mybest
Vitamin & suplemen

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Vitamin & suplemen
  4. 10 Rekomendasi Suplemen Theanine Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Suplemen Theanine Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Suplemen Theanine Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Suplemen Theanine Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Suplemen Theanine Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Suplemen Theanine Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Suplemen Theanine Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Theanine adalah asam amino yang mampu meningkatkan kualitas tidur dan menghilangkan rasa cemas. Fungsi L-theanine adalah membantu Anda lebih relaks dan tidur dengan baik. Theanine biasanya ada di dalam teh, tetapi kandungannya sangat sedikit. Karena itu, Anda dapat mencobanya dalam bentuk suplemen jika ingin merasakan manfaat L-theanine secara optimal.

Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan membahas cara memilih suplemen theanine dan merekomendasikan beberapa produknya. Ada suplemen theanine dari merek Natrol, Soho NootropicsPuritan’s Pride, dan lainnya. Yuk, dapatkan produk terbaik Anda di sini.

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Apa itu theanine?

Apa itu theanine?
Theanine adalah asam amino yang terkandung dalam teh, seperti teh hijau, teh hitam, dan teh oolong. Kandungan ini efektif dalam meningkatkan kualitas tidur serta meringankan rasa lelah dan cemas berlebih. Sayangnya kandungan theanine di dalam teh hanya sedikit. Jadi, Anda harus minum 10–20 gelas teh untuk merasakan efeknya secara optimal. 

Oleh karena itu, theanine hadir dalam bentuk suplemen yang bisa Anda konsumsi sesuai kebutuhan. Suplemen theanine dikatakan efektif apabila dikonsumsi satu jam sebelum tidur dengan dosis 200 mg. Namun, sebenarnya theanine boleh diminum kapan saja karena tidak ada patokan waktu yang pasti untuk meminumnya.


Theanine juga boleh dikonsumsi pada siang hari berkat kemampuannya dalam mengurangi rasa lelah dan tegang saat bekerja. Karena theanine bukan obat tidur, Anda tidak perlu khawatir akan timbulnya rasa kantuk yang berlebihan.

Cara memilih suplemen theanine

Seperti telah disebutkan sebelumnya, suplemen theanine dapat membantu Anda lebih relaks dan tidur dengan baik. Namun, ada beberapa kriteria yang perlu Anda perhatikan ketika memilih suplemen theanine. Berikut ini adalah ulasannya.
1

Pastikan Anda mengonsumsi theanine sesuai kadar yang dibutuhkan

Pastikan Anda mengonsumsi theanine sesuai kadar yang dibutuhkan
Kadar theanine pada setiap produk suplemen berbeda-beda. Ada yang kadarnya 100 mg dan 200 mg tiap butirnya. Agar terasa efeknya, penelitian menyatakan bahwa dosis theanine yang dianjurkan adalah 200 mg per hari. Selain itu, pada studi mengenai elektroensefalografi (EEG), gelombang alpha dihasilkan oleh otak setelah mengonsumsi theanine sebanyak 200 mg. 

Ketika otak mengeluarkan gelombang alpha, berarti tubuh dalam keadaan relaks dan nyaman. Dari dua fakta tersebut, dapat disimpulkan bahwa mengonsumsi theanine dengan dosis 200 mg per hari sudah cukup efektif.


Meskipun begitu, ada kondisi khusus yang membuat Anda harus mengonsumsi theanine dalam kadar tertentu. Karena itu, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui kadar theanine yang dibutuhkan tubuh Anda.

2

Pilihlah produk dengan jumlah konsumsi paling sedikit

Pilihlah produk dengan jumlah konsumsi paling sedikit
Perbedaan merek akan membuat jumlah kandungan theanine pada setiap butir suplemen berbeda pula. Hal ini bisa saja membuat Anda harus menelan enam tablet sekaligus agar jumlah theanine yang diperlukan terpenuhi. Supaya Anda tidak repot, pilihlah produk yang hanya perlu dikonsumsi 1–2 butir sekali minum. Di pihak lain, hal ini juga akan membuat Anda lebih mudah mengonsumsi suplemen tersebut. 
3

Temukan produk yang paling mudah Anda konsumsi

Temukan produk yang paling mudah Anda konsumsi

Suplemen theanine hadir dalam berbagai bentuk, seperti bubuk, tablet, kapsul, dan juga softgel. Namun, suplemen theanine berbentuk bubuk agak sulit ditemui di pasaran. Jika Anda kesulitan dalam menelan butiran suplemen, kami sarankan untuk memilih softgel atau tablet kunyah. Kedua bentuk suplemen ini terbilang lebih mudah ditelan dibandingkan bentuk tablet atau kapsul.

4

Periksalah kandungan bermanfaat lainnya

Periksalah kandungan bermanfaat lainnya
Efektivitas suplemen theanine akan bertambah apabila mengandung bahan tambahan lain yang berfungsi sama, contohnya glycine. Glycine adalah asam amino yang terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, ada lecithin yang mampu meningkatkan fungsi otak.

Di samping itu, beberapa suplemen theanine ada pula yang menambahkan kandungan melatonin. Melatonin sebenarnya adalah hormon yang diproduksi secara alami untuk memberi sinyal tidur. Namun, pada beberapa kasus, hormon ini diperlukan lebih banyak sehingga diperlukan suplemen khusus.


Selain itu, ada pula produsen yang menambahkan formula minyak kelapa organik, inositol, atau tanaman herbal. Kandungan tersebut dapat menambah manfaat suplemen theanine. Jadi, periksalah campuran kandungan lainnya jika menginginkan hasil yang lebih optimal.
5

Pertimbangkan efek samping yang ditimbulkan

Pertimbangkan efek samping yang ditimbulkan

Terlepas dari segala manfaatnya, theanine juga memiliki efek samping ringan seperti sakit kepala atau perut tidak nyaman. Jadi, diperlukan perhatian khusus jika Anda sedang mengonsumsi obat penurun tekanan darah. Selain itu, untuk wanita hamil dan menyusui pun sebaiknya memperhatikan konsumsi suplemen ini.


Tidak hanya itu saja. Beberapa suplemen theanine ada yang diformulasikan dengan gluten, minyak kelapa, atau tanaman herbal. Beberapa orang yang memiliki alergi terhadap bahan-bahan tersebut harus lebih waspada karena bisa memicu alergi. Jadi, pastikan Anda selalu mengecek kandungannya.


Di sisi lain, karena suplemen theanine merupakan salah satu jenis asam amino, efeknya tidak akan terlalu kuat. Jadi, Anda tidak perlu terlalu cemas tentang efek sampingnya. Hanya saja, suplemen ini tentu mengandung bahan aktif. Jika Anda sedang dalam masa pengobatan atau mengonsumsi obat-obatan tertentu, konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu sebelum Anda mengonsumsinya.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi suplemen theanine terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk suplemen theanine terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin

Natrol

Sleep+ Calm Gummies

Natrol Sleep+ Calm Gummies 1

Rp315.000

Menengah

Tingkatkan kualitas tidur dengan tablet kunyah rasa strawberry

Olly

Sleep

Olly Sleep 1

Rp380.000

Agak Mahal

Siklus tidur lebih teratur untuk badan yang lebih segar

Soho Nootropics

Caffeine L-Theanine Kapsul

Soho Nootropics Caffeine L-Theanine Kapsul 1

Rp238.591

Menengah

Lebih konsentrasi dan fokus dalam bekerja

PippingRock

L-Theanine

PippingRock  L-Theanine 1

Rp143.333

Agak Murah

Rasakan segera efeknya dengan kapsul yang mudah larut

California Gold Nutrition

L-Theanine 100 mg

California Gold Nutrition L-Theanine 100 mg 1

Rp125.000

Agak Murah

Membantu meningkatkan aktivitas gelombang alpha tanpa rasa kantuk

Now Foods

L-Theanine Double Strength 200 mg

Now Foods  L-Theanine Double Strength 200 mg 1

Rp375.000

Agak Mahal

Dengan kekuatan ekstra inositol yang berkhasiat atasi rasa cemas dan panik

Sports Research

L-Theanine with Coconut Oil

Sports Research L-Theanine with Coconut Oil 1

Rp350.000

Agak Mahal

Diformulasikan dengan minyak kelapa organik yang penuh manfaat

Bronson

L-Theanine

Bronson L-Theanine  1

Rp132.200

Agak Murah

Makin relaks dengan tambahan khasiat passion flower

Life Extension

L-Theanine

Life Extension L-Theanine 1

Rp450.000

Lebih Mahal

Bantu Anda mengelola stress dan menaikkan mood

Puritan’s Pride

L-Theanine

Puritan’s Pride  L-Theanine 1

Rp338.800

Menengah

Bebas dari zat kimia berbahaya, laktosa, dan sodium

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.

NatrolSleep+ Calm Gummies

Sleep+ Calm Gummies 1
Sumber: natrol.com
Sleep+ Calm Gummies 2
Sumber: natrol.com
Harga referensi
Rp315.000
Menengah
Harga referensi
Rp315.000
Menengah

Tingkatkan kualitas tidur dengan tablet kunyah rasa strawberry

Bagi Anda yang lebih menyukai suplemen dengan rasa manis, produk yang satu ini dapat dipertimbangkan. Suplemen dari Natrol ini memberikan rasa manisnya strawberry dari gula tebu dan sirop tapioka organik yang menyegarkan. 


Setiap butirnya terdapat botanical blend dari tiga macam bahan, yaitu chamomile, lavender, dan lemon yang bisa meningkatkan efeknya. Berkat produk ini, Anda akan merasakan tubuh dan pikiran lebih tenang, tidur pun lebih mudah. Namun, bila muncul efek samping berupa perut tidak nyaman atau sakit kepala, segera konsultasi ke dokter, ya.

Apakah pemilihan produk ini berguna sebagai referensi?

OllySleep

Harga referensi
Rp380.000
Agak Mahal

Siklus tidur lebih teratur untuk badan yang lebih segar

Ada empat siklus tidur yang harus dilalui, yaitu "tidur-tidur ayam", menuju tidur pulas, tidur pulas, dan tidur bermimpi. Apabila siklus tidur ini tidak terpenuhi dalam waktu berturut-turut, kualitas tidur Anda jadi kurang maksimal. Esoknya paginya, Anda bangun dalam keadaan badan lelah dan kurang bersemangat.


Pernahkah Anda mengalami hal itu? Nah, untuk membantu siklus tidur Anda menjadi lebih teratur, suplemen yang satu ini bisa Anda coba. Olly Sleep adalah suplemen dengan rasa blackberry yang bisa membantu menenangkan pikiran dan indera Anda saat akan tidur. Anda pun bisa merasakan deep sleep yang maksimal untuk badan yang lebih segar.

Soho NootropicsCaffeine L-Theanine Kapsul

Harga referensi
Rp238.591
Menengah

Lebih konsentrasi dan fokus dalam bekerja

Mengonsumsi theanine tidak melulu untuk memberikan ketenangan dan relaksasi saja. Penelitian menyebutkan bahwa theanine dapat memberikan peningkatan kinerja seseorang. Terlebih bila theanine diformulasikan dengan kafein seperti produk dari Soho Nootropics ini.


Meski mengandung kafein dari ekstrak kopi, kandungan theanine di dalamnya dapat meminimalkan efek samping kafein tersebut. Anda pun bisa mengonsumsinya untuk meningkatkan stamina, konsentrasi, dan semangat dalam bekerja. Alhasil, produktivitas kerja Anda meningkat.

PippingRock L-Theanine

Harga referensi
Rp143.333
Agak Murah

Rasakan segera efeknya dengan kapsul yang mudah larut

Produk ini cocok bagi Anda yang membutuhkan istirahat berkualitas dengan cepat. Menawarkan kandungan 200 mg theanine per kapsulnya, produk ini membuat Anda tidak perlu menelan banyak kapsul sekaligus. Selain itu, PippingRock L-Theanine dikemas dalam bentuk kapsul quick release yang mudah larut. Dengan begitu, Anda bisa segera merasakan efek relaksasinya.

California Gold NutritionL-Theanine 100 mg

Harga referensi
Rp125.000
Agak Murah

Membantu meningkatkan aktivitas gelombang alpha tanpa rasa kantuk

Produk ini menghadirkan AlphaWave® yang telah dipatenkan dari L-theanine murni yang distandardisasi hingga 98% L-theanine. Diproduksi langsung di Amerika Serikat, suplemen ini telah lolos uji semua kualitatif dan kuantitatif quality control.

California Gold Nutrition L-Theanine tidak hanya membantu Anda lebih relaks, tetapi juga membantu meningkatkan fungsi kognitif Anda. Selain itu, Anda dapat merasakan efek relaksasinya tanpa rasa kantuk. Produk ini sangat disarankan untuk Anda yang membutuhkan ketenangan dalam beraktivitas.

Now Foods L-Theanine Double Strength 200 mg

Harga referensi
Rp375.000
Agak Mahal

Dengan kekuatan ekstra inositol yang berkhasiat atasi rasa cemas dan panik

Sesuai namanya, produk keluaran Now Foods ini menawarkan suplemen dengan kekuatan ganda. Kekuatan ganda tersebut berasal dari perpaduan theanine dan inositol. Inositol sendiri berkhasiat untuk membantu mengatasi gangguan kecemasan dan gangguan obsesif-kompulsif (OCD). Jadi, produk ini bisa dipertimbangkan oleh Anda yang mengalami depresi, gangguan kecemasan, dan susah tidur.

Sports ResearchL-Theanine with Coconut Oil

Harga referensi
Rp350.000
Agak Mahal

Diformulasikan dengan minyak kelapa organik yang penuh manfaat

Sports Research L-Theanine diformulasikan dengan minyak kelapa organik atau VCO yang kaya akan manfaat. Selain meningkatkan imunitas, minyak kelapa juga mampu meningkatkan kesehatan jantung dan fungsi kognitif, khususnya pada penderita alzheimer. 


Jadi, bagi Anda yang sulit tidur pada malam hari atau mungkin imunnya rentan drop, pertimbangkan produk ini sebagai solusi. Namun, apabila Anda memiliki alergi kelapa, pikirkan ulang sebelum mengonsumsinya, ya.

BronsonL-Theanine

Harga referensi
Rp132.200
Agak Murah

Makin relaks dengan tambahan khasiat passion flower

Passion flower adalah tanaman dari Amerika dan tersebar pula di daerah Eropa. Berkat produk ini, Anda bisa merasakan khasiatnya dalam sebutir suplemen theanine. Passion flower secara tradisional digunakan untuk membantu mengurasi insomnia, rasa gelisah, dan juga histeria. Jadi, kombinasi L-theanine dan passion flower ini dapat menambahkan khasiat pereda stres yang diharapkan.

Life ExtensionL-Theanine

Harga referensi
Rp450.000
Lebih Mahal

Bantu Anda mengelola stress dan menaikkan mood

Tekanan pekerjaan mungkin membuat Anda stres berkepanjangan dan hilang semangat. Untuk membantu mengatasinya, Anda mungkin bisa mencoba suplemen yang satu ini. 


Kandungan L-theanine dari Life Extension dapat memberikan gelombak otak yang mirip seperti meditasi dan pijat relaksasi. Efeknya adalah Anda akan merasa lebih tenang, bisa mengelola tekanan secara sehat, dan mood Anda pun meningkat.

Puritan’s Pride L-Theanine

Harga referensi
Rp338.800
Menengah

Bebas dari zat kimia berbahaya, laktosa, dan sodium

Suplemen theanine dari Puritan’s Pride ini bebas dari zat-zat kimia berbahaya, seperti pewarna, pemanis, dan pengawet buatan. Selain itu, produk ini juga aman untuk Anda yang intoleransi laktosa karena diformulasikan bebas laktosa dan susu. Ditambah dengan kandungannya yang bebas sodium, Anda yang sedang diet rendah garam pun bisa mengonsumsinya.

Baca juga rekomendasi suplemen lainnya di sini

Selain membaca artikel tentang suplemen theanine, beberapa dari Anda mungkin sedang mencari informasi mengenai suplemen lainnya. Karena itu, kami menyiapkan beberapa tautan di bawah ini. Silakan Anda buka tautannya dan dapatkan suplemen terbaik yang cocok dengan kebutuhan tubuh Anda.

Kesimpulan

Tanpa disadari, Anda mungkin sering mengonsumsi theanine yang terkandung dalam teh. Namun, efeknya tidak begitu terasa karena dosisnya terlalu kecil. Jika Anda ingin merasakan efeknya secara optimal, suplemen theanine bisa dipilih.


Sebelum mengonsumsi suplemen theanine, perhatikan petunjuk penggunaan dan kondisi kesehatan Anda. Pastikan Anda mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter, terutama bila Anda sedang mengonsumsi obat-obatan. Karena penggunaan suplemen yang tepat dapat memberikan efek untuk Anda lebih optimal. Selamat memilih!

Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Vitamin & suplemen
  4. 10 Rekomendasi Suplemen Theanine Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.