• 10 Masker Lidah Buaya Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Masker Lidah Buaya Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Masker Lidah Buaya Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Masker Lidah Buaya Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Masker Lidah Buaya Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Masker Lidah Buaya Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)

Sejak dulu, lidah buaya atau Aloe vera dikenal bermanfaat untuk kulit. Banyak produk skincare yang menggunakan lidah buaya sebagai kandungan utamanya, termasuk masker wajah. Ada berbagai bentuk masker lidah buaya, seperti clay mask, sheet masksleeping mask, dan peel-off mask.

Guna membantu Anda, kami akan membagikan tips memilih masker lidah buaya yang bagus beserta rekomendasi produknya. Anda juga bisa menemukan informasi tambahan dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Temukan juga masker dari berbagai merek, seperti Wardah, Nature Republic, dan Innisfree!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Dessy Esa S.
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S.

Profil pakar: Certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S.

Dokter Dessy merupakan seorang dokter praktisi estetik atau kecantikan yang aktif sejak 2016. Ia memiliki passion di bidang botox, filler, dan thread lift. Dessy memilih kariernya karena kecintaannya dengan dunia kecantikan.

Berbekal pengetahuan di bidang beauty, Dokter Dessy juga sering membagikan informasi mengenai skincare dan makeup melalui Instagram-nya. Selain aktif praktik, Dokter Dessy juga menjalankan bisnis di bidang skincare yaitu di Utsukushii Skin Center Bandung.

Manfaat lidah buaya bagi kecantikan kulit wajah

Manfaat lidah buaya bagi kecantikan kulit wajah
Aloe vera memiliki berbagai peran penting bagi kecantikan kulit. Tidak heran jika tanaman ini sering dijadikan sebagai bahan utama dalam membuat produk skincare. Lidah buaya mengandung banyak nutrsi, seperti antioksidan, magnesium, natrium, asam folat, serta vitamin A,C, E, dan B12. Lidah buaya juga memiliki sifat anti-aging dan antiradang, serta kaya akan asam amino.

Selain melembapkan, masker lidah buaya bermanfaat untuk menghaluskan tekstur kulit serta menyamarkan bekas jerawat dan bercak hitam. Lidah buaya juga dapat menenangkan kulit yang kemerahan atau iritasi akibat jerawat meradang, paparan sinar matahari, hingga luka bakar.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Lidah buaya adalah tumbuhan obat-obatan tradisional yang sudah digunakan sejak 1500 SM. Aloe vera sendiri mengandung dua puluh mineral, dua puluh asam amino, vitamin, dan air. 


Aloe vera dikenal sebagai wound healing agent karena kandungan ini dapat mempercepat penyembuhan luka serta mengurangi peradangan kulit. Kandungan magnesium lactate pada Aloe vera juga dapat membantu mengurangi rasa gatal dan iritasi kulit (Draelos, n.d.). 


Aloe vera juga tidak hanya merangsang pertumbuhan kolagen pada sel kulit, tetapi juga mengubah komposisi dari kolagen agar mempercepat penyembuhan luka. Namun, bukan berarti semua luka bisa langsung diobati menggunakan Aloe vera, ya! 


Anda tetap harus berkonsultasi dulu dengan dokter untuk mengatasi luka lebih lanjut. Namun, jika Anda hanya ingin mencoba skincare berbahan Aloe vera, Anda bisa langsung mencobanya tanpa perlu berkonsultasi dengan dokter. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih masker lidah buaya

Ada banyak produk masker Aloe vera yang bisa Anda dapatkan secara online. Untuk membantu Anda menemukan produk yang tepat, kami akan mengulas beberapa tips memilihnya. Simak baik-baik, ya!

Pilih masker lidah buaya berdasarkan jenisnya

Walau banyak ditemukan dalam jenis sheet mask, masker lidah buaya juga tersedia dalam bentuk clay mask, peel-off mask, dan sleeping mask. Keempatnya akan memberikan manfaat dan sensasi yang berbeda saat digunakan. Karenanya, pilihlah jenis yang sesuai untuk kulit Anda.

Sheet mask: Memberikan kelembapan ekstra pada kulit

Sheet mask: Memberikan kelembapan ekstra pada kulit
Sheet mask adalah masker berbentuk lembaran dengan tambahan vitamin, serum, atau kandungan mineral baik lain. Lembaran maskernya biasanya terbuat dari kertas atau pulp kelapa. Umumnya, tiap kemasan hanya berisi satu masker dan dapat digunakan untuk satu kali pemakaian saja. Keunggulan sheet mask dibandingkan jenis masker lidah buaya lain adalah kemampuannya dalam memberi kelembapan.
dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Masker wajah tersedia dengan berbagai jenis dan kandungan. Sheet mask sendiri kebanyakan memiliki fungsi utama untuk melembapkan. Karena itu, sheet mask sangat populer di Korea Selatan karena orang Korea kebanyakan secara genetik memiliki tipe kulit yang kering. 


Aplikatornya yang berupa kertas membuat penyerapan ingredients dalam sheet mask menjadi maksimal. Hal ini disebabkan bahan sheet mask dapat mengunci ingredients agar benar-benar masuk ke dalam kulit dan menahan ingredients-nya agar tidak menguap.

Clay mask: Membantu mengangkat sisa-sisa kotoran

Clay mask: Membantu mengangkat sisa-sisa kotoran

Clay mask merupakan masker berbahan dasar tanah liat yang kaya mineral, seperti kalsium, besi, magnesium, potasium, dan silika. Clay mask cocok untuk pemilik kulit berminyak karena mampu menyerap minyak berlebih dan membersihkan kotoran. Masker ini akan mengering di wajah Anda dan perlu dibilas setelah digunakan. Sayangnya, clay mask Aloe vera masih sulit dijumpai di marketplace Indonesia saat ini.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Clay mask adalah salah satu varian masker yang banyak diminati orang dengan tipe kulit oily. Karena sifat purifying-nya, produk ini dapat menyerap minyak serta membersihkan pori-pori dan komedo. Berkat hal ini, masalah kulit seperti komedo dan jerawat dapat diatasi.


Clay mask terbuat dari beberapa tipe tanah liat seperti kaolin dan bentonite. Karena itu, biasanya kedua ingredients ini akan muncul pada top list kandungan skincare clay mask Anda. Untuk penggunaannya dianjurkan tidak boleh lebih dari dua puluh menit, ya. Jika diaplikasikan terlalu lama, kulit Anda bisa menjadi dehidrasi dan kering. Hal ini akibat sifat clay mask yang dapat menyerap minyak di wajah.

Peel off mask: Membantu mengatasi pori-pori tersumbat

Peel off mask: Membantu mengatasi pori-pori tersumbat
Serupa dengan clay mask, masker lidah buaya jenis peel-off juga akan menyerap ke dalam kulit dan membersihkan kotoran. Sayangnya, masker peel-off kurang cocok untuk pemilik kulit sensitif karena dapat mengakibatkan kulit makin iritasi.

Meski demikian, masker ini adalah solusi tepat untuk mengatasi masalah pori-pori, seperti komedo dan sel kulit mati. Jika Anda bermasalah dengan tekstur kulit yang terasa kasar, Anda dapat menggunakan jenis masker lidah buaya ini.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Peel-off mask adalah salah satu varian masker yang cukup populer karena keunikannya. Sebelum diaplikasikan, masker ini memiliki bentuk seperti pasta gigi yang kemudian dapat mengeras setelah diaplikasikan ke wajah. 


Peel-off mask juga mengandung ingredients yang bermacam-macam dengan manfaat yang berbeda-beda. Ada kandungan yang berfungsi untuk melembapkan, mencerahkan, dan juga anti-aging


Anda mungkin pernah melihat gold peel-off mask yaitu masker yang terbuat dari emas. Masker ini diklaim dapat membuat wajah tampak awet muda. Produk ini adalah salah satu sheet mask yang memang diformulasikan untuk anti-aging atau antipenuaan. 


Anda juga dapat memilih peel-off mask yang berfungsi mengangkat komedo. Peel-off mask ini memiliki tekstur yang dapat mengeras setelah beberapa saat diaplikasikan. Karena itu, peel-off mask ini efektif untuk mengangkat sel kulit mati dan komedo saat maskernya dibersihkan.

Sleeping mask: Untuk kulit yang lebih kenyal keesokan harinya

Sleeping mask: Untuk kulit yang lebih kenyal keesokan harinya
Sleeping mask bekerja meregenerasi kulit saat Anda sedang tertidur. Jenis masker lidah buaya ini mampu diserap kulit secara lebih optimal dan membuatnya terasa kenyal, cerah, dan lembap. Masker ini juga dapat dijadikan pelindung untuk mencegah debu dan kotoran menempel ke pori-pori. Keunggulan lainnya, sleeping mask bisa digunakan lebih sering dibanding jenis masker lain karena teksturnya yang ringan.
dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Sleeping mask banyak digemari pemilik tipe kulit dry dan very dry skin. Bentuknya seperti gel, tetapi konsistensinya lebih padat. Biasanya produk ini mengandung banyak hydrating agent seperti hyaluronic acid, ceramide, glycerin, dan oil extract. Tidak jarang, Anda akan menemukan kandungan yang efektif untuk mencerahkan kulit seperti vitamin C dan niacinamide.


Anda juga bisa menemukan produk yang dapat menenangkan kulit seperti Centella asiatica dan Aloe vera. Dalam penggunaannya, sleeping mask ini berbeda dengan masker jenis lainnya. Anda dapat mengaplikasikan produk ini sebagai langkah terakhir skincare routine tanpa perlu dibilas. Anda bisa membiarkannya menempel di wajah waktu tidur agar masker benar-benar melembapkan wajah yang superkering.

Utamakan produk yang sesuai dengan permasalahan kulit Anda

Masker lidah buaya dibuat dengan formula dan manfaat yang berbeda-beda. Karenanya, perhatikan bahan yang terkandung di dalam masker dan pilih yang sesuai dengan masalah kulit Anda.

Untuk kulit kusam, pilih produk yang mampu membersihkan sel kulit mati

Untuk kulit kusam, pilih produk yang mampu membersihkan sel kulit mati
Faktor lingkungan dan kelelahan dapat menghambat proses regenerasi kulit. Namun, Anda dapat membantu kulit meningkatkan proses regenerasi dengan menggunakan masker lidah buaya yang dilengkapi kandungan allantoin atau salicylic acid. Kandungan tersebut akan mengangkat sel kulit mati dan kotoran sehingga wajah tampak lebih cerah, segar, dan bebas kusam.

Untuk melawan tanda-tanda penuaan, pilih yang mengandung bahan anti-aging

Untuk melawan tanda-tanda penuaan, pilih yang mengandung bahan anti-aging
Jika Anda berusia di atas 25 tahun, ada baiknya untuk mulai memilih masker dengan kemampuan anti-aging. Pada masker lidah buaya, Anda dapat memilih produk yang dikombinasikan dengan Centella asiatica atau hyaluronic acid.


Centella asiatica mampu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh yang berperan menjaga elastisitas kulit. Sementara itu, hyaluronic acid akan mempertahankan kelembapan kulit sehingga jauh dari kekeringan yang bisa mengakibatkan kerutan.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Biasanya, tanda-tanda penuaan dilihat dari munculnya kerutan pada garis senyum, melasma atau flek di wajah, serta kulit yang kering. Cobalah masker yang memiliki kandungan anti-aging untuk menunda penuaan kulit. 


Salah satu masker anti-aging yang terkenal adalah gold mask atau masker yang mengandung emas 24 karat. Masker jenis ini tersedia dalam bentuk peel-off mask atau sheet mask. Emas dipercaya memiliki fungsi anti-aging untuk kulit. Kandungan yang diklaim bisa memberikan efek anti-aging antara lain adalah salmon DNA dan juga peptide


Selain itu, biasanya masker anti-aging memiliki kandungan pelembap yang tinggi. Ketahuilah bahwa kulit yang kering akan memperparah kondisi keriput. Kandungan yang termasuk hydrating agent antara lain adalah hyaluronic acid, ceramide, dan kolagen. 

Untuk kulit sensitif, pilih masker dengan soothing effect

Untuk kulit sensitif, pilih masker dengan soothing effect
Bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif, pilihlah masker yang minim bahan aditif, seperti pewangi, alkohol, atau mineral oil. Gunakan juga produk yang mengandung madecassoside atau cucumber extract karena bermanfaat menenangkan kulit. Cucumber extract juga baik untuk masalah kulit yang berjerawat karena dapat meredam kemerahan.
dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Kondisi sensitif pada kulit memiliki ciri yaitu kulit yang mudah bereaksi terhadap keadaan luar. Hal ini ditandai dengan kulit yang memerah saat terkena matahari atau terkena skincare dengan kandungan tertentu. Kemerahan tersebut tentunya dapat mengganggu penampilan.


Oleh karena itu, gunakanlah masker wajah yang dapat membantu masalah kulit sensitif tersebut. Anda bisa mencoba soothing agent, seperti Centella asiatica, chamomile extract, rose flower extract, dan lainnya. Hindarilah masker yang mengandung alkohol tinggi dan jangan menggunakan masker yang mengandung pewangi. Kandungan seperti ini dapat menyebabkan kulit sensitif menjadi kemerahan.


Perhatikan pula masker yang mengandung AHA dan BHA. Pastikan bahwa kandungan tersebut tidak melebih 2% dari total kandungan. Hal ini penting agar kulit yang sensitif tidak menjadi merah.

10 Rekomendasi masker lidah buaya terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk masker lidah buaya terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dessy Esa.

10
JenisSheet mask
ManfaatMelembapkan dan menyegarkan kulit
Kandungan untuk membersihkan sel kulit mati-
Kandungan anti-agingGlycerin
Kandungan dengan soothing effectRosa rugosa (beach rose) extract
9

EverwhitePeel Off Mask (Cucumber & Aloe Vera)

Mulai dari Rp 97.000,00

JenisPeel-off mask
ManfaatMencerahkan, menutrisi kulit, membersihkan dan mengecilkan pori, merawat jerawat, serta membersihkan kotoran, kulit mati, dan minyak yang menumpuk
Kandungan untuk membersihkan sel kulit matiAllantoin
Kandungan anti-agingGlycerin dan ascorbic acid
Kandungan dengan soothing effectCucumber dan chamomile extract
8
JenisSheet mask
ManfaatMenenangkan, melembapkan, dan menghaluskan kulit
Kandungan untuk membersihkan sel kulit matiSalicylic acid
Kandungan anti-agingGlycerin
Kandungan dengan soothing effectCucumber extract
7
JenisWash-off mask (Jelly mask)
ManfaatMelembapkan dan menyejukkan kulit
Kandungan untuk membersihkan sel kulit matiSalicylic acid
Kandungan anti-agingGlycerin dan sodium hyaluronate
Kandungan dengan soothing effectGrape fruit water
6

Premiere BeauteAcne Anti - Aloe Vera Essence Mask

Mulai dari Rp 9.900,00

JenisSheet mask
ManfaatMenghilangkan jerawat serta memutihkan, merawat, menenangkan, dan melembapkan kulit
Kandungan untuk membersihkan sel kulit matiSalicylic acid
Kandungan anti-agingGlycerin dan trehalose
Kandungan dengan soothing effectPelargonium graveolen extract
5
JenisSleeping mask
ManfaatMelembapkan, menghilangkan beruntusan, serta menyejukkan kulit iritasi dan mencerahkannya
Kandungan untuk membersihkan sel kulit matiAllantoin
Kandungan anti-agingGlycerin dan sodium hyaluronate
Kandungan dengan soothing effectNiacinamide
4

InnisfreeCapsule Recipe Pack (Bija & Aloe)

Mulai dari Rp 37.000,00

JenisSleeping mask
ManfaatMelembabkan, menenangkan, menutrisi, menyamarkan warna kulit, memperbaiki tekstur kulit, merawat pori-pori, dan untuk perawatan kulit khusus
Kandungan untuk membersihkan sel kulit matiAllantoin
Kandungan anti-agingGlycerin
Kandungan dengan soothing effectMadecosside dan algae extract
3

MisshaPremium Aloe Sheet Mask (isi 5 pcs)

Mulai dari Rp 99.000,00

JenisSheet mask
ManfaatMelembapkan, menyegarkan, dan menenangkan kulit yang kering dan sensitif
Kandungan untuk membersihkan sel kulit matiAllantoin
Kandungan anti-agingGlycerin dan sodium hyaluronate
Kandungan dengan soothing effectEriobotrya japonica leaf extract, jojoba esters, dan sucrose
2

UnileverCitra Glow Recipe Juicy Sheet Mask Sakura + Aloe Vera

Mulai dari Rp 17.500,00

JenisSheet mask
ManfaatMelembapkan, mengontrol minyak, mencerahkan, sebagai antioksidan
Kandungan untuk membersihkan sel kulit mati-
Kandungan anti-agingAscorbyl Tetraisopalmitate
Kandungan dengan soothing effectDipotassium glycyrrhizate dan niacinamide
1

Nature RepublicSoothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel

Mulai dari Rp 98.000,00

JenisSleeping atau wash-off mask (gel multifungsi)
ManfaatMenyejukkan dan melembapkan
Kandungan untuk membersihkan sel kulit matiSpearmint extract
Kandungan anti-agingGlycerin dan sodium hyaluronate
Kandungan dengan soothing effectCarendula officinalis flower extract

Tabel perbandingan produk masker lidah buaya terbaik

Gambar produk
1
Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel 1

Nature Republic

2
Unilever Citra Glow Recipe Juicy Sheet Mask Sakura + Aloe Vera 1

Unilever

3
Missha Premium Aloe Sheet Mask (isi 5 pcs) 1

Missha

4
Innisfree Capsule Recipe Pack (Bija & Aloe) 1

Innisfree

5
Natur Sleeping Mask Aloe Vera 1

Natur

6
Premiere Beaute Acne Anti - Aloe Vera Essence Mask 1

Premiere Beaute

7
Garnier Hydra Bomb Aloe Vera Jelly Mask 1

Garnier

8
The Body Shop Aloe Calm Sheet Mask 1

The Body Shop

9
Everwhite Peel Off Mask (Cucumber & Aloe Vera) 1

Everwhite

10
Wardah Nature Daily Sheet Mask - Aloe Vera 1

Wardah

Nama produk

Soothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel

Citra Glow Recipe Juicy Sheet Mask Sakura + Aloe Vera

Premium Aloe Sheet Mask (isi 5 pcs)

Capsule Recipe Pack (Bija & Aloe)

Sleeping Mask Aloe Vera

Acne Anti - Aloe Vera Essence Mask

Hydra Bomb Aloe Vera Jelly Mask

Aloe Calm Sheet Mask

Peel Off Mask (Cucumber & Aloe Vera)

Nature Daily Sheet Mask - Aloe Vera

Keunggulan

Aloe vera gel multifungsi yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan

Ekstrak sakuranya ciptakan wajah bercahaya dan bebas minyak

Formulanya ringan, tanpa bahan-bahan yang dapat memicu alergi

Sleeping pack mini untuk mengatasi kulit bertekstur

Mengobati kulit yang iritasi dan menyamarkan beruntusan

Harganya terjangkau dan mampu menghilangkan jerawat di wajah

Melembapkan kulit hanya dalam tiga menit!

Menggunakan Aloe vera organik yang lebih aman untuk kulit

Wanginya menenangkan hati dan pikiran!

Masker lidah buaya favorit wanita muslimah

Harga mulai dariRp 98.000,00Rp 17.500,00Rp 99.000,00Rp 37.000,00Rp 85.000,00Rp 9.900,00Rp 20.900,00Rp 49.000,00Rp 97.000,00Rp 16.700,00
JenisSleeping atau wash-off mask (gel multifungsi)Sheet maskSheet maskSleeping maskSleeping maskSheet maskWash-off mask (Jelly mask)Sheet maskPeel-off maskSheet mask
ManfaatMenyejukkan dan melembapkanMelembapkan, mengontrol minyak, mencerahkan, sebagai antioksidanMelembapkan, menyegarkan, dan menenangkan kulit yang kering dan sensitifMelembabkan, menenangkan, menutrisi, menyamarkan warna kulit, memperbaiki tekstur kulit, merawat pori-pori, dan untuk perawatan kulit khususMelembapkan, menghilangkan beruntusan, serta menyejukkan kulit iritasi dan mencerahkannyaMenghilangkan jerawat serta memutihkan, merawat, menenangkan, dan melembapkan kulitMelembapkan dan menyejukkan kulitMenenangkan, melembapkan, dan menghaluskan kulitMencerahkan, menutrisi kulit, membersihkan dan mengecilkan pori, merawat jerawat, serta membersihkan kotoran, kulit mati, dan minyak yang menumpukMelembapkan dan menyegarkan kulit
Kandungan untuk membersihkan sel kulit matiSpearmint extract-AllantoinAllantoinAllantoinSalicylic acidSalicylic acidSalicylic acidAllantoin-
Kandungan anti-agingGlycerin dan sodium hyaluronateAscorbyl TetraisopalmitateGlycerin dan sodium hyaluronateGlycerinGlycerin dan sodium hyaluronate Glycerin dan trehaloseGlycerin dan sodium hyaluronateGlycerinGlycerin dan ascorbic acidGlycerin
Kandungan dengan soothing effectCarendula officinalis flower extractDipotassium glycyrrhizate dan niacinamideEriobotrya japonica leaf extract, jojoba esters, dan sucroseMadecosside dan algae extractNiacinamidePelargonium graveolen extractGrape fruit waterCucumber extractCucumber dan chamomile extractRosa rugosa (beach rose) extract
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar masker lidah buaya

Pertanyaan umum seputar masker lidah buaya

Selain tips memilih dan rekomendasi produk, kami juga akan mengulas pertanyaan umum seputar masker lidah buaya. Simak pembahasan dari tiga hal yang paling banyak ditanyakan berikut ini!

Bolehkah memakai lidah buaya untuk wajah setiap hari?

Jika Anda menggunakan tanaman lidah buaya untuk wajah, Anda bisa memakainya setiap hari. Namun, bila lidah buaya yang digunakan merupakan produk siap pakai, gunakanlah sesuai anjuran yang tertera pada kemasan. Adapun waktu yang disarankan untuk memakai masker adalah dua sampai tiga hari sekali atau tiga kali seminggu.

Apakah efek samping lidah buaya untuk wajah?

Bagi pemilik kulit sensitif, lidah buaya dapat memicu reaksi alergi atau iritasi, seperti munculnya ruam merah, gatal-gatal, dan radang. Segera hentikan pemakaian apabila Anda mengalami hal serupa setelah pemakaian. Anda juga bisa melakukan tes alergi dengan mengoleskan masker ke bagian belakang telinga sebelum memakainya.

Apakah boleh memakai masker lidah buaya tanpa campuran apa pun?

Lidah buaya dapat Anda pakai sebagai masker untuk wajah tanpa campuran apa pun. Namun, Anda juga bisa mencampurkannya dengan bahan lain sesuai permasalahan kulit. Beberapa bahan yang bisa dijadikan campuran untuk masker lidah buaya, yaitu air mawar, madu, lemon, dan yogurt.

Baca juga rekomendasi produk masker lainnya di sini

Tidak hanya masker lidah buaya, Anda juga dapat menggunakan varian masker lain yang tidak kalah bagusnya. Oleh sebab itu, kami telah merangkum produk masker terbaik lainnya yang dapat Anda jadikan pertimbangan. Silakan cek pada link artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Merawat kulit wajah menggunakan masker lidah buaya dapat Anda lakukan kapan pun. Selain menutrisi wajah, masker juga dapat menenangkan kulit dan pikiran Anda.

Setelah membaca ulasan dan rekomendasi masker lidah buaya dari kami, sudahkah Anda menentukan produk yang pas? Ingatlah untuk memilih masker yang sesuai dengan kondisi dan masalah kulit yang dialami agar kesehatannya dapat terjaga. Good luck!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik Untuk Usia 30-an (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Essence Terbaik Untuk Usia 30-an (Terbaru Tahun 2022)
    Essence merupakan salah satu produk skincare yang penting untuk menjaga kelembapan kulit wajah Anda. Pada usia 30 tahun-an, kelembapan wajah akan menurun secara alami dan kulit menjadi cepat kering. Ada banyak essence di pasaran baik dari merek lokal maupun internasional, seperti SK II, Olay, Wardah, L’Oréal, dan lainnya.Karena itu, kami akan memaparkan cara memilih dan merekomendasikan essence yang bagus untuk Anda yang berusia 30-an. Di antaranya terdapat rekomendasi essence anti-aging terbaik untuk berbagai masalah kulit. Misalnya, flek hitam, kulit berminyak dan berjerawat, serta lainnya. Simak hingga tuntas, ya!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Face Mist Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Face Mist Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Face mist adalah produk perawatan wajah yang mempunyai berbagai manfaat seperti untuk melembapkan wajah atau mengatasi kulit berjerawat. Khususnya Anda yang mempunyai masalah dengan kulit kering, face mist merupakan produk yang wajib ada di dalam tas Anda.Seiring dengan tumbuhnya kepopuleran face mist, banyak merk lokal hingga high-end yang mengeluarkan produk face mist. Karena itu, kali ini kami akan membagikan rekomendasi produknya beserta tips memilih face mist yang bagus. Merk terbaik, seperti Mineral Botanica, Evian, Avene, Wardah, hingga SK-II dapat Anda jadikan pilihan!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Batangan Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Batangan Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2022)
    Saat usia menginjak 40-an, kulit sudah tidak seelastis dahulu. Bahkan tanda-tanda penuaan juga sudah mulai muncul. Untuk mengembalikan kesehatan kulit, Anda membutuhkan produk perawatan kulit seperti sabun muka untuk usia 40-an. Agar Anda tidak salah pilih, kami akan menjelaskan cara memilih sabun muka untuk usia 40 tahun ke atas yang bagus.Kami juga akan merekomendasikan pencuci muka terbaik untuk umur 40-an. Anda akan menemukan berbagai merek facial wash untuk usia 40 tahun, seperti Dove, Oilum, dan Cetaphil. Baca artikelnya dan temukanlah sabun batang yang sesuai agar kulit Anda terjaga.
    Perawatan wajah
  • 10 Masker Terbaik untuk Menyamarkan Pori-Pori - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Masker Terbaik untuk Menyamarkan Pori-Pori - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Tampilan pori-pori yang besar bisa mengganggu penampilan. Namun, saat ini ada beragam produk masker untuk mengecilkan pori pori. Anda bisa memilih berbagai merek masker yang bagus, seperti SOMETHINC, Whitelab, dan Emina. Masker wajah tersebut juga tersedia dalam bentuk peel off mask, sheet mask, dan clay mask.Dari beragam masker tersebut, manakah masker yang ampuh mengecilkan pori pori Anda? Untuk membantu Anda, kami sudah menyiapkan tips memilih beserta rekomendasi masker pengecil pori-pori terbaik. Yuk, langsung saja baca ulasannya! Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Tone Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tone Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Wajah yang cerah dan segar dapat menjadi mood booster tersendiri dalam menjalani aktivitas. Kini Anda dapat menggunakan tone up cream untuk mendapatkan wajah lebih cerah secara instan. Melalui artikel ini, kami akan mengajak Anda mengenal lebih dalam tentang tone up cream.  Anda akan mendapatkan tips memilih tone up cream yang bagus untuk kulit berminyak, berjerawat, dan kulit kering. Baca juga informasi tambahan dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Setelahnya, simaklah rekomendasi merek tone up cream terbaik, seperti Pond's, Wardah, Some by Mi, dan Y.O.U. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Memutihkan Wajah (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Memutihkan Wajah (Terbaru Tahun 2022)
    Merk Wardah terkenal sebagai pelopor produk kecantikan bersertifikasi halal di Indonesia. Brand ini memiliki tujuan untuk menjawab kebutuhan para wanita yang ingin tampil elegan dan nyaman saat berpenampilan. Berawal dari makeup, Wardah lalu berinovasi menjawab kebutuhan perawatan kulit dengan beragam lini skincare. Kali ini, kami akan membahas skincare dan makeup Wardah untuk memutihkan serta mencerahkan kulit wajah. Banyaknya seri whitening merk Wardah seperti White Secret, Perfect Bright, sampai Lightening Series mungkin membuat Anda kebingungan memilih. Mari simak terus artikel ini untuk mengetahui produk mencerahkan kulit yang bagus dari Wardah.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Produk St. Ives Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk St. Ives Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit wajah dan tubuh yang sehat sekaligus glowing merupakan dambaan semua orang. Tak heran jika beragam produk personal care membanjiri pasaran. Salah satu merek produk personal care ternama adalah St. Ives. Merek dari Unilever ini menggunakan ekstrak berbagai bahan alami dalam produknya.  Ada beragam produk St. Ives. Namun, Anda tak perlu bingung memilihnya. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips memilih dan rekomendasi produk St. Ives. Produk-produk andalan seperti Fresh Skin Apricot Scrub dapat Anda temukan di sini. Pastikan membaca sampai habis, ya. 
    Perawatan wajah
  • 10 Cream Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cream Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Permasalahan kulit wajah terjadi saat memasuki masa kehamilan, bahkan berlanjut ketika menyusui. Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan penggunaan cream wajah secara rutin. Sayangnya, tidak semua kandungan cream wajah aman untuk masa krusial ini. Terlebih jika krim tersebut mengandung pelembap dan pemutih kimia.Kami akan menjelaskan cara memilih cream wajah yang aman untuk masa-masa ini. Produk-produk merek terbaik juga telah kami siapkan. Ada cream wajah lokal yang bagus, seperti Sensatia Botanicals dan Mama's Choice, hingga produk internasional seperti Avene. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Masker Emina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Masker Emina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Emina adalah merk lokal yang tengah digandrungi para beauty enthusiast tanah air. Selain makeup, Emina juga menawarkan serangkaian produk perawatan kulit, salah satunya adalah masker. Masker Emina hadir dalam berbagai varian dan kandungan yang bagus untuk kulit. Produk manakah yang sebaiknya dipilih?Rangkaian tips dan rekomendasi produk dalam artikel ini akan membantu Anda menemukan masker Emina terbaik. Ada masker Emina untuk kulit kering, seperti Masquerade Face Mask, hingga Clay Mask untuk kulit berjerawat. Masker Emina untuk mencerahkan wajah? Tersedia Bright Stuff Essence Sheet Mask. Sudah penasaran? Yuk, kita mulai!
    Perawatan wajah
  •  10 Serum Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Saat beranjak remaja, beberapa masalah kulit bisa muncul, mulai dari jerawat, komedo, hingga kulit kering atau berminyak. Masalah ini bisa memengaruhi rasa percaya diri remaja. Untuk itu, perawatan kulit dapat dilakukan, salah satunya dengan menggunakan serum.Pemilihan serum wajah untuk remaja perlu dilakukan dengan cermat karena kulitnya biasanya rentan iritasi. Kami akan membahas cara memilih serum khusus untuk remaja. Kami juga merekomendasikan produk yang bagus dari berbagai merek, seperti Wardah, Scarlett Whitening, dan Garnier. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merek Somethinc, Avoskin, dan Olay. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Peeling Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Peeling Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Peeling gel adalah produk yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Peeling gel biasanya memiliki kandungan AHA, BHA, atau PHA yang berfungsi membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengurangi tekstur kasar pada kulit.Saat ini sudah banyak peeling gel yang bagus. Sebut saja merek Hanasui, Girlpal, dan The Body Shop. Nah, kami akan memberi rekomendasi peeling gel terbaik. Anda bisa mendapatkan peeling gel untuk kulit berminyak dan berjerawat, serta kulit kering dan sensitif. Selain itu, tips memilih produk eksfoliasi gel juga akan dibahas. Yuk, baca lebih lanjut!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Kulit Normal (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Kulit Normal (Terbaru Tahun 2022)
    Di antara berbagai tipe kulit, tipe kulit normal sering dianggap sebagai tipe kulit ideal. Tipe kulit normal relatif tidak rentan terhadap sejumlah masalah kulit. Akan tetapi, kelebihan tersebut mungkin malah membuat Anda kesulitan dalam mencari skincare untuk kulit normal, salah satunya essence.Ada banyak merek essence untuk kulit normal yang beredar, misalnya SK-II, Pond’s, atau Avoskin. Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan sepuluh rekomendasi essence kulit normal yang bagus. Pilihlah essence terbaik Anda agar kulit makin sehat merona.
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori