• 10 Rekomendasi Pomade Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Pomade Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Pomade Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Pomade Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Pomade Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Pomade Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Penampilan kerap kali sangat diperhitungkan pria yang ingin tampil lebih percaya diri. Bukan saja dari pakaian yang dikenakan, tetapi juga pada gaya rambut. Oleh karena itu, banyak orang menggunakan pomade untuk menata rambutnya agar lebih rapi dan percaya diri.

Ada banyak pomade rambut yang bagus yang beredar di pasaran, seperti Gatsby, Murray’s, dan Wak Doyok. Meskipun demikian, ternyata tidak semua merk dan jenis pomade cocok untuk jenis rambut Anda. Agar Anda tidak salah pilih, kali ini kami akan memberikan tips memilih dan memberikan beberapa rekomendasi produknya. Simak, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Arnold Yesontha
  • Pembaharuan terakhir: 01 September 2021
  • 172.331 Views
Daftar isi

Perbedaan pomade, clay, dan gel

Perbedaan pomade, clay, dan gel
Sebelum kami membahas cara memilih pomade terbaik, kami akan mengulas terlebih dahulu perbedaan antara pomade, clay, dan gel. Meskipun memiliki fungsi umum yang sama dalam penataan rambut, ketiganya memiliki beberapa perbedaan.

Pomade merupakan produk penataan rambut yang ditujukan untuk membuat rambut Anda lebih lembap dan rapi. Pomade juga terbagi menjadi dua jenis, yakni oil based dan water based. Sesuai dengan namanya, perbedaan antara dua jenis pomade ini terletak pada bahan dasar yang digunakan. Jenis oil based menggunakan minyak sebagai bahan dasarnya, sedangkan water based menggunakan air.

Sementara itu, clay adalah produk penataan rambut yang ditujukan untuk membuat rambut Anda menjadi lebih kesat dan memiliki volume padat. Produk clay terbuat dari bahan tanah liat bentonite sehingga lebih lengket dibanding pomade. Efek yang dihasilkan saat Anda menggunakan clay adalah rambut terlihat matte dan natural.
Gel adalah produk penataan rambut yang ditujukan untuk menahan gaya rambut menjadi kaku. Hal ini pun juga bergantung pada kekuatan hold pada gel yang Anda gunakan. Sayangnya, saat rambut Anda menjadi kaku, Anda tidak dapat secara bebas menata rambut.

Cara memilih pomade

Sebelum kami merekomendasikan produk pomade terbaik sesuai dengan gaya rambut Anda, kami akan menjelaskan cara memilihnya. Ada beberapa poin yang perlu Anda pertimbangkan seperti jenis pomade dan karakteristik rambut Anda. Berikut ini ulasannya!

Ketahui karakteristik tiap-tiap jenis pomade

Pemilihan jenis pomade untuk menata rambut merupakan poin pertama yang harus Anda perhatikan. Sebelum memilih jenisnya, pertimbangkanlah efek rambut yang ingin Anda dapatkan. Untuk itu, perhatikan tiga jenis pomade berikut ini!

Oil based pomade: Tatanan rambut menjadi lebih kuat

Oil based pomade: Tatanan rambut menjadi lebih kuat
Bagi Anda yang aktif berkegiatan di luar ruangan, memiliki rambut susah diatur terkadang membuat kesal dan merepotkan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan jenis oil based pomade. Jenis pomade ini umumnya sangat cocok digunakan di luar ruangan karena lebih tahan lama.
Pomade jenis ini dapat memberikan efek rambut yang kaku dan kuat dengan waktu yang lama dalam sekali pemakaian. Berbahan dasar minyak, pomade ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki rambut susah ditata. Sayangnya, pomade jenis ini meninggalkan lengket di kulit kepala sehingga sangat sulit dibersihkan dengan air. Untuk itu, Anda diharuskan mencuci rambut menggunakan sampo.

Water based pomade: Memberikan efek mengilap dan basah pada rambut kering

Water based pomade: Memberikan efek mengilap dan basah pada rambut kering
Pada dasarnya, pomade diperuntukkan bagi Anda yang ingin memiliki tatanan rambut yang rapi, mengilap, dan terlihat kokoh dalam waktu yang lama. Namun, tidak semua orang cocok dengan rambut yang terlalu kokoh. Untuk itu, water based pomade dapat menjadi alternatif pilihan.
Sesuai dengan namanya, pomade jenis ini memiliki bahan dasar air dan cocok digunakan untuk Anda yang memiliki rambut mudah ditata. Rambut Anda akan terlihat mengilap dan basah saat menggunakan pomade ini. Pomade jenis ini juga mudah dibersihkan hanya dengan membilas rambut menggunakan air.

Mix based pomade: Kuat dan terlihat mengilap

Mix based pomade: Kuat dan terlihat mengilap
Pomade jenis ini adalah penggabungan dari oil based pomade dan water based pomade dengan efek ketahanan medium. Efek yang akan dihasilkan saat Anda menggunakan pomade ini adalah tatanan rambut yang kokoh, mengilap, dan tidak lengket.

Bedanya dengan oil based pomade adalah jenis mixed based pomade lebih mudah dibersihkan dengan air. Meskipun demikian, mix based pomade sampai saat ini belum banyak dijual di pasaran Indonesia.

Tentukan daya rekat dan kilap yang Anda inginkan

Tentukan daya rekat dan kilap yang Anda inginkan
Setelah mengetahui jenis pomade yang cocok untuk rambut Anda, berikutnya Anda harus menentukan daya rekat (hold) dan kilap (shine) yang diingikan. Umumnya, pomade memiliki tiga varian kekuatan atau kemampuan menahan rambut, yakni light, medium, dan heavy.
Bila Anda membutuhkan pomade dengan hasil yang tahan lama, tentunya Anda dapat memilih pomade dengan daya rekat sangat kuat atau heavy. Begitu pula jika Anda membutuhkan pomade dengan efek yang sangat mengilap, pilihlah efek shine yang kuat. Jika Anda masih kesulitan dalam memilih jenis pomade yang cocok, konsultasikan dengan hair stylist atau penjualnya.

Sesuaikan dengan gaya penampilan rambut Anda

Jika Anda salah memilih pomade, bukan rambut stylish dan rapi yang Anda dapatkan, melainkan rambut yang rusak. Untuk itu, saat memilih pomade, perhatikan jenis rambut dan sesuaikan dengan penampilan Anda!

Untuk rambut lurus, gunakan oil based pomade atau water based pomade

Untuk rambut lurus, gunakan oil based pomade atau water based pomade
Pada dasarnya, rambut lurus dapat menggunakan semua jenis pomade karena cenderung lebih mudah ditata. Namun, dalam memilih pomade, tentu sangat bergantung pada selera penggunanya.
Bagi Anda yang cukup malas untuk memperbaiki tatanan rambut saat beraktivitas, sebaiknya memilih pomade oil based dengan daya rekat kuat. Sementara itu, bagi Anda yang sering menata rambut dan memiliki cukup waktu, water based pomade adalah pilihan yang tepat.

Untuk rambut keriting, ikal, dan bergelombang, gunakan water based pomade

Untuk rambut keriting, ikal, dan bergelombang, gunakan water based pomade
Tipe rambut keriting dan bergelombang cenderung terlihat berantakan dan sangat sulit diatur. Jika Anda menginginkan rambut lurus dengan menggunakan oil based pomade, rasanya akan terlihat aneh dan tidak cocok. Untuk itu, jenis pomade yang sangat kami rekomendasikan untuk rambut ikal, keriting, ataupun bergelombang adalah water based pomade. Untuk daya rekatnya, Anda bisa memilih pomade dengan skala kuat.

Pilih aroma pomade yang Anda sukai

Pilih aroma pomade yang Anda sukai
Aroma wangi merupakan ciri khas dari pomade. Namun, tidak semua merek pomade menyediakan banyak variasi aroma. Terdapat aroma kuat yang menyengat, netral, sampai wangi buah-buahan seperti aroma kopi, cokelat, jeruk, lemon, dan kiwi.
Dalam memilih aroma pomade, pilihlah aroma yang paling Anda sukai. Pertimbangkan juga respon orang sekitar Anda saat mencium aroma pomade pada rambut Anda. Bagi Anda yang ingin terlihat lebih maskulin, aroma pomade seperti cologne bisa menjadi pilihan. Jenis aroma ini begitu segar sehingga membuat Anda nyaman beraktivitas di dalam ruangan.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Makarizo ProfessionalBarber Daily Strong Compound Pomade

Mulai dari Rp 95.000,00

10 Rekomendasi pomade terbaik

Bagi Anda yang belum pernah menggunakan pomade untuk menata rambut, memilih pomade yang tepat mungkin masih menjadi sesuatu yang sulit. Untuk itu, kami telah memilah sepuluh produk pomade terbaik sesuai dengan gaya rambut Anda!
10

Folti BaffiHigh Shine & Strong Hold

Mulai dari Rp 32.300,00

JenisOil based
Daya rekat (hold)Heavy
Kilau (shine)High
AromaJeruk
9

MandomGatsby Styling Pomade Supreme Grease

Mulai dari Rp 30.500,00

JenisOil based
Daya rekat (hold)Medium
Kilau (shine)High
AromaTidak ada keterangan
8
JenisWater based
Daya rekat (hold)Medium
Kilau (shine)Low
AromaFresh lemongrass
7

DundeeMatte Clay Pomade Original Hold

Mulai dari Rp 121.000,00

JenisOil based
Daya rekat (hold)Medium
Kilau (shine)Low
AromaFresh Citrus
6
JenisMix based
Daya rekat (hold)Heavy
Kilau (shine)High
AromaFresh pineapple
5
JenisWater based
Daya rekat (hold)Medium
Kilau (shine)Medium
AromaCologne
4
JenisWater based
Daya rekat (hold)Heavy
Kilau (shine)Medium
AromaLemon soda
3
JenisWater based
Daya rekat (hold)Heavy
Kilau (shine)Heavy
AromaCologne
2
JenisOil based
Daya rekat (hold)Heavy
Kilau (shine)Medium
AromaVanili
1
JenisWater based
Daya rekat (hold)Tidak ada keterangan
Kilau (shine)Tidak ada keterangan
AromaTidak ada keterangan

Tabel perbandingan produk pomade terbaik

Gambar produk
1
Wak Doyok Pomade 1

Wak Doyok

2
Murray’s Murrays Superior Pomade 1

Murray’s

3
Jekerman Hair Pomade 1

Jekerman

4
SMITH Men Supply Dapper Spatter 1

SMITH Men Supply

5
Altindo Asia Barbers Pomade Firm Hold 1

Altindo Asia

6
Chief Pomade Hybrid Unorthodox 1

Chief

7
Dundee Matte Clay Pomade Original Hold 1

Dundee

8
Uppercut Deluxe Featherweight 1

Uppercut Deluxe

9
Mandom Gatsby Styling Pomade Supreme Grease 1

Mandom

10
Folti Baffi High Shine & Strong Hold 1

Folti Baffi

Nama produk

Pomade

Murrays Superior Pomade

Hair Pomade

Dapper Spatter

Barbers Pomade Firm Hold

Pomade Hybrid Unorthodox

Matte Clay Pomade Original Hold

Featherweight

Gatsby Styling Pomade Supreme Grease

High Shine & Strong Hold

Keunggulan

Dilengkapi kandungan alami untuk menyuburkan dan merawat rambut

Pomade fenomenal dengan daya rekat sangat kuat

Solusi untuk rambut kering berkat efek kilau yang merata

Memberikan kesan rapi dan formal layaknya eksekutif muda

Solusi untuk rambut ikal dan susah diatur

Wanginya awet, daya rekatnya tahan lama

Dapatkan rambut yang sehat berkat kandungan bahan alaminya

Maksimalkan gaya rambut uppercut Anda

Pilihan hemat untuk mendapatkan rambut yang berkilau

Rambut terlihat lebih klimis dan wangi

Harga mulai dariRp 150.000,00Rp 59.900,00Rp 120.000,00Rp 120.000,00Rp 70.000,00Rp 150.000,00Rp 121.000,00Rp 280.000,00Rp 30.500,00Rp 32.300,00
JenisWater basedOil basedWater basedWater basedWater basedMix basedOil basedWater basedOil basedOil based
Daya rekat (hold)Tidak ada keteranganHeavyHeavyHeavyMediumHeavyMediumMediumMediumHeavy
Kilau (shine)Tidak ada keteranganMediumHeavyMediumMediumHighLowLowHighHigh
AromaTidak ada keteranganVaniliCologneLemon sodaCologneFresh pineappleFresh CitrusFresh lemongrassTidak ada keteranganJeruk
Tautan produk

Hal-hal yang harus diperhatikan saat menggunakan pomade

Setelah menemukan produk pomade yang cocok untuk Anda, selanjutnya adalah mengetahui poin takaran pemakaian dan cara membersihkannya. Untuk lebih jelasnya, perhatikanlah hal-hal berikut ini ketika hendak mengaplikasikan pomade pada rambut Anda.

Gunakan sampo khusus untuk membersihkan pomade

Gunakan sampo khusus untuk membersihkan pomade
Saat beraktivitas di luar ruangan, rambut ada berisiko terkena debu, polusi, panas matahari yang mengakibatkan kotoran terjebak di kepala. Untuk itu, gunakanlah sampo yang cocok untuk mengatasi kotoran dan pomade yang menempel di rambut. Jenis sampo yang cocok untuk mengatasi masalah ini tentunya adalah sampo dengan nutrisi yang tinggi, antiketombe, dan rambut rontok.

Cara menggunakan pomade yang benar

Cara menggunakan pomade yang benar

Hal yang harus diperhatikan saat menggunakan pomade adalah tidak mengoleskan pomade terlalu banyak. Selain dapat memberikan efek yang buruk pada rambut Anda, penggunaan pomade yang terlalu banyak akan sulit untuk dibersihkan. Untuk itu, ambilah pomade sedikit saja dan oleskan secara merata dengan perlahan, mulai dari depan sampai ke belakang.

Saat tahap awal penyisiran, gunakanlah sisir yang memiliki jarak gigi yang agak lebar. Hal ini ditujukan supaya rambut tidak terlalu merekat. Sementara itu, saat melakukan penataan dan finishing, gunakanlah sisir dengan gigi yang rapat agar menghasilkan tatanan rambut yang rapi.

Baca juga rekomendasi produk perawatan lainnya untuk pria di sini

Untuk tampil dengan rambut yang sempurna, menggunakan pomade saja tidak cukup. Ada beberapa produk lainnya yang bisa Anda gunakan, misalnya sampo khusus pria, penumbuh rambut, atau gel rambut. Untuk lebih mengetahuinya, Anda bisa membaca artikelnya di sini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah mencoba menggunakan pomade untuk menata rambut Anda yang kurang rapi? Jika belum, ada baiknya Anda mulai mencobanya sekarang.
Ingat selalu pertimbangkanlah jenis pomade, karakteristik rambut, serta gaya rambut yang ingin Anda dapatkan. Jika ketiganya sinergis, penampilan stylish dan menawan sudah pasti jadi milik Anda. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi untuk Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mempunyai rambut lurus tentunya menjadi idaman banyak wanita. Untuk itu, catok pelurus rambut. atau hair straightener, diperlukan agar rambut dapat tergerai lurus, rapi, dan bagus. Banyak produsen yang menawarkan catok pelurus rambut, seperti Philips, Elov, BaByliss, atau Revlon. Namun, Anda akan menemukan perbedaan fitur di tiap produk. Ditambah lagi, hair straightener juga memiliki varian ukuran normal dan mini. Nah, berikut ini akan kami bahas beberapa tips cara memilih catok pelurus rambut beserta sepuluh produk rekomendasinya. Mari simak artikel berikut ini dan temukan catok pelurus rambut terbaik untuk Anda! Selamat membaca!
    Styling rambut
    220.422 Views
  • 10 Rekomendasi Hair Dryer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Hair Dryer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Hair dryer adalah salah satu item wajib untuk Anda yang suka melakukan styling rambut. Saat ini, banyak hair dryer yang bagus dan memiliki fitur perawatan rambut yang inovatif. Sebut saja hair dryer keluaran Panasonic, SHARP, Remington, dan lainnya. Merk hair dryer yang bagus tersebut dilengkapi fitur pengaturan aliran udara, suhu, dan fitur tambahan lainnya. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan me-review hair dryer rekomendasi terbaik dari kami untuk Anda. Pastikan untuk memilih hair dryer yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!
    Styling rambut
    120.643 Views
  • 10 Rekomendasi Gel Rambut Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gel Rambut Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, ada begitu banyak produk gel rambut pria yang beredar di pasaran. Anda akan menemukan produk yang mampu mempertahankan gaya rambut lebih awet, melindungi dari hawa panas, bahkan gel khusus untuk rambut tipis. Manakah yang terbaik untuk Anda?Tak perlu bingung lagi! Kami akan membahas tips memilih gel rambut yang bagus untuk pria sekaligus memberikan daftar rekomendasi produk terbaiknya. Gel rambut keluaran berbagai merek, seperti Gatsby, L’Oreal, Makarizo, dan sebagainya juga kami hadirkan di sini. Selamat membaca dan pilihlah produk yang paling Anda sukai!
    Styling rambut
    120.757 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Bleaching Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Bleaching Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ketika ingin mewarnai rambut, Anda bisa menggunakan produk bleaching rambut yang mudah ditemukan di berbagai online shop. Produk bleaching rambut keluaran Miranda, Matrix, L’Oreal, Wella, dan sebagainya berbeda tingkat kecerahan satu sama lain. Anda pun akan menemukan produk berbentuk bubuk atau krim yang bisa Anda pilih sesuai preferensi.Kali ini, kami akan memberikan tips dalam memilih produk bleaching rambut serta mengenalkan sepuluh rekomendasi produk terbaik. Silakan gunakan penjelasan kami sebagai acuan untuk memilih produk yang paling tepat dan ubah tampilan sesuai keinginan Anda!
    Styling rambut
    153.882 Views
  • 10 Rekomendasi Gunting Potong Rambut Terbaik untuk Dipakai Sendiri (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gunting Potong Rambut Terbaik untuk Dipakai Sendiri (Terbaru Tahun 2021)
    Mungkin agak merepotkan bila harus pergi ke salon atau barbershop misalnya hanya untuk memotong poni saja. Apalagi bagi Anda yang tidak begitu terbiasa atau bahkan tidak punya waktu untuk menyempatkan pergi ke salon, memotong rambut sendiri di rumah tentu lebih ekonomis.Namun, jenis gunting seperti apa yang cocok digunakan? Nah, kali ini kami akan memaparkan cara memilih dan merekomendasikan sepuluh gunting potong rambut terbaik untuk dipakai sendiri. Gunting yang mudah digunakan bahkan bagi pemula sekalipun kini telah banyak dijual di pasaran, lho!
    Styling rambut
    42.944 Views
  • 10 Rekomendasi Sisir Catok Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sisir Catok Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sisir catok bermanfaat untuk membentuk poni dan ujung rambut sambil mengeringkannya. Produk ini juga dikenal sebagai catokan sisir atau sisir pelurus rambut. Dengan sisir catok, Anda dapat menghasilkan berbagai tatanan rambut secara cepat setiap hari. Saat ini ada banyak produsen elektronik terkemuka, seperti Philips, Tescom, dan BaByliss, ikut memproduksi sisir catok. Dengan beragamnya fitur dan bentuk, merk manakah yang sebaiknya Anda pilih?Untuk memudahkan Anda, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih sisir catok. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Yuk, kita mulai!
    Styling rambut
    35.523 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori