mybest
Oli

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Otomotif
  3. Perawatan kendaraan
  4. 10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif]
  • 10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik  [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif] 1
  • 10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik  [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif] 2
  • 10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik  [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif] 3
  • 10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik  [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif] 4
  • 10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik  [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif] 5

10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif]

Fungsi oli motor sangat penting karena mengoptimalkan kinerja dan memperpanjang usia mesin. Oleh karena itu, Anda perlu mengganti oli motor secara rutin dua bulan sekali atau saat sudah mencapai 1.500 km. Apakah Anda masih bingung memilih oli yang tepat untuk motor Anda?


Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih oli motor yang bagus dan tahan panas. Cara memilih produk disusun bersama pakar kami, Ayi Adiana, seorang guru teknik otomotif. Selain itu, kami juga mengulas berbagai merek oli motor terbaik, seperti Shell, Castrol, ataupun Top1. Silakan simak ulasan kami hingga akhir!

Diperbaharui 10/11/2023
Ayi Adiana
Pakar
Guru Teknik Otomotif
Ayi Adiana

Hobinya pada dunia otomotif sejak sekolah dasar membawa Ayi menjadi seorang sarjana teknik mesin. Ketertarikannya makin besar ketika orang tuanya memberikan sepeda motor dan mobil kepadanya saat masih SMA. Ia menjadikan sepeda motor dan mobil tersebut sebagai percobaan untuk mengobati rasa penasarannya dengan dunia otomotif. Ayi menggunakan waktu senggangnya untuk menambah pengetahuan di setiap event otomotif saat masih kuliah. Ia membuka bengkel untuk menjual oli dan spare part, serta salon mobil dan motor pada 2011. Ia juga bekerja sebagai guru teknik otomotif di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri.

Profil Ayi Adiana
Lanjut membaca
Gigih Prayitno
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Gigih Prayitno

Gigih Prayitno merupakan lulusan Program Studi Jepang, Universitas Diponegoro. Sejak kuliah, outdoor enthusiast ini suka naik gunung, city walking, dan solo traveling. Setelah lulus, ia bekerja sebagai travel reporter di salah satu kantor berita online di Indonesia selama dua tahun. Tidak hanya menyukai dunia traveling, Gigih juga seorang tech savvy. Ia senang sekali mencari update tentang peralatan elektronik, khususnya handphone, komputer, serta aksesorinya. Kini ia banyak menulis dengan niche teknologi, perlengkapan outdoor, dan perlengkapan sport di website mybest Indonesia.

Profil Gigih Prayitno
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Kapan oli motor harus diganti?

Kapan oli motor harus diganti?

Anda bisa mengganti oli berdasarkan waktu atau jarak tempuh, tergantung sisi mana yang tercapai lebih dulu. Dari sisi waktu, Anda perlu ganti oli setiap 2 bulan sekali. Mengingat kerja oli motor tergolong berat karena harus melumasi mesin dan kopling motor. Setelah dipakai lama, efek pelumasan oli akan menghilang dan warnanya menjadi hitam sehingga perlu diganti.


Sementara dari sisi jarak, oli motor sebaiknya diganti setiap 1.500 km. Di atas jarak tempuh tersebut, biasanya kemampuan pelumasan oli juga sudah berkurang bahkan habis. Untuk lebih amannya, Anda bisa mengganti oli setiap 1.000 km. Nah, agar Anda dapat memilih oli terbaik untuk motor Anda, silakan baca panduannya di artikel ini.

Ayi Adiana
Guru Teknik Otomotif
Ayi Adiana

Oli yang terlalu lama tidak diganti bisa menyumbat saluran oli dan filter. Hal ini menyebabkan pelumasan ke arah piston dan komponen lainnya terhambat sehingga keseluruhan tidak terlumasi dengan baik. Flushing masih bisa dilakukan bila keraknya belum parah. Namun, mesin perlu dibongkar untuk dibersihkan bila keraknya sudah menempel. Risiko lain dari tidak mengganti oli adalah mesin yang kering sehingga dapat mengalami kerusakan.

Cara memilih Oli Motor

Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli oli untuk motor Anda. Mulai dari jenis JASO, tingkat kekentalan oli, hingga kode API. Oleh karena itu, agar tidak salah pilih, simak cara memilih oli motor yang bagus berikut ini!

1

Langkah pertama adalah menyesuaikan JASO; Pilih JASO MA untuk motor manual dan JASO MB untuk motor matic

Langkah pertama adalah menyesuaikan JASO; Pilih JASO MA untuk motor manual dan JASO MB untuk motor matic
Pilihlah oli dengan JASO yang sesuai dengan jenis motor Anda. Kode JASO ini biasanya tertera di kemasan produk. Ada JASO MA untuk motor dengan transmisi manual atau motor gigi. Kemudian, JASO MB untuk motor dengan transmisi otomatis atau matic. Motormaticmasih bisa menggunakan JASO MA untuk kebutuhan darurat, tetapi sebaiknya gunakan JASO MB. Sebaliknya, JASO MB tidak bisa digunakan di motor manual karena tidak ada kandungan untuk melumasi kopling.
  
Untuk motor manual, masih ada pilihan JASO MA2 yang kualitasnya lebih tinggi dari JASO MA. Kemampuan pelumasan JASO MA2 sangat baik sehingga mampu menjaga semua komponen mesin. Terutama di bagian poros engkol, silinder, dan kopling. Selain itu, oli JASO MA2 juga memiliki kemampuan melawan oksidasi dan menjaga oli tetap berperforma baik dalam berbagai kondisi operasi. Oleh karena itu, JASO MA2 cocok untuk Anda yang tidak hanya ingin merawat motor, tetapi juga meningkatkan performanya.
2

SAE 10W-30 dan 10W-40 cocok untuk motor baru; Untuk motor lama, pertimbangkan oli mineral dengan tingkat kekentalan yang lebih tinggi

SAE 10W-30 dan 10W-40 cocok untuk motor baru; Untuk motor lama, pertimbangkan oli mineral dengan tingkat kekentalan yang lebih tinggi
Periksa juga kode SAE yang mewakili tingkat kekentalan dari oli. Angka depan pada kode ini menunjukkan toleransinya pada suhu rendah. Makin rendah angkanya, makin tinggi toleransinya untuk suhu rendah, dan olinya juga cenderung lebih encer. Sementara itu, angka di belakang menunjukkan toleransinya pada suhu tinggi. Makin tingi angkanya, makin tinggi pula toleransinya pada suhu tinggi. Suhu tinggi ini bisa diakibatkan dari cuaca, kondisi jalanan, dan kerja mesin motor.

Salah satu cara mudah dalam memilih SAE oli motor adalah mengikuti rekomendasi pabrikan motor yang dipilih. Untuk penggunaan sehari-hari, mengikuti spesifikasi pabrikan sudah cukup. Biasanya SAE yang disarankan untuk motor-motor terkini adalah 10W-30 dan 10W-40. Di sisi lain, motor 250 CC ke atas biasanya membutuhkan SAE 10W-50. Jika sudah punya preferensi pribadi, Anda bisa menentukan kode SAE sesuai dengan kebutuhan.

Untuk motor keluaran lama,SAE yang direkomendasikan adalah 15W/20W-40 atau 15W/20W-50 yang lebih kental. Biasanya, motor yang membutuhkan oli kental adalah motor dengan silinder baja yang merupakan produksi lama. Anda bisa mengecek hal tersebut pada bagian stripping atau blok mesin. Motor usia di atas 5 tahun juga sebaiknya menggunakan oli yang lebih kental karena toleransi antarkomponennya sudah melebar. Jika menggunakan oli encer, suara mesin akan lebih berisik.

Kandungan lain yang direkomendasikan untuk mesin lama adalah mineral. Mesin lama cenderung memiliki tingkat keausan yang tinggi sehingga butuh kandungan alami dari mineral. Mesin lama juga cenderung cepat panas sehingga membutuhkan tingkat penguapan yang rendah dari oli mineral. Namun, produknya lebih jarang di pasaran sehingga Anda tidak harus mengutamakan oli mineral jika tidak bisa mendapatkannya.
Ayi Adiana
Guru Teknik Otomotif
Ayi Adiana
Motor injeksi tidak selalu membutuhkan oli yang encer karena bisa saja masih menggunakan silinder baja.
3

Untuk touring, pilih oli encer dengan kandungan full synthetic yang performanya lebih tinggi dari semi-synthetic

Untuk touring, pilih oli encer dengan kandungan full synthetic yang performanya lebih tinggi dari semi-synthetic
Oli dengan unsur mineral yang tinggi merupakan jenis oli yang paling direkomendasikan karena kandungannya alami sehingga aman untuk mesin. Namun, kekurangannya adalah masa pakai yang cepat dengan jarak tempuh yang lebih pendek. Oleh karena itu, oli mineral lebih jarang ditemukan sehingga pilihannya tersedia pada oli semi-synthetic dan full synthetic.
 
  • Oli semi-synthetic

Oli semi-synthetic adalah jenis oli mesin yang terbuat dari campuran oli mineral dan oli sintetik. Jenis oli ini memiliki sifat yang lebih baik daripada oli mineral, tetapi tidak sebaik oli full synthetic. Oli semi-synthetic memiliki daya tahan yang lebih lama dan perlindungan mesin yang lebih baik dari oli mineral. Oleh karena itu, oli semi-synthetic dapat digunakan untuk kebutuhan jarak tempuh yang lebih jauh. Dengan kualitas yang baik, harga oli semi-synthetic juga lebih terjangkau, lho.


  • Oli full synthetic

Jika Anda menginginkan ketahanan dan perlindungan mesin yang lebih tinggi, jatuhkan pilihan pada oli full synthetic. Ini merupakan jenis oli standar balap sehingga harganya lebih tinggi. Oli full synthetic direkomendasikan untuk pemakaian dengan kebutuhan endurance mesin yang tinggi, misalnya untuk touring. Pilihan oli full synthetic untuk touring yang paling umum adalah SAE 5W-40 atau 10W-40. Jenis oli ini fleksibel dan agresif untuk berbagai kondisi, bahkan untuk dataran tinggi.


Sementara itu, pilihan oli untuk pengguna motor matic lebih beragam. Hal ini karena motor matic punya keistimewaan yang tidak dimiliki motor manual, yakni kompatibilitas dengan oli mobil. Oli mobil menawarkan SAE yang lebih beragam sehingga pengguna motor matic bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Untuk memahami lebih jauh mengenai oli motor matic, kunjungi link di bawah ini!
4

Jika Anda ingin merasakan teknologi terkini, cari kode API yang lebih baru seperti SN

Jika Anda ingin merasakan teknologi terkini, cari kode API yang lebih baru seperti SN
Kode API (American Petroleum Institute) merujuk ke teknologi dari oli. Makin baru kode API-nya, makin baru pula teknologinya. Oli motor yang beredar di pasaran umumnya menggunakan kode SJ sampai SN. Oli mesin dengan kode API SJ memiliki kemampuan untuk melindungi mesin dari keausan, korosi, dan pembentukan deposit. Selain itu, olinya juga mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang.

Sementara SN adalah jenis API yang paling baru dari SJ sehingga teknologinya lebih tinggi. Tingkat penguapannya pun lebih rendah meski cuaca sedang panas. Oleh karena itu, API SN akan berguna untuk Anda yang sering menghadapi kemacetan di perkotaan. Hal ini karena makin lama kendaraan diam di kemacetan, makin cepat mesin menjadi panas sehingga penguapan makin tinggi. Dengan oli API SN, ketahanan mesin akan jadi lebih lama. Jenis oli API SN juga biasanya dipakai untuk mobil-mobil terbaru.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Oli Motor Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Oli Motor terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 10 November 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Kandungan oli
SAE
API
JASO
Isi
1

Motul

Scooter LE 4T 10W-30

Motul Scooter LE 4T 10W-30 1

Rp62.731

Menengah

Diformulasikan dengan teknologi HC-Tech, sangat baik untuk perlindungan mesin

Sintetis

10W-30

SJ

MB

800 ml, 1000 ml

2

Astra Honda Motor

AHM Oil MPX2

Astra Honda Motor AHM Oil MPX2 1

Rp58.000

Menengah

Irit dan ramah lingkungan berkat masa penggantian yang lebih panjang

Sintetis

10W-30

SL

MB

650 ml, 800 ml

3

Shell

Advance 4T AX7 Scooter

Shell Advance 4T AX7 Scooter 1

Rp59.000

Menengah

Mesin bebas gumpalan kotoran yang mempermudah akselerasi

Sintetis

10W-40

SN

MB

800 ml, 1.000 ml

4

Castrol

POWER1 Ultimate Matic 10W-30

Castrol POWER1 Ultimate Matic 10W-30 1

Rp64.000

Menengah

Mesin tetap dingin meskipun berkendara jarak jauh

Sintetis

10W-30

SN

MB

800 ml

5

TOP 1 Oil

MC Sport

TOP 1 Oil MC Sport 1

Rp64.500

Menengah

Berkendara tetap nyaman meski cuaca dan medan tak menentu

Semisintetis

10W-30

SJ

MA2

800 ml

6

Shell

Advance AX5SC

Shell Advance AX5SC 1

Rp46.500

Lebih Murah

Pelumas untuk kondisi iklim tropis Indonesia

Sintetis

10W-30

SL

MA2

800 ml

7

IPONE

R4000 RS

IPONE  R4000 RS 1

Rp185.000

Lebih Mahal

Nyaman berkendara dengan kecepatan tinggi karena RPM yang cepat naik

Semisintetis

10W-40

SM

MA2

1.000 ml

8

ALP Petro Industry

Eni i-Ride Moto 4T Matic ID

ALP Petro Industry  Eni i-Ride Moto 4T Matic ID 1

Rp49.500

Agak Murah

Dukung performa motor matik berkat kombinasi teknologi aditif baru

Sintetis

10W-30

SL

MB

800 ml, 1.000 ml

9

PTT Lubricants

Challenger Synthetic 4T

PTT Lubricants Challenger Synthetic 4T 1

Rp140.000

Lebih Mahal

Pelumas yang dirancang khusus untuk motor besar

Sintetis

10W-40

SN

MA2

1.000 ml

10

Mobil

Super Moto 10W-40

Mobil Super Moto 10W-40 1

Rp57.500

Menengah

Merawat mesin sepeda motor lebih lama

Sintetis

10W-40

SL

MA, MA2

800 ml, 1.000 ml

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

MotulScooter LE 4T 10W-30

Scooter LE 4T 10W-30 1
Sumber: motul.com
Harga referensi
Rp62.731
Menengah
Harga referensi
Rp62.731
Menengah

Diformulasikan dengan teknologi HC-Tech, sangat baik untuk perlindungan mesin

Oli dari Motul ini memperhatikan kinerja dari motor matik yang memang diciptakan untuk mobilitas tinggi di jalanan. Kode JASO MB yang disematkan memastikan performa motor akan mantap. Motor akan irit BBM karena kinerja oli yang mengurangi friksi internal. 


Oli motor matik ini memiliki tingkat emisi yang rendah karena didukung oleh teknologi Low Emission (LE). Oli ini juga diformulasikan dengan teknologi HC-Tech yang meskipun meminimalkan emisi, tetapi tetap memberikan perlindungan terhadap mesin. Bagi Anda yang ingin mesin motor matik awet, silakan gunakan oli ini.

Kandungan oliSintetis
SAE10W-30
APISJ
JASOMB
Isi800 ml, 1000 ml
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Astra Honda MotorAHM Oil MPX2

Harga referensi
Rp58.000
Menengah

Irit dan ramah lingkungan berkat masa penggantian yang lebih panjang

AHM Oil MPX2 merupakan pelumas yang dirancang khusus untuk memberikan perlindungan sepeda motor matik Honda Anda. Produk ini mampu melumas dengan sempurna sehingga memberikan performa yang prima terhadap mesin Anda. Diklaim memiliki masa penggantian lebih lama, produk ini pun lebih irit dan ramah lingkungan. AHM Oil MPX2 tersedia dalam dua pilihan ukuran, yakni 650 ml dan 800 ml.
Kandungan oliSintetis
SAE10W-30
APISL
JASOMB
Isi650 ml, 800 ml
View all
No.3

ShellAdvance 4T AX7 Scooter

Harga referensi
Rp59.000
Menengah

Mesin bebas gumpalan kotoran yang mempermudah akselerasi

Oli mesin matik satu ini pas untuk Anda yang kerap menempuh perjalanan jauh dengan medan lurus tanpa banyak hambatan. Kandungan Shell Active Cleansing diklaim dapat membersihkan mesin dari kotoran berlebih meskipun dipakai dalam jarak tempuh yang cukup jauh.


Terbebas dari gumpalan kotoran dapat berimbas pada peningkatan kinerja mesin, lho! Hasilnya, akselerasi pada motor matik Anda makin meningkat. Anda pun jadi makin cepat sampai tujuan, bukan?

Kandungan oliSintetis
SAE10W-40
APISN
JASOMB
Isi800 ml, 1.000 ml
View all
No.4

CastrolPOWER1 Ultimate Matic 10W-30

Harga referensi
Rp64.000
Menengah

Mesin tetap dingin meskipun berkendara jarak jauh

Anda sering melakukan perjalanan jarak jauh? Saatnya beralih ke Castrol POWER1 Ultimate. Produk ini memiliki formula 5-in-1 yang menjaga performa mesin tetap baik. Dengan menggunakan oli dari Castrol ini, mesin motor akan tetap dingin meskipun Anda melakukan perjalanan panjang. Di samping itu, oli dari Castrol ini juga dapat digunakan untuk berbagai merek motor matik.
Kandungan oliSintetis
SAE10W-30
APISN
JASOMB
Isi800 ml
View all
No.5

TOP 1 OilMC Sport

Harga referensi
Rp64.500
Menengah

Berkendara tetap nyaman meski cuaca dan medan tak menentu

Oli TOP1 MC Series memberikan perlindungan prima terhadap mesin motor 4T Anda. Produk ini dilengkapi dengan teknologi Maximum Protection yang memberikan perlindungan terhadap mesin untuk berkendara dalam segala cuaca dan medan.


Kadar sintetis di dalamnya pun lebih banyak sehingga kadar penguapan oli pun lebih lambat. Dengan demikian, usia pakai pelumas menjadi lebih lama. Produk ini cocok untuk motor Honda CB dan Verza.

Kandungan oliSemisintetis
SAE10W-30
APISJ
JASOMA2
Isi800 ml
View all
No.6

ShellAdvance AX5SC

Harga referensi
Rp46.500
Lebih Murah

Pelumas untuk kondisi iklim tropis Indonesia

Shell Advance AX5SC adalah oli mesin motor matik yang diformulasikan untuk memberikan perlindungan dan performa optimal. Oli ini memiliki viskositas 10W-30 yang cocok untuk kondisi iklim tropis Indonesia. Shell Advance AX5SC mengandung Shell Active Cleansing Technology yang dapat mencegah penumpukan kotoran pada mesin. Teknologi ini juga dapat membantu menjaga mesin tetap bersih dan optimal.

Kandungan oliSintetis
SAE10W-30
APISL
JASOMA2
Isi800 ml
View all
No.7

IPONE R4000 RS

Harga referensi
Rp185.000
Lebih Mahal

Nyaman berkendara dengan kecepatan tinggi karena RPM yang cepat naik

IPONE R4000 RS merupakan oli mesin semi sintetis yang cocok untuk motor jalanan dan trail bermesin 4T. Oli ini memiliki viskositas 10W-40 sehingga cocok digunakan untuk segala cuaca. Beberapa review pun mengatakan bahwa RPM cepat naik. Dengan demikian, Anda akan merasa nyaman ketika berkendara dengan kecepatan tinggi. Bagian kemasan pun sudah dilengkapi dengan corong sehingga memudahkan Anda dalam menuangnya ke dalam mesin. 

Kandungan oliSemisintetis
SAE10W-40
APISM
JASOMA2
Isi1.000 ml
View all
No.8

ALP Petro Industry Eni i-Ride Moto 4T Matic ID

Harga referensi
Rp49.500
Agak Murah

Dukung performa motor matik berkat kombinasi teknologi aditif baru

Untuk Anda yang menggunakan motor matik keluaran Yamaha dan Suzuki, pilihlah oli dari ALP Petro Industry. Produk ini pernah menjadi oli resmi untuk motor skuter asal Italia selama puluhan tahun. Oli ini mampu mendukung Anda berkendara dengan motor matik berkat kombinasi teknologi aditif baru yang dimilikinya.


Anda bisa mengarungi jalanan tanpa khawatir mesin cepat panas. Selain itu, oli ini juga dapat mengurangi konsumsi bahan bakar sehingga lebih irit. Tarikan gas motor pun menjadi lebih ringan.

Kandungan oliSintetis
SAE10W-30
APISL
JASOMB
Isi800 ml, 1.000 ml
View all
No.9

PTT LubricantsChallenger Synthetic 4T

Harga referensi
Rp140.000
Lebih Mahal

Pelumas yang dirancang khusus untuk motor besar

Challenger Synthetic 4T merupakan pelumas sepeda motor yang dirancang khusus untuk sepeda motor 4T, termasuk motor besar. Produk ini juga telah memenuhi standar JASO MA2 dan SN. Jadi, oli ini memberikan performa kopling yang baik, perlindungan dari keausan, dan kebersihan mesin optimal. 


Challenger Synthetic 4T juga memiliki masa pakai yang lebih panjang daripada produk sejenis. Hanya saja, produk ini dijual dengan harga lebih mahal daripada produk di kelasnya.

Kandungan oliSintetis
SAE10W-40
APISN
JASOMA2
Isi1.000 ml
View all
No.10

MobilSuper Moto 10W-40

Harga referensi
Rp57.500
Menengah

Merawat mesin sepeda motor lebih lama

Mobil Super Moto 10W-40 merupakan pelumas yang terbuat dari campuran minyak dasar berkualitas tinggi dan hidrokarbon. Oli motor ini menggunakan sistem aditif yang canggih sehingga menjaga mesin tetap bersih. Selain itu, oli ini juga memberikan perlindungan dari aus dan korosi dengan lebih baik. Alhasil, mesin sepeda motor Anda akan terawat lebih lama. Pelumas ini cocok untuk Anda yang memiliki motor 4T dengan kopling.
Kandungan oliSintetis
SAE10W-40
APISL
JASOMA, MA2
Isi800 ml, 1.000 ml
View all

5 Rekomendasi Oli Motor terbaik

No. 1: MotulScooter LE 4T 10W-30

No. 2: Astra Honda MotorAHM Oil MPX2

No. 3: ShellAdvance 4T AX7 Scooter

No. 4: CastrolPOWER1 Ultimate Matic 10W-30

No. 5: TOP 1 OilMC Sport

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Otomotif
  3. Perawatan kendaraan
  4. 10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.