• 10 Merk Topi Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Merk Topi Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Merk Topi Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Merk Topi Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Merk Topi Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Merk Topi Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)

Topi menjadi salah satu aksesori yang kerap digunakan pria saat beraktivitas di luar ruangan. Selain untuk melindungi kepala, mengenakan topi dapat membuat tampilan Anda makin keren. Nah, di pasaran sendiri, ada banyak sekali jenis topi pria yang dapat Anda beli. 


Bingung memilih model dan warna topi yang bagus? Melalui artikel ini, kami akan mengulas model topi pria yang keren dan sedang tren. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek topi pria terbaik, seperti Eiger, Adidas, Animous, dan sebagainya. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 14 Agustus 2022
Daftar isi

Cara memilih topi untuk pria

Saat ingin membeli topi, terdapat beberapa hal yang harus perhatikan, seperti model, material, warna, dan lainnya. Supaya Anda tidak salah dalam memilih, silakan simak penjelasan kami di bawah ini. 

Sesuaikan dengan jenis dan kebutuhannya

Meski memiliki fungsi utama sebagai penutup kepala, topi memiliki jenis yang sangat beragam. Tiap jenis atau model topi memiliki istilah sendiri-sendiri. Untuk itu, silakan ketahui perbedaannya dengan membaca penjelasan berikut ini sampai tuntas. 

Fedora, pas untuk gaya vintage

Fedora, pas untuk gaya vintage
Topi fedora merupakan jenis topi yang bentuknya menyerupai topi koboi. Bedanya, bagian brim atau lidahnya tidak selebar topi koboi. Beberapa jenis topi fedora juga dilengkapi dengan pita yang berwarna senada. 

Jika Anda ingin mendapatkan look semiformal yang keren, padukan topi fedora dengan jaket kulit atau blazer kesayangan. Meski bergaya vintage, Anda juga bisa mengombinasikan topi ini dengan pakaian santai seperti kaus dan celana pendek. 

Snapback, tampil trendi atau kekinian

Snapback, tampil trendi atau kekinian
Snapback merupakan jenis topi yang lagi tren sekarang, khususnya di kalangan anak muda. Topi ini memiliki crown (bagian atas dan depan topi) yang terdiri dari enam panel. Topi snapback juga memiliki brim atau lidah yang datar dan keras. Sementara itu, di bagian belakang terdapat gesper berlubang yang berfungsi untuk mengencangkan topi.

Mengenakan topi snapback tentunya akan memberikan kesan trendi atau kekinian. Cara pemakaian topi ini pun cukup beragam. Biasanya, topi snapback dikenakan dengan brim menghadap ke belakang. Namun, Anda juga bisa tampil ala Korea dengan brim menghadap ke samping


Anda bisa membaca lebih detail mengenai topi snapback untuk pria dalam artikel di bawah ini.

Baseball cap, untuk tampilan kasual

Baseball cap, untuk tampilan kasual
Sesuai dengan namanya, baseball cap awalnya dipakai oleh para pemain baseball. Namun, lambat laun topi ini mulai dikenakan di berbagai aktivitas. 

Sepintas, topi ini menyerupai snapback. Padahal, baseball cap berbeda dengan snapback yang memiliki brim datar. Baseball cap memiliki brim yang berbentuk melengkung sehingga pas dikenakan untuk pria dan wanita yang ingin mendapatkan gaya kasual


Selain itu, baseball cap memiliki strap di bagian belakang sebagai pengencang. Anda pun bisa mengombinasikannya dengan kaus polo dan jeans supaya terlihat seperti pemain golf profesional

Trucker hat, bebas gerah dan bau tak sedap

Trucker hat, bebas gerah dan bau tak sedap

Dilihat dari desainnya, trucker hat mirip dengan snapback dan baseball cap. Bedanya, topi ini memiliki lapisan busa pada crown bagian depan. Desain brim atau bagian lidah juga bisa dibuat melengkung tergantung kebutuhan


Karakteristik dari topi ini ialah setengah bagian kepala tidak tertutup seluruhnya, tetapi dikombinasikan dengan bahan jaring-jaring. Desain ini ditujukan agar sirkulasi udara menjadi lebih lancar. Jadi, saat Anda berkeringat, kulit kepala tidak mudah lembab dan meninggalkan bau. Untuk itu, trucker hat sangat cocok dikenakan saat siang hari

Beanie, cocok untuk cuaca dingin

Beanie, cocok untuk cuaca dingin
Dalam bahasa Indonesia, beanie lebih dikenal dengan istilah kupluk karena bentuknya berupa tudung yang melingkar penuh hingga telingaBeanie tidak dilengkapi brim atau bagian lidah seperti topi lainnya.

Topi ini terbuat dari rajutan benang sehingga bentuknya elastis mengikuti lingkar kepala. Biasanya, kupluk dikenakan untuk melindungi kepala dan telinga dari udara dingin. Tak heran jika kupluk cukup sering digunakan oleh masyarakat di daerah dataran tinggi atau lokasi yang dingin


Apakah Anda berencana ingin membeli beanie hat? Jangan lupa untuk membaca artikel berikut ini, ya!

Bucket hat, cocok dipakai berlibur atau bertualang

Bucket hat, cocok dipakai berlibur atau bertualang
Awalnya, bucket hat adalah topi yang sering dikenakan para pemancing. Disebut bucket karena bentuknya menyerupai ember. Bentuk bucket hat juga mirip dengan topi rimba yang biasa dipakai para petualang. 


Pembedanya hanyalah keberadaan tali di dagu. Saat ini, bucket hat muncul dalam warna dan motif yang beragam. Selain cocok dikenakan saat traveling, bucket hat juga bisa dikenakan untuk mendapatkan casual style

Flat cap, untuk tampil ala seniman

Flat cap, untuk tampil ala seniman
Pada awal abad dua puluhan, flat cap merupakan topi yang biasa dipakai pekerja kasar hingga preman jalanan. Ciri khas topi ini adalah memiliki brim kecil dan kaku di bagian depan. Biasanya flat cap juga dilengkapi dengan kancing yang menyatukan brim dancrown.


Saat ini, flat cap lebih dikenal sebagai topi seniman. Hal ini dikarenakan ada banyak musisi, pelukis, hingga penulis yang mengenakan topi ini, seperti Tompi, Widayat, dan Putu Wijaya. Dengan memakai topi ini, penampilan Anda akan terlihat old school, but classy.

Running cap, cocok untuk kegiatan olahraga

Running cap, cocok untuk kegiatan olahraga

Topi cukup penting digunakan saat berolahraga. Selain untuk membuat style Anda makin keren, mengenakan topi bertujuan untuk melindungi kepala dari panas matahari. Namun, mengingat kepala akan lebih cepat berkeringat, Anda tentu tidak bisa sembarang mengenakan topi. Jadi, pilihlah jenis topi lari atau running cap


Meski namanya adalah running cap, topi ini sering dikenakan atlet olahraga tenis. Umumnya, desain running cap mirip dengan baseball capKarakteristik dari topi ini ialah bagian atas kepala yang tidak tertutup. Hal ini ditujukan agar kepala tidak terlalu lembab saat berkeringat. Material yang digunakan pun biasanya adalah jenis kain poliester atau spandeks yang dapat menyerap air

Cek material topi

Cek material topi
Setelah menentukan jenis topi yang akan dipilih, kini saatnya Anda mengecek jenis material yang digunakan. Umumnya, sebagian besar topi yang dijual di pasaran terbuat dari kain. Hal ini karena kain memiliki karakter yang ringan, mudah dibentuk, dan menyerap keringat. Namun, ada juga yang dibuat dari benang wol. 

Jenis kain yang digunakan untuk membuat topi pun beragam, mulai dari denim, poliester, kanvas, dan sebagainya. Setiap kain tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, silakan pilih topi dengan material yang paling nyaman digunakan

Pertimbangkan keunggulan tambahan agar makin nyaman digunakan

Pertimbangkan keunggulan tambahan agar makin nyaman digunakan
Saat dihadapkan dengan snapback, baseball cap, serta trucker hat yang bentuknya mirip, mungkin Anda merasa kesulitan dalam memilih. Untuk itu, pilihlah topi yang menawarkan banyak kelebihan dan nyaman saat dikenakan. 

Sebagai contoh, saat Anda ingin mengencangkan topi agar tidak terbang tertiup angin, topi harus dilengkapi gesper. Begitu juga saat Anda ingin membeli bucket hat. Apakah produk tersebut sudah dilengkapi tali? Jadi, jangan sampai Anda membeli topi hanya karena tren, tetapi tidak merasa nyaman saat memakainya.

Sesuaikan dengan bentuk wajah Anda

Sesuaikan dengan bentuk wajah Anda
Topi yang terlihat bagus saat dikenakan orang lain belum tentu bagus saat kita pakai. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya adalah bentuk wajah. Jadi, sangat penting untuk menyesuaikan topi dengan bentuk wajah supaya mendapatkan tampilan yang bagus. Berikut ini tips yang bisa Anda ingat!

  • Wajah oval: Jenis wajah ini cocok mengenakan semua jenis topi

  • Wajah bulat: Hindari topi dengan puncak bulat karena akan membuat Anda terlihat bundar. Fedora dan flat cap adalah pilihan terbaik.

  • Wajah kotak: Pakailah topi yang menciptakan kesan bulat, seperti bucket hat, baseball cap, dan snapback. 

  • Wajah panjang: Topi fedora dan bucket hat adalah pilihan yang tepat. Tepian lebarnya dapat mengurangi wajah panjang Anda.

  • Wajah hati: Fedora dengan brim medium, beanie, baseball cap. Hindari topi dengan brim lebar.

  • Wajah segitiga/buah pir: Sama seperti wajah oval, Anda bisa mencoba banyak jenis topi. Flat cap, fedora, snapback, bucket hat, semua cocok.

10 Rekomendasi topi terbaik untuk pria

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk topi terbaik untuk pria yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Gambar produk
1
Eiger Baseball Cap  1

Eiger

2
Heuvel Tribe Beanie Bnh Series Rey 1

Heuvel Tribe

3
Geof Maxx  Vrox Khaki Brown 1

Geof Maxx

4
Jamont Plain Newsboy Flat Hat 1

Jamont

5
Iguls Topi Peci Miki Hat Premium 1

Iguls

6
House of Cuff Brown Fedora Hat Laken 1

House of Cuff

7
RCKLS.  Topi Pria Jaring Trucker 1

RCKLS.

8
Decathlon Adjustable Running Visor 1

Decathlon

9
Adidas Training Topi Snapback Unisex Hitam  1

Adidas

10
Animous Metsa Bucket Jungle Hat  1

Animous

Nama produk

Baseball Cap

Beanie Bnh Series Rey

Vrox Khaki Brown

Plain Newsboy Flat Hat

Topi Peci Miki Hat Premium

Brown Fedora Hat Laken

Topi Pria Jaring Trucker

Adjustable Running Visor

Training Topi Snapback Unisex Hitam

Metsa Bucket Jungle Hat

Keunggulan

Topi nyaman untuk menemani aktivitas harian

Memberi perlindungan dan kehangatan pada kepala

Tampil cool dengan perpaduan warna kalem

Topi seniman yang membuat look Anda makin artsy

Topi trendi Islami untuk penyemangat ibadah

Maksimalkan gaya vintage Anda dengan topi fedora

Desain full jaring, kepala jadi tetap sejuk

Fashion item pelengkap saat berolahraga

Mampu melindungi kepala dari sinar UV 50

Ringkas dan comfy untuk penggunaan luar ruangan

Harga mulai dariRp 129.000,00Rp 119.000,00Rp 185.000,00Rp 109.000,00Rp 99.000,00Rp 120.000,00Rp 130.000,00Rp 120.000,00Rp 300.000,00Rp 150.000,00
Jenis topiBaseball capBeanie hatTrucker hatFlat capMiki hatFedoraTrucker hatRunning capSnapbackBucket hat
MaterialPolyester 96%, spandex 4%WoolCanvas hijetPolyesterRapel denimHard lakenJaring100% poliester100% polyacrylic plain weaveTidak disebutkan
Bentuk wajahOval, kotak, hati, segitigaOval, hati, segitigaOval, kotak, segitigaOval, bulat, segitigaOval, hati, segitigaOval, bulat, panjang, hati, segitigaOval, kotak, segitigaOval dan segitigaOval, kotak, segitigaOval, kotak, panjang, segitiga
Keunggulan tambahanLingkar kepala dapat diaturTidak disebutkanLingkar kepala dapat diaturLingkar kepala dapat disesuaikan (56–60 cm)Lingkar kepala dapat disesuaikanTidak adaLingkar kepala dapat disesuaikan (18–22 cm)Lingkar kepala dapat disesuaikan (50–62 cm)Lingkar kepala dapat disesuaikanTali dan stopper, bisa dilipat
Tautan produk
10

AnimousMetsa Bucket Jungle Hat

ANM - 0010-3

Mulai dari Rp 150.000,00

Jenis topiBucket hat
MaterialTidak disebutkan
Bentuk wajahOval, kotak, panjang, segitiga
Keunggulan tambahanTali dan stopper, bisa dilipat
9

AdidasTraining Topi Snapback Unisex Hitam

GM4984

Mulai dari Rp 300.000,00

Jenis topiSnapback
Material100% polyacrylic plain weave
Bentuk wajahOval, kotak, segitiga
Keunggulan tambahanLingkar kepala dapat disesuaikan
8

DecathlonAdjustable Running Visor

Mulai dari Rp 120.000,00

Jenis topiRunning cap
Material100% poliester
Bentuk wajahOval dan segitiga
Keunggulan tambahanLingkar kepala dapat disesuaikan (50–62 cm)
7

RCKLS. Topi Pria Jaring Trucker

Mulai dari Rp 130.000,00

Jenis topiTrucker hat
MaterialJaring
Bentuk wajahOval, kotak, segitiga
Keunggulan tambahanLingkar kepala dapat disesuaikan (18–22 cm)
6

House of CuffBrown Fedora Hat Laken

Mulai dari Rp 120.000,00

Jenis topiFedora
MaterialHard laken
Bentuk wajahOval, bulat, panjang, hati, segitiga
Keunggulan tambahanTidak ada
5

IgulsTopi Peci Miki Hat Premium

Mulai dari Rp 99.000,00

Jenis topiMiki hat
MaterialRapel denim
Bentuk wajahOval, hati, segitiga
Keunggulan tambahanLingkar kepala dapat disesuaikan
4
Jenis topiFlat cap
MaterialPolyester
Bentuk wajahOval, bulat, segitiga
Keunggulan tambahanLingkar kepala dapat disesuaikan (56–60 cm)
3
Jenis topiTrucker hat
MaterialCanvas hijet
Bentuk wajahOval, kotak, segitiga
Keunggulan tambahanLingkar kepala dapat diatur
2

Heuvel TribeBeanie Bnh Series Rey

Mulai dari Rp 119.000,00

Jenis topiBeanie hat
MaterialWool
Bentuk wajahOval, hati, segitiga
Keunggulan tambahanTidak disebutkan
1
Jenis topiBaseball cap
MaterialPolyester 96%, spandex 4%
Bentuk wajahOval, kotak, hati, segitiga
Keunggulan tambahanLingkar kepala dapat diatur

Baca juga rekomendasi topi lainnya di sini

Dalam artikel ini, kami telah merekomendasikan berbagai macam model topi pria. Namun, Anda juga bisa melihat rekomendasi topi pria di artikel kami yang lain. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan beberapa model topi pria lainnya, silakan klik saja tautan yang ada di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda mengenai artikel ini? Meski terlihat sepele, model topi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penampilan. Jadi, jangan sampai salah membeli topi supaya penampilan Anda tidak terlihat aneh. 


Kami telah menjelaskan mengenai macam-macam topi pria serta hal apa saja yang harus diketahui. Tak hanya itu, kami juga sudah memberikan rekomendasi topi terbaik yang bisa dibeli secara online. Semoga penjelasan kami bermanfaat, ya! 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Dompet Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Dompet Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Dompet kulit menjadi salah satu jenis dompet favorit para pria karena memberi kesan berwibawa, keren, dan stylish. Selain itu, dompet kulit juga terkenal lebih awet dan tahan lama. Apakah Anda juga penggemar dompet jenis ini?Nah, kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih dompet kulit yang bagus untuk pria. Tak lupa, kami pun akan memberikan rekomendasi merek dompet kulit terbaik untuk pria, seperti Fossil, Eiger, dan Voyej. Ada juga produk dompet kulit asli yang pastinya menarik untuk Anda miliki. Mari simak artikel berikut dan temukanlah dompet pria terbaik untuk Anda!
    Aksesori pria
  • 10 Merk Clutch Bag Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Clutch Bag Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Clutch bag merupakan tas pegang yang mirip dompet dan ukurannya bervariasi. Anda yang melek fashion tentunya sudah tidak asing dengan clutch bag. Fashion item ini tidak hanya diminati oleh wanita, tetapi juga banyak digunakan oleh kaum pria. Clutch bag biasanya dipakai saat ke pesta atau dijadikan tempat menyimpan barang saat bepergian.Kali ini kami akan menginformasikan cara memilih clutch bag pria yang keren. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh merek clutch bag yang bagus. Ada clutch bag dari brand Hush Puppies, Buccheri, dan KEE INDONESIA yang mungkin akan Anda sukai.
    Aksesori pria
  • 10 Smartwatch Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Smartwatch Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Smartwatch menjadi kebutuhan tak terelakkan bagi masyarakat urban, terlebih para pria. Jam tangan pintar ini sangat multifungsi untuk mendukung aktivitas multitasking Anda. Tracking aktivitas harian, menerima telepon, dan berolahraga bisa Anda lakukan dengan smartwatch.Apakah Anda berminat membeli smartwatch? Kami punya panduan dan ulasan agar Anda menemukan smartwatch terbaik. Beberapa merk smartwatch yang bagus dan terkenal, seperti Xiaomi, Samsung, dan Garmin, akan turut kami review di sini. Yuk, ikuti tips-tips kami.
    Aksesori pria
  • 10 Rekomendasi Smartwatch Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Smartwatch Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Merek Samsung punya berbagai elektronik yang memudahkan kehidupan Anda, salah satunya adalah smartwatch. Tak hanya fitur-fiturnya saja yang mutakhir, modelnya juga stylish untuk digunakan. Spesifikasi smartwatch yang beragam juga membuat harganya beragam pada kisaran tiga juta sampai tujuh juta rupiah.Samsung Galaxy Watch 4, Galaxy Watch Active 2, dan Galaxy Fit 2 adalah beberapa rekomendasi produk smartwatch yang bagus dari Samsung. Jika Anda ingin membeli smartwatch Samsung, simak dahulu tips dari kami untuk memilih produk yang tepat. Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja baca sampai habis, ya!
    Aksesori pria
  • 10 Merk Kacamata Photochromic Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kacamata Photochromic Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kerjaan Anda menuntut untuk berpindah-pindah tempat dari outdoor ke indoor atau sebaliknya? Mungkin inilah saatnya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan kacamata photochromic. Kacamata yang lebih familier disebut kacamata transisi ini bisa menangkal silaunya sinar UV. Jadi, Anda tidak perlu repot bergonta-ganti dari kacamata baca ke kacamata hitam. Ada banyak model dan fungsi kacamata photochromic yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan membelinya. Untuk itu, kami telah menyiapkan tips memilih kacamata photochromic yang bagus untuk Anda. Kacamata transisi bermerek, seperti Oakley, Ray-Ban, dan Shimano juga turut kami ulas di sini. Simak ulasannya, yuk!
    Aksesori pria
  • 10 Dasi Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Dasi Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cepat atau lambat, seorang pria akan membutuhkan dasi hitam. Baik untuk hadir ke pernikahan teman maupun dinner romantis, dasi hitam bisa membuat Anda lebih tampan. Dasi hitam bukan hanya berupa model dasi kupu-kupu yang biasa disandingkan dengan jas, lho. Namun, ada juga dasi panjang dengan ukuran yang sangat beragam.Anda bingung memilih dasi hitam yang bagus? Pada artikel ini, kami akan memberikan tips memilih dasi pria branded beserta rekomendasi produknya. Dasi dari merek terkenal, seperti House of Cuff, Hamlin, dan MANLY ada dalam daftar, lho. Yuk, simak artikelnya!
    Aksesori pria
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori