10 Rekomendasi Sunglasses / Kacamata Hitam Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2019)

Merasa dandanan atau pakaian Anda kurang keren? Tidak perlu khawatir, kenakan saja sunglasses atau kacamata hitam! Hanya dengan menambahkannya, semua orang akan fokus pada kacamata hitam Anda. Namun, di pasaran ada banyak sekali model kacamata hitam dengan berbagai merek seperti NYX, Veithdia, Parzin, dan lainnya.

Tentunya tidak semua model kacamata hitam akan cocok untuk Anda. Karena itu, artikel ini akan membahas bagaimana cara memilih kacamata hitam yang tepat supaya Anda mendapat penampilan yang sempurna. Mari simak artikelnya berikut ini!

Daftar isi

Cara memilih kacamata hitam untuk wanita

Mari simak beberapa poin yang perlu Anda perhatikan dalam memilih kacamata hitam. Perhatikan cara memilihnya dan dapatkan produk yang paling tepat untuk Anda.

Pilihlah sesuai bentuk wajah

Saat memilih kacamata hitam, bentuk wajah adalah poin penting yang harus Anda perhatikan. Tidak semua desain kacamata cocok dengan semua bentuk wajah. Jadi, sesuaikan desain kacamata hitam yang akan dibeli dengan bentuk wajah Anda.

Untuk wajah bulat, pilih bingkai kotak atau pointy detail

Untuk wajah bulat, pilih bingkai kotak atau pointy detail

Bagi Anda yang berwajah bulat, pilihlah kacamata hitam dengan bingkai berbentuk kotak atau kacamata pointy detail. Bentuk bingkai tersebut akan mengamuflase wajah bulat yang tadinya terkesan kekanakan menjadi lebih dewasa. Sebaliknya, si wajah bulat tidak disarankan untuk menggunakan kacatama hitam berdesain bundar seperti frame Wellington dan model tear drop. Desain tersebut akan membuat wajah Anda terlihat semakin penuh dan bulat.

Untuk wajah panjang, hindari kacamata berbingkai sempit

Untuk wajah panjang, hindari kacamata berbingkai sempit

Berlawanan dengan wajah bulat, Anda yang berwajah panjang sebaiknya tidak menggunakan bingkai kotak atau kacamata pointy detail. Kacamata hitam berbingkai sempit akan membuat wajah Anda terlihat makin panjang. Oleh karena itu, pilihlah kacamata hitam dengan frame Wellington atau model tear drop. Model tersebut akan membuat wajah panjang Anda akan tampak seimbang dan dewasa.

Untuk wajah persegi, pilih bingkai bulat

Untuk wajah persegi, pilih bingkai bulat

Jika Anda memiliki bentuk wajah persegi, hindari menggunakan kacamata hitam berbingkai kotak karena wajah akan terlihat galak. Pakailah kacamata hitam dengan bingkai oval atau bundar yang akan membuat kesan wajah Anda terlihat lebih lembut.

Untuk wajah segitiga, pilih bingkai yang tidak terlalu besar

Untuk wajah segitiga, pilih bingkai yang tidak terlalu besar

Dagu yang kecil adalah ciri khas dari bentuk wajah segitiga. Kacamata hitam berbingkai besar seperti model tear drop akan membuat kacamata terlihat lebih besar daripada wajah sehingga terkesan tidak seimbang. Untungnya, hampir semua bentuk kacamata cocok digunakan oleh si wajah segitiga. Jadi, fokuslah memilih berdasarkan ukurannya, bukan bentuk bingkainya.

Periksalah ukurannya

Poin penting selanjutnya adalah ukuran kacamata. Apalagi jika membelinya secara online, memastikan ukuran kacamata yang hendak dibeli sangatlah penting. Anda tentu tidak ingin kecewa akibat ukuran kacamata hitam yang tidak pas dengan ukuran wajah Anda.

Periksa lebar lensa, lebar bridge, dan panjang tangkai kacamata (temple)

Periksa lebar lensa, lebar bridge, dan panjang tangkai kacamata (temple)

Perhatikan lebar lensa, lebar bridge, dan panjang tangkai (temple) kacamata hitam incaran Anda. Niscaya, Anda akan mendapatkan produk yang paling pas! Lebar lensa adalah panjang dari satu ujung lensa ke ujung lainnya. Sementara itu, lebar bridge adalah panjang bagian frame di atas hidung yang menyatukan lensa kanan dengan lensa kiri. Tangkai atau temple merupakan bagian kacamata yang melengkung sampai pada bagian yang bisa dilipat.

Wanita dewasa umumnya menggunakan kacamata hitam dengan lebar lensa 50 mm–55 mm dan lebar bridge 16 mm–19 mm. Poin terpenting adalah lebar wajah sama dengan lebar lensa dikali dua, ditambah lebar bridge. Jika hasilnya lebih besar atau lebih kecil dari lebar wajah, kacamata yang Anda pakai akan tampak tidak seimbang. Penampilan Anda pun menjadi tidak menarik. Selain itu, panjang tangkai juga memengaruhi kemudahan dalam memakai kacamata. Jadi, perhatikan ketiga ukuran tersebut sebelum Anda membeli kacamata hitam.

Pastikan bagian atas bingkai kacamata sejajar dengan alis

Pastikan bagian atas bingkai kacamata sejajar dengan alis

Jika ingin menemukan kacamata hitam yang cocok untuk Anda, pastikan juga ketinggian lensanya. Pilih kacamata hitam yang bagian atas bingkainya berada sejajar dengan alis bagian bawah Anda. Lalu, kacamata hitam akan terlihat lebih pas di wajah Anda apabila bentuk kurva bingkai bagian atas sama dengan bentuk alis.

Periksalah persentase VLT (visible light transmission) dan jenis lensanya

Periksalah persentase VLT (visible light transmission) dan jenis lensanya

Salah satu hal penting dalam kacamata hitam adalah persentase VLT (visible light transmission) atau transmisi cahaya yang dimilikinya. Semakin rendah persentase VLT berarti semakin kuat kemampuannya dalam memblokir cahaya. Karena itu, untuk penggunaan di siang hari yang terik, kacamata hitam dengan VLT 10% adalah yang paling tepat. Tingkat transmisi cahaya pada kacamata hitam ditentukan oleh warna lensa. Makin gelap warnanya berarti makin rendah pula persentasenya.

Sama dengan kacamata hitam dengan persentase VLT rendah, jenis lensa polarisasi juga mampu membersihkan area pandang dengan menghalangi pantulan cahaya. Bedanya, lensa polarisasi mampu mereduksi pantulan cahaya tanpa perlu menggelapkan warna lensa.

Lensa dengan persentase VLT rendah memang efektif dalam memblokir cahaya. Sayangnya, mengenakan lensa berwarna gelap dapat membuat pupil mata terbuka lebih lebar. Hal ini menyebabkan lebih banyak sinar UV yang masuk ke mata. Jadi, lebih disarankan untuk menggunakan kacamata dengan lensa polarisasi. Akan tetapi, jika Anda tetap ingin memakai kacamata dengan persentase VLT rendah, sebaiknya pilihlah lensa yang anti-UV.

Pilihlah lensa yang dapat menghalau sinar UV dan cahaya biru

Sinar ultraviolet (UV) yang berlebihan dapat menimbulkan efek berbahaya pada mata dan kulit. Tidak hanya sinar UV dan inframerah, sinar biru (blue light) dari smartphone dan komputer juga berpotensi merusak mata. Karena itu, dibutuhkan kacamata hitam yang dapat menghalau berbagai sinar tersebut untuk menjaga mata dan kulit area mata tetap sehat.

Fitur anti-UV adalah yang paling penting

Fitur anti-UV adalah yang paling penting

Sinar UV tidak hanya dapat menyebabkan kerusakan pada mata, tetapi juga flek hitam pada kulit. Jadi, Anda perlu kacamata hitam yang dapat menghalau sinar UV dengan baik.

Pada kacamata, perlindungan terhadap sinar UV biasanya dinyatakan dengan angka pada UV transmittance dan UV protection (UV-cut). UV transmittance dengan angka 0,1% memiliki kemampuan yang sama dengan 99,99% UV protection. Jadi, kacamata dengan angka UV transmittance yang semakin rendah malah memiliki kemampuan menghalau sinar UV yang semakin bagus.

Selain itu, Anda mungkin pernah melihat keterangan “UV400” pada label kacamata hitam. Keterangan tersebut memiliki arti bahwa kacamata tersebut dapat menghalau gelombang UV dengan panjang gelombang hingga 400 nm (nanometer). UV400 dapat menghalau sinar UV hampir 100%. Karena itu, akan lebih baik jika Anda memilih kacamata hitam berlabel UV400 jika ingin terlindungi dari sinar UV secara optimal.

Waspadai sinar biru (blue light) dan inframerah yang lebih merusak mata dibandingkan sinar UV

Waspadai sinar biru (blue light) dan inframerah yang lebih merusak mata dibandingkan sinar UV

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa sinar biru yang terpancar dari smartphone dan lampu LED juga berbahaya bagi mata dan kulit. Sementara itu, sinar inframerah tidak begitu merusak kulit, tetapi dapat menyebabkan kelelahan mata dan penurunan ketajaman penglihatan. Dibandingkan sinar UV, sinar biru dan inframerah bisa lebih merusak mata. Bagi Anda yang bermasalah dengan penglihatan, pilih kacamata hitam yang dapat melindungi mata dari sinar biru, UV, dan inframerah.

Baru-baru ini, ada jenis lensa terbaru yang ampuh dalam menghalau sinar biru, UV, serta inframerah, yaitu lensa melanin. Sayangnya, kacamata hitam dengan lensa melanin belum tersedia di toko-toko online di Indonesia.

Pilih warna lensa sesuai dengan fungsi dan efek yang diinginkan

Warna lensa juga merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan saat memilih kacamata hitam. Hal ini lantaran warna lensa memengaruhi efek dan fungsi kacamata hitam. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Warna abu-abu dan cokelat yang efektif dalam menghalau silau

Warna abu-abu dan cokelat yang efektif dalam menghalau silau

Warna klasik seperti abu-abu dan cokelat sangat efektif untuk mengurangi silau. Kacamata dengan warna ini sangat ideal digunakan ketika berolahraga di luar ruangan dan matahari sedang terik. Apalagi, warna cokelat dapat membentuk wajah dan membuatnya tampak tegas. Di sisi lain, warna abu-abu disarankan untuk kegiatan di luar ruangan karena hanya membuat sedikit perubahan warna. Jadi, Anda tetap bisa menikmati pemandangan alam meski sedang mengenakan kacamata hitam.

Warna hijau dan biru yang dapat mengurangi silau dan kontras secara moderat

Warna hijau dan biru yang dapat mengurangi silau dan kontras secara moderat

Warna lensa abu-abu dan cokelat memang memiliki efek penghalau cahaya yang baik dan disarankan untuk mengurangi silau. Kendati begitu, kedua warna tersebut membuat penglihatan menjadi cenderung gelap. Jika Anda ingin penglihatan dengan tingkat cahaya dan kontras yang pas, pilihlah lensa warna hijau atau biru. Selain modis, warna hijau dan biru juga cocok untuk digunakan dalam segala situasi.

Warna merah dan kuning untuk memberikan efek cerah pada kulit

Warna merah dan kuning untuk memberikan efek cerah pada kulit

Efek penghalau cahaya pada lensa warna kuning dan merah memang tidak begitu tinggi. Akan tetapi, penggunaan warna-warna ini akan membuat Anda tampak unik dan fashionable. Selain itu, warna merah dapat membuat kulit Anda terlihat lebih cerah dan sehat. Sedangkan, warna kuning adalah warna yang disarankan untuk digunakan pada saat hujan dan berawan agar penglihatan menjadi lebih cerah.

10 Rekomendasi kacamata hitam terbaik untuk wanita

Berikut ini adalah beberapa model kacamata hitam yang bisa Anda jadikan piiihan. Jangan lupa untuk mengecek cara memilih di atas sebagai referensi supaya Anda tidak salah pilih.

10. Sophie Paris Kacamata Wanita Wibella Black-LU0213B5

10. Sophie Paris Kacamata Wanita Wibella Black-LU0213B5

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 50.900

Pancarkan kepercayaan diri dengan aksen bingkai yang tebal

Kacamata hitam keluaran Sophie Paris ini ditujukan bagi Anda yang ingin tampil memesona penuh percaya diri. Dengan bingkai warna hitam dan lensa ungu bergradasi, kacamata ini akan membuat kulit Anda tampak lebih cerah, sehat, dan berkharisma.

Aksen terang di sudut bingkainya tidak akan memberikan kesan gelap berlebihan pada wajah Anda. Produk ini cocok dikenakan oleh Anda yang ingin wajah terlihat lebih sehat dan tampil lebih percaya diri.

Bentuk bingkai Oval
UV protection Tidak ada keterangan
Ukuran Tidak ada keterangan
Fitur lainnya Tidak ada

9. Inone Fashion Sunglasses for Women Kacamata Hitam Fashion Wanita Frame Model Tren Simple

9. Inone Fashion Sunglasses for Women Kacamata Hitam Fashion Wanita Frame Model Tren Simple

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 119.900

Kuat, simple, dan tetap stylish

Produk keluaran Inone ini hadir dengan desain sederhana dalam balutan warna hitam dan gold. Kacamata hitam ini cocok digunakan ketika hang out bersama teman, jalan-jalan santai, atau pesta outdoor. Bingkainya juga terbilang kuat lantaran menggunakan material metal. Jadi, meski berbobot ringan, Anda tidak perlu khawatir akan ketahanannya.

Bentuk bingkai Bundar
UV protection Tidak ada keterangan
Ukuran 142 x 49 x 49 mm
Fitur lainnya Tidak ada

8. Parim Sunglasses 11021 W1

8. Parim Sunglasses 11021 W1

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 128.000

Membuat kegiatan traveling menjadi lebih sempurna

Tampilkan keunikan Anda dengan kacamata yang memadukan warna pink, merah, putih, dan gold ini! Hanya dengan menambahkannya di outfit yang sedang digunakan, Anda akan tampak lebih fashionable. Dengan bingkainya yang terbuat dari stainless steel, produk ini sangat cocok digunakan saat traveling.

Selain itu, desainnya yang sederhana membuatnya bisa digunakan oleh segala usia. Untuk anak muda, kacamata ini akan memberikan kesan chic dan membuat Anda tampil kece. Sedangkan untuk wanita paruh baya, penampilan Anda akan terlihat lebih trendi tanpa terkesan berlebihan.

Bentuk bingkai Tear drop
UV protection Tidak ada keterangan
Ukuran Lebar lensa : 58 mm, lebar bridge : 17 mm, panjang tangkai : 145 mm
Fitur lainnya Lensa polarizer

7. Berrybenka Xioza Decyta Square Sunglasses Pink

7. Berrybenka Xioza Decyta Square Sunglasses Pink

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 129.000

Menampilkan sisi feminin dan manis

Berrybenka merupakan salah satu brand ternama untuk produk baju wanita. Namun, tidak hanya baju wanita saja, ternyata Berrybenka juga memiliki fashion item lain yang bisa diacungi jempol. Salah satunya adalah Xioza Decyta Square Sunglasses, kacamata hitam dengan lensa berwarna pink transparan.

Kacamata hitam ini hadir dengan desain minimalis tanpa banyak ornamen. Kombinasi warna dan desainnya mampu menampilkan kesan manis dan girly bagi Anda yang menggunakannya. Produk yang sangat cocok bagi Anda yang ingin tampil feminin!

Bentuk bingkai Kotak
UV protection Tidak ada keterangan
Ukuran Lebar bingkai : 145 mm
Fitur lainnya Tidak ada

6. Olive Branch Sunglasses Anti UV

6. Olive Branch Sunglasses Anti UV

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 66.000

Tampil cantik dengan bingkai anti-mainstream

Ekspresikan keunikan Anda dengan Olive Branch Sunglasses Anti UV ini. Produk ini memiliki bingkai berbentuk olive branch yang cantik yang menyatu dengan area lensa. Desain unik tersebut akan memberi kesan hiasan pada alis Anda. Sungguh cocok untuk Anda yang ingin tampil berbeda!

Produk ini menawarkan dua pilihan warna lensa, yaitu gradasi abu-abu dan cokelat. Warna lensanya pun terang sehingga penglihatan Anda tidak akan menjadi gelap. Kacamata hitam ini juga telah memiliki lensa polarisasi dengan fitur anti-UV sehingga menjaga mata Anda tetap sehat.

Bentuk bingkai Oval
UV protection 100 %
Ukuran Lebar bingkai : 150 mm, lebar lensa : 62 mm, tinggi lensa : 52 mm, lebar bridge : 17 mm, panjang tangkai : 140 mm
Fitur lainnya Lensa polarisasi, 2 pilihan warna

5. NYX Eye Cat Sunglasses

5. NYX Eye Cat Sunglasses

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 100.000

Fashionable dengan desain ala Korea

Segala hal tentang Korea memang sedang digandrungi di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Kacamata hitam ini hadir dengan desain ala Korea yang fashionable dan bermaterial logam campuran sehingga sangat ringan saat dikenakan.

Selain itu, kacamata ini menawarkan delapan warna lensa yang bisa Anda sesuaikan dengan acara. Tidak hanya wanita, pria pun bisa menggunakannya karena desainnya yang unisex. Jadi, bagi Anda yang ingin tampil ala Korea tetapi tetap ekonomis, pilihlah produk satu ini.

Bentuk bingkai Pointy detail
UV protection 100%
Ukuran Lebar bingkai : 147 mm, lebar lensa : 57 mm, tinggi lensa : 49 mm, lebar bridge : 18 mm, panjang tangkai : 150 mm
Fitur lainnya Tidak ada

4. Skull Gothic Sunglasses Anti UV

4. Skull Gothic Sunglasses Anti UV

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 135.000

Bergaya feminin dan maskulin sekaligus? Siapa takut!

Wanita tidak harus selalu menggunakan barang dengan warna cerah dan motif floral. Anda bisa menambahkan kesan maskulin dengan kacamata hitam ini. Desainnya elegan dan keren dengan perpaduan warna hitam dan sentuhan gold pada tangkai dan bridge.

Tambahan tengkorak kecil di sudut bingkai menambah daya tarik produk ini. Skull Gothic Sunglasses Anti UV adalah produk yang tepat untuk Anda yang tomboi dan ingin memberi kesan maskulin pada tampilan.

Bentuk bingkai Pointy detail
UV protection 100%
Ukuran Lebar bingkai : 140 mm, lebar lensa : 67 mm, tinggi lensa : 55 mm, lebar bridge : 16 mm, panjang tangkai : 155 mm
Fitur lainnya Tidak ada

3. Veithdia V7026 Leopard Retro TR90

3. Veithdia V7026 Leopard Retro TR90

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 310.000

Hadir dengan desain unik dan ketangguhan yang mumpuni

Sesuai dengan namanya, kacamata hitam ini dihiasi dengan leopard. Tidak hanya motifnya, di kedua tangkainya bahkan terdapat miniatur leopard! Didukung dengan tiga pilihan warna lensa, Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Tak cukup sampai di situ, desain cantiknya juga dilengkapi dengan fitur handal yang membuat produk ini patut diperhitungkan. Bingkai polymer-nya yang sangat ringan ditemani oleh lensa anti gores sebagai jaminan ketahanan. Semua kelebihannya ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan kenyamanan serta tampil unik dan stylish.

Bentuk bingkai Oval
UV protection 100% (UV400)
Ukuran Lebar bingkai : 145 mm, tinggi lensa : 52 mm, lebar lensa : 60 mm, lebar bridge : 15 mm, panjang tangkai : 142 mm
Fitur lainnya Lensa polarisasi, 4 pilihan warna, anti glare 100%, high definition visual, reduce eye fatigue, true colors, anti-scratch, waterproof, anti-oil,  strong impact, durable and easy to clean

2. Parzin Luxury Brand Vintage Sunglasses Women Polarized Ladies Sun Glasses For Women Hollow Lace Feminine Glasses For Driving

2. Parzin Luxury Brand Vintage Sunglasses Women Polarized Ladies Sun Glasses For Women Hollow Lace Feminine Glasses For Driving

Lihat produk ini di Lazada 

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 311.000

Siap jadi pusat perhatian dengan desain ukiran mewah

Produk dari negara tirai bambu ini diciptakan khusus bagi Anda yang senang tampil elegan dengan detail ukiran yang mewah. Kacamata hitam ini hadir dalam empat macam pilihan warna eksklusif, yakni purple-silver, black-silver, black-gold, dan coffee-gold. Selain itu, materialnya juga terbuat dari plastik sehingga terasa ringan saat digunakan.

Dari segi fitur, kacamata dari Pazin ini memiliki banyak keunggulan yang bisa Anda pertimbangkan. Selain mampu menangkal UVA dan UVB dengan UV400, lensanya juga sudah terpolarisasi. Area pandang menjadi lebih bersih, cahaya pun dapat tereduksi secara optimal!

Bentuk bingkai Oval
UV protection  100% (UV400)
Ukuran Lebar bingkai : 145 mm, tinggi lensa : 48 mm, lebar bridge : 17 mm, panjang tangkai : 130 mm
Fitur lainnya Lensa polarisasi, 4 pilihan warna, block glare, high definition vision, true color, shatterproof

1. Shadez Adult B-Blue Polarised Sunglasses

1. Shadez Adult B-Blue Polarised Sunglasses

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 499.000

Gagangnya ultra fleksibel dan tidak mudah patah!

Kacamata hitam dari Shadez ini didesain sempurna untuk wanita maupun pria. Seri Adult ini menawarkan 12 varian warna, dengan perpaduan warna bingkai dan lensa yang berbeda-beda. Produk ini cocok digunakan di berbagai acara dan mudah dipadupadankan dengan pakaian apapun.

Tidak sengaja menduduki kacamata ini? Jangan khawatir, kacamata hitam ini memiliki gagang yang ultra fleksibel sehingga tidak mudah patah. Meski Anda perlu merogoh kocek lebih dalam, Anda tidak akan dikecewakan oleh produk satu ini.

Bentuk bingkai Kotak
UV protection 100%
Ukuran Tidak tercantum
Fitur lainnya Lensa polarisasi, ultra-lightweight durable material, Swiss designed frame

Baca juga jenis kacamata hitam lainnya di sini

Berikut ini adalah artikel yang membahas tentang kacamata hitam lain untuk aktivitas olahraga, mulai dari olahraga lari hingga road bike. Baca artikelnya dan dapatkan kacamata hitam terbaik untuk aktivitas Anda.

Kesimpulan

Pada kesempatan ini telah kami paparkan poin-poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih kacamata hitam untuk para wanita. Pilihlah dengan mempertimbangkan bentuk wajah Anda, ukuran kacamata, jenis dan warna lensa, serta kemampuannya dalam menghalau sinar UV.

Dengan mempertimbangkan poin-poin tersebut, kami harap Anda bisa menemukan kacamata hitam yang pas untuk Anda. Jadi, Anda bisa tampil gaya dengan kacamata hitam yang tepat!