9 Rekomendasi Suplemen Vitamin B1 Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Vitamin B1 (thiamine) telah mencuri perhatian karena khasiatnya dalam mengatasi nyeri otot, kelelahan, bahkan meningkatkan kualitas tidur. Sebenarnya, Anda perlu mengonsumsi vitamin B1 setiap hari dalam jumlah yang cukup. Namun, sering kali makanan yang dikonsumsi tidak mencukupinya. Karena itu, cukupi kebutuhan harian Anda dengan suplemen vitamin B1.

Di pasaran, banyak brand ternama seperti Mason Natural, Natures Plus, Nature’s Own, dan lainnya yang mengeluarkan produk vitamin B1. Lalu, apa bedanya? Untuk menjawab kebingungan Anda, artikel ini akan mengupas tuntas mengenai suplemen vitamin B1 beserta rekomendasi produknya. Silakan simak ulasannya berikut ini!

Daftar isi

Manfaat vitamin B1

Manfaat vitamin B1 

Vitamin B1 atau thiamine merupakan bagian dari kelompok vitamin B. Vitamin ini bisa Anda temukan dalam hati, daging, kacang-kacangan, susu, dan rumput laut. Lalu, apa saja manfaat dari vitamin B1 ini?

Vitamin B1 juga disebut sebagai koenzim karena kemampuannya mengikat enzim di dalam tubuh dan mendukung fungsi enzim. Jadi, vitamin ini sangat baik bagi Anda yang mengalami kelelahan, nyeri otot, dan membutuhkan pemulihan energi. Apalagi jika Anda seorang atlet, konsumsi vitamin B1 secara teratur sangatlah dianjurkan.

Selain itu, vitamin B1 juga berfungsi mengubah karbohidrat menjadi energi dan menjaga sistem saraf pusat dan perifer. Jika tubuh kekurangan vitamin B1, otak akan kekurangan asupan energi sehingga emosi menjadi tidak stabil dan frustrasi. Tubuh yang kekurangan vitamin B1 akan terasa lelah fisik dan mental. Untuk itu, Anda sebaiknya mengonsumsi vitamin B1 dalam jumlah yang cukup setiap harinya. Namun, makanan sehari-hari Anda tidak dapat memenuhinya sehingga konsumsi suplemen bisa dilakukan untuk melengkapi.

Cara memilih suplemen B1

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih suplemen B1. Silakan pahami dan cek secara saksama.

Periksalah jumlah kandungan vitamin B1 yang dimiliki

Periksalah jumlah kandungan vitamin B1 yang dimiliki

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika memilih suplemen vitamin B1 adalah memastikan jumlah asupan yang Anda perlukan. Jumlah asupan harian yang disarankan adalah 1–1,4 mg untuk pria dewasa dan 0,8–1,1 mg untuk wanita dewasa. Sementara itu, suplemen yang ada di pasaran biasanya mengandung vitamin B sebanyak 100 mg atau lebih. Namun, Anda tidak perlu khawatir akan asupan berlebih karena kelompok vitamin B adalah vitamin yang larut dalam air. Kelebihan vitamin B1 yang Anda konsumsi akan dibuang melalui urine.

Karena vitamin B1 sulit bertahan di dalam tubuh, Anda perlu mengonsumsinya beberapa kali sehari dengan dosis yang tepat. Akan tetapi, ada juga beberapa suplemen yang memiliki sistem pelepasan berkala (time release). Dengan sistem ini, vitamin akan diserap oleh sel tubuh secara berkala sehingga pencukupan vitamin akan berlangsung sepanjang hari. Untuk jenis ini, Anda hanya perlu mengonsumsi suplemen satu butir saja per harinya. Jika Anda ingin hasil optimal, lebih baik Anda memilih suplemen dengan sistem time release ini.

Pilihlah yang berasal dari bahan alami

Pilihlah yang berasal dari bahan alami

Sebenarnya, cara terbaik dalam mengonsumsi vitamin B1 adalah melalui makanan. Namun, apabila Anda perlu menambahkan suplemen, pilihlah yang terbuat dari bahan-bahan alami walau harganya sedikit lebih mahal.

Suplemen vitamin B1 yang dibuat dari bahan alami mengandung vitamin B1 dengan konsentrasi tinggi. Dengan begitu, nutrisi yang diserap akan lebih optimal karena bentuknya yang menyerupai vitamin B1 alami dari makanan. Di pasaran, banyak suplemen vitamin B1 yang dibuat dari vitamin sintetis yang diproduksi dengan biaya murah berskala besar. Padahal, vitamin dari bahan alami dapat diserap dari usus kecil lebih efisien daripada vitamin sintetis. Jadi, harap berhati-hati, ya!

Periksalah kandungan zat aditifnya

Periksalah kandungan zat aditifnya

Meski dihindari, keberadaan zat aditif ternyata sangat diperlukan saat membuat suplemen. Zat aditif digunakan untuk memadatkan bubuk dan mencegah agar bahan tidak terjebak di dalam mesin. Zat ini juga dipakai untuk mengontrol ukuran dan berat kapsul serta berfungsi sebagai pemanis sintetis.

Karena itu, periksalah zat aditif yang terkandung pada suplemen yang akan dibeli. Suplemen dengan zat aditif boleh saja dikonsumsi, tetapi Anda tetap perlu memastikan keamanannya.

Sesuaikan anggaran biaya, bentuk suplemen, dan dosisnya dengan kondisi tubuh

Sesuaikan anggaran biaya, bentuk suplemen, dan dosisnya dengan kondisi tubuh

Poin terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah apakah produk tersebut bisa dikonsumsi dalam jangka panjang. Tidak hanya soal harga, tetapi juga soal bentuk suplemen dan dosis yang perlu Anda konsumsi. Berbeda dengan obat, khasiat suplemen vitamin tidak bisa dirasakan seketika. Jika ingin merasakan manfaatnya, Anda perlu mengonsumsinya minimal selama satu bulan.

Suplemen vitamin B1 yang dibuat dengan bahan terbaik tentu akan mematok harga yang tinggi pula. Anda akan sulit mengonsumsinya dalam jangka panjang apabila anggaran tidak mencukupi. Selain itu, Anda juga pasti akan merasa tidak nyaman ketika harus mengonsumsi suplemen dengan kapsul atau tablet yang sulit ditelan.

Jadi, pilihlah suplemen yang nyaman dikonsumsi dan sesuai anggaran, terutama ketika Anda berniat untuk mengonsumsinya dalam jangka panjang.

9 Rekomendasi suplemen vitamin B1 terbaik

Pada bagian ini, kami akan memberikan beberapa rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan referensi. Semoga Anda bisa menemukan produk terbaik!

9. Kimia Farma Vitamin B1 100 mg

9. Kimia Farma Vitamin B1 100 mg

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 30.000

Mudah dibawa ke mana saja dengan kemasan strip yang praktis

Anda mengalami penurunan daya ingat? Itu adalah salah satu tanda bahwa tubuh Anda kekurangan vitamin B1. Oleh karena itu, segera atasi dengan konsumsi vitamin B1 produksi Kimia Farma ini. Kemasannya sangat praktis, berupa strip yang bisa dilipat dan dibawa dalam aktivitas apapun. Cocok bagi Anda yang aktif dan bekerja secara mobile.

Isi 100 butir
Kandungan vitamin B1/butir 100 mg
Kandungan lain Tidak tercantum
Bentuk Tablet
Aturan pakai Tidak tercantum

8. Tempo Scan Vitamin B1 IPI

8. Tempo Scan Vitamin B1 IPI

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.300

Harga ekonomis untuk khasiat luar biasa

Tempo Scan meluncurkan sebuah vitamin B1 dalam kemasan yang sederhana, kecil, dan ekonomis tentunya. Namun, tak perlu khawatir akan khasiatnya, suplemen ini tetap dapat mencegah dan mengobati gejala kekurangan vitamin B1. Jadi, bagi Anda yang merasa cepat lelah, otot kaku, dan pegal-pegal, segera konsumsi suplemen ini.

Isi 45 butir
Kandungan vitamin B1/butir 15 mg
Kandungan lain Gelatin
Bentuk Tablet
Aturan pakai 1 tablet/hari

7. Life Extension Mega Benfotiamine

7. Life Extension Mega Benfotiamine

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 350.000

Khasiatnya tembus sampai ke bagian dalam sel

Life Extension hadir dengan suplemen vitamin yang tidak hanya sekadar mengandung vitamin B1, tetapi juga benfotiamine. Benfotiamine merupakan suatu bentuk vitamin B1 yang larut dalam lemak sehingga dapat dengan mudah menembus ke dalam sel.

Kemampuannya tersebut memungkinkan produk ini untuk mendukung metabolisme gula darah yang sehat. Selain itu, suplemen ini juga baik untuk menjaga kesehatan saraf, ginjal, mata, pembuluh darah, dan jantung. Untuk Anda yang ingin mengatasi kelelahan sekaligus menjaga kesehatan tubuh, produk ini bisa menjadi jawabannya.

Isi 120 butir
Kandungan vitamin B1/butir 10 mg
Kandungan lain Benfotiamine 250 mg, vegetable cellulose (capsule), microcrystalline cellulose, silica, vegetable stearate, dicalcium phosphate
Bentuk Kapsul
Aturan pakai 1-4 kapsul/hari

6. Samco Farma Betamin

6. Samco Farma Betamin

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 25.000

Atasi defisiensi vitamin B1

Samco Farma Betamin adalah vitamin untuk mengatasi penyakit akibat defisiensi vitamin B1 dan berbagai masalah pada urat syaraf. Tidak hanya itu, rasa letih berlebih, berkurangnya nafsu makan, serta berat badan yang menurun juga dapat ditangani oleh suplemen ini. Anda merasa sedang mengalami salah satu dari masalah tersebut? Coba produk ini dan rasakan khasiatnya!

Isi 100 butir
Kandungan vitamin B1/butir 100 mg
Kandungan lain Tidak tercantum
Bentuk Tablet
Aturan pakai 1 tablet/hari

5. Mason Natural Vitamin B1 250mg

5. Mason Natural Vitamin B1 250mg

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 204.000

Bebas gluten, pewangi, perasa, dan pewarna sintetis

Mason Natural merupakan salah satu pemasok suplemen vitamin terbesar di Amerika Serikat. Suplemen vitamin B1 besutannya tidak mengandung zat aditif, seperti pewarna, pewangi, dan perasa sintetis sehingga dapat dikonsumsi setiap hari atau sesuai kebutuhan.

Selain itu, produk ini juga bebas dari ragi, gandum, gluten, kacang kedelai, dan telur. Jadi, bisa dipakai juga oleh Anda yang memiliki alergi terhadap kandungan-kandungan tersebut. Untuk keamanan, Anda tidak perlu ragu. Suplemen ini dibuat sesuai dengan cGMP (Certified Good Manufacturing Practice) sehingga terjamin aman.

Isi 100 butir
Kandungan vitamin B1/butir 250 mg
Kandungan lain Cellulose, stearic acid, croscarmellose sodium, magnesium stearate, silica
Bentuk Tablet
Aturan pakai 1 tablet/hari

4. Natures Plus Vitamin B1 300 mg – Sustained Release Tablets

4. Natures Plus Vitamin B1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 390.000

Serap vitamin seluruhnya tanpa terbuang dengan sustained release system

Suplemen vitamin B1 ini hadir dengan sustained release system. Sistem tersebut akan melepaskan kandungan vitamin secara bertahap dalam waktu yang cukup lama agar vitamin dapat terserap seluruhnya. Cocok untuk Anda yang menginginkan produk dengan khasiat optimal.

Produk yang bebas pewarna dan pengawet sintetis ini juga diperkaya dengan rice bran atau bekatul. Jadi, Anda tidak hanya mendapatkan manfaat dari vitamin B1, tetapi juga antioksidan! Meski mengandung vitamin B1 yang cukup tinggi, suplemen ini tidak bisa digunakan sebagai pengobatan penyakit tertentu. Harap diingat, ya!

Isi 90 butir
Kandungan vitamin B1/butir 300 mg
Kandungan lain Hydroxypropyl methylcellulose, rice bran, stearic acid, magnesium stearate, pharmaceutical glaze
Bentuk Tablet
Aturan pakai 1 tablet/hari

3. Solgar Vitamin B1 (Thiamin) 500 mg Tablets

3. Solgar Vitamin B1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 440.000

Produk non-GMO yang cocok untuk vegetarian

Solgar menyajikan vitamin B1 dengan tablet yang cocok dikonsumsi oleh para vegetarian. Kandungannya juga non-GMO alias bebas rekayasa genetika sehingga lebih alami. Anda yang sedang diet gula dan sodium pun bisa mengonsumsinya dengan aman karena produk ini tidak memiliki kedua kandungan tersebut.

Harganya yang cukup tinggi sebanding dengan kualitas serta bahan yang digunakan. Bahkan, pada tahun 2014, Solgar menerima penghargaan Best Supplements Award! Oleh karena itu, Anda tidak perlu meragukan kualitas produk satu ini.

Isi 100 butir
Kandungan vitamin B1/butir 500 mg
Kandungan lain Microcrystalline cellulose, dicalcium phosphate, vegetable cellulose, vegetable stearic acid, silica, vegetable magnesium stearate, vegetable glycerin
Bentuk Tablet
Aturan pakai 1 tablet/hari

2. Nature’s Own Vitamin B1 250mg Tablets

2. Nature's Own Vitamin B1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 269.000

Kekuatan penuh untuk memenuhi kebutuhan energi otak

Produk asal Australia ini sangat mengedepankan kualitas demi menjamin potensi dan kemurnian vitamin B1 yang disajikan. Mengandung 250 mg thiamine nitrate, suplemen ini dapat membantu pemecahan glukosa yang merupakan sumber energi utama otak.

Di samping itu, produk ini juga membantu meningkatkan produksi acetylcholine. Acetylcholine merupakan sebuah senyawa kimia yang secara alami dihasilkan oleh tubuh dan berperan untuk menjaga fungsi memori. Bagi Anda yang membutuhkan konsentrasi dan daya ingat yang baik dalam bekerja, cobalah suplemen ini.

Isi 75 butir
Kandungan vitamin B1/butir 250 mg
Kandungan lain Tidak ada
Bentuk Tablet
Aturan pakai 1 tablet/hari

1. Nature’s Way Vitamin B1 / 100 Caps

1. Nature's Way Vitamin B1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 266.000

Hadir dengan certified potency, label komposisi dijamin akurat!

Jika pada umumnya suplemen vitamin B1 berbentuk tablet, produk ini hadir dalam bentuk kapsul sehingga mudah ditelan. Jika Anda lebih nyaman mengonsumsi kapsul daripada tablet, Anda bisa mencoba suplemen dari Nature’s Way ini.

Lalu, adanya certified potency menunjukkan bahwa label komposisi yang dicantumkan telah mencerminkan kandungan bahan secara akurat. Tidak perlu lagi ragu akan informasi yang tertera di produk. Kandungannya yang tanpa gula, garam, ragi, gandum, jagung, kedelai, produk susu, pewarna, perasa, dan pengawet buatan aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Isi 100 butir
Kandungan vitamin B1/butir 100 mg
Kandungan lain Cellulose, gelatin, magnesium stearate
Bentuk Kapsul
Aturan pakai 1 kapsul/hari

Informasi tambahan mengenai vitamin B1

Pada bagian ini, akan kami paparkan informasi tambahan mengenai vitamin B1 yang penting untuk Anda ketahui. Jadi, silakan simak sampai habis.

Siapa yang perlu mengonsumsi vitamin B1 secara rutin?

Siapa yang perlu mengonsumsi vitamin B1 secara rutin?

Vitamin B1 sebaiknya dikonsumsi oleh Anda yang sering mengonsumsi makanan instan atau olahan. Apabila Anda seorang pemilih makanan, Anda juga perlu menambahkan vitamin B1 karena asupan nutrisi yang tidak seimbang.

Kemudian, vitamin B1 juga mampu mencegah nyeri otot setelah berolahraga sehingga bagus untuk dikonsumsi sebelum melakukan aktivitas fisik. Nyeri otot (myalgia) sendiri disebabkan oleh penumpukan zat kelelahan, seperti asam laktat dan asam piruvat di otot. Lalu, vitamin B1 akan meningkatkan metabolisme zat kelelahan tersebut supaya otot menjadi lebih rileks.

Baik untuk dikonsumsi bersamaan dengan allicin

Baik untuk dikonsumsi bersamaan dengan allicin

Vitamin B1 adalah vitamin yang mudah larut dalam air dan disekresikan oleh tubuh. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsinya bersamaan dengan bawang putih untuk meningkatkan laju penyerapan. Ketika dikombinasikan dengan vitamin B1, kandungan allicin dalam bawang putih akan berubah menjadi allithiamine. Allithiamine mampu bertahan di dalam darah untuk waktu yang lama dan melepaskan vitamin B1 secara perlahan. Hasilnya, tubuh akan menyerap vitamin secara optimal.

Selain dalam bawang putih, allicin juga bisa ditemukan dalam daun bawang, bawang bombai, dan bawang merah. Anda juga bisa menjumpainya dalam bentuk suplemen. Agar penyerapan vitamin B1 lebih efisien, konsumsilah allicin bersamaan dengan suplemen vitamin B1. Namun, perlu diperhatikan bahwa allicin lemah terhadap panas dan mudah larut dalam air. Jadi, hindari menyimpannya di tempat yang basah, lembap, dan panas karena efektivitasnya akan berkurang.

Baca juga rekomendasi vitamin B kompleks di sini!

Selain vitamin B1, tubuh Anda juga membutuhkan vitamin lainnya, salah satunya adalah vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks sangat bermanfaat dalam memenuhi kekurangan nutrisi harian tubuh. Sebelum memutuskan untuk mengonsumsiya, baca artikel suplemen vitamin B kompleks di sini.

Kesimpulan

Vitamin B1 memiliki kemampuan yang baik dalam menjaga stabilitas emosi dan memulihkan kondisi tubuh yang kelelahan. Vitamin ini bisa Anda temukan dalam makanan, seperti hati dan kacang-kacangan. Sayangnya, vitamin B1 dalam makanan kurang mencukupi kebutuhan harian, apalagi jika Anda sangat sibuk.

Namun, Anda bisa memenuhinya dengan mengonsumsi suplemen vitamin B1. Pilihlah suplemen yang sesuai dengan kondisi Anda, baik dari segi harga maupun kenyamanan dalam mengonsumsi.