10 Rekomendasi Kamera DSLR Full Frame Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kamera DSLR Full Frame Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Kamera DSLR full frame sangat dipuja oleh para pecinta kamera. Berbagai produsen kamera seperti Canon, Nikon, Pentax, Sony, dan sebagainya telah mengeluarkan berbagai jenis dan variasi kamera DSLR. Hal ini tentunya cukup menyulitkan Anda dalam menemukan kamera DSLR yang sesuai untuk Anda.

Kali ini kami ingin memperkenalkan kamera DSLR full frame terbaik, baik dari segi pengambilan gambar maupun kenyamanan pemakaiannya. Di sini kami juga memasukkan kamera entry level dan high end dalam daftar. Temukanlah kamera terbaik Anda untuk menghasilkan foto-foto menawan!

Daftar isi

Cara memilih kamera DSLR full frame

Kamera DSLR full frame memiliki bodi kamera yang berbeda-beda, tergantung pendekatan yang diinginkan produsennya. Bahkan, kamera berjenis full frame yang sama, dapat memiliki variasi yang lebih khusus lagi, seperti kamera besar yang tahan banting, kamera ringan dan portable, kamera dengan shutter speed cepat, dan sebagainya.

Sangat penting untuk memilih bodi kamera berdasarkan gaya pengambilan gambar dan gambar seperti apa yang Anda inginkan. Oleh karena itu, pertama-tama kami akan memberi referensi bagaimana memilih kamera DSLR full frame yang sesuai untuk hal-hal tersebut.

Pilih resolusi sesuai objek dan ukuran tampilan

Pilih resolusi sesuai objek dan ukuran tampilan

Saat ini, banyak kamera dengan resolusi tinggi di atas 30 megapiksel (MP). Semakin tinggi jumlah piksel, semakin tinggi pula kualitas definisi gambar yang didapatkan. Tampilan dedaunan yang terlihat dengan jelas akan membuat keseluruhan foto landscape menjadi lebih menarik, bukan? Namun, besarnya piksel ini bisa menyebabkan goyangan tangan jadi terlihat mencolok. Kapasitas file yang besar pun membutuhkan ruang penyimpanan yang besar pula.

Nah, bukan berarti kamera dengan resolusi yang tidak begitu besar menghasilkan gambar yang tidak bagus. Maksudnya adalah kamera dengan resolusi 16-20 MP sudah dapat menghasilkan gambar yang tidak akan rusak jika dicetak dengan ukuran kertas A2. Dan tentunya tidak memiliki masalah jika dilihat dengan komputer sekalipun.

Singkatnya, kamera beresolusi tinggi dapat direkomendasikan untuk orang-orang yang suka memotret pemandangan, untuk hasil foto high definition (HD). Sedang untuk mereka yang suka memotret berbagai objek lain, cukup menggunakan kamera dengan resolusi ±20 MP.

Pilih kamera dengan fitur sensor/autofokus (AF)

Pilih kamera dengan fitur sensor/autofokus (AF)

Semua kamera DSLR full frame memiliki ukuran sensor yang sama, yaitu 24 x 36 mm. Di sinilah peran produsen kamera, yang memberi modifikasi berbeda untuk meningkatkan performa sensor. Perbedaan yang terlihat dan berpengaruh besar adalah kecepatan pada autofokus (AF). Anda bisa melihat AF pada kamera keluaran terbaru akan selalu lebih cepat dibanding sebelumnya. Akan tetapi, kecepatan ini juga bergantung kepada bodi kamera.

Orang-orang yang lebih sering memotret objek bergerak seperti kegiatan olahraga atau binatang, disarankan untuk memilih bodi kamera dengan AF yang cepat. Lain halnya dengan yang lebih suka memotret pemandangan atau potret diri, jenis potret tersebut tidak membutuhkan AF yang cepat.

Pilih kamera tangguh yang tahan banting, tahan debu dan air

Pilih kamera tangguh yang tahan banting, tahan debu dan air

Karena kamera full frame dirancang agar bisa digunakan oleh fotografer profesional, kebanyakan kamera ini lebih tangguh daripada kamera pada umumnya. Untuk mengetahui masa hidup kamera DSLR, ada yang disebut dengan shutter count (jumlah total shutter kamera yang telah ditekan). Semakin canggih suatu model kamera, maka shutter count juga meningkat, yang mengindikasikan bahwa bodi kamera akan awet, meski dipakai bertahun-tahun.

Bila Anda akan melakukan pengambilan gambar outdoor atau di lingkungan extreme, kami juga menyarankan untuk menggunakan kamera dengan ketahanan debu dan air yang tinggi. Dengan fitur tahan debu dan tahan air, pemotretan di tengah hujan maupun di hutan belantara tidak akan menjadi masalah.

Pilih kamera berdasarkan jenis lensanya

Pilih kamera berdasarkan jenis lensanya

Yang terpenting dalam memilih kamera adalah jenis lensanya. Kamera DSLR pada umumnya tidak kompatibel dengan lensa dari produsen yang berbeda, maka Anda harus memikirkan dengan baik bodi beserta lensa kameranya.

Ada produsen kamera yang mengeluarkan banyak jenis lensa, dan ada juga yang sedikit. Setiap produsen biasanya memiliki line up tersendiri untuk lensa, contohnya ada lensa single focus dan ada juga lensa zoom berkinerja tinggi. Oleh karena itu, penting untuk memilih produsen kamera dengan pilihan lensa yang sesuai dengan gaya memotret Anda.

10 Rekomendasi kamera DSLR full frame terbaik

Apakah Anda sudah memastikan fitur-fitur kamera yang diperlukan untuk gaya memotret Anda? Nah, sekarang waktunya kami memberikan rekomendasi kamera DSLR full frame terbaik. Berikut 10 rekomendasi dari kami.

10. Pentax K-1

10. Pentax K-1

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 28.450.000

Kamera tangguh di segala medan

Pentax K-1 dilengkapi resolusi 36,4 MP yang memberikan hasil gambar jelas dari sudut ke sudut. Pixel Shift Resolution System juga membantu menangkap 4 gambar dalam sekali tekan dan menghasilkan sebuah foto berdefinisi tinggi.

Bodinya terbuat dari magnesium alloy yang tangguh, tahan air dan debu. Selain itu, fitur SR II (Shake Reduction) membantu meredam goncangan sehingga foto Anda tidak akan pernah gagal walau dalam kondisi apa pun. Pentax K-1 sangat cocok bila Anda mencari kamera tangguh untuk memotret pemandangan di lingkungan ekstrem sekalipun.

9. Canon EOS 6D Mark II

9. Canon EOS 6D Mark II

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 25.880.000

Mudah dan murah di entry level

Canon melengkapi EOS 6D Mark II dengan CMOS full frame beresolusi 26,2 MP dengan prosesor DIGIC 7. Perpaduan ini diklaim mampu memberikan hasil gambar kualitas tinggi ditambah efek bokeh yang mengesankan.

Meski tidak memiliki kemampuan yang ditonjolkan, EOS 6D Mark II adalah kamera DSLR dengan fitur yang cukup lengkap. Kemudahan penggunaan pada bodi kecil dan ringan, serta harga yang relatif terjangkau menjadi daya tarik tersendiri untuk para penggemar fotografi entry level.

8. Sony α99 II

8. Sony α99 II

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 39.999.000

Dual sensor untuk fokus tinggi objek bergerak

Sony α99 II dipersenjatai dengan resolusi 42,4 MP dan sensor full frame bercahaya belakang, sehingga mampu menghasilkan gambar berkualitas tajam walau dalam kondisi minim cahaya. Dengan dual sensor tinggi, 399 titik AF dan 79 cross type, α99 II memberi fokus presisi tinggi dan cakupan gambar yang lebih luas.

Sony α99 II sangat direkomendasikan untuk pemburu objek bergerak dengan fitur continous shooting-nya. Kecepatan pengambilan gambar kontinu hingga 12 fps (frame per second) akan membantu Anda menangkap gerakan yang bahkan tidak tertangkap mata.

7. Canon EOS 1D X Mark II

7. Canon EOS 1D X Mark II

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 74.950.000

Kamera tangguh di Olimpiade

Kamera ini adalah model terbaru dari Canon, yang banyak digunakan oleh para fotografer profesional di Olimpiade. EOS 1D X Mark II dilengkapi sensor full frame 20,2 MP dan kecepatan pemotretan burst hingga 14 fps yang bisa menghasilkan hingga 170 frame sekali shoot.

Tidak hanya itu, sistem autofokusnya dirancang untuk memfokuskan objek secara instan meski objek bergerak keluar dari area fokus. Kecepatan sekelas olahraga F1 akan jauh lebih mudah diikuti. EOS 1D X Mark II jelas merupakan kamera tangguh untuk ajang olahraga bergengsi.

6. Nikon D5

6. Nikon D5

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 83.000.000

Kamera unggulan objek bergerak dengan 200 frame burst 

Nikon D5 merupakan pesaing kuat Canon EOS 1D X Mark II, yang juga populer digunakan di ajang olahraga seperti Olimpiade. Dengan kecepatan pemotretan burst 12 fps, Nikon D5 mampu menghasilkan 200 frame pengambilan gambar kontinu tanpa buffering atau gangguan lainnya.

Nikon D5 dibekali 153 titik AF dan 99 titik cross type sehingga dapat mengoptimalkan kecepatan dan keakuratan autofokus. Dan berkat sensor yang bisa menahan sensitivitas ISO 102400, kamera ini akan membantu Anda memotret di dalam ruangan yang gelap tanpa menurunkan shutter speed dan mencegah gambar blur.

5. Nikon D750

5. Nikon D750

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 19.778.004

Affordable camera untuk pencinta fotografi

Nikon D750 memang tidak memiliki fitur-fitur menonjol seperti kamera-kamera sebelumnya, tetapi bisa juga disebut sebagai kamera tanpa kekurangan. Terlebih bila Anda mencari kamera dengan harga yang rasional, Nikon D750 sudah cukup memberi performa yang mumpuni.

D750 dikemas apik dengan resolusi 24,3 MP dan perlindungan cuaca, ditambah lagi jangkauan sensitivitas yang luas, tilting screen, dan konektivitas Wi-Fi. Secara keseluruhan, Nikon D750 adalah pilihan yang bagus untuk pencinta fotografi atau fotografer pemula.

4. Canon EOS 5DS-R

4. Canon EOS 5DS-R

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 49.990.000

Resolusi super 50,6 MP, terunggul di kelasnya!

Dengan resolusi 50,6 MP, tidak salah bila menobatkan Canon EOS 5DS-R menjadi unggulan untuk foto studio dan pemandangan. Kamera ini memiliki fitur pembatalan efek LPF (low-pass filter) yang memastikan tidak terjadi getaran dan memaksimalkan sensor dalam menghasilkan foto beresolusi tinggi.

Sayangnya, kinerja kamera masih belum sebanding dengan resolusinya yang besar. Hasil foto resolusi tinggi juga memakan memori penyimpanan yang besar. Akan tetapi, EOS 5DS-R adalah investasi yang bagus untuk para fotografer profesional karena Canon terkenal dengan beragam lensa berkualitas tinggi dan banyak pilihan lensa lain yang juga kompatibel.

3. Nikon D810

3. Nikon D810

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 39.329.748

Kamera berkapasitas baterai besar

Meskipun sudah tergantikan oleh suksesornya, Nikon D810 masih menjadi kamera favorit terutama untuk hunting foto pemandangan. D810 menawarkan resolusi 36,3 MP dengan rentang ISO 32-51200 yang berarti foto Anda akan tetap terlihat jelas meskipun pada kondisi cahaya gelap.

Prosesor EXPEED 4 memungkinkan kinerja kamera menjadi cepat sekaligus hemat daya. Kapasitas baterai diklaim mampu bertahan 1200 foto per charge, sangat berguna untuk para fotografer lapangan yang bersemangat mencari foto terbaik sepanjang hari!

2. Canon EOS D5 Mark IV

2. Canon EOS D5 Mark IV

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 45.099.000

All in one kamera untuk fotografer profesional

Canon EOS 5D Mark IV adalah rangkaian terbaru seri EOS 5D yang menawarkan sensor terbaru beresolusi 30,4 MP, yang akan menghasilkan gambar berkualitas tinggi secara stabil. Kecepatan pemotretan burst 7 fps juga mampu menangkap gerakan yang cepat.

Selain itu, teknologi video 4K juga membuat kamera ini mumpuni untuk merekam video berkualitas tinggi. Dengan spesifikasi tersebut, tidak salah bila mengatakan Canon EOS D5 Mark IV adalah kamera DSLR full frame all in one untuk fotografer profesional.

1. Nikon D850

1. Nikon D850

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 51.000.000

Paduan sempurna, terbaik dari yang terbaik

Seri D850 merupakan kamera DSLR full frame teranyar dari Nikon dengan resolusi 45,4 MP yang mampu menghadirkan foto yang kaya akan detail. Dilengkapi prosesor EXPEED 5, Nikon D850 memiliki paduan yang diimpikan oleh para fotografer, yaitu paduan kecepatan serta resolusi yang tinggi.

Kamera ini memang tergolong high end, tetapi dengan rentang ISO 64-25600, serta burst 9 fps, dijamin bidikan foto Anda akan selalu sempurna. Bodi yang cukup besar dan kokoh membuatnya ergonomis saat dipasangkan dengan lensa besar maupun panjang. Dengan semua keunggulan tersebut, Nikon D850 jelas layak menyandang gelar kamera terbaik dari yang terbaik!

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda dengan berbagai kamera DSLR full frame yang telah kami bahas? Apakah Anda sudah menemukan yang terbaik untuk Anda?

Ada banyak sekali jenis kamera yang pastinya akan membingungkan Anda. Kami harap artikel ini bisa menjadi referensi dalam memilih kamera DSLR full frame terbaik untuk gaya memotret dan kebutuhan Anda. Setelah itu jangan lupa abadikan momen-momen indah dan berharga Anda, ya!