10 Rekomendasi Buku Agenda Terbaik untuk Mahasiswa (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Buku Agenda Terbaik untuk Mahasiswa (Terbaru Tahun 2017)

Saat ini kebanyakan orang menyimpan catatan ataupun mengatur jadwal menggunakan smartphone. Namun, masih ada juga yang mencatat dengan menggunakan buku agenda biasa. Nah, apakah Anda salah satunya?

Kali ini, kami akan merekomendasikan buku agenda terbaik, khususnya untuk mahasiswa. Selain itu, kami juga akan memberikan tips untuk memilih buku agenda yang baik. Semoga dengan artikel ini, Anda bisa menemukan buku agenda yang cocok.

Daftar isi

Cara memilih buku agenda untuk mahasiswa

Ketika pergi ke toko buku atau perlengkapan alat tulis, Anda akan melihat berbagai macam buku agenda berderet dengan rapi. Hal ini seringkali membuat kita bingung untuk memilih buku agenda yang sesuai untuk kita.

Biasanya, hal pertama yang menjadi acuan utama dalam memilih buku agenda adalah desainnya. Namun, masih ada banyak hal yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan. Nah, berikut kami akan menjelaskan kepada Anda hal-hal yang harus diperhatikan ketika memilih buku agenda.

Perhatikan ukuran buku agenda

Perhatikan ukuran buku agenda

Buku agenda banyak tersedia dalam berbagai ukuran. Karena buku agenda sering dibawa, banyak orang memilih buku agenda yang ukurannya kecil. Namun, apabila terlalu kecil, tentu akan menyulitkan kita saat menulis.

Ketika memilih buku agenda, pikirkanlah seberapa banyak hal yang akan Anda tulis. Jika Anda menggunakannya sebagai buku harian, tentunya Anda akan membutuhkan banyak ruang menulis. Buku agenda yang terlalu besar juga dapat menyulitkan bila dibawa mobile. Oleh karena itu, pilihlah dengan memperhatikan kebutuhan dan ukuran tas Anda.

Pilihlah berdasarkan cara Anda menulis jadwal

Pilihlah berdasarkan cara Anda menulis jadwal

Untuk menulis jadwal, Anda membutuhkan kolom kalender pada buku agenda Anda. Banyak tipe kalender pada buku agenda, seperti bulanan, mingguan, dan tahunan. Ada buku agenda yang memiliki semua tipe kalender, tapi ada juga yang hanya salah satunya. Buku dengan tipe kalender bulanan biasanya tipis sehingga lebih mudah dibawa. Namun, ruang yang tersedia untuk menulis sedikit sehingga tidak bisa menulis banyak hal.

Buku tipe kalender mingguan memiliki lebih banyak ruang untuk menulis kegiatan kita tiap harinya, sehingga direkomendasikan untuk Anda yang sering memberikan catatan tambahan pada jadwal. Kekurangannya, buku menjadi lebih tebal dan berat.

Pertimbangkanlah gaya hidup Anda dan kegunaan buku agenda

Pertimbangkanlah gaya hidup Anda dan kegunaan buku agenda

Banyak jenis buku agenda yang tersedia di pasaran dengan kegunaan yang berbeda-beda. Anda harus pintar-pintar memilih agar dapat mengatur isi agenda dan jadwal dengan baik.

Untuk Anda yang ingin mengkelompokkan catatan disarankan memiliki buku agenda yang bisa diatur halamannya. Hal ini penting bagi mahasiswa, karena Anda mungkin memiliki jadwal yang padat dan catatan yang tidak bisa diprediksi.

10 Rekomendasi buku agenda terbaik untuk mahasiswa

Kali ini, kami akan memperkenalkan 10 rekomendasi buku agenda terbaik, terutama bagi Anda yang saat ini duduk di bangku kuliah.

Banyak variasi buku yang sederhana, mudah digunakan, dan bisa diatur sesuai selera. Jadi, silahkan mencari buku agenda yang terbaik untuk Anda.

10. Simple Weekly Planner

10. Simple Weekly Planner

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 28.700

Desain sederhana untuk kemudahan

Buku agenda ini didesain dengan bentuk yang sederhana dan nyaman digunakan. Buku ini memiliki kalender mingguan yang terdiri dari 104 halaman (untuk 57 minggu), artinya buku ini bisa digunakan sepanjang tahun.

Kolom untuk menulis kegiatan harian Anda tersedia cukup besar sehingga nyaman saat menulis. Kotak ini tersedia untuk satu minggu di setiap dua halaman yang berseberangan, dimana masing-masing kotak untuk 1 hari. Cocok untuk Anda yang suka mencatat mengenai kegiatan harian.

9. Ardium Animal Journal

9. Ardium Animal Journal

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 30.000

Buku mungil dengan desain binatang yang lucu

Buku agenda yang satu ini memiliki ukuran yang kecil, hanya 11,4 × 15 cm saja. Jumlah halaman yang dimiliki adalah 60 halaman (30 lembar kertas) yang terdiri dari yearly plan, yearly check list, monthly plan, line note, dan personal information.

Buku ini memiliki 3 varian desain, yaitu blue penguin, mustard fox, dan polar bear. Masing-masing desainnya lucu dan menggemaskan. Meskipun buku ini kecil, satu buku ini bisa dipakai 13 bulan untuk pemakaian wajar. Cocok untuk Anda yang menginginkan buku agenda serbaguna dengan desain unik.

8. Everyday Paint Many Tomorrow Diary

8. Paint Many Tomorrow Everyday Diary

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 46.000

Warnai setiap harimu

Buku ini memiliki 132 halaman yang terdiri dari yearly plan, monthly plan, weekly plan, blank note, line note dan personal information. Buku ini memiliki ukuran 20,4 × 10,5 cm dengan sampul plastik PVC transparan, anti basah, dan sampul yang bisa dilepas.

Daya tarik utama dari buku ini adalah desainnya yang lucu dan berwarna-warni di setiap halamannya. Seperti namanya, buku ini cocok digunakan untuk mewarnai kehidupan perkuliahan Anda yang berharga.

7. Peekmybook Journal Eighteen to Nineteen

7. Peekmybook Journal Eighteen to Nineteen

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 119.000

Menemani hari-hari perkuliahan Anda yang menyenangkan

Buku agenda ini didesain dengan warna dan ilustrasi ceria. Untuk Anda yang ingin menjadikan hari-hari Anda di kampus menjadi lebih ceria. Buku ini hadir dalam hardcover nyaman dipegang dengan 3 varian warna, yaitu abu-abu, pink, dan kuning.

Buku ini memiliki jumlah halaman yang cukup banyak, yaitu 198 halaman. Buku ini terdiri dari halaman personal data, family tree, monthly schedule, weekly schedule, dan blank note. Selain itu, buku ini bisa digunakan untuk 2 tahun pemakaian karena memiliki 2 kalender tahun.

6. Simple Basic Pocket Organizer

6. Simple Basic Pocket Organizer

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 24.000

Ukuran kecil untuk mudah dibawa-bawa

Buku yang satu ini ukurannya kecil sehingga memungkinkan untuk dimasukkan ke kantong celana atau baju Anda. Desainnya dibuat sederhana dan mudah digunakan. Selain itu, sampul luarnya terbuat dari bahan plastik PVC yang nyaman digenggam.

Buku agenda ini memiliki 180 halaman yang terdiri dari halaman inside cover, monthly planner, weekly planner, dan grid note. Karena ukurannya yang kecil, buku ini kami rekomendasikan untuk Anda yang suka berjalan-jalan dan jarang membawa tas.

5. Everyday 365 Planner

5. Everyday 365 Planner

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 90.000

Desain cantik dan menarik

Buku ini memiliki ukuran 13 × 18 cm dengan isi sebanyak 256 halaman full color. Bagian luar buku ini terbuat dari hardcover karton dengan 2 varian warna, yaitu tosca dan navy. Angka 365 pada sampul depan, menandakan buku ini bisa dipakai selama 365 hari atau 1 tahun.

Bagian dalam buku ini terdiri atas halaman personal info, yearly planner, monthly planner, 21 day plan, blank notes, dan filler. Buku dengan desain cantik ini cocok menemani hari Anda selama setahun penuh agar hari-hari Anda lebih berwarna.

4. Deluxe Buku Agenda 2018

4. Deluxe Buku Agenda 2018

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 28.900

Buku agenda dengan desain maskulin

Buku ini memiliki kalender bulanan dengan desain dan warna yang maskulin sehingga cocok untuk mahasiswa keren seperti Anda. Kalender bulanan disajikan dalam bentuk 1 kolom untuk 1 bulan sehingga memudahkan kita membuat jadwal.

Buku ini tersedia dalam 5 varian warna, yaitu hijau, maroon, hitam, biru tua, dan abu-abu. Warna sampulnya netral, sehingga cocok untuk berbagai keperluan. Selain kalender bulanan, tersedia halaman bergaris untuk mengisi kegiatan kita setiap harinya.

3. Molang Rabbit Agenda

3. Molang Rabbit Agenda

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 120.000

Sederhana dan lucu

Buku agenda dengan desain lucu ini memiliki 3 varian warna, yaitu merah, biru, dan putih. Bagian luar buku ini juga terbuat dari kulit artifisial yang nyaman dipegang. Cocok untuk mahasiswi yang ingin mencatat kegiatan hariannya.

Buku yang terdiri dari 224 halaman ini memiliki kalender bulanan dan mingguan sehingga bisa memudahkan Anda mengatur jadwal perkuliahan Anda yang banyak. Buku ini memang didesain khusus untuk memberikan keindahan saat dipandang dan kenyamanan saat menulis.

2. Sweet Fruit Style 100 Days Project Planner

2. Sweet Fruit Style 100 Days Project Planner

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 42.900

Membantu mengatur hidup sehat Anda

Buku agenda yang satu ini unik, karena bertemakan buah-buahan lucu. Isi buku ini terdiri dari halaman 100 days planner, daily planner, dan blank notes. Buku ini tersedia dengan 4 varian jenis buah, yaitu apel, nanas, pisang, dan pir.

Buku dengan ukuran 12,8 × 18,5 cm ini dapat membantu Anda mengatur jadwal Anda sekaligus mengingatkan untuk rajin makan buah dan hidup sehat. Cocok untuk Anda mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi dan sering tidur larut malam.

1. Lover Colour Weekly Organizer

1. Lover Colour Weekly Organizer

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 56.900

Rencanakan hari Anda dengan warna yang menyenangkan

Buku agenda ini memiliki kalender mingguan yang didesain dengan warna pastel sehingga menimbulkan kesan sederhana dan tapi tetap classy. Bahan sampulnya terbuat dari hardcover karton dan dilapisi kanvas sehingga membuatnya nyaman disentuh.

Buku ini memiliki 4 varian warna, yaitu blue, lime green, peach, dan grey. Bagian dalam buku terdiri dari halaman personal information, monthly planner, dan weekly planner. Buku ini kami rekomendasikan untuk Anda yang mengutamakan kemudahan menulis dan kenyamanan untuk dipandang.

Kesimpulan

Jadi, apakah Anda sudah menemukan buku agenda yang tepat? Ketika Anda sudah mulai memasuki bangku kuliah, Anda sudah harus mulai mengatur jadwal Anda sendiri. Terlebih jika Anda memiliki banyak kegiatan selain kuliah, seperti kerja part time dan organisasi mahasiswa.

Jika Anda bisa mengatur jadwal Anda dengan baik, maka ini dapat menjadi bekal Anda di masa depan. Oleh karena itu, pilihlah buku agenda terbaik untuk Anda dan gunakanlah.