• 10 Essence Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Essence Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Essence Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Essence Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Essence Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Essence Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)

Essence adalah salah satu rangkaian skincare untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti kulit kering, berjerawat, sensitif, hingga kulit kombinasi. Ada juga essence yang berfungsi sebagai antiaging untuk melawan penuaan dan essence untuk remaja. Anda bisa menemukan produk essence yang bagus sesuai kondisi kulit wajah Anda. 

Ada beragam merek essence di pasaran, seperti essence lokal dari PIXY dan Somethinc. Ada juga produk essence dari luar negeri, khususnya Korea, seperti COSRX, Innisfree, dan lainnya. Simak juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan. Baca artikel ini sampai akhir, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Prawindra Irawan
  • Pembaharuan terakhir: 12 Oktober 2021
  • 187.464 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan, SpKK, MKes, FINSDV

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan, SpKK, MKes, FINSDV

dr. Irawan berpengalaman di bidang ilmu kesehatan kulit dan kelamin selama 11 tahun. Beliau pernah menjadi pembicara dan trainer di beberapa seminar. Beliau menjadi juara satu nasional lomba PERDOSKI Got Talent 2021 kategori kelompok.


dr. Irawan aktif sebagai peneliti dan dosen luar biasa di Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha dari 2010 hingga sekarang. Beliau juga salah satu staf bagian Kulit Kelamin RS Immanuel Bandung dan Erha Derma Center Bandung.

Mengenal peran essence untuk kulit wajah

Mengenal peran essence untuk kulit wajah

Ada baiknya Anda memahami peranan dari essence. Essence sendiri memiliki dua fungsi. Pertama, essence menjadi bahan pelembap untuk wajah yang larut dalam air. Kedua, essence menjadi salah satu bagian yang digunakan dalam rangkaian skincare routine. 


Anda mungkin mengira essence akan melembapkan kulit. Padahal, tujuan essence sebenarnya adalah memberi kulit bahan pelembap yang terkandung di dalam essence. Maka dari itu, menggunakan terlalu banyak essence tidak meningkatkan kadar air pada kulit Anda.

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Peranan essence adalah sebagai berikut:

  1. Menyeimbangkan pH kulit wajah
  2. Melindungi skin barrier dari kerusakan
    Pelembap wajah memiliki manfaat penting untuk menjaga kulit wajah dari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan kulit mengalami iritasi. Dampak paparan sinar matahari yang hebat adalah kanker kulit.
  3. Mencegah penuaan dini
    Pelembap wajah dapat menjaga elastisitas wajah serta dapat mempertahankan kekenyalan kulit wajah. Selain itu, pelembap dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput, garis-garis pada wajah, dan munculnya flek hitam.
  4. Mencegah alergi
    Pelembap juga dapat membantu mengatasi kulit yang tergolong sensitif saat terkena makeup. Dengan menggunakan pelembap, wajah tidak bersentuhan langsung dengan makeup yang sangat mungkin menimbulkan alergi hingga infeksi.
  5. Mencegah kulit wajah menjadi kering
    Pada kulit wajah yang kering, tekstur kulit terasa kasar dan perih ketika tergaruk. Pelembap wajah juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan wajah.
  6. Menghilangkan komedo
    Pelembap wajah juga efektif untuk menghilangkan komedo. Caranya adalah dengan mengoleskan pelembap wajah ke bagian hidung yang sering mengalami komedo.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih essence

Selanjutnya, kami akan menjelaskan hal-hal yang perlu Anda pahami sebelum memilih essence. Pastikan produk essence yang Anda pilih memiliki kandungan yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda, ya.

Periksa kandungan bahan pelembap pada produknya

Periksa kandungan bahan pelembap pada produknya

Karena digunakan untuk melembapkan kulit wajah, kandungan pelembap menjadi hal yang sangat penting pada essence. Beberapa kandungan pelembap yang biasanya digunakan, seperti glycerin, butylene glycol (BG), natural moisturizing factor (NMF), hyaluronic acid, dan lainnya.


Selain kelembapannya, Anda juga perlu memahami karakteristik dan tekstur dari kandungan tersebut. BG memiliki kemampuan menyimpan kelembapan dengan tekstur menyegarkan. Kemudian, tekstur glycerin cenderung lembap. Sementara itu, hyaluronic acid memiliki tekstur yang thick.

 

Ada juga essence yang memiliki zat mengentalkan seperti carbomer atau xanthan gum. Anda perlu menyesuaikan penggunaannya sesuai jumlah pencampurannya. Hal ini mungkin cukup sulit untuk orang awam. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan praktisi kecantikan. 

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Pilih pelembap tanpa pewangi, tanpa pewarna, hypoallergenic, dan tertulis alcohol-free di labelnya. Saat memilih pelembap untuk kulit kering, perhatikan label komposisi bahan pada produk. Pastikan juga kandungan pelembap tersebut cocok untuk kulit kering. 


Bahan atau kandungan yang yang disarankan untuk kulit kering antara lain urea, lanolin, asam hialuronat, ceramide, glycerin, dan dimethicone. Selain itu, pelembap untuk kulit kering juga biasanya mengandung minyak, seperti minyak kedelai, minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak mineral.

Pilih essence yang sesuai dengan jenis kulit Anda

Karakteristik kulit wajah setiap orang berbeda-beda. Ada yang kulitnya kering, sensitif, atau kasar. Oleh karena itu, Anda perlu memilih essence dengan kandungan yang mendukung jenis kulit wajah Anda.

Kulit kering atau sensitif, gunakan bahan pelembap seperti ceramide

Kulit kering atau sensitif, gunakan bahan pelembap seperti ceramide

Untuk kulit kering dan sensitif, kami merekomendasikan ceramide. Kandungan ini terkenal sebagai bahan yang mendukung skin barrier. Ceramide juga mudah beradaptasi dengan kulit manusia. Maka dari itu, kandungan ceramide diharapkan memiliki efek pelembapan yang lebih tinggi.


Meskipun demikian, ceramide merupakan material yang harganya mahal. Essence yang mengandung ceramide jarang yang memiliki harga murah. Jika Anda menginginkan manfaat seperti ceramide, tetapi dengan harga lebih terjangkau, Anda bisa memilih essence yang mengandung pseudo-ceramide.


Selain ceramide, kami juga merekomendasikan asam amino dan PCA-Na yang merupakan kandungan alternatif NMF (natural moisturizing factor). Kemudian, bahan pelembap yang berasal dari gula, seperti sukrosa juga bagus untuk kulit.

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Untuk kulit kering, pilih pelembap yang mengandung ceramide, urea, lanolin, asam hialuronat, glycerin, dan dimethicone.


Tips memilih pelembap untuk kulit kering:

Pelembap tak hanya bermanfaat untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Pelembap yang tepat juga dapat memperbaiki warna dan tekstur kulit kering agar terlihat segar, cerah, dan awet muda.


  • Pilih pelembap tanpa pewangi dan pewarna

Sebagian pelembap kulit diperkaya parfum atau pewangi dan pewarna. Bahan ini tidak disarankan untuk digunakan bagi Anda yang memiliki kulit kering. Hal ini disebabkan oleh kedua bahan tersebut dapat menyebabkan iritasi sehingga tidak cocok bagi kulit kering.


Pilihlah produk yang berlabel khusus untuk kulit kering disertai keterangan "alcohol-free", "bebas pewangi", atau berlabel "hypoallergenic".


  • Pilih pelembap dalam sediaan krim

Pelembap ada yang tersedia dalam bentuk krim atau lotion. Kedua jenis ini serupa, tetapi tak sama. Pelembap dalam bentuk krim memiliki konsistensi lebih berminyak, sedangkan lotion lebih banyak campuran air dan pewanginya.


Jika digunakan pada kulit kering, lotion cenderung berisiko menyebabkan iritasi. Oleh karena itu, Anda yang kulitnya kering dan cenderung sensitif, disarankan untuk memilih pelembap yang berbentuk krim.


  • Lebih selektif dalam memilih kandungan pelembap

Saat memilih pelembap untuk kulit kering, perhatikan label komposisi bahan pada produk dan pastikan kandungannya cocok untuk kulit kering.


  • Gunakan pelembap yang mengandung petroleum jelly

Pelembap dengan kandungan petroleum jelly dapat menahan kandungan air di permukaan kulit agar tidak mudah menguap sehingga lebih baik dalam mencegah kulit kering. 


Pelembap yang mengandung petroleum jelly banyak tersedia dalam bentuk krim dan biasa digunakan untuk kulit yang sangat kering. Selain untuk kulit yang kering, petroleum jelly juga dapat digunakan untuk mengatasi bibir kering dan tumit atau kaki pecah-pecah.


Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dianjurkan menggunakan pelembap sebanyak 2–3 kali sehari. Gunakan pelembap setelah mandi saat kulit masih sedikit lembap. Saat menggunakan pelembap, tunggu beberapa menit hingga meresap di kulit dengan baik sebelum mengenakan pakaian.


  • Untuk memperbaiki kondisi kulit kering dan pecah-pecah, lakukan beberapa cara perawatan berikut ini

Gunakan tabir surya (minimal SPF 15) saat beraktivitas di bawah terik sinar matahari. Anda dapat memilih tabir surya yang dilengkapi dengan kandungan pelembap. Hindari mandi terlalu lama karena dapat membuat kulit makin kering. Batasi waktu mandi cukup selama 5–10 menit.


Pilih sabun mandi yang mengandung pelembap atau diformulasikan khusus untuk kulit kering. Minum air putih yang cukup, setidaknya 8 gelas per hari untuk mencegah dehidrasi. Gunakan pelembap udara atau humidifier, khususnya di ruang kerja dan kamar tidur jika ruangan tersebut menggunakan AC.

Kulit kasar, pakai essence yang mengandung dipotassium glycyrrhizinate

Kulit kasar, pakai essence yang mengandung dipotassium glycyrrhizinate

Jika Anda memiliki tekstur kulit wajah yang cenderung kasar, Anda bisa mencoba essence dengan bahan aktif dipotassium glycyrrhizinate. Jenis kandungan ini yang memiliki efek anti-inflamasi. 


Selain itu, masih ada kandungan yang memiliki efek anti-inflamasi lainnya, seperti tranexamic acid, dan allantoin. Essence yang memiliki kandungan tersebut juga kami rekomendasikan untuk Anda yang memiliki kulit kasar.

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Dipotassium glycyrrhizate atau glycyrrhiza glabra root extract (licorice) sangat ampuh sebagai antiradang dan memiliki kemampuan untuk melegakan kulit. Licorice bisa menghambat produksi melanin pada kulit.


Berikut ini adalah beberapa vitamin yang bisa dijadikan sebagai asupan untuk kulit kering dan kasar:

  1. Vitamin A 
    Vitamin ini sangat diperlukan kulit karena dapat mencegah kulit kering, keriput, dan kerusakan kulit menyeluruh.
  2. Vitamin B kompleks 
    Salah satu di antaranya adalah biotin atau B7 yang berguna untuk menjaga pertumbuhan kuku, sel rambut, dan kulit.
  3. Vitamin C 
    Vitamin ini dapat mencegah kulit kering, kusam, keriput, dan gelap.
  4. Vitamin D 
    Vitamin ini memiliki nutrisi yang
    dibutuhkan untuk penderita psoriasis. Psoriasis merupakan penyakit kulit yang ditandai bercak menimbul yang disertai sisik tebal sehingga kulit menjadi bersisik dan berkerak.
  5. Vitamin E 
    Vitamin ini dapat menjaga kelembapan kulit sehingga mencegah terjadinya kulit kering.

Sesuaikan produk berdasarkan tujuan perawatan Anda

Tidak sampai di situ, Anda juga perlu menyesuaikan jenis essence dengan tujuan penggunaannya. Apakah Anda ingin essence yang mencerahkan atau memiliki fungsi antiaging? Kami akan membahasnya di bawah ini. 

Antiaging dan mencerahkan, perhatikan jenis kandungan perawatan yang lebih tinggi

Antiaging dan mencerahkan, perhatikan jenis kandungan perawatan yang lebih tinggi

Selain bahan dasar perawatan kulit, ada essence yang mengandung bahan untuk perawatan lanjutan. Salah satu yang menarik adalah essence yang digunakan untuk memutihan wajah sekaligus memperlambat penuaan. Jika Anda concern dengan hal tersebut, kami menyarankan essence yang mengandung niacinamide.


Niacinamide adalah bahan aktif yang memiliki efek memutihkan dan menghilangkan kerutan. Kandungan tersebut merupakan bahan penting yang unik dalam produk essence.

 

Sementara itu, apabila Anda mencari essence yang mengandung pelembap fungsional, pilihlah produk yang mengandung rice power. Kandungan ini memiliki manfaat meningkatkan fungsi retensi air.

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Kandungan dalam krim pencerah wajah antara lain alpha hydroxy acid, kojic acid, arbutin, vitamin C, vitamin E, dan hyaluronic acid.


  • Alpha hydroxy acid atau AHA 
    Zat ini 
    berfungsi merangsang pengelupasan kulit, mengangkat sel kulit mati, serta menghambat produksi melanin dan membuat kulit tampak lebih putih.
  • Kojic acid 
    Pada beberapa penelitian, zat ini dapat menghambat produksi melanin sehingga dapat memutihkan dan mencerahkan wajah.
  • Hyaluronic acid 
    Zat ini dapat mencerahkan wajah dan mempunyai efek antioksidan yang dapat berfungsi untuk peremajaan kulit. Selain itu, zat ini juga mempunyai efek melembapkan kulit dan dapat mengatasi kulit kering dan keriput.
  • Arbutin 
    Zat ini berasal dari daun bearberry, cranberry, mulberry, atau pir. Zat ini mempunyai fungsi untuk mencerahkan kulit.
  • Vitamin C dan vitamin E 
    Kedua jenis vitamin ini memiliki sifat antioksidan yang baik untuk memperbaiki kerusakan kulit. Beberapa penelitian juga membuktikan kedua vitamin ini dapat mencerahkan dan
    memutihkan kulit serta dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Perawatan berkelanjutan, pilihlah essence dengan kandungan organik

Perawatan berkelanjutan, pilihlah essence dengan kandungan organik

Dalam beberapa tahun terakhir, industri kecantikan sadar akan perawatan berkelanjutan. Seiring dengan hal itu, banyak produsen kosmetik menggunakan bahan-bahan organik. Hal tersebut agar produk tidak hanya menghasilkan kecantikan alami, tetapi juga ramah lingkungan.


Saat memilih essence organik, Anda harus memeriksa apakah produk tersebut sudah tersertifikasi organik atau belum. Sayangnya, di Indonesia belum mempunyai sertifikasi khusus kosmetik organik.


Untuk keamanannya, Anda dapat mengecek keamanan essence yang akan Anda gunakan di laman Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selain itu, Anda juga bisa melihat standarisasi produk tersebut melalui situs resminya. 

Perhatikan juga kandungan yang dapat membuat kulit Anda iritasi

Jika kandungan essence tidak sesuai, kulit Anda mungkin akan mengalami iritasi. Hal ini justru akan menambah masalah baru pada kulit. Ada beberapa jenis kandungan pada essence yang harus dihindari oleh kondisi kulit tertentu. Oleh karena itu, Anda juga harus memahami poin-poin yang akan kami jelaskan berikut ini.

Zat aditif, pahami benar-benar kandungan ini untuk kulit Anda

Zat aditif, pahami benar-benar kandungan ini untuk kulit Anda

Kandungan pengawet dalam kosmetik dapat menyebabkan iritasi pada kulit wajah Anda. Kami menyarankan Anda menggunakan essence dengan pengawet yang berasal dari paraben. Karena ada produk yang mengklaim bebas paraben, banyak orang berpikir kandungan paraben tidak baik untuk wajah. Nyatanya, paraben sudah digunakan sejak lama dan penelitian mengenai kandungan ini juga sudah banyak. 


Namun, jika kulit Anda mengalami iritasi saat menggunakan essence mengandung paraben, hentikan pemakaiannya dengan segera. Kandungan pengawet lain yang aman dan dianggap bisa menggantikan paraben adalah phenoxyethanol


Sekilas, produk bebas pengawet dianggap tidak menyebabkan iritasi. Sebaliknya, justru produk bebas pengawet yang memiliki kemungkinan akan membuat kulit Anda iritasi. Hal ini karena produk tersebut mengandung bahan dengan efek antiseptik.

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Zat aditif yang ada di skincare harus benar-benar diperhatikan apakah mengandung bahan-bahan yg aman. Akan sangat berbahaya apabila skincare mengandung zat aditif seperti merkuri.


Berikut ini adalah beberapa kandungan krim pemutih yang perlu dijauhi:

  • Hidrokuinon

Zat ini dapat menghambat produksi melanin dan mencegah kulit menjadi gelap. Bahan ini dapat menimbulkan kerusakan kulit, menimbulkan rasa perih dan iritasi pada kulit, serta mengganggu fungsi ginjal.

  • Merkuri

Zat ini memiliki efek memutihkan kulit, tetapi sangat berbahaya dan beracun terutama apabila digunakan dalam dosis tinggi dan jangka lama. Efek sampingnya antara lain kerusakan ginjal, saraf, iritasi kulit, dan keracunan. Paparan zat merkuri yang tinggi pada ibu hamil dapat menyebabkan keguguran, cacat bawaan lahir, dan gangguan tumbuh kembang janin.

Etanol, dapat menyebabkan kulit sensitif iritasi

Etanol, dapat menyebabkan kulit sensitif iritasi

Untuk orang dengan kulit wajah sensitif, kandungan alkohol/etanol dapat menyebabkan kulit iritasi. Padahal, banyak essence yang menggunakan etanol untuk melembutkan kulit dan sebagai antiseptik. Maka dari itu, jika Anda memiliki kulit sensitif, hindari menggunakan essence yang mengandung etanol.


Etanol juga menjadi bahan untuk meningkatkan kualitas dari kosmetik. Meskipun demikian, kosmetik yang mengandung etanol harus dihindari oleh penderita hipersensitivitas alkohol. Jika kulit Anda sensitif atau hipersensitivitas alkohol, pastikan menggunakan essense yang bertuliskan bebas alkohol atau bebas etanol.

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Dermatitis kontak adalah peradangan pada kulit akibat paparan zat tertentu yang menyebabkan iritasi atau reaksi alergi. Dermatitis kontak ditandai ruam merah dan bercak merah di kulit disertai rasa gatal. Penyebabnya adalah paparan zat yang menyebabkan iritasi atau alergi pada kulit. Dermatitis kontak dibagi menjadi dua jenis.


  • Dermatitis kontak iritan

Jenis ini terjadi ketika lapisan luar kulit bersentuhan dengan zat tertentu yang menyebabkan lapisan pelindung kulit mengalami kerusakan. Jenis ini sangat sering terjadi. Penyebabnya antara lain sabun, detergen, sampo, cairan pemutih, parfum, dan lain-lain.


  • Dermatitis kontak alergi

Jenis ini terjadi ketika kulit bersentuhan dengan zat alergen yang memicu sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan sehingga menyebabkan kulit gatal dan meradang. Penyebabnya antara lain obat-obat topikal, bahan kosmetik, dan lain sebagainya.

Glycerin, jangan gunakan untuk kulit berjerawat

Glycerin, jangan gunakan untuk kulit berjerawat

Jika Anda memiliki kulit wajah yang berjerawat, hindari menggunakan essence yang mengandung glycerin. Hal ini karena glycerin sering menjadi makanan untuk bakteri jerawat yang merupakan sumber jerawat. Essence yang mengandung glycerin akan membuat jerawat Anda bertambah. Maka dari itu, jika Anda ingin mencegah timbulnya jerawat, gunakan essence yang bebas glycerin

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Untuk kulit berminyak, carilah pelembap yang berbahan dasar air atau water based yang berlabel nonkomedogenik agar tidak menyumbat pori-pori. Salah satu contohnya adalah AHA. Acne vulgaris adalah peradangan pada folikel pilosebasea yang ditandai oleh adanya komedo, papul, pustula, nodula, dan scar. Pada umumnya, jerawat terjadi di daerah wajah, dada, punggung, dan lengan atas.


Cara untuk mencegah jerawat:

  1. Cuci muka dan rawat kulit setiap hari. Hindari menggosok wajah terlalu kencang dan sering.
  2. Hindari keringat berlebihan. Mandilah setelah melakukan aktivitas yang banyak mengeluarkan keringat.
  3. Keramas secara rutin bila rambut Anda tipe berminyak. Sebaiknya jepit rambut anda agar tidak menempel di wajah.
  4. Jangan menyentuh wajah Anda terutama selama atau setelah aktivitas di luar ruangan.
  5. Kenakan pakaian serta gunakan handuk berbahan lembut.
  6. Hindari menggunakan perawatan rambut yang mengandung banyak minyak seperti krim atau gel.
  7. Hindari terekspos bahan dengan kandungan minyak atau bahan kimia yang keras.
  8. Lindungi kulit Anda dari sinar UV dengan menggunakan sunscreen.

Faktor-faktor penyebab jerawat:

  • Perubahan hormon
  • Makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi
  • Kosmetik yang mengandung minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation
  • Obat-obatan tertentu seperti steroid
  • Masker
  • Polusi

Pilih produk yang mudah digunakan setiap hari

Pilih produk yang mudah digunakan setiap hari

Karena digunakan setiap hari pada pagi dan sore, rasa nyaman menggunakan essence menjadi hal penting. Tekstur essence yang ideal adalah yang menyegarkan, lembap, dan kental.


Tekstur essence ini juga bisa dilihat dari dasar bahan pelembapnya. Essence yang menyegarkan mengandung BG, yang lembap mengandung glycerin, dan yang kental mengandung hyaluronic acid dan kolagen.


Selain tekstur, aroma dan kemasan essence juga Anda perlu Anda perhatikan. Wadah atau kemasan memiliki peranan penting agar Anda dapat menggunakan essence tanpa stres setiap hari. Anda bisa melihat ukuran botol, tekstur, serta jumlah produk yang keluar dari kemasan.

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Essence yang Anda pilih harus sesuai dengan jenis kulit agar mudah menempel di kulit dan mudah digunakan.


  • Pilih skincare yg sesuai jenis kulit

Yang perlu diperhatikan adalah jenis kulit, yaitu ada yang normal, berminyak, kering, kombinasi, dan sensitif.

  • Sesuaikan dengan masalah kulit 

Setiap orang tentu memiliki masalah kulit yang berbeda-beda. Masalah kulit tersebut seperti jerawat, kulit kering, kulit berminyak, flek, dan lain sebagainya. Jika wajah menggunakan skincare yang tidak tepat dengan masalah kulit, tentunya akan menimbulkan efek samping.


  • Teliti melihat komposisi produk

Jenis kulit yang tidak memiliki pantangan adalah kulit normal. Untuk kulit berminyak, hindari produk oil-based, sedangkan untuk kulit kering hindari yang mengandung alkohol. Produk pewangi dan alkohol harus dihindari penggunaannya pada tipe kulit sensitif.


  • Pilih produk dengan kandungan sunscreen 

Sangat disarankan untuk menggunakan produk skincare yang mengandung sunscreen karena kulit wajah butuh perlindungan terhadap sinar UV.


  • Perhatikan tanggal kedaluwarsa 

Rata-rata suatu produk expired dalam waktu 12 bulan.


  • Pastikan produk memiliki izin BPOM 

Salah satu cara aman memilih produk adalah melihat pada izin edar BPOM pada kemasan. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, hindari produk yang tidak memiliki izin BPOM.


  • Bijak dalam menggunakan skin care alami

Skincare alami belum tentu baik untuk kulit.


  • Lihat reaksi kulit 

Pada umumnya, skincare tidak memberikan hasil secara langsung. Berhasil atau tidaknya produk skincare dapat memakan waktu yang lama.

10 Rekomendasi essence terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi produk essence yang dapat Anda temukan di pasaran. Pilihlah essence yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit wajah Anda. Produk-produk berikut ini adalah produk pilihan kami dan bukan rekomendasi dari dr. Prawindra Irawan.
10
Jenis kulit yang direkomendasikanKulit kusam
Bahan pelembapEthylhexylglycerin, butylene glycol, sodium hyaluronate, glycerin
Alkohol/EthanolTidak disebutkan
Bahan pengawetSodium benzoate, sorbic acid, potassium sorbate, phenoxyethanol
GlycerinAda
Isi125 ml
Kandungan yang memutihkanNiacinamide
9

Benton Snail Bee High Content Essence

Mulai dari Rp 139.800,00

Jenis kulit yang direkomendasikanKulit kering, kulit berminyak, kulit sensitif
Bahan pelembapPanthenol, betaine, butylene glycol, glycerin, Aloe barbadensis leaf extract
Alkohol/EthanolTidak disebutkan
Bahan pengawetTidak disebutkan
GlycerinAda
Isi60 ml
Kandungan yang memutihkanNiacinamide, arbutin
8

COSRX Advanced Snail 96 Mucin Power Essence

Mulai dari Rp 160.000,00

Jenis kulit yang direkomendasikanKulit kering, kulit berminyak, kulit sensiitf
Bahan pelembapSnail secretion filtrate, panthenol, betaine, carbomer, butylene glycol, sodium hyaluronate
Alkohol/EthanolTidak disebutkan
Bahan pengawetPhenoxyethanol
GlycerinTidak disebutkan
Isi20 ml, 30 ml, 100 ml
Kandungan yang memutihkanTidak disebutkan
7
Jenis kulit yang direkomendasikanKulit kering
Bahan pelembapSqualane, ethylhexylglycerin, glycerin, palmitic acid, hydrogenated polydecene
Alkohol/EthanolAda
Bahan pengawetDisodium EDTA
GlycerinAda
Isi50 ml
Kandungan yang memutihkanOryza sativa (rice) bran oil
6
Jenis kulit yang direkomendasikanKulit kusam, penuaan
Bahan pelembapButylene glycol, sodium PCA
Alkohol/EthanolTidak disebutkan
Bahan pengawetDMDM hydantoin, triethanolamine
GlycerinTidak disebutkan
Isi40 ml
Kandungan yang memutihkanNiacinamide
5
Jenis kulit yang direkomendasikanKulit kering, kulit sensitif
Bahan pelembapButylene glycol, glycerin, carbomer, ethylhexylglycerin
Alkohol/EthanolTidak disebutkan
Bahan pengawetPhenoxyethanol
GlycerinAda
Isi50 ml
Kandungan yang memutihkanTidak disebutkan
4

The Body Shop Drops of Youth Essence Lotion

Mulai dari Rp 399.000,00

Jenis kulit yang direkomendasikanKulit berminyak
Bahan pelembapButylene glycol, sodium hyaluronate, glycerin
Alkohol/EthanolAda
Bahan pengawetPhenoxyethanol, citric acid
GlycerinAda
Isi20 ml
Kandungan yang memutihkanTidak disebutkan
3

AmorepacificLaneige White Dew Original Ampoule Essence

Mulai dari Rp 770.000,00

Jenis kulit yang direkomendasikanKulit kering, kulit kusam, Kulit berminyak
Bahan pelembapGlycerin, trehalose, polyglycerin-3, sodium hyaluronate, butylene glycol, caprylyl glycol
Alkohol/EthanolAda
Bahan pengawetPhenoxyethanol
GlycerinAda
Isi40 ml
Kandungan yang memutihkan Saururus chinensis
2

MISSHA Time Revolution The First Treatment Essence Intensive Moist

Mulai dari Rp 859.000,00

Jenis kulit yang direkomendasikanKulit kusam dan kering
Bahan pelembapGlycerin, saccharomyces ferment filtrate, dimethicone
Alkohol/EthanolTidak disebutkan
Bahan pengawetPotassium sorbate, phenoxyethanol
GlycerinAda
Isi150 ml
Kandungan yang memutihkanNiacinamide
1

P&GSK-II Facial Treatment Essence

Mulai dari Rp 239.000,00

Jenis kulit yang direkomendasikanKulit kering
Bahan pelembapButylene glycol, pentylene glycol, saccharomyces ferment filtrate
Alkohol/EthanolTidak disebutkan
Bahan pengawetMethylparaben, sodium benzoate, sorbic acid
GlycerinTidak disebutkan
Isi10 ml, 30 ml, 75 ml, 160 ml, 230 ml, 330 ml
Kandungan yang memutihkanPITERA

Tabel perbandingan produk essence terbaik

Gambar produk
1
P&G SK-II Facial Treatment Essence 1

P&G

2
MISSHA  Time Revolution The First Treatment Essence Intensive Moist 1

MISSHA

3
Amorepacific Laneige White Dew Original Ampoule Essence 1

Amorepacific

4
The Body Shop  Drops of Youth Essence Lotion 1

The Body Shop

5
Lacoco  Hydrating Divine Essence 1

Lacoco

6
Somethinc  CRIOUSLY 24K GOLD Essence  1

Somethinc

7
Innisfree  Green Tea Moisture Essence 1

Innisfree

8
COSRX  Advanced Snail 96 Mucin Power Essence 1

COSRX

9
Benton  Snail Bee High Content Essence 1

Benton

10
PIXY  White Aqua Hydra Moist Essence 1

PIXY

Nama produk

SK-II Facial Treatment Essence

Time Revolution The First Treatment Essence Intensive Moist

Laneige White Dew Original Ampoule Essence

Drops of Youth Essence Lotion

Hydrating Divine Essence

CRIOUSLY 24K GOLD Essence

Green Tea Moisture Essence

Advanced Snail 96 Mucin Power Essence

Snail Bee High Content Essence

White Aqua Hydra Moist Essence

Keunggulan

Buat kulit wajah Anda menjadi sebening kristal!

Perkuat kondisi kulit Anda dengan nutrisi tumbuhan dari pengunungan Himalaya

Berikan kulit cerah tanpa noda dari dalam

Bantu mengencangkan dan meregenerasi kulit Anda

Lawan tanda penuaan sedari dini!

24K Gold! Atasi berbagai permasalahan kulit

Greentea dari Pulau Jeju yang kaya mineral

Rawat wajah berjerawat dengan kandungan anti inflamasi!

Dapat diandalkan untuk menjaga elastisitas kulit wajah

Essence nonalkohol dengan harga terjangkau

Harga mulai dariRp 239.000,00Rp 859.000,00Rp 770.000,00Rp 399.000,00Rp 250.000,00Rp 225.500,00Rp 211.600,00Rp 160.000,00Rp 139.800,00Rp 80.000,00
Jenis kulit yang direkomendasikanKulit keringKulit kusam dan keringKulit kering, kulit kusam, Kulit berminyakKulit berminyakKulit kering, kulit sensitifKulit kusam, penuaanKulit keringKulit kering, kulit berminyak, kulit sensiitfKulit kering, kulit berminyak, kulit sensitifKulit kusam
Bahan pelembapButylene glycol, pentylene glycol, saccharomyces ferment filtrateGlycerin, saccharomyces ferment filtrate, dimethiconeGlycerin, trehalose, polyglycerin-3, sodium hyaluronate, butylene glycol, caprylyl glycolButylene glycol, sodium hyaluronate, glycerinButylene glycol, glycerin, carbomer, ethylhexylglycerinButylene glycol, sodium PCASqualane, ethylhexylglycerin, glycerin, palmitic acid, hydrogenated polydeceneSnail secretion filtrate, panthenol, betaine, carbomer, butylene glycol, sodium hyaluronatePanthenol, betaine, butylene glycol, glycerin, Aloe barbadensis leaf extractEthylhexylglycerin, butylene glycol, sodium hyaluronate, glycerin
Alkohol/EthanolTidak disebutkanTidak disebutkanAdaAdaTidak disebutkanTidak disebutkanAdaTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Bahan pengawetMethylparaben, sodium benzoate, sorbic acidPotassium sorbate, phenoxyethanolPhenoxyethanolPhenoxyethanol, citric acidPhenoxyethanolDMDM hydantoin, triethanolamineDisodium EDTAPhenoxyethanolTidak disebutkanSodium benzoate, sorbic acid, potassium sorbate, phenoxyethanol
GlycerinTidak disebutkanAdaAdaAdaAdaTidak disebutkanAdaTidak disebutkanAdaAda
Isi10 ml, 30 ml, 75 ml, 160 ml, 230 ml, 330 ml150 ml40 ml20 ml50 ml40 ml50 ml20 ml, 30 ml, 100 ml60 ml125 ml
Kandungan yang memutihkanPITERANiacinamide Saururus chinensis Tidak disebutkanTidak disebutkanNiacinamideOryza sativa (rice) bran oilTidak disebutkanNiacinamide, arbutinNiacinamide
Tautan produk

Cara menggunakan essence yang benar

Cara menggunakan essence yang benar

Mungkin Anda bingung cara menggunakan essence yang benar. Apakah dengan tangan atau memakai kapas? Pada dasarnya, Anda dapat mengikuti cara menggunakan essence yang disarankan oleh produsen. Baik menggunakan tangan atau kapas semuanya memiliki kelebihan masing-masing.


Jika menggunakan kapas, pengaplikasian essence dapat dilakukan secara merata. Namun, jika Anda menggunakan kapas yang terlalu sedikit atau terlalu tipis, hal tersebut akan menyebabkan iritasi. Di sisi lain, menggunakan kapas berarti Anda harus mengeluarkan biaya tambahan lagi.


Sebaliknya, memakai essence dengan menggunakan tangan dapat menghemat biaya belanja Anda. Kulit wajah pun minim terhadap iritasi. Namun, jika hanya menggunakan tangan, penggunaan essence bisa jadi kurang merata. Jika Anda menggunakan tangan, Anda dapat memijat wajah Anda selama 30 detik setelah mengoleskan essence

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Gunakan essence 5 menit setelah cuci muka. Hal ini dimaksudkan supaya kadar air di kulit tetap aman sehingga kulit tetap terhidrasi dengan baik.


Penggunaan essence yang tepat adalah setelah mencuci muka dan memakai toner wajah. Anda bisa menggunakan essence pagi dan malam hari. Essence mempunyai tekstur cairan yang lebih ringan dan zat konsentrasi bahan aktif yang lebih sedikit dibandingkan serum wajah.


Essence biasanya digunakan setelah pemakaian toner untuk melembapkan kulit sebelum pengaplikasian serum. Setelah kandungan essence meresap dengan baik ke dalam kulit, lanjutkan dengan serum wajah. Serum wajah memiliki tekstur yang lebih kental dan umumnya mengandung zat konsentrasi bahan aktif yang lebih banyak daripada essence.

Baca juga rekomendasi produk perawatan wajah lainnya di sini

Melakukan perawatan wajah tidak cukup hanya menggunakan essence saja. Ada beberapa produk perawatan wajah yang perlu Anda gunakan, seperti masker, facial wash, dan lainnya. Jika Anda sedang mencari perlengkapan perawatan wajah tersebut, artikelnya bisa dilihat di sini. 

Kesimpulan

Kami telah mengulas cara memilih serta rekomendasi essence yang bisa jadi acuan Anda. Sebelum memilih, ada baiknya Anda memahami karakteristik dan kondisi kulit wajah Anda. Setelah itu, barulah memilih essence yang dibutuhkan wajah Anda.

Essence merupakan skincare untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti kusam, garis halus, bahkan kerutan. Pilihlah essence dengan kandungan yang cocok dengan kulit Anda. Selain itu, karena digunakan untuk sehari-hari, pertimbangkan memilih produk dengan harga terjangkau.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
    988.460 Views
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    563.895 Views
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
    750.191 Views
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
    105.490 Views
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
    292.010 Views
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    454.498 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Nature Republic Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Nature Republic Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Produk perawatan kulit asal Korea memiliki banyak peminat di Indonesia karena kualitasnya yang bagus. Salah satunya adalah merk Nature Republic yang terkenal dengan produk Aloe vera soothing gel. Nature Republic memiliki banyak produk, mulai dari perawatan kulit wajah, tubuh, kosmetik, sampai beauty tools. Semuanya dibuat dengan menggunakan bahan alami.Agar lebih mengenal produk dari Nature Republic, kami akan mengulas tips memilihnya untuk Anda. Tidak ketinggalan, kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaiknya, seperti Aloe Vera Soothing Gel, Real Nature Mask Sheet, Hand & Nature Hand Cream, dan lainnya. Simak terus artikel ini dengan saksama, ya!
    Perawatan wajah
    7.921 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori