• 10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Fungsi oli sangatlah penting bagi motor. Selain untuk mengoptimalkan kinerja mesin, oli juga berfungsi untuk mengurangi gesekan, pendingin, dan mengendalikan kotoran di dalam mesin. Oleh karena itu, oli perlu diganti secara rutin untuk menjaga kualitas dan memperpanjang umur mesin motor.

Namun, masih banyak yang kebingungan dalam memilih oli yang tepat untuk motor. Apakah Anda termasuk salah satunya? Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih oli motor yang baik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan oli dari berbagai merek terkenal, seperti Yamalube, Shell, maupun Enduro. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 05 Februari 2020
  • 54.219 Views
Daftar isi

Ketahui jenis oli motor berdasarkan bahan pembuatannya

Ketahui jenis oli motor berdasarkan bahan pembuatannya
Sebelum membahas lebih jauh tentang cara memilih oli motor, kami akan menjelaskan jenis-jenis oli berdasarkan bahan pembuatannya. Berdasarkan jenis bahan pembuatnya, oli dibedakan menjadi oli mineral, oli sintetis, dan oli semi sintetis.
Oli mineral terbuat dari minyak bumi yang diproses melalui penyulingan mineral. Oli jenis ini umumnya lebih tahan terhadap penguapan. Namun, kekentalannya mudah berubah karena tidak tahan terhadap cuaca ekstrem maupun suhu tinggi.
Sementara itu, oli sintetis adalah oli yang terbuat dari minyak bumi yang sudah diolah kembali sehingga didapatkan kekentalan yang stabil. Oli jenis ini umumnya lebih mudah menguap, tetapi lebih tahan terhadap kondisi ekstrem. Ada juga oli yang terbuat dari perpaduan antara oli mineral dan sintetis, yakni oli semi sintetis. Oli semi sintetis lebih cocok digunakan untuk motor keluaran terbaru dengan performa yang tinggi maupun motor sport.

Cara memilih oli motor

Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli oli motor. Mulai dari tingkat keencerannya, kerja mesin, hingga jenis motor Anda. Agar tidak salah pilih, simak penjelasan berikut ini dengan saksama!

Pilih oli dengan SAE atau tingkat keenceran yang sesuai kondisi lingkungan

Pilih oli dengan SAE atau tingkat keenceran yang sesuai kondisi lingkungan
Memilih oli idealnya disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan kendaraan bermotor. Salah satu poin yang harus diperhatikan dalam memilih oli adalah tingkat keencerannya. Kode keenceran pada oli biasanya diawali dengan kata SAE, kemudian diikuti dengan angka. Skala tingkat keenceran pada oli ini dibuat oleh The Society of Automotive Engineering (SAE). Kode ini dapat Anda lihat melalui kemasan produk oli.
Sebagai contoh, oli dengan kode SAE 15W-50 berarti tingkat keenceran oli motor mencapai angka 50. Selain itu, Anda masih dapat menggunakannya pada kondisi suhu hingga minus 15 derajat celcius. Semakin kecil angka di depan huruf W (winter), tingkat keencerannya pun semakin tinggi.
Dalam memilih tingkat keenceran oli, sebaiknya Anda menyesuaikan dengan lingkungan tempat Anda tinggal dan menggunakan motor. Jika penggunaan motor lebih banyak di dataran tinggi dengan suhu dingin, gunakan oli dengan tingkat keenceran yang tinggi. Misalnya SAE 10W-30 hingga SAE 15W-50.
Sementara, jika penggunaan motor lebih banyak di daerah bersuhu panas, gunakan oli dengan tingkat keenceran rendah. Misalnya Anda bisa menggunakan oli dengan label SAE 15W-40 sampai SAE 20W-40. Untuk motor yang berumur lima tahun ke atas atau jarak tempuhnya lebih dari 100.000 km, gunakan oli yang keencerannya tinggi.

Jika kerja mesin motor lebih berat, gunakan oli dengan API tinggi

Jika kerja mesin motor lebih berat, gunakan oli dengan API tinggi
Poin kedua yang harus Anda perhatikan saat memilih oli motor adalah nilai API. Kode ini menjadi petunjuk spesifikasi oli yang dikeluarkan oleh American Petroleum Institute. Kode ini juga digunakan untuk mengukur kemampuan oli dalam menahan gesekan komponen mesin.
Setiap mesin berbahan bakar bensin dan diesel memiliki kode API yang berbeda. Umumnya, untuk mesin yang menggunakan bensin memiliki API yang dimulai dengan huruf S. Anda dapat memperhatikan huruf yang mengikuti kode S pada nilai API.
Terdapat beberapa jenis kode API pada oli motor, di antaranya adalah SA, SB, SC, SD, dan SE. Semakin tinggi huruf abjad yang mengikuti kode S, semakin tinggi pula kemampuan oli menahan gesekan komponen mesin. Bagi Anda yang menggunakan motor untuk aktivitas sehari-hari, Anda cukup menggunakan oli dengan kode API SA hingga SE.
Aktivitas yang padat tentunya akan membuat kerja mesin motor lebih berat. Misalnya saat Anda membawa motor untuk mudik atau membawa beban yang melebihi 110 Kg. Untuk penggunaan motor dengan aktivitas mesin yang berat seperti itu, gunakan kode API bertanda abjad besar.

Pilihlah oli berdasarkan jenis motor dan jenis koplingnya

Pilihlah oli berdasarkan jenis motor dan jenis koplingnya
Jenis motor sebenarnya ada banyak, tetapi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah motor sports, motor bebek, dan skuter matik. Motor sports adalah motor besar yang bisa digunakan untuk balapan, misalnya Honda CBR 250 dan Kawasaki Ninja.
Sementara motor bebek memiliki kapasitas mesin yang lebih kecil, biasanya di bawah 150 cc. Tipe ini cukup nyaman digunakan untuk keperluan sehari-hari, misalnya Honda Supra atau Yamaha Jupiter. Belakangan ini, jenis motor yang paling populer adalah tipe skuter matik. Tipe motor ini menggunakan transmisi otomatis saat perpindahan gigi, contohnya Honda Vario atau Yamaha Mio.
Berdasarkan koplingnya, kendaraan bermotor dibedakan menjadi dua jenis, yakni kopling basah dan kopling kering. Secara sederhana, kopling basah bisa diartikan kopling yang terendam oli. Kelebihannya kopling motor menjadi tidak cepat aus, tetapi terkadang bisa menyebabkan slip. Pada motor dengan jenis kopling basah, kualitas oli mesin menjadi sangat berpengaruh. Di Indonesia, kopling ini banyak diaplikasikan pada sepeda motor jenis bebek dan motor sports. Sementara itu, untuk kopling kering tidak diselimuti oleh oli. Kopling jenis ini biasanya digunakan untuk motor tipe skuter matik.
Perbedaan kedua kopling tersebut tentunya berpengaruh kepada pemilihan jenis oli motor. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan kode JASO yang terdapat pada kemasan oli motor. JASO merupakan klasifikasi jenis oli pada mesin motor berdasarkan uji pelumasan yang dilakukan dari Japanese Automative Standard Organization.

JASO MA : Untuk jenis motor kopling basah

JASO MA : Untuk jenis motor kopling basah
Terdapat dua klasifikasi dari JASO, yakni JASO MA dan JASO MB. Oli motor dengan kode JASO MA diperuntukkan khusus bagi pengguna motor dengan kopling basah atau kopling terendam oli. Dengan menggunakan oli berkode JASO MA, kampas dan gigi yang terdapat pada plat kopling tidak mudah terselip.

JASO MB : Untuk jenis motor kopling kering

JASO MB : Untuk jenis motor kopling kering
Jika Anda pengguna motor skuter matik, gunakan oli berkode JASO MB. Hal ini dikarenakan mayoritas kopling motor skuter matik adalah berjenis kering dan tidak terendam oli atau pelumas. Oli ini bersifat lebih licin dan berfungsi untuk membasahi kampas kopling.

10 Rekomendasi oli motor terbaik

Setelah mengetahui cara memilih oli motor, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk oli motor terbaik untuk Anda. Pilihlah produk terbaik dengan mempertimbangkan poin-poin penting yang sudah dibahas sebelumnya!
10
Jenis oliSemi sintetis
SAE10W-40 dan 10W-30
APISM
JASOMB
Jenis motorSkuter matik 4-tak
9
Jenis oliSintetis
SAE10W-40
APISL
JASOMA
Jenis motorMotor 4-tak modern tipe sport
8
Jenis oliSintetis
SAE10W-30
APITidak disebutkan
JASOMA2
Jenis motorHonda : Revo, Supra X 125, CB 150, CBR 250
7
Jenis oliSintetis
SAE10W-40
APISL
JASOMA-2
Jenis motorMotor 4-tak
6
Jenis oliSintetis
SAE20W-50
APISL
JASOMA-2
Jenis motorMotor 2-tak
5
Jenis oliSintetis
SAE10W-30
APISL
JASOMA
Jenis motorBebek maupun sport
4
Jenis oliMineral
SAE20W-50
APISG
JASOMB
Jenis motorMotor 4-tak
3
Jenis oliSintetis
SAE5W-30
APISM
JASOMA
Jenis motorMotor dengan mesin berkapasitas 250 cc
2
Jenis oliSintetis
SAE20W-40
APISL
JASOMB
Jenis motorSkuter matik 4-tak
1
JenisSintetis
SAE10W-30
APISL
JASOMB
Jenis motorMotor matik merek Honda

Tabel perbandingan produk oli motor terbaik

Gambar produk
1
AHM Oil SPX-2 1

AHM

2
Pertamina Enduro Matic 1

Pertamina

3
Evalube 4T Pro Racing 1

Evalube

4
Evalube Scootic MX 1

Evalube

5
AHM Oil MPX-1 1

AHM

6
Castrol Activ 2T Low Smoke 1

Castrol

7
Castrol  Power 1 Racing 4T  1

Castrol

8
TOP 1 SMO Action Plus  1

TOP 1

9
Yamalube Super Sport Oil 1

Yamalube

10
Shell  Advance AX7 Scooter  1

Shell

Nama produk

Oil SPX-2

Enduro Matic

4T Pro Racing

Scootic MX

Oil MPX-1

Activ 2T Low Smoke

Power 1 Racing 4T

SMO Action Plus

Super Sport Oil

Advance AX7 Scooter

KeunggulanMemberikan perlindungan mes...Mesin motor mudah menyala m...Perlindungan total untuk me...Usia mesin motor menjadi le...Hemat dan mengurangi dampak...Membuat mesin motor dan bus...Meningkatkan tenaga mesin u...Lari motor bebek semakin ge...Memaksimalkan kinerja mesin...Menjaga suara mesin motor A...
HargaRp 46.000,00Rp 36.000,00Rp 412.500,00Rp 27.000,00Rp 42.000,00Rp 35.000,00Rp 155.300,00Rp 43.000,00Rp 69.000,00Rp 45.000,00
JenisSintetisSintetisSintetisMineralSintetisSintetisSintetisSintetisSintetisSemi sintetis
SAE10W-3020W-405W-3020W-5010W-3020W-5010W-4010W-3010W-4010W-40 dan 10W-30
APISLSLSMSGSLSLSLTidak disebutkanSLSM
JASOMBMBMAMBMAMA-2MA-2MA2MAMB
Jenis motorMotor matik merek HondaSkuter matik 4-takMotor dengan mesin berkapasitas 250 ccMotor 4-takBebek maupun sportMotor 2-takMotor 4-takHonda : Revo, Supra X 125, CB 150, CBR 250Motor 4-tak modern tipe sportSkuter matik 4-tak
Tautan produk

Waktu yang tepat untuk mengganti oli motor

Waktu yang tepat untuk mengganti oli motor
Untuk menjaga masa pakai dan kinerja mesin motor, mengganti oli secara rutin sudah menjadi kewajiban bagi setiap pemilik kendaraan bermotor. Namun, kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli?
Aturan waktu penggantian oli motor pun dapat Anda sesuaikan dengan jenis kendaraan dan oli yang digunakan. Semakin berat kinerja mesin pada motor Anda, semakin cepat pula Anda harus mengganti oli motor. Namun, ada juga yang menganjurkan bahwa Anda harus mengganti oli setiap motor Anda menempuh jarak 2.000 km.

Baca juga rekomendasi perlengkapan motor lainnya di sini

Merawat mesin motor sangatlah penting untuk menjaga performa mesin. Dengan mengganti oli motor yang tepat secara rutin, Anda akan mendapatkan pengalaman berkendara yang maksimal. Supaya tampilan Anda semakin modis saat berkendara, kami telah menyediakan beberapa pilihan perlengkapan motor untuk Anda. Silakan cek artikel di bawah ini dan sesuaikan pilihan Anda sesuai kebutuhan!

Kesimpulan

Oli merupakan salah satu komponen penting yang harus Anda perhatikan untuk memperpanjang masa usia motor. Oli harus senantiasa diperiksa dan diganti secara teratur karena akan berpengaruh pada performa kendaraan.
Artikel di atas telah menjelaskan bagaimana supaya Anda tidak salah dalam memilih oli motor. Jika Anda sudah menemukan oli yang tepat, Anda disarankan untuk tidak mengganti-ganti oli di kemudian hari. Sekali Anda menggunakan merek oli tersebut, gunakan saja merek itu seterusnya.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pengendara sepeda motor tidak memandang usia dan jenis kelamin. Saat mengendarai motor, peran helm sangat penting supaya kita bisa berkendara dengan aman. Helm juga melindungi kepala kita dari benturan dan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.Beragam produsen helm seperti NHK, GM, Shoei, ZEUS, dan INK mengeluarkan helm terbaik dan juga stylish. Di artikel ini, kami akan membagikan informasi untuk Anda tentang cara memilih helm yang tepat, berikut rekomendasi sepuluh produk terbaiknya!
    Mobil & motor
    47.209 Views
  • 10 Rekomendasi Penghilang Goresan Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Penghilang Goresan Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Goresan pada mobil dapat terjadi karena benturan, gesekan, atau akibat batu dan pasir yang terlempar mengenai mobil. Untungnya, ada produk penghilang goresan mobil untuk mengatasi hal tersebut. Namun, ada begitu banyak produk berkualitas di pasaran seperti merek Mothers, Meguiar's, dan Turtle Wax. Mungkin Anda jadi sedikit bingung menentukan pilihan, bukan?Untuk itu, kami akan merekomendasikan beberapa produk penghilang goresan mobil berjenis compound, wax, serta touch pen. Sebelumnya, simak cara memilih penghilang goresan mobil agar Anda bisa mendapatkan produk yang paling sesuai. Selamat membaca!
    Mobil & motor
    37.333 Views
  • 10 Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil (Terbaru Tahun 2020)
    Oli mesin sangatlah penting untuk menjaga kinerja mesin mobil Anda. Oli berfungsi sebagai pelumas untuk menghindari gesekan antar elemen mesin. Banyak orang yang ingin mengganti oli mesin sendiri karena menggantinya di bengkel membutuhkan biaya cukup besar. Namun, ternyata banyak sekali jenis oli mesin di pasaran. Manakah oli yang tepat untuk mobil Anda?Maka dari itu, kami akan merekomendasikan beberapa merek oli mesin terbaik, seperti Shell, Castrol, atau Pertamina, serta menjelaskan bagaimana cara memilih oli mesin sesuai kekentalan, komposisi, hingga kualitasnya. Jadi, jangan lewatkan dan simak baik-baik artikel di bawah ini!
    Mobil & motor
    11.550 Views
  • 10 Rekomendasi Pelindung Cat Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelindung Cat Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pelindung cat mobil atau biasa disebut dengan paint protection ini merupakan cairan yang mampu melindungi permukaan cat mobil. Namun, banyaknya produk yang beredar di pasaran seperti Meguiars, 3M, Turtle Wax, dan sebagainya mungkin akan membuat Anda bingung saat memilih.Untuk memudahkan Anda, kali ini kami akan merekomendasikan produk cat mobil terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Sebelum itu, kami juga menjelaskan poin-poin yang harus Anda ketahui dalam memilih. Mari simak lebih lanjut dan jadikan cat mobil Anda tetap berkilau seperti baru!
    Mobil & motor
    18.987 Views
  • 10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pengharum mobil bisa membuat suasana di dalam mobil Anda menjadi lebih nyaman. Berbagai produk pengharum mobil seperti Glade, Little Trees, dan Ambi Pur dapat Anda pilih untuk mengharumkan mobil Anda. Tipenya pun beragam, ada tipe padat, cair, gel, gantung, dan tipe yang dipasang pada grille AC.Saking banyaknya tipe pengharum mobil, bisa-bisa Anda bingung dalam memilih yang paling cocok. Karena itu, artikel ini akan membahas mengenai pengharum mobil secara menyeluruh. Mulai dari cara memilih sampai produk rekomendasi, Anda bisa menjadikannya sebagai referensi sebelum membeli. Selamat membaca!
    Mobil & motor
    22.896 Views
  • 10 Rekomendasi Speaker Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Speaker Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Speaker mobil berperan penting dalam menghasilkan suara audio yang jernih di dalam mobil. Selain untuk mengusir kantuk, sebuah kepuasan tersendiri jika Anda dapat menikmati lagu kesayangan dengan kualitas suara terbaik. Dengan adanya berbagai macam produk speaker mobil di luar sana, pastinya membuat Anda kebingungan dalam memilih.Untuk membantu Anda, di bawah ini kami membagikan poin-poin penting dalam hal pemilihan speaker mobil. Simak juga rekomendasi merek mulai dari Pioneer, JBL, Kenwood dan lainnya. Mari temukan speaker mobil yang pas untuk menemani Anda berkendara!
    Mobil & motor
    383 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori