• 10 Suplemen Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan dan Tumbuh Kembang Anak - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Suplemen Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan dan Tumbuh Kembang Anak - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Suplemen Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan dan Tumbuh Kembang Anak - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Suplemen Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan dan Tumbuh Kembang Anak - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Suplemen Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan dan Tumbuh Kembang Anak - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Suplemen Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan dan Tumbuh Kembang Anak - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)

Anak-anak membutuhkan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh dan mendukung tumbuh kembangnya. Banyak merek suplemen vitamin untuk anak yang bagus di pasaran, seperti Sakatonik ABC, YOUVIT, dan Curcuma Plus. Namun, manakah produk suplemen anak yang cocok untuk anak Anda?

Kali ini, kami punya tips memilih vitamin yang bagus untuk tumbuh kembang anak dan daya tahan tubuhnya. Kami juga menyiapkan beragam rekomendasi vitamin anak terbaik. Jangan lewatkan juga informasi dan tips dari dokter umum, dr. Aldila Ardine. So, langsung simak ulasan kami berikut, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Aldila Ardine
  • Pembaharuan terakhir: 23 September 2021
  • 96.708 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dokter umum, dr. Aldila Ardine

Profil pakar: Dokter umum, dr. Aldila Ardine

dr. Aldila Ardine merupakan dokter umum lulusan Fakultas Kedokteran YARSI. Wanita ini telah menamatkan pendidikan profesi dokter umum pada 2018. Saat ini, dokter Aldila bekerja sebagai dokter umum di RSUD Pondok Gede. Selain itu, pemilik akun Instagram aldilaardine ini juga bekerja sebagai asisten penelitian di Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSCM. 

Perlukah anak mengonsumsi vitamin?

Perlukah anak mengonsumsi vitamin?
Orang tua sering kali menghadapi anak-anak yang sulit makan buah dan sayuran. Keadaan ini menyebabkan si kecil tidak mendapatkan asupan vitamin yang cukup untuk daya tahan serta tumbuh kembangnya.

Jika buah hati sulit makan, Anda butuh multivitamin anak untuk membantu tumbuh kembang serta daya tahan tubuhnya. Vitamin untuk anak tidak hanya berguna untuk mendukung pertumbuhan si kecil. Namun, vitamin anak juga baik untuk anak yang memiliki alergi makanan atau dalam masa pemulihan setelah sakit.


Dengan mengonsumsi multivitamin untuk anak, kebutuhan nutrisi harian si kecil akan tercukupi. Namun, konsumsi multivitamin anak juga sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Bila asupan nutrisi harian dirasa sudah tercukupi, Anda tidak wajib memberikan vitamin anak karena nantinya akan berlebih di dalam tubuh.

dr. Aldila Ardine
Dokter umum
dr. Aldila Ardine

Untuk pembentukan sistem imun yang kuat, tubuh memerlukan kecukupan mikronutrien, seperti vitamin A, C, D, E, B2, B6 dan B12, asam folat, zat besi, selenium, dan zink. Idealnya, seorang anak harus mendapatkan vitamin yang cukup dari setiap makanannya. 


Kebutuhan vitamin pada anak tergantung pada usia, jenis kelamin, berat badan, dan aktivitas. Bila sistem imun tidak bekerja dengan baik, anak akan menjadi sakit, nafsu makannya menurun, dan tumbuh kembangnya terganggu.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih vitamin untuk daya tahan dan tumbuh kembang anak

Untuk menemukan vitamin yang bagus untuk anak, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Berikut ini adalah poin yang harus diperhatikan dalam memilih vitamin untuk daya tahan serta tumbuh kembang anak.

Sesuaikan suplemen dengan usia dan aktivitas anak

Sesuaikan suplemen dengan usia dan aktivitas anak

Kebutuhan nutrisi harian anak bisa berbeda-beda bergantung pada usia dan aktivitas anak Anda. Sebagai contoh, anak usia 2–3 tahun membutuhkan nutrisi yang lebih sedikit jika dibandingkan anak berusia 4–8 tahun.


Sementara itu, anak yang aktif berolahraga membutuhkan asupan kalsium, vitamin D, serta zat besi untuk kesehatan tulangnya. Zat besi sendiri memiliki peranan aktif sebagai penambah darah, khususnya untuk anak yang rawan anemia. 


Oleh karena itu, produk vitamin anak yang bagus akan mencantumkan dosis harian dan persentase angka kecukupan gizi. Namun, untuk memastikan kebutuhan si kecil, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter anak, ya.

dr. Aldila Ardine
Dokter umum
dr. Aldila Ardine

Menurut ahli, setiap anak memiliki kebutuhan vitamin yang berbeda-beda. Contohnya, anak pada usia 1–3 tahun membutuhkan asupan vitamin A sekitar 300 mcg. Sebaliknya, anak berusia 4–8 tahun memerlukan asupan vitamin A yang sedikit lebih banyak, yaitu sekitar 400 mcg. 


Pada intinya, kebutuhan vitamin anak akan bertambah sesuai dengan peningkatan aktivitas anak. Makin banyak aktivitas yang dilakukan si anak, vitamin yang dibutuhkan pun makin bertambah.

Perhatikan label komposisi

Label komposisi vitamin sangat penting untuk diperhatikan. Dengan memperhatikan label komposisi, Anda dapat mengetahui dosis suplemen vitamin untuk anak Anda. Suplemen vitamin tanpa bahan tambahan buatan dan tidak mengandung alergen juga bisa Anda lihat pada komposisi dan label kemasan.

Dosis kecil, sesuai dengan tubuh anak

Dosis kecil, sesuai dengan tubuh anak

Hal penting berikutnya saat memilih vitamin tumbuh kembang anak adalah memperhatikan label dan informasi gizi pada kemasannya. Kebutuhan vitamin pada anak pasti berbeda dengan dewasa, bukan?


Tentunya, vitamin anak memiliki dosisi yang lebih rendah daripada vitamin dewasa. Kelebihan dosis pada anak dikhawatirkan menyebabkan efek samping, seperti mual, pusing, hingga gangguan kesehatan lainnya. Jadi, pilih vitamin buat anak sesuai kebutuhan, ya!

dr. Aldila Ardine
Dokter umum
dr. Aldila Ardine

Dosis vitamin pada anak biasanya disesuaikan dengan berat badannya saat ini. Selalu diskusikan kepada dokter setiap ingin memberi vitamin agar anak Anda dapat menerima dosis yang tepat. Selain itu, berkonsultasi dengan dokter juga penting untuk menghindari efek samping yang bisa terjadi.

Komposisi aman, bebas bahan tambahan buatan

Komposisi aman, bebas bahan tambahan buatan
Vitamin anak banyak hadir dalam bentuk, rasa, dan warna yang menarik. Hal tersebut tidak lain untuk menarik perhatian anak-anak. Namun, sering kali vitamin anak tersebut menambahkan bahan, seperti perasa, pemanis, serta pewarna buatan. 

Konsumsi dalam jangka panjang pada zat tersebut tentu tidak baik untuk kesehatan. Maka dari itu, pastikan Anda memilih vitamin anak tanpa pewarna, perasa, maupun pemanis buatan, ya!

dr. Aldila Ardine
Dokter umum
dr. Aldila Ardine

Bijak dan telitilah saat memilih vitamin pada anak! Hindari pemberian vitamin dengan bahan tambahan karena akan menurunkan efektivitas vitamin bahkan bisa berisiko menjadi racun. Pastikan vitamin yang dikonsumsi mengandung perasa dan pewarna alami yang aman dikonsumsi oleh anak.

Info alergen, penting untuk anak dengan riwayat alergi

Info alergen, penting untuk anak dengan riwayat alergi
Multivitamin yang bagus untuk anak seharusnya memberi manfaat tanpa efek samping. Jika anak memiliki alergi terhadap bahan tertentu, maka Anda perlu memperhatikan setiap kandungan vitamin anak Anda.

Beberapa produk vitamin untuk tumbuh kembang anak tersedia dalam komposisi bebas gluten, kedelai, susu, dan kacang-kacangan. Jadi, selalu perhatikan bahan apa saja yang terkandung di dalam suplemen si kecil, ya.

dr. Aldila Ardine
Dokter umum
dr. Aldila Ardine

Berhati-hatilah saat Anda ingin memberikan vitamin kepada anak yang memiliki riwayat alergi makanan dan kondisi medis tertentu. Sebelum memberikan vitamin, sebaiknya Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter spesialis anak. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya alergi akibat kandungan tertentu. 

Pilih bentuk dan rasa suplemen vitamin yang disukai anak-anak

Pilih bentuk dan rasa suplemen vitamin yang disukai anak-anak
Anak-anak tentunya tidak menyukai rasa pahit dan hambar sehingga suplemen untuk anak memiliki beragam rasa serta bentuk. Saat ini sudah banyak bentuk vitamin untuk anak, misalnya sirop, tablet hisap, gummy, dan lainnya.

Rasanya pun tidak hanya manis, ada pula rasa buah-buahan, seperti jeruk, apel, dan stroberi. Pilihlah bentuk suplemen serta rasa yang disukai si kecil agar mudah untuk dikonsumsi.

dr. Aldila Ardine
Dokter umum
dr. Aldila Ardine

Saat diberi vitamin, anak cenderung akan memilih-milih. Agar anak mau mengonsumsi vitamin, orang tua bisa memberikan vitamin yang mereka sukai. Saat ini vitamin anak sudah tersedia dalam berbagai bentuk serta rasa yang unik. Pilih yang kiranya disukai anak agar vitamin bisa mudah dikonsumsi!

10 Rekomendasi vitamin terbaik untuk daya tahan dan tumbuh kembang anak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk vitamin terbaik untuk daya tahan dan tumbuh kembang anak yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Produk-produk di bawah ini adalah rekomendasi mybest dan tidak ada hubungannya dengan dr. Aldila Ardine.

10

Procter & GambleSangobion Kids

Mulai dari Rp 3.000,00

Usia anak yang dianjurkan2–12 tahun
Kandungan utamaFerrazone, vitamin B1, B2, B3, B6, dan B7
Menambah nafsu makan -
BentukSirop
Mendukung perkembangan otak-
Ukuran yang tersedia100 ml
Meningkatkan imunitas
Varian rasaTutti frutti
9
Usia anak yang dianjurkan1–12 tahun
Kandungan utamaCod liver oil, vitamin A, dan D
Menambah nafsu makan -
BentukSirop
Mendukung perkembangan otak
Ukuran yang tersedia200 ml dan 400 ml
Meningkatkan imunitas
Varian rasaJeruk
8
Usia anak yang dianjurkan2–12 tahun
Kandungan utamaVitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, C, D, dan E
Menambah nafsu makan -
BentukTablet hisap
Mendukung perkembangan otak-
Ukuran yang tersedia30 tablet
Meningkatkan imunitas
Varian rasaStrawberry, grape, tutti frutti, dan orange
7

YOU IndonesiaYOUVIT Multivitamin Anak

Mulai dari Rp 16.900,00

Usia anak yang dianjurkan3–12 tahun
Kandungan utamaZinc dan 10 macam vitamin
Menambah nafsu makan -
BentukGummy
Mendukung perkembangan otak
Ukuran yang tersediaKemasan pouch isi 7 dan 30 pcs, kemasan box isi 6 sachet @7 pcs
Meningkatkan imunitas
Varian rasaStrawberry, nanas, dan jeruk
6

SOHO Global HealthCurvit CL Emulsion

Mulai dari Rp 61.380,00

Usia anak yang dianjurkan6 bulan–12 tahun
Kandungan utamaCod liver oil, curcuma, DHA, vitamin A, B1, B2, B6, B12, dan D
Menambah nafsu makan
BentukSirop
Mendukung perkembangan otak
Ukuran yang tersedia175 ml
Meningkatkan imunitas-
Varian rasaJeruk
5

ChildLife NutritionChildLife Essentials® Multivitamin & Mineral

Mulai dari Rp 380.000,00

Usia anak yang dianjurkan6 bulan–12 tahun
Kandungan utamaMultivitamin, folic acid, dan zinc
Menambah nafsu makan
BentukSirop
Mendukung perkembangan otak-
Ukuran yang tersedia237 ml
Meningkatkan imunitas
Varian rasaOrange dan mango
4
Usia anak yang dianjurkan>2 tahun
Kandungan utamaVitamin A, B1, B2, B6, B12, C, dan D
Menambah nafsu makan
BentukSirop
Mendukung perkembangan otak-
Ukuran yang tersedia100 ml
Meningkatkan imunitas
Varian rasa-
3
Usia anak yang dianjurkan1–12 tahun
Kandungan utamaTemulawak organik, minyak ikan, kalsium, vitamin A, B1, B2, B5, B6, B12, dan D
Menambah nafsu makan
BentukSirop
Mendukung perkembangan otak-
Ukuran yang tersedia200 ml dan 400 ml
Meningkatkan imunitas
Varian rasaJeruk, strawberry, dan blackcurrant
2

SOHO Global HealthImboost Force Kids Syrup

Mulai dari Rp 75.240,00

Usia anak yang dianjurkan1–12 tahun
Kandungan utamaEchinacea purpurea herb, blackelderberry fruit, dan Zn piccolinate
Menambah nafsu makan -
BentukSirup
Mendukung perkembangan otak-
Ukuran yang tersedia60 ml dan 120 ml
Meningkatkan imunitas
Varian rasa-
1
Usia anak yang dianjurkan2–12 tahun
Kandungan utamaVitamin A, C, D, E, dan zinc
Menambah nafsu makan -
BentukTablet kunyah
Mendukung perkembangan otak-
Ukuran yang tersedia60 tablet
Meningkatkan imunitas
Varian rasaJeruk

Tabel perbandingan produk suplemen vitamin terbaik untuk daya tahan dan tumbuh kembang anak

Gambar produk
1
Blackmores Koala Kids Body Shield 1

Blackmores

2
SOHO Global Health Imboost Force Kids Syrup 1

SOHO Global Health

3
SOHO Global Health Curcuma Plus Grow 1

SOHO Global Health

4
Lapi Laboratories APIALYS® Sirup 1

Lapi Laboratories

5
ChildLife Nutrition ChildLife Essentials® Multivitamin & Mineral 1

ChildLife Nutrition

6
SOHO Global Health Curvit CL Emulsion 1

SOHO Global Health

7
YOU Indonesia YOUVIT Multivitamin Anak 1

YOU Indonesia

8
Kalbe Sakatonik ABC 1

Kalbe

9
GSK Scott's Emulsion Vita Orange 1

GSK

10
Procter & Gamble Sangobion Kids 1

Procter & Gamble

Nama produk

Koala Kids Body Shield

Imboost Force Kids Syrup

Curcuma Plus Grow

APIALYS® Sirup

ChildLife Essentials® Multivitamin & Mineral

Curvit CL Emulsion

YOUVIT Multivitamin Anak

Sakatonik ABC

Scott's Emulsion Vita Orange

Sangobion Kids

Keunggulan

Vitamin tablet kunyah yang tidak merusak gigi

Suplemen daya tahan tubuh agar anak tidak mudah sakit

Mendukung pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat

Menjaga stamina anak dalam masa tumbuh kembangnya

Multivitamin paling lengkap yang ramah penderita alergi

Meningkatkan nafsu makan anak hingga dewasa

Bentuk gummy lucu untuk nutrisi otak dan daya tahan tubuh

Rasanya menarik, bentuknya edukatif!

Komplet untuk memenuhi kebutuhan otak dan pertumbuhan anak

Memenuhi kebutuhan zat besi harian anak

Harga mulai dariRp 230.000,00Rp 75.240,00Rp 27.720,00Rp 45.200,00Rp 380.000,00Rp 61.380,00Rp 16.900,00Rp 15.345,00Rp 39.000,00Rp 3.000,00
Usia anak yang dianjurkan2–12 tahun1–12 tahun1–12 tahun>2 tahun6 bulan–12 tahun6 bulan–12 tahun3–12 tahun2–12 tahun1–12 tahun2–12 tahun
Kandungan utamaVitamin A, C, D, E, dan zincEchinacea purpurea herb, blackelderberry fruit, dan Zn piccolinateTemulawak organik, minyak ikan, kalsium, vitamin A, B1, B2, B5, B6, B12, dan DVitamin A, B1, B2, B6, B12, C, dan DMultivitamin, folic acid, dan zincCod liver oil, curcuma, DHA, vitamin A, B1, B2, B6, B12, dan DZinc dan 10 macam vitaminVitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, C, D, dan ECod liver oil, vitamin A, dan DFerrazone, vitamin B1, B2, B3, B6, dan B7
Menambah nafsu makan ------
BentukTablet kunyahSirupSiropSiropSiropSiropGummyTablet hisapSiropSirop
Mendukung perkembangan otak-------
Ukuran yang tersedia60 tablet60 ml dan 120 ml200 ml dan 400 ml100 ml237 ml175 mlKemasan pouch isi 7 dan 30 pcs, kemasan box isi 6 sachet @7 pcs30 tablet200 ml dan 400 ml100 ml
Meningkatkan imunitas-
Varian rasaJeruk-Jeruk, strawberry, dan blackcurrant-Orange dan mangoJerukStrawberry, nanas, dan jerukStrawberry, grape, tutti frutti, dan orangeJerukTutti frutti
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar suplemen vitamin

Selain melengkapi asupan dengan multivitamin anak terbaik, masih ada cara lain untuk menjaga tumbuh kembang anak. Berikut ini adalah pertanyaan yang umum dalam menjaga kesehatan anak.

Faktor apa saja yang memengaruhi tumbuh kembang anak?

Tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh banyak faktor. Tak hanya dari asupan makanan yang diberikan, tetapi juga keadaan lingkungan sekitar. Menurut para ahli, setidaknya ada enam faktor yang memengaruhi tumbuh kembang anak, di antaranya:


  • Pola asuh orang tua
  • Lingkungan sekitar
  • Permainan dan tontonan
  • Hiburan dan rekreasi
  • Eksplorasi
  • Nutrisi dan gizi yang diberikan

Nutrisi dan gizi memengaruhi pertumbuhan anak, mulai dari fisik hingga kognitif, dan motorik anak. Anak dengan gizi yang terpenuhi terhindar dari masalah kesehatan. Setidaknya, dengan nutrisi yang seimbang, anak tidak mudah sakit sehingga dapat fokus belajar.

Bagaimana cara menjaga kesehatan anak?

Menjaga kesehatan anak memang nomor satu. Namun, menjaga kesehatan anak memang tidak mudah. Kira-kira apa saja cara menjaga kesehatan anak yang bisa Anda tiru? Berikut, enam langkah untuk menjaga kesehatan anak Anda.


  • Ajarkan kebiasaan sehat, seperti mencuci tangan, menutup mulut ketika bersin, dan selalu menjaga kebersihan
  • Berikan imunisasi secara rutin dan lengkap
  • Berikan makanan sehat dan sesuai porsi yang ideal
  • Ajak anak untuk berolahraga rutin atau aktif bergerak
  • Biasakan anak tidur secara teratur
  • Tingkatkan kekebalan tubuh dengan memberi suplemen tambahan

Hati-hati overdosis vitamin pada anak

Hati-hati overdosis vitamin pada anak

Vitamin untuk anak memiliki bentuk lucu serta rasanya manis sehingga disukai si kecil. Namun, si kecil mungkin menganggap vitamin sebagai permen sehingga membuatnya ingin mengonsumsi sebanyak-banyaknya. Beberapa kasus overdosis vitamin pada anak menyebabkan beragam masalah kesehatan, seperti mual, muntah, pusing, dan masalah kesehatan lain.


Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati dalam menyimpan vitamin tersebut. Sebisa mungkin, simpanlah vitamin pada tempat yang sulit untuk dijangkau anak Anda. Anda juga dapat memberikan pengertian bahwa yang mereka konsumsi adalah suplemen sehingga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

dr. Aldila Ardine
Dokter umum
dr. Aldila Ardine

Sama seperti mengonsumsi makanan lainnya, Anda juga harus berhati-hati saat memberikan vitamin untuk anak. Pastikanlah vitamin yang Anda berikan tidak melebihi dosis berat badan dan tidak menimbulkan masalah kesehatan pada anak. Beberapa vitamin yang harus Anda pastikan dosisnya sesuai dengan kebutuhan anak adalah vitamin A, D, E, dan K.

Baca juga rekomendasi multivitamin lainnya di sini

Selain rekomendasi multivitamin anak seperti yang kami sebutkan di atas, kami juga masih punya ulasan menarik lainnya. Di bawah ini, kami telah merangkum beragam suplemen kesehatan lain yang layak untuk Anda coba. Langsung klik link di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Para orang tua saat ini telah dimudahkan dengan banyaknya produk vitamin anak. Namun, untuk menemukan vitamin anak yang tepat, tentu tidak sembarangan. Pastikan vitamin anak yang Anda beli sudah sesuai dengan kebutuhan anak Anda.


Untuk menemukan multivitamin terbaik untuk anak, simak dulu ulasan yang sudah kami sediakan, ya. Temukan beragam produk multivitamin anak yang bagus bersama kami. Akhir kata, semoga artikel kami bermanfaat dan selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Suplemen Peninggi Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Peninggi Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki tubuh tinggi semampai adalah dambaan sebagian besar orang. Selain menunjang penampilan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh tinggi memberi keuntungan tersendiri. Orang yang bertubuh tinggi umumnya lebih percaya diri. Selain itu, tubuh tinggi juga bisa meminimalisasi risiko penyakit jantung dan demensia.Di pasaran terdapat beberapa suplemen peninggi badan yang bisa dikonsumsi, baik oleh anak-anak maupun remaja. Beberapa rekomendasi merk suplemen peninggi badan tersebut adalah Zevit Grow, Blackmores, Scott's Emulsion, dan lain-lain. Untuk membantu Anda memilih dengan tepat, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya di bawah ini. 
    Vitamin & suplemen
    151.425 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, manusia juga membutuhkan kolagen untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring dengan bertambahnya usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen kolagen bila ingin kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merk suplemen collagen terbaik, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood bisa menjadi pilihan. Namun, suplemen kolagen seperti apakah yang bagus untuk Anda? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk suplemen kolagen yang akan kami ulas berikut ini.
    Vitamin & suplemen
    337.280 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021)
    Otak merupakan organ tubuh paling kompleks dengan fungsi yang vital. Otak terdiri dari miliaran sel dan jaringan yang saling terhubung. Oleh karena itu, konsumsi suplemen otak sangat disarankan bagi anak maupun orang dewasa. Saat ini, banyak dijual berbagai merek suplemen otak yang bagus, seperti Blackmores, Wellness, Konimex, dan Appeton. Supaya Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih suplemen otak terbaik. Di bawah ini, kami telah merangkum beragam rekomendasi vitamin untuk kecerdasan otak dan vitamin penambah daya ingat. Penasaran dengan ulasan kami? Simak terus artikel berikut sampai habis, ya!
    Vitamin & suplemen
    122.058 Views
  • 10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Di samping itu, Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen.Di pasaran, ada beberapa merek suplemen penambah berat badan yang bagus, seperti Appeton, Nutrifat, dan Curvit. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah artikel ini sampai selesai dan temukan suplemen penambah berat badan yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
    138.976 Views
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021)
    Gaya hidup dan nutrisi yang seimbang turut andil dalam menjaga kesehatan kulit. Namun, terkadang asupan yang berasal dari makanan saja tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan Anda. Untuk itu, Anda perlu menambahkan suplemen kulit. Ada banyak produk suplemen terbaik untuk kulit yang beredar di pasaran, seperti suplemen untuk kulit berjerawat hingga antiaging. Bagaimana memilih suplemen kecantikan yang tepat? Kami akan menghadirkan tips dan rekomendasi suplemen kecantikan terbaik untuk Anda. Berbagai merek suplemen kulit yang bagus, seperti NourishSkin, Blackmores, dan YOUVIT ada di sini. Jadi, simak seluruh ulasan kami, ya!
    Vitamin & suplemen
    336.496 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kerontokan rambut sering menjadi permasalahan bagi segala usia. Perbaikan pola makan sering kali tidak cukup membantu pertumbuhan rambut sehingga Anda perlu mengonsumsi suplemen penumbuh rambut. Ada berbagai merek suplemen penumbuh rambut dengan beragam kandungan di dalamnya, mulai dari Hairfinity, Hair Maxis, Foligain, dan sebagainya.Dalam artikel ini kami akan membahas tentang cara memilih suplemen penumbuh rambut. Kami juga akan membahas beberapa bahan yang penting untuk membantu pertumbuhan rambut. Mari simak selengkapnya dan miliki rambut lebat idaman Anda!
    Vitamin & suplemen
    87.257 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Spirulina Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Spirulina Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang produk spirulina, seperti suplemen atau vitamin spirulina. Produk-produk tersebut banyak beredar di pasaran dan diminati oleh masyarakat. Hal ini tentunya karena banyaknya manfaat spirulina bagi tubuh manusia.Ada banyak merk produk spirulina yang bagus, seperti Tiens, Elken, dan Bioglan. Namun, manakah merk spirulina terbaik? Banyak sekali opini mengenai merk spirulina terbaik di Indonesia atau merk spirulina terbaik di dunia. Namun, terlepas dari apapun merknya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih produk spirulina terbaik. Silakan baca selengkapnya dalam artikel ini!
    Vitamin & suplemen
    16.598 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori