• 10 Oli Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Oli Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Oli Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Oli Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Oli Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Oli Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)

Fungsi oli motor sangatlah penting. Selain untuk mengoptimalkan kinerja mesin, oli juga berfungsi mengurangi gesekan, mendinginkan, dan mengendalikan kotoran di dalam mesin. Oleh karena itu, oli perlu diganti secara rutin untuk menjaga kualitas dan memperpanjang umur mesin motor.

Masih banyak orang yang kebingungan dalam memilih oli untuk motornya. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih oli motor yang bagus dan tahan panas. Selain itu, kami juga mengulas berbagai merek oli motor terbaik, seperti Yamalube, Shell, ataupun Enduro. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Ardanto Sigit
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 31 Oktober 2022
Daftar isi

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.
Ardanto Sigit
Guru Teknik Otomotif
Ardanto Sigit

Ardanto Sigit, S.Pd, Gr. adalah guru teknik otomotif yang memiliki sertifikasi guru profesional dan sertifikasi bidang kompetensi teknik otomotif. Fokusnya adalah pada jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor.


Ardanto menekuni bidang otomotif selama sepuluh tahun. Ia memiliki pengalaman bekerja di salah satu dealer Mitsubishi di Yogyakarta. Setelah itu, ia memutuskan untuk melanjutkan studi pada bidang Pendidikan Teknik Otomotif.

Mengenal jenis oli motor berdasarkan bahan pembuatannya

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara memilih oli motor, kami akan menjelaskan jenis-jenis oli berdasarkan bahan pembuatannya. Berdasarkan jenis bahan pembuatnya, oli dibedakan menjadi tiga jenis sebagai berikut.


  • Oli mineral: Jenis oli ini terbuat dari minyak bumi yang diproses melalui penyulingan mineral tanpa tambahan bahan aditif. Oli jenis ini umumnya lebih tahan terhadap penguapan. Namun, kekentalannya mudah berubah karena tidak tahan terhadap cuaca ekstrem dan suhu tinggi.

  • Oli sintetis (synthetic): Oli sintetis terbuat dari minyak bumi yang sudah diolah kembali sehingga didapatkan kekentalan yang stabil dengan tambahan bahan aditif. Oli jenis ini umumnya lebih mudah menguap, tetapi lebih tahan terhadap cuaca ekstrem.

  • Oli semisintetis: Oli semisintetis terbuat dari perpaduan antara oli mineral dan sintetis. Oli semisintetis lebih cocok digunakan untuk motor keluaran terbaru dengan performa yang tinggi seperti motor sport.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih oli motor

Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli oli motor. Anda perlu memperhatikan tingkat keenceran, kinerja mesin, hingga jenis motor. Agar tidak salah pilih, simak cara memilih oli motor yang bagus berikut ini!

Perhatikan oli dengan SAE atau tingkat keenceran yang sesuai kondisi lingkungan

Salah satu poin yang harus diperhatikan dalam memilih oli adalah tingkat kekentalan atau keencerannya (viskositas). Kode keenceran pada oli biasanya diawali dengan kata SAE, kemudian diikuti dengan angka. Skala tingkat keenceran pada oli ini dibuat oleh The Society of Automotive Engineering (SAE). Kode ini dapat Anda lihat melalui kemasan produk oli.

Tingkat keenceran rendah: Untuk penggunaan motor di daerah bersuhu panas

Tingkat keenceran rendah: Untuk penggunaan motor di daerah bersuhu panas

Secara teknis, viskositas adalah tingkat kekentalan. Jadi, tingkat keenceran yang dibahas pada artikel ini dapat diganti dengan tingkat kekentalan. Makin tinggi angka indeks viskositas, makin kental oli tersebut. Jika Anda menggunakan motor lebih banyak di daerah bersuhu panas, gunakan oli dengan tingkat keenceran rendah. Anda bisa menggunakan oli dengan label SAE 15W-40 sampai SAE 20W-40


Oli dengan kode SAE 15W-40 berarti tingkat keenceran mencapai angka 40. Selain itu, Anda masih dapat menggunakannya pada kondisi suhu hingga -15 °C. Oli jenis ini cocok untuk motor yang berumur lima tahun ke bawah. Oli ini juga cocok untuk motor yang jarak tempuhnya kurang dari 100.000 km.

Tingkat keenceran tinggi: Untuk daerah dingin atau motor berusia lima tahun ke atas

Tingkat keenceran tinggi: Untuk daerah dingin atau motor berusia lima tahun ke atas

Jika Anda menggunakan motor lebih banyak di daerah bersuhu dingin, gunakan oli dengan tingkat keenceran tinggi. Oli dengan label SAE 10W-30 sampai SAE 15W-50 sangat direkomendasikan untuk wilayah dingin. 


Tingkat keenceran oli mencapai angka 30 pada oli berkode SAE 10W-30. Ketahanan olinya bisa mencapai kondisi suhu hingga -10 °C. Oli jenis ini cocok untuk motor yang berumur lima tahun ke atas. Oli ini juga cocok untuk motor yang jarak tempuhnya jauh, misalnya lebih dari 100.000 km.

Gunakan oli dengan API tinggi jika kerja mesin motor lebih berat

Gunakan oli dengan API tinggi jika kerja mesin motor lebih berat

Poin kedua yang harus Anda perhatikan saat memilih oli motor adalah nilai API. Kode ini menjadi petunjuk spesifikasi oli yang dikeluarkan oleh American Petroleum Institute. Kode API juga digunakan untuk mengukur kemampuan oli dalam menahan gesekan komponen mesin.


Setiap mesin berbahan bakar bensin dan diesel memiliki kode API yang berbeda. Mesin yang menggunakan bensin memiliki API yang dimulai dengan huruf S. Anda dapat memperhatikan huruf yang mengikuti kode S pada nilai API. Sesuaikan juga dengan penggunaan sepeda motor. Apakah motor digunakan untuk mobilitas tanpa beban, mobilitas dengan beban berat, jarak tempuh yang jauh, atau keperluan balap?


Terdapat beberapa jenis kode API pada oli motor, yakni SA, SB, SC, SD, dan SE. A adalah abjad paling rendah, sedangkan Z adalah abjad paling tinggi. Makin tinggi abjad yang mengikuti kode S, makin tinggi pula kemampuan oli menahan gesekan komponen mesin. Jika motor digunakan untuk aktivitas sehari-hari, Anda cukup menggunakan oli dengan kode API SA hingga SE.


Aktivitas yang padat tentunya membuat kerja mesin motor lebih berat. Hal ini misalnya saat Anda membawa motor untuk mudik atau membawa beban yang melebihi 110 kg. Untuk penggunaan motor dengan aktivitas mesin yang berat seperti itu, gunakan kode API bertanda abjad besar.

Sesuaikan oli dengan jenis motor dan jenis koplingnya

Berdasarkan kopling, kendaraan bermotor dibedakan menjadi dua jenis, yakni kopling basah dan kopling kering. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan kode JASO yang terdapat pada kemasan oli motor. JASO merupakan klasifikasi jenis oli motor berdasarkan uji pelumasan yang dilakukan dari Japanese Automative Standard Organization. Terdapat dua klasifikasi dari JASO, yakni JASO MA dan JASO MB.

JASO MA: Untuk jenis motor kopling basah

JASO MA: Untuk jenis motor kopling basah

Secara sederhana, kopling basah bisa diartikan kopling yang terendam oli. Kelebihan kopling basah adalah tidak cepat aus, tetapi terkadang bisa menyebabkan slip. Pada motor dengan jenis kopling basah, kualitas oli mesin menjadi sangat berpengaruh. Di Indonesia, kopling ini banyak diaplikasikan pada sepeda motor jenis bebek dan motor sport.


Motor sport adalah motor besar yang bisa digunakan untuk balapan, misalnya Honda CBR 250 dan Kawasaki Ninja. Sementara itu, motor bebek memiliki kapasitas mesin yang lebih kecil, biasanya di bawah 150 cc. Tipe ini cukup nyaman digunakan untuk keperluan sehari-hari, seperti Honda Supra atau Yamaha Jupiter.


Oli dengan kode JASO MA diperuntukkan khusus bagi pengguna motor dengan kopling basah atau kopling terendam oli. Dengan menggunakan oli berkode JASO MA, kampas dan gigi yang terdapat pada pelat kopling tidak mudah terselip.

JASO MB: Untuk jenis motor kopling kering

JASO MB: Untuk jenis motor kopling kering

Sementara itu, kopling kering tidak diselimuti oleh oli. Kopling jenis ini biasanya digunakan untuk motor tipe skuter matik. Tipe motor ini menggunakan transmisi otomatis saat perpindahan gigi, contohnya Honda Vario atau Yamaha Mio.


Jika Anda pengguna motor skuter matik, gunakan oli berkode JASO MB. Hal ini karena mayoritas kopling motor skuter matik berjenis kering dan tidak terendam oli. Oli hanya digunakan untuk melumasi mesin dengan kopling tipe kering. Sementara itu, bagian pemindah tenaga (kopling dan transmisi matik) tidak terlumasi oli.

10 Rekomendasi oli motor terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk oli motor terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 26 September 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa AHM Oil SPX2 memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Yamalube Matic Motor Oil SAE 20W-40 yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 8 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.

Gambar produk
1
Astra Honda Motor AHM Oil SPX2 1

Astra Honda Motor

2
Motul Scooter LE 4T 10W-30 1

Motul

3
TOP 1 Oil Action Matic SAE 10W-40 1

TOP 1 Oil

4
Shell  Advance AX7 Scooter SAE 10W-40 1

Shell

5
Evalube  Scootix HX 1

Evalube

6
Castrol Power1 Ultimate 4T10W-40 1

Castrol

7
ALP Petro Industry  Eni i-Ride Moto 4T Matic ID 1

ALP Petro Industry

8
Yamaha Motor Yamalube Matic Motor Oil 1

Yamaha Motor

9
Astra Honda Motor AHM Oil MPX-1 1

Astra Honda Motor

10
TotalEnergies  Hi-Perf 4T 700 1

TotalEnergies

Nama produk

AHM Oil SPX2

Scooter LE 4T 10W-30

Action Matic SAE 10W-40

Advance AX7 Scooter SAE 10W-40

Scootix HX

Power1 Ultimate 4T10W-40

Eni i-Ride Moto 4T Matic ID

Yamalube Matic Motor Oil

AHM Oil MPX-1

Hi-Perf 4T 700

Keunggulan

Memberikan perlindungan mesin dan daya tahan terhadap temperatur tinggi

Diformulasikan dengan teknologi HC-Tech, sangat baik untuk perlindungan mesin

Dengan kadar sintetis lebih tinggi, cocok untuk skuter matik!

Menjaga suara mesin motor Anda tetap halus

Berteknologi mumpuni, bersihkan mesin dengan maksimal

Dengan formula 5-in-1 full synthetic, oli motor yang bagus untuk jarak jauh

Dukung berkendara dengan motor matic berkat kombinasi teknologi aditif baru

Untuk performa dan proteksi terbaik untuk mesin motor matik

Hemat dan mengurangi dampak pencemaran lingkungan

Diformulasikan dengan teknologi durability improver, lindungi mesin selama berkendara

Harga mulai dariRp 67.000,00Rp 62.730,00Rp 64.500,00Rp 65.000,00Rp 40.000,00Rp 76.500,00Rp 49.500,00Rp 42.925,00Rp 52.000,00Rp 95.000,00
Jenis oliSintetisSintetisSintetisSemisintetisSintetisSintetisSintetisSemisintetisSintetisSintetis
SAE10W-3010W-3010W-4010W-4010W-3010W-4010W-4020W-4010W-3010W-40
APISLSJSJSMSLSNSLSJSLSN
JASOMBMBMBMBMBMA2MBMBMAMA2
Jenis motorMatik HondaMatikMatikMatik 4-takMatik Honda4-takMatik4-Tak (Mio, Fino, X-Ride, Mio GT, Mio Soul)Bebek atau sport4-Tak
Varian kemasan0,8 L0,8 L, 1 L, 20 L0,8 L, 1 L0,8 L, 1 L0,8 L1 L0,8 L0,8 L0,8 L, 1 L, 1,2 L1 L
Tautan produk
10
Jenis oliSintetis
SAE10W-40
APISN
JASOMA2
Jenis motor4-Tak
Varian kemasan1 L
9
Jenis oliSintetis
SAE10W-30
APISL
JASOMA
Jenis motorBebek atau sport
Varian kemasan0,8 L, 1 L, 1,2 L
8
Jenis oliSemisintetis
SAE20W-40
APISJ
JASOMB
Jenis motor4-Tak (Mio, Fino, X-Ride, Mio GT, Mio Soul)
Varian kemasan0,8 L
7

ALP Petro Industry Eni i-Ride Moto 4T Matic ID

Mulai dari Rp 49.500,00

Jenis oliSintetis
SAE10W-40
APISL
JASOMB
Jenis motorMatik
Varian kemasan0,8 L
6
Jenis oliSintetis
SAE10W-40
APISN
JASOMA2
Jenis motor4-tak
Varian kemasan1 L
5
Jenis oliSintetis
SAE10W-30
APISL
JASOMB
Jenis motorMatik Honda
Varian kemasan0,8 L
4
Jenis oliSemisintetis
SAE10W-40
APISM
JASOMB
Jenis motorMatik 4-tak
Varian kemasan0,8 L, 1 L
3
Jenis oliSintetis
SAE10W-40
APISJ
JASOMB
Jenis motorMatik
Varian kemasan0,8 L, 1 L
2
Jenis oliSintetis
SAE10W-30
APISJ
JASOMB
Jenis motorMatik
Varian kemasan0,8 L, 1 L, 20 L
1
Jenis oliSintetis
SAE10W-30
APISL
JASOMB
Jenis motorMatik Honda
Varian kemasan0,8 L

Pertanyaan umum seputar oli motor

Pertanyaan umum seputar oli motor

Selain mengulas cara memilih dan merekomendasikan produknya, kami sudah mengumpulkan pertanyaan yang populer seputar oli motor. Jika Anda penasaran dengan kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli motor, simak jawabannya di bawah ini.

Kapankah waktu yang tepat untuk mengganti oli motor?

Untuk menjaga masa pakai dan kinerja mesin, rutin mengganti oli adalah kewajiban setiap pemilik kendaraan bermotor. Aturan waktu penggantian oli motor disesuaikan dengan jenis kendaraan dan oli yang digunakan. Makin berat kinerja mesin motor, makin cepat pula Anda harus mengganti oli motor. Ada juga yang menganjurkan Anda untuk mengganti oli setiap kali motor menempuh jarak 2.000 km.


Selain itu, penggantian oli juga bergantung pada jenis penggunaan motor. 

  • Motor yang digunakan untuk kendaraan operasional ringan dengan jarak tempuh harian rata-rata 50 km. Penggantian oli sebaiknya dilakukan setiap kelipatan 3.000 km jarak tempuh sepeda motor. Pergantian oli juga bisa dilakukan tiga bulan sekali jika jarak tempuh belum terpenuhi.
  • Motor yang digunakan untuk operasional berat dengan jarak tempuh rata-rata lebih dari 100 km per hari. Untuk motor tersebut, lakukan penggantian oli pada 1.000 km tempuh atau sebulan sekali. 
  • Motor yang jarang dipakai dan hanya sesekali dipanasi mesinnya. Anda bisa melakukan penggantian oli untuk motor tersebut dengan patokan bulan, yaitu setiap enam bulan sekali.

Apakah oli motor bisa dipakai untuk mobil?

Pada dasarnya, penggunaan oli sepeda motor pada mobil tidak masalah. Begitu pula sebaliknya. Oli sepeda motor matik dengan oli mobil memiliki karakteristik sama-sama hanya dapat melumasi mesin. Oleh karena itu, penggunaan pada keduanya tidak bermasalah.


Jika oli motor dengan kode JASO MA untuk mesin dengan kopling basah, sifat oli tidak hanya melumasi mesin. Akan tetapi, oli juga melumasi sistem transmisi dan kopling kendaraan. Oli tersebut memiliki karakteristik yang berbeda dengan oli mobil. Hal ini dapat menyebabkan fungsi pelumasan tidak berjalan secara optimal.


Hal terpenting dalam penggantian oli adalah memperhatikan spesifikasi kekentalan oli untuk setiap kendaraan. Jangan sampai Anda salah memilih oli dengan tingkat kekentalannya. Kesalahan memilih dapat mengakibatkan hal-hal sebagai berikut.

  • Performa mesin yang tidak maksimal. 
  • Terjadi endapan pada ruang mesin, baik ruang bakar maupun ruang poros engkol. 
  • Jika terlalu encer, oli juga dapat ikut terbakar sehingga menimbulkan asap putih pada knalpot.

Tips dari guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.

Tips dari guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.

Ada dua jenis oli jika dilihat dari tingkat kekentalan atau viskositasnya, yaitu oli single grade dan oli multi grade. Oli single grade adalah oli dengan tingkat kekentalan tunggal, yaitu pada suhu berapa pun tingkat kekentalannya akan sama. Contoh oli single grade adalah oli dengan SAE 40. Oli single grade cocok digunakan pada kendaraan yang beroperasi pada daerah satu iklim, seperti Indonesia dengan iklim tropis.


Oli multi grade adalah oli dengan dua indeks kekentalan, misalnya SAE 15W-40. Kekentalan oli ini tidak terpengaruh oleh perubahan temperatur. Indeks kekentalan oli 15W-40 memiliki arti pada suhu -20 °C tingkat kekentalannya setara dengan SAE 15. Sementara itu, ketika suhu mesin 100 °C, tingkat kekentalannya setara dengan SAE 40.


Oli multi grade sangat cocok digunakan untuk kendaraan dengan operasional daerah dengan iklim dingin dan panas. Hal ini karena oli multi grade tidak akan membeku dan mesin mudah dihidupkan ketika musim dingin.

Baca juga rekomendasi perlengkapan motor lainnya di sini

Dengan mengganti oli motor yang tepat secara rutin, Anda akan mendapatkan pengalaman berkendara yang maksimal. Supaya tampilan Anda makin modis saat berkendara, kami telah menyediakan beberapa pilihan perlengkapan motor untuk Anda. Silakan cek artikel di bawah ini dan sesuaikan pilihan Anda sesuai kebutuhan!

Kesimpulan

Oli merupakan salah satu komponen penting yang harus Anda perhatikan untuk memperpanjang usia motor. Oli harus senantiasa diperiksa dan diganti secara teratur karena akan berpengaruh pada performa kendaraan.


Artikel ini telah menjelaskan cara memilih oli motor. Jika Anda sudah menemukan oli yang tepat, Anda disarankan untuk tidak berganti merek. Sekali Anda menggunakan merek oli tersebut, gunakan saja merek itu seterusnya.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Oli Terbaik untuk Motor Matic - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Terbaik untuk Motor Matic - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Selain sebagai pelumas, oli berfungsi merawat dan menjaga mesin motor agar dapat bekerja secara maksimal. Supaya motor matic Anda memiliki usia yang awet, jangan sampai telat melakukan penggantian oli. Lantas, berapa bulan sekali Anda harus mengganti oli motor? Kami akan mengulas oli motor matic dengan tips memilihnya. Ada juga produk oli motor matic yang bagus dari berbagai merek, seperti Castrol, Enduro, dan Evalube. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Temukan oli motor matic murah untuk Honda Scoopy, Vario 150, Beat, motor Yamaha, dan sebagainya!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Oli Shock Depan yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Shock Depan yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Para pengguna sepeda motor, tahukah bahwa oli shock depan harus diganti secara berkala? Idealnya, penggantian oli shock depan dilakukan ketika speedometer mencapai 15.000 km atau sekitar 1 tahun lebih pemakaian. Itu pun asumsi jika kendaraan digunakan dengan pemakaian normal.Apakah kendaraan Anda sudah waktunya ganti oli shock depan? Jika iya, Anda menemukan artikel yang tepat. Kami akan membahas cara memilih oli shock depan yang bagus, misalnya merek Yamalube, Top 1, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Simak sampai akhir, ya!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pengharum mobil bisa membuat suasana di dalam mobil Anda menjadi lebih nyaman. Merek pengharum mobil yang bagus, seperti Glade, Little Trees, dan Ambi Pur dapat Anda pilih untuk mengharumkan mobil Anda. Tipenya pun beragam, ada tipe padat, cair, gel, gantung, dan tipe yang dipasang pada grille AC.Saking banyaknya tipe pengharum mobil, bisa-bisa Anda bingung dalam memilih yang paling cocok. Karena itu, artikel ini akan membahas mengenai pengharum mobil secara menyeluruh. Mulai dari cara memilih sampai produk rekomendasi, Anda bisa menjadikannya sebagai referensi sebelum membeli. Selamat membaca!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Shampo Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shampo Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Sampo mobil adalah produk yang esensial untuk menjaga mobil tetap bersih dan terawat. Berbagai jenis produk sudah dihasilkan oleh merek-merek ternama, seperti Meguiar's dan 3M. Ada produk yang mengandung wax untuk mencegah noda air menempel, ada juga yang memberikan kilau ekstra pada cat mobil Anda.Hal ini tentunya membuat konsumen bingung dalam memilih sampo mobil yang paling sesuai. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih sampo mobil yang bagus. Kemudian, kami akan memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana.
    Perawatan kendaraan
  • 10 Oli Mesin Terbaik untuk Mobil - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Mesin Terbaik untuk Mobil - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Oli mesin sangat penting untuk menjaga kinerja mesin mobil. Oli berfungsi sebagai pelumas untuk menghindari gesekan antar elemen mesin. Banyak orang yang ingin mengganti oli mesin sendiri karena menggantinya di bengkel membutuhkan biaya cukup besar. Namun, apakah Anda sudah tahu produk mana yang harus dipilih?Maka dari itu, kami akan merekomendasikan beberapa merek oli mobil yang bagus, seperti Shell, Castrol, dan Pertamina. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih oli mesin sesuai kekentalan, komposisi, hingga kualitasnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Disimak, ya!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Pembersih Velg Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pembersih Velg Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Velg adalah bagian dari mobil yang paling mudah kotor akibat debu jalanan atau debu dari percikan kampas rem. Kebanyakan orang ingin velg mobilnya tetap berkilau, tetapi kesulitan merawatnya. Maka dari itu, cairan pembersih velg mobil sangatlah berguna.  Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pembersih velg terbaik untuk Anda. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari sejumlah merek, seperti 3M dan Turtle Wax. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Dengan menemukan produk yang bagus, mencuci mobil tentu akan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Selamat membaca!
    Perawatan kendaraan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori