10 Rekomendasi Lotion Essence Terbaik Untuk Anda yang Memiliki Kulit Wajah Kering (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Lotion Essence Terbaik Untuk Anda yang Memiliki Kulit Wajah Kering (Terbaru Tahun 2018)

Lotion essence adalah salah satu dasar dari skin care. Tahapan penggunaan lotion essence ini penting karena akan diaplikasikan pada kulit Anda langsung setelah kulit wajah dibersihkan. Apakah Anda terkadang merasa kebingungan dalam memilih lotion essence?

Dalam memilih lotion essence, harus disesuaikan dengan jenis kulit wajah Anda. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering, pada kesempatan kali ini, kami akan merekomendasikan lotion essence yang sesuai untuk jenis kulit Anda!

Daftar isi

Pahami kualitas kulit Anda dan pelajari cara merawatnya

Pertama-tama, bagaimanakah kondisi kulit Anda?

Apabila Anda merasakan kulit wajah Anda seperti ‘tertarik’ atau kencang setelah mencuci wajah, terkadang kulit Anda terasa kering, makeup tampak tidak menempel, bibir kering dan pecah-pecah, maka kemungkinan besar Anda memiliki jenis kulit kering.

Bisa jadi Anda merasa memiliki jenis kulit normal, namun pada kondisi cuaca yang kering, beberapa bagian pada kulit wajah Anda akan terasa kering, misalnya di bagian pipi. Jadi, perhatikan kondisi kulit wajah Anda baik-baik ya.

Periksa kondisi lingkungan sekitar kulit Anda

Periksa kondisi lingkungan sekitar kulit Anda

Kondisi lingkungan di sekitar kulit wajah Anda merupakan faktor penting yang tidak boleh Anda abaikan. Bagaimanakah kondisi lingkungan sekitar kulit Anda?

  • Sering berada pada ruangan yang kering dengan pemanas atau pendingin ruangan (AC).
  • Kulit wajah sering kali terpapar sinar ultraviolet dan udara di luar ruangan.
  • Merokok, kurang tidur, sering lembur.
  • Makan tidak teratur, makan dengan nutrisi yang tidak seimbang.
  • Sering mencuci wajah dengan air hangat atau sering mandi dengan air hangat.
  • Setelah mandi melakukan perawatan badan terlebih dahulu baru perawatan wajah.
  • Menggunakan oil-free skin care dan kosmetik.
  • Menggunakan toner dengan cara mengulas dan menekan kulit wajah.

List di atas merupakan kebiasaan atau faktor risiko kondisi kulit Anda menjadi kering. Bila Anda melakukan sebagian besar dari list di atas, maka tidak salah jika kulit wajah Anda mudah kering.

Beberapa tahun terakhir, global warming menyebabkan udara lebih kering. Selain itu, life style yang buruk dan nutrisi yang tidak seimbang juga dapat mengganggu regenerasi kulit Anda. Penggunaan skin care yang salah juga dapat mengikis kelembapan alami kulit wajah Anda.

Poin pertama untuk mengatasi kondisi kulit kering adalah dengan senantiasa melembapkan kulit wajah. Jadi, lebih baik fokus melembapkan kulit dengan lotion essence terlebih dahulu, sebelum sibuk beli serum yang mahal ya ladies!

Pentingnya melembapkan kulit wajah Anda

Pentingnya melembapkan kulit wajah Anda

Kelembapan kulit penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah Anda. Kondisi kulit yang kering akan menyebabkan gangguan pada sistem pertahanan alami pada lapisan kulit.  Dengan menurunnya sistem pertahanan, tampilan kulit wajah Anda akan tampak tidak sehat dan kusam. Maka senantiasa jagalah kelembapan kulit Anda!

Kelembapan kulit esensial untuk menormalkan fungsi lapisan tanduk

Epidermis atau lapisan kulit terluar manusia terdiri dari empat lapisan, yakni lapisan tanduk, lapisan granular, lapisan spinous dan lapisan basal. Lapisan kulit dalam yang terletak di bawah lapisan tanduk merupakan bagian yang penting untuk dijaga kondisinya. Perawatan dengan lotion essence mampu melembapkan bagian kulit dalam, sehingga dapat mendorong regenerasi dari lapisan tanduk dan kulit akan tampak sehat dan segar.

Lapisan tanduk memiliki fungsi sebagai barrier atau penghalang, fungsi regenerasi, dan fungsi retensi kelembapan, dimana beberapa fungsi tersebut bekerjasama untuk senantiasa menjaga kesehatan kulit. Masalah pada kulit menandakan adanya gangguan pada salah satu fungsi tersebut. Pada kondisi kulit kering, lapisan tanduk mengalami gangguan pada fungsi untuk menjaga kelembapan.

Kini, kelembapan kulit dapat diraih dengan menggunakan lotion essence!

Sebelumnya selalu dikatakan bahwa sebagian besar lotion memiliki tekstur cair dan tidak mampu melembapkan kulit wajah. Sehingga melembapkan kulit wajah identik dengan penggunaan essence atau krim wajah.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi, kini tersedia lotion essence yakni lotion dengan tekstur lebih kental dengan kemampuan melembapkan berkat adanya tambahan kandungan seperti ceramides, amino acid atau hyaluronic acid. Kini, hanya dengan menggunakan lotion essence Anda dapat melembapkan kulit wajah yang kering lho!

Cara memilih lotion essence

Lotion essence merupakan tahap pertama dalam skin care, sehingga penggunaan yang sesuai dengan jenis kulit Anda sangatlah penting. Berikut tiga poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli lotion essence.

Pilih berdasarkan kemampuan melembapkan

Pilih berdasarkan kemampuan melembapkan

Salah satu cara untuk menilai kemampuan melembapkan atau moisturizing dari lotion essence adalah dengan mengoleskan pada kulit Anda dan tunggu selama 15 menit. Bila setelah 15 menit kulit Anda masih terasa lembap, maka lotion essence tersebut memiliki kemampuan melembapkan cukup kuat. Bila Anda memiliki alat untuk menilai kelembapan kulit atau corneometer, Anda dapat menggunakannya. Namun bila tidak, Anda dapat merasakannya dengan jari Anda.

Pilih berdasar moisturizing dan fungsi tambahan lain

Pilih berdasar moisturizing dan fungsi tambahan lain

Pada saat membeli lotion essence, pastikan melihat label komposisi yang tertera di bagian belakang botol. Selain bahan pelembap (gliserin, butylene glycol, dipropylene glycol), periksalah kandungan yang memiliki fungsi lain. Seperti adanya kandungan anti-aging atau bahan pencerah kulit. Sehingga penggunaan lotion essence tidak hanya dapat melembapkan tapi juga mampu meningkatkan kualitas kulit wajah Anda.

Perkembangan teknologi terkini memperkenalkan istilah nanonized atau acetylated yang membuat partikel hyaluronic acid dan collagen menjadi sangat kecil, sehingga mampu meningkatkan penyerapan serta mempertahankan fungsi moisturizing di kulit dalam waktu lebih lama.

Pilih berdasar tujuan penggunaan

Pilih berdasar tujuan penggunaan

Beberapa lotion essence memiliki ukuran kecil namun dipatok dengan harga yang cukup mahal. Bisa jadi, karena lotion essence tersebut memiliki kemampuan moisturizing yang kuat dan juga dilengkapi dengan berbagai fungsi tambahan lainnya.

Maka dari itu, sebelum menentukan lotion essence yang hendak Anda beli, pastikan Anda mengerti fungsi utama yang Anda butuhkan untuk kulit wajah Anda dan biaya yang Anda alokasikan.

Apakah Anda memiliki jenis kulit wajah kering sehingga membutuhkan lotion essence dengan kemampuan moisturizing yang tinggi? Atau Anda mengalami beberapa tanda penuaan dan membutuhkan lotion essence yang dilengkapi dengan anti-aging? Pastikan Anda memahami kebutuhan Anda terlebih dahulu ya!

10 Rekomendasi lotion essence terbaik untuk kulit wajah kering

Berikut beberapa produk lotion essence dengan kemampuan moisturizing yang kami rekomendasikan bagi Anda yang memiliki kulit wajah kering.

10. COSRX Advanced Snail 96 Mucin Power Essence

10. COSRX Advanced Snail 96 Mucin Power Essence

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 230.000

Lendir siput yang penuh khasiat!

Mungkin Anda akan terkejut bahwa lotion essence dari COSRX ini mengandung snail mucin atau lendir siput. Tapi, sebenarnya snail mucin kaya akan nutrisi sehingga memiliki kemampuan melembapkan kulit serta dapat mengembalikan vitalitas  kulit Anda lho!

Produk ini cocok untuk segala jenis kulit, termasuk jenis kulit kering dan berminyak. Dengan tekstur yang cair, produk ini cepat menyerap pada kulit. Namun, Anda perlu berhati-hati bila memiliki jenis kulit sensitif atau ingin menghindari kandungan alkohol, karena produk ini memiliki kandungan alkohol.

9. The Body Shop Vitamin E Essence Lotion

9. The Body Shop Vitamin E Essence Lotion

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 279.000

Kelembapan yang tahan lama

The Body Shop hadir dengan lotion essence dengan kandungan biofermented hyaluronic acid yang mampu menjaga kelembapan kulit wajah Anda hingga 48 jam setelah pemakaian. Dengan kelembapan yang tahan lama, produk ini cocok bagi Anda yang memiliki aktivitas padat dan terkadang lupa mengaplikasikan moisturizer.

Dengan tekstur yang ringan dan mudah meresap, lotion essence ini juga mengandung vitamin E dan wheat germ oil yang kaya akan antioksidan, sehingga mampu melindungi kulit wajah Anda dari berbagai radikal bebas.  Kesehatan kulit wajah Anda akan senantiasa terjaga!

8. Kiehl’s Iris Extract Activating Treatment Essence

8. Kiehl's Iris Extract Activating Treatment Essence 

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 585.000

Kulit bersinar dan tampak lebih muda

Jika Anda mencari lotion essence dengan kandungan anti-aging, maka produk dari Kiehl’s ini dapat menjadi pilihan Anda. Kandungan Iris florentina root extract yang terkandung ampuh untuk melembapkan kulit dan mampu mengatasi masalah penuaan pada kulit wajah Anda.

Lotion essence ini berwarna putih transluscent dan memiliki tekstur yang sedikit kental. Selain itu, produk ini mengandung Lipo Hydroxy Acid (LHA) yang dapat meningkatkan regenerasi kulit, sehingga wajah Anda akan tampak lebih muda dan cerah. Cocok untuk Anda dengan masalah kulit kusam.

7. Bioderma Hydrabio Essence Lotion

7. Bioderma Hydrabio Essence Lotion

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 297.000

Melembapkan sekaligus mencerahkan kulit wajah

Produk dari Bioderma ini memiliki paten eksklusif biological complex bernama Aquagenium yang mampu menciptakan kelembapan yang intens pada kulit wajah Anda. Salicylic acid yang terkandung di dalamnya mampu mengangkat sel kulit mati pada lapisan kulit luar, sehingga kulit Anda akan tampak cerah bercahaya.

Keistimewaan lain dari lotion essence ini adalah memiliki tekstur tidak lengket, sehingga nyaman untuk digunakan pada wajah Anda. Produk ini bebas paraben, non-comedogenic dan juga memiliki formula hypoallergenic, sehingga dapat digunakan bahkan bagi Anda dengan jenis kulit sensitif.

6. Missha Time Revolution The First Treatment Essence Intensive Moist

6. Missha Time Revolution The First Treatment Essence Intensive Moist

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 340.000

Kelembapan optimal bagi kulit wajah Anda

Lotion essence dari Missha ini terbuat dari fermented Himalayan purple barley dengan teknologi ion-activated delivery sehingga mempercepat penyerapan dan mengunci kelembapan pada kulit wajah Anda. Bila Anda memiliki kulit wajah yang sangat kering, produk ini dapat menjadi pilihan.

Meskipun memiliki tekstur yang cair, namun lotion essence ini mampu memberikan hidrasi yang cukup pada kulit Anda yang kering. Produk ini juga dapat meningkatkan tekstur dan kondisi kulit wajah Anda menjadi lebih kenyal dan sehat. Kulit tidak akan terasa kering lagi!

5. Clinique Even Better Essence Lotion

5. Clinique Even Better Essence Lotion

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 55.000

Kulit wajah cerah dan halus

Selain ampuh memberikan kelembapan dalam waktu cukup panjang, produk dari Clinique ini juga mampu meningkatkan luminosity, sehingga kulit wajah Anda tidak lagi terlihat kusam. Dalam pemakaian 4 minggu, lotion essence ini dapat mencerahkan dan memperbaiki tekstur kulit wajah Anda lho!

Lotion essence ini memiliki tekstur sedikit kental namun tetap ringan dan mudah meresap pada kulit wajah Anda. Dengan kandungan natural berupa ekstrak buah dan tumbuhan, produk ini dapat memperbaiki lapisan kulit terluar yang mengalami iritasi dan membuat wajah Anda menjadi lebih halus.

4. Mizon Water Volume EX First Essence

4. Mizon Water Volume EX First Essence

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 180.000

Mampu meredakan peradangan pada kulit

Bagi Anda yang memiliki kulit wajah sensitif, lotion essence dari Mizon ini patut Anda coba. Selain kandungan moringa yang mampu melembapkan kulit, produk ini juga diperkaya dengan ekstrak snow algae yang mampu menenangkan kulit Anda yang sedang mengalami peradangan.

Selain itu, teknologi Hydra ToX yang khusus dikembangkan oleh Mizon dapat mengaktifkan kemampuan hidrasi alami kulit, sehingga dapat memperkuat ketahanan dan kesehatan kulit wajah Anda. Dengan penggunaan teratur, kulit wajah Anda akan tampak lembap dan sehat!

3. Estee Lauder Micro Essence Skin Activating Treatment Lotion

3. Estee Lauder Micro Essence Skin Activating Treatment Lotion

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 115.000

Mengembalikan kemudaan kulit wajah Anda

Lotion essence ini memiliki formula eksklusif micro-nutrient bio-ferment yang mampu menembus lapisan kulit secara mendalam dan memberikan kelembapan maksimal pada kulit wajah Anda. Selain itu, produk ini juga dapat meremajakan kulit wajah Anda.

Dengan tekstur yang ringan, lotion essence ini terasa segar dan mudah diserap oleh kulit wajah Anda. Hanya dalam pemakaian 2 minggu, kulit wajah Anda akan terasa lebih lembap, sehat dan tampak lebih halus. Cocok bagi Anda yang menginginkan tampilan lebih muda!

2. SK-II Facial Treatment Essence

2. SK-II Facial Treatment Essence

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 219.900

Jadikan kulit wajah Anda sebening kristal!

Lotion essence dari SK-II ini mengandung Pitera, bahan alami yang kaya akan vitamin dan mineral, sehingga mampu melembapkan dan menutrisi kulit Anda. Selain itu, produk ini juga dapat membantu mencerahkan kulit wajah Anda yang kusam tampak berseri alami.

Tidak heran bila produk ini dikatakan favorit sebagian besar wanita, formula yang terdapat pada lotion essence ini ringan dan hanya dalam 14 hari pemakaian teratur Anda dapat melihat perubahan pada kulit wajah Anda. Kulit tampak menawan sebening kristal!

1. Lancome Blanc Expert Essence Lotion

1. Lancome Blanc Expert Essence Lotion

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 65.000

Kulit wajah tampak halus dan glowing

Blanc expert lotion essence dari Lancome ini dapat melembapkan kulit wajah Anda sekaligus membuat kulit tampak glowing dengan kemampuanya menghambat produksi melanin yang berlebihan. Kandungan mint, rose dan gentiana extract mampu meredakan peradangan dan memperbaiki kondisi kulit Anda.

Lotion essence ini memiliki tekstur kental, namun akan berubah menjadi cair seketika kontak dengan kulit Anda, sehingga mudah terserap hingga lapisan kulit terdalam. Dengan sensasi dingin, kulit Anda akan terasa lebih halus, lembap dan glowing seketika!

Cara menggunakan lotion essence

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, lotion essence ditujukan untuk melembapkan kulit wajah meski memiliki tekstur yang cair. Namun, bila cara Anda salah dalam mengaplikasikan lotion essence pada kapas, bisa jadi justru Anda merusak lapisan terluar kulit wajah Anda lho!

Berikut poin penting dan langkah-langkah yang perlu diperhatikan saat Anda hendak menggunakan lotion essence!

Poin penting saat menggunakan lotion essence

Poin penting saat menggunakan lotion essence

  • Lotion essence dapat diaplikasikan menggunakan kapas maupun tangan. Bila tekstur lotion essence cair, maka aplikasikan menggunakan kapas. Namun bila cukup kental, maka gunakan tangan Anda untuk mengaplikasikannya. Salah satu keuntungan mengaplikasikan dengan tangan adalah Anda dapat sekaligus merasakan kondisi kulit Anda saat mengoleskan lotion essence.
  • Aplikasikan lotion essence dari bagian tengah wajah ke arah tepi wajah, searah dengan aliran darah. Mulai dari bagian bawah wajah (dagu) hingga ke bagian atas wajah (dahi).
  • Aplikasikan lotion essence dengan lembut, dengan tekanan cukup, tidak terlalu kuat.
  • Aplikasikan lotion essence dengan perlahan.

Langkah menggunakan lotion essence

Langkah menggunakan lotion essence

Pertama-tama, posisikan kapas pada jari tengah dan jari manis Anda, gunakan jari telunjuk dan jari kelingking untuk menahan bagian tepi kapas. Dengan posisi yang benar, tekanan yang sesuai akan didapatkan saat menggerakkan jari manis Anda. Setelah meletakkan kapas pada posisi yang sesuai, tuangkan lotion essence secukupnya.

  1. Mulailah dari bagian pipi. Aplikasikan lotion essence mulai dari pipi bagian tengah wajah (dekat hidung) ke bagian tepi wajah (dekat telinga). Aplikasikan pada seluruh permukaan pipi Anda.
  2. Dilanjutkan dengan bagian dahi. Aplikasikan lotion essence mulai dari bagian tengah dahi ke bagian tepi dahi.
  3. Bagian bawah mata. Aplikasikan lotion essence dari sudut dalam bawah mata ke arah sudut luar (tepi). Karena bagian bawah mata memiliki tekstur kulit yang tipis, maka hati-hati saat mengoleskan ya.
  4. Bagian hidung. Aplikasikan lotion essence dari bagian atas hidung (di antara kedua alis) ke puncak tulang hidung, dilanjutkan dengan bagian cuping hidung (samping).
  5. Bagian bibir. Aplikasikan lotion essence pada bibir dan sekitar bibir Anda.
  6. Terakhir, aplikasikan lotion essence sepanjang garis rahang bawah, mulai dari bagian tengah dagu hingga bagian bawah telinga. Dilanjutkan dengan bagian leher, dari tulang selangka ke arah atas leher menuju rahang bawah.

Kesimpulan

Lotion essence merupakan skin care yang dasar yang berkat perkembangan teknologi, kini mampu melembapkan kulit wajah tidak kalah dengan krim moisturizer. Penggunaan lotion essence yang benar dapat membantu melembapkan kulit wajah Anda yang kering menjadi lebih kenyal dan sehat.

Setelah mengetahui cara memilih dan rekomendasi lotion essence di atas, apakah Anda telah menemukan yang sesuai untuk kulit kering wajah Anda? Bila sudah, pastikan menggunakannya dengan cara yang benar ya!