1. TOP
  2. >
  3. Kamera
  4. >
  5. Kamera DSLR
  6. >
  7. 10 Kamera DSLR Full Frame Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Kamera DSLR Full Frame Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Kamera DSLR Full Frame Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Kamera DSLR Full Frame Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Kamera DSLR Full Frame Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Kamera DSLR Full Frame Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Kamera DSLR Full Frame Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2023)

Kamera DSLR full frame adalah salah satu produk yang disukai fotografer. Di pasaran tersedia berbagai produk kamera DSLR full frame dari merek Canon dan Nikon. Namun, keduanya memiliki perbedaan dalam fungsi, tipe lensa, bahkan harga. Anda tentu ingin tahu bagaimana cara memilihnya, bukan?


Kali ini kami akan memperkenalkan rekomendasi kamera DSLR full frame terbaik yang dapat Anda pilih. Kami juga akan menjelaskan cara memilih, baik dari segi pengambilan gambar maupun fungsinya. Supaya lebih lengkap, fotografer Indonesia, Beawiharta, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Simak informasinya dan bersiaplah menghasilkan foto menawan!

Diperbaharui 06-20-2022
Pakar
Photographer & visual storyteller
Beawiharta

Beawiharta adalah seorang freelance photographer yang menyenangi fotografi dan sering berbagi cerita lewat foto-fotonya. Belajar fotografi pada era film seluloid, ia kemudian memulai kariernya sebagai fotografer komersial. Dengan pengalamannya menjadi wartawan foto selama 25 tahun untuk kawasan Asia, Beawiharta pernah memakai Nikon, Canon, dan Fujifilm mirrorless yang kini menjadi favoritnya. Beawiharta selalu menyukai foto dokumenter yang bercerita tentang orang-orang yang dijumpainya di mana pun.

Profil Beawiharta
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kamera DSLR full frame

Sebelum memilih bodi kamera, Anda harus menyesuaikannya dengan gaya pengambilan gambar dan jenis foto yang diinginkan. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih kamera DSLR full frame supaya Anda menemukan produk yang paling sesuai.

① Pilih resolusi sesuai objek dan ukuran file yang dihasilkan

Pilih resolusi sesuai objek dan ukuran file yang dihasilkan

Makin tinggi resolusi yang dimiliki sebuah kamera, makin bagus pula kualitas gambar yang dihasilkan. Ada beragam resolusi kamera yang beredar di pasaran. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda, dengan menyimak penjelasan berikut ini.


  • Resolusi 16–20 MP untuk hasil yang cukup bagus. Kamera dengan resolusi 16–20 MP masih bisa menghasilkan gambar yang bagus. Gambar juga tidak akan rusak meski dicetak di kertas ukuran A2. Tampilan gambarnya di komputer pun sudah cukup tajam.
  • Resolusi 20 MP untuk memotret berbagai objek secara maksimal. Apabila sering bepergian dan ingin mengabadikan banyak momen, kamera dengan resolusi sekitar 20 MP cocok Anda pilih. Gambar maksimal mampu dihasilkan dari kamera dengan resolusi tersebut.
  • Resolusi 30 MP untuk Anda yang menyukai fotografi landscape atau pemandangan. Kamera dengan resolusi 30 MP mampu menghasilkan detail dan kualitas fotografi landscape yang apik. Namun, perlu diingat bahwa ukuran file yang dihasilkan juga makin besar. Anda pun membutuhkan kapasitas memori yang lebih besar untuk menyimpan foto.

② Perhatikan banyaknya titik autofokus, terutama untuk memotret benda bergerak

Perhatikan banyaknya titik autofokus, terutama untuk memotret benda bergerak

Apakah Anda gemar memotret objek yang bergerak seperti binatang dan kegiatan olahraga? Jika ya, gunakanlah kamera yang memiliki banyak titik autofokus. Lokasi yang bisa dipakai kamera untuk autofokus biasanya ditampilkan oleh titik fokus di dalam viewfinder atau layar LCD. Makin banyak titik fokus, pengambilan gambar dari objek bergerak akan menjadi lebih mudah. 


Untuk hasil yang lebih maksimal, pilih juga produk dengan kecepatan autofokus yang tinggi. Kecepatan penyesuaian fokus melalui viewfinder di kamera profesional memang sedikit terasa berbeda dengan kamera middle range. Namun, selama Anda tidak memotret objek yang bergerak sangat cepat seperti pertandingan olahraga, perbedaan tersebut tak akan terlalu terasa.


Di sisi lain, jika Anda lebih suka menggunakan fitur Live View daripada viewfinder, kecepatan autofokus harus menjadi perhatian. Kecepatan autofokus yang dimiliki setiap kamera tergantung pada produsennya. Kamera model terbaru biasanya memiliki kecepatan autofokus yang cenderung tinggi


Apabila Anda kerap memotret objek yang bergerak sangat cepat, kamera kelas profesional tentu akan lebih mendukung performa Anda. Sementara itu, kecepatan autofokus tidak terlalu diperlukan oleh Anda yang lebih sering memotret landscape dan portrait. 

③ Utamakan kamera dengan fitur dustproof dan waterproof untuk pemotretan outdoor

Utamakan kamera dengan fitur dustproof dan waterproof untuk pemotretan outdoor

Kamera DSLR full frame dirancang untuk digunakan secara profesional sehingga cenderung memiliki bodi yang kuat. Kamera dengan bodi tahan banting ini juga memiliki masa pakai yang lama. Untuk mengetahuinya, periksalah jumlah shutter count. Makin besar jumlah maksimal shutter kamera yang ditekan, makin lama pula masa pakai kamera tersebut.


Untuk kegiatan pengambilan gambar di area outdoor, pastikan kamera yang Anda pegang memiliki fitur antidebu dan antiair. Kamera dengan fitur-fitur tersebut dapat Anda gunakan di berbagai kondisi, saat hujan, berdebu, bahkan di lingkungan yang ekstrem sekalipun. Bagi Anda yang gemar berburu pemandangan di alam liar, pastikan ada fitur antidebu dan antiair pada kamera Anda, ya!

④ Pilih produk body only atau include lensa kit? Jangan lupa perhatikan mount-nya!

Pilih produk body only atau include lensa kit? Jangan lupa perhatikan mount-nya!
Sumber: global.canon

Kamera DSLR full frame banyak yang dijual berupa body only, tetapi ada pula yang dilengkapi dengan lensa kit. Jika Anda ingin bebas memilih lensa sesuai minat fotografi, Anda dapat membeli lensa secara terpisah. Namun, produk yang sudah dilengkapi dengan lensa kit umumnya lebih ekonomis daripada membelinya terpisah.


Jika Anda ingin membeli lensa sendiri, pastikan bahwa mount lensa dan bodi dapat tersambung dengan pas. Biasanya, lensa dari masing-masing produsen hanya cocok dipakai oleh kamera keluaran produsen yang sama. Bahkan, lensa yang diproduksi Sigma dan Tamron pun belum tentu bisa dipakai pada setiap kamera. Untuk itu, Anda harus benar-benar teliti sebelum membeli lensa secara terpisah.

Beawiharta
Photographer & visual storyteller
Beawiharta

Untuk pasangan kamera full frame, kalian wajib menggunakan lensa-lensa yang prima. Lensa tersebut adalah lensa utama yang memiliki bukaan single minimal f/4. Tentunya, akan lebih baik lagi apabila lensa memiliki bukaan f/2.8, f/2, atau bahkan f/1.4.


Dengan lensa bukaan single, kalian bisa memaksimalkan kemampuan besar sensornya. Lensa yang memiliki bukaan double, seperti f/2.8–4 atau f/3.5–5.6 memang kurang direkomendasikan. Hal ini karena lensa tidak bisa mengeluarkan semua kemampuan kamera full frame.


Belilah lensa yang paling bagus di jajarannya. Apabila kamera full frame yang kalian miliki bermerek Nikon, belilah lensa Nikon yang paling bagus. Jika kalian memiliki kamera Canon, belilah lensa Canon yang paling bagus dan harganya paling tinggi yang bisa kalian beli. Ingat, makin tahun harga kamera makin turun, tetapi harga lensa tidak pernah turun. Lensa yang bagus harganya stabil dan tidak pernah turun meskipun umurnya sudah tua.

⑤ Ketahuilah performa ISO dan ketersediaan fitur Wi-Fi

Ketahuilah performa ISO dan ketersediaan fitur Wi-Fi

Untuk Anda yang sering memotret di malam hari, Anda juga perlu mengecek rentang ISO kamera DSLR full frame yang akan dibeli. ISO yang tinggi dibutuhkan ketika Anda akan memotret gugusan bintang ataupun pemandangan malam. Makin tinggi ISO yang ditawarkan, makin bagus pula potret malam yang dapat dihasilkan.


Selain itu, sekarang sudah banyak kamera DSLR full frame yang telah dilengkapi dengan Wi-Fi dan Bluetooth. Wi-Fi dan Bluetooth dapat membuat transfer file menjadi lebih mudah dan cepat. Jangan lupa untuk mengecek ketersediaan fitur-fitur ini, terutama saat Anda membeli kamera model lama.

10 Rekomendasi kamera DSLR full frame terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kamera DSLR full frame terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Beawiharta.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Nikon

D610

Nikon D610 1枚目

Spesifikasinya cocok untuk para pewarta berita dan traveller

2

Canon

EOS-1D X Mark III

Canon EOS-1D X Mark III  1枚目

Mampu merekam video hingga 5.5K

3

Nikon

D5

Nikon D5 1枚目

Abadikan objek gambar bergerak tanpa blur!

4

Canon

EOS 5D Mark IV

Canon EOS 5D Mark IV 1枚目

Ingin membuat video sinematik? Maksimalkan fitur Canon Log

5

Canon

EOS 6D Mark II

Canon EOS 6D Mark II 1枚目

Pengoperasian makin mudah dengan layar sentuh

6

Canon

EOS 5DS R

Canon EOS 5DS R 1枚目

Sensor beresolusi tinggi, gambar jadi lebih detail, tajam, dan indah

7

Nikon

D780

Nikon D780 1枚目

Rilisan terbaru dan gambar lebih memukau berkat long exposure

8

Nikon

D850

Nikon D850 1枚目

Ada memori cadangan, bisa simpan foto makin banyak!

9

Nikon

D750

Nikon D750 1枚目

Ingin mendapatkan gambar yang lebih dramatis? Gunakan filter kreatif kamera ini

10

Nikon

Df

Nikon Df 1枚目

Fitur kekinian berbalut desain nan klasik

Perincian produk
Close
No.1

Spesifikasinya cocok untuk para pewarta berita dan traveller

Apakah Anda seorang jurnalis atau traveller? Jika iya, mengabadikan setiap momen tentunya adalah sesuatu yang lazim. Salah satu kamera DSLR full frame murah yang dapat Anda pilih adalah Nikon D610. Kamera kelas menengah ini dapat mengambil gambar mode burst dengan kecepatan 6 fps dan merekam video dengan resolusi mencapai 1080p.


Sensivitas ISO yang ditawarkan kamera ini cukup baik dan sangat membantu merekam setiap momen, baik siang, malam, terang, maupun gelap. Bobotnya yang hanya 0,76 kg pun tergolong cukup ringan untuk dibawa traveling ke mana pun.

No.2

CanonEOS-1D X Mark III

Mulai dari Rp99.999.000,00

Mampu merekam video hingga 5.5K

Apakah Anda seorang filmmaker atau dokumenter profesional? Segera miliki kamera Canon ini! Kamera ini mendukung resolusi hingga 5.5K yang sangat cocok menunjang aktivitas video. Ketika menggunakan format ini, fitur autofokus memang tidak dapat difungsikan. Namun, Anda dapat menggantinya ke format 4K agar fitur autofokus dapat bekerja.


Kamera ini didesain dengan bentuk yang kukuh sehingga tahan banting saat dibawa ke mana pun. Kualitas ini tentunya sangat mendukung kerja para filmmaker profesional yang memproduksi proyek film layar lebar.

No.3

Abadikan objek gambar bergerak tanpa blur!

Salah satu keunggulan Nikon D5 adalah kemampuan foto berturut-turutnya (burst mode) yang mencapai 12 frame per detik. Kamera ini dibekali autofokus yang sangat cepat sehingga memudahkan Anda dalam memotret objek bergerak. Teknologi tracking-nya juga dapat diandalkan untuk menghindari hasil foto yang blur. Selain itu, suara shutter-nya khas seperti senapan mesin sehingga menghasilkan efek yang lebih dramatis.


Kamera ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang menekuni sport photography. Produk ini juga menawarkan sensitivitas ISO yang cukup baik sehingga memungkinkan Anda memotret di segala kondisi pencahayaan. Tidak peduli seberapa cepat objek bergerak, Anda pasti dapat mengabadikannya!

No.4

CanonEOS 5D Mark IV

Mulai dari Rp64.999.000,00

Ingin membuat video sinematik? Maksimalkan fitur Canon Log

Apakah Anda hobi membuat video perjalanan atau film web series bergaya sinematik? Kalau begitu, kamera ini wajib masuk ke dalam keranjang belanja Anda. Dengan mengaktifkan fitur Canon Log, Anda dapat melakukan proses pewarnaan dengan lebih bebas. Fitur Canon Log dapat membantu Anda untuk menampilkan detail warna yang biasanya sulit dicapai melalui pengaturan biasa. 


Canon Log memang diperuntukkan bagi yang ingin merencanakan grading saat mengedit video. AF dengan kecepatan dan presisi tinggi pada kamera ini memungkinkan pembuatan film profesional dengan resolusi 4K. Dengan kemampuan yang dimilikinya, EOS full-frame generasi ke-4 ini menawarkan fleksibilitas pengguna dalam bermain fotografi dan film.

No.5

CanonEOS 6D Mark II

Mulai dari Rp43.499.000,00

Pengoperasian makin mudah dengan layar sentuh

Teknologi kamera DSLR terus mengalami perkembangan fitur yang pesat, salah satunya fitur layar sentuh. Fitur ini memungkinkan Anda mencari dan mengatur titik fokus dengan lebih mudah. Fitur layar sentuh juga memberikan Anda kebebasan dalam mengoperasikan kamera secara lebih sederhana.


Bagi Anda yang mencari kamera profesional dengan kepraktisan dalam pengoperasian, membeli produk ini adalah pilihan yang tepat. Fitur seperti perekaman 4K dan konektivitas Wi-Fi juga tersedia pada produk ini. Menariknya lagi, kamera ini telah dilengkapi fungsi GPS logging sehingga Anda dapat memberi koordinat pada gambar.

No.6

Sensor beresolusi tinggi, gambar jadi lebih detail, tajam, dan indah

Produk ini menjadi salah satu kamera DSLR full frame dengan jumlah piksel paling besar. Besaran piksel ini akan memberikan kepuasan dalam mendapatkan foto yang detail dan tajam. Produk ini dirancang khusus untuk fotografer profesional yang kerap melakukan cropping ataupun mencetak foto untuk keperluan komersial.


Produk ini juga cukup kukuh dibawa di segala medan dan cuaca. Dengan bahan konstruksi magnesium alloy, kamera ini tahan terhadap air dan debu. Anda pun dapat dengan tenang membawa kamera dalam setiap penugasan dari agensi foto komersial. Tertarik untuk menggunakannya?

No.7

Rilisan terbaru dan gambar lebih memukau berkat long exposure

Pada awal tahun 2020, Nikon meluncurkan kamera DSLR full-frame baru yang dinamai D780. Dengan prosesor terbaru EXPEED 6, kamera ini memiliki exposure yang jauh lebih lama dibanding DSLR biasa.


Anda dapat menggunakan exposure hingga 15 menit di mode manual. Bayangkan, fitur ini sangat cocok untuk menangkap pemandangan gugusan bintang atau milky way. Apabila Anda mencari kamera profesional untuk astrofotografi, Nikon D780 bisa dijadikan pilihan.

No.8

Ada memori cadangan, bisa simpan foto makin banyak!

Bagi para fotografer atau videografer dengan tingkat mobilitas padat, produk ini wajib menjadi teman perjalanan Anda. Terdapat fitur XQD Storage yang memungkinkan Anda menggunakan memori penyimpanan cadangan sekaligus. Dengan begitu, Anda tidak lagi repot memindahkan file gambar dan video di tengah padatnya pekerjaan.


Dengan prosesor EXPEED 5, kamera ini mampu meminimalisir noise dan menghasilkan detail gambar yang menakjubkan. Layar sentuh Nikon D850 ini dapat ditekuk sehingga lebih fleksibel saat digunakan. Selain itu, terdapat Quiet mode agar suara shutter menjadi senyap yang cocok digunakan di situasi hening. Apakah kamera DSLR Nikon full-frame ini cocok dengan kebutuhan Anda?

No.9

Ingin mendapatkan gambar yang lebih dramatis? Gunakan filter kreatif kamera ini

Bagi fotografer landscape, menggunakan filter tambahan seperti polarized maupun Neutral Density (ND) mungkin menjadi keharusan. Namun, bagaimana bagi Anda yang belum memiliki filter kamera? Menggunakan mode efek khusus pada kamera adalah solusinya. Sayangnya, tidak semua kamera DSLR dibekali fitur seperti ini. Jika Anda penggemar fotografi landscape, Nikon D750 dapat menjadi pilihan yang tepat.


Nikon D750 dibekali mode efek khusus bernama creative mix yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan foto yang lebih dramatis. Misalnya saja Anda bisa menggabungkan objek gunung, laut, dan langit menjadi satu gambar. Dengan harga 24 jutaan dan sudah termasuk lensa, Nikon D750 termasuk kamera DSLR full frame murah yang menarik.

No.10

NikonDf

Mulai dari Rp31.504.000,00

Fitur kekinian berbalut desain nan klasik

Kamera DSLR full frame NIKON Df hadir dengan mengusung desain klasik khas kamera analog. Memadukan kontrol terkini dalam body kamera film yang klasik adalah keunggulan tersendiri dari DSLR satu ini. Nikon Df makin lengkap sebagai kamera retro karena kompatibel dengan berbagai lensa Nikon lawas. Selain itu, kamera ini handal untuk memotret di kegelapan karena ISO nya tinggi.


NIKON Df cocok untuk para penyuka kamera klasik dengan fitur kekinian gabungan semianalog. Tidak ada mode full otomatis pada kamera ini sehingga perlu dioperasikan oleh pengguna profesional.

Baca juga rekomendasi produk kamera profesional lainnya di sini

Selain kamera DSLR full frame, terdapat juga kamera DSLR dan mirrorless sebagai perangkat fotografi profesional. Produk-produk tersebut hadir dalam berbagai macam pilihan dengan keunggulan masing-masing. Agar tidak bingung memilih, kami telah menyiapkan rekomendasinya untuk Anda. Klik tautan berikut ini untuk mendapatkan informasi lengkapnya!

Kesimpulan

Kami telah membahas berbagai produk kamera DSLR full frame yang dapat menjadi referensi Anda. Apakah Anda sudah menetapkan pilihan? Semoga Anda bisa menemukan produk yang sesuai, ya!


Terdapat banyak tipe kamera DSLR full frame yang dapat dijadikan pertimbangan. Anda pun tak perlu lagi bingung dalam memilihnya. Sebelum membeli, jangan lupa untuk menyesuaikan produk dengan gaya memotret Anda. Selamat mengabadikan momen-momen berharga yang menawan!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer