• 10 Rekomendasi Essence Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Essence Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Essence adalah salah satu produk dasar skin care yang mampu mengatasi sejumlah masalah kulit, seperti garis halus, kulit kusam, dan kerutan. Mulai dari brand Asia seperti Missha dan SK-II, hingga brand Amerika seperti Estee Lauder memiliki produk andalan dengan kelebihannya masing-masing.

Bingung memilih yang mana? Pada artikel kali ini kami akan memberikan rekomendasi essence terbaik beserta cara pemilihan yang perlu Anda cek supaya tidak salah pilih. Di bagian akhir artikel, kami juga akan memberikan tips tentang cara pemakaian essence yang tepat. Simak sampai habis,ya!
  • Pembaharuan terakhir: 11 Desember 2019
  • 65.383 Views
Daftar isi

Cara memilih essence

Dalam memilih essence, ada dua poin penting yang perlu Anda perhatikan. Anda tidak perlu menganggap bahwa essence dengan kemampuan melembapkan yang tinggi adalah produk terbaik. Sebab, pada dasarnya air memang sulit terserap ke kulit manusia sehingga kondisi permukaan kulit lebih lembap. Jadi, apa saja kedua poin yang menjadi dasar pemilihan tersebut?

Pilih tekstur dan aroma berdasarkan selera Anda

Pilih tekstur dan aroma berdasarkan selera Anda
Pilihlah essence berdasarkan efek yang Anda rasakan setelah penggunaan. Setiap orang pastinya memiliki selera yang berbeda dalam hal ini. Anda bisa mencoba tester atau membeli starter pack terlebih dahulu sebelum menggunakannya dalam jangka panjang. Ada essence yang memberikan rasa matte setelah digunakan dan ada juga yang menyisakan rasa lengket. Hal tersebut akan berpengaruh pada kemudahan pemakaian makeup.
Selain itu, di luar dugaan ternyata banyak orang yang merasa tidak cocok dengan beberapa aroma essence. Beberapa produk essence memiliki aroma unik sehingga bagi Anda yang sensitif terhadap aroma perlu memilihnya dengan lebih hati-hati. Sebelum membeli, sebaiknya Anda mengecek aromanya dan pastikan kulit Anda tidak mengalami iritasi setelah penggunaan.
Sangat penting untuk memilih essence berdasarkan tekstur dan aroma yang Anda sukai. Hal ini akan mempengaruhi kecantikan Anda. Aroma yang sesuai dapat merangsang area hipotalamus di otak untuk memproduksi hormon serotonin sehingga bagus untuk memperbaiki mood.

Pilih yang memberikan rasa lembap

Anda tidak perlu mengutamakan kekuatan melembapkan sebuah essence. Produk yang memberikan rasa lembap tanpa kekuatan pelembap yang tinggi sudah cukup untuk digunakan.

Periksa kandungan yang bisa memberikan rasa lembap

Periksa kandungan yang bisa memberikan rasa lembap
Anda perlu memahami kandungan apa saja yang dapat memberikan kelembapan pada kulit. Berikut ini adalah beberapa kandungan yang umumnya dikenal sebagai bahan pelembap.

  • Butylene glycol (BG) : Bahan ini memiliki kemampuan tinggi dalam menyimpan kelembapan dan tidak begitu lengket dibandingkan glycerin. BG merupakan salah satu jenis alkohol polihidrat (*) yang sering digunakan dalam berbagai produk skin care maupun kosmetik.

  • Glycerin : Salah satu jenis alkohol polihidrat (*) yang paling unggul dalam menyerap kelembapan. Begitu juga dengan concentrated glycerin dan diglycerin.

  • Hyaluronic acid : Kandungan alami yang terdapat pada lapisan dermis kulit. Jika digabungkan dengan glycerin, kemampuan melembapkannya tidak perlu diragukan lagi.

  • Kolagen : Protein berserat yang tidak bisa diserap kulit. Kolagen akan merubah dirinya menjadi peptida kolagen yang memiliki bentuk lebih kecil supaya bisa menembus kulit.

  • Trehalose : Salah satu kandungan yang terbuat dari gula yang bisa menjaga kelembapan dengan baik. Oleh karena kemampuannya itu, trehalose kerap digunakan sebagai pelembap dalam produk kosmetik.

Selain kandungan-kandungan di atas, ada juga kandungan pelembap yang diciptakan sendiri oleh produsen.
(*) Alkohol polihidrat atau gula alkohol adalah pelembap yang dapat menyerap molekul air serta mengunci kelembapan. Oleh karena itu, alkohol polihidrat menjadi pelembap yang paling banyak dipakai.

Kandungan ethanol tidak selalu membuat kulit menjadi kering

Kandungan ethanol tidak selalu membuat kulit menjadi kering
Anda mungkin sering mendengar bahwa essence dengan kandungan ethanol dapat membuat kulit mudah kering. Padahal, sebenarnya ethanol itu sendiri tidak menyebabkan kulit menjadi kering. Rasa kencang dan kaku yang Anda rasakan setelah menggunakan produk dengan ethanol bukan berarti kulit lantas menjadi kering.
Produk yang mengandung ethanol tidak selalu membuat kulit menjadi kering. Kebanyakan orang menyamakan ethanol untuk kosmetik dengan ethanol yang digunakan di laboratorium atau klinik. Ethanol untuk kosmetik tidak memiliki efek disinfektan dan tidak menyebabkan kulit kering. Ditambah lagi, ethanol untuk disinfektan dan ethanol untuk kosmetik memiliki tingkat konsentrasi yang berbeda.
Apabila kulit Anda alergi dengan alkohol atau memiliki penyakit dermatitis atopik, ethanol memang perlu dihindari. Namun, untuk Anda yang berkulit normal, produk ber-ethanol masih bisa Anda gunakan.

10 Rekomendasi essence terbaik

Berikut adalah sepuluh rekomendasi produk essence dengan kemampuan moisturizing serta kemampuan memperbaiki berbagai permasalahan kulit dengan baik. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
10
Kandungan pelembapButylene glycol, glycerin
Ethanol
Aroma<br>
9
Kandungan pelembapButylene glycol, glycerin
Ethanol×
Aroma<br>×
8

Estee Lauder Micro Essence Skin Activating Treatment Lotion

Rp 121.000,00

Kandungan pelembapButylene glycol, trehalose, sodium hyaluronate
Ethanol×
Aroma<br>×
7

Missha Time Revolution The First Treatment Essence – Intensive Moist

Rp 329.000,00

Kandungan pelembapTrehalose, sodium hyaluronate, butylene glycol, glycerin,
Ethanol×
Aroma<br>
6

Laneige White Dew Original Ampoule Essence

Rp 459.000,00

Kandungan pelembapButylene glycol, trehalose, glycerin
Ethanol
Aroma
5
Kandungan pelembapSodium PCA, mannitol
Ethanol×
Aroma
4

Kiehl’s Iris Extract Activating Essence Treatment

Rp 560.000,00

Kandungan pelembapButylene glycol, glycerin, sodium hyaluronate
Ethanol
Aroma
3
Kandungan pelembapGlycerin, butylene glycol, sodium hyaluronate
Ethanol×
Aroma
2
Kandungan pelembapButylene glycol, sodium hyaluronate
Ethanol×
Aroma×
1
Kandungan pelembapButylene glycol
Ethanol×
Aroma

Tabel perbandingan produk essence terbaik

Gambar produk
1
SK-II  Facial Treatment Essence 1

SK-II

2
COSRX  Advanced Snail 96 Mucin Power Essence 1

COSRX

3
Safi  Age Defy Gold Water 1

Safi

4
Kiehl’s  Iris Extract Activating Essence Treatment 1

Kiehl’s

5
Bioderma  Hydrabio Essence Lotion 1

Bioderma

6
Laneige  White Dew Original Ampoule Essence 1

Laneige

7
Missha Time Revolution  The First Treatment Essence – Intensive Moist 1

Missha Time Revolution

8
Estee Lauder  Micro Essence Skin Activating Treatment Lotion 1

Estee Lauder

9
Benton  Snail Bee High Content Essence 1

Benton

10
The Body Shop  Drops of Youth™ Essence Lotion 1

The Body Shop

Nama produk

Facial Treatment Essence

Advanced Snail 96 Mucin Power Essence

Age Defy Gold Water

Iris Extract Activating Essence Treatment

Hydrabio Essence Lotion

White Dew Original Ampoule Essence

The First Treatment Essence – Intensive Moist

Micro Essence Skin Activating Treatment Lotion

Snail Bee High Content Essence

Drops of Youth™ Essence Lotion

KeunggulanJadikan kulit wajah Anda se...Dengan tambahan manfaat ant...Merawat keremajaan kulit de...Mengatasi masalah penuaan, ...Memberikan kelembapan inten...Mencerahkan kulit wajah dar...Memberi kelembapan optimal ...Menembus lapisan kulit seca...Menghaluskan dan menjaga el...Mengencangkan dan membantu ...
HargaRp 613.000,00Rp 179.000,00Rp 142.900,00Rp 560.000,00Rp 297.000,00Rp 459.000,00Rp 329.000,00Rp 121.000,00Rp 132.000,00Rp 379.000,00
Kandungan pelembapButylene glycolButylene glycol, sodium hyaluronateGlycerin, butylene glycol, sodium hyaluronateButylene glycol, glycerin, sodium hyaluronateSodium PCA, mannitolButylene glycol, trehalose, glycerinTrehalose, sodium hyaluronate, butylene glycol, glycerin,Butylene glycol, trehalose, sodium hyaluronateButylene glycol, glycerinButylene glycol, glycerin
Ethanol×××××××
Aroma×××
Tautan produk

Cara menggunakan essence yang tepat

Jika Anda telah memutuskan produk pilihan, penting juga untuk menggunakannya secara benar. Berikut ini akan kami jelaskan cara menggunakan essence dengan tepat.

Ratakan perlahan di wajah setelah menghangatkannya di telapak tangan

Ratakan perlahan di wajah setelah menghangatkannya di telapak tangan
Setelah mengeluarkan essence ke telapak tangan, hangatkan terlebih dahulu hingga suhunya sama dengan suhu tubuh dengan mengatupkan kedua telapak. Dengan cara tersebut, essence akan lebih mudah terserap ke kulit wajah. Tekan sedikit kedua telapak tangan yang terkatup lalu essence akan menjadi hangat dengan cepat.
Setelah menjadi hangat, usapkan essence ke seluruh wajah dan ratakan sedikit demi sedikit. Lakukan sambil menekan wajah perlahan dengan telapak tangan supaya produk terserap optimal. Ingat, jangan menekan terlalu keras, ya.

Kunci kelembapan dengan face emulsion

Kunci kelembapan dengan face emulsion
Tidak peduli seberapa hebat sebuah essence, kelembapannya tetap akan menguap jika tidak ditutup dengan kandungan minyak. Setelah memakai essence, aplikasikan face emulsion untuk mengunci kelembapan. Jika memungkinkan, sebaiknya gunakan face emulsion dan essence dari brand yang sama.
Anda juga bisa menggunakan serum sebagai pengganti face emulsion. Hanya saja, karena harus dipakai dalam jumlah banyak, penggunaan serum terhitung lebih menghabiskan uang dibanding face emulsion.

Jika menggunakan kapas, basahi kapas seluruhnya dengan essence

Jika menggunakan kapas, basahi kapas seluruhnya dengan essence
Selain menggunakan tangan, essence juga bisa digunakan dengan kapas. Ada satu hal yang perlu Anda perhatikan jika menggunakan kapas, yaitu pastikan Anda membasahi seluruh bagian kapas dengan essence hingga kuyup.
Jika ada bagian kapas yang tidak basah, bagian tersebut akan menyerap sebum alami kulit sehingga membuat kulit menjadi kering. Hal yang sama juga perlu Anda lakukan ketika menggunakan masker kapas. Letakkan kapas yang telah dibasahi seluruhnya ke wajah, lalu lepas sebelum kapas mengering.

Baca juga rekomendasi face emulsion di sini

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, face emulsion juga bisa digunakan untuk menggantikan serum wajah dan melengkapi perawatan wajah Anda. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, Anda bisa membaca artikel kami berikut ini mengenai face emulsion dengan harga yang terjangkau. Artikelnya bisa dilihat di sini.

Kesimpulan

Essence adalah produk dasar skin care yang mampu mengatasi masalah kulit kusam, garis halus, bahkan kerutan di wajah. Supaya mendapatkan produk yang tepat, pilih tekstur dan aroma essence berdasarkan jenis kulit Anda. Lalu, pilih yang memberikan rasa lembap.
Dalam memilih essence untuk Anda gunakan sehari-hari, pertimbangkan juga dari segi harga agar tidak membebani keuangan Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Eye cream digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, menghitam, kendur, dan kering. Karena memiliki manfaat yang luar biasa, tidak heran produk ini dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun, beberapa merek, seperti Pond's, SAFI, dan L'Oreal meluncurkan produk dengan harga yang terjangkau. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih eye cream yang harganya terjangkau, tetapi memiliki formula yang ampuh mengatasi permasalahan Anda. Kami juga memberikan rekomendasi produk sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai bahan referensi. Yuk, temukan eye cream yang ideal untuk kulit Anda!
    Kosmetik & kesehatan
    213.547 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Karena itu, pemilihan sabun muka tak boleh sembarangan!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    285.915 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan Anda. Jangan biarkan noda tersebut terlalu lama di wajah Anda karena akan sulit untuk menghilangkannya di kemudian hari. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan krim khusus penghilang noda bekas jerawat agar kulit wajah bersih dan cantik Anda kembali lagi.Di antara banyaknya produk penghilang bekas jerawat, kami akan memberikan tips memilih krim yang tepat untuk Anda. Simak juga berbagai rekomendasi produk dari kami, mulai dari Verile, Kiehl's, Neutrogena, sampai Mineral Botanica. Temukan yang paling pas untuk Anda, ya. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    128.026 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit disembuhkan, cobalah menggunakan pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Saat ini, tersedia banyak pelembap wajah yang memiliki kandungan antiseptik dan anti-inflamasi untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda-beda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat. Tak ketinggalan, kami pun akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Produk-produk ternama dari merek The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya pun akan kami ulas. Mari simak terus artikel ini!
    Kosmetik & kesehatan
    231.409 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Apakah Anda juga tengah mengalaminya? Sebenarnya flek tersebut disebabkan oleh sengatan matahari. Sangat mungkin noda itu akan bertambah bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.Selain laser dan suplemen, sebenarnya Anda dapat menangani flek hitam dengan krim penghilang flek hitam, seperti produk dari Olay, Pond’s, Garnier, dan sebagainya. Kali ini, kami akan memberikan tips sekaligus memperkenalkan jajaran krim penghilang flek hitam agar Anda bisa memilih produk perawatan kulit sesuai dengan kebutuhan.
    Kosmetik & kesehatan
    216.062 Views
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Meski jerawat terlihat kempis dan sudah sembuh, ternyata bekas jerawat yang tersisa masih menimbulkan masalah. Bekas jerawat sangat sulit untuk ditutupi bahkan dengan concealer dan bisa membuat makeup jadi terlihat kurang bagus. Ada produk makeup yang dapat menyamarkannya, tetapi akan lebih baik jika Anda merawat kulit bermasalah tersebut, bukan?Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda bisa memilih serum yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Nah, kami akan menjabarkan tips memilih serum yang mampu bekerja efektif dan tepat untuk kulit wajah Anda. Simak juga rekomendasi produk terbaik untuk mengatasi bekas jerawat seperti The Ordinary, Dr. Jart+, dan lainnya, ya!
    Kosmetik & kesehatan
    172.987 Views
  • 10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu cara melindungi mata dan area di sekitarnya saat beraktivitas di luar ruangan adalah dengan menggunakan kacamata anti-UV. Namun, banyak orang yang bingung dalam mencari kacamata yang paling efektif mengingat adanya berbagai standar dan perbedaan dalam spesifikasi lensa.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kacamata anti-UV agar Anda dapat menemukan produk yang ideal sesuai kebutuhan. Kami juga akan merekomendasikan produk-produk dari berbagai brand yang sudah tidak asing lagi, seperti Ray-Ban, dan Oakley. Mari kenakan kacamata yang tepat dan lindungi kulit Anda dari radiasi UV penyebab bintik hitam!
    Kosmetik & kesehatan
    14.182 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori