• 10 Rekomendasi Topi Terbaik Untuk Pria (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Topi Terbaik Untuk Pria (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Topi Terbaik Untuk Pria (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Topi Terbaik Untuk Pria (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Topi Terbaik Untuk Pria (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Topi Terbaik Untuk Pria (Terbaru Tahun 2020)

Dari yang awalnya bertujuan untuk melindungi kepala, kini topi berubah menjadi salah satu fashion item yang wajib dimiliki. Para pria mengenakan topi supaya tampil lebih gaya, sekaligus menunjukkan fashion statement mereka. Pemakaian topi jenis tertentu juga bisa memperkuat citra diri yang hendak ditampilkan.

Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa jenama ternama yang memproduksi topi untuk pria, mulai dari Adidas, Champion, hingga Eiger. Tak lupa juga, kami akan memberikan informasi mengenai jenis-jenis topi serta bagaimana cara memilih topi terbaik. Siapkan diri Anda untuk pembahasan lebih jauh.
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 10.789 Views
Daftar isi

Tips memilih topi

Memilih topi sepertinya perkara yang simpel. Nyatanya, memilih topi yang cocok untuk dipakai tidak semudah itu. Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan saat ingin membeli topi. Hal ini bertujuan supaya Anda tidak salah beli model topi sehingga terlihat wagu saat dikenakan.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih topi. Anda harus mengenali jenis topi supaya bisa menyesuaikan dengan gaya berpakaian. Jangan lupa untuk memperhatikan material topi. Tak kalah pentingnya, sesuaikan juga topi dengan bentuk wajah Anda. Berikut penjelasannya!

Kenali jenis-jenis topi pria supaya tidak salah memilih

Meski memiliki fungsi yang sama, yakni sebagai penutup kepala, topi memiliki jenis yang sangat beragam. Tiap jenis topi memiliki istilah sendiri-sendiri. Berikut kami jelaskan satu per satu jenis topi yang biasa dikenakan pria.

Fedora, topi yang menampilkan gaya vintage

Fedora, topi yang menampilkan gaya vintage
Topi fedora sudah ada sejak tahun 1880, kemudian memasuki era kejayaannya pada tahun 1920 hingga 1950. Ciri khas topi ini adalah memiliki lekukan memanjang di bagian crown serta brim (pinggiran) melingkar. Beberapa jenis fedora juga dilengkapi dengan band (pita) berwarna senada.
Topi lawas ini kembali populer setelah dikenakan oleh penyanyi populer, Bruno Mars. Jika Anda ingin mendapatkan look semiformal yang keren, padukan fedora dengan jaket kulit atau blazer kesayangan. Meski bergaya vintage, topi ini juga bisa dipadukan dengan kaus atau kemeja Hawaii untuk kostum piknik.

Snapback, untuk tampil trendi ala generasi milenial

Snapback, untuk tampil trendi ala generasi milenial
Snapback merupakan jenis topi yang sedang hype di kalangan anak muda. Topi ini memiliki crown yang terdiri dari 6 panel, dengan visor (lidah) yang datar dan keras. Tak lupa di bagian belakang terdapat gesper berlubang yang berfungsi mengencangkan topi.
Snapback seringnya dipakai dengan visor menghadap ke belakang. Akan tetapi, untuk outlook ala Korea, visor biasanya menghadap samping. Snapback akan memberikan kesan trendi dan kasual dalam gaya berpakaian Anda.

Baseball cap, untuk tampilan kasual

Baseball cap, untuk tampilan kasual
Sesuai dengan namanya, baseball cap, topi ini awal mulanya dipakai oleh para pemain baseball. Namun, lambat laun topi ini mulai dikenakan di berbagai acara, tak hanya saat olahraga. Sepintas, topi jenis ini menyerupai snapback. Pembeda utamanya hanya terletak di bagian visor. Jika visor snapback kaku dan datar, visor baseball cap berbentuk melengkung.
Baseball cap juga memiliki strap di bagian belakang sebagai pengencang. Topi ini sangat cocok untuk acara kasual. Anda bisa memadukannya dengan kaus polos dan jeans. Berhubung topi ini modelnya unisex, Anda bisa bertukar topi dengan sahabat wanita Anda.

Trucker hat, topi dengan sirkulasi udara yang lancar

Trucker hat, topi dengan sirkulasi udara yang lancar
Sejarah trucker hat sangat unik. Awalnya, topi ini merupakan giveaway dari dari perusahaan supplier pakan dan peralatan pertanian sehingga disebut “Feed Cap“. Setelah itu, pada tahun 1970-an para sopir truk di Amerika gemar memakai topi ini sehingga namanya lebih dikenal sebagai trucker hat.
Ciri dari topi ini adalah bagian panel belakang yang terbuat dari kain jaring. Hal ini supaya sirkulasi udara lancar. Oleh karenanya, topi ini cocok dipakai di bawah terik matahari. Topi yang mirip dengan snapback ini memiliki lapisan busa di crown bagian depan. Lidahnya bisa datar, bisa juga melengkung.

Beanie, untuk dipakai di cuaca dingin atau ingin tampil ala oppa Korea

Beanie, untuk dipakai di cuaca dingin atau ingin tampil ala oppa Korea
Dalam bahasa Indonesia, beanie lebih dikenal dengan istilah kupluk. Beanie tidak memiliki brim atau visor seperti topi lainnya, hanya berupa tudung yang melingkar penuh hingga telinga. Topi ini terbuat dari rajutan benang sehingga bentuknya elastis mengikuti lingkar kepala.
Biasanya kupluk dipakai untuk melindungi kepala dan telinga dari udara dingin. Tak heran jika kupluk ini akrab bagi masyarakat pegunungan dan negara empat musim. Untuk yang ingin menciptakan Korean look, penutup kepala jenis ini sangat sesuai.

Bucket hat, cocok dipakai berlibur atau bertualang

Bucket hat, cocok dipakai berlibur atau bertualang
Awalnya, bucket hat adalah topi yang biasa dikenakan para pemancing. Disebut bucket karena bentuknya menyerupai ember. Pada tahun 1980-an, topi ini populer di kalangan rapper dan menjadi tren street wear saat Rihanna memakainya.
Bucket hat mirip dengan topi rimba yang biasa dipakai para petualang. Pembedanya hanyalah keberadaan tali di dagu. Saat ini, bucket hat muncul dalam warna dan motif yang beragam. Topi ini sangat cocok dipakai piknik atau bertualang.

Flat cap, untuk tampil ala seniman

Flat cap, untuk tampil ala seniman
Pada awal abad dua puluhan, flat cap merupakan topi yang biasa dipakai pekerja kasar hingga preman jalanan. Ciri khas topi ini adalah memiliki brim kecil dan kaku di bagian depan. Biasanya flat cap juga dilengkapi dengan kancing yang menyatukan brim dan crown.
Saat ini, flat cap lebih dikenal sebagai topi seniman. Hal ini dikarenakan ada banyak musisi, pelukis, hingga penulis yang mengenakan topi ini, misalnya Tompi dan Putu Wijaya. Dengan memakai topi ini, penampilan Anda akan terlihat old school but classy.

Perhatikan material topi

Perhatikan material topi
Setelah mengetahui jenis-jenis topi, yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah material yang digunakan untuk membuat topi. Sebagian besar topi dibuat dari kain, tetapi ada juga yang dibuat dari rajutan benang wol, anyaman pandan, hingga anyaman rotan. Dari segi harga, topi anyaman biasanya lebih murah, tetapi tidak awet. Berbeda dengan topi kain. Harganya sedikit mahal, tetapi jauh lebih kuat dan tahan lama.
Kain untuk membuat topi ada beragam, mulai dari twill, wol, ripstop, famatex, laken, drill, denim, kanvas, dan lain-lain. Setiap kain memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Silakan pilih topi dengan material yang paling Anda sukai.

Pilih topi yang paling nyaman untuk Anda

Pilih topi yang paling nyaman untuk Anda
Saat dihadapkan dengan snapback, baseball cap, serta trucker hat yang bentuknya mirip, mungkin Anda akan bingung memilih. Supaya mengurangi kebingungan Anda, pilihlah topi yang memiliki banyak kelebihan dan nyaman untuk Anda. Contohnya, apakah topi dilengkapi dengan gesper yang bisa mengatur ukuran lingkar kepala? Apakah visor melengkung lebih nyaman dibandingkan dengan visor datar?
Begitu juga saat Anda hendak memilih topi jenis bucket hat. Apakah topi tanpa tali atau topi dengan tali yang bisa dikencangkan dan tidak mudah terbawa angin? Jangan sampai Anda membeli topi hanya karena tren, tetapi tidak merasa nyaman saat memakainya.

Sesuaikan topi dengan bentuk wajah

Sesuaikan topi dengan bentuk wajah
Topi yang terlihat bagus saat dikenakan orang lain, belum tentu bagus saat kita pakai. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya adalah bentuk wajah. Sangat penting untuk menyesuaikan topi dengan bentuk wajah supaya mendapatkan tampilan yang bagus. Berikut ini tips yang bisa Anda ingat!

  • Wajah oval: Jenis wajah ini cocok mengenakan semua jenis topi. Sesuaikan saja dengan preferensi pribadi.

  • Wajah bulat: Hindari topi dengan puncak bulat karena akan membuat Anda terlihat bundar. Fedora dan flat cap adalah pilihan terbaik.

  • Wajah kotak: Pakailah topi yang menciptakan kesan bulat seperti bucket hat, baseball cap, snapback, dan tucker hat.

  • Wajah panjang: Topi fedora dan bucket hat adalah pilihan yang tepat. Tepian lebarnya dapat mengurangi wajah panjang Anda.

  • Wajah hati: Fedora dengan brim medium, beanie, baseball cap. Hindari topi dengan brim lebar.

  • Wajah segitiga/buah pir: Sama seperti wajah oval, Anda bisa mencoba banyak jenis topi. Flat cap, fedora, snapback, tucker hat, bucket hat, semua cocok.

10 Rekomendasi topi terbaik untuk pria

Setelah menginformasikan cara memilih topi yang baik dan sesuai untuk Anda, kini saatnya kami memberikan rekomendasi. Berikut ini daftar sepuluh topi terbaik lengkap dengan penjelasan dan keunggulan masing-masing. Produk ini akan mudah ditemukan di toko online.
Jenis topiBeanie
MaterialAcrylic
Jenis topiFedora
MaterialCorduroy
Jenis topiBucket hat
MaterialTwill
Jenis topiFlat cap
MaterialFlux
Jenis topiTrucker hat
MaterialDenim, mesh
Jenis topiBucket hat, safari hat
MaterialTidak ada keterangan
Jenis topiTrucker hat
MaterialTidak ada keterangan
Jenis topiSnapback
MaterialMisty canvas, Twill
Jenis topiBaseball cap
MaterialCotton
Jenis topiSnapback
Material100% cotton twill

Baca juga rekomendasi topi lainnya di sini

Dalam artikel ini, kami telah merekomendasikan aneka jenis topi terbaik berdasarkan modelnya. Selain itu, ada juga topi yang dikenal berdasarkan kegunaannya. Kami pernah mengulas beberapa jenis topi yang bisa digunakan untuk bersepeda serta topi yang dikenal sebagai topi baseball. Jika Anda ingin membaca, silakan klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Walau sepertinya terlihat sepele, topi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penampilan. Jadi, jangan sampai salah membeli topi sebab bisa menjadikan penampilan Anda terlihat aneh.
Kami telah menjelaskan mengenai jenis-jenis topi serta hal-hal apa saja yang harus diketahui. Tak hanya itu, kami juga sudah memberikan rekomendasi topi terbaik yang bisa dibeli secara online. Semoga penjelasan kami bermanfaat. Selamat mencari topi terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sandal Pria Terbaik yang Modis (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sandal Pria Terbaik yang Modis (Terbaru Tahun 2020)
    Tak hanya wanita, kini pria pun ingin tampil modis dari ujung kepala hingga ke ujung kaki. Salah satu penunjangnya adalah sandal yang modis. Saat ini, sudah banyak online shop menjual berbagai sandal modis untuk pria yang mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilihnya.Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan cara memilih sandal pria yang modis serta memperkenalkan sepuluh rekomendasi produk terbaik kepada Anda. Berbagai merek, seperti Crocs, Fipper, Eiger, dan lainnya dengan beragam bahan yang nyaman pun akan kami ulas. Simak terus artikel kami, ya!
    Fashion
    15.669 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Converse Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Converse Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jika ada pertanyaan merek sepatu yang tak lekang oleh zaman, mungkin yang akan langsung tebersit di pikiran Anda adalah Converse, terutama seri Chuck Taylor-nya. Baik pria maupun wanita, mungkin pernah membeli sepatu Converse. Hal ini menjadi bukti bahwa Converse bisa diterima oleh semua kalangan dan berbagai generasi.Converse memiliki beberapa jenis model dan tipe. Mungkin banyak di antara Anda yang ingin membeli sepatu Converse, tetapi bingung model apa yang sebaiknya Anda pilih. Di dalam artikel ini, kami akan membahas sepatu Converse mulai dari jenis-jenisnya hingga rekomendasi produk terbaiknya. Oleh karena itu, simak baik-baik artikel ini, ya!
    Fashion
    23.448 Views
  • 10 Rekomendasi Busana Muslim Gamis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Busana Muslim Gamis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi para hijaber, busana muslim seperti gamis merupakan pilihan yang dapat diandalkan untuk segala acara. Bentuknya yang berupa long dress atau gaun berpotongan A-line dinilai cocok untuk berbagai bentuk tubuh. Menyambut Lebaran atau hari spesial lainnya, pastinya Anda ingin tampil maksimal demi mengesankan keluarga dan rekan-rekan, bukan?Artikel ini kami persembahkan untuk Anda yang mengikuti trend hijab kekinian dan mencari gamis terbaik. Anda dapat memilih dari gamis batik hingga brokat, serta dari merek terbaik seperti Tuneeca, Zoya, Bibiq, dan sebagainya. Siap tampil memukau dengan gamis?
    Fashion
    11.399 Views
  • 10 Rekomendasi Bra Tanpa Kawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bra Tanpa Kawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tentunya tidak sedikit dari pengguna bra yang merasa bahwa bra berkawat sering kali membuat dada terasa sesak. Untuk para pengguna bra yang merasa sepereti itu, bra tanpa kawat adalah jawaban paling tepat agar payudara tidak terlihat kendur namun tetap tidak membuat dada terasa sesak.Kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih bra tanpa kawat serta memperkenalkan rekomendasi produk bra tanpa kawat yang bisa dibeli di toko online dan lainnya. Tanpa adanya kawat pada bra, dada akan terasa lebih lapang dan tidak sesak. Jadikanlah artikel ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Fashion
    13.338 Views
  • 10 Rekomendasi Handuk Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Handuk Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Selain sabun, handuk menjadi item wajib untuk Anda miliki ketika mandi. Saat ini, terdapat berbagai macam handuk mandi yang dijual, seperti Terry Palmer, Pierre Cardin, Ikea, serta merek lainnya dengan model, ukuran, kelembutan, dan daya serap yang berbeda-beda.Artikel dari kami akan menjelaskan hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli handuk mandi. Anda juga dapat menemukan produk handuk terbaik dengan harga dan kualitas yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Silakan disimak!
    Fashion
    12.449 Views
  • 10 Rekomendasi Alat Cukur Jenggot Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Alat Cukur Jenggot Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi pria penampilan juga tak kalah penting dibanding dengan pekerjaan. Penampilan yang rapi dan bersih juga berpengaruh ketika mereka berinteraksi dengan orang lain. Janggut atau lebih dikenal dengan jenggot adalah salah satu tanda manly atau tidaknya seorang pria. Dengan begitu, pria harus merawat dan merapikan jenggot secara berkala.Sebagian besar pria membutuhkan alat cukur jenggot. Namun sebagian dari mereka tidak mengetahui bahwa memilih alat cukur jenggot tidak hanya mempertimbangkan harganya saja. Agar penampilan makin cetar, kami akan memberi tahu Anda bagaimana cara memilih dan rekomendasi alat cukur jenggot terbaik.
    Fashion
    10.277 Views
  • 10 Rekomendasi Tote Bags Besar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tote Bags Besar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tote bag, atau tas jinjing besar, dapat menampung banyak barang dan sangat praktis dibawa bepergian. Sebagai produk fashion yang dapat dipakai setiap musim, sudah tentu desainer dan industri mode beramai-ramai merilis tote bag keren ala mereka.Di artikel ini, kami memberikan referensi tote bag ukuran besar dari merek-merek terpopuler. Anda dapat menemukan tas dari Longchamp, Banana Republic, Quincy Label, hingga Zara di sini. Mari bergaya di luar rumah dengan tote bag berukuran besar yang keren!
    Fashion
    3.051 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori