• 10 Rekomendasi Lotion Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Lotion Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Lotion Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Lotion Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Lotion Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Lotion Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)

Kulit kering merupakan persoalan penting yang harus ditangani. Jika dibiarkan, hal tersebut bisa menyebabkan masalah yang serius seperti kulit kasar, bersisik, kemerahan, dan gatal. Kulit kering bisa diatasi dengan perawatan dari luar, yaitu memakai lotion khusus untuk kulit kering. Namun, manakah lotion yang paling cocok untuk kulit Anda? 

Kami akan memandu Anda menemukan lotion yang bagus untuk kulit kering. Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Firda N. Kusdwiharto, juga turut memberikan komentarnya di artikel ini. Kami juga mempunyai rekomendasi produk dari merk ternama seperti Vaseline, Nivea, dan Cetaphil. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Firda Nurharini
Priskila Gloria
Rinda Arista
Nathania Immanuela T
  • Pembaharuan terakhir: 09 Juni 2021
  • 176.446 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Firda N. Kusdwiharto

Berkolaborasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Firda N. Kusdwiharto

Dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Airlangga ini lebih dikenal sebagai "Dokterkulit Firda". Anggota PERDOSKI dan owner Hafira Skincare Surabaya dan Bangil, Pasuruan ini sering menjadi speaker dalam organisasi profesi dan organisasi sosial.


Melalui berbagai majalah populer tanah air, dokter Firda gencar mengedukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin serta dunia estetika anti-aging. Pemilik channel YouTube bernama "Dokterkulit Firda" ini juga aktif sebagai dosen di beberapa universitas.

Kulit kering dan faktor penyebabnya

Kulit kering atau xerosis adalah kondisi ketika kulit mengalami kekurangan cairan pada lapisan paling luarnya. Kondisi ini ditandai dengan gejala khusus seperti permukaan kulit menjadi kasar serta terasa kencang dan kaku seusai mandi. Pada kondisi yang lebih parah, kulit bisa mengelupas, retak, dan berdarah.
Penyebab kulit kering ini sangat beragam, mulai dari faktor genetis (karakter kulit bawaan), penuaan, hingga pemakaian produk yang salah. Di bawah ini, kami akan menjelaskan faktor penyebab kulit kering secara terperinci. Dengan mengetahui faktor penyebab kulit kering, diharapkan Anda bisa melakukan perawatan yang tepat.

Karakter alami kulit yang memang kering

Karakter alami kulit yang memang kering
Setiap orang terlahir dengan karakter kulit yang berbeda. Ada yang berminyak, normal, dan ada juga yang karakter kulitnya kering. Jika memang karakter alami kulit Anda kering, jangan terlalu dipusingkan. Anda bisa melakukan perawatan secara rutin dan berkelanjutan. Selain menggunakan lotion khusus untuk kulit kering, Anda juga harus lebih banyak mengonsumsi buah segar, sayuran, dan air putih guna menghidrasi tubuh.
dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Kulit kering (xerosis) adalah kondisi dermatosis yang paling sering terjadi di semua usia tanpa memandang jenis kelamin. Kondisi ini juga akan makin bertambah pada usia lanjut. Bagian tubuh yang terbuka seperti lengan, tangan, dan kaki adalah bagian yang paling rentan mengalami gangguan ini.

Perubahan cuaca

Perubahan cuaca
Pernahkan Anda pergi ke dataran tinggi dan merasakan kulit berubah menjadi sangat kering? Itu adalah fenomena yang wajar. Kelembapan kulit juga dipengaruhi oleh kelembapan udara. Saat Anda berada di daerah yang kelembapan udaranya rendah atau cuacanya dingin, kulit menjadi kaku.

Kulit kering akibat perubahan cuaca seperti ini akan membaik dengan sendirinya begitu Anda berada di tempat biasanya. Meski begitu, Anda harus tetap memakai lotion tubuh ketika berada di daerah dingin guna menjaga kesehatan kulit.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Kelembapan yang rendah menyebabkan penurunan pertahanan kulit. Akibatnya, kulit menjadi lebih rentan dan kering. Kondisi dengan tingkat kelembapan yang rendah tidak hanya di cuaca dingin saja. Saat musim panas dan saat berada di dekat perapian juga dapat menurunkan kelembapan kulit.

Penuaan dan gaya hidup

Penuaan dan gaya hidup

Tak dapat dimungkiri, pertambahan usia membuat kulit seseorang menjadi makin tipis dan kering. Hal ini wajar mengingat bahwa makin tua, kemampuan tubuh untuk memproduksi beberapa hormon juga berkurang, termasuk hormon yang berfungsi menjaga kelembapan kulit.


Apalagi jika gaya hidup Anda kurang sehat, misalnya kerap bergadang, tidak suka makan buah dan minum air putih, itu akan mempercepat proses penuaan kulit. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan gaya hidup Anda!

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Faktor usia dapat memengaruhi produksi minyak alami pada kulit manusia karena terjadi penurunan hingga 60% seiring dengan penuaan. Selain itu, kebiasaan mandi atau berendam di air panas dalam waktu lama dapat merusak lapisan minyak dan menyebabkan kulit kering.

Pemakaian produk yang kurang tepat

Pemakaian produk yang kurang tepat
Kulit merupakan lapisan pertama tubuh yang akan bersentuhan langsung dengan banyak benda. Kulit yang sensitif biasanya akan mudah kering dan iritasi. Penyebabnya sangat beragam, mulai dari pemakaian sabun dan parfum yang salah, gesekan dengan handuk, hingga gesekan dengan pakaian. 

Bahkan, deterjen untuk mencuci baju pun bisa menjadi penyebab kulit kering dan gatal-gatal. Untuk kasus-kasus seperti ini, selain merawat kulit dengan baik, Anda juga harus mengganti produk yang menyebabkan iritasi tersebut dengan yang lebih aman.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Kulit normal memiliki rentang pH cukup asam yaitu pH 4,55,75. Penggunaan sabun dengan pH yang terlalu basa dapat merusak lapisan kulit sehingga kulit akan lebih mudah kering. Sebaiknya gunakan sabun yang memiliki efek moisturizing seperti sabun bayi.

Cara memilih lotion untuk kulit kering

Sebelum memberikan rekomendasi produk, kami akan menjelaskan beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam memilih lotion. Hal ini semata-mata supaya Anda menemukan produk yang benar-benar sesuai dan mampu melembapkan kulit kering Anda. Mari ketahui poin-poin penting ini!

Pilih produk yang mengandung moisturizer agent

Fungsi utama dari pemakaian lotion adalah untuk menjaga kelembapan kulit. Kelembapan ini didapatkan dari moisturizing agent yang terkandung dalam lotion tersebut. Moisturizer bukanlah agen tunggal, melainkan terdiri dari tiga komponen yang memiliki fungsi sendiri-sendiri. Berikut ini penjelasannya!

Emollient, untuk melembapkan dan melembutkan kulit

Emollient, untuk melembapkan dan melembutkan kulit
Emollient merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut berbagai zat yang mampu melembapkan dan melembutkan kulit. Cara kerja zat ini adalah dengan mengisi celah dan kerak yang ada pada sel-sel kulit. Emollient akan menjadikan kulit lembut, kenyal, dan juga lembap.

Sayangnya, zat ini tidak bisa bertahan lama sehingga harus digabungkan dengan occlusive yang mampu mengunci kelembapan kulit. Emollient bisa didapatkan dari plant oil, mineral oil, shea butter, cocoa butter, petrolatum, ceramide, dan masih banyak yang lainnya.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Emollient adalah terapi yang paling efektif untuk mengatasi masalah kulit kering. Emollient dapat berbentuk sebagai krim, gel, dan lotion. Penggunaan emollient disarankan jika Anda memiliki kulit kering dan kasar. Penggunaan emollient juga dapat dijadikan sebagai rutinitas skincare. Bahan emollient jarang menyebabkan iritasi.

Occlusive, untuk mengunci kelembapan kulit

Occlusive, untuk mengunci kelembapan kulit
Occlusive merupakan moisturizer agent yang memberikan lapisan pelindung sehingga mencegah berkurangnya kadar air dalam kulit. Jika emollient memberikan kelembapan pada kulit, occlusive mengunci kelembapan tersebut supaya bertahan lama. 

Berhubung fungsinya adalah sebagai pengunci, occlusive hadir dalam tekstur yang cenderung lebih berat seperti petrolatum, wax, silikon, zinc oxide, castor oil, jojoba oil, dan lain-lain. Salah satu agen occlusive yang paling populer adalah petroleum jelly.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Occlusive sebenarnya adalah produk minyak (mineral oil) yang bekerja dengan membentuk lapisan pertahanan yang mencegah menguapnya cairan dari kulit. Occlusive mempunyai fungsi melapisi kulit agar kadar air tidak menguap keluar. 


Selain itu, occlusive juga melapisi kulit agar faktor-faktor penyebab iritasi dari luar tidak bisa masuk ke kulit. Maka, tak heran jenis pelembap occlusive ini biasanya sangatlah pekat, berat, dan lengket. Hal tersebut menyebabkan occlusive rasanya sulit diserap kulit dan seperti ada lapisan yang menempel di atas kulit.


Bahan-bahan yang biasanya terkandung di dalam pelembap jenis occlusive adalah beeswax, olive, soybean, cocoa butter, mineral oil, petroleum jelly, paraffin, petrolatum, dan dimethicone. Bahan occlusive disarankan untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering dan dermatitis atopik. 


Kelemahan dari bahan occlusive yaitu kurang membaur dengan pemakaian kosmetik. Selain itu, bahan ini berisiko menimbulkan folikulitis, erupsi akneiformis, dan dermatitis kontak.

Humectant, untuk menghidrasi kulit

Humectant, untuk menghidrasi kulit
Bagi Anda yang selama ini sudah memakai lotion, tetapi kulitnya tetap kering, mungkin Anda perlu mengganti produk yang dipakai. Bisa jadi, yang Anda perlukan bukan hanya moisturizer, tetapi produk yang juga mampu menghidrasi kulit alias humectant.

Humectant adalah jenis pelembap yang berfungsi meningkatkan water content atau kandungan air di dalam kulit. Zat ini bekerja dengan cara menarik molekul-molekul air dari luar. Humectant bisa ditemukan pada Aloe vera, propylene glycol, hyaluronic acid, lactic acid, glycerin/gliserol, madu, dan telur.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Produk dengan bahan ini juga bisa digunakan oleh Anda yang memiliki jenis kulit kering. Humectant bekerja dengan mengikat air dari dua sumber, yaitu dari dalam kulit dan kelembapan lingkungan. Biasanya penggunaan humectant dikombinasikan dengan occlusive. Sayangnya humectant cukup sering menimbulkan reaksi iritasi.

Untuk melindungi kulit dari sinar UV, gunakan produk yang mengandung tabir surya

Untuk melindungi kulit dari sinar UV, gunakan produk yang mengandung tabir surya
Cahaya matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang mampu merusak kelembapan alami kulit. Meski cuaca terlihat mendung, sinar UV tetap bisa menembus awan hingga ke bumi. 

Begitu juga saat Anda berada di dalam ruangan, sinar UV bisa masuk melewati kaca sehingga kulit Anda tetap terpapar sinar tersebut. Dampak dari sinar UV adalah kulit menjadi kering, kusam, kemerahan, mudah keriput, serta muncul bintik hitam dan flek di kulit.

Cara terbaik untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV adalah dengan memakai lotion yang mengandung tabir surya. Di dalam produk lotion, keberadaan tabir surya ditandai dengan tulisan SPF dan PA pada kemasan.

SPF adalah standar UV protection untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVB. Kandungan ini mampu mencegah kulit dari terbakar (sunburn). Sementara itu, PA adalah standar UV protection yang bisa melindungi kulit dari sinar UVA. PA mampu mencegah kulit mengalami perubahan warna menjadi cokelat (suntan) akibat paparan sinar matahari.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Tabir surya (sunscreen atau sunblock) sangat membantu melindungi kulit dari paparan langsung sinar UV baik UVA dan UVB. SPF minimal untuk melindungi kulit yaitu SPF 15. Namun, lebih disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan kadar minimal SPF 30.

Pilih produk yang lolos uji dermatologi

Pilih produk yang lolos uji dermatologi
Kulit yang kering biasanya cenderung sensitif. Untuk itu, pilihlah produk yang tidak mengandung bahan kimia demi meminimalkan terjadinya iritasi. Pastikan produk yang Anda pakai sudah melewati tahap pengawasan dan pengujian dalam proses produksinya. Dengan demikian, produk yang dihasilkan benar-benar aman untuk kulit.
Anda bisa memilih produk dengan label hypoallergenic, bebas paraben, atau dermatologist tested. Label ini menandakan bahwa komposisi body lotion tersebut aman untuk kulit manusia. Satu lagi, pastikan juga produk yang Anda pakai sudah mendapat izin edar dari BPOM RI, ya!
dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Saat ini banyak sekali produk skincare yang dijual bebas di pasaran. Sebagai konsumen yang cerdas, selayaknya kita memilih produk yang aman dan teruji secara klinis. Jangan hanya tergiur karena harga murah. Lolos uji dermatologi menunjukkan bahwa produk telah diuji coba oleh seorang dermatologis (dokter kulit) dan terbukti tidak menyebabkan iritasi kulit.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

SCARLETTBrightening Fragrance Body Lotion

Mulai dari Rp 75.000,00

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi lotion terbaik untuk kulit kering

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi lotion terbaik yang bisa Anda gunakan, lengkap dengan ulasannya. Temukan lotion terbaik untuk Anda!
10

CitraBody Lotion Nourishing White UV

Mulai dari Rp 19.400,00

Isi230 ml
Kandungan pelembapAlpukat, madu, glycerin, mineral oil, niacinamide
Tabir suryaAda
KeamananBPOM RI
9
Isi200 ml
Kandungan pelembapMilk protein, pearl nutrient, Vitamin B3, Vitamin E
Tabir suryaAda
KeamananBPOM RI, MUI, Clinical tested
8

Natur-E Daily Nourishing Hand & Body Lotion Nourishing

Mulai dari Rp 31.000,00

Isi245 ml
Kandungan pelembapPomegranate seed oil with Vitamin E Beads, glycerin
Tabir suryaAda
KeamananBPOM RI
7

St. IvesDaily Hydrating Vitamin E & Avocado Body Lotion

Mulai dari Rp 98.500,00

Isi621 ml
Kandungan pelembapAvocado oil, soybean oil, plant based glycerin
Tabir suryaTidak ada keterangan
KeamananBebas paraben, dermatologist-tested
6

VaselineHealthy White Night Repair Lotion

Mulai dari Rp 26.300,00

Isi200 ml
Kandungan pelembapVitamin B3 alami, glycerin, yogurt powder, niacinamide
Tabir suryaAda
KeamananBPOM RI
5
Isi200 ml
Kandungan pelembapShea butter, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Glycerin, Orbignya Oleifera Seed Oil
Tabir suryaTidak ada keterangan
KeamananProduk dari bahan alami, no animal testing, BPOM RI
4
Isi200 ml
Kandungan pelembapGlycerin, macadamia nut oil, dimethicone
Tabir suryaTidak ada keterangan
KeamananBebas paraben, BPOM RI
3
Isi200 ml
Kandungan pelembapGlycerin, petrolatum, glyceryl stearate, dimethicone
Tabir suryaTidak ada keterangan
KeamananBPOM RI
2

NiveaIntensive Moisture Body Lotion 200ml

Mulai dari Rp 22.575,00

Isi200 ml
Kandungan pelembapVitamin E, avocado oil, grape seed
Tabir suryaTidak ada keterangan
KeamananBPOM RI, dermatologist-tested
1
Isi354 ml
Kandungan pelembabColloidal oatmeal, Avena sativa (oat) kernel flour, glycerin, dimethicone
Tabir suryaTidak ada keterangan
KeamananDermatologist-tested, bebas pewangi, BPOM RI

Tabel perbandingan produk lotion terbaik untuk kulit kering

Gambar produk
1
Aveeno Daily Moisturizing Lotion 1

Aveeno

2
Nivea Intensive Moisture Body Lotion 200ml 1

Nivea

3
Vaseline Lotion Intensive Care™ 1

Vaseline

4
Cetaphil Moisturizing Lotion 1

Cetaphil

5
The Body Shop Shea Nourishing Body Lotion 1

The Body Shop

6
Vaseline Healthy White Night Repair Lotion 1

Vaseline

7
St. Ives Daily Hydrating Vitamin E & Avocado Body Lotion 1

St. Ives

8
Natur-E  Daily Nourishing Hand & Body Lotion Nourishing 1

Natur-E

9
Marina Healthy & Glow Body Lotion 1

Marina

10
Citra Body Lotion Nourishing White UV 1

Citra

Nama produk

Daily Moisturizing Lotion

Intensive Moisture Body Lotion 200ml

Lotion Intensive Care™

Moisturizing Lotion

Shea Nourishing Body Lotion

Healthy White Night Repair Lotion

Daily Hydrating Vitamin E & Avocado Body Lotion

Daily Nourishing Hand & Body Lotion Nourishing

Healthy & Glow Body Lotion

Body Lotion Nourishing White UV

Keunggulan

Meningkatkan kesehatan kulit kering dalam satu hari penggunaan!

Dengan Hydra IQ yang membantu pembentukan saluran hidrasi alami kulit

Memperbaiki dari lapisan kulit bagian dalam

Praktis! Bisa melembapkan kulit dan wajah sekaligus

Teksturnya ringan dan terasa lembut di kulit

Memperbaiki sel kulit Anda di malam hari

Ekstrak alpukat yang memberikan kelembapan sempurna bagi kulit Anda

Diperkaya butiran e-beads yang dapat meresap dengan sempurna

Secara klinis, teruji mampu mencerahkan kulit

Melembapkan hingga celah kulit yang tersembunyi

Harga mulai dariRp 199.000,00Rp 22.575,00Rp 35.300,00Rp 169.700,00Rp 199.000,00Rp 26.300,00Rp 98.500,00Rp 31.000,00Rp 9.000,00Rp 19.400,00
Isi354 ml200 ml200 ml200 ml200 ml200 ml621 ml245 ml200 ml230 ml
Kandungan pelembabColloidal oatmeal, Avena sativa (oat) kernel flour, glycerin, dimethiconeVitamin E, avocado oil, grape seedGlycerin, petrolatum, glyceryl stearate, dimethiconeGlycerin, macadamia nut oil, dimethiconeShea butter, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Glycerin, Orbignya Oleifera Seed OilVitamin B3 alami, glycerin, yogurt powder, niacinamideAvocado oil, soybean oil, plant based glycerinPomegranate seed oil with Vitamin E Beads, glycerinMilk protein, pearl nutrient, Vitamin B3, Vitamin EAlpukat, madu, glycerin, mineral oil, niacinamide
Tabir suryaTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganAdaTidak ada keteranganAdaAdaAda
KeamananDermatologist-tested, bebas pewangi, BPOM RIBPOM RI, dermatologist-testedBPOM RIBebas paraben, BPOM RIProduk dari bahan alami, no animal testing, BPOM RIBPOM RIBebas paraben, dermatologist-tested BPOM RIBPOM RI, MUI, Clinical testedBPOM RI
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk perawatan lainnya untuk kulit kering di sini

Pada artikel ini, Anda telah membaca penjelasan mengenai penyebab kulit kering dan lotion yang cocok untuk mengatasinya. Nah, jika Anda juga membutuhkan informasi tentang produk perawatan dan kecantikan untuk kulit kering lainnya, Anda dapat membacanya di sini!

Kesimpulan

Kulit yang sehat dan terjaga kelembapannya akan membuat Anda lebih percaya diri. Oleh karena itu, sudah seharusnya Anda merawat kulit, apalagi jika jenis kulit Anda sangat kering.
Salah satu cara perawatan kulit kering adalah dengan memakai lotion secara teratur. Setelah membaca artikel ini, semoga Anda bisa menemukan lotion yang cocok untuk kulit Anda. Good luck!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Whitening Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Whitening Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Whitening agent, seperti alpha arbutin, kojic acid, dan niacinamide di dalamnya akan mengembalikan warna kulit Anda seperti semula.Kali ini, kami akan memperkenalkan merk whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett, NIVEA, Vaseline, dan Kojie San. Sebelum itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih handbody pemutih terbaik sesuai kebutuhan Anda. Ayo dapatkan kulit yang cerah dengan menggunakan lotion untuk memutihkan kulit yang tepat!
    Perawatan badan
    170.202 Views
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sunscreen Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Paparan sinar matahari dapat menimbulkan flek hitam pada kulit wajah dan tubuh. Kulit juga menjadi rentan iritasi, terbakar, atau kemerahan. Karena itu, Anda disarankan menggunakan sunscreen atau sunblock setiap kali berkegiatan di luar ruangan. Saat ini, sudah tersedia berbagai sunscreen yang bagus, baik untuk remaja, anak, maupun dewasa. Kali ini kami akan membahas suncreen terbaik dengan harga murah. Baca juga tips penting dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Kami juga akan memberikan rekomendasi sunscreen dari beberapa merk, seperti Skin Aqua, Nivea, dan Parasol. Silakan disimak!
    Perawatan badan
    344.545 Views
  • 10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi para wanita, bicara perihal payudara tidak akan ada habisnya. Ada saja yang dikeluhkan, mulai dari tidak puas dengan ukurannya sampai payudara yang kendur. Karena itu, bust up cream hadir sebagai solusi yang dapat memberikan efek bust up dan mengembalikan kekencangan payudara.Produk bust up cream dari Mustika Ratu, Clinelle, dan Royalty mungkin sudah banyak dikenal publik. Namun, masih banyak produk lain yang juga tak kalah bagusnya. Agar tidak salah pilih, artikel ini akan membahas cara memilih bust up cream beserta produk rekomendasinya. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda.
    Perawatan badan
    178.619 Views
  • 10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Scrub bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit menjadi lebih halus. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli body scrub, seperti tekstur butiran, bahan baku, dan khasiatnya untuk kulit. Anda dapat memilih di antara beberapa merk yang populer, seperti Mustika Ratu, The Body Shop, dan LUSH.Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara memilih scrub badan yang bagus. Anda juga dapat menemukan rekomendasi scrub badan terbaik. Baca juga tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani mengenai penggunaan body scrub yang tepat. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
    209.609 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sinar matahari berlebihan diketahui berpotensi menyebabkan kanker kulit. Karena itu, penting sekali untuk melindungi kulit Anda dengan pengaplikasian tabir surya secara rutin. Beragam sunscreen untuk badan dan muka telah banyak beredar di pasaran. Produk mancanegara, seperti Nivea dan Vaseline, maupun produk lokal seperti Wardah dan Joylab, bisa menjadi referensi Anda.Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh sunscreen terbaik untuk Anda. Mulai dari produk dengan SPF 30 sampai 50, akan kami bahas di sini. Kami juga akan menjelaskan perbedaan antara sunscreen dan sunblock. Jadi, mari simak sampai akhir, ya!
    Perawatan badan
    360.640 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Terbaik untuk Menghilangkan Jerawat Punggung (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Terbaik untuk Menghilangkan Jerawat Punggung (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat punggung tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga bisa mengurangi kepercayaan diri. Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan produk penghilang bekas jerawat punggung. Tersedia banyak skincare ataupun obat untuk jerawat punggung di pasaran. Produk tersebut juga hadir dalam berbagai merk, seperti Acnes, Erha21, hingga The Body Shop. Kali ini kami akan membagikan tips memilih produk untuk mengobati hingga menghilangkan bekas jerawat di punggung. Kami juga memberikan rekomendasi produk yang bagus untuk melawan jerawat di punggung. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Yuk, disimak!
    Perawatan badan
    14.536 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori