• 10 Kamera DSLR Full Frame Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Kamera DSLR Full Frame Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Kamera DSLR Full Frame Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Kamera DSLR Full Frame Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Kamera DSLR Full Frame Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Kamera DSLR Full Frame Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2021)

Kamera DSLR full frame adalah salah satu produk yang disukai fotografer. Di pasaran tersedia berbagai produk kamera DSLR full frame seperti Canon dan Nikon. Namun, keduanya memiliki perbedaan dalam fungsi, tipe lensa, bahkan harga. Anda tentu ingin tahu bagaimana cara memilihnya, bukan?


Kali ini kami akan memperkenalkan rekomendasi kamera DSLR full frame terbaik yang dapat Anda pilih. Kami juga akan menjelaskan cara memilih, baik dari segi pengambilan gambar maupun fungsinya. Supaya lebih lengkap, fotografer Indonesia, Beawiharta, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Simak informasinya dan bersiaplah menghasilkan foto menawan!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Beawiharta
  • Pembaharuan terakhir: 20 Oktober 2021
  • 39.356 Views
Daftar isi

Profil pakar: Photographer, Beawiharta

Profil pakar: Photographer, Beawiharta

Beawiharta adalah seorang freelance photographer yang menyenangi fotografi dan sering berbagi cerita lewat foto-fotonya. Belajar fotografi pada era film seluloid, ia kemudian memulai kariernya sebagai fotografer komersial.

Dengan pengalamannya menjadi wartawan foto selama 25 tahun untuk kawasan Asia, Beawiharta pernah memakai Nikon, Canon, dan Fujifilm mirrorless yang kini menjadi favoritnya. Beawiharta selalu menyukai foto dokumenter yang bercerita tentang orang-orang yang dijumpainya di mana pun. Beawiharta bisa Anda jumpai melalui akun Instagramnya, @beawiharta.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kamera DSLR full frame

Sebelum memilih bodi kamera, Anda harus menyesuaikannya dengan gaya pengambilan gambar dan jenis foto yang diinginkan. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih kamera DSLR full frame supaya Anda menemukan produk yang paling sesuai.

Beawiharta
Photographer & visual storyteller
Beawiharta

Sekarang kita masuk dalam area kamera full frame. Artinya, kamera ini berkemampuan tinggi dan bisa menghasilkan foto serta video yang prima. Poin yang harus diingat adalah kamera ini bagus dan bukan untuk kebutuhan pemula. Meskipun begitu, sebagai pemula kalian boleh juga memilih kamera ini. Namun, sejatinya, kamera ini ditujukan untuk pemilik hobi fotografi yang serius hingga fotografer profesional.

Pilih resolusi sesuai objek dan ukuran file yang dihasilkan

Pilih resolusi sesuai objek dan ukuran file yang dihasilkan

Makin tinggi resolusi yang dimiliki sebuah kamera, makin bagus pula kualitas gambar yang dihasilkan. Jika Anda menyukai fotografi landscape atau pemandangan, pilihlah produk yang memiliki resolusi di atas 30 MP. Namun, perlu diingat bahwa ukuran file yang dihasilkan juga makin besar. Anda pun membutuhkan kapasitas memori yang lebih besar untuk menyimpan foto.


Bukan berarti kamera dengan resolusi lebih kecil menghasilkan gambar yang tidak bagus, lho. Dengan resolusi 1620 MP, gambar tidak akan rusak meski dicetak dalam kertas ukuran A2. Tampilan gambarnya di komputer pun sudah cukup bagus.


Selain untuk fotografi pemandangan, kamera beresolusi tinggi juga sesuai untuk Anda yang sering menggunakan tripod. Apabila Anda ingin memotret berbagai objek secara maksimal, kami merekomendasikan kamera dengan resolusi sekitar 20 MP. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

Untuk memotret objek bergerak, pilih kamera dengan banyak titik autofokus

Untuk memotret objek bergerak, pilih kamera dengan banyak titik autofokus

Apakah Anda gemar memotret objek yang bergerak seperti binatang dan kegiatan olahraga? Jika ya, gunakanlah kamera yang memiliki banyak titik autofokus. Lokasi yang bisa dipakai kamera untuk autofokus biasanya ditampilkan oleh titik fokus di dalam viewfinder atau layar LCD. Makin banyak titik fokus, pengambilan gambar dari objek bergerak akan menjadi lebih mudah. 


Untuk hasil yang lebih maksimal, pilih juga produk dengan kecepatan autofokus yang tinggi. Kecepatan penyesuaian fokus melalui viewfinder di kamera profesional memang sedikit terasa berbeda dengan kamera middle range. Namun, selama Anda tidak memotret objek yang bergerak sangat cepat seperti pertandingan olahraga, perbedaan tersebut tak akan terlalu terasa.


Di sisi lain, jika Anda lebih suka menggunakan fitur Live View daripada viewfinder, kecepatan autofokus harus menjadi perhatian. Kecepatan autofokus yang dimiliki setiap kamera tergantung pada produsennya. Kamera model terbaru biasanya memiliki kecepatan autofokus yang cenderung tinggi. 


Apabila Anda kerap memotret objek yang bergerak sangat cepat, kamera kelas profesional tentu akan lebih mendukung performa Anda. Sementara itu, kecepatan autofokus tidak terlalu diperlukan oleh Anda yang lebih sering memotret landscape dan portrait. 

Untuk pemotretan outdoor, pilih kamera dengan fitur dustproof dan waterproof

Untuk pemotretan outdoor, pilih kamera dengan fitur dustproof dan waterproof

Kamera DSLR full frame dirancang untuk digunakan secara profesional sehingga cenderung memiliki bodi yang kuat. Kamera dengan bodi tahan banting ini juga memiliki masa pakai yang lama. Untuk mengetahuinya, periksalah jumlah shutter count. Makin besar jumlah maksimal shutter kamera yang ditekan, makin lama pula masa pakai kamera tersebut.


Untuk kegiatan pengambilan gambar di area outdoor, pastikan kamera yang Anda pegang memiliki fitur antidebu dan antiair. Kamera dengan fitur-fitur tersebut dapat Anda gunakan di berbagai kondisi, saat hujan, berdebu, bahkan di lingkungan yang ekstrem sekalipun. Bagi Anda yang gemar berburu pemandangan di alam liar, pastikan ada fitur antidebu dan antiair pada kamera Anda, ya!

Pilih produk body only atau include lensa kit? Jangan lupa perhatikan mount-nya!

Kamera DSLR full frame banyak yang dijual berupa body only, tetapi ada pula yang dilengkapi dengan lensa kit. Jika Anda ingin bebas memilih lensa sesuai minat fotografi, Anda dapat membeli lensa secara terpisah. Namun, produk yang sudah dilengkapi dengan lensa kit umumnya lebih ekonomis daripada membelinya terpisah.


Jika Anda ingin membeli lensa sendiri, pastikan bahwa mount lensa dan bodi dapat tersambung dengan pas. Biasanya, lensa dari masing-masing produsen hanya cocok dipakai oleh kamera keluaran produsen yang sama. Bahkan, lensa yang diproduksi Sigma dan Tamron pun belum tentu bisa dipakai pada setiap kamera. Untuk itu, Anda harus benar-benar teliti sebelum membeli lensa secara terpisah.

Beawiharta
Photographer & visual storyteller
Beawiharta

Untuk pasangan kamera full frame, kalian wajib menggunakan lensa-lensa yang prima. Lensa tersebut adalah lensa utama yang memiliki bukaan single minimal f/4. Tentunya, akan lebih baik lagi apabila lensa memiliki bukaan f/2.8, f/2, atau bahkan f/1.4. 


Dengan lensa bukaan single, kalian bisa memaksimalkan kemampuan besar sensornya. Lensa yang memiliki bukaan double, seperti f/2.8–4 atau f/3.5–5.6 memang kurang direkomendasikan. Hal ini karena lensa tidak bisa mengeluarkan semua kemampuan kamera full frame.

Sesuaikan dengan budget yang dimiliki

Sesuaikan dengan budget yang dimiliki

Kamera DSLR full frame memang ditujukan untuk penggunaan profesional. Maka dari itu, wajar saja jika produk ini tergolong pricey. Jika diklasifikasikan menurut harga, kamera DSLR full frame terbagi menjadi tiga kelas.


Kamera kelas pertama, yaitu middle range, biasanya dijual dengan harga 10—20 jutaan untuk body only. Harga tersebut terbilang cukup terjangkau dan performanya sudah cukup mumpuni untuk Anda yang baru mulai memegang DSLR full frame


Sementara itu, kamera kelas semiprofesional menawarkan range harga 30—50 jutaan. Kelas yang paling mahal tentu saja kelas profesional, karena kamera di kelas ini berharga lebih dari 50 juta. 


Namun, bukan berarti pemula pasti cocok menggunakan kamera middle range. Anda bisa memilih kamera kelas semiprofesional meski Anda pemula sekalipun. Jika dana Anda belum mencukupi, pertimbangkan untuk membeli kamera bekas atau kamera model lama.

Beawiharta
Photographer & visual storyteller
Beawiharta

Belilah lensa yang paling bagus di jajarannya. Apabila kamera full frame yang kalian miliki bermerek Nikon, belilah lensa Nikon yang paling bagus. Jika kalian memiliki kamera Canon, belilah lensa Canon yang paling bagus dan harganya paling tinggi yang bisa kalian beli. Ingat, makin tahun harga kamera makin turun, tetapi harga lensa tidak pernah turun. Lensa yang bagus harganya stabil dan tidak pernah turun meskipun umurnya sudah tua.

Cek performa ISO dan ketersediaan fitur Wi-Fi

Cek performa ISO dan ketersediaan fitur Wi-Fi

Untuk Anda yang sering memotret di malam hari, Anda juga perlu mengecek rentang ISO kamera DSLR full frame yang akan dibeli. ISO yang tinggi dibutuhkan ketika Anda akan memotret gugusan bintang maupun pemandangan malam. Makin tinggi ISO yang ditawarkan, makin bagus pula potret malam yang dapat dihasilkan.


Selain itu, sekarang sudah banyak kamera DSLR full frame yang telah dilengkapi dengan Wi-Fi dan Bluetooth. Wi-Fi dan Bluetooth dapat membuat transfer file menjadi lebih mudah dan cepat. Jangan lupa untuk mengecek ketersediaan fitur-fitur ini, terutama saat Anda membeli kamera model lama.

10 Rekomendasi kamera DSLR full frame terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kamera DSLR full frame terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Beawiharta.

10
Jumlah piksel20,1 MP
Tipe prosesorDIGIC X
Titik autofokus191 points / 155 f/4 cross-type AF points inc 1 dual cross type at f/2.8
Kecepatan rana1/8000 to 30 second
Sensitivitas ISOStills: 100—102400 (L:50, H1:204800, H2:409600, H3:819200)・Film: 100—25600 (H1:204800)
Resolusi video5.5K 50p/60p RAW, 4K 60p UHD/DCI
9
Jumlah piksel20,2 MP
Tipe prosesorDual DIGIC 6+
Titik autofokus61 points / max of 41 cross-type AF points inc 5 dual cross type at f/2.8 and 61 points / 21 cross-type AF points at f/8 (11)
Kecepatan rana1/8000 to 30 second
Sensitivitas ISOAuto 100—51200 expanded to Lo: 50, H3: 409600
Resolusi video4K (4096x2160)・Full HD (1920x1080)
8
Jumlah piksel20,8 MP
Tipe prosesorEXPEED 5
Titik autofokus25, 72, dan 153 (3D-tracking)
Kecepatan rana1/8000 to 30 second
Sensitivitas ISO100—102400
Resolusi video4K UHD 3840x2160/30 fps ・ 4K UHD 3840x2160/25 fps ・ 4K UHD 3840x2160/24 fps ・Full HD 1920x1080/60 fps ・Full HD 1920x1080/50 fps ・Full HD 1920x1080/30 fps ・Full HD 1920x1080/25 fps ・Full HD 1920x1080/24 fps ・Full HD 1280x1080 crop/60 fps ・ Full HD 1280x1080 crop/50 fps・ Full HD 1280x1080 crop/30 fps・ Full HD 1280x1080 crop/25 fps・ Full HD 1280x1080 crop/24 fps・ HD 1280x720/60 fps・ HD 1280x720/50 fps
7

CanonEOS 5D Mark IV Kit (EF 24-105 IS II USM)

Mulai dari Rp 56.282.800,00

Jumlah piksel30,4 MP
Tipe prosesorDIGIC 6+
Titik autofokus61 points (up to 41 cross-type points)
Kecepatan rana1/8000 to 30 second
Sensitivitas ISO100—32000 (H:102400)
Resolusi video4K
6
Jumlah piksel45,7 MP
Tipe prosesorEXPEED 5
Titik autofokus9, 25, 72, dan 153 (3D-tracking)
Kecepatan rana1/8000 to 30 second
Sensitivitas ISO64—25600
Resolusi video4K UHD 3840x2160/30 fps・4K UHD 3840x2160/25 fps・4K UHD 3840x2160/24 fps・Full HD 1920x1080/60 fps・Full HD 1920x1080/50 fps・Full HD 1920x1080/30 fps・Full HD 1920x1080/25 fps・Full HD 1920x1080/24 fps・HD 1280x720/60 fps・HD 1280x720/50 fps・ Slow-motion: full HD 1920x1080 30p (x4)・Slow-motion: full HD 1920x1080 25p (x4)・Slow-motion: full HD 1920x1080 24p (x5)
5
Jumlah piksel50,6 MP
Tipe prosesorDual DIGIC 6
Titik autofokus61 points (cross-type AF point: max. 45 points)
Kecepatan rana1/8000 to 30 second
Sensitivitas ISO100—6400 (H: 12800)
Resolusi video1920x1080: 30 fps/25 fps/24 fps・1280x720: 60 fps/50 fps・640x480: 30 fps/25 fps
4
Jumlah piksel24,5 MP
Tipe prosesorEXPEED 6
Titik autofokus9, 21, 51, dan 51 (3D-tracking)
Kecepatan rana1/8000 to 30 second
Sensitivitas ISO100—51200
Resolusi video4K UHD 3840x2160/30 fps ・ 4K UHD 3840x2160/25 fps ・ 4K UHD 3840x2160/24 fps ・Full HD 1920x1080/60 fps ・Full HD 1920x1080/50 fps ・Full HD 1920x1080/30 fps ・Full HD 1920x1080/25 fps ・Full HD 1920x1080/24 fps ・HD 1280x720/60 fps ・HD 1280x720/50 fps ・ Slow-motion: full HD 1920x1080 30p (x4) ・ Slow-motion: full HD 1920x1080 25p (x4) ・Slow-motion: full HD 1920x1080 24p (x5)
3
Jumlah piksel24,3 MP
Tipe prosesorEXPEED 3
Titik autofokus9, 21, 39, dan 39 (3D-tracking)
Kecepatan rana1/4000 to 30 second
Sensitivitas ISO100—6400 ・Lo-1 (ISO 50) ・Hi-1 (ISO 12800) ・Hi-2 (ISO 25600)
Resolusi videoFull HD 1920x1080/60 fps ・Full HD 1920x1080/50 fps ・Full HD 1920x1080/30 fps ・Full HD 1920x1080/25 fps ・Full HD 1920x1080/24 fps ・HD 1280x720/60 fps ・HD 1280x720/50 fps ・HD 1280x720/30 fps・HD 1280x720/25 fps
2
Jumlah piksel24,3 MP
Tipe prosesorEXPEED 4
Titik autofokus9, 21, 51, dan 51 (3D-tracking)
Kecepatan rana1/4000 to 30 second
Sensitivitas ISO100—12800 ・Lo-1 (ISO 50) ・Hi-1 (ISO 25600) ・Hi-2 (ISO 51200)
Resolusi videoFull HD 1920x1080/60 fps ・Full HD 1920x1080/50 fps ・Full HD 1920x1080/30 fps ・Full HD 1920x1080/25 fps ・Full HD 1920x1080/24 fps ・HD 1280x720/60 fps ・HD 1280x720/50 fps
1
Jumlah piksel26,2 MP
Tipe prosesorDIGIC 7
Titik autofokus45 points (cross-type AF point : max. 45 points)
Kecepatan rana1/4000 to 30 second
Sensitivitas ISO100—40000, expandable to 102400 (expandable range L:50, H1:51200, H2:102400)
Resolusi video4K, 4K time-lapse

Tabel perbandingan produk kamera DSLR full frame terbaik

Gambar produk
1
Canon EOS 6D Mark II (Bodi)  1

Canon

2
Nikon D750 1

Nikon

3
Nikon D610 1

Nikon

4
Nikon D780 1

Nikon

5
Canon EOS 5DS R (Bodi) 1

Canon

6
Nikon D850 1

Nikon

7
Canon EOS 5D Mark IV Kit (EF 24-105 IS II USM) 1

Canon

8
Nikon D5 1

Nikon

9
Canon EOS-1D Mark II 1

Canon

10
Canon EOS-1D X Mark III  1

Canon

Nama produk

EOS 6D Mark II (Bodi)

D750

D610

D780

EOS 5DS R (Bodi)

D850

EOS 5D Mark IV Kit (EF 24-105 IS II USM)

D5

EOS-1D Mark II

EOS-1D X Mark III

Keunggulan

Pengoperasian makin mudah dengan layar sentuh

Ingin mendapatkan gambar yang lebih dramatis? Gunakan filter kreatif kamera ini

Memberikan jaminan kualitas gambar di berbagai kondisi pencahayaan

Gambar lebih memukau berkat long exposure

Sensor beresolusi tinggi, gambar jadi lebih detail, tajam, dan indah

Ada memori penyimpanan cadangan, bisa simpan foto makin banyak!

Ingin membuat video sinematik? Maksimalkan fitur Canon Log

Abadikan objek gambar bergerak tanpa blur

Eksplorasi kehidupan alam liar dan abadikan momen yang langka!

Dapatkan format perekaman video berkualitas besar

Harga mulai dariRp 15.000.000,00Rp 22.187.000,00Rp 23.665.000,00Rp 30.999.000,00Rp 36.000.000,00Rp 46.999.000,00Rp 56.282.800,00Rp 81.346.000,00Rp 81.400.000,00Rp 105.830.000,00
Jumlah piksel26,2 MP24,3 MP24,3 MP24,5 MP50,6 MP45,7 MP30,4 MP20,8 MP20,2 MP20,1 MP
Tipe prosesorDIGIC 7EXPEED 4EXPEED 3EXPEED 6Dual DIGIC 6EXPEED 5DIGIC 6+EXPEED 5Dual DIGIC 6+DIGIC X
Titik autofokus45 points (cross-type AF point : max. 45 points)9, 21, 51, dan 51 (3D-tracking)9, 21, 39, dan 39 (3D-tracking)9, 21, 51, dan 51 (3D-tracking)61 points (cross-type AF point: max. 45 points)9, 25, 72, dan 153 (3D-tracking)61 points (up to 41 cross-type points)25, 72, dan 153 (3D-tracking)61 points / max of 41 cross-type AF points inc 5 dual cross type at f/2.8 and 61 points / 21 cross-type AF points at f/8 (11)191 points / 155 f/4 cross-type AF points inc 1 dual cross type at f/2.8
Kecepatan rana1/4000 to 30 second1/4000 to 30 second1/4000 to 30 second1/8000 to 30 second1/8000 to 30 second1/8000 to 30 second1/8000 to 30 second1/8000 to 30 second1/8000 to 30 second1/8000 to 30 second
Sensitivitas ISO100—40000, expandable to 102400 (expandable range L:50, H1:51200, H2:102400)100—12800 ・Lo-1 (ISO 50) ・Hi-1 (ISO 25600) ・Hi-2 (ISO 51200)100—6400 ・Lo-1 (ISO 50) ・Hi-1 (ISO 12800) ・Hi-2 (ISO 25600)100—51200 100—6400 (H: 12800)64—25600 100—32000 (H:102400)100—102400Auto 100—51200 expanded to Lo: 50, H3: 409600Stills: 100—102400 (L:50, H1:204800, H2:409600, H3:819200)・Film: 100—25600 (H1:204800)
Resolusi video4K, 4K time-lapseFull HD 1920x1080/60 fps ・Full HD 1920x1080/50 fps ・Full HD 1920x1080/30 fps ・Full HD 1920x1080/25 fps ・Full HD 1920x1080/24 fps ・HD 1280x720/60 fps ・HD 1280x720/50 fpsFull HD 1920x1080/60 fps ・Full HD 1920x1080/50 fps ・Full HD 1920x1080/30 fps ・Full HD 1920x1080/25 fps ・Full HD 1920x1080/24 fps ・HD 1280x720/60 fps ・HD 1280x720/50 fps ・HD 1280x720/30 fps・HD 1280x720/25 fps4K UHD 3840x2160/30 fps ・ 4K UHD 3840x2160/25 fps ・ 4K UHD 3840x2160/24 fps ・Full HD 1920x1080/60 fps ・Full HD 1920x1080/50 fps ・Full HD 1920x1080/30 fps ・Full HD 1920x1080/25 fps ・Full HD 1920x1080/24 fps ・HD 1280x720/60 fps ・HD 1280x720/50 fps ・ Slow-motion: full HD 1920x1080 30p (x4) ・ Slow-motion: full HD 1920x1080 25p (x4) ・Slow-motion: full HD 1920x1080 24p (x5)1920x1080: 30 fps/25 fps/24 fps・1280x720: 60 fps/50 fps・640x480: 30 fps/25 fps4K UHD 3840x2160/30 fps・4K UHD 3840x2160/25 fps・4K UHD 3840x2160/24 fps・Full HD 1920x1080/60 fps・Full HD 1920x1080/50 fps・Full HD 1920x1080/30 fps・Full HD 1920x1080/25 fps・Full HD 1920x1080/24 fps・HD 1280x720/60 fps・HD 1280x720/50 fps・ Slow-motion: full HD 1920x1080 30p (x4)・Slow-motion: full HD 1920x1080 25p (x4)・Slow-motion: full HD 1920x1080 24p (x5)4K4K UHD 3840x2160/30 fps ・ 4K UHD 3840x2160/25 fps ・ 4K UHD 3840x2160/24 fps ・Full HD 1920x1080/60 fps ・Full HD 1920x1080/50 fps ・Full HD 1920x1080/30 fps ・Full HD 1920x1080/25 fps ・Full HD 1920x1080/24 fps ・Full HD 1280x1080 crop/60 fps ・ Full HD 1280x1080 crop/50 fps・ Full HD 1280x1080 crop/30 fps・ Full HD 1280x1080 crop/25 fps・ Full HD 1280x1080 crop/24 fps・ HD 1280x720/60 fps・ HD 1280x720/50 fps4K (4096x2160)・Full HD (1920x1080)5.5K 50p/60p RAW, 4K 60p UHD/DCI
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk kamera profesional lainnya di sini

Selain kamera DSLR full frame, terdapat juga kamera DSLR dan mirrorless sebagai perangkat fotografi profesional. Produk-produk tersebut hadir dalam berbagai macam pilihan dengan keunggulan masing-masing. Agar tidak bingung memilih, kami telah menyiapkan rekomendasinya untuk Anda. Klik tautan berikut ini untuk mendapatkan informasi lengkapnya!

Kesimpulan

Kami telah membahas berbagai produk kamera DSLR full frame yang dapat menjadi referensi Anda. Apakah Anda sudah menetapkan pilihan? Semoga Anda bisa menemukan produk yang sesuai, ya!


Terdapat banyak tipe kamera DSLR full frame yang dapat dijadikan pertimbangan. Anda pun tak perlu lagi bingung dalam memilihnya. Sebelum membeli, jangan lupa untuk menyesuaikan produk dengan gaya memotret Anda. Selamat mengabadikan momen-momen berharga yang menawan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Kamera DSLR Canon Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kamera DSLR Canon Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2021)
    Kamera DSLR (digital single-lens reflex) bisa membuat foto traveling, acara sekolah, atau olahraga jadi lebih berkesan. Namun, kamera DSLR lebih rumit pengoperasiannya dan lebih tinggi harganya dibandingkan kamera biasa. Banyaknya model yang tersedia juga pasti membingungkan Anda.Dari sekian banyak kamera DSLR yang ada di pasaran, Canon memiliki popularitas tinggi. Hal ini sangat wajar mengingat tipenya yang beragam, mulai dari entry level hingga profesional. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kamera DSLR Canon dan merekomendasikan produk terbaiknya. Tidak lupa, fotografer Indonesia, Beawiharta, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Kamera DSLR
    103.140 Views
  • 10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, banyak merek microSD yang bagus tersedia di pasaran. Ada microSD SDXC yang menawarkan kapasitas besar hingga 2 TB. Kemudian, masih ada pilihan kapasitas lain, seperti 64 GB, 128 GB, 256 GB, dan 1 TB. Untuk speed class-nya sendiri, kami merekomendasikan microSD dengan speed class 10.Banyaknya tipe dan kapasitas microSD ini mungkin membingungkan. Karena itu, kami akan mengulas cara memilih kartu memori yang bagus. Kami juga memberikan rekomendasi merek microSD terbaik, seperti Samsung, SanDisk, dan lainnya. Bacalah setiap poinnya dengan saksama sehingga Anda dapat memilih produk tanpa ragu.
    Aksesori kamera
    106.322 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kamera mirrorless (kamera tanpa cermin) adalah produk yang tepat jika Anda menginginkan hasil yang lebih bagus daripada kamera smartphone. Setiap produknya memiliki keunikan dan keunggulannya masing-masing. Tergantung pada tujuan penggunaannya, Anda harus memperhatikan berbagai poin, seperti berat, lensa, dan ukuran saat memilih kamera yang tepat.Untuk memudahkan Anda memilih, kali ini kami akan mengulas cara memilih kamera mirrorless terbaik untuk Anda. Beberapa produsen di pasaran, seperti Sony, Canon, dan Fujifilm, memiliki produk unggulan dengan kualitas terbaik. Ulasan produk rekomendasi terbaik tersebut akan kami sampaikan di akhir artikel. Silahkan disimak!
    Kamera mirrorless
    65.447 Views
  • 10 Drone Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Drone Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Dengan menggunakan drone, Anda bisa dengan mudah memotret dari udara. Meski dahulu drone tergolong barang mewah, sekarang sudah banyak drone dengan harga murah yang memiliki performa bagus. Berbagai drone dengan merk terbaik seperti DJI, Walkera, dan Cheerson memiliki kualitas yang unggulan.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi drone terbaik. Dengan begitu, Anda akan makin mudah menemukan produk drone yang bagus, bahkan untuk pemula. Baca juga tips tambahan untuk memilih drone terbaik dari drone specialist, Yosua Surojo. Silakan disimak!
    Drone & aksesori
    82.409 Views
  • 10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda sedang mencari tripod murah terbaik? Pada artikel ini, kami memiliki ulasan tripod harga 100 ribuan hingga 1 jutaan. Selain harga, penting juga untuk memilih tripod berdasarkan perangkatnya. Misalnya, tripod untuk kamera DSLR, tripod mirrorless, atau tripod untuk HP. Sesuaikan juga ukuran tripod dengan kebutuhan Anda, baik tripod besar atau tripod mini.Jika Anda mencari rekomendasi tripod kamera dan tripod HP terbaik, kami juga memiliki tips memilihnya berikut ini. Beberapa merk tripod kamera dan HP yang bagus, seperti MeFOTO, TAKARA, dan Beike juga ada di sini. Baca ulasannya, yuk!
    Aksesori kamera
    78.980 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Gambar bokeh dengan detail yang memesona bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon berharga cukup mahal. Hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma. Sebuah produsen third party lenses atau lensa pihak ketiga yang performanya tidak kalah dengan lensa lainnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma sesuai kebutuhan fotografi Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    13.353 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori