearyl alcohol
Pelembap humektanGlycerin, panthenol
Pelembap oklusifButyrospermum parkii butter
Nilai SPFTidak diketahui
Nilai PATidak diketahui
Klaim broadspectrum
Blue light protectionTidak diketahui
Exfoliating agentCitric acid
Brightening agentTidak diketahui
Soothing agentPanthenol
Untuk kulit sensitif
Pewangi
Pilihan ukuran85 g
BPOMNE11160101847
View all
No.5

Barclay ProductsMarina Natural Antibacterial Rich Moisturizing

Harga referensi
Rp5.400
Lebih Murah

Mengunci kelembapan dan melindungi kulit dari bakteri

Marina Natural Antibacterial Rich Moisturizing diformulasikan untuk melembapkan kulit sekaligus melindunginya dari bakteri. Dengan pemakaian teratur, kandungan zaitun, alpukat, dan vitamin E di dalamnya dapat mengunci kelembapan kulit hingga 24 jam! Untuk melindungi kulit dari bakteri, body lotion ini memiliki kandungan tea tree oil sebagai antibacterial.


Dengan harga yang terjangkau, produk ini tersedia dalam berbagai kemasan, mulai dari 105 ml hingga 475 ml. Baik untuk dibawa bepergian maupun pemakaian di rumah, Anda bisa menyesuaikannya sesuai bujet dan kebutuhan.

Pelembap emolienDimethicone, myristyl myristate
Pelembap humektanGlycerin
Pelembap oklusifPetrolatum, avocado oil, olive oil
Nilai SPFTidak diketahui
Nilai PATidak diketahui
Klaim broadspectrum
Blue light protectionTidak diketahui
Exfoliating agentStearic acid
Brightening agentTidak diketahui
Soothing agentAllantoin, panthenol
Untuk kulit sensitifTidak diketahui
Pewangi
Pilihan ukuran105 ml, 185 ml, 313 ml, 475 ml
BPOMNA18210107199
View all
No.6

Darya-Varia LaboratoriaNatur-E Daily Nourishing-Moisturizing Hand & Body Lotion

Harga referensi
Rp18.000
Agak Murah

Dilengkapi vitamin E-beads yang unik, mudah merata ke kulit!

Natur-E merupakan salah satu merek body lotion yang populer untuk urusan merawat kulit kering. Varian Daily Nourishing-Moisturizing ini salah satunya. Selain melembapkan, produk ini juga bisa merawat elastisitas dan kelembutan kulit Anda.


Lotion ini cukup unik karena mengandung vitamin E yang dimanifestasikan dalam bentuk beads. Saat lotion diaplikasikan, beads pun dapat diratakan dengan cepat di kulit tanpa menyisakan residu yang mengganggu.

Pelembap emolienVitamin E beads, seed oil
Pelembap humektanGlycerin
Pelembap oklusifParaffinum liquidum
Nilai SPFTidak diketahui
Nilai PATidak diketahui
Klaim broadspectrum
Blue light protectionTidak diketahui
Exfoliating agentLactic acid
Brightening agentNiacinamide
Soothing agentTidak diketahui
Untuk kulit sensitifTidak diketahui
Pewangi
Pilihan ukuran100 ml, 245 ml
BPOMNA18190122053
View all
No.7

CarmedUltimate Essence Moisturizing Lotion

Harga referensi
Rp44.000
Menengah

Mengandung natural moisturizing factors untuk merawat kulit kering dan pecah-pecah

Produk dari Carmed ini bisa dipertimbangkan oleh Anda yang mencari lotion untuk kulit kering dan pecah-pecah. Kandungan natural moisturizing factors pada produk ini menjadikan masalah telapak kaki pecah-pecah bisa diatasi dengan mudah.


Pelembap badan ini juga mampu mengatasi kulit kering, kasar, dan bersisik karena mengandung lactic acid dan urea. Dengan rutin menggunakan produk ini, tumit, lutut, dan siku Anda akan tampak lebih lembap dan sehat.

Pelembap emolienHydrogenated polyisobutene, isopropyl palmitate
Pelembap humektanUrea, propylene glycol, glycerin, lactic acid
Pelembap oklusifTidak diketahui
Nilai SPFTidak diketahui
Nilai PATidak diketahui
Klaim broadspectrum
Blue light protection
Exfoliating agentNiacinamide
Brightening agentNiacinamide
Soothing agentTidak diketahui
Untuk kulit sensitifTidak diketahui
Pewangi
Pilihan ukuran50 ml, 100 ml
BPOMNA18150103861
View all
No.8

GarnierBright Complete Brightening Serum Milk UV Body Lotion Skin Care

Harga referensi
Rp84.000
Menengah

Solusi lengkap untuk membuat kulit cerah, sehat, dan terlindungi dari sinar matahari

Garnier Bright Complete Brightening Serum Milk UV Body Lotion merupakan solusi lengkap untuk kulit cerah dan sehat. Dengan kandungan Vitamin C dan serum milk, lotion ini mampu melembapkan dan mencerahkan kulit secara bertahap.

Melindungi dari sinar UV, formula dalam produk ini menjaga kulit dari kerusakan akibat paparan matahari. Produk ini ideal untuk Anda yang menginginkan kulit lebih cerah, lembut, dan terlindungi dari sinar matahari. Dapatkan hasil yang memukau dengan Garnier Bright Complete Brightening Serum Milk UV Body Lotion.

Pelembap emolienDimethicone, palmitic acid
Pelembap humektanGlycerin
Pelembap oklusifParaffinum liquidum
Nilai SPFTidak diketahui
Nilai PATidak diketahui
Klaim broadspectrum
Blue light protectionTidak diketahui
Exfoliating agentSalicylic acid, stearic acid
Brightening agentLemon fruit extract
Soothing agentTidak diketahui
Untuk kulit sensitifTidak diketahui
Pewangi
Pilihan ukuran400 ml
BPOMNA18190100352
View all
No.9

SebapharmaSebamed Anti-Dry Hydrating Body Lotion

Harga referensi
Rp300.000
Lebih Mahal

Atasi kulit kering dan rusak akibat beragam penyakit

Produk ini menggabungkan emulsi air di dalam minyak dan 13% lipids. Dengan begitu, proses regenerasi kulit yang kering dan rusak pun menjadi lebih cepat. Perpaduan kandungannya mampu meringankan iritasi kulit sekaligus menjadikannya lembut dan halus.


Kandungan pH netral dari lotion ini menjadikannya aman untuk mengatasi kulit kering akibat berbagai penyakit. Kulit Anda kering akibat alergi, efek kemoterapi, eczema, atau psoriasis? Cobalah produk ini untuk mendapatkan kembali kulit yang lebih sehat.

Pelembap emolienDicaprylyl ether, brassica campestris sterols
Pelembap humektanGlycerin
Pelembap oklusifButyrospermum parkii butter
Nilai SPFTidak diketahui
Nilai PATidak diketahui
Klaim broadspectrum
Blue light protectionTidak diketahui
Exfoliating agentLactic acid
Brightening agentTidak diketahui
Soothing agentTidak diketahui
Untuk kulit sensitif
Pewangi
Pilihan ukuran200 ml
BPOMNC16110102961
View all
No.10

StiefelPhysiogel Daily Moisture Therapy Body Lotion

Harga referensi
Rp123.800
Agak Mahal

Rasakan kelembapan tanpa iritasi, hadirkan kilau sehat pada kulit sensitifmu setiap hari!

Physiogel Daily Moisture Care Lotion adalah solusi terbaik untuk kulit kering dan sensitif. Dengan formula hypoallergenic, lotion ini memberikan kelembapan intensif tanpa menyebabkan iritasi. Kandungan BioMimic Technology menjaga kelembapan alami kulit, memperkuat penghalang kulit, dan mengurangi risiko reaksi alergi. Teksturnya yang ringan dan cepat meresap membuatnya nyaman digunakan pada kulit sensitif.

Produk ini memberikan kelembapan sepanjang hari serta membuat kulit tampak sehat dan terawat. Anda yang ingin melembapkan kulit tanpa menyebabkan reaksi berlebihan dapat memilih body lotion ini. Physiogel Daily Moisture Care Lotion adalah pilihan tepercaya untuk perawatan kulit kering dan sensitif sehari-hari.

Pelembap emolienCaprylic/capric triglyceride, hydrogenated lecithin, caprylyl glycol, squalane
Pelembap humektanGlycerin, pentylene glycol, caprylyl glycol
Pelembap oklusifCocos nucifera oil, Elaeis guineensis oil, Butyrospermum parkii butter, Olea europaea fruit oil
Nilai SPFTidak diketahui
Nilai PATidak diketahui
Klaim broadspectrum
Blue light protectionTidak diketahui
Exfoliating agentTidak diketahui
Brightening agentTidak diketahui
Soothing agentTidak diketahui
Untuk kulit sensitif
Pewangi
Pilihan ukuran100 ml, 200 ml
BPOMNA49210100018
View all

5 Rekomendasi Lotion untuk Kulit Kering terbaik

No. 1: UnileverVaseline Intensive Care Aloe Soothe Lotion

No. 2: BeiersdorfNIVEA Body Lotion Extra White Instant Glow

No. 3: Johnson & JohnsonAveeno Skin Relief Moisturizing Lotion

No. 4: GaldermaCetaphil Daily Advance Ultra Hydrating Lotion

No. 5: Barclay ProductsMarina Natural Antibacterial Rich Moisturizing

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan badan
  4. 10 Rekomendasi Lotion untuk Kulit Kering Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.