10 Rekomendasi Topi Terbaik Untuk Pria (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Topi Terbaik Untuk Pria (Terbaru Tahun 2019)

Dari yang awalnya bertujuan untuk melindungi kepala, kini topi berubah menjadi salah satu fashion item yang wajib dimiliki. Para pria mengenakan topi supaya tampil lebih gaya, sekaligus menunjukkan fashion statement mereka. Pemakaian topi jenis tertentu juga bisa memperkuat citra diri yang hendak ditampilkan.

Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa jenama ternama yang memproduksi topi untuk pria, mulai dari Adidas, Champion, hingga Eiger. Tak lupa juga, kami akan memberikan informasi mengenai jenis-jenis topi serta bagaimana cara memilih topi terbaik. Siapkan diri Anda untuk pembahasan lebih jauh.

Daftar isi

Tips memilih topi

Memilih topi sepertinya perkara yang simpel. Nyatanya, memilih topi yang cocok untuk dipakai tidak semudah itu. Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan saat ingin membeli topi. Hal ini bertujuan supaya Anda tidak salah beli model topi sehingga terlihat wagu saat dikenakan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih topi. Anda harus mengenali jenis topi supaya bisa menyesuaikan dengan gaya berpakaian. Jangan lupa untuk memperhatikan material topi. Tak kalah pentingnya, sesuaikan juga topi dengan bentuk wajah Anda. Berikut penjelasannya!

Kenali jenis-jenis topi pria supaya tidak salah memilih

Meski memiliki fungsi yang sama, yakni sebagai penutup kepala, topi memiliki jenis yang sangat beragam. Tiap jenis topi memiliki istilah sendiri-sendiri. Berikut kami jelaskan satu per satu jenis topi yang biasa dikenakan pria.

Fedora, topi yang menampilkan gaya vintage

Fedora, topi yang menampilkan gaya vintage

Topi fedora sudah ada sejak tahun 1880, kemudian memasuki era kejayaannya pada tahun 1920 hingga 1950. Ciri khas topi ini adalah memiliki lekukan memanjang di bagian crown serta brim (pinggiran) melingkar. Beberapa jenis fedora juga dilengkapi dengan band (pita) berwarna senada.

Topi lawas ini kembali populer setelah dikenakan oleh penyanyi populer, Bruno Mars. Jika Anda ingin mendapatkan look semiformal yang keren, padukan fedora dengan jaket kulit atau blazer kesayangan. Meski bergaya vintage, topi ini juga bisa dipadukan dengan kaus atau kemeja Hawaii untuk kostum piknik.

Snapback, untuk tampil trendi ala generasi milenial

Snapback, untuk tampil trendi ala generasi milenial

Snapback merupakan jenis topi yang sedang hype di kalangan anak muda. Topi ini memiliki crown yang terdiri dari 6 panel, dengan visor (lidah) yang datar dan keras. Tak lupa di bagian belakang terdapat gesper berlubang yang berfungsi mengencangkan topi.

Snapback seringnya dipakai dengan visor menghadap ke belakang. Akan tetapi, untuk outlook ala Korea, visor biasanya menghadap samping. Snapback akan memberikan kesan trendi dan kasual dalam gaya berpakaian Anda.

Baseball cap, untuk tampilan kasual

Baseball cap, untuk tampilan kasual

Sesuai dengan namanya, baseball cap, topi ini awal mulanya dipakai oleh para pemain baseball. Namun, lambat laun topi ini mulai dikenakan di berbagai acara, tak hanya saat olahraga. Sepintas, topi jenis ini menyerupai snapback. Pembeda utamanya hanya terletak di bagian visor. Jika visor snapback kaku dan datar, visor baseball cap berbentuk melengkung.

Baseball cap juga memiliki strap di bagian belakang sebagai pengencang. Topi ini sangat cocok untuk acara kasual. Anda bisa memadukannya dengan kaus polos dan jeans. Berhubung topi ini modelnya unisex, Anda bisa bertukar topi dengan sahabat wanita Anda.

Trucker hat, topi dengan sirkulasi udara yang lancar

Trucker hat, topi dengan sirkulasi udara yang lancar

Sejarah trucker hat sangat unik. Awalnya, topi ini merupakan giveaway dari dari perusahaan supplier pakan dan peralatan pertanian sehingga disebut “Feed Cap“. Setelah itu, pada tahun 1970-an para sopir truk di Amerika gemar memakai topi ini sehingga namanya lebih dikenal sebagai trucker hat.

Ciri dari topi ini adalah bagian panel belakang yang terbuat dari kain jaring. Hal ini supaya sirkulasi udara lancar. Oleh karenanya, topi ini cocok dipakai di bawah terik matahari. Topi yang mirip dengan snapback ini memiliki lapisan busa di crown bagian depan. Lidahnya bisa datar, bisa juga melengkung.

Beanie, untuk dipakai di cuaca dingin atau ingin tampil ala oppa Korea

Beanie, untuk dipakai di cuaca dingin atau ingin tampil ala oppa Korea

Dalam bahasa Indonesia, beanie lebih dikenal dengan istilah kupluk. Beanie tidak memiliki brim atau visor seperti topi lainnya, hanya berupa tudung yang melingkar penuh hingga telinga. Topi ini terbuat dari rajutan benang sehingga bentuknya elastis mengikuti lingkar kepala.

Biasanya kupluk dipakai untuk melindungi kepala dan telinga dari udara dingin. Tak heran jika kupluk ini akrab bagi masyarakat pegunungan dan negara empat musim. Untuk yang ingin menciptakan Korean look, penutup kepala jenis ini sangat sesuai.

Bucket hat, cocok dipakai berlibur atau bertualang

Bucket hat, cocok dipakai berlibur atau bertualang

Awalnya, bucket hat adalah topi yang biasa dikenakan para pemancing. Disebut bucket karena bentuknya menyerupai ember. Pada tahun 1980-an, topi ini populer di kalangan rapper dan menjadi tren street wear saat Rihanna memakainya.

Bucket hat mirip dengan topi rimba yang biasa dipakai para petualang. Pembedanya hanyalah keberadaan tali di dagu. Saat ini, bucket hat muncul dalam warna dan motif yang beragam. Topi ini sangat cocok dipakai piknik atau bertualang.

Flat cap, untuk tampil ala seniman

Flat cap, untuk tampil ala seniman

Pada awal abad dua puluhan, flat cap merupakan topi yang biasa dipakai pekerja kasar hingga preman jalanan. Ciri khas topi ini adalah memiliki brim kecil dan kaku di bagian depan. Biasanya flat cap juga dilengkapi dengan kancing yang menyatukan brim dan crown. 

Saat ini, flat cap lebih dikenal sebagai topi seniman. Hal ini dikarenakan ada banyak musisi, pelukis, hingga penulis yang mengenakan topi ini, misalnya Tompi dan Putu Wijaya. Dengan memakai topi ini, penampilan Anda akan terlihat old school but classy.

Perhatikan material topi

Perhatikan material topi

Setelah mengetahui jenis-jenis topi, yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah material yang digunakan untuk membuat topi. Sebagian besar topi dibuat dari kain, tetapi ada juga yang dibuat dari rajutan benang wol, anyaman pandan, hingga anyaman rotan. Dari segi harga, topi anyaman biasanya lebih murah, tetapi tidak awet. Berbeda dengan topi kain. Harganya sedikit mahal, tetapi jauh lebih kuat dan tahan lama.

Kain untuk membuat topi ada beragam, mulai dari twill, wol, ripstop, famatex, laken, drill, denim, kanvas, dan lain-lain. Setiap kain memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Silakan pilih topi dengan material yang paling Anda sukai.

Pilih topi yang paling nyaman untuk Anda

Pilih topi yang paling nyaman untuk Anda

Saat dihadapkan dengan snapback, baseball cap, serta trucker hat yang bentuknya mirip, mungkin Anda akan bingung memilih. Supaya mengurangi kebingungan Anda, pilihlah topi yang memiliki banyak kelebihan dan nyaman untuk Anda. Contohnya, apakah topi dilengkapi dengan gesper yang bisa mengatur ukuran lingkar kepala? Apakah visor melengkung lebih nyaman dibandingkan dengan visor datar?

Begitu juga saat Anda hendak memilih topi jenis bucket hat. Apakah topi tanpa tali atau topi dengan tali yang bisa dikencangkan dan tidak mudah terbawa angin? Jangan sampai Anda membeli topi hanya karena tren, tetapi tidak merasa nyaman saat memakainya.

Sesuaikan topi dengan bentuk wajah

Sesuaikan topi dengan bentuk wajah

Topi yang terlihat bagus saat dikenakan orang lain, belum tentu bagus saat kita pakai. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya adalah bentuk wajah. Sangat penting untuk menyesuaikan topi dengan bentuk wajah supaya mendapatkan tampilan yang bagus. Berikut ini tips yang bisa Anda ingat!

  • Wajah oval: Jenis wajah ini cocok mengenakan semua jenis topi. Sesuaikan saja dengan preferensi pribadi.
  • Wajah bulat: Hindari topi dengan puncak bulat karena akan membuat Anda terlihat bundar. Fedora dan flat cap adalah pilihan terbaik.
  • Wajah kotak: Pakailah topi yang menciptakan kesan bulat seperti bucket hat, baseball cap, snapback, dan tucker hat.
  • Wajah panjang: Topi fedora dan bucket hat adalah pilihan yang tepat. Tepian lebarnya dapat mengurangi wajah panjang Anda.
  • Wajah hati: Fedora dengan brim medium, beanie, baseball cap. Hindari topi dengan brim lebar.
  • Wajah segitiga/buah pir: Sama seperti wajah oval, Anda bisa mencoba banyak jenis topi. Flat cap, fedora, snapback, tucker hat, bucket hat, semua cocok.

10 Rekomendasi topi terbaik untuk pria

Setelah menginformasikan cara memilih topi yang baik dan sesuai untuk Anda, kini saatnya kami memberikan rekomendasi. Berikut ini daftar sepuluh topi terbaik lengkap dengan penjelasan dan keunggulan masing-masing. Produk ini akan mudah ditemukan di toko online.

10. Eiger Acrylic Zakat

10. Eiger Acrylic Zakat

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 60.000

Melekat erat di kepala, mampu menghalau udara dingin

Berencana bepergian ke tempat dingin? Jadikan beanie sebagai teman perjalanan Anda. Topi keluaran EIGER ini mampu melindungi kepala dan telinga dari sergapan udara dingin yang menusuk. Ukurannya yang ringan dan bisa dilipat kecil menjadikannya mudah dibawa kemana-mana. Topi ini bisa melar mengikuti ukuran kepala pemakainya.

Jenis topi Beanie
Material Acrylic

9. House of Cuff Black Fedora Hat Corduroy

9. House of Cuff Black Fedora Hat Corduroy

 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 120.000

Warna netral, simpel dan elegan

Topi berwarna hitam ini merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang memakai fedora untuk pertama kalinya. Warnanya yang netral bisa dipadukan dengan beragam pakaian. Jika Anda memiliki wajah berbentuk hati, fedora dengan brim 4 cm ini terlihat cocok di wajah Anda.

Jenis topi Fedora
Material Corduroy

8. Kamengski Ayam Jago Bucket Hat

8. Kamengski Ayam Jago Bucket Hat

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 150.000

Rebut perhatian dengan mangkuk putih di kepala, unik!

Jika biasanya motif ayam jago ada di mangkuk mi ayam atau bakso, kini motif tersebut diaplikasikan pada topi. Topi ini serupa mangkuk putih yang dipakai terbalik. Bagi Anda pribadi yang nyentrik dan ingin tampil unik, bucket hat keluaran Kamengski ini layak untuk dikoleksi.

Jenis topi Bucket hat
Material Twill

7. House of Cuff Painter Hat Grey Square

7. House of Cuff Painter Hat Grey Square

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 99.000

Saatnya tampil artsy!

Anda suka datang ke acara-acara seni dan ingin tampil artsy? Jangan lupa pakai topi ini sebagai pelengkap penampilan. Sejak dulu, topi jenis ini memang dikenal sebagai topi seniman. Untuk acara kasual, Anda bisa memadukannya dengan kaus atau sweater v-neck. Sementara itu, untuk acara formal, padukan saja dengan vest atau jas.

Jenis topi Flat cap
Material Flux

6. Eiger Denim Truck Caps – Navy

6. Eiger Denim Truck Caps - Navy

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 99.000

Sirkulasi udara lancar, bisa untuk pemakaian sehari-hari

Gemar memakai topi, tetapi tak ingin rambut mudah lepek? Trucker hat keluaran Eiger ini bisa dilirik, lho! Penggunaan material denim berpadu dengan mesh di panel belakang menjadikan sirkulasi udara di kepala lancar. Topi dengan visor yang agak panjang ini dilengkapi detail patch di bagian depan dan adjustable snapback.

Jenis topi Trucker hat
Material Denim, mesh

5. Cozmeed Topi Rimba Snail

5. Cozmeed Topi Rimba Snail

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 89.000

Bertualang semakin nyaman dengan topi yang bisa dipakai bolak-balik

Jika topi lainnya hanya bisa dipakai satu sisi, topi keluaran brand outdoor Cozmeed ini bisa dipakai bolak-balik. Topi yang biasa dipakai para pendaki gunung dan penjelajah hutan ini terbuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah robek. Topi ini juga dilengkapi dengan tali yang bisa diatur panjang pendeknya.

Jenis topi Bucket hat, safari hat
Material Tidak ada keterangan

4. Consina TPJ 32

4. Consina TPJ 32

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 80.000

Sporty look, cocok dipakai outdoor atau indoor

Topi keluaran Consina ini akan melindungi kepala Anda dengan baik, cocok dipakai di mana pun. Saat dibawa bertualang topi ini tidak akan mudah rusak, saat dipakai nongkrong topi ini juga cocok. Kombinasi warna merah dan hitam memberikan kesan berani dan tegas.

Jenis topi Trucker hat
Material Tidak ada keterangan

3. Eiger 1989 Campfire Caps

3. Eiger 1989 Campfire Caps

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 99.000

Bergaya streetwear dengan brand outdoor, mengapa tidak?

Anda penggemar brand outdoor, tetapi ingin tampil swag ala streetwear style? Kini EIGER telah mengeluarkan produk seri 1989 yang fokus pada urban style. Dengan snapback ini Anda bisa tampil penuh gaya. Topi yang dilengkapi dengan eyelet (lubang sirkulasi udara di bagian depan) ini memiliki dua pilihan warna visor, navy dan red. 

Jenis topi Snapback
Material Misty canvas, Twill

2. Champion Classic Twill Black Strapback Hat

2. Champion Classic Twill Black Strapback Hat

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 624.000

Kombinasi sempurna dari style dan kenyamanan

Desain simpel dan tidak banyak ornamen adalah ciri khas brand apparel satu ini. Dibuat dari material yang mampu menyerap keringat, topi ini nyaman digunakan. Bahkan, topi ini juga mudah dibersihkan dan dicuci. Cocok untuk Anda yang banyak beraktivitas di luar ruangan dan mengeluarkan banyak keringat.

Jenis topi Baseball cap
Material Cotton

1. Adidas Topi Snapback Trefoil

1. Adidas Topi Snapback Trefoil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 350.000

Trendy? Cool? Swag? Casual? Tampilkan gaya favoritmu!

Snapcback keluaran Adidas ini cocok untuk Anda yang percaya diri dan gemar tampil dengan beragam gaya. Ingin tampil casual smart? Padukan dengan dengan celana chino dan kemeja. Saat ingin bergaya hip hop, kenakan topi ini dengan hoodie atau baju oversize.

Anda yang suka tampilan urban style, padukan snapback dengan jeans dan kaus polos. Topi ini bisa dikenakan dengan visor menghadap ke depan atau ke belakang. Selain berwarna navy, topi ini juga tersedia dalam warna lain.

Jenis topi Snapback
Material 100% cotton twill

Baca juga rekomendasi topi lainnya di sini

Dalam artikel ini, kami telah merekomendasikan aneka jenis topi terbaik berdasarkan modelnya. Selain itu, ada juga topi yang dikenal berdasarkan kegunaannya. Kami pernah mengulas beberapa jenis topi yang bisa digunakan untuk bersepeda serta topi yang dikenal sebagai topi baseball. Jika Anda ingin membaca, silakan klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Walau sepertinya terlihat sepele, topi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penampilan. Jadi, jangan sampai salah membeli topi sebab bisa menjadikan penampilan Anda terlihat aneh.

Kami telah menjelaskan mengenai jenis-jenis topi serta hal-hal apa saja yang harus diketahui. Tak hanya itu, kami juga sudah memberikan rekomendasi topi terbaik yang bisa dibeli secara online. Semoga penjelasan kami bermanfaat. Selamat mencari topi terbaik!