10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Fungsi oli sangatlah penting bagi motor. Selain untuk mengoptimalkan kinerja mesin, oli juga berfungsi untuk mengurangi gesekan, pendingin, dan mengendalikan kotoran di dalam mesin. Oleh karena itu, oli perlu diganti secara rutin untuk menjaga kualitas dan memperpanjang umur mesin motor.

Namun, masih banyak yang kebingungan dalam memilih oli yang tepat untuk motor. Apakah Anda termasuk salah satunya? Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih oli motor yang baik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan oli dari berbagai merek terkenal, seperti Yamalube, Shell, maupun Enduro. Selamat membaca!

Daftar isi

Ketahui jenis oli motor berdasarkan bahan pembuatannya

Ketahui jenis oli motor berdasarkan bahan pembuatannya

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara memilih oli motor, kami akan menjelaskan jenis-jenis oli berdasarkan bahan pembuatannya. Berdasarkan jenis bahan pembuatnya, oli dibedakan menjadi oli mineral, oli sintetis, dan oli semi sintetis.

Oli mineral terbuat dari minyak bumi yang diproses melalui penyulingan mineral. Oli jenis ini umumnya lebih tahan terhadap penguapan. Namun, kekentalannya mudah berubah karena tidak tahan terhadap cuaca ekstrem maupun suhu tinggi.

Sementara itu, oli sintetis adalah oli yang terbuat dari minyak bumi yang sudah diolah kembali sehingga didapatkan kekentalan yang stabil. Oli jenis ini umumnya lebih mudah menguap, tetapi lebih tahan terhadap kondisi ekstrem. Ada juga oli yang terbuat dari perpaduan antara oli mineral dan sintetis, yakni oli semi sintetis. Oli semi sintetis lebih cocok digunakan untuk motor keluaran terbaru dengan performa yang tinggi maupun motor sport.

Cara memilih oli motor

Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli oli motor. Mulai dari tingkat keencerannya, kerja mesin, hingga jenis motor Anda. Agar tidak salah pilih, simak penjelasan berikut ini dengan saksama!

Pilih oli dengan SAE atau tingkat keenceran yang sesuai kondisi lingkungan

Pilih oli dengan SAE atau tingkat keenceran yang sesuai kondisi lingkungan

Memilih oli idealnya disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan kendaraan bermotor. Salah satu poin yang harus diperhatikan dalam memilih oli adalah tingkat keencerannya. Kode keenceran pada oli biasanya diawali dengan kata SAE, kemudian diikuti dengan angka. Skala tingkat keenceran pada oli ini dibuat oleh The Society of Automotive Engineering (SAE). Kode ini dapat Anda lihat melalui kemasan produk oli.

Sebagai contoh, oli dengan kode SAE 15W-50 berarti tingkat keenceran oli motor mencapai angka 50. Selain itu, Anda masih dapat menggunakannya pada kondisi suhu hingga minus 15 derajat celcius. Semakin kecil angka di depan huruf W (winter), tingkat keencerannya pun semakin tinggi.

Dalam memilih tingkat keenceran oli, sebaiknya Anda menyesuaikan dengan lingkungan tempat Anda tinggal dan menggunakan motor. Jika penggunaan motor lebih banyak di dataran tinggi dengan suhu dingin, gunakan oli dengan tingkat keenceran yang tinggi. Misalnya SAE 10W-30 hingga SAE 15W-50.

Sementara, jika penggunaan motor lebih banyak di daerah bersuhu panas, gunakan oli dengan tingkat keenceran rendah. Misalnya Anda bisa menggunakan oli dengan label SAE 15W-40 sampai SAE 20W-40. Untuk motor yang berumur lima tahun ke atas atau jarak tempuhnya lebih dari 100.000 km, gunakan oli yang keencerannya tinggi.

Jika kerja mesin motor lebih berat, gunakan oli dengan API tinggi

Jika kerja mesin motor lebih berat, gunakan oli dengan API tinggi

Poin kedua yang harus Anda perhatikan saat memilih oli motor adalah nilai API. Kode ini menjadi petunjuk spesifikasi oli yang dikeluarkan oleh American Petroleum Institute. Kode ini juga digunakan untuk mengukur kemampuan oli dalam menahan gesekan komponen mesin.

Setiap mesin berbahan bakar bensin dan diesel memiliki kode API yang berbeda. Umumnya, untuk mesin yang menggunakan bensin memiliki API yang dimulai dengan huruf S. Anda dapat memperhatikan huruf yang mengikuti kode S pada nilai API.

Terdapat beberapa jenis kode API pada oli motor, di antaranya adalah SA, SB, SC, SD, dan SE. Semakin tinggi huruf abjad yang mengikuti kode S, semakin tinggi pula kemampuan oli menahan gesekan komponen mesin. Bagi Anda yang menggunakan motor untuk aktivitas sehari-hari, Anda cukup menggunakan oli dengan kode API SA hingga SE.

Aktivitas yang padat tentunya akan membuat kerja mesin motor lebih berat. Misalnya saat Anda membawa motor untuk mudik atau membawa beban yang melebihi 110 Kg. Untuk penggunaan motor dengan aktivitas mesin yang berat seperti itu, gunakan kode API bertanda abjad besar.

Pilihlah oli berdasarkan jenis motor dan jenis koplingnya

Pilihlah oli berdasarkan jenis motor dan jenis koplingnya

Jenis motor sebenarnya ada banyak, tetapi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah motor sports, motor bebek, dan skuter matik. Motor sports adalah motor besar yang bisa digunakan untuk balapan, misalnya Honda CBR 250 dan Kawasaki Ninja.

Sementara motor bebek memiliki kapasitas mesin yang lebih kecil, biasanya di bawah 150 cc. Tipe ini cukup nyaman digunakan untuk keperluan sehari-hari, misalnya Honda Supra atau Yamaha Jupiter. Belakangan ini, jenis motor yang paling populer adalah tipe skuter matik. Tipe motor ini menggunakan transmisi otomatis saat perpindahan gigi, contohnya Honda Vario atau Yamaha Mio.

Berdasarkan koplingnya, kendaraan bermotor dibedakan menjadi dua jenis, yakni kopling basah dan kopling kering. Secara sederhana, kopling basah bisa diartikan kopling yang terendam oli. Kelebihannya kopling motor menjadi tidak cepat aus, tetapi terkadang bisa menyebabkan slip. Pada motor dengan jenis kopling basah, kualitas oli mesin menjadi sangat berpengaruh. Di Indonesia, kopling ini banyak diaplikasikan pada sepeda motor jenis bebek dan motor sports. Sementara itu, untuk kopling kering tidak diselimuti oleh oli. Kopling jenis ini biasanya digunakan untuk motor tipe skuter matik.

Perbedaan kedua kopling tersebut tentunya berpengaruh kepada pemilihan jenis oli motor. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan kode JASO yang terdapat pada kemasan oli motor. JASO merupakan klasifikasi jenis oli pada mesin motor berdasarkan uji pelumasan yang dilakukan dari Japanese Automative Standard Organization.

JASO MA : Untuk jenis motor kopling basah

JASO MA : Untuk jenis motor kopling basah

Terdapat dua klasifikasi dari JASO, yakni JASO MA dan JASO MB. Oli motor dengan kode JASO MA diperuntukkan khusus bagi pengguna motor dengan kopling basah atau kopling terendam oli. Dengan menggunakan oli berkode JASO MA, kampas dan gigi yang terdapat pada plat kopling tidak mudah terselip.

JASO MB : Untuk jenis motor kopling kering

JASO MB : Untuk jenis motor kopling kering

Jika Anda pengguna motor skuter matik, gunakan oli berkode JASO MB. Hal ini dikarenakan mayoritas kopling motor skuter matik adalah berjenis kering dan tidak terendam oli atau pelumas. Oli ini bersifat lebih licin dan berfungsi untuk membasahi kampas kopling.

10 Rekomendasi oli motor terbaik

Setelah mengetahui cara memilih oli motor, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk oli motor terbaik untuk Anda. Pilihlah produk terbaik dengan mempertimbangkan poin-poin penting yang sudah dibahas sebelumnya!

10. Shell Advance AX7 Scooter 10W-40

10. Shell Advance AX7 Scooter 10W-40

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 45.000

Menjaga suara mesin motor Anda tetap halus

Bagi Anda yang memiliki aktivitas yang padat dan kerap berkendara jauh menggunakan motor skuter matik, oli ini dapat menjadi pilihan. Selain dirancang untuk memperpanjang usia mesin motor, oli Shell Advance AX7 Scooter menawarkan performa pelumas yang dapat mencegah partikel kotoran agar tidak menggumpal menjadi kerak.

Dengan tingkat keenceran yang tinggi, oli motor skuter matik ini mampu bekerja dengan baik di dalam ruang mesin. Oli ini dapat menghasilkan kestabilan geser yang sangat baik. Anda pun dapat berkendara dengan nyaman berkat suara mesin yang halus.

Jenis oli Semi sintetis
SAE 10W-40 dan 10W-30
API SM
JASO MB
Jenis motor Skuter matik 4-tak

9. Yamalube Super Sport Oil

9. Yamalube Super Sport Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 69.000

Memaksimalkan kinerja mesin motor sport Yamaha

Bagi Anda yang memiliki motor sports modern dari Yamaha, sudah selayaknya mempercayakan pilihan oli pada produk Yamalube ini. Dengan bahan dasar pembuatan oli yang seluruhnya menggunakan hasil penyulingan minyak bumi, oli ini dapat tahan terhadap cuaca ekstrem, baik yang sangat panas maupun dingin.

Keunggulan lain yang dimiliki oli ini adalah mampu membersihkan dan melumasi celah-celah sempit mesin motor sehingga menghasilkan daya gesek yang sangat halus. Peningkatan performa saat menggunakan oli ini pun tidak perlu diragukan lagi. Mesin motor Anda akan semakin awet dan siap untuk dikendarai dengan cepat.

Jenis oli Sintetis
SAE 10W-40
API SL
JASO MA
Jenis motor Motor 4-tak modern tipe sport

8. TOP 1 SMO Action Plus 10W-30

8. TOP 1 SMO Action Plus 10W-30

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 43.000

Lari motor bebek semakin gesit, perpindahan giginya pun menjadi halus

Oli motor TOP 1 SMO Action Plus mampu memberikan pengalaman berkendara yang lebih halus. Oli ini sangat direkomendasikan untuk digunakan pada motor bebek yang kerap kali terjebak kemacetan perkotaan. Anda pun tidak perlu khawatir saat mesin terlalu lama bekerja karena oli ini diformulasikan untuk melindungi mesin dari panas.

Oli motor ini juga telah memenuhi spesifikasi untuk kebutuhan pelumas motor kopling basah. Dengan oli motor Top 1 SMO Action Plus, rasakan kemudahan perpindahan gigi motor yang halus saat berkendara. Jalan macet dan menanjak pun tak jadi masalah.

Jenis oli Sintetis
SAE 10W-30
API Tidak disebutkan
JASO MA2
Jenis motor Honda : Revo, Supra X 125, CB 150, CBR 250

7. Castrol Power 1 Racing 4T 10W-40

7. Castrol Power 1 Racing 4T 10W-40

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 155.300

Meningkatkan tenaga mesin untuk berkendara melewati batas kecepatan maksimum

Oli ini memiliki formulasi yang modern sehingga mampu meningkatkan performa pada mesin motor Anda. Dapatkan pengalaman maksimal dengan kecepatan yang melewati batas maksimum berkat formulasi Race Derived Technology. Teknologi ini telah teruji dalam meningkatkan tenaga mesin dengan satu sentuhan gas saja.

Oli motor Castrol ini dirancang untuk motor 4-tak dengan kinerja mesin yang tinggi berbagai merek. Tidak hanya berpengaruh pada kekuatan mesinnya saja. Oli ini juga dapat memberikan perlindungan maksimal pada kopling, roda gigi, maupun mesin motor dari keausan.

Jenis oli Sintetis
SAE 10W-40
API SL
JASO MA-2
Jenis motor Motor 4-tak

6. Castrol Activ 2T Low Smoke

6. Castrol Activ 2T Low Smoke

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Membuat mesin motor dan busi tetap bersih

Endapan karbon atau kerak yang menggumpal pada bagian ujung busi akan mengakibatkan motor sulit dihidupkan. Selain karena adanya kesalahan pembakaran, menumpuknya kerak disebabkan oleh oli motor yang masuk ke ruang bakar. Untuk itu, gunakanlah oli yang tepat supaya kinerja mesin motor tidak terganggu.

Dilengkapi dengan formulasi pelumas Piston Guard, oli ini dapat memberikan perlindungan maksimal terhadap busi motor. Dengan begitu, mesin motor dapat dinyalakan dengan cepat. Oli ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang masih setia menggunakan motor 2-tak seperti Yamaha RX King, Kawasaki Ninja 150RR, maupun merek lainnya.

Jenis oli Sintetis
SAE 20W-50
API SL
JASO MA-2
Jenis motor Motor 2-tak

5. AHM Oil MPX-1

5. AHM Oil MPX-1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 42.000

Hemat dan mengurangi dampak pencemaran lingkungan

Salah satu keunggulan dari penggunaan oli AHM MPX-1 ini adalah penguapan yang sangat minim. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi dampak pencemaran lingkungan karena tidak terlalu sering mengganti oli motor. Oli ini sangat direkomendasikan bagi pengguna motor tipe kopling basah baik bebek maupun sport.

Jenis oli Sintetis
SAE 10W-30
API SL
JASO MA
Jenis motor Bebek maupun sport

4. Evalube Scootic MX

4. Evalube Scootic MX

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 27.000

Usia mesin motor menjadi lebih awet, suaranya pun lebih halus

Oli yang diproduksi oleh Yamaha ini merupakan oli motor 4-tak yang memiliki kekentalan ganda dengan formulasi bahan minyak mineral berkualitas tinggi. Oli ini dapat Anda gunakan pada motor Yamaha terbaru seperti Mio, NMAX, Xeon, dan lainnya. Meski diproduksi oleh Yamaha, oli ini juga dapat digunakan pada sepeda motor merek lainnya.

Oli ini dapat melindungi mesin dari kerak, karat, maupun gesekan yang mengakibatkan penurunan kinerja pada mesin motor. Dengan begitu, mesin motor Anda semakin panjang usia pakainya. Suara mesin motor Anda pun akan lebih halus sehingga tidak menyebabkan polusi suara.

Jenis oli Mineral
SAE 20W-50
API SG
JASO MB
Jenis motor Motor 4-tak

3. Evalube 4T Pro Racing

3. Evalube 4T Pro Racing

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 412.500

Perlindungan total untuk mesin motor berkapasitas 250 cc

Salah satu oli terbaik untuk motor dengan mesin berkapasitas 250 cc adalah Evalube 4T Pro Racing. Oli ini secara khusus diperuntukkan bagi sepeda motor berteknologi tinggi. Selain menjadikan motor Anda lebih bertenaga, oli ini dapat mencegah terjadinya penumpukan kerak pada celah-celah mesin.

Selain membuat kerja mesin lebih maksimal dan motor melaju lebih kencang, oli motor ini juga memberikan proteksi pada mesin. Teknologi Veltec-nya dapat memberikan perlindungan total kepada mesin motor Anda sehingga tidak mudah rusak.

Jenis oli Sintetis
SAE 5W-30
API SM
JASO MA
Jenis motor Motor dengan mesin berkapasitas 250 cc

2. Pertamina Enduro Matic SAE 10W-30

2. Pertamina Enduro Matic SAE 10W-30

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 36.000

Mesin motor mudah menyala meski dalam keadaan dingin

Apakah Anda sering merasa kesulitan menyalakan motor saat pertama kali ingin menggunakannya? Untuk motor keluaran lama, mungkin akan kerap mengalami permasalahan seperti ini. Apalagi jika motor tidak digunakan lebih dari satu hari. Mesin motor yang dingin akan semakin sulit untuk dinyalakan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pilihlah oli motor Pertamina Enduro Matic. Selain dapat membersihkan mesin, oli ini memiliki formula moly additive yang dapat mengurangi gesekan saat Anda sedang berkendara cepat. Oli motor ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang menggunakan motor skuter matik 4-tak.

Jenis oli Sintetis
SAE 20W-40
API SL
JASO MB
Jenis motor Skuter matik 4-tak

1. AHM Oil SPX-2

1. AHM Oil SPX-2

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 46.000

Memberikan perlindungan mesin dan daya tahan terhadap temperatur tinggi

Sesuai namanya, produk dengan formulasi Superior Protection Expert ini memiliki keunggulan dalam melapisi permukaan logam pada mesin secara maksimal. Formulasi ini juga menjadikan oli motor dapat menjangkau tempat tersempit sekalipun. Dengan begitu, beban kinerja mesin akan berkurang.

Bagi Anda pengguna sepeda motor merek Honda matik, oli ini adalah pilihan yang tepat. Sifat oli yang sangat melekat pada logam di mesin ini juga dapat melindungi komponen mesin dari keausan akibat gesekan. Oli ini juga dapat menjaga kestabilan kekentalan oli terhadap perubahan temperatur yang ekstrem.

Jenis Sintetis
SAE 10W-30
API SL
JASO MB
Jenis motor Motor matik merek Honda

Waktu yang tepat untuk mengganti oli motor

Waktu yang tepat untuk mengganti oli motor

Untuk menjaga masa pakai dan kinerja mesin motor, mengganti oli secara rutin sudah menjadi kewajiban bagi setiap pemilik kendaraan bermotor. Namun, kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli?

Aturan waktu penggantian oli motor pun dapat Anda sesuaikan dengan jenis kendaraan dan oli yang digunakan. Semakin berat kinerja mesin pada motor Anda, semakin cepat pula Anda harus mengganti oli motor. Namun, ada juga yang menganjurkan bahwa Anda harus mengganti oli setiap motor Anda menempuh jarak 2.000 km.

Baca juga rekomendasi perlengkapan motor lainnya di sini

Merawat mesin motor sangatlah penting untuk menjaga performa mesin. Dengan mengganti oli motor yang tepat secara rutin, Anda akan mendapatkan pengalaman berkendara yang maksimal. Supaya tampilan Anda semakin modis saat berkendara, kami telah menyediakan beberapa pilihan perlengkapan motor untuk Anda. Silakan cek artikel di bawah ini dan sesuaikan pilihan Anda sesuai kebutuhan!

Kesimpulan

Oli merupakan salah satu komponen penting yang harus Anda perhatikan untuk memperpanjang masa usia motor. Oli harus senantiasa diperiksa dan diganti secara teratur karena akan berpengaruh pada performa kendaraan.

Artikel di atas telah menjelaskan bagaimana supaya Anda tidak salah dalam memilih oli motor. Jika Anda sudah menemukan oli yang tepat, Anda disarankan untuk tidak mengganti-ganti oli di kemudian hari. Sekali Anda menggunakan merek oli tersebut, gunakan saja merek itu seterusnya.