• 10 Rekomendasi Buku Agenda Terbaik untuk Mahasiswa (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Buku Agenda Terbaik untuk Mahasiswa (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Buku Agenda Terbaik untuk Mahasiswa (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Buku Agenda Terbaik untuk Mahasiswa (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Buku Agenda Terbaik untuk Mahasiswa (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Buku Agenda Terbaik untuk Mahasiswa (Terbaru Tahun 2020)

Saat ini kebanyakan orang menyimpan catatan atau mengatur jadwal menggunakan smartphone. Namun, masih ada juga yang melakukan keduanya memakai buku agenda biasa karena lebih rapi dan lebih mudah dilihat berkat ukurannya yang lebih besar daripada smartphone. Nah, apakah Anda salah satunya?

Kali ini, kami akan merekomendasikan buku agenda terbaik, khususnya untuk mahasiswa. Selain itu, kami juga akan memberikan tips untuk memilih buku agenda yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga dengan artikel ini, Anda bisa menemukan buku agenda yang cocok.
  • Pembaharuan terakhir: 15 Juni 2020
  • 13.141 Views
Daftar isi

Alasan mahasiswa membutuhkan buku agenda

Alasan mahasiswa membutuhkan buku agenda
Ketika memasuki masa kuliah, banyak jadwal dan agenda yang perlu Anda atur, misalnya jadwal kerja paruh waktu, pengumpulan tugas kuliah, ujian, jam kuliah, dan berbagai kegiatan lainnya. Ketika Anda lulus kuliah, Anda juga bisa menambahkan jadwal magang atau pencarian lowongan kerja.
Anda juga bisa menambahkan berbagai tulisan dan informasi terkait jadwal yang Anda cantumkan agar seluruh jadwal Anda bisa tertata sempurna dan efisien. Memang mencatat jadwal menggunakan smartphone juga baik, tetapi dengan menuliskannya di buku agenda, Anda bisa dengan mudah membuka, mencatat, dan mengecek jadwal keseluruhan. Anda bisa menggunakan buku agenda untuk memudahkan pengaturan baik kehidupan kuliah maupun pribadi Anda.

Cara memilih buku agenda untuk mahasiswa

Biasanya, hal pertama yang menjadi acuan utama dalam memilih buku agenda adalah desainnya. Namun, masih ada banyak hal yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan. Berikut kami jelaskan secara detail.

Pilih ukuran sesuai tujuan penggunaannya

Pada dasarnya kami merekomendasikan 3 jenis ukuran untuk dipakai oleh mahasiswa, yaitu ukuran B6, A5, dan B5. Kami akan menjelaskan masing-masing kelebihan dan kekurangan dari ukuran tersebut. Namun, selain 3 ukuran yang akan kami jelaskan, ada juga berbagai ukuran buku agenda lainnya. Jadi, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda setelah mempertimbangkan fungsi dan ukurannya.

Ukuran B6, ringan dan mudah dibawa dalam tas Anda

Ukuran B6, ringan dan mudah dibawa dalam tas Anda
Ukuran ini pas untuk Anda yang selalu membawa buku agenda ke mana-mana. Tipe ini memiliki ukuran hampir seperti buku tulis biasa, yakni 18,2 x 12,8 cm sehingga akan mudah untuk Anda bawa dalam tas dan ruang untuk menulis pun cukup banyak.
Berhubung mudah dibawa-bawa, Anda pun bisa menulis catatan di dalamnya dengan mudah kapan saja Anda butuhkan, misalnya saat harus menulis pelajaran, agenda, jadwal, dan sebagainya. Selain banyak produk yang dapat Anda pilih, ukuran seperti ini juga kami rekomendasikan untuk Anda yang tidak ingin membawa buku agenda berat dalam tas Anda.

Ukuran A5, dapat menyimpan banyak jadwal dan kegiatan Anda dengan baik

Ukuran A5, dapat menyimpan banyak jadwal dan kegiatan Anda dengan baik
Ukuran A5 merupakan ukuran buku agenda yang populer dan cocok untuk Anda yang ingin menuliskan banyak agenda dan jadwal, mulai dari urusan kampus hingga urusan pribadi. Dengan ukuran 21 x 14,8 cm, tentunya Anda bisa menulis lebih banyak catatan di dalamnya. Agar lebih mudah dibaca, Anda bahkan bisa memberikan highlight dengan warna-warna berbeda pada catatan Anda.
Meski ukurannya lebih besar dari B6, ukuran seperti ini sesuai untuk Anda yang sering menuliskan catatan. Tenang saja, Anda pun masih bisa membawanya dengan mudah berkat ukurannya yang masih pas dalam genggaman dan tas Anda.

Ukuran B5, nyaman dipakai untuk mencatat segala agenda dan catatan Anda

Ukuran B5, nyaman dipakai untuk mencatat segala agenda dan catatan Anda
Dengan ukuran 25,7 x 18,2 cm, Anda akan sangat nyaman mencatat sesuatu di dalamnya. Namun, ukurannya yang besar membuat buku agenda berukuran seperti ini kurang nyaman dibawa-bawa. Meski begitu, jadwal bulanan bahkan tahunan Anda dapat terangkum semua dengan baik pada buku agenda ini.
Ukuran yang cukup besar ini juga membuat Anda bisa menyelipkan hasil print-an Anda hingga sebesar setengah ukuran kertas A3 di dalamnya tanpa harus khawatir akan tertekuk. Ukuran seperti ini cocok untuk Anda yang praktis dan ingin menyimpan seluruh catatan Anda dalam satu buku saja, karena pasti Anda akan menuliskan begitu banyak agenda dan jadwal terkait urusan kampus.

Pilih berdasarkan jenis halamannya

Tidak hanya ukuran, Anda juga perlu mengecek jenis halaman atau format di dalam buku agenda tersebut. Berikut akan kami jelaskan lebih lanjut.

Kalender bulanan, memudahkan Anda mengecek jadwal bulanan

Kalender bulanan, memudahkan Anda mengecek jadwal bulanan
Pertama, kami akan membahas buku agenda yang dilengkapi halaman kalender bulanan. Keberadaan kalender bulanan ini akan memudahkan Anda mengecek seluruh jadwal bulanan dalam sekali lihat.
Apalagi, Anda akan semakin mudah mengecek jadwal bila Anda memberikan warna berbeda pada masing-masing jenis jadwal. Kebanyakan buku agenda sudah dilengkapi dengan kalender bulanan dan mingguan, tetapi ada juga yang hanya dilengkapi salah satunya saja sehingga Anda perlu mengeceknya terlebih dahulu.

Kolom time table, bikin buku agenda makin mudah digunakan

Kolom time table, bikin buku agenda makin mudah digunakan
Bagi mahasiswa, jadwal kuliah adalah hal penting sehingga Anda juga perlu mengecek adanya kolom time table pada buku agenda yang hendak Anda beli. Belakangan ini, kolom time table juga digunakan untuk keperluan bisnis sehingga semakin banyak buku agenda yang dilengkapi halaman berisi kolom tersebut.
Akan tetapi, opsi buku agenda yang bisa Anda pilih akan menjadi semakin sedikit bila Anda terlalu menekankan pada adanya kolom time table bawaan pada suatu buku agenda. Toh, seandainya kolom tersebut tak ada pun Anda tetap bisa membuatnya sendiri di halaman kosong atau buku yang sudah memiliki kotak-kotak di dalamnya.

Kalender mingguan vertikal, mudah melihat urutan jadwal secara keseluruhan

Kalender mingguan vertikal, mudah melihat urutan jadwal secara keseluruhan
Anda akan menemukan berbagai jenis kalender mingguan, tetapi yang paling direkomendasikan bagi mahasiswa adalah kalender mingguan vertikal yang sudah dilengkapi dengan time table. Adanya rentang waktu yang jelas ini akan memudahkan Anda dalam menulis jadwal kuliah, menentukan jam belajar yang tepat, mencatat berbagai kegiatan harian, dan menulis jadwal pribadi Anda.
Selain itu, Anda juga bisa mengecek ulang seluruh jadwal Anda secara spesifik untuk mencegah jadwal bentrok. Meski begitu, seperti sudah disebutkan di atas, Anda tidak perlu terlalu terpaku pada hal ini karena Anda bisa membuat sendiri kolom tabel sesuai keinginan Anda. Lagipula, buku agenda dengan kalender mingguan vertikal seperti ini memang masih sulit ditemukan di pasaran.

Kalender tahunan, memudahkan dalam menyusun rencana studi

Kalender tahunan, memudahkan dalam menyusun rencana studi
Buku agenda yang dilengkapi kalendar tahunan sangat tepat digunakan untuk membantu menyusun rencana studi secara sistematis. Anda bisa dengan mudah mengecek hari yang tersisa hingga jadwal ujian tiba dan menyusun rencana belajar dengan tepat. Anda akan bisa belajar dengan lebih efektif, misalnya dengan cara mempelajari ulang materi yang Anda catat atau melakukan review terhadap seluruh materi dan memperkuat area pelajaran yang masih belum Anda kuasai hingga hari ujian tiba.

Halaman catatan, memungkinkan Anda menulis banyak informasi tambahan

Halaman catatan, memungkinkan Anda menulis banyak informasi tambahan
Kami merekomendasikan Anda untuk memilih buku yang memiliki halaman catatan sebanyak mungkin. Halaman catatan sangatlah berguna untuk menulis berbagai informasi tambahan baik terkait kehidupan kuliah maupun pribadi, misalnya mencatat informasi tambahan terkait materi yang belum Anda pahami.
Bila Anda ingin mencatat dengan lebih rapi, Anda bisa memilih produk yang halaman catatannya sudah digaris atau diberi kolom. Anda juga bebas menambahkan warna atau coretan tambahan sesuka Anda. Karena itu, jangan lupa untuk mengecek juga halaman catatannya, ya!

Pilih berdasarkan bulan permulaannya

Pilih berdasarkan bulan permulaannya
Lalu, penting juga untuk mengecek bulan permulaan pada buku agenda pilihan Anda. Anda akan menemukan adanya buku catatan yang diawali dari bulan Januari, April, September, dan Desember. Mengingat kebiasaan dari kebanyakan universitas di Indonesia, Anda bisa memilih buku agenda yang bulan awalnya September bila Anda adalah mahasiswa baru, dan buku yang awalnya bulan Januari bila Anda sudah bukan mahasiswa baru lagi. Kebanyakan perusahaan juga tutup buku di bulan Desember dan memulai yang baru di bulan Januari, Anda bisa menggunakan buku yang bulan permulaannya Januari setelah Anda lulus dan mulai bekerja.

10 Rekomendasi buku agenda terbaik untuk mahasiswa

Kali ini, kami akan memperkenalkan 10 rekomendasi buku agenda terbaik untuk mahasiswa. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
10
UkuranA5 (15 x 21 cm)
Halaman time tableX
Kalender tahunanX
Kalender bulananX
Kalender mingguan vertikalX
Halaman catatan
9

Buku Agenda Elephant Motive

Rp 0,00

Ukuran9 x 14 cm
Halaman time tableX
Kalender tahunanX
Kalender bulananX
Kalender mingguan vertikalX
Halaman catatan
8
UkuranA5 (14 × 21,5 cm)
Halaman time tableX
Kalender tahunanX
Kalender bulananX
Kalender mingguan vertikalX
Halaman catatan
7
UkuranA6 (10,5 × 14,7 cm)
Halaman time table
Kalender tahunanX
Kalender bulanan
Kalender mingguan vertikalX
Halaman catatan
6

Sweet Fruit Style 100 Days Project Planner

Rp 51.000,00

UkuranB6 (12,8 x 18,5 cm)
Halaman time table
Kalender tahunanX
Kalender bulananX
Kalender mingguan vertikalX
Halaman catatan
5
UkuranB6 (13 × 18 cm)
Halaman time tableX (digantikan dengan 21 days planner berbentuk tabel)
Kalender tahunan
Kalender bulanan
Kalender mingguan vertikal✔ (berbentuk kolom vertikal, dapat ditulisi sendiri)
Halaman catatan
4
Ukuran11,4 × 15 cm
Halaman time table
Kalender tahunan
Kalender bulanan
Kalender mingguan vertikalX
Halaman catatan
3
Ukuran13,5 x 18 cm
Halaman time tableX
Kalender tahunanX
Kalender bulanan
Kalender mingguan vertikalX
Halaman catatan
2
Ukuran20,4 × 10,5 cm
Halaman time table
Kalender tahunan
Kalender bulanan
Kalender mingguan vertikalX
Halaman catatan
1

PeekmybookEighteen to Nineteen – 2018 Journal

Rp 117.900,00

UkuranA5 (13,5 × 21 cm)
Halaman time table
Kalender tahunan
Kalender bulanan
Kalender mingguan vertikalX
Halaman catatan

Tabel perbandingan produk buku agenda terbaik untuk mahasiswa

Gambar produk
1
Peekmybook Eighteen to Nineteen – 2018 Journal 1

Peekmybook

2
Ponybrown Everyday Paint Many Tomorrow Diary 1

Ponybrown

3
Peekmybook One Fine Day – All Year Planner 1

Peekmybook

4
Ardium Animal Journal 1

5
Everyday 365 Planner 1

6
Sweet Fruit Style 100 Days Project Planner 1

7
Simple Basic Pocket Organizer 1

8
Deluxe Buku Agenda 1

Deluxe

9
Buku Agenda Elephant Motive 1

10
Simple Weekly Planner 1

Nama produk

Eighteen to Nineteen – 2018 Journal

Everyday Paint Many Tomorrow Diary

One Fine Day – All Year Planner

Ardium Animal Journal

Everyday 365 Planner

Sweet Fruit Style 100 Days Project Planner

Simple Basic Pocket Organizer

Buku Agenda

Buku Agenda Elephant Motive

Simple Weekly Planner

Keunggulan

Family tree-nya ingatkan Anda selalu akan keluarga tercinta

Buha Bear yang lucu siap temani setiap hari Anda

Kenali diri lebih dalam dengan mood recorder

Buku mungil dengan desain binatang yang lucu

Tampil trendi dengan warna pastel

Lengkapi koleksi dengan agenda berdesain tematik buah

Ukurannya kecil, makin mudah dibawa ke mana pun

Cover kulit plus tampilan minimalis kuatkan kesan eksklusif

Tampil unik dengan sampul artistik dan motif timbul

Desainnya minimalis, makin mudah digunakan

HargaRp 117.900,00Rp 48.000,00Rp 119.000,00Rp 39.000,00Rp 79.800,00Rp 51.000,00Rp 33.750,00Rp 26.000,00Rp 0,00Rp 54.000,00
UkuranA5 (13,5 × 21 cm)20,4 × 10,5 cm13,5 x 18 cm11,4 × 15 cmB6 (13 × 18 cm)B6 (12,8 x 18,5 cm)A6 (10,5 × 14,7 cm)A5 (14 × 21,5 cm)9 x 14 cmA5 (15 x 21 cm)
Halaman time tableXX (digantikan dengan 21 days planner berbentuk tabel)XXX
Kalender tahunanXXXXXX
Kalender bulananXXXX
Kalender mingguan vertikalXXXX✔ (berbentuk kolom vertikal, dapat ditulisi sendiri)XXXXX
Halaman catatan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi bolpoin untuk buku catatan, dan laptop untuk kebutuhan mahasiswa rumpun sains di sini!

Dengan menggunakan bolpoin yang tepat, Anda pun akan semakin nyaman mencatat. Tidak hanya mencatat dengan agenda, mahasiswa terutama dari rumpun sains memerlukan laptop berkualitas mumpuni untuk mengerjakan baik tugas kuliah, magang, maupun pekerjaan paruh waktu. Ingin tahu lebih detail? Anda bisa membacanya di sini.

Kesimpulan

Jadi, apakah Anda sudah menemukan buku agenda yang tepat? Ketika Anda sudah mulai memasuki bangku kuliah, Anda sudah harus mulai mengatur jadwal Anda sendiri. Terlebih jika Anda memiliki banyak kegiatan selain kuliah, seperti kerja part time dan organisasi mahasiswa.
Jika Anda bisa mengatur jadwal Anda dengan baik, ini dapat menjadi bekal Anda di masa depan. Karena itu, pilihlah buku agenda terbaik yang aling sesuai kebutuhan Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu cara terbaik untuk mengisi waktu senggang adalah dengan membaca novel romantis. Selain bisa menikmati kisah cinta tokoh utamanya, Anda juga bisa mendapatkan inspirasi dari novel tersebut. Tak hanya itu, siapa tahu Anda juga menemukan kutipan kata cinta menarik yang bisa diunggah di Instagram.Masalahnya, setiap bulan selalu ada judul novel romantis baru yang terbit mulai dari Senja & Pagi hingga Antologi Rasa. Anda akan dibuat bingung saat hendak membelinya. Guna mengurangi kebingungan Anda, kami akan memberikan tips tentang bagaimana cara memilih novel romantis terbaik.
    Buku & alat tulis
    187.899 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Nonfiksi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Buku Nonfiksi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berlawanan dengan novel yang ditulis berdasarkan hasil imajinasi pengarang, isi buku nonfiksi bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Semua informasi yang ada pada buku nonfiksi benar-benar nyata dan dilengkapi data. Tak heran jika buku nonfiksi sarat akan ilmu baru dan pengetahuan menarik.Buku nonfiksi terbagi menjadi beragam subgenre, seperti self-improvement, parenting, biografi, dan lain-lain. Mungkin Anda akan kebingungan dalam memilih buku apa yang hendak dibaca. Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda dalam memilih buku nonfiksi serta merekomendasikan buku-buku terbaik. Selamat membaca!
    Buku & alat tulis
    4.821 Views
  • 10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pensil warna tidak hanya populer di kalangan anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Merek pensil warna ternama, seperti Faber-Castell, Staedtler, dan Joyko mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Jika dilihat, hampir semua produk pensil warna memang terlihat sama. Namun, adakah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pensil warna terbaik?Kali ini kami akan membagikan tips memilih pensil warna yang tepat. Tidak ketinggalan, rekomendasi produk-produk terbaik juga akan kami berikan setelahnya. Pilihlah dengan cermat manakah produk yang sesuai dengan keinginan Anda. Selamat membaca, ya!
    Buku & alat tulis
    59.196 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2020)
    Buku catatan tidak hanya digunakan untuk bekerja atau belajar, tetapi juga untuk berbagai keperluan lain. Sejumlah produsen buku catatan ternama, seperti Kenko, Kiky, dan Kokuyo menawarkan beberapa produk terbaiknya. Tentu saja, produk-produk tersebut dibuat dengan jenis kertas, ukuran garis, dan motif sampul yang beragam.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih buku catatan terbaik yang mudah dipakai. Tidak ketinggalan, kami juga merekomendasikan produk buku catatan terbaik untuk membantu Anda menentukan pilihan. Jadi, simak ulasannya sampai habis ya!
    Buku & alat tulis
    38.232 Views
  • 10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pulpen merupakan alat tulis yang biasa digunakan sehari-hari. Berbagai variasi tinta, seperti tinta gel, tinta berbasis air dan berbasis minyak, bahkan tinta yang dapat dihapus, telah banyak beredar di pasaran. Produknya pun beragam mulai dari yang biasa hingga mewah.Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih pulpen untuk berbagai keperluan. Beragam produk pilihan bermerek Faber Castell atau PILOT yang umum digunakan, serta merek PARKER yang elegan pun akan kami ulas pada rekomendasi produk.
    Buku & alat tulis
    45.220 Views
  • 10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Keistimewaan dari pulpen gel adalah tidak mudah luntur. Saat ini, terdapat banyak pilihan merek dan tipe pulpen gel, termasuk juga pulpen frixion. Ditambah lagi, Anda juga harus memilih tingkat ketebalan ujung pena dan warna tinta yang sesuai dengan kebutuhan. Anda mungkin akan bingung dalam memilih yang terbaik.Untuk membantu Anda, artikel ini akan mengulas cara memilih pulpen gel terbaik. Setelahnya, kami juga memberi rekomendasi pulpen gel yang dapat Anda beli di toko online Indonesia. Terdapat beberapa merek yang dapat Anda pilih, antara lain Pilot, Kenko, Zebra, dan Pentel. Semoga Anda dapat menemukan produk yang memenuhi kebutuhan dan selera Anda. Mari kita mulai!
    Buku & alat tulis
    26.383 Views
  • 10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu alat tulis yang cukup populer adalah loose leaf binder yang dapat digunakan baik untuk belajar maupun bekerja. Salah satu poin yang membuat loose leaf binder praktis digunakan adalah kertasnya yang bisa diisi ulang dan dapat berfungsi sebagai catatan atau bahkan scrapbook. Masalahnya, tidak semua binder nyaman digunakan.Tidak sedikit loose leaf binder yang ringnya sulit dibuka atau bahkan mudah rusak. Selain itu, banyaknya loose leaf binder, misalnya keluaran Kokuyo, Joyko, atau Bantex bisa saja membuat Anda bingung memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi loose leaf binder terbaik. Selamat menyimak!
    Buku & alat tulis
    26.192 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori