• 10 Rekomendasi Minyak Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Minyak Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Minyak Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Minyak Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Minyak Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Minyak Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang baik.

Saat ini, ada banyak sekali produk minyak goreng yang beredar di pasaran, seperti Bimoli, Filma, hingga Sania. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing. Guna mendapatkan produk terbaik, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 13 November 2020
  • 76.144 Views
Daftar isi

Cara memilih minyak goreng

Di tengah banyaknya produk yang beredar di pasaran, mungkin Anda bertanya-tanya, minyak goreng mana yang kualitasnya paling baik? Untuk menjawab kebingungan Anda, kami akan menjelaskan tentang hal-hal yang sebaiknya dipertimbangkan sebelum membeli minyak goreng. Berikut penjelasannya!

Pilih berdasarkan jenisnya, minyak goreng biasa atau minyak goreng padat (frying fat)?

Pilih berdasarkan jenisnya, minyak goreng biasa atau minyak goreng padat (frying fat)?
Minyak goreng merupakan minyak atau lemak yang berasal dari hasil pemurnian bagian tumbuhan seperti kelapa, jagung, atau kacang-kacangan. Minyak goreng memiliki dua tampilan yang berbeda yakni minyak goreng cair dan minyak goreng padat atau yang disebut frying fat. Minyak goreng cair berwarna kuning jernih, sedangkan frying fat berwarna putih dengan tampilan seperti mentega.
Meski sama-sama digunakan untuk menggoreng, frying fat memiliki keunggulan dibandingkan minyak goreng cair. Hasil gorengan minyak padat akan lebih kesat dan tidak berminyak. Makanan juga lebih renyah dan tidak mudah melempem. Selain itu, meski dipakai berulang-ulang minyak ini tidak berbau apek.
Minyak goreng padat cocok untuk menggoreng makanan dengan teknik deep frying. Jenis makanan yang biasa digoreng dengan minyak padat antara lain donat, french fries, churos, atau ayam tepung. Sementara itu, untuk membuat aneka tumisan atau salad dressing, lebih cocok menggunakan minyak goreng cair biasa.

Pilih berdasarkan bahan dasar minyaknya

Ada banyak bahan utama pembuatan minyak goreng, mulai dari kelapa, kacang-kacangan, serealia, hingga lemak hewan. Namun, yang lazim digunakan sebagai bahan membuat minyak sayur di Indonesia dan diproduksi massal adalah kelapa sawit serta jagung. Perbedaan bahan dasar ternyata memengaruhi kualitas minyak. Mari kita kupas satu per satu.

Minyak kelapa sawit: lebih ekonomis dan mudah didapatkan

Minyak kelapa sawit: lebih ekonomis dan mudah didapatkan
Minyak kelapa sawit merupakan bahan memasak yang umum digunakan di negara-negara tropis kawasan Asia Tenggara, Afrika, dan sebagian Brasil. Minyak goreng yang dibuat dari kelapa sawit memiliki komposisi asam lemak yang seimbang dan stabil. Biaya produksi minyak kelapa sawit juga lebih rendah dibandingkan dengan jenis minyak lainnya sehingga harganya lebih ekonomis. Jenis minyak ini bisa digunakan untuk teknik menggoreng deep frying.

Minyak jagung: mampu menurunkan kolesterol

Minyak jagung: mampu menurunkan kolesterol
Diekstrak dari biji jagung, minyak ini memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih rendah dibanding minyak kelapa sawit. Minyak yang kaya kandungan omega 3 ini mampu menjaga tekanan kolesterol sehingga cocok dikonsumsi para penderita stroke dan jantung. Demi mendapatkan hasil yang maksimal, minyak jagung tidak dianjurkan untuk teknik memasak deep fried. Sebaiknya gunakan minyak jagung untuk menumis, memanggang, atau sebagai salad dressing.

Perhatikan kandungan lemak dan vitamin yang ada dalam minyak

Perhatikan kandungan lemak dan vitamin yang ada dalam minyak
Penggolongan minyak goreng yang sehat berdasarkan pada jenis dan jumlah lemak yang terkandung di dalamnya. Lemak sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, yakni lemak jenuh (saturated fat), lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fat), dan lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat). Minyak goreng yang sehat umumnya memiliki kadar monounsaturated fat yang tinggi.
Selain memperhatikan kandungan lemak dalam minyak, Anda juga bisa mempertimbangkan kandungan nutrisi baik lainnya. Beberapa minyak memiliki kandungan vitamin dan omega yang tinggi dan baik untuk tubuh. Sebagai contoh, omega 3 dapat menjaga kesehatan jantung kita. Untuk melihat kandungan lemak dan zat baik ini, Anda bisa mengeceknya di tabel komposisi dan informasi nilai gizi.

Perhatikan aroma dan warnanya

Perhatikan aroma dan warnanya
Salah satu ciri dari minyak goreng yang baik bisa dilihat dari warna dan aromanya. Minyak goreng yang berkualitas memiliki warna kuning keemasan yang jernih. Jika minyak goreng warnanya keruh dan menggumpal, sebaiknya pilih minyak yang lain. Minyak yang baik juga memiliki aroma yang khas, bukan bau tengik. Jika Anda mencium aroma tengik dari minyak goreng, bisa dipastikan minyak tersebut sudah rusak.

Pilih kemasan minyak goreng yang sesuai dengan penggunaan

Pilih kemasan minyak goreng yang sesuai dengan penggunaan
Produsen minyak mengemas produk mereka dalam beragam bentuk, mulai dari kemasan jeriken, botol, stand pouch, bantal, dan cup. Masing-masing kemasan masih terbagi lagi dalam beragam ukuran, mulai dari ukuran 5 liter sampai 240 ml. Silakan sesuaikan kemasan minyak goreng dengan kebutuhan Anda.
Biasanya, minyak kemasan jeriken digunakan para pedagang makanan atau orang-orang yang mengadakan hajatan. Untuk konsumsi rumah tangga, standarnya memakai minyak ukuran sedang. Jika Anda jarang menggunakan minyak goreng, sebaiknya pilih ukuran yang kecil saja. Penyebabnya, minyak yang sudah dibuka dan tidak terpakai lama-lama akan beraroma tengik atau apak.

10 Rekomendasi minyak goreng terbaik

Setelah mengetahui jenis-jenis minyak goreng dan bagaimana cara memilih produk yang baik, kini saatnya kami memberikan rekomendasi terbaik untuk Anda. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
10
Isi dan kemasanKarton 15 kg
JenisMinyak padat / deep frying fat
BahanKelapa sawit
Informasi nilai giziTidak ada keterangan
9
Isi dan kemasanBotol 250 ml
JenisMinyak goreng cair
BahanBiji jagung
Informasi nilai giziOmega 6
8
Isi dan kemasanKotak karton 15 kg
JenisMinyak goreng padat / deep frying fat
BahanKelapa sawit
Informasi nilai giziTidak ada keterangan
7
Isi dan kemasanStand pouch 2 liter
JenisMinyak goreng cair
BahanKelapa sawit
Informasi nilai giziLemak jenuh 6 g, lemak tak jenuh tunggal 6 g, lemak tak jenuh 2 g, lemak trans 0 g, kolesterol 0 mg, protein 0 g, karbohidrat 0 g, natrium 0 g
6
Isi dan kemasanBotol 2 liter
JenisMinyak goreng cair
BahanBiji jagung
Informasi nilai giziLemak jenuh (saturated fat) 1,5 g, lemak trans (trans fat) 0 g, kolesterol 0 mg, protein 0 g, karbohidrat 0 g, natrium 0 mg, Vitamin E 10%
5
Isi dan kemasanStand pouch 2 liter
JenisMinyak goreng cair
BahanKelapa sawit
Informasi nilai giziLemak jenuh 6 g, lemak tak jenuh 9 g, kolesterol 0 mg, protein 0 g, karbohidrat total 0 g, natrium 0 mg, Vitamin A 8%, Vitamin E, Pro Vitamin A, Omega 9
4
Isi dan kemasanBotol 2 liter
JenisMinyak goreng cair
BahanKelapa sawit
Informasi nilai giziLemak tak jenuh (6 g/ saji), Omega 9 (5 g/saji), Omega 6 (1,5g/saji), Vitamin D, Vitamin E, beta karotena alami (pro Vitamin A)
3
Isi dan kemasanBotol 964 g
JenisMinyak goreng cair
BahanBiji jagung
Informasi nilai giziLemak jenuh 2.5 g, lemak tak jenuh tunggal 2.5 g, lemak tak jenuh ganda 5 g, kolesterol 0 mg, protein 0 g, karbohidrat total 0 g, natrion 0 mg, vitamin E 1 mg, omega 3 (90 mg), omega 6 (5 g), omega 9 (3 g)
2
Isi dan kemasanStand pouch 1 liter
JenisMinyak goreng cair
BahanKelapa sawit
Informasi nilai giziPro vitamin A (beta karotena), vitamin E (tocopherol dan tocotrienol), asam lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fatty acid), asam lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fatty acid)
1
Isi dan kemasanBotol 2 liter
JenisMinyak goreng cair
BahanKelapa sawit
Informasi nilai giziLemak jenuh 4 g, lemak tidak jenuh tunggal 4.5 g, lemak tidak jenuh ganda 1.5 g, lemak trans 0 g, kolesterol 0 mg, protein 0 g, karbohidrat total 0 g, natrium 0 mg, Vitamin E 10%, omega 9, beta karotena

Tabel perbandingan produk minyak goreng terbaik

Gambar produk
1
Bimoli Special Minyak Goreng 1

Bimoli

2
SunCo Minyak Goreng 1

SunCo

3
Tropicana Slim Minyak Jagung 1

Tropicana Slim

4
Smart Tbk Filma Minyak Goreng 1

Smart Tbk

5
Tropical Minyak Goreng 1

Tropical

6
CCO Corn Oil 1

CCO

7
Pastisania Minyak Goreng Fortune 1

Pastisania

8
Smart Tbk Filma GoodFry Deep Frying Fat 1

Smart Tbk

9
Family Choice Corn Oil 1

Family Choice

10
Smartpluspro Palmvita Deep Frying Fat 1

Smartpluspro

Nama produk

Special Minyak Goreng

Minyak Goreng

Minyak Jagung

Filma Minyak Goreng

Minyak Goreng

Corn Oil

Minyak Goreng Fortune

Filma GoodFry Deep Frying Fat

Corn Oil

Palmvita Deep Frying Fat

Keunggulan

Dipercaya turun-temurun menghasilkan masakan yang istimewa

Karakternya seperti air, bening dan tidak lengket

Mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan

Kemasan botol yang tidak mudah tumpah

Memiliki kandungan Omega 9 paling tinggi

Rendah lemak, membantu melancarkan program diet Anda

Tahan panas dan lebih renyah

Spesial untuk teknik memasak deep fry

Minyak jagung dalam kemasan yang ekonomis

Tak ada lagi minyak menempel pada gorengan!

HargaRp 31.200,00Rp 17.990,00Rp 58.500,00Rp 35.000,00Rp 25.000,00Rp 67.000,00Rp 25.300,00Rp 280.000,00Rp 24.500,00Rp 220.000,00
Isi dan kemasanBotol 2 literStand pouch 1 literBotol 964 gBotol 2 literStand pouch 2 literBotol 2 literStand pouch 2 literKotak karton 15 kgBotol 250 mlKarton 15 kg
JenisMinyak goreng cairMinyak goreng cairMinyak goreng cairMinyak goreng cairMinyak goreng cairMinyak goreng cairMinyak goreng cairMinyak goreng padat / deep frying fatMinyak goreng cairMinyak padat / deep frying fat
BahanKelapa sawitKelapa sawitBiji jagungKelapa sawitKelapa sawitBiji jagungKelapa sawitKelapa sawitBiji jagungKelapa sawit
Informasi nilai giziLemak jenuh 4 g, lemak tidak jenuh tunggal 4.5 g, lemak tidak jenuh ganda 1.5 g, lemak trans 0 g, kolesterol 0 mg, protein 0 g, karbohidrat total 0 g, natrium 0 mg, Vitamin E 10%, omega 9, beta karotenaPro vitamin A (beta karotena), vitamin E (tocopherol dan tocotrienol), asam lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fatty acid), asam lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fatty acid)Lemak jenuh 2.5 g, lemak tak jenuh tunggal 2.5 g, lemak tak jenuh ganda 5 g, kolesterol 0 mg, protein 0 g, karbohidrat total 0 g, natrion 0 mg, vitamin E 1 mg, omega 3 (90 mg), omega 6 (5 g), omega 9 (3 g)Lemak tak jenuh (6 g/ saji), Omega 9 (5 g/saji), Omega 6 (1,5g/saji), Vitamin D, Vitamin E, beta karotena alami (pro Vitamin A)Lemak jenuh 6 g, lemak tak jenuh 9 g, kolesterol 0 mg, protein 0 g, karbohidrat total 0 g, natrium 0 mg, Vitamin A 8%, Vitamin E, Pro Vitamin A, Omega 9Lemak jenuh (saturated fat) 1,5 g, lemak trans (trans fat) 0 g, kolesterol 0 mg, protein 0 g, karbohidrat 0 g, natrium 0 mg, Vitamin E 10%Lemak jenuh 6 g, lemak tak jenuh tunggal 6 g, lemak tak jenuh 2 g, lemak trans 0 g, kolesterol 0 mg, protein 0 g, karbohidrat 0 g, natrium 0 gTidak ada keteranganOmega 6Tidak ada keterangan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi minyak lainnya di sini!

Bagi yang ingin mengurangi penggunaan minyak kelapa sawit atas alasan kesehatan, ada banyak minyak lain yang bisa digunakan. Sebut saja minyak kelapa, minyak zaitun, serta minyak wijen. Kami telah membuat ulasan mengenai aneka minyak tersebut. Untuk membacanya, silakan klik tautan di bawah ini!

Baca juga rekomendasi botol minyak goreng di sini!

Supaya aroma dan kebersihan minyak tetap terjaga, sebaiknya minyak disimpan dalam wadah tertutup begitu dikeluarkan dari kemasannya. Berikut ini ulasan mengenai aneka botol untuk menyimpan minyak goreng dengan desain cantik dan fungsional.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, bagaimana tanggapan Anda? Meski makanan yang digoreng memiliki kandungan lemak dan kalori lebih banyak dibandingkan makanan kukus atau bakar, gorengan tetap menjadi primadona. Namun, ingatlah untuk tidak memakainya secara berlebihan.
Dengan menggunakan minyak goreng yang tepat, makanan yang dihasilkan akan terasa semakin renyah dan lezat. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi Anda dalam memilih produk minyak goreng yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Beberapa tahun terakhir, gaya hidup sehat mulai meningkat di kalangan masyarakat. Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi antara lain adalah meningkatnya konsumsi bahan penyedap non MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG yang tengah populer adalah kaldu jamur.Sejumlah merek, seperti Pawon Ibun, Lemonilo, dan Royco, menawarkan kaldu jamur yang mungkin akan membuat Anda bingung memilih. Dalam artikel kali ini, kami akan memberi tips memilih kaldu jamur beserta rekomendasi produk terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!
    Bumbu & bahan masakan
    21.970 Views
  • 10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda gemar membuat kue? Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar kue, butter juga digunakan untuk olesan menyantap roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran, mulai dari ukuran kecil, sedang, sampai besar. Butter juga terbagi menjadi salted ataupun unsalted.Makin penasaran kan tentang butter ini? Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara memilih butter. Beberapa merek butter terkenal, seperti Anchor, Elle & Vire, Lurpak, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk menemukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    135.271 Views
  • 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Minyak zaitun saat ini menjadi salah satu bahan pelengkap masakan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Di antara banyaknya produk yang dijual, ternyata hanya produk dengan label “extra virgin olive oil” yang benar-benar berkualitas tinggi dan memiliki banyak manfaat. Bahkan ada produk minyak zaitun palsu yang juga beredar di pasaran, lho!Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih extra virgin olive oil yang asli agar Anda dapat menikmati manfaat maksimal dari zaitun berkualitas tinggi. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang dapat menjadi referensi Anda. Temukanlah produk terbaik untuk melengkapi rasa hidangan di meja makan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    123.323 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Bumbu & bahan masakan
    121.640 Views
  • 10 Rekomendasi Penyedap Rasa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Penyedap Rasa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Menambahkan penyedap rasa ke masakan merupakan cara efisien untuk membuat masakan Anda lebih sedap tanpa perlu meracik bumbu sendiri. Penyedap rasa juga memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan sehingga sering digunakan untuk usaha kuliner. Apakah sekarang Anda sudah merasa cocok dengan penyedap rasa yang Anda gunakan?Meskipun penyedap rasa merupakan produk yang sudah sering Anda temui, kami akan membahas tentang cara memilih produk tersebut. Berbagai merek terkenal, seperti Totole, Masako, dan Biomiwon, ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel kali ini dan dapatkan informasinya.
    Bumbu & bahan masakan
    70.307 Views
  • 10 Rekomendasi Bumbu Sup Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bumbu Sup Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk menghasilkan sup yang enak, Anda membutuhkan berbagai bumbu. Mulai dari rempah, bawang, sampai penyedap rasa dapat Anda gunakan untuk meningkatkan cita rasa masakan. Sekarang Anda tak perlu repot lagi karena sudah ada bumbu sup instan yang dapat dengan mudah Anda beli di mana saja.Agar Anda tak salah memilih bumbu sup instan, kami akan memberikan beberapa tipsnya. Kami juga akan membagikan rekomendasi bumbu sup instan terbaik. Bumbu Racik Sayur Sop, Munik Sup Buntut, sampai Finna Bumbu Masak Rawon ada dalam rekomendasi kami. Simak artikel ini sampai habis, ya.
    Bumbu & bahan masakan
    433 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori