• 10 Suplemen Vitamin B1 Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Suplemen Vitamin B1 Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Suplemen Vitamin B1 Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Suplemen Vitamin B1 Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Suplemen Vitamin B1 Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Suplemen Vitamin B1 Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)

Vitamin B atau thiamine merupakan bagian dari kelompok vitamin B yang esensial untuk tubuh. Selain memenuhi kebutuhan gizi, vitamin B1 juga bisa bantu mengatasi kelelahan, rasa nyeri, bahkan meningkatkan fungsi kognitif. Di pasaran, merek dan nama dagang vitamin B1 yang bisa Anda temui antara lain Neurobion, Novapharin, dan lainnya.

Kami akan berbagi cara memilih suplemen vitamin B1 yang bagus. Kemudian, Anda bisa mengecek sepuluh produk rekomendasi yang telah kami susun berdasarkan kandungan, isi, serta harganya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima. Baca selengkapnya di bawah ini!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Prima Dimalouw
  • Pembaharuan terakhir: 12 November 2021
Daftar isi

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw
dr. Prima Dimalouw
Dokter umum
dr. Prima Dimalouw

dr. Prima adalah dokter umum lulusan Universitas Gadjah Mada 2015. Pria yang lulus dengan predikat Cum Laude ini telah berpraktik selama 6 tahun. Beliau memiliki pengalaman kerja di berbagai klinik dan rumah sakit di kota Manokwari, Papua Barat.

Saat ini, dr. Prima mengabdi sebagai dokter di garis depan dalam penanganan COVID-19. Beliau sedang mengabdi di RS Darurat Covid-19, RSUD Provinsi Papua Barat.

Vitamin B1 untuk apa?

Vitamin B1 untuk apa?

Vitamin B1 berfungsi mengubah karbohidrat menjadi energi, serta menjaga sistem saraf pusat dan perifer. Vitamin ini juga disebut sebagai koenzim karena kemampuannya mendukung fungsi enzim di dalam tubuh. Vitamin B1 atau thiamine adalah vitamin yang penting untuk tubuh. Di dalam tubuh, vitamin B1 diubah menjadi zat aktifnya yaitu tiamin pirofosfat.


Tiamin pirofosfat memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Bekerja dalam siklus asam sitrat untuk menghasilkan energi
  • Produksi asetilkolin (sebuah neurotransmiter untuk mentransfer sinyal stimulasi antar sel saraf) Pembentukan mielin (komponen sel saraf)
  • Regulasi aspartat, glutamat, dan asam gamma-aminobutirat (GABA) yang merupakan beberapa neurotransmiter penting untuk inhibisi antarsel saraf sehingga tidak terjadi stimulasi berlebihan.

Jika tubuh kekurangan vitamin B1, otak akan kekurangan asupan energi sehingga emosi menjadi tidak stabil dan frustrasi. Anda juga akan merasa lelah secara fisik maupun mental. 


Vitamin ini sangat baik bagi Anda yang mengalami kelelahan, nyeri otot, dan membutuhkan pemulihan energi. Apalagi jika Anda seorang atlet, konsumsi vitamin B1 secara teratur sangatlah dianjurkan.


Anda bisa mendapatkan vitamin B1 dari makanan sehari-hari, seperti hati, daging, kacang-kacangan, susu, dan rumput laut. Namun, terkadang asupan B1 dari makanan saja tidaklah cukup. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen vitamin B1.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih suplemen vitamin B1

Beberapa produsen tidak mencantumkan kata "vitamin B1" pada kemasan mereka, melainkan struktur kimianya. Informasi ini perlu Anda ketahui agar tidak bingung saat mencari produk suplemen vitamin B1. Ada beberapa poin lainnya yang juga perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan produk yang sesuai. Simak penjelasan berikut ini dengan saksama.

Pilihlah berdasarkan kandungannya

Vitamin B1 dalam produk suplemen memiliki struktur kimia berbeda dengan vitamin yang Anda peroleh dari makanan. Oleh karena itu, kegunaan serta tingkat penyerapannya di dalam tubuh pun bervariasi. Suplemen vitamin B1 bisa dibagi menjadi empat macam berdasarkan strukturnya, yaitu thiamine salts, benfotiamine, TTFD, dan sulbutiamine.

Thiamine salts: Suplemen makanan dengan harga terjangkau

Thiamine salts: Suplemen makanan dengan harga terjangkau

Thiamine salts merupakan struktur vitamin B1 yang paling sering ditemukan di pasaran. Harganya yang bersahabat menjadikannya pilihan yang populer. Dua contoh thiamine salts adalah thiamine hydrochloride dan thiamine mononitrateThiamine salts secara alami dapat ditemukan di dalam tubuh sebagai metabolit dan terkandung dalam makanan pada umumnya. Oleh karena itu, jenis vitamin B1 ini aman untuk dikonsumsi.


Jenis vitamin B1 ini membutuhkan protein khusus agar bisa diserap oleh sel tubuh. Selain itu, vitamin ini larut dalam air sehingga mudah diekskresikan. Dua hal ini membuat tingkat penyerapannya rendah. Thiamine salts juga sulit untuk masuk ke dalam sirkulasi darah otak.


Tipe ini cocok dijadikan sebagai suplemen makanan untuk memenuhi asupan vitamin B1 sehari-hari. Namun, Anda perlu mengonsumsi dosis yang tinggi jika ingin menggunakannya untuk mengobati defisiensi. Dalam kasus ini, sebaiknya Anda konsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi.

Benfotiamine: Mengurangi risiko komplikasi diabetes

Benfotiamine: Mengurangi risiko komplikasi diabetes

Benfotiamine pertama kali ditemukan secara alami di dalam bawang putih yang dipanaskan pada tahun 1950. Saat ini produksi benfotiamin dilakukan secara sintetik. Benfotiamine adalah vitamin B1 sintetis yang tidak larut dalam air. Oleh karena itu, tingkat penyerapannya lebih tinggi daripada thiamine salts. Meskipun tidak memiliki efek signifikan untuk otak, khasiatnya dapat dilihat dalam penanganan penyakit diabetes.


Secara umum, benfotiamine memiliki kadar thiamine dalam sirkulasi lebih tinggi dibandingkan konsumsi thiamine salts karena sifatnya yang lipofilik. Setelah mengonsumsi benfotiamine, kadar thiamine lebih tinggi dibanding dengan thiamine salts.


Kadar thiamine dari benfotiamine lima kali lipat lebih tinggi di otot. Selain itu, kadarnya juga 10–40% lebih tinggi di organ-organ lain terutama dalam hati dan ginjal. Hal tersebut menjelaskan bahwa benfotiamine sangat membantu dalam mendukung terapi neuropati diabetik.


Benfotiamine terkenal karena kemampuannya dalam mengurangi rasa nyeri pada penderita neuropati diabetik. Neuropati diabetik adalah gangguan saraf yang disebabkan oleh penyakit diabetes. Kondisi ini membuat kaki Anda kesemutan atau mati rasa.


Vitamin ini juga membantu menjaga kesehatan mata, pembuluh darah, ginjal, serta jantung. Benfotiamine bisa dijadikan sebagai suplemen pendukung untuk mencegah komplikasi dari diabetes.

TTFD/Fursultiamine: Mengobati defisiensi dan gangguan kognitif

TTFD/Fursultiamine: Mengobati defisiensi dan gangguan kognitif

TTFD (thiamine tetrahydro-furfuryl disulfide), atau fursultiamine, adalah suplemen terbaik untuk mengatasi defisiensi vitamin B1. TTFD dibuat sekitar 70 tahun yang lalu oleh ilmuwan dari Jepang yang mencari obat untuk penyakit beriberi. Beriberi dapat timbul akibat kekurangan vitamin B1 dan menyebabkan sesak napas serta kesulitan berjalan.


Vitamin ini bisa masuk ke dalam sel tubuh maupun sirkulasi darah otak tanpa bantuan protein. Dengan demikian, TTFD bisa diserap dan meningkatkan kadar vitamin B1 dalam tubuh dengan cepat.


TTFD mampu masuk ke dalam sel dengan bantuan lengan disulfide yang dimilikinya sehingga sel menangkap molekul thiamine secara utuh. Dengan demikian, kadar thiamine di dalam sel tinggi tanpa membutuhkan transport protein. Dengan kemampuan tersebut, TTFD bermanfaat untuk terapi neuropati diabetik, post-operative paralisis ileus, dan bermanfaat untuk ketahanan otot atlet.


Satu studi juga menyebutkan dampak positifnya dalam fungsi kognitif pasien Alzheimer. Manfaatnya dalam terapi Alzheimer menunjukan hasil positif perbaikan gejala. Meskipun demikian, perlu penelitian lebih lanjut mengenai dampak positif TTFD dalam terapi Alzheimer.

Sulbutiamine: Mengatasi kelelahan dan masalah fokus

Sulbutiamine: Mengatasi kelelahan dan masalah fokus

Seperti TTFD, sulbutiamine juga merupakan vitamin sintetis yang mudah diserap oleh otak dan sel tubuh. Tipe ini dapat menghilangkan rasa lelah, baik fisik maupun mental. Kemampuannya untuk meningkatkan perhatian dan daya ingat cocok sekali untuk Anda yang sering kehilangan fokus.


Dalam beberapa penelitian, baik pada manusia maupun hewan, sulbutiamine memiliki potensi efek positif pada otak. Efek positif tersebut seperti meningkatkan memori dan menjadikannya sebagai obat nootropic atau obat pintar.


Menurut dr. Prima, respon tersebut mungkin terjadi karena kemampuan sulbutiamine untuk menembus blood brain barrier. Dengan demikian, sulbutiamine dapat digunakan oleh saraf pusat. Potensi sulbutiamine untuk mengurangi kelelahan cocok diberikan pada pasien astenia. Namun, perlu diingat bahwa semua potensi ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

Periksalah jumlah kandungan vitamin B1 yang dimiliki

Periksalah jumlah kandungan vitamin B1 yang dimiliki

Sebelum memilih suplemen vitamin B1, pastikan jumlah asupan yang Anda perlukan. Jumlah asupan harian yang disarankan adalah 1–1,4 mg untuk pria dewasa dan 0,8–1,1 mg untuk wanita dewasa


Suplemen yang ada di pasaran biasanya mengandung vitamin B sebanyak 100 mg atau lebih. Namun, Anda tak perlu khawatir akan asupan berlebih karena vitamin B1 pada umumnya larut dalam air. Kelebihan vitamin B1 yang Anda konsumsi akan dibuang melalui urine.


Vitamin B1 sulit bertahan di dalam tubuh. Jadi, Anda perlu mengonsumsinya beberapa kali sehari dengan dosis tepat. Akan tetapi, ada beberapa suplemen yang memiliki sistem time release. Dengan sistem ini, vitamin akan diserap oleh tubuh secara perlahan untuk mendapatkan kadar yang stabil sepanjang hari. Alhasil, Anda hanya perlu mengonsumsi satu butir suplemen per hari.


Sepanjang digunakan dalam dosis yang dianjurkan dalam kemasan, vitamin B1 aman digunakan dalam jangka panjang terutama thiamine salts (hidrofilik). Pemakaian dosis tinggi dari produk sintesis yang bersifat larut lemak (lipofilik) dapat mengakibatkan efek samping ringan. Efek samping tersebut di antaranya mual, diare, dan sakit kepala. Produk sintetis tersebut di antaranya benfotiamine, fulsurthiamine, dan sulbutiamine.

Utamakan untuk memilih yang berasal dari bahan alami

Utamakan untuk memilih yang berasal dari bahan alami

Suplemen vitamin B1 yang dibuat dari bahan alami mengandung vitamin B1 dengan konsentrasi tinggi. Dengan begitu, nutrisi yang diserap akan lebih optimal karena bentuknya yang menyerupai vitamin B1 alami dari makanan


Vitamin B1 umumnya ditemukan dalam makanan. Jika diperlukan, sumber suplemen natural atau sintetik tidak menjadi masalah asalkan tepat guna dan tepat dosis. Perhatikan cara penggunaan pada kemasan. Namun, jika Anda khawatir, pilihlah produk yang terbuat dari bahan-bahan alami walaupun harganya sedikit lebih tinggi.


Segera ke dokter jika ada efek samping, seperti respon alergi, dari penggunaan suplemen. Terkadang suplemen tidak hanya mengandung vitamin, adapun bahan aditif lain yang bisa menyebabkan alergi dan respon lain.

Periksalah kandungan zat aditifnya

Periksalah kandungan zat aditifnya

Meski dihindari, keberadaan zat aditif ternyata sangat diperlukan saat membuat suplemen. Zat aditif digunakan untuk memadatkan bubuk dan mencegah agar bahan tidak terjebak di dalam mesin. Zat ini juga dipakai untuk mengontrol ukuran dan berat kapsul serta berfungsi sebagai pemanis sintetis.


Zat aditif biasanya ditambahkan untuk menjaga fungsi obat, meningkatkan penyerapan obat, dan lain-lain. Secara umum, zat-zat ini telah dinyatakan aman jika produk tersebut telah melewati uji di badan pengujian obat dan makanan.


Namun, respon tubuh orang yang berbeda-beda menyebabkan pengguna suplemen harus awas, contohnya respon alergi. Segera konsultasi ke dokter jika timbul efek samping setelah konsumsi suplemen.


Walaupun tidak sepenuhnya bebas zat aditif, Anda bisa pertimbangkan produk yang tidak mengandung pewarna ataupun pengawet. Untuk itu, periksalah kandungan dalam setiap suplemen yang akan dibeli. Suplemen dengan zat aditif boleh saja dikonsumsi, tetapi Anda tetap perlu memastikan keamanannya.

Sesuaikan bentuk dan dosisnya dengan kondisi tubuh

Sesuaikan bentuk dan dosisnya dengan kondisi tubuh

Umumnya, vitamin B1 dijual dalam bentuk tablet dan kapsul. Pastikan terlebih dahulu apakah Anda bisa mengonsumsi produk suplemen dalam jangka panjang. Berbeda dengan obat, suplemen vitamin perlu diminum minimal selama satu bulan agar manfaatnya terasa. Oleh karena itu, pilihlah produk yang mudah ditelan.


Sesungguhnya, suplemen dengan dosis rendah (10–50 mg) cukup untuk memenuhi keperluan vitamin B1 harian. Namun, pemberian dosis tinggi bisa memberi manfaat lebih untuk sebagian orang dengan kondisi tertentu. Jadi, sesuaikan dosis suplemen dengan kebutuhan tubuh Anda.

10 Rekomendasi suplemen vitamin B1 terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk suplemen vitamin B1 terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Prima.

10
Jenis thiamineSulbutiamine
Kandungan lainnyaTidak disebutkan
BentukKapsul
Isi15 kapsul
Dosis per butir200 mg
Konsumsi harian1–2 kapsul
9

NovapharinVitamin B1 100 mg – Tablet

Mulai dari Rp 3.500,00

Jenis thiamineThiamine hydrochloride
Kandungan lainnyaTidak disebutkan
BentukTablet
Isi10 tablet
Dosis per butir100 mg
Konsumsi harian1 tablet
8
Jenis thiamineThiamine Mononitrate
Kandungan lainnyaGelatin (bovine)
BentukTablet
Isi45 tablet
Dosis per butir15 mg
Konsumsi harian1 tablet
7
Jenis thiamineSulbutiamine
Kandungan lainnyaTidak disebutkan
BentukTablet
Isi6 tablet
Dosis per butir200 mg
Konsumsi harian2 tablet
6
Jenis thiamineThiamine mononitrate
Kandungan lainnyaPyridoxine hydrochloride (vitamin B6), cyanocobalamin (vitamin B12)
BentukTablet
Isi10 tablet
Dosis per butirThiamine mononitrate: 100mg・Pyridoxine hydrochloride: 100 mg・Cyanocobalamin: 200 mcg
Konsumsi harian1 tablet
5
Jenis thiamineBenfotiamine
Kandungan lainnyaDibasic calcium phosphate, microcrystalline cellulose, stearic acid, modified cellulose gum, silica
BentukTablet
Isi60 tablet
Dosis per butir150 mg
Konsumsi harian1–4 tablet
4

Natures PlusVitamin B-1 300 mg

Mulai dari Rp 403.000,00

Jenis thiamineThiamine hydrochloride
Kandungan lainnyaMicrocrystalline cellulose, hydroxypropyl methylcellulose, rice bran, dicalcium phosphate, stearic acid, magnesium stearate, pharmaceutical glaze, silica
BentukTablet
Isi90 tablet
Dosis per butir300 mg
Konsumsi harian1 tablet
3

Life Extension Mega Benfotiamine

00925

Mulai dari Rp 495.000,00

Jenis thiamineBenfotiamin dan thiamine hydrochloride
Kandungan lainnyaVegetable cellulose (capsule), microcrystalline cellulose, silica, vegetable stearate, dicalcium phosphate
BentukKapsul
Isi120 kapsul
Dosis per butirBenfotiamin: 250 mg・Thiamine hydrochloride: 10 mg
Konsumsi harian1–4 kapsul
2

Doctor's BestBenfotiamine 300

DRB-00270

Mulai dari Rp 380.000,00

Jenis thiamineBenfotiamine
Kandungan lainnyaL-leucine, microcrystalline cellulose, modified cellulose (vegetarian capsule), silicon dioxide
BentukKapsul
Isi60 kapsul
Dosis per butirBenfotiamine: 300 mg・L-leucine: 40 mg
Konsumsi harian1 kapsul
1
Jenis thiamineTTFD
Kandungan lainnyaRiboflavinum (vitamin B2), pewarna (FDC No. 3), pemanis (gula murni), zat pengisi
BentukTablet
Isi10 tablet
Dosis per butirTTFD: 50 mg・Riboflavinum: 5 mg
Konsumsi harian1 tablet

Tabel perbandingan produk suplemen vitamin B1 terbaik

Gambar produk
1
Takeda Indonesia Alinamin-F 1

Takeda Indonesia

2
Doctor's Best Benfotiamine 300 1

Doctor's Best

3
Life Extension  Mega Benfotiamine 1

Life Extension

4
Natures Plus Vitamin B-1 300 mg 1

Natures Plus

5
Source Naturals Benfotiamine 1

Source Naturals

6
Merck Neurobion 1

Merck

7
Servier Laboratories Arcalion 200 1

Servier Laboratories

8
Tempo Scan Vitamin B1 IPI 1

Tempo Scan

9
Novapharin Vitamin B1 100 mg – Tablet 1

Novapharin

10
Soho Nootropics Sulbutiamine 1

Soho Nootropics

Nama produk

Alinamin-F

Benfotiamine 300

Mega Benfotiamine

Vitamin B-1 300 mg

Benfotiamine

Neurobion

Arcalion 200

Vitamin B1 IPI

Vitamin B1 100 mg – Tablet

Sulbutiamine

Keunggulan

Lebih mudah diserap tubuh, efeknya pun lebih cepat terasa

Tetap sehat di masa tua dengan kombinasi benfotiamine dan leusina

Khasiatnya tembus sampai ke bagian dalam sel

Kadar vitamin B1 tetap stabil sepanjang hari

Atasi defisiensi vitamin B1

Saraf selalu sehat dengan vitamin B1, B6, dan B12

Mengembalikan stamina dan energi saat sakit

Harganya ekonomis, cocok sebagai suplemen makan sehari-hari

Menghilangkan rasa lelah akibat olahraga

Tingkatkan fokus Anda dengan suplemen yang satu ini!

Harga mulai dariRp 17.300,00Rp 380.000,00Rp 495.000,00Rp 403.000,00Rp 720.000,00Rp 18.000,00Rp 46.000,00Rp 5.500,00Rp 3.500,00Rp 89.000,00
Jenis thiamineTTFDBenfotiamineBenfotiamin dan thiamine hydrochlorideThiamine hydrochlorideBenfotiamineThiamine mononitrateSulbutiamineThiamine MononitrateThiamine hydrochlorideSulbutiamine
Kandungan lainnyaRiboflavinum (vitamin B2), pewarna (FDC No. 3), pemanis (gula murni), zat pengisiL-leucine, microcrystalline cellulose, modified cellulose (vegetarian capsule), silicon dioxideVegetable cellulose (capsule), microcrystalline cellulose, silica, vegetable stearate, dicalcium phosphateMicrocrystalline cellulose, hydroxypropyl methylcellulose, rice bran, dicalcium phosphate, stearic acid, magnesium stearate, pharmaceutical glaze, silicaDibasic calcium phosphate, microcrystalline cellulose, stearic acid, modified cellulose gum, silicaPyridoxine hydrochloride (vitamin B6), cyanocobalamin (vitamin B12) Tidak disebutkanGelatin (bovine)Tidak disebutkanTidak disebutkan
BentukTabletKapsulKapsulTabletTabletTabletTabletTabletTabletKapsul
Isi10 tablet60 kapsul120 kapsul90 tablet60 tablet10 tablet6 tablet45 tablet10 tablet15 kapsul
Dosis per butirTTFD: 50 mg・Riboflavinum: 5 mgBenfotiamine: 300 mg・L-leucine: 40 mgBenfotiamin: 250 mg・Thiamine hydrochloride: 10 mg300 mg150 mgThiamine mononitrate: 100mg・Pyridoxine hydrochloride: 100 mg・Cyanocobalamin: 200 mcg200 mg15 mg100 mg200 mg
Konsumsi harian1 tablet1 kapsul1–4 kapsul1 tablet1–4 tablet1 tablet2 tablet1 tablet1 tablet1–2 kapsul
Tautan produk

Tips untuk meningkatkan penyerapan dan efektivitas vitamin B1 di dalam tubuh

Tips untuk meningkatkan penyerapan dan efektivitas vitamin B1 di dalam tubuh

Vitamin B1 mampu mencegah nyeri otot setelah berolahraga sehingga bagus untuk dikonsumsi sebelum melakukan aktivitas fisik. Nyeri otot (myalgia) disebabkan oleh penumpukan zat kelelahan, seperti asam laktat dan asam piruvat di otot. Vitamin B1 akan meningkatkan metabolisme zat kelelahan tersebut supaya otot menjadi lebih rileks.


Anda bisa mendapatkan allicin dari berbagai jenis bawang, seperti daun bawang, bawang bombai, dan bawang merah. Di dalam allicin terdapat allithiamine yang merupakan bentuk thiamine. Di dalam tubuh, allithiamine akan diubah menjadi zat aktif thiamine. Oleh karena itu, konsumsi bawang putih dan suplemen vitamin B1 secara bersamaan tidak dibutuhkan.


Anda juga bisa menjumpai allicin dalam bentuk suplemen. Namun, perlu diperhatikan bahwa allicin lemah terhadap panas dan mudah larut dalam air. Jadi, hindari menyimpannya di tempat yang basah, lembap, dan panas karena efektivitasnya akan berkurang.


Jika ingin meningkatkan fungsi vitamin B1 dalam tubuh, Anda bisa minum multivitamin dengan kandungan magnesium agar efektivitasnya meningkat. Saat sehat atau tidak dalam kondisi khusus, konsumsi makanan mengandung vitamin B1 sudah memenuhi kebutuhan harian. Oleh karena itu, konsumsi vitamin B1 tambahan tidak diperlukan.

Baca juga rekomendasi produk suplemen vitamin B lainnya di sini!

Vitamin B1 memiliki peran penting dalam metabolisme tubuh. Namun, tubuh Anda juga membutuhkan jenis vitamin B lainnya untuk bisa berfungsi secara optimal. Oleh karena itu, cobalah produk suplemen vitamin B kompleks pilihan kami. Jadikan artikel-artikel di bawah ini sebagai referensi dan temukan produk yang Anda butuhkan!

Kesimpulan

Vitamin B1 memiliki kemampuan yang baik dalam menjaga stabilitas emosi dan memulihkan kondisi tubuh yang kelelahan. Sayangnya, vitamin B1 dalam makanan kurang mencukupi kebutuhan harian. Gunakan suplemen vitamin B1 agar tubuh Anda tetap fit dan prima.


Pilihlah suplemen yang sesuai dengan kondisi Anda, baik dari segi harga maupun kenyamanan dalam mengonsumsi. Perhatikan juga kandungannya agar Anda mendapatkan khasiat yang sesuai kebutuhan. Semoga Anda menemukan produk yang tepat dan jagalah kesehatan!

Artikel terkait

  • 10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021)
    Gaya hidup dan nutrisi yang seimbang turut andil dalam menjaga kesehatan kulit. Namun, terkadang asupan yang berasal dari makanan saja tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan Anda. Untuk itu, Anda perlu menambahkan suplemen kulit. Ada banyak produk suplemen terbaik untuk kulit yang beredar di pasaran, seperti suplemen untuk kulit berjerawat hingga antiaging. Bagaimana memilih suplemen kecantikan yang tepat? Kami akan menghadirkan tips dan rekomendasi suplemen kecantikan terbaik untuk Anda. Berbagai merek suplemen kulit yang bagus, seperti NourishSkin, Blackmores, dan YOUVIT ada di sini. Jadi, simak seluruh ulasan kami, ya!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Vitamin E Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Vitamin E Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Vitamin E memiliki efek antioksidan yang sama seperti vitamin C dan vitamin A yaitu efektif dalam menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh. Vitamin E yang terkandung dalam bahan alami seperti minyak nabati dan kacang kedelai memang mudah dicerna tubuh. Namun, juga mudah terbuang melalui urine dan keringat.Karena itu, Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin E dengan mengonsumsi suplemen. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih vitamin E kepada Anda. Kami pun akan memberikan beberapa rekomendasi produk dari merek Wellnes, Blackmores, dan Natures Plus. Simak terus artikel ini!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Suplemen BCAA Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen BCAA Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    BCAA merupakan suplemen yang sangat dikenal oleh Anda yang aktif berolahraga. BCAA mengandung asam amino yang penting untuk menjaga massa otot Anda. Di pasaran, ada banyak merek suplemen BCAA, seperti XTEND, Kaged Muscle, Cellucor, BPI Sports, dan lainnya. Rasanya pun sangat beragam dan menyegarkan.Apabila Anda bingung dalam memilih, simaklah dahulu informasi dari kami berikut ini. Kami akan menjelaskan cara memilih, serta memberikan sepuluh rekomendasi suplemen BCAA terbaik dalam berbagai bentuk, rasa, dan harga. Pilihlah dengan bijak, lalu konsumsi secara rutin agar otot dan tubuh makin kuat!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Suplemen Glutamine Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Glutamine Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Suplemen glutamine menjadi salah satu suplemen yang cukup populer di kalangan gym goers. Suplemen ini juga banyak dikonsumsi untuk alasan kesehatan, terutama kesehatan imun dan usus. Ada berbagai merek suplemen glutamine, seperti R1, Life Extension, hingga XTEND. Namun, suplemen glutamine mana yang paling bagus untuk Anda? Untuk memandu Anda menemukan suplemen glutamine yang bagus, kami akan mengulas cara memilihnya. Artikel ini akan diawali dengan paparan definisi dan manfaat glutamine. Terakhir, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi suplemen glutamine terbaik. Simak ulasan ini hingga tuntas agar Anda tak salah beli. Selamat membaca!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Suplemen L-Carnitine Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen L-Carnitine Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    L-carnitine merupakan suplemen yang cukup populer di kalangan orang-orang yang sedang menurunkan berat badan. Suplemen ini terkenal dengan fungsinya untuk metabolisme lemak. Anda dapat menemukannya dari berbagai merek, seperti Puritan’s Pride, Doctor’s Best, Dymatize, Jym, dan masih bayak lagi.Bagi Anda yang sedang kebingungan memilih suplemen l-carnitine, simak terus artikel kali ini. Kami akan membahas tentang cara memilih suplemen l-carnitine serta memberikan rekomendasi dari berbagai merek ternama. Tunggu apa lagi? Yuk, dibaca artikel ini!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Suplemen Royal Jelly Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Royal Jelly Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Royal jelly adalah makanan langka yang dihasilkan oleh madu dan dikhususkan untuk ratu lebah. Royal jelly ini memiliki banyak nutrisi dan baik untuk kesehatan manusia. Berlimpahnya khasiat dari royal jelly membuatnya sering dijadikan suplemen. Ada yang berbentuk cair maupun seperti kapsul.Suplemen royal jelly dengan merek seperti HDI Origins™, Manuka Health, dan Puritan’s Pride banyak dijual di pasaran. Jika Anda bingung saat memilihnya, tenang saja! Kali ini, selain membahas khasiatnya, kami akan membahas tips memilih produk royal jelly yang tepat. Kami juga akan merekomendasikan produk terbaik untuk Anda. Selamat membaca!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Vitamin Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak mulai dari trimester 1 hingga trimester 3. Selain makanan, suplemen juga dibutuhkan oleh ibu hamil agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan sempurna. Nutrisi tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu, serta proses tumbuh kembang calon bayi.Jika Anda sedang mencari produk vitamin yang bagus untuk ibu hamil, simaklah artikel ini. Kami akan mengulas cara memilih suplemen serta produk rekomendasi dari Blackmores, Folamil Genio, dan merk terkenal lainnya. Tidak lupa, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, jangan sampai terlewatkan!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Koyo Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Koyo Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2021)
    Koyo atau transdermal patch adalah obat luar yang berbentuk plester. Cara menggunakannya adalah dengan menempelkannya di kulit bagian luar. Koyo juga sering dipakai untuk meredakan rasa nyeri, seperti sakit gigi, sakit kepala, nyeri otot, dan nyeri sendi.Terdapat beberapa merk koyo yang tersebar di pasaran, seperti Salonpas, Koyo Cabe, dan Hansaplast. Setiap produk memiliki kelebihannya sendiri-sendiri. Di artikel kali ini, kami akan mengulasnya satu per satu. Namun, sebelumnya bacalah cara memilih koyo yang bagus. Kami juga berkolaborasi dengan ahli injury and rehabilitation kami, Dr. Andy. Simak sampai akhir, ya!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Suplemen Vitamin B12 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Vitamin B12 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Vitamin B terdiri dari berbagai macam, salah satunya adalah vitamin B12. Konsumsi vitamin B12 yang cukup dapat mencegah anemia. Anda bisa menemukan banyak suplemen vitamin B12 di apotek, seperti IPI, Neurobion, Blackmores, dan Swisse. Harganya pun beragam bergantung pada mereknya, mulai dari enam ribu rupiah.Kali ini kami akan berbagi informasi seputar vitamin B12, mulai dari apa saja manfaatnya sampai tips memilih produk yang bagus. Simak juga rekomendasi suplemen vitamin B12 yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Yuk, langsung simak artikel ini untuk mendapatkan suplemen vitamin B12 terbaik!
    Vitamin & suplemen
  • 5 Keunggulan Curcuma Plus Grow untuk Mendukung Tumbuh Kembang Anak
    5 Keunggulan Curcuma Plus Grow untuk Mendukung Tumbuh Kembang Anak
    Masalah sulit makan pada anak-anak memang sering terjadi. Anak yang sulit makan pasti membuat ibu merasa khawatir soal tumbuh kembangnya. Kini Anda tak perlu khawatir lagi karena ada Curcuma Plus Grow Emulsion untuk mendukung tumbuh kembang anak.Kandungan Curcuma Plus Grow kaya akan Temulawak Organik, Minyak Ikan Kod, Kalsium, Vitamin D dan Multivitamin untuk bantu optimalkan tumbuh kembang anak dan perkembangan otaknya. Suplemen ini baik dikonsumsi oleh anak di atas 1 tahun. Mari kenali berbagai keunggulan Curcuma Plus Grow dalam artikel ini!
    Vitamin & suplemen
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, manusia juga membutuhkan kolagen untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring dengan bertambahnya usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen kolagen bila ingin kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merk suplemen collagen terbaik, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood bisa menjadi pilihan. Namun, suplemen kolagen seperti apakah yang bagus untuk Anda? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk suplemen kolagen yang akan kami ulas berikut ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021)
    Otak merupakan organ tubuh paling kompleks dengan fungsi yang vital. Otak terdiri dari miliaran sel dan jaringan yang saling terhubung. Oleh karena itu, konsumsi suplemen otak sangat disarankan bagi anak ataupun orang dewasa. Saat ini, banyak dijual berbagai merek suplemen otak yang bagus, seperti Blackmores, Wellness, Konimex, dan Appeton. Supaya Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih suplemen otak terbaik. Di bawah ini, kami telah merangkum beragam rekomendasi vitamin untuk kecerdasan otak dan vitamin penambah daya ingat. Penasaran dengan ulasan kami? Simak terus artikel berikut sampai habis, ya!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki tubuh tinggi semampai adalah dambaan sebagian besar orang. Selain menunjang penampilan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh tinggi memberi keuntungan tersendiri. Orang yang bertubuh tinggi umumnya lebih percaya diri. Selain itu, tubuh tinggi juga bisa meminimalisasi risiko penyakit jantung dan demensia.Di pasaran terdapat beberapa suplemen peninggi badan yang bisa dikonsumsi, baik oleh anak-anak maupun remaja. Beberapa rekomendasi merk suplemen peninggi badan tersebut adalah Zevit Grow, Blackmores, Scott's Emulsion, dan lain-lain. Untuk membantu Anda memilih dengan tepat, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya di bawah ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Di samping itu, Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen.Di pasaran, ada beberapa merek suplemen penambah berat badan yang bagus, seperti Appeton, Nutrifat, dan Curvit. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah artikel ini sampai selesai dan temukan suplemen penambah berat badan yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Minuman Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Minuman Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dijuluki sebagai “king of protein”, whey protein merupakan suplemen yang efektif untuk membentuk massa otot. Jenis protein ini sangat populer dan banyak dikonsumsi sebagai pengiring workout. Whey protein dari berbagai merek, seperti Evolene, Optimum Nutrition, hingga VectorLabs, juga bisa Anda temukan dengan mudah. Manakah yang tepat untuk program Anda?Bookmark artikel ini apabila Anda menjalani proses membentuk tubuh yang lebih ideal. Selain membagikan tips memilih, kami juga memperkenalkan sepuluh minuman whey protein yang bagus. Beberapa di antaranya juga telah banyak direkomendasikan oleh fitness influencers. Jangan sampai terlewat, ya!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Anak-anak, khususnya anak 1 tahun, sering mengalami fase susah makan sehingga membuat orang tua khawatir mengenai tumbuh kembangnya. Namun, terlalu memaksakan anak untuk makan juga berisiko membuatnya makin enggan makan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberi vitamin penambah nafsu makan.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih vitamin untuk anak yang susah makan. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk yang bagus, seperti Scott's Emulsion, Fitkom, Blackmores, dan lainnya. Untuk melengkapi informasinya, ahli gizi, Leona Victoria, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Vitamin & suplemen
  • 8 Rekomendasi Vitamin Curcuma Plus untuk Anak Umur 1 Tahun ke Atas (Terbaru Tahun 2021)
    8 Rekomendasi Vitamin Curcuma Plus untuk Anak Umur 1 Tahun ke Atas (Terbaru Tahun 2021)
    Curcuma Plus merupakan satu-satunya suplemen vitamin anak yang mengandung temulawak organik dan telah dipercaya sejak 1995. Selain kandungan temulawak organik dalam Curcuma Plus juga mengandung multivitamin, mineral dan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak mulai usia 1 tahun sehingga siap dukung optimalkan tumbuh kembang anak.Di artikel ini kami akan memperkenalkan delapan multivitamin anak usia 1 tahun ke atas dari Curcuma Plus. Anda tak perlu ragu membeli Curcuma Plus karena kualitasnya yang bagus dan sudah bersertifikasi BPOM serta halal dari MUI. Harga vitamin Curcuma Plus pun sangat terjangkau.
    Vitamin & suplemen
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori