• 10 Merk Kacamata Hitam yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Merk Kacamata Hitam yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Merk Kacamata Hitam yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Merk Kacamata Hitam yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Merk Kacamata Hitam yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Merk Kacamata Hitam yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)

Merasa dandanan atau pakaian Anda kurang keren? Tidak perlu khawatir, kenakan saja sunglasses atau kacamata hitam! Hanya dengan menambahkannya, semua orang akan fokus pada kacamata hitam Anda. Namun, di pasaran ada banyak sekali model kacamata hitam dengan berbagai merek, seperti Hamlin, Veithdia, Bridges Eyewear, dan lainnya.

Tentunya tidak semua model kacamata hitam akan cocok untuk Anda. Karena itu, kami akan membahas bagaimana cara memilih kacamata hitam yang bagus. Di artikel ini Anda bisa menemukan kacamata hitam untuk wanita hijab dan produk-produk branded. Jadi, simaklah dari awal hingga akhir, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Anna Fardiana
Galuh Bestarri
Felicia
  • Pembaharuan terakhir: 14 April 2022
Daftar isi

Cara memilih sunglasses / kacamata hitam untuk wanita

Sebelum meluncur ke rekomendasi kacamata hitam terbaik untuk wanita, perhatikan cara memilihnya terlebih dahulu. Ada lima poin penting yang perlu dipertimbangkan, mulai dari memilih sesuai bentuk wajah hingga memilih warna lensa yang diinginkan. Lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut!

Sesuaikan dengan bentuk wajah

Sesuaikan dengan bentuk wajah

Saat memilih kacamata hitam, bentuk wajah adalah poin penting yang harus Anda perhatikan. Tidak semua desain kacamata cocok dengan semua bentuk wajah. Untuk itu, sesuaikan desain kacamata hitam yang akan dibeli dengan bentuk wajah Anda, ya!


  • Untuk wajah bulat, pilih bingkai kotak ataupun pointy detail, seperti cat eye. Bentuk bingkai tersebut akan mengamuflase wajah bulat yang tadinya terkesan kekanak-kanakan menjadi lebih dewasa.

  • Untuk wajah panjang, kacamata hitam dengan frame Wellington atau model tear drop bisa dijadikan pilihan yang tepat. Model tersebut akan membuat wajah panjang Anda akan tampak seimbang dan dewasa.

  • Untuk wajah persegi, Anda bisa memilih bingkai yang bulat atau oval. Kedua bentuk bingkai tersebut dapat membuat kesan wajah terlihat lebih lembut.

  • Untuk wajah segitiga, fokuslah memilih berdasarkan ukuran bingkai karena hampir semua bentuk kacamata cocok digunakan oleh si wajah segitiga. Produk berbingkai besar, seperti model tear drop akan membuat kacamata terlihat lebih besar daripada wajah sehingga terkesan tidak seimbang. 

Pilihlah ukuran yang tepat

Poin penting selanjutnya adalah ukuran kacamata. Jika Anda membelinya secara online, memastikan ukuran kacamata yang hendak dibeli sangatlah penting. Hal tersebut dapat mengantisipasi agar Anda tidak kecewa akibat ukuran kacamata hitam yang tidak pas dengan ukuran wajah.

Periksa lebar lensa, lebar bridge, dan panjang tangkai kacamata (temple)

Lebar lensa adalah panjang dari satu ujung lensa ke ujung lainnya. Sementara itu, lebar bridge adalah panjang bagian frame di atas hidung yang menyatukan lensa kanan dengan lensa kiri. Tangkai atau temple merupakan bagian kacamata yang melengkung sampai pada bagian yang bisa dilipat.

Wanita dewasa umumnya menggunakan kacamata hitam dengan lebar lensa 50–55 mm dan lebar bridge 16–19 mm. Poin terpenting adalah lebar wajah sama dengan lebar lensa dikali dua, ditambah lebar bridge. Jika hasilnya lebih besar atau lebih kecil dari lebar wajah, kacamata yang Anda pakai akan tampak tidak seimbang. Penampilan Anda pun menjadi tidak menarik.


Selain itu, panjang tangkai juga memengaruhi kemudahan dalam memakai kacamata. Jadi, Anda perlu memperhatikan ketiga ukuran tersebut sebelum membeli kacamata hitam incaran. Dengan memperhatikannya, Anda akan mendapatkan produk yang paling pas!

Pastikan bagian atas bingkai kacamata sejajar dengan alis

Jika ingin menemukan kacamata hitam yang cocok untuk Anda, pastikan juga ketinggian lensanya. Pilihlah kacamata hitam yang bagian atas bingkainya berada sejajar dengan alis bagian bawah Anda. Lalu, kacamata hitam akan terlihat lebih pas di wajah Anda apabila bentuk kurva bingkai bagian atas sama dengan bentuk alis.

Ketahui jenis lensanya

Sinar ultraviolet (UV) yang berlebihan dapat menimbulkan efek berbahaya pada mata dan kulit. Tidak hanya itu, sinar biru (blue light) dari smartphone dan komputer, serta silaunya sinar matahari juga berpotensi merusak mata. Karena itu, dibutuhkan produk yang dapat menghalau berbagai sinar tersebut untuk menjaga mata dan kulit area mata tetap sehat.

Lensa anti-UV: Dapat mengeblok sinar ultraviolet yang tertuju langsung pada mata

Sinar UV tidak hanya dapat menyebabkan kerusakan pada mata saja, tetapi juga flek hitam pada kulit Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu kacamata hitam yang dapat menghalau sinar UV dengan baik.


Pada kacamata, perlindungan terhadap sinar UV biasanya dinyatakan dengan angka pada UV transmittance dan UV protection (UV-cut). UV transmittance dengan angka 0,1% memiliki kemampuan yang sama dengan 99,99% UV protection. Jadi, kacamata hitam dengan angka UV transmittance yang makin rendah malah memiliki kemampuan menghalau sinar UV yang makin bagus.


Selain itu, Anda mungkin pernah melihat keterangan “UV400” pada label kacamata hitam. Keterangan tersebut memiliki arti bahwa kacamata tersebut dapat menghalau gelombang UV dengan panjang gelombang hingga 400 nm (nanometer). UV400 dapat menghalau sinar UV hampir 100%. Karena itu, akan lebih baik apabila Anda memilih produk berlabel UV400 jika ingin terlindungi dari sinar UV secara optimal.

Lensa anti blue light: Mampu melindungi dari paparan sinar biru pada gadget

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa sinar biru yang terpancar dari smartphone dan lampu LED juga berbahaya bagi mata dan kulit. Sementara itu, sinar inframerah tidak begitu merusak kulit, tetapi dapat menyebabkan kelelahan mata dan penurunan ketajaman penglihatan. 


Dibandingkan sinar UV, sinar biru dan inframerah bisa lebih merusak mata. Bagi Anda yang bermasalah dengan penglihatan, pilih kacamata hitam yang dapat melindungi mata dari sinar biru, UV, dan inframerah.


Baru-baru ini, ada jenis lensa terbaru yang ampuh dalam menghalau sinar biru, UV, serta inframerah, yaitu lensa melanin. Sayangnya, kacamata hitam dengan lensa melanin belum tersedia di toko-toko online di Indonesia.

Lensa polarisasi: Bisa mengurangi silau pantulan sinar saat berkendara

Mengenakan lensa berwarna gelap dapat membuat pupil mata terbuka lebih lebar. Hal ini menyebabkan lebih banyak sinar UV yang masuk ke mata. Jadi, ketika Anda terbiasa mengemudi pada siang hari, lebih disarankan untuk menggunakan kacamata dengan lensa polarisasi.


Kacamata hitam dengan lensa polarisasi mampu membersihkan area pandang dengan menghalangi pantulan sinar matahari. Bedanya, lensa polarisasi (polarized) mampu mereduksi pantulan cahaya tanpa perlu menggelapkan warna lensa. Dengan begitu, saat berkendara pun Anda akan merasa lebih nyaman, serta mata tetap bisa fokus melihat jalanan.

Pilih warna lensa sesuai dengan fungsi dan efek yang diinginkan

Warna lensa juga merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan saat memilih kacamata hitam. Hal ini lantaran warna lensa memengaruhi efek dan fungsi kacamata hitam. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Warna abu-abu dan cokelat yang efektif dalam menghalau silau

Warna klasik seperti abu-abu dan cokelat sangat efektif untuk mengurangi silau. Kacamata dengan warna ini sangat ideal digunakan ketika berolahraga di luar ruangan dan matahari sedang terik.

Ditambah lagi, warna cokelat dapat membentuk wajah dan membuatnya tampak tegas. Di sisi lain, warna abu-abu disarankan untuk kegiatan di luar ruangan karena hanya membuat sedikit perubahan warna. Jadi, Anda tetap bisa menikmati pemandangan alam meskipun sedang mengenakan kacamata hitam.

Warna hijau dan biru yang dapat mengurangi silau dan kontras secara moderat

Warna lensa abu-abu dan cokelat memang memiliki efek penghalau cahaya yang baik dan disarankan untuk mengurangi silau. Kendati begitu, kedua warna tersebut membuat penglihatan menjadi cenderung gelap.


Nah, jika Anda ingin penglihatan dengan tingkat cahaya dan kontras yang pas, pilihlah lensa warna hijau atau biru. Selain modis, warna hijau dan biru juga cocok untuk digunakan dalam segala situasi.

Warna merah dan kuning untuk memberikan efek cerah pada kulit

Efek penghalau cahaya pada lensa warna kuning dan merah memang tidak begitu tinggi. Akan tetapi, penggunaan warna-warna ini akan membuat Anda tampak unik dan fashionable. Selain itu, warna merah dapat membuat kulit Anda terlihat lebih cerah dan sehat. Sementara itu, warna kuning adalah warna yang disarankan untuk digunakan pada saat hujan dan berawan agar penglihatan menjadi lebih cerah.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

RockBros Sport Photochromic Polarized Sunglasses

Mulai dari Rp 380.000,00

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi sunglasses / kacamata hitam terbaik untuk wanita

Berikut ini adalah beberapa model kacamata hitam yang bisa Anda jadikan pilihan. Jangan lupa untuk mengecek cara memilih di atas sebagai referensi supaya Anda tidak salah pilih.

10
Bentuk bingkaiCat eye
UV protection100%
UkuranLebar bingkai: 147 mm・Lebar lensa: 57 mm・Tinggi lensa: 49 mm・Lebar bridge: 18 mm・Panjang tangkai: 150 mm
Lensa polarisasix
9

RimasOlive Branch Sunglasses Anti UV

Mulai dari Rp 60.000,00

Bentuk bingkaiOval
UV protection100%
UkuranLebar bingkai: 150 mm・Lebar lensa: 62 mm・ Tinggi lensa: 52 mm・Lebar bridge: 17 mm・Panjang tangkai: 140 mm
Lensa polarisasi
8
Bentuk bingkaiSquare
UV protection100% (UV400)
UkuranTidak ada keterangan
Lensa polarisasix
7

MinisoPolarized Sunglasses Metal Frame

Mulai dari Rp 95.000,00

Bentuk bingkaiTear drop
UV protectionTidak ada keterangan
UkuranTidak ada keterangan
Lensa polarisasi
6

HSP EyewearOritama Red

Mulai dari Rp 565.000,00

Bentuk bingkaiOval
UV protection100%
UkuranLebar lensa: 51 mm・Lebar bridge: 20 mm・Panjang temple: 140 mm
Lensa polarisasix
5

VeithdiaLeopard Retro TR90

V7026

Mulai dari Rp 366.533,00

Bentuk bingkaiOval
UV protection100% (UV400)
UkuranLebar bingkai: 145 mm・Tinggi lensa: 52 mm・Lebar lensa: 60 mm・Lebar bridge: 15 mm・Panjang tangkai: 142 mm
Lensa polarisasi
4

Louvre Paris Polarized Gliess Edition Catrila Sunglasses

Mulai dari Rp 795.000,00

Bentuk bingkaiCat eye
UV protectionTidak ada keterangan
UkuranPanjang lensa: 13,5 cm・Lebar lensa: 6 cm
Lensa polarisasix
3
Bentuk bingkaiCat eye
UV protectionTidak ada keterangan
UkuranVertical: 50 mm・Bridge: 24 mm・Temple: 145 mm
Lensa polarisasix
2
Bentuk bingkaiOval
UV protectionTidak ada keterangan
UkuranLebar lensa: 50 mm・Lebar bridge: 24 mm・Panjang temple: 140 mm
Lensa polarisasix
1

HamlinMackenzie Kacamata Fashion Double Frame

Mulai dari Rp 1.147.500,00

Bentuk bingkaiRound
UV protection100% (UV400)
UkuranPanjang lensa: 42 mm・Lebar lensa: 42 mm
Lensa polarisasix

Tabel perbandingan produk sunglasses / kacamata hitam terbaik untuk wanita

Gambar produk
1
Hamlin Mackenzie Kacamata Fashion Double Frame 1

Hamlin

2
Bridges Eyewear Graft 1

Bridges Eyewear

3
Guess BROWN S GE 7610 52G 51 1

Guess

4
Louvre Paris  Polarized Gliess Edition Catrila Sunglasses 1

Louvre Paris

5
Veithdia Leopard Retro TR90 1

Veithdia

6
HSP Eyewear Oritama Red 1

HSP Eyewear

7
Miniso Polarized Sunglasses Metal Frame 1

Miniso

8
Bitzen Square Sunglasses  1

Bitzen

9
Rimas Olive Branch Sunglasses Anti UV 1

Rimas

10
NYX Cat Eye Sunglasses 1

NYX

Nama produk

Mackenzie Kacamata Fashion Double Frame

Graft

BROWN S GE 7610 52G 51

Polarized Gliess Edition Catrila Sunglasses

Leopard Retro TR90

Oritama Red

Polarized Sunglasses Metal Frame

Square Sunglasses

Olive Branch Sunglasses Anti UV

Cat Eye Sunglasses

Keunggulan

Kacamata double frame bergaya eksentrik! Mau?

Menampilkan sisi feminin dan manis

Pancarkan kepercayaan diri dengan bingkai cat eye yang tebal

Bergaya feminin dan maskulin sekaligus? Siapa takut!

Hadir dengan desain menonjol dan ketangguhan yang mumpuni

Bisa dilipat, tak memakan tempat!

Paling pas dijadikan sebagai kacamata couple!

Traveling makin seru berkat pancaran warna gradasi yang eye-catching!

Tampil cantik dengan bingkai antimainstream

Fashionable dengan desain ala Korea

Harga mulai dariRp 1.147.500,00Rp 600.000,00Rp 1.940.000,00Rp 795.000,00Rp 366.533,00Rp 565.000,00Rp 95.000,00Rp 88.000,00Rp 60.000,00Rp 52.000,00
Bentuk bingkaiRoundOvalCat eyeCat eyeOvalOvalTear dropSquareOvalCat eye
UV protection100% (UV400)Tidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan100% (UV400)100%Tidak ada keterangan100% (UV400)100%100%
UkuranPanjang lensa: 42 mm・Lebar lensa: 42 mmLebar lensa: 50 mm・Lebar bridge: 24 mm・Panjang temple: 140 mmVertical: 50 mm・Bridge: 24 mm・Temple: 145 mmPanjang lensa: 13,5 cm・Lebar lensa: 6 cmLebar bingkai: 145 mm・Tinggi lensa: 52 mm・Lebar lensa: 60 mm・Lebar bridge: 15 mm・Panjang tangkai: 142 mmLebar lensa: 51 mm・Lebar bridge: 20 mm・Panjang temple: 140 mmTidak ada keteranganTidak ada keteranganLebar bingkai: 150 mm・Lebar lensa: 62 mm・ Tinggi lensa: 52 mm・Lebar bridge: 17 mm・Panjang tangkai: 140 mmLebar bingkai: 147 mm・Lebar lensa: 57 mm・Tinggi lensa: 49 mm・Lebar bridge: 18 mm・Panjang tangkai: 150 mm
Lensa polarisasixxxxxxx
Tautan produk

Baca juga rekomendasi kacamata lainnya di sini

Berikut ini adalah artikel yang membahas tentang jenis lain untuk menemani berbagai aktivitas Anda. Mulai dari kacamata photochromic, kacamata antiradiasi, hingga kacamata hitam untuk road bike pun bisa Anda jadikan pilihan. Klik link berikut dan temukan produk terbaik pilihan Anda!

Kesimpulan

Pada kesempatan ini telah kami paparkan poin-poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih kacamata hitam untuk wanita. Pilihlah dengan mempertimbangkan bentuk wajah Anda, ukuran kacamata, jenis dan warna lensa, serta kemampuannya dalam menghalau sinar UV.

Dengan mempertimbangkan poin-poin tersebut, kami harap Anda bisa menemukan kacamata hitam yang pas untuk Anda. Selamat bergaya dengan kacamata hitam yang tepat, ya. Good luck, Girls!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kacamata Terbaik untuk Wajah Bulat (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kacamata Terbaik untuk Wajah Bulat (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki wajah bulat memang memiliki tantangan tersendiri untuk menemukan bentuk kacamata yang tepat. Pasalnya, salah memilih bentuk kacamata akan membuat wajah makin terlihat bulat. Untuk menyiasatinya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih kacamata.Melalui artikel ini, kami akan memperkenalkan cara memilih kacamata terbaik untuk Anda yang memiliki wajah bulat. Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk yang bagus dari beragam merek, seperti Giordano, William Palmer, dan Bridges Eyewear. Selamat membaca dan temukan kacamata favorit Anda!
    Aksesori wanita
  • 10 Merk Jam Tangan Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Jam Tangan Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Selain sebagai penunjuk waktu, jam tangan juga merupakan aksesori yang wajib dimiliki oleh para wanita. Namun, pemilihan jam tangan ternyata harus disesuaikan dengan karakter dan kebutuhan pemakai supaya menarik saat dikenakan. Jadi, produk manakah yang tepat untuk dipilih?Untuk memudahkan Anda, kami akan membagikan tips memilih jam tangan yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Kami juga akan mengulas beberapa merek jam tangan wanita terbaik, seperti Daniel Wellington, Alba, atau Alexandre Christie. Jika Anda sedang mencari jam tangan wanita kekinian, simak informasi selengkapnya di sini!
    Aksesori wanita
  • 10 Frame Kacamata Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Frame Kacamata Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda pasti pernah mengalami kegagalan saat membeli kacamata secara online. Bisa saja ukurannya kekecilan atau modelnya tidak sesuai dengan harapan saat digunakan. Hal ini mungkin terjadi karena ada beberapa hal yang luput dari perhatian saat memilih kacamata.Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih frame kacamata yang bagus untuk Anda. Kami juga akan memperkenalkan beberapa produk bingkai kacamata terbaik yang bisa Anda jadikan referensi. Beberapa di antaranya ada merek lokal yang berkualitas, seperti HSF Eyewear, Sunset Eyewear, dan Bridges Eyewear. Simak informasinya sampai habis, ya!
    Aksesori wanita
  • 10 Gelang Emas Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gelang Emas Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi wanita, memakai gelang emas diyakini bisa mempercantik penampilan. Selain manis dipakai di pergelangan tangan, perhiasan emas juga bisa menjadi investasi. Itulah sebabnya, gelang emas tidak hanya dipakai oleh wanita dewasa saja, tetapi juga remaja.Supaya lebih menarik, pakailah gelang emas model terbaru, misalnya gelang emas rantai, bangle, tali, atau gelang emas mutiara. Kami akan membantu Anda mencari gelang emas yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan produk dari merek Semar Nusantara, Aurum Lab, Hala Gold, dan sebagainya. Sebelumnya, perhatikan beberapa poin cara memilih berikut ini, ya!
    Aksesori wanita
  • 10 Kalung Emas yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kalung Emas yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Perhiasan emas memang memiliki daya tarik tersendiri bagi wanita sejak dahulu, terutama kalung emas. Terlebih, model dan bentuk kalung emas wanita sekarang makin cantik dan keren. Ada yang simple, ada juga yang panjangnya menjuntai sehingga cocok untuk wanita berhijab. Untuk remaja, Anda dapat memilih produk yang beratnya 2 gram atau 3 gram.Supaya Anda bisa mendapatkan kalung emas yang bagus untuk wanita, kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilihnya. Sepuluh rekomendasi model kalung terbaru dari berbagai merek, seperti UBS Lifestyle dan Hala Gold, juga telah kami siapkan. Yuk, disimak!
    Aksesori wanita
  • 10 Rekomendasi Gelang Cartier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gelang Cartier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mendengar kata gelang mewah pastinya yang muncul di benak Anda adalah gelang dari merk Cartier. Didirikan pada 1874, Cartier merupakan produsen perhiasan dan jam tangan mewah yang berasal dari Perancis. Tidak hanya emas, Cartier juga membuat produknya dari berbagai logam lain seperti perak dan titanium.Cartier bracelet merupakan salah satu perhiasaan yang dicintai oleh berbagai kalangan, mulai dari bangsawan, selebriti, dan fashionista. Pada artikel kali ini kami akan memperkenalkan tips memilih gelang Cartier yang bagus beserta sepuluh rekomendasi gelang Cartier terbaik. Selamat menikmati artikel ini!
    Aksesori wanita
  • 10 Rekomendasi Dompet Michael Kors Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Dompet Michael Kors Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021)
    Michael Kors adalah perancang fashion ternama dari Amerika yang terkenal sebagai desainer busana, tas, dan aksesori. Salah satu rancangannya yang begitu populer adalah dompet wanita. Dompet Michael Kors terkenal mudah digunakan, serta memiliki banyak tempat untuk penyimpanan kartu dan benda penting lainnya sesuai kebutuhan Anda.Jika Anda bingung menentukan pilihan di antara sekian banyak produknya, simak terus artikel ini, ya. Kami akan memberikan tips memilih, serta merekomendasikan dompet Michael Kors yang bagus untuk wanita. Produk terbaik, mulai dari dompet Continental hingga Jet Set ada di rekomendasi kami. Yuk, scroll down!
    Aksesori wanita
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori