10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2019)

Bagi pria yang sering beraktivitas di luar ruangan, kelembapan wajah sangat penting untuk diperhatikan. Kulit yang kehilangan kelembapannya dapat menyebabkan permasalahan kulit, seperti kusam, kering, dan jerawat. Untuk itu, penting bagi Anda untuk menggunakan pelembap wajah khusus pria setiap hari.

Banyak merek ternama, seperti Vaseline dan Nivea, yang mengeluarkan pelembap wajah pria berkualitas. Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah yang baik serta merekomendasikan beberapa produk terbaik untuk Anda. Agar tidak salah pilih pelembap wajah, baca artikel ini sampai habis, ya!

Daftar isi

Apa pentingnya pelembap wajah untuk pria?

Apa pentingnya pelembap wajah untuk pria?

Tanpa kita sadari, kelembapan alami pada wajah dapat hilang atau rusak. Penyebabnya bisa bervariasi seperti sinar UV, polusi, stres,atau kurang tidur. Selain itu, kebiasaan mencuci muka terlalu sering atau menggosok wajah terlalu kuat juga dapat merusak kelembapan alami kulit. Sayangnya masih banyak orang yang tidak menyadari hal ini.

Agar kelembapan wajah selalu terjaga, penting bagi pria untuk rutin menggunakan pelembap wajah. Pelembap wajah ini mengandung bahan-bahan yang dapat mengunci atau menambah kadar air di wajah. Penggunaan pelembap wajah secara rutin juga dapat membuat kulit lebih sehat dan halus.

Saat ini ada banyak jenis pelembap wajah yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit. Selain dapat melembapkan kulit, ada juga yang dapat mengatasi jerawat, mencerahkan wajah, atau berfungsi sebagai tabir surya. Produk pelembap wajah ini ada yang berbentuk cream atau gel. Selain itu, bahan dasar pembuatnya ada yang berupa air, minyak, maupun campuran dari keduanya.

Cara memilih pelembap wajah untuk pria

Memilih pelembap wajah tidak boleh asal karena penggunaan produk yang tidak cocok di kulit justru dapat menimbulkan masalah kulit lainnya. Sebelum membeli, baca dengan saksama cara memilih pelembap wajah berikut ini.

Pilih yang mengandung bahan pelembap

Pilih yang mengandung bahan pelembap

Fungsi utama dari pelembap wajah adalah untuk menjaga kelembapan alami wajah. Jadi, usahakan memilih pelembap dengan kandungan bahan aktif yang melembapkan kulit. Bahan pelembap yang biasa digunakan dalam pelembap wajah antara lain glycerin dan hyarulonic acid. Bahan pelembap jenis ini bekerja dengan menangkap air dan mengikatnya dalam kulit sehingga kulit akan terjaga kelembapannya.

Pilih berdasarkan kondisi kulit wajah Anda

Setiap pria memiliki kondisi kulit wajah yang berbeda-beda yang mana juga membutuhkan treatment masing-masing. Jadi, lebih aman jika Anda memilih produk yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Untuk kulit rentan berjerawat, pilih yang bersifat non-comedogenic

Untuk kulit rentan berjerawat, pilih yang bersifat non-comedogenic

Setiap produk pelembap wajah memiliki comedogenic rating yang menunjukkan kemungkinan bahan dalam produk tersebut membuat kulit Anda berjerawat. Semakin tinggi angkanya, bahan dalam produk tersebut tergolong bersifat comedogenic dan berpotensi menyumbat pori-pori kulit. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih produk yang bersifat non-comedogenic agar terhindar dari masalah komedo dan jerawat.

Produk untuk kulit berjerawat biasanya memiliki bahan aktif berupa salicylic acidcitric acid, dan retinol. Bahan aktif tersebut terkenal ampuh untuk mencegah munculnya jerawat dan meredakan jerawat yang meradang.

Untuk kulit sensitif, pilih yang bersifat hypoallergenic

Untuk kulit sensitif, pilih yang bersifat hypoallergenic

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan khawatir akan efek alergi yang mungkin timbul dari produk skincare, pilihlah yang berlabel hypoallergenic. Produk yang bersifat hypoallergenic biasanya sudah lolos uji klinis tidak menimbulkan alergi pada kulit.

Produk dengan sifat hypoallergenic ini biasanya memiliki kandungan utama yang bersifat ringan dan ramah di kulit. Contohnya adalah ekstrak Aloe vera, green tea, dan ekstrak tanaman lainnya. Bahan seperti fragrance, alkohol, dan sulfur biasanya tidak ditambahkan karena dapat memicu timbulnya alergi seperti iritasi atau gatal.

Pilih yang bersifat mencerahkan untuk kulit wajah kusam

Pilih yang bersifat mencerahkan untuk kulit wajah kusam

Hilangnya kelembapan alami kulit tidak hanya membuat kulit kering, tetapi juga membuat kulit tampak kusam. Apalagi jika Anda sering terkena sinar matahari dan polusi. Kulit wajah yang kusam akan terlihat gelap dan tentunya mengganggu penampilan Anda.

Untuk mengatasi masalah kulit kusam ini sebaiknya Anda memilih produk yang mengandung pencerah atau whitening. Produk yang mengandung whitening ini tidak hanya membuat wajah tampak lebih cerah, tetapi juga mencegah pigmentasi kulit. Bahan yang biasanya digunakan sebagai whitening ini antara lain arbutin, vitamin C, dan vitamin E.

Pilih berdasarkan jenis kulit

Secara umum, kulit wajah terbagi dalam kategori jenis kulit berminyak, kering, dan normal. Masing-masing jenis kulit memiliki karakter yang unik sehingga perlu untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Kulit berminyak, pilih yang dapat mengontrol produksi minyak di wajah

Kulit berminyak, pilih yang dapat mengontrol produksi minyak di wajah

Jenis kulit yang berminyak memang membutuhkan treatment khusus karena rentan timbul jerawat. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit rentan berjerawat sebaiknya memilih pelembap yang bersifat non-comedogenic. Terutama pilihlah produk yang dapat membantu mengontrol produksi minyak di wajah. Untuk itu, sebaiknya memilih produk yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide. Kedua bahan tersebut selain bisa mengontrol produksi minyak di wajah, juga bisa mengatasi masalah jerawat.

Kulit kering, pilih yang menghidrasi kulit dalam waktu lama

Kulit kering, pilih yang menghidrasi kulit dalam waktu lama

Kulit wajah tipe kering biasanya memproduksi lebih sedikit kelenjar minyak. Alhasil, kulit terasa kering dan pada beberapa kasus mudah timbul iritasi atau pengelupasan kulit. Bagi Anda yang memiliki kulit wajah yang kering, pilih produk yang mengandung ekstra pelembap dan dapat menghidrasi kulit dalam jangka waktu yang lama.

Jenis kulit ini juga rentan terhadap paparan sinar UV sehingga sebaiknya Anda menggunakan pelembap yang mengandung tabir surya. Agar lebih aman, pilihlah produk dengan kandungan yang bersifat hypoallergenic. Hindari juga produk yang mengandung alkohol dan benzoyl peroxide karena dapat membuat kulit menjadi lebih kering.

Kulit normal, pilih yang bersifat ringan

Kulit normal, pilih yang bersifat ringan

Pria dengan jenis kulit normal ini biasanya jarang mengalami masalah wajah seperti jenis kulit wajah lainnya. Biasanya, kulit jenis normal ini tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak. Namun, bukan berarti jenis kulit ini tidak membutuhkan pelembap. Terlebih lagi jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan dan terkena polusi.

Untuk jenis kulit ini, sebaiknya menggunakan jenis pelembap yang sifatnya ringan. Apabila membutuhkan pelembap yang mengandung tabir surya, hindari penggunaan SPF yang terlalu tinggi. Tujuannya agar keseimbangan alami pada kulit wajah tidak terganggu. Anda juga dapat memilih produk yang mengandung vitamin atau whitening yang dapat menambah vitalitas kulit.

Pilih yang mengandung tabir surya jika sering berada di luar ruangan

Pilih yang mengandung tabir surya jika sering berada di luar ruangan

Sinar matahari mengandung sinar UV yang dapat merusak kelembapan alami kulit. Akibatnya kulit dapat menjadi kering, kusam, dan kemerahan. Tidak hanya itu, dampak buruk dari sinar UV dapat menyebabkan bintik hitam dan flek di wajah. Jadi, bagi Anda yang sering melakukan kegiatan outdoor sebaiknya memilih produk yang mengandung tabir surya seperti SPF dan PA.

10 Rekomendasi pelembap wajah terbaik untuk pria

Kami akan mengulas sepuluh rekomendasi pelembap wajah terbaik yang telah kami pilih berdasarkan merek, fungsi, dan bahan kandungannya. Pilihlah produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda!

10. Pond’s Men Acne Solution Face Moisturizer

10. Pond's Men Acne Solution Face Moisturizer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 15.100

Lawan bakteri penyebab jerawat

Produk ini memiliki kandungan salicylic acids yang memang terbukti baik untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Adanya teknologi paten lock and clear juga membuat produk ini efektif menumpas jerawat hingga ke akarnya. Hanya dalam waktu tiga hari, jerawat di wajah Anda sudah bisa teratasi!

Tidak hanya dapat membasmi jerawat, produk ini juga dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Dengan pemakaian rutin, kulit Anda akan terlihat bersih dan bebas dari jerawat. Untuk Anda yang memiliki kulit rentan berjerawat, produk ini bisa jadi salah satu pilihan terbaik.

Isi 20 gr
Bahan aktif Thymo-T essence, salicylic acid
Jenis & kondisi kulit Berminyak, berjerawat
Tabir surya X
Whitening  X

9. Nivea Men Whitening Oil Control Total Recharge Moisturiser

9. Nivea Men Whitening Oil Control Total Recharge Moisturiser

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 13.500

Wajah tampak lebih cerah dan sehat

Jika Anda memilki kulit kusam dan gelap, produk ini merupakan pilihan yang tepat. Kandungan whitening produk ini dapat mencerahkan wajah, bahkan sejak pemakaian pertama. Selain itu, produk ini juga dapat membantu mengatasi warna kulit yang tidak merata.

Bahan alami Ginkgo biloba leaf extract dan Panax ginseng root extract pada produk ini juga baik untuk kesehatan kulit wajah. Jadi, dengan menggunakan produk ini secara rutin, wajah tidak hanya tampak lebih cerah, tetapi juga terlihat lebih sehat.

Isi 15 ml
Bahan aktif Ginkgo biloba leaf extract, Panax ginseng root extract
Jenis & kondisi kulit Berminyak, kusam
Tabir surya
Efek mencerahkan

8. Garnier Men Power White

8. Garnier Men Power White

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 15.600

Perlindungan optimal dari sinar UV

Jika Anda sering melalukan aktivitas di luar ruangan, produk ini sangat kami rekomendasikan. Produk ini mengandung tabir surya SPF 30++ PA yang sangat baik untuk menghalau sinar UVA dan UVB. Hasilnya, kulit wajah Anda tidak akan mudah terbakar dan menjadi gelap akibat sinar UV.

Kandungan lemon extract pada produk ini efektif mencegah pigmentasi kulit. Efeknya, wajah akan terlihat lebih cerah dan bercahaya. Produk ini juga dibuat dengan formula dirt fighter yang dapat melawan debu dan kotoran akibat polusi.

Isi 20 ml
Bahan aktif Lemon extract, whitening serum
Jenis & kondisi kulit Normal, kusam
Tabir surya
Efek mencerahkan

7. Bioaqua Menonly Passion and Charm

7. Bioaqua Menonly Passion and Charm

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 27.000

Mencegah penuaan dini, kulit tampak lebih segar dan muda

Produk ini tidak hanya memberikan efek menyegarkan tetapi juga membuat kulit tampak lebih muda. Selain itu, produk ini diperkaya dengan anti-aging yang dapat mencegah penuaan dini. Kandungan whitening pada produk juga dapat mencegah kulit kusam.

Tidak hanya sebagai day cream, produk ini juga dapat Anda gunakan sebagai night cream yang menutrisi wajah di saat tidur. Produk ini juga aman digunakan untuk semua jenis kulit, terutama untuk Anda yang ingin merawat kulit agar tetap awet muda.

Isi 50 gr
Bahan aktif Moisturizing face cream
Jenis & kondisi kulit Kering, normal, berminyak, sensitif, kusam
Tabir surya X
Efek mencerahkan

6. LT Men Refreshing Cream

6. LT Men Refreshing Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 32.000

Mudah menyerap dan tidak menyumbat pori-pori

Berbahan dasar purified water, produk ini dapat terserap oleh kulit dengan cepat. Selain itu, produk ini juga tidak menyumbat pori-pori sehingga tidak terasa kering di kulit. Apalagi, produk ini diperkaya juga dengan mentol yang memberikan sensasi dingin menyegarkan. Untuk Anda yang memiliki kulit kering dan menyukai sensasi mentol perlu mencoba produk ini.

Isi 50 gr
Bahan aktif Benzophenone-3, mentol
Jenis & kondisi kulit Kering, normal, berminyak, kusam
Tabir surya
Efek mencerahkan X

5. Vaseline Men Face Oil Control Face Moisturizer

5. Vaseline Men Face Oil Control Face Moisturizer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 45.000

Atasi warna kulit tidak merata dan bintik hitam

Diperkaya dengan vitamin B3 dan vitamin C membuat produk ini dapat menutrisi kulit wajah secara optimal. Hasilnya, wajah terlihat lebih cerah merata bahkan sejak dua minggu setelah pemakaian. Selain itu, produk ini juga diperkaya dengan antioksidan yang dapat mengurangi bintik hitam akibat polusi dan paparan sinar UV.

Produk berbahan dasar air ini juga tidak lengket sehingga terasa nyaman di wajah. Selain itu, produk ini juga dapat mengontrol sebum di wajah hingga dua belas jam. Hasilnya, kulit wajah bebas kilap dan risiko munculnya jerawat dapat berkurang. Untuk Anda yang punya masalah warna kulit tidak merata, produk dari Vaseline ini sangat bisa diandalkan.

Isi 20 gr
Bahan aktif Stearic acid, glycerin 
Jenis & kondisi kulit Berminyak, kusam, berjerawat
Tabir surya X
Efek mencerahkan

4. Innisfree Forest For Men Moisture Skin

4. Innisfree Forest For Men Moisture Skin

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 280.000

Mengandung bahan organik yang menghaluskan kulit

Produk keluaran Innisfree ini memiliki kandungan utama berupa bahan organik. Formula green complex pada produk ini, membuatnya sangat ramah dan aman di kulit. Kandungan natural oligosaccharides juga sangat baik untuk menjaga kelembapan alami kulit sekaligus menghaluskan kulit.

Produk ini juga dapat mengurangi masalah kulit akibat stres. Diperkaya dengan phytoncide yang berasal dari bahan alami jeju pine, cedar dan cypress trees membuat produk ini dapat menutrisi kulit secara alami. Dengan pemakaian rutin, kulit wajah akan tampak sehat, segar, dan halus. Anda bisa menggunakannya untuk perawatan wajah rutin.

Isi 180 ml
Bahan aktif Natural oligosaccharides, phytoncide, PEG-60 Glyceril
Jenis & kondisi kulit Kering, normal, berminyak, sensitif
Tabir surya X
Efek mencerahkan X

3. The Body Shop Green Tea and Lemon Mattifying Moisturiser

3. The Body Shop Green Tea and Lemon Mattifying Moisturiser

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 229.000

Kurangi minyak berlebih, wajah bebas kilap seharian

Produk keluaran The Body Shop ini, diformulasikan khusus untuk kulit wajah pria yang memiliki minyak berlebih. Kandungan green tea extract dan lemon juice pada produk ini efektif untuk mengurangi produksi minyak di wajah. Oleskan produk ini di pagi hari dan wajah Anda akan bebas kilap seharian.

Produk berbentuk gel ini bertekstur ringan sehingga nyaman di wajah dan tidak mengiritasi kulit. Selain itu, kandungan bahan alaminya juga memberikan sensasi menyegarkan dan tidak lengket di kulit. Dengan pemakaian teratur produksi minyak di kulit wajah Anda dapat terkontrol.

Isi 100 ml
Bahan aktif Green tea extract, lemon juice
Jenis & kondisi kulit Kering, normal, berminyak, sensitif, berjerawat
Tabir surya X
Efek mencerahkan X

2. Shiseido Men Hydro Master Gel

2. Shiseido Men Hydro Master Gel

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 347.000

Memperbaiki tekstur kulit yang rusak

Hydro master technology pada produk ini secara aktif dapat melembapkan sekaligus memperbaiki tekstur kulit wajah. Efeknya, kulit akan terasa lebih lembut, kenyal, dan bebas kusam. Produk ini juga memiliki aroma relaksasi menyegarkan yang dapat menciptakan perasaan positif.

Produk ini juga diperkaya dengan formula damage defense complex yang dapat mengurangi dan mencegah garis-garis halus di wajah. Bagi Anda yang ingin menjaga kulit tampak awet muda, produk ini bisa Anda pilih. Apalagi formula produk ini bersifat non-comedogenic sehingga dapat mengurangi risiko timbulnya jerawat. Wajah Anda jadi bersih dan tampak sehat!

Isi 75 ml
Bahan aktif Citric acid, limonene, glycerin
Jenis & kondisi kulit Kering, normal, berminyak, sensitif, kusam,
Tabir surya X
Efek mencerahkan X

1. L’Oreal Hydra Energetic Creatine-Taurine Serum

1. L'Oreal Hydra Energetic Creatine-Taurine Serum

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 250.000

Detoksifikasi kulit wajah Anda dari polusi

Bahan aktif taurin dan creatine pada produk ini tidak hanya baik untuk melembapkan, tetapi juga dapat membuang racun di kulit wajah. Selain itu, bahan aktif tersebut juga dapat membantu proses regenerasi sel kulit. Efeknya, tanda-tanda kelelahan seperti kulit wajah kering dan kusam dapat berkurang.

Produk ini juga mengandung bahan aktif ADS(TM) Active Defense System yang dapat meningkatkan daya tahan kulit terhadap polusi. Jadi, bagi Anda yang tinggal atau bekerja di daerah dengan tingkat polusi tinggi, produk ini sangat kami rekomendasikan.

Isi 100 ml
Bahan aktif Taurin, kreatina, ADS(TM) Active Defense System, dimethicone glyceni
Jenis & kondisi kulit Kering, normal, berminyak, sensitif, kusam
Tabir surya X
Efek mencerahkan

Baca juga rekomendasi produk perawatan wajah pria lainnya di sini!

Dewasa ini, tidak hanya wanita saja, penting bagi pria untuk merawat wajah. Tentunya, wajah yang terawat tidak hanya dapat menunjang penampilan, tetapi mungkin dapat menunjang karir Anda. Oleh karena itu, saat ini ada berbagai macam produk perawatan wajah untuk pria yang dijual di pasaran dengan kualitas yang baik. Jika Anda tertarik silakan baca juga artikel di bawah.

Kesimpulan

Itu tadi cara memilih beserta rekomendasi pelembap wajah terbaik untuk pria yang telah kami seleksi khusus untuk Anda. Apakah Anda sudah menemukan yang sesuai dengan Anda?

Untuk mendapatkan hasil yang optimal sebaiknya Anda menggunakan pelembap wajah secara rutin. Selain itu, usahakan untuk tidak terpapar sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama. Hindari pula mencuci wajah dengan sabun terlalu sering karena dapat merusak kelembapan alami kulit.