• 10 Masker Lumpur Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Masker Lumpur Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Masker Lumpur Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Masker Lumpur Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Masker Lumpur Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Masker Lumpur Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Masker lumpur atau mud mask memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Masker lumpur dapat membantu mengangkat komedo, membersihkan pori-pori, dan melembapkan. Masker lumpur ada banyak macamnya, seperti masker organik, masker untuk kulit kering, berminyak, atau untuk jerawat. 


Di pasaran, ada banyak merek masker lumpur yang bagus, seperti Nature Republic, Hanasui, dan Luxcrime. Agar tidak salah beli, kami memiliki tips memilih mud mask terbaik. Dengan produk yang tepat, Anda akan mendapatkan manfaat dari masker lumpur secara maksimal. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Annisa Anjani
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 08 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV
dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

dr. Annisa menempuh pendidikan kedokteran umum dan melanjutkan pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia, Jakarta. Saat ini, ia berpraktik di RSIA Tambak dan Kinara Clinic, Jakarta.


Ia sering mengisi acara pendidikan dan berkontribusi dalam penulisan artikel untuk edukasi masyarakat mengenai bidang kulit dan kelamin. Ia juga aktif membagikan konten edukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin melalui media sosial Instagram dan YouTube.

Apa kegunaan masker lumpur?

Apa kegunaan masker lumpur?

Perbedaan utama dari masker lumpur (mud mask) dan masker tanah liat (clay mask) terletak pada fungsinya. Mud mask difungsikan untuk melembapkan kulit, sedangkan clay mask berguna untuk eksfoliasi dan menyerap minyak berlebih. Mud mask direkomendasikan untuk Anda yang memiliki kulit kering dan sensitif. Sementara itu, clay mask sangat tepat digunakan oleh pemilik kulit berminyak.


Mud mask terbuat dari lumpur yang memiliki kandungan mineral tinggi dan baik untuk kulit. Selain melembapkan, masker lumpur juga memiliki banyak manfaat sebagai berikut:

  • Menghaluskan dan mencerahkan kulit
  • Menyamarkan kerutan, garis halus, dan pori-pori
  • Untuk menghilangkan komedo dan membersihkan sel kulit mati
  • Mampu mencegah penuaan dini

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih masker lumpur

Berikut beberapa pertimbangan yang harus Anda pahami sebelum membeli masker lumpur. Baca hingga tuntas supaya Anda tidak salah pilih!

Ketahui jenis lumpur dan manfaatnya

Ketahui jenis lumpur dan manfaatnya

Ada banyak jenis lumpur yang bisa dijadikan masker wajah. Jenis yang paling populer adalah dead sea mud atau lumpur Laut Mati. Selain itu, ada juga lumpur hitam, lumpur vulkanik, dan charcoal mud. Berikut adalah uraian singkatnya.


  • Lumpur laut mati/dead sea mud

Dead sea mud berasal dari Laut Mati yang ada di wilayah Timur Tengah. Jenis lumpur ini memiliki kandungan garam, mineral, magnesium, sodium, potasium, dan kalsium yang sangat tinggi. Dead sea mud mampu mengontrol jerawat serta menyamarkan pori, kerutan, dan garis halus.


  • Lumpur hitam
Lumpur hitam terbentuk di area dengan sirkulasi yang buruk atau memiliki pasang surut lemah, seperti di laguna, selat, dan teluk. Warna hitamnya disebabkan oleh endapan bahan organik dan iron sulfide (besi sulfida). Jenis lumpur ini mampu membersihkan berbagai kotoran di kulit dan menjaga kelembapannya.

  • Lumpur vulkanik

Volcanic mud atau lumpur vulkanik berasal dari tanah yang ada di sekitar pegunungan berapi. Jenis lumpur ini bisa digunakan untuk merawat kulit di area wajah ataupun tubuh Anda. Masker lumpur vulkanik memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi sehingga cocok untuk merawat jerawat dan kulit sensitif.


  • Charcoal mud

Jenis ini merupakan perpaduan antara lumpur dan charcoal atau arang. Bahan ini telah digunakan sejak zaman dahulu karena efektif membersihkan komedo dan mengontrol minyak berlebih. Bahkan, campuran lumpur dan arang juga mampu menenangkan kulit yang berjerawat dan mencegah timbulnya jerawat baru.

Sesuaikan kandungan lumpur dengan kondisi kulit Anda

Kandungan utama pada masker lumpur adalah kaolin dan bentonite. Di samping itu, ada juga mud mask yang terbuat dari ghassoul dan sea silt. Yuk, ketahui kelebihan dari masing-masing kandungan lumpur tersebut!

Kaolin, mudah dibersihkan dan aman digunakan untuk kulit sensitif

Kaolin, mudah dibersihkan dan aman digunakan untuk kulit sensitif

Nama "kaolin" diambil dari nama sebuah desa di Cina tempatnya berasal, Gāolǐng. Karakteristiknya yang mudah dibersihkan dan tidak membebani kulit menjadikannya aman digunakan oleh kulit sensitif dan kulit kering.


Selain itu, kaolin merupakan partikel sangat halus berukuran 0,1–1 mikron yang dapat menembus jauh ke dalam pori-pori. Kandungan lumpur ini direkomendasikan untuk pemilik kulit sensitif yang ingin membersihkan kotoran yang menumpuk di pori-pori wajah.

Sea silt, memiliki daya serap tinggi untuk atasi pori-pori yang tersumbat

Sea silt, memiliki daya serap tinggi untuk atasi pori-pori yang tersumbat

Sea silt, dikenal juga dengan sebutan kucha, terdiri dari partikel halus yang tak terhitung jumlahnya. Kandungan ini sangat efektif untuk menghilangkan kulit mati dan kotoran di pori-pori yang sulit hilang dengan perawatan biasa.


Karena berasal dari dasar laut, sea silt kaya akan mineral laut, seperti magnesium, natrium klorida, dan kalium. Manfaatnya pada kulit adalah memperbaiki tekstur serta mengencangkan kulit. Kandungan ini juga diklaim dapat menyerap minyak dan eksfoliasi fisik ringan melalui butiran sea salt.

Bentonit, atasi kilap pada kulit berminyak

Bentonit, atasi kilap pada kulit berminyak

Komponen utama pada bentonit adalah montmorillonite. Tidak hanya menyerap kotoran pada pori-pori, bahan ini juga memiliki daya pembersih yang tinggi sehingga cocok untuk pemilik kulit berminyak dan kombinasi. Hal ini berkat bahan clay yang bersifat menyerap minyak.


Berbeda dengan kandungan lumpur lainnya, bentonit tetap memberikan hasil yang efektif meski hanya digunakan dalam jumlah sedikit. Selain itu, bentonit juga digunakan secara tradisional sebagai pelindung fisik dari sinar UV saat digunakan di permukaan kulit.

Ghassoul, dengan daya pelembap tinggi yang cocok untuk kulit kering

Ghassoul, dengan daya pelembap tinggi yang cocok untuk kulit kering

Ghassoul adalah kandungan lumpur yang diproduksi di daerah yang sangat terbatas di Maroko. Penduduk setempat masih menggunakan ghassoul untuk menjaga keindahan rambut dan kulit mereka. Daya pembersihannya tergolong tinggi, tetapi tetap memberikan kelembapan pada kulit.


Mud mask dengan kandungan ini cocok digunakan oleh Anda yang memiliki kulit kering. Selain kaya akan mineral, ghassoul juga diklaim memiliki efek antibakteri meski penelitian ilmiahnya masih terbatas.

Pilih berdasarkan jenis maskernya

Pilih berdasarkan jenis maskernya

Terdapat dua jenis masker lumpur yang dijual di pasaran, yakni wash-off dan peel-off, berikut ini penjelasannya.

  • Masker wash-off: Jenis masker ini dibersihkan dengan cara dibilas. Produk ini lebih efektif untuk melembapkan kulit sehingga direkomendasikan untuk Anda yang memiliki kulit kering. Beberapa masker lumpur wash-off juga mengandung scrub yang bermanfaat untuk membersihkan kotoran.
  • Masker peel-off: Masker ini dibersihkan dengan cara peeling, yakni ditarik dan dilepaskan dari kulit. Saat dilepaskan, jenis masker ini akan ikut menarik kotoran, komedo, kulit mati, dan minyak di kulit. Jenis ini tidak direkomendasikan untuk kulit yang sangat kering karena bisa menyebabkan iritasi.

Periksa kandungan pelembapnya

Periksa kandungan pelembapnya

Masker lumpur biasanya sudah mengandung pelembap yang berfungsi sebagai bantalan untuk meringankan beban pada kulit saat proses pembilasan. Berikut ini beberapa bahan pelembap yang sering digunakan pada masker lumpur:


  • Glycerin
  • Niacinamide
  • Allantoin
  • Vitamin E
  • Shea butter
  • Hyaluronic acid
  • Trehalose
  • Minyak nabati dan essential oil
  • Ekstrak tumbuhan dan buah-buahan

Hindari produk yang mengandung bahan berbahaya

Hindari produk yang mengandung bahan berbahaya

Selain lumpur dan pelembap, ada banyak bahan yang yang terkandung di dalamnya. Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya Anda menghindari masker lumpur yang mengandung alkohol, paraben, SLS (sulfate), dan fragrance.


Pilihlah produk yang terbuat dari bahan alami dan organik. Masker yang demikian akan meminimalkan timbulnya reaksi alergi pada kulit Anda. Karena itu, periksalah label komposisi tiap produk untuk memastikannya!

Pastikan produk sudah lolos uji BPOM

Pastikan produk sudah lolos uji BPOM

Seiring melejitnya permintaan akan produk skincare dan kosmetik, banyak produsen baru bermunculan. Sayangnya, tak semua produk skincare, termasuk masker lumpur, yang beredar di pasaran aman untuk kulit. Jadi, pastikanlah hanya membeli produk yang telah memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).


Produk yang telah tersertifikasi BPOM dipastikan terjamin keamanannya. Jika produsen tidak mencantumkan keterangan tersebut, Anda dapat memeriksanya secara langsung melalui situs cekbpom.pom.go.id

10 Rekomendasi masker lumpur terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk masker lumpur terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 27 Juli 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, GLAMGLOW Supermud menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Azrina Beauty Pure Charcoal Mud Mask memiliki angka penjualan tertinggi.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.

Gambar produk
1
Azrina Beauty Pure Charcoal Mud Mask 1

Azrina Beauty

2
Madame Gie Beauty Mud Icing Mask 1

Madame Gie

3
Luxcrime  Charcoal Mint Mud Mask  1

Luxcrime

4
The Body Shop Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask 1

The Body Shop

5
Eka Jaya Internasional Hanasui Mineral Mud Mask - Asian Heritage 1

Eka Jaya Internasional

6
YESNOW Relaxing Wash Off Mud Mask 1

YESNOW

7
Freeman Beauty Detoxifying Charcoal & Black Sugar Mud Mask 1

Freeman Beauty

8
Cakra Daya Makmur Vienna Peel Off Mask Purifying Black Mud 1

Cakra Daya Makmur

9
Nature Republic Bamboo Charcoal Mud Pack 1

Nature Republic

10
Lea Gloria Day by Day Face Mask Mud Exclusive 1

Lea Gloria

Nama produk

Pure Charcoal Mud Mask

Beauty Mud Icing Mask

Charcoal Mint Mud Mask

Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask

Hanasui Mineral Mud Mask - Asian Heritage

Relaxing Wash Off Mud Mask

Detoxifying Charcoal & Black Sugar Mud Mask

Vienna Peel Off Mask Purifying Black Mud

Bamboo Charcoal Mud Pack

Day by Day Face Mask Mud Exclusive

Keunggulan

Ampuh bersihkan komedo dan sel kulit mati, jadikan wajah lebih cerah

Hadir dalam enam varian untuk atasi berbagai masalah kulit

Dengan ekstrak daun mint untuk bantu samarkan pori-pori

Bersihkan wajah secara menyeluruh dan 100% vegan

Mengandung tiga bahan utama untuk memudarkan bekas jerawat

Dilengkapi scrub untuk eksfoliasi kulit

Formulanya efektif bersihkan minyak dan kotoran secara instan

Masker lumpur hitam dengan herbal whitening complex untuk mencerahkan

Mengencangkan kulit sekaligus membasmi komedo

Keluarkan racun sisa makeup dengan masker lumpur organik ini!

Harga mulai dariRp 75.000,00Rp 3.500,00Rp 119.000,00Rp 129.000,00Rp 3.000,00Rp 11.000,00Rp 97.800,00Rp 10.500,00Rp 142.000,00Rp 4.500,00
Jenis lumpurCharcoal mudDead sea mud, bamboo charcoal mud, glacier mud, Hungarian herbal mud, kaolin earth mud, volcanic mudCharcoal mudBlack mudMineral mudTidak disebutkanCharcoal mudBlack mudCharcoal mudTidak disebutkan
Kandungan utamaKaolinKaolinBentoniteKaolin, moroccan lava clay (ghassoul)Kaolin, bentonite, montmorilloniteBentonite, kaolinBentonite, kaolin, siltSiltKaolin, bentonite, sea siltKaolin
Jenis maskerWash-offWash-offWash-offWash-offWash-offWash-offWash-offPeel-offWash-offWash-off
Kandungan pelembapCastor oilNiacinamide, glycerin, trehalosePeppermint essential oil, vitamin EShea butter, castor oil, Argania spinosa kernel oil, Aloe vera extractNiacinamide, shea butter, vitamin E, hyaluronic acid, glycerin, allantoinNiacinamide, allantoinGlycerin, banana extract, raspberry extract, guava extract, papaya extractGlycerin, niacinamide, Aloe vera extract, allantoinVitamin E, pomegranate extract, cranberry extract, blueberry extract, jujube extractVitamin E
BPOMNA18190205573Dead sea: NA11200200064・Bamboo charcoal: NA11200200065・Glacier: NA11200200068・Hungarian herbal: NA11200200069・Kaolin earth: NA11200200067・Volcanic: NA11200200066NA18190205579NC52160200358NA18210200817Green tea + Tea tree: NA18210200703・Coffee + Centella asiatica: NA18210200704・Yuzu + Vitamin C: NA18210200706・ Strawberry + Saffron: NA18210200758NA52210200011NA18170200368NA26170200906NA18220200465
Netto50 g7 g70 g15 g7 g8 g175 ml15 g150 g20 g
Tautan produk
10

Lea GloriaDay by Day Face Mask Mud Exclusive

Mulai dari Rp 4.500,00

Jenis lumpurTidak disebutkan
Kandungan utamaKaolin
Jenis maskerWash-off
Kandungan pelembapVitamin E
BPOMNA18220200465
Netto20 g
9

Nature RepublicBamboo Charcoal Mud Pack

Mulai dari Rp 142.000,00

Jenis lumpurCharcoal mud
Kandungan utamaKaolin, bentonite, sea silt
Jenis maskerWash-off
Kandungan pelembapVitamin E, pomegranate extract, cranberry extract, blueberry extract, jujube extract
BPOMNA26170200906
Netto150 g
8

Cakra Daya MakmurVienna Peel Off Mask Purifying Black Mud

Mulai dari Rp 10.500,00

Jenis lumpurBlack mud
Kandungan utamaSilt
Jenis maskerPeel-off
Kandungan pelembapGlycerin, niacinamide, Aloe vera extract, allantoin
BPOMNA18170200368
Netto15 g
7

Freeman BeautyDetoxifying Charcoal & Black Sugar Mud Mask

Mulai dari Rp 97.800,00

Jenis lumpurCharcoal mud
Kandungan utamaBentonite, kaolin, silt
Jenis maskerWash-off
Kandungan pelembapGlycerin, banana extract, raspberry extract, guava extract, papaya extract
BPOMNA52210200011
Netto175 ml
6
Jenis lumpurTidak disebutkan
Kandungan utamaBentonite, kaolin
Jenis maskerWash-off
Kandungan pelembapNiacinamide, allantoin
BPOMGreen tea + Tea tree: NA18210200703・Coffee + Centella asiatica: NA18210200704・Yuzu + Vitamin C: NA18210200706・ Strawberry + Saffron: NA18210200758
Netto8 g
5

Eka Jaya InternasionalHanasui Mineral Mud Mask - Asian Heritage

Mulai dari Rp 3.000,00

Jenis lumpurMineral mud
Kandungan utamaKaolin, bentonite, montmorillonite
Jenis maskerWash-off
Kandungan pelembapNiacinamide, shea butter, vitamin E, hyaluronic acid, glycerin, allantoin
BPOMNA18210200817
Netto7 g
4

The Body ShopHimalayan Charcoal Purifying Glow Mask

101250108

Mulai dari Rp 129.000,00

Jenis lumpurBlack mud
Kandungan utamaKaolin, moroccan lava clay (ghassoul)
Jenis maskerWash-off
Kandungan pelembapShea butter, castor oil, Argania spinosa kernel oil, Aloe vera extract
BPOMNC52160200358
Netto15 g
3

Luxcrime Charcoal Mint Mud Mask

LXC-0000106

Mulai dari Rp 119.000,00

Jenis lumpurCharcoal mud
Kandungan utamaBentonite
Jenis maskerWash-off
Kandungan pelembapPeppermint essential oil, vitamin E
BPOMNA18190205579
Netto70 g
2
Jenis lumpurDead sea mud, bamboo charcoal mud, glacier mud, Hungarian herbal mud, kaolin earth mud, volcanic mud
Kandungan utamaKaolin
Jenis maskerWash-off
Kandungan pelembapNiacinamide, glycerin, trehalose
BPOMDead sea: NA11200200064・Bamboo charcoal: NA11200200065・Glacier: NA11200200068・Hungarian herbal: NA11200200069・Kaolin earth: NA11200200067・Volcanic: NA11200200066
Netto7 g
1
Jenis lumpurCharcoal mud
Kandungan utamaKaolin
Jenis maskerWash-off
Kandungan pelembapCastor oil
BPOMNA18190205573
Netto50 g

Bagaimana cara menggunakan mud mask?

Bagaimana cara menggunakan mud mask?

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari masker lumpur, ada tahapan yang perlu Anda perhatikan. Berikut ini cara menggunakan mud mask untuk mendapatkan hasil terbaik.


  1. Sebelum mengoleskan masker lumpur, pastikan kulit wajah bersih dan kering.
  2. Oleskan masker lumpur secara merata ke kulit wajah dan tunggu sekitar 15–30 menit atau sampai kering. Anda bisa mengaplikasikan masker langsung dengan tangan atau spatula.
  3. Hindari mengoleskan masker di area sekitar mata karena kulit di bawah mata sangat rentan dan sensitif.
  4. Bersihkan masker lumpur yang telah kering menggunakan lap lembut dan air hangat.
  5. Setelah wajah bersih dari masker, keringkan menggunakan kain lembut dengan cara ditepuk perlahan.
  6. Aplikasikan toner atau moisturizer untuk memberikan kelembapan ekstra jika diperlukan.
  7. Gunakan masker lumpur sebanyak 2–3 kali dalam seminggu. Jika dibutuhkan, masker lumpur juga aman digunakan setiap hari.

Baca juga rekomendasi produk masker wajah lainnya di sini

Selain masker lumpur, terdapat juga clay mask, masker organik, dan lain-lain. Anda bisa menambahkannya untuk melengkapi ritual perawatan kulit Anda. Silakan baca artikel mengenai masker wajah lainnya pada tautan di bawah.

Kesimpulan

Penggunaan masker lumpur secara rutin akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kulit wajah. Selain mengangkat kotoran, masker lumpur juga bisa mencerahkan dan melembapkan. Anda tidak perlu lagi khawatir memasukkan masker lumpur ke dalam rutinitas skincare Anda.

Jika Anda masih bingung masker apa yang hendak dibeli, silakan merujuk pada produk rekomendasi kami. Semoga Anda bisa menemukan produk yang cocok untuk mengatasi masalah kulit Anda dan merawatnya secara maksimal!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Laneige, Hada Labo, hingga Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 6 Rekomendasi Viva Face Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    6 Rekomendasi Viva Face Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Viva merupakan merk lokal yang turut menjadi salah satu pelopor dalam bidang perawatan kulit. Produk-produknya berhasil menarik hati wanita Indonesia, terutama face tonic-nya. Kini face tonic produksi Viva telah memiliki beragam varian, seperti green tea, bengkuang, spirulina, sampai cucumber.Viva Face Tonic bahkan bisa digunakan pada semua jenis kulit, mulai dari normal, kering, hingga berminyak. Karena memiliki banyak manfaat, pada kesempatan ini kami ingin membahas tentang cara memilih Viva Face Tonic terbaik. Enam produk rekomendasi yang bagus juga telah kami siapkan, lho. Mari kita simak!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori