• 10 Rekomendasi Mainan Masak-Masakan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Mainan Masak-Masakan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Mainan Masak-Masakan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Mainan Masak-Masakan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Mainan Masak-Masakan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Mainan Masak-Masakan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Mainan masak-masakan merupakan salah satu mainan yang berfungsi untuk mengedukasi anak-anak. Mulai dari mainan memotong sayuran, set peralatan dapur dan meja, sampai mainan bakery, semua tipe telah banyak beredar di pasaran. Namun, mainan masak-masakan seperti apa yang cocok untuk anak Anda, ya?

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih mainan masak-masakan sekaligus merekomendasikan sepuluh produk terbaik. Berbagai mainan mengasyikkan yang bagus akan kami perkenalkan untuk Anda, contohnya mainan dari merek Mother Garden, Nunukids, dan Play-Doh. Selamat membaca sampai akhir, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Helenamantra
Qoty Intan Z. N.
  • Pembaharuan terakhir: 16 April 2022
Daftar isi

Manfaat bermain dengan mainan masak-masakan

Manfaat bermain dengan mainan masak-masakan

Melalui permainan masak-masakan, anak-anak dapat bermain sambil belajar banyak hal. Hal yang bisa dipelajari contohnya adalah cara menggunakan tangan, berkomunikasi dengan orang lain, kosakata baru, dan lain sebagainya.


Selain hal tersebut, manfaat bermain masak-masakan lainnya adalah sebagai berikut.

  • Melatih kreativitas, imajinasi, dan bahasa melalui permainan role play masak-masakan.
  • Mengenal peralatan memasak yang umum digunakan di dapur beserta fungsinya.
  • Belajar koordinasi mata, tangan, dan konsentrasi. Hal ini juga sekaligus melatih motorik halus si kecil.
  • Mengetahui warna dan nama-nama makanan atau bahan masakan.
  • Mengasah kemandirian anak sekaligus kerja tim dan komunikasi

Cara memilih mainan masak-masakan

Pertama-tama kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan saat hendak memilih mainan masak-masakan. Mari pilih mainan yang aman dan mudah dipegang agar anak Anda bisa memainkannya sesering yang mereka inginkan.

Periksa keamanan dari mainan

Berhubung anak-anak lebih banyak bermain dengan tangan mereka, sebaiknya Anda memilih mainan yang aman dimainkan. Kami akan menjelaskan tiga poin penting yang dapat Anda gunakan sebagai pertimbangan sebelum membeli mainan untuk anak-anak Anda.

Ukuran dan bahan, penting agar aman dan tidak mudah tertelan anak

Ukuran dan bahan, penting agar aman dan tidak mudah tertelan anak

Umumnya, anak-anak selalu memiliki rasa penasaran yang tinggi. Terutama untuk anak-anak kecil, mereka biasanya mencoba belajar merasakan dengan memasukkan apa pun ke dalam mulut. Karena itu, perhatikanlah ukuran mainan anak Anda agar tidak ada risiko tertelan ketika memainkannya. Jika ukuran mainannya besar, tentunya tidak mudah tertelan oleh anak Anda.

Selanjutnya, pertimbangkan juga bahan mainan yang aman meskipun dijilat, misalnya yang terbuat dari kayu alami. Saat ini, ada juga mainan yang terbuat dari beras agar sangat aman jika terjilat oleh anak-anak. Namun, mainan berbahan dasar beras ini cukup jarang ditemukan di pasaran Indonesia.

Bobot ringan, agar tidak mencelakai anak jika sampai terjatuh

Bobot ringan, agar tidak mencelakai anak jika sampai terjatuh

Baru-baru ini, mainan masak-masakan berukuran besar yang berbentuk selayaknya alat dapur sungguhan makin banyak dijual. Ketika anak Anda bermain dengan mainan favoritnya, mereka biasanya akan tertawa dan bergerak aktif, lalu menyenggol mainannya. Karena itu, pilihlah mainan dengan berat yang stabil dan tidak mudah terjatuh menimpa anak meskipun tidak sengaja tersenggol.

Anda juga bisa memilih mainan yang bobotnya ringan misalnya dari bahan plastik atau sesuai dengan ukuran tubuh anak. Belakangan ini, ada juga mainan masak-masakan berbahan kotak kardus yang ringan sehingga tidak berbahaya apabila terjatuh.

Ketahanan, agar awet dan tidak mudah rusak saat dimainkan

Ketahanan, agar awet dan tidak mudah rusak saat dimainkan

Salah satu ciri dari anak kecil ialah banyak melakukan aktivitas nakal, seperti melempar, menjatuhkan, atau menginjak-injak saat bermain. Mainan yang terbuat dari kayu biasanya lebih tahan banting atau tahan terhadap benturan. Di sisi lain, mainan yang terbuat dari plastik tipis lebih berisiko rusak.

Untuk anak-anak yang sangat aktif ketika bermain, perhatikanlah bahan mainan yang Anda belikan untuknya. Ada baiknya Anda memilih bahan mainan yang tidak mudah rusak atau yang sedikit lembut agar tahan terhadap benturan. Anak-anak pun dapat bermain dengan senang hati.

Tentukan ukuran mainan sesuai kebutuhan

Selanjutnya, sangat penting juga untuk memilih mainan berdasarkan ukurannya. Ketika Anda membelinya via online, pastikan Anda memeriksa ukurannya dahulu sembari membayangkan ukuran aslinya. Dengan demikian, mainan bisa ditaruh tanpa kendala di kotak mainan atau di ruangan Anda.

Ukuran kecil: Lebih leluasa untuk ditaruh dan disimpan sehabis bermain

Ukuran kecil: Lebih leluasa untuk ditaruh dan disimpan sehabis bermain

Biasanya, anak-anak mulai bisa bermain ketika memasuki usia satu setengah tahun. Namun, pada masa ini, tangan anak masih belum terlalu cekatan dalam memegang benda. Karena itu, perhatikanlah ukuran mainan yang akan diberikan. Jika Anda memberikan mainan yang terlalu kecil, anak akan kesulitan memainkannya, bahkan berisiko tertelan.


Meski demikian, mainan berukuran kecil membuat Anda lebih leluasa untuk menaruh dan menyimpannya setelah si kecil selesai bermain. Ukuran kecil juga membuat mainan tidak akan memenuhi ruangan dan Anda pun bisa membelikan mainan lain untuk anak Anda.

Ukuran besar: Aksesorinya lebih lengkap dan banyak

Ukuran besar: Aksesorinya lebih lengkap dan banyak

Mainan berukuran besar biasanya membuat anak lebih merasa puas saat memainkannya. Mainan seperti ini juga biasanya memiliki aksesori tambahan lebih banyak dan lengkap ketimbang mainan berukuran kecil. Jika Anda ingin si kecil lebih puas dalam bermain masak-masakan, tidak ada salahnya memilih mainan berukuran besar.


Hal yang perlu Anda pertimbangkan ketikan memilih mainan berukuran besar tentu saja lokasi penempatannya. Anda harus memperhatikan dan membayangkan dengan baik ukuran mainan tersebut sebelum memutuskan membelinya. Hal ini agar ruangan atau rumah tidak terasa penuh dengan mainan anak di samping banyaknya mainan lain.

Pilih mainan yang menyerupai benda aslinya

Pilih mainan yang menyerupai benda aslinya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, anak-anak cenderung meniru apa yang dilakukan orang dewasa. Karena itu, akan lebih baik apabila Anda memberikan mainan yang mirip dengan alat masak sungguhan.


Ada banyak permainan masak-masakan yang dapat Anda jadikan pilihan untuk anak, di antaranya:

  • Mainan yang menyerupai bahan-bahan masakan atau alat-alat dapur.
  • Mainan buah-buahan atau sayuran yang bisa dipotong-potong seperti aslinya.
  • Mainan seperti keran yang dapat mengeluarkan air saat ditekan.
  • Mainan yang bisa mengeluarkan uap atau asap seperti sensasi memasak sungguhan.
  • Mainan yang mengeluarkan bunyi apabila ada aksi (dipencet, diinjak, dan lain-lain).
Berhubung sudah banyak mainan masak-masakan yang dirancang seperti ini, akan lebih mudah bagi anak meniru aktivitas memasak orang dewasa. Selain itu, jangan lupa memilih produk dengan ukuran yang sesuai dengan tinggi anak Anda.

Sesuaikan dengan usia anak

Sesuaikan dengan usia anak

Target usia yang tertera di kemasan produk dapat dijadikan sebagai tolok ukur keamanan. Karena itu, usia merupakan hal penting untuk diperhatikan saat hendak memilih mainan yang aman bagi anak. Berhati-hatilah dengan bagian kecil dari mainan yang berisiko tertelan jika tidak dimainkan sesuai saran rentang usia.

Meskipun begitu, pertumbuhan tinggi badan dan minat setiap anak berbeda-beda. Ada kalanya mainan yang diperuntukkan untuk anak usia tiga tahun ke atas sudah bisa dimainkan oleh anak usia dua tahun. Sebaliknya, ada juga kasus saat usia anak sudah lebih dari tiga tahun tetapi si anak tetap kesulitan memainkannya.

Jadi, sebenarnya Anda tidak perlu terlalu berpatokan pada target usia yang tertulis di kemasan produk. Lebih baik, amati saja perkembangan anak dan pilihlah mainan yang menurut Anda aman dimainkan. Jangan lupa, tetap awasi anak Anda saat sedang bermain.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Early Learning CentreLittle Cooks Kitchen

Mulai dari Rp 1.999.900,00

Spesialis
mybest

GredaMasterchef Kitchen

Mulai dari Rp 1.900.000,00

10 Rekomendasi mainan masak-masakan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mainan masak-masakan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
BahanPlastik PVC (polyvinyl chloride)
Ukuran25 cm x 19 cm x 14 cm
Target usiaTidak disebutkan
KeamananTidak disebutkan
FiturBuah bisa dipotong dan direkatkan kembali
9

Sweet HomeSpray Rice Cooker

HWA1269500

Mulai dari Rp 399.000,00

BahanTidak disebutkan
UkuranTidak disebutkan
Target usia3 tahun ke atas
KeamananSNI
FiturUap
8

NunukidsTea Party Set Cake Stand Macaron Color

Mulai dari Rp 240.000,00

BahanKayu
UkuranTidak disebutkan
Target usia3 tahun ke atas
KeamananTidak disebutkan
FiturTidak ada
7

HasbroPlay-Doh Kitchen Creations Magical Oven

B9740

Mulai dari Rp 399.000,00

BahanPlastik, Play-Doh compound
Ukuran33 cm x 22 cm
Target usia3 tahun ke atas
KeamananSesuai standar keamanan internasional
FiturLampu, suara
6
BahanPlastik
UkuranTidak disebutkan
Target usia3 tahun ke atas
KeamananSNI
FiturLampu, suara
5
BahanABS eco friendly
Ukuran36 cm x 14 cm x 41 cm
Target usiaTidak disebutkan
KeamananSNI, BPA free
FiturLampu, suara
4
BahanPlastik ABS
Ukuran33 cm x 20 cm x 19 cm
Target usiaTidak disebutkan
KeamananTidak disebutkan
FiturUap, lampu, suara
3

Mother GardenWooden Strawberry Ice Cream Box

Mulai dari Rp 330.000,00

BahanKayu
Ukuran22 cm x 18 cm x 13 cm
Target usiaTidak disebutkan
KeamananMenggunakan cat waterbased yang aman
FiturKue dan buah dapat dipotong dan ditempelkan dengan magnet
2
BahanPlastik
UkuranTidak disebutkan
Target usia3 tahun ke atas
KeamananTidak disebutkan
FiturLampu, suara
1

Little ChefSmall Gourmet 3 in 1

Mulai dari Rp 190.000,00

BahanPlastik
Ukuran24 cm x 41 cm x 71 cm
Target usia3 tahun ke atas
KeamananTidak disebutkan
FiturSuara

Tabel perbandingan produk mainan masak-masakan terbaik

Gambar produk
1
Little Chef Small Gourmet 3 in 1 1

Little Chef

2
Play House Mini Kitchen Set 1

Play House

3
Mother Garden Wooden Strawberry Ice Cream Box 1

Mother Garden

4
Burn Oven Barbecue Grill Set 1

Burn Oven

5
IQAngel Kitchen Set Toys 1

IQAngel

6
DIY Fruit Cake Playset 1

7
Hasbro Play-Doh Kitchen Creations Magical Oven 1

Hasbro

8
Nunukids Tea Party Set Cake Stand Macaron Color 1

Nunukids

9
Sweet Home Spray Rice Cooker 1

Sweet Home

10
Mainan Buah Potong 1

Nama produk

Small Gourmet 3 in 1

Mini Kitchen Set

Wooden Strawberry Ice Cream Box

Barbecue Grill Set

Kitchen Set Toys

DIY Fruit Cake Playset

Play-Doh Kitchen Creations Magical Oven

Tea Party Set Cake Stand Macaron Color

Spray Rice Cooker

Mainan Buah Potong

Keunggulan

Mudah dibawa-bawa karena bisa jadi koper juga

Bermain masak-masakan lebih nyata dengan peralatan yang mirip aslinya

Ajak si kecil piknik seru dengan keranjang kue miliknya sendiri

Memanggang aman dengan mainan ini, si kecil pasti suka

Makin asyik bermain layaknya dapur sungguhan

Asah kreativitas dan kemampuan berinteraksi dengan mainan ini

Bermain dengan tekstur bersama seri baking dari Play-Doh

Adakan pesta teh ditemani kue-kue cantik dengan mainan ini

Belajar memasak nasi dengan mainan rice cooker menggemaskan

Sarana mengenalkan variasi buah dan sayuran dengan cara asyik

Harga mulai dariRp 190.000,00Rp 150.000,00Rp 330.000,00Rp 255.000,00Rp 199.000,00Rp 110.000,00Rp 399.000,00Rp 240.000,00Rp 399.000,00Rp 181.000,00
BahanPlastikPlastikKayuPlastik ABSABS eco friendlyPlastikPlastik, Play-Doh compoundKayuTidak disebutkanPlastik PVC (polyvinyl chloride)
Ukuran24 cm x 41 cm x 71 cmTidak disebutkan22 cm x 18 cm x 13 cm33 cm x 20 cm x 19 cm36 cm x 14 cm x 41 cmTidak disebutkan33 cm x 22 cmTidak disebutkanTidak disebutkan25 cm x 19 cm x 14 cm
Target usia3 tahun ke atas3 tahun ke atasTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan3 tahun ke atas3 tahun ke atas3 tahun ke atas3 tahun ke atasTidak disebutkan
KeamananTidak disebutkanTidak disebutkanMenggunakan cat waterbased yang amanTidak disebutkanSNI, BPA freeSNISesuai standar keamanan internasionalTidak disebutkanSNITidak disebutkan
FiturSuaraLampu, suaraKue dan buah dapat dipotong dan ditempelkan dengan magnetUap, lampu, suaraLampu, suaraLampu, suaraLampu, suaraTidak adaUapBuah bisa dipotong dan direkatkan kembali
Tautan produk

Baca juga rekomendasi mainan lainnya untuk anak di sini

Selain mainan masak-masakan, mungkin Anda juga sedang mencari mainan lainnya untuk anak Anda. Untuk itu, kami sudah menyiapkan berbagai artikel mainan anak lainnya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Penasaran dengan cara memilihnya serta apa saja produk rekomendasi dari kami? Simak informasi selengkapnya dari artikel-artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah memberikan sepuluh rekomendasi mainan masak-masakan terbaik kepada Anda. Sudahkah Anda menemukan mainan yang paling disukai anak Anda? Terdapat banyak sekali produk mainan masak-masakan yang bisa Anda pilih bersama si kecil.


Selain memperhatikan ukuran, bahan, dan fitur tambahan lainnya, pastikan Anda memilih produk yang sesuai dengan usia anak Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi. Selamat memilih!

Artikel terkait

  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak hal menyenangkan yang dapat anak Anda lakukan sebelum memulai pendidikan di sekolah dasar. Salah satunya adalah memainkan mainan edukasi untuk menstimulasi perkembangan daya pikir dan kreativitas. Anak Anda bisa belajar mengenal huruf, angka, bentuk, mengembangkan kemampuan berkonsentrasi, dan sebagainya.Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih mainan edukasi untuk anak usia 4, 5, 6 tahun. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh produk mainan yang sesuai bagi putra dan putri Anda. Artikel ini telah ditinjau oleh praktisi terapi bermain kami, Grace Melia. Mari simak terus artikel ini!
    Mainan anak
  • 10 Puzzle Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    10 Puzzle Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    Anak-anak membutuhkan permainan yang dapat melatih konsentrasi dan kemampuan motorik. Dengan bermain puzzle, anak akan belajar berpikir secara logis dalam menggabungkan potongan-potongan puzzle. Kreativitas dan memori anak pun makin terlatih dengan permainan ini.Ada banyak puzzle menarik yang beredar di pasaran. Namun, ada poin-poin yang harus Anda perhatikan agar bisa mendapatkan puzzle terbaik. Kami akan membahasnya dalam artikel kali ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi puzzle bagus untuk dimainkan si kecil. Artikel ini telah ditinjau oleh praktisi terapis bermain kami, Grace Melia juga. Selamat membaca!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Mobil Remote Control Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mobil Remote Control Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tak hanya untuk bersenang-senang, mobil remote control dapat merangsang saraf motorik dan koordinasi otak anak, lho. Saat ini, sudah tersedia beragam produk di pasaran. Harga, fitur, hingga cara pengoperasiannya berbeda pada setiap produk. Modelnya pun bervariasi.Mobil remote control atau mobil RC tersedia dalam model mobil balap, sedan, hingga truk. Mobil RC offroad juga bisa dipilih untuk penggunaan outdoor. Kami akan merekomendasikan produk yang bagus dari beragam merk. Ada produk dari Cruzer, JJRC, Huina, dan lainnya. Semuanya sudah kami ulas untuk Anda. Namun, pahami cara memilihnya lebih dahulu, yuk!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Mainan Anak Islami Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Anak Islami Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi muslim, pendidikan mengenai agama Islam sangat penting dilakukan sejak dini. Supaya belajar agama menjadi lebih menyenangkan dan menarik perhatian anak, Anda dapat menggunakan mainan islami. Anak dapat mengenal huruf hijaiyah, mendengarkan bacaan Al-Qur’an, sampai mempelajari adab-adab dalam menjalankan aktivitas.Mainan anak islami dari Al-Qolam, Konsep Studio, serta Perisai Kid merupakan beberapa produk terbaik yang akan kami rekomendasikan dalam artikel ini. Untuk memudahkan Anda, kami juga akan menjelaskan cara memilihnya. Yuk, baca artikelnya sampai tuntas!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Mainan My Little Pony Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan My Little Pony Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, serial My Little Pony semakin digandrungi anak-anak. Beragam collectibles item pun bermunculan, mulai dari gantungan kunci hingga mainan bertema My Little Pony. Asyik dimainkan untuk menemani hari, mainan My Little Pony memiliki tempat tersendiri di hati anak-anak.Anda akan menemukan cara memilih mainan My Little Pony dalam artikel ini. Daftar berisi rekomendasi mainan My Little Pony terbaik juga akan Anda temukan. Dengan begitu, Anda akan semakin mudah memilih dan membelikannya untuk anak. Beragam mainan lucu akan Anda dapati dalam artikel ini, pilih saja yang paling disuka!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2021)
    Saat bermain adalah momen yang sangat menyenangkan. Anda bisa membelikan beragam jenis mainan untuk anak perempuan, mulai dari boneka hingga mainan kecantikan. Masing-masing jenis mainan tidak hanya asyik dimainkan, tetapi juga dapat mengembangkan kecerdasan anak Anda.Dalam artikel ini, secara khusus kami akan membahas cara memilih mainan untuk anak perempuan. Kami juga akan memberikan rekomendasi mainan terbaik untuk anak perempuan. Ada mainan L.O.L. Suprise, My Little Pony, Barbie, dan sebagainya dalam artikel ini. Pilihlah yang paling disukai anak Anda.
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Boneka Beruang (Teddy Bear) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Boneka Beruang (Teddy Bear) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Boneka beruang atau teddy bear merupakan mainan yang tak lekang oleh zaman. Baik anak-anak maupun orang dewasa terkadang masih tidur dengan boneka ini. Bentuknya yang menggemaskan dan kenyamanan yang dirasakan saat memegang boneka ini membuatnya sangat disukai. Setiap model teddy bear tentu memiliki keunikan sendiri, misalnya dari segi bahan, ukuran, atau warnanya. Pada artikel ini, kami akan membahas secara khusus cara memilih dan merekomendasikan boneka beruang terbaik. Beberapa boneka dari merek-merek terkenal, seperti Mothercare, Miniso, dan IKEA juga akan kami rekomendasikan. Yuk, simak artikel ini! 
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Boneka Barbie Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Boneka Barbie Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Boneka Barbie adalah salah satu mainan anak paling populer di dunia, termasuk di Indonesia. Di sisi lain, tidak sedikit orang dewasa yang menjadikan boneka Barbie dengan harga fantastis sebagai koleksi. Namun, banyaknya produk Barbie yang ditawarkan mungkin akan membuat Anda kebingungan dalam memilihnya.Dalam artikel ini, secara khusus kami akan mengajak Anda mengenal boneka Barbie lebih jauh beserta cara memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk terbaik seperti Barbie Fashionistas Doll, Barbie Surprise Career Doll, dan Barbie Wellness Doll. Selamat membaca!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Boneka Besar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Boneka Besar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Boneka besar yang lucu dan unik pasti disukai banyak orang. Tidak hanya digemari oleh anak-anak, orang dewasa pun banyak yang mengoleksinya. Jika dahulu Anda hanya mengenal boneka kecil, sekarang Anda bisa dengan mudah menemukan boneka besar lucu dengan berbagai karakter. Kali ini kami akan mengulas beberapa rekomendasi boneka besar yang bagus untuk dipilih. Anda bisa menjadikannya sebagai hadiah untuk anak-anak ataupun pasangan. Boneka besar beruang, Doraemon, atau panda pasti akan membuat hadiah jadi lebih berkesan. Sebelum mulai mencari-cari, bacalah dahulu beberapa tips memilihnya berikut ini!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi LEGO DUPLO Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi LEGO DUPLO Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mainan yang tepat dapat membantu perkembangan anak. LEGO DUPLO adalah merek mainan yang bagus untuk anak usia 1,5–5 tahun. Produknya dapat merangsang daya imajinasi hingga saraf motorik anak. Modelnya juga banyak. Anak bisa merakit miniatur kereta atau pesawat.Kali ini, kami akan membagikan cara memilih LEGO DUPLO dengan membandingkan harga dan fitur. Kami juga telah mengulas produk dengan berbagai model. Ada satu set yang bertema steam train, fire station, farm animal, dan lainnya. Baca artikel ini sampai tuntas agar Anda menemukan LEGO DUPLO terbaik untuk si kecil!
    Mainan anak
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022)
    Usia satu tahun merupakan usia di mana anak memasuki usia emas atau golden age. Karena otak anak mengalami perkembangan yang sangat pesat, orang tua dapat memberikan mainan untuk menunjang pertumbuhannya. Mainan tersebut bersifat mendidik dan ada juga yang ditujukan untuk belajar jalan.Agar Anda bisa menemukan mainan yang tepat, kami akan membagikan tips memilih mainan untuk anak usia satu tahun. Rekomendasi mainan anak usia satu tahun terbaik seperti merk Sugar Baby dan Fisher-Price juga akan kami ulas. Simak artikel ini untuk mendapatkan produk yang sesuai untuk anak Anda.
    Mainan anak
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    Pada usia 2–3 tahun anak mengalami perkembangan yang pesat. Si kecil akan mulai banyak berbicara dan mengerjakan hal-hal sederhana sendiri. Periode usia ini sampai usia 5 tahun disebut sebagai golden age. Pada usia ini, terjadi perkembangan signifikan secara kepribadian dan kemampuan.Agar perkembangannya optimal, Anda perlu memberikan stimulasi berupa mainan edukasi yang sesuai bagi anak Anda. Kami akan menjelaskan cara memilih mainan edukasi bagi anak usia 2–3 tahun. Ada pula rekomendasi mainan-mainan terbaik sebagai referensi. Artikel ini juga telah ditinjau oleh praktisi terapi bermain kami, Grace Melia. Selamat menyimak!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Pelampung Renang Terbaik untuk Anak Berdasarkan Umur (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pelampung Renang Terbaik untuk Anak Berdasarkan Umur (Terbaru Tahun 2021)
    Memperkenalkan aktivitas berenang sejak dini dipercaya dapat memberikan manfaat yang baik untuk anak. Selain otak anak dapat berkembang dengan maksimal, anak dapat merasa bahagia dan meningkatkan rasa percaya dirinya. Pada awal memperkenalkan serunya berenang, Anda dapat memasang pelampung demi keselamatan anak Anda. Banyak jenis pelampung yang bisa Anda temukan, mulai dari neck ring, arm ring, hingga life vest! Merk-merknya pun beragam seperti Zoggs, Swimava, dan Intex. Karena itu, kami akan memperkenalkan cara memilih dan rekomendasi pelampung yang bagus sesuai dengan usia anak Anda. Selamat membaca!
    Mainan anak
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak hal menyenangkan yang dapat anak Anda lakukan sebelum memulai pendidikan di sekolah dasar. Salah satunya adalah memainkan mainan edukasi untuk menstimulasi perkembangan daya pikir dan kreativitas. Anak Anda bisa belajar mengenal huruf, angka, bentuk, mengembangkan kemampuan berkonsentrasi, dan sebagainya.Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih mainan edukasi untuk anak usia 4, 5, 6 tahun. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh produk mainan yang sesuai bagi putra dan putri Anda. Artikel ini telah ditinjau oleh praktisi terapi bermain kami, Grace Melia. Mari simak terus artikel ini!
    Mainan anak
  • 10 Mainan Edukasi Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Edukasi Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Bayi membutuhkan stimulasi untuk perkembangan motorik kasar ataupun motorik halus mereka. Mainan edukasi untuk bayi bisa membantu Anda dalam memberikan stimulasi ini. Jenisnya pun ada bermacam-macam, seperti mainan berbentuk bola, play mat atau alas main, boneka, sampai balok susun.Dalam artikel ini, kami akan membahas mainan edukasi bayi dari berbagai merek, seperti Playgro, LEGO, dan Fisher-Price. Sebelum itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih produk yang bagus. Bidan Ony Christy juga menambahkan komentarnya, lho. Kini Anda tidak perlu bingung lagi dalam memilih. Selamat membaca!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Mobil Remote Control Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mobil Remote Control Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tak hanya untuk bersenang-senang, mobil remote control dapat merangsang saraf motorik dan koordinasi otak anak, lho. Saat ini, sudah tersedia beragam produk di pasaran. Harga, fitur, hingga cara pengoperasiannya berbeda pada setiap produk. Modelnya pun bervariasi.Mobil remote control atau mobil RC tersedia dalam model mobil balap, sedan, hingga truk. Mobil RC offroad juga bisa dipilih untuk penggunaan outdoor. Kami akan merekomendasikan produk yang bagus dari beragam merk. Ada produk dari Cruzer, JJRC, Huina, dan lainnya. Semuanya sudah kami ulas untuk Anda. Namun, pahami cara memilihnya lebih dahulu, yuk!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Kolam Mandi Bola Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kolam Mandi Bola Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bermain bola di ball pool dapat menjadi aktivitas menyenangkan bagi anak dan bayi. Ball pool atau kolam bola mudah ditemukan di arena bermain umum. Kolam bola mainan anak juga umum disebut kolam bola plastik. Akhir-akhir ini banyak orang tua yang menyediakan kolam bola anak di rumah.Terdapat banyak jenis kolam bola yang dijual di pasaran dengan bentuk rumah-rumahan atau kolam. Agar Anda tidak bingung, kami akan mengulas tips memilih kolam bola yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan produk terbaik dari berbagai merk, seperti Bestway, ELC, Pliko, dan lain-lain. 
    Mainan anak
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori