10 Rekomendasi Suplemen Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan dan Tumbuh Kembang Anak (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan dan Tumbuh Kembang Anak (Terbaru Tahun 2019)

Sama seperti orang dewasa, anak-anak juga membutuhkan vitamin untuk menjaga daya tahan serta tumbuh kembangnya. Banyak merek suplemen vitamin anak yang dapat Anda temui di pasaran, seperti Sakatonik ABC, Scott’s Emulsion, dan Curcuma Plus. Namun, apa saja yang harus diperhatikan saat memilih suplemen vitamin untuk anak?

Agar Anda dapat memilih suplemen vitamin untuk daya tahan tubuh serta tumbuh kembang anak yang tepat, simaklah artikel berikut. Kami akan menjelaskan tentang fungsi vitamin dalam menjaga daya tahan tubuh serta tumbuh kembang anak. Kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi produk pilihan untuk Anda. Selamat membaca!

Daftar isi

Perlukah anak mengonsumsi vitamin?

Perlukah anak mengonsumsi vitamin?

Anak-anak sering kali tidak menyukai sayur-sayuran maupun buah-buahan, bahkan ada anak yang sulit sekali untuk makan. Keadaan ini menyebabkan si kecil tidak mendapatkan asupan vitamin yang cukup untuk daya tahan serta tumbuh kembangnya. Jika Anda memiliki buah hati yang memiliki kebiasaan susah makan, suplemen vitamin sangat membantu tumbuh kembang serta meningkatkan daya tahan si kecil.

Vitamin juga sangat berguna untuk si kecil yang aktivitasnya padat, memiliki alergi makanan, sedang dalam masa pemulihan, atau berasal dari keluarga vegan. Mengonsumsi vitamin membuat kebutuhan nutrisi hariannya tercukupi. Dengan begitu, tumbuh kembang serta daya tahan tubuhnya tidak terganggu. Namun, Anda perlu memperhatikan asupan nutrisi harian si kecil. Anak dengan asupan nutrisi yang sudah tercukupi tidak membutuhkan suplemen lagi karena vitamin tersebut nantinya akan berlebih di dalam tubuh.

Cara memilih vitamin untuk daya tahan dan tumbuh kembang anak

Agar kebutuhan si kecil terpenuhi, Anda harus memilih vitamin yang sesuai. Berikut ini adalah poin yang harus diperhatikan dalam memilih vitamin untuk daya tahan serta tumbuh kembang anak.

Pilih suplemen yang sesuai dengan usia dan aktivitas anak

Pilih suplemen yang sesuai dengan usia dan aktivitas anak

Kebutuhan nutrisi harian anak berbeda berdasarkan usia serta aktivitasnya. Anak-anak usia 2-3 tahun membutuhkan nutrisi yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan anak berusia 4-8 tahun. Beberapa suplemen mecantumkan dosis harian serta persentase angka kecukupan gizi untuk usia yang berbeda.

Tidak hanya usia, Anda juga harus mempertimbangkan aktivitas si kecil. Anak yang lebih banyak berolahraga membutuhkan kalsium, vitamin D, serta zat besi untuk menjaga kesehatan tulangnya. Sementara, untuk anak yang memiliki anemia atau kurang darah, Anda harus memberikan tambahan zat besi. Agar lebih pasti tentang dosis yang dibutuhkan si kecil, Anda dapat langsung berkonsultasi dengan dokter anak.

Pilih bentuk dan rasa suplemen vitamin yang disukai anak-anak

Pilih bentuk dan rasa suplemen vitamin yang disukai anak-anak

Anak-anak tentunya tidak menyukai rasa pahit dan hambar sehingga suplemen untuk anak memiliki rasa serta bentuk yang beragam. Ada berbagai bentuk vitamin untuk anak yang dapat Anda temui di pasaran, misalnya sirop, tablet hisap, dan gummy candy. Rasanya pun tidak hanya manis, ada pula rasa buah-buahan, seperti jeruk, apel, dan stroberi. Pilihlah bentuk suplemen serta rasa yang disukai si kecil agar mudah untuk dikonsumsi.

Perhatikan label komposisi

Label komposisi vitamin sangat penting untuk diperhatikan. Dengan memperhatikan label komposisi suplemen vitamin anak, Anda dapat memberikan produk yang sesuai kebutuhan Anda.

Pilih suplemen vitamin dengan dosis untuk anak

Pilih suplemen vitamin dengan dosis untuk anak

Orang dewasa maupun anak-anak membutuhkan vitamin. Dalam memilih suplemen vitamin yang sesuai untuk si kecil, Anda perlu memperhatikan label yang tertera. Suplemen untuk anak memiliki dosis yang lebih rendah serta label khusus untuk anak. Kelebihan dosis vitamin pada anak dapat menyebabkan mual, pusing, sampai kematian. Konsumsi sesuai kebutuhan, ya!

Pilih suplemen vitamin tanpa bahan tambahan buatan

Pilih suplemen vitamin tanpa bahan tambahan buatan

Suplemen anak-anak memiliki rasa, warna, serta bentuk yang menarik agar dapat lebih mudah dikonsumsi. Sering kali suplemen tersebut menggunakan bahan tambahan, seperti perasa, pemanis serta pewarna buatan. Konsumsi bahan tambahan buatan dalam jangka waktu yang panjang sangat tidak baik untuk kesehatan. Pastikan suplemen yang Anda pilih mengandung perasa dan pewarna alami atau aman dikonsumsi.

Pilih suplemen vitamin yang tidak mengandung alergen

Pilih suplemen vitamin yang tidak mengandung alergen

Suplemen seharusnya bermanfaat untuk kesehatan tanpa efek samping. Jika anak Anda memiliki alergi terhadap bahan tertentu, Anda perlu memperhatikan kandungan suplemen tersebut. Anda dapat memilih suplemen bebas gluten, kedelai, susu, dan kacang-kacangan. Selalu perhatikan kandungan apa saja yang terkandung di dalam suplemen si kecil, ya.

10 Rekomendasi vitamin terbaik untuk daya tahan dan tumbuh kembang anak

Tidak terlalu sulit memilih vitamin untuk si kecil, bukan? Berikut ini kami berikan beberapa rekomendasi vitamin untuk daya tahan serta tumbuh kembang anak.

10. Sakatonik ABC Strawberry

10. Sakatonik ABC Strawberry

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 13.000

Yuk, belajar huruf dari vitamin!

Suplemen Sakatonik ABC memiliki bentuk huruf “A, B, dan C” yang dapat Anda gunakan untuk mengajarkan si kecil tentang huruf. Vitamin anak ini memiliki berbagai varian rasa, seperti stroberi, jeruk, anggur, dan tutti fruti yang dapat Anda pilih sesuai kesukaan si kecil. Ukuran tablet hisapnya juga sangat ramah untuk si kecil.

Bagi Anda yang baru ingin mencoba membeli suplemen untuk si kecil, Anda bisa memilih vitamin ini karena isinya tidak terlalu banyak. Selain itu, harganya juga tergolong sangat bersahabat di kantong Anda. Tentunya Sakatonik ABC dapat menjadi multivitamin favorit si kecil.

Vitamin Vitamin A, B kompleks, C, D dan E
Bahan tambahan X
Jumlah konsumsi harian 3 tablet per hari
Bentuk Tablet hisap

9. Youvit Multivitamin Anak

9. Youvit Multivitamin Anak

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 14.000

Kemasan kecil, mudah dibawa ke mana saja

Youvit bisa menjadi teman liburan yang menyenangkan bagi anak dan keluarga. Adanya ziplock membuat produk ini sangat praktis untuk dibawa-bawa. Satu kemasan Youvit cukup untuk memenuhi asupan vitamin si kecil selama seminggu. Selama liburan, asupan vitamin anak tetap terjaga tanpa merepotkan Anda saat membawanya!

Vitamin Vitamin A, B3, B5, B6, B7, B9, B12, C, D dan E
Bahan tambahan X
Jumlah konsumsi harian gummy per hari
Bentuk Gummies

8. Curcuma Plus Gold

8. Curcuma Plus Gold

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 13.500

Makan lebih lahap, ibu tenang!

Si kecil yang sulit makan sering kali menjadi masalah bagi para ibu. Berikan saja suplemen ini untuk meningkatkan nafsu makannya. Suplemen ini mengandung temulawak organik yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Setelah mengonsumsi vitamin ini, dijamin anak Anda lebih doyan makan.

Selain meningkatkan nafsu makan, suplemen ini juga mengandung nutrisi untuk otak, seperti DHA, EPA, AA, choline, dan biotin. Kandungan multivitaminnya juga siap membantu tumbuh kembang dan sistem imun si kecil. Tumbuh sehat, makan lebih lahap!

Vitamin Vitamin A, B1, B2, B5, B6, B12, dan D
Bahan tambahan X
Jumlah konsumsi harian 6 bulan – 1 tahun : 1/2 sendok makan, 1 kali sehari

1-6  tahun : 1 sendok makan, 1 kali sehari

6-12 tahun : 1 sendok makan, 2 kali sehari

Bentuk Sirop

7. Sangobion Kids

7. Sangobion Kids

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 26.500

Lemah, letih, lesu? Sangobion saja!

Tidak hanya untuk orang dewasa, Sangobion memiliki suplemen yang dapat dikonsumsi oleh si kecil. Jika anak Anda mengalami gejala anemia atau kurang darah, segera berikan Sangobion Kids untuk si kecil. Suplemen ini akan membantu si kecil kembali beraktivitas dengan ceria.

Suplemen ini mengandung zat besi serta vitamin B kompleks yang penting untuk pembentukan sel darah merah. Zat besinya tidak terasa karena suplemen ini memiliki rasa buah-buahan yang manis. Perlu diingat bahwa Sangobion Kids ini hanya dapat Anda berikan kepada anak berusia 2 tahun atau lebih.

Vitamin Vitamin B1, B2, B6, B3, dan H
Bahan tambahan X
Jumlah konsumsi harian 1 sendok teh per hari
Bentuk Sirop

6. Natures Plus Animal Parade Kids Immune Booster Chewable

6. Natures Plus Animal Parade Kids Immune Booster Chewable

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 210.000

Kandungan probiotiknya meningkatkan penyerapan nutrisi!

Anak yang sedang dalam masa penyembuhan membutuhkan tambahan nutrisi agar cepat pulih. Anda dapat memberikan produk ini untuk anak Anda karena mengandung teh hijau, jamur shitake, dan bawang putih. Bahan-bahan tersebut baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak.

Suplemen ini juga mengandung Lactobacillus acidophilus yang membantu menjaga kesehatan pencernaan. Berbeda dari suplemen kebanyakan, suplemen ini memiliki bentuk hewan-hewan yang menggemaskan. Anda dapat bermain tebak-tebakan hewan bersama si kecil dengan suplemen ini. Rasa buah-buahannya pun akan menjadi favorit si kecil.

Vitamin Vitamin A, C, dan E
Bahan tambahan X
Jumlah konsumsi harian 2 tahun ke atas : 2 tablet kunyah per hari
Bentuk Tablet kunyah

5. Scott’s Emulsion Vita

5. Scott's Emulsion Vita

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 45.000

Anak tumbuh sehat jasmani dan otaknya cerdas!

Anda pasti sudah kenal dengan suplemen yang satu ini atau mungkin Anda juga mengonsumsinya saat kecil. Scott’s Emulsion berasal dari minyak hati ikan cod yang mengandung EPA dan DHA. Kandungan EPA dan DHA suplemen ini membantu perkembangan otak si kecil agar dapat tumbuh cerdas.

Tenang saja meskipun suplemen ini mengandung minyak hati ikan cod, rasa jeruknya tidak akan membuat suplemen ini amis dikonsumsi si kecil. Selain itu, suplemen ini juga mengandung kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang si kecil yang lebih aktif berolahraga.

Vitamin Vitamin A, dan D
Bahan tambahan X
Jumlah konsumsi harian 1 sendok teh per hari
Bentuk Sirop

4. Holisticare Ester C Kids

4. Holisticare Ester C Kids

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 30.600

Vitamin C ramah di lambung dan mudah diserap tubuh

Tidak hanya orang dewasa yang memiliki masalah lambung karena anak kecil pun juga dapat memiliki masalah tersebut. Cukup sulit untuk si kecil dengan masalah lambung untuk mendapatkan vitamin C karena kebanyakan makanan bervitamin C terasa asam. Berikan saja suplemen yang satu ini untuk mencukupi kebutuhannya.

Holisticare Ester C Kids diformulasikan agar ramah di lambung si kecil. Suplemen ini juga dilengkapi dengan Hesperidin untuk mempercepat penyerapan vitamin di dalam tubuh. Tidak ada lagi kekurangan vitamin C untuk si kecil yang lambungnya bermasalah.

Vitamin Vitamin C
Bahan tambahan FDC Yellow
Jumlah konsumsi harian 1-3 tablet per hari
Bentuk Tablet kunyah

3. Sundown Naturals Complete Multivitamin Gummies

3. Sundown Naturals Complete Multivitamin Gummies

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 325.000

Satu botol banyak rasa!

Si kecil mungkin bosan dengan vitamin yang dikonsumsi karena rasanya sama saja. Agar si kecil tetap senang mengonsumsi vitamin hariannya, Anda dapat mencoba produk dari Sundown Naturals ini. Di dalam satu botol memiliki tiga varian rasa yang berbeda sehingga si kecil tidak bosan dengan rasa yang sama.

Multivitamin ini mengandung gula yang lebih rendah sehingga ramah untuk anak-anak. Suplemen ini juga ramah terhadap anak yang memiliki lactose intolerance karena tidak mengandung susu. Tunggu apa lagi? Yuk, segera ajak si kecil memilih varian rasa kesukaannya!

Vitamin Vitamin A, B6, B12, C, D, E, dan K
Bahan tambahan X
Jumlah konsumsi harian 2-3 tahun : 1 gummy per hari

4 tahun : 2 gummies per hari

Bentuk Gummies

2. Garden of Life mykind Organics Kids Multi Gummies

2. Garden of Life mykind Organics Kids Multi Gummies

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 950.000

Ajari si kecil hidup vegan sedari dini? Bisa kok!

Jika Anda sekeluarga ingin memulai gaya hidup vegan termasuk si kecil, suplemen yang satu ini kami rekomendasikan untuk Anda. Seluruh bahan yang digunakan merupakan sayur-sayuran dan buah-buahan tanpa adanya campuran bahan hewani. Si kecil pun dapat mulai mengikuti gaya hidup vegan seperti Anda.

Bahan-bahan yang digunakan untuk suplemen ini merupakan sayur dan buah organik sehingga sangat aman dikonsumsi. Tanpa pewarna, perasa, dan pemanis buatan, suplemen ini menggunakan sayur dan buah tersebut sebagai bahan tambahan alami. Bentuk beruangnya yang imut pun pasti akan digemari oleh si kecil.

Vitamin Vitamin A, B kompleks, C, D, E, dan K
Bahan tambahan X
Jumlah konsumsi harian 4 tahun ke atas : 4 gummies per hari
Bentuk Gummies

1. Naturelo Whole Food Vitamin Gummies for Kids

1. Naturelo Whole Food Vitamin Gummies for Kids

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 718.000

Lengkap dengan tambahan mineral dan antioksidan!

Suplemen multivitamin dari Naturelo ini memiliki kandungan yang lengkap. Tidak hanya multivitamin, suplemen ini juga mengandung mineral serta antioksidan. Kandungannya yang lengkap dapat mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil yang sangat sulit untuk makan.

Antioksidan yang terkandung di dalamnya, seperti luteinastaxanthinlycopene, dan zeaxanthin, berperan untuk menjaga kesehatan mata. Tentunya seluruh tubuh menjadi lebih sehat. Rasa manis dalam suplemen multivitamin ini berasal dari stevia sehingga tidak menggunakan pemanis buatan maupun gula. Sangat lengkap ya, mom!

Vitamin Vitamin A, B kompleks, C, D3 dan E
Bahan tambahan X
Jumlah konsumsi harian  2-4 tahun : 1 gummy per hari

4-8 tahun : 2 gummies per hari

9 tahun ke atas : 3 gummies per hari

Bentuk Gummies

Hati-hati overdosis vitamin pada anak

Hati-hati overdosis vitamin pada anak

Vitamin untuk anak memiliki bentuk lucu serta rasanya manis sehingga disukai si kecil. Anda perlu berhati-hati dalam menyimpan vitamin tersebut. Si kecil mungkin saja menganggap vitamin tersebut sebagai permen sehingga ingin mengonsumsi sebanyak-banyaknya.

Ada beberapa kasus overdosis vitamin pada anak yang menyebabkan perubahan warna urine dan tinja, mual, muntah, pusing, kerontokan rambut, hingga kematian. Anda dapat mencegah hal tersebut dengan menyimpan vitamin pada tempat yang sulit untuk dijangkau si kecil. Selain itu, Anda juga dapat memberikan pengertian bahwa yang mereka konsumsi adalah obat sehingga tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan.

Baca juga rekomendasi multivitamin lainnya di sini!

Bukan hanya si kecil, orang dewasa yang menjaga si kecil juga membutuhkan multivitamin agar tetap sehat. Berikut ini adalah rekomendasi suplemen multivitamin untuk orang dewasa. Apa saja rekomendasi dari kami? Silakan klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah mendapatkan gambaran tentang cara memilih vitamin untuk daya tahan serta tumbuh kembang anak? Selalu perhatikan label komposisinya untuk mendapatkan vitamin yang sesuai. Jangan lupa untuk memilih rasa yang disukai oleh si kecil ya.

Awasi si kecil dalam mengonsumsi vitamin ini agar jangan berlebih karena efeknya tidak baik untuk tubuh. Sesuaikan juga suplemen vitamin yang Anda pilih sesuai dengan budget Anda. Selamat memilih!