1. TOP
  2. >
  3. Fashion pria
  4. >
  5. Aksesori pria
  6. >
  7. 10 Merk Topi Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Merk Topi Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Merk Topi Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Merk Topi Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Merk Topi Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Merk Topi Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Merk Topi Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023)

Topi menjadi salah satu aksesori yang kerap digunakan pria saat beraktivitas di luar ruangan. Selain untuk melindungi kepala, mengenakan topi dapat membuat tampilan Anda makin keren. Nah, di pasaran sendiri, ada banyak sekali jenis topi pria yang dapat Anda beli. 


Bingung memilih model dan warna topi yang bagus? Melalui artikel ini, kami akan mengulas model topi pria yang keren dan sedang tren. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek topi pria terbaik, seperti Eiger, Adidas, Animous, dan sebagainya. Selamat membaca!

Diperbaharui 08-14-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih topi untuk pria

Saat ingin membeli topi, terdapat beberapa hal yang harus perhatikan, seperti model, material, warna, dan lainnya. Supaya Anda tidak salah dalam memilih, silakan simak penjelasan kami di bawah ini. 

① Sesuaikan dengan jenis dan kebutuhannya

Meski memiliki fungsi utama sebagai penutup kepala, topi memiliki jenis yang sangat beragam. Tiap jenis atau model topi memiliki istilah sendiri-sendiri. Untuk itu, silakan ketahui perbedaannya dengan membaca penjelasan berikut ini sampai tuntas. 

Fedora, pas untuk gaya vintage

Fedora, pas untuk gaya vintage
Topi fedora merupakan jenis topi yang bentuknya menyerupai topi koboi. Bedanya, bagian brim atau lidahnya tidak selebar topi koboi. Beberapa jenis topi fedora juga dilengkapi dengan pita yang berwarna senada. 

Jika Anda ingin mendapatkan look semiformal yang keren, padukan topi fedora dengan jaket kulit atau blazer kesayangan. Meski bergaya vintage, Anda juga bisa mengombinasikan topi ini dengan pakaian santai seperti kaus dan celana pendek. 

Snapback, tampil trendi atau kekinian

Snapback, tampil trendi atau kekinian
Snapback merupakan jenis topi yang lagi tren sekarang, khususnya di kalangan anak muda. Topi ini memiliki crown (bagian atas dan depan topi) yang terdiri dari enam panel. Topi snapback juga memiliki brim atau lidah yang datar dan keras. Sementara itu, di bagian belakang terdapat gesper berlubang yang berfungsi untuk mengencangkan topi.

Mengenakan topi snapback tentunya akan memberikan kesan trendi atau kekinian. Cara pemakaian topi ini pun cukup beragam. Biasanya, topi snapback dikenakan dengan brim menghadap ke belakang. Namun, Anda juga bisa tampil ala Korea dengan brim menghadap ke samping


Anda bisa membaca lebih detail mengenai topi snapback untuk pria dalam artikel di bawah ini.

Baseball cap, untuk tampilan kasual

Baseball cap, untuk tampilan kasual
Sesuai dengan namanya, baseball cap awalnya dipakai oleh para pemain baseball. Namun, lambat laun topi ini mulai dikenakan di berbagai aktivitas. 

Sepintas, topi ini menyerupai snapback. Padahal, baseball cap berbeda dengan snapback yang memiliki brim datar. Baseball cap memiliki brim yang berbentuk melengkung sehingga pas dikenakan untuk pria dan wanita yang ingin mendapatkan gaya kasual


Selain itu, baseball cap memiliki strap di bagian belakang sebagai pengencang. Anda pun bisa mengombinasikannya dengan kaus polo dan jeans supaya terlihat seperti pemain golf profesional

Trucker hat, bebas gerah dan bau tak sedap

Trucker hat, bebas gerah dan bau tak sedap

Dilihat dari desainnya, trucker hat mirip dengan snapback dan baseball cap. Bedanya, topi ini memiliki lapisan busa pada crown bagian depan. Desain brim atau bagian lidah juga bisa dibuat melengkung tergantung kebutuhan


Karakteristik dari topi ini ialah setengah bagian kepala tidak tertutup seluruhnya, tetapi dikombinasikan dengan bahan jaring-jaring. Desain ini ditujukan agar sirkulasi udara menjadi lebih lancar. Jadi, saat Anda berkeringat, kulit kepala tidak mudah lembab dan meninggalkan bau. Untuk itu, trucker hat sangat cocok dikenakan saat siang hari

Beanie, cocok untuk cuaca dingin

Beanie, cocok untuk cuaca dingin
Dalam bahasa Indonesia, beanie lebih dikenal dengan istilah kupluk karena bentuknya berupa tudung yang melingkar penuh hingga telingaBeanie tidak dilengkapi brim atau bagian lidah seperti topi lainnya.

Topi ini terbuat dari rajutan benang sehingga bentuknya elastis mengikuti lingkar kepala. Biasanya, kupluk dikenakan untuk melindungi kepala dan telinga dari udara dingin. Tak heran jika kupluk cukup sering digunakan oleh masyarakat di daerah dataran tinggi atau lokasi yang dingin


Apakah Anda berencana ingin membeli beanie hat? Jangan lupa untuk membaca artikel berikut ini, ya!

Bucket hat, cocok dipakai berlibur atau bertualang

Bucket hat, cocok dipakai berlibur atau bertualang
Awalnya, bucket hat adalah topi yang sering dikenakan para pemancing. Disebut bucket karena bentuknya menyerupai ember. Bentuk bucket hat juga mirip dengan topi rimba yang biasa dipakai para petualang. 


Pembedanya hanyalah keberadaan tali di dagu. Saat ini, bucket hat muncul dalam warna dan motif yang beragam. Selain cocok dikenakan saat traveling, bucket hat juga bisa dikenakan untuk mendapatkan casual style

Flat cap, untuk tampil ala seniman

Flat cap, untuk tampil ala seniman
Pada awal abad dua puluhan, flat cap merupakan topi yang biasa dipakai pekerja kasar hingga preman jalanan. Ciri khas topi ini adalah memiliki brim kecil dan kaku di bagian depan. Biasanya flat cap juga dilengkapi dengan kancing yang menyatukan brim dancrown.


Saat ini, flat cap lebih dikenal sebagai topi seniman. Hal ini dikarenakan ada banyak musisi, pelukis, hingga penulis yang mengenakan topi ini, seperti Tompi, Widayat, dan Putu Wijaya. Dengan memakai topi ini, penampilan Anda akan terlihat old school, but classy.

Running cap, cocok untuk kegiatan olahraga

Running cap, cocok untuk kegiatan olahraga

Topi cukup penting digunakan saat berolahraga. Selain untuk membuat style Anda makin keren, mengenakan topi bertujuan untuk melindungi kepala dari panas matahari. Namun, mengingat kepala akan lebih cepat berkeringat, Anda tentu tidak bisa sembarang mengenakan topi. Jadi, pilihlah jenis topi lari atau running cap


Meski namanya adalah running cap, topi ini sering dikenakan atlet olahraga tenis. Umumnya, desain running cap mirip dengan baseball capKarakteristik dari topi ini ialah bagian atas kepala yang tidak tertutup. Hal ini ditujukan agar kepala tidak terlalu lembab saat berkeringat. Material yang digunakan pun biasanya adalah jenis kain poliester atau spandeks yang dapat menyerap air

② Cek material topi

Cek material topi
Setelah menentukan jenis topi yang akan dipilih, kini saatnya Anda mengecek jenis material yang digunakan. Umumnya, sebagian besar topi yang dijual di pasaran terbuat dari kain. Hal ini karena kain memiliki karakter yang ringan, mudah dibentuk, dan menyerap keringat. Namun, ada juga yang dibuat dari benang wol. 

Jenis kain yang digunakan untuk membuat topi pun beragam, mulai dari denim, poliester, kanvas, dan sebagainya. Setiap kain tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, silakan pilih topi dengan material yang paling nyaman digunakan

③ Pertimbangkan keunggulan tambahan agar makin nyaman digunakan

Pertimbangkan keunggulan tambahan agar makin nyaman digunakan
Saat dihadapkan dengan snapback, baseball cap, serta trucker hat yang bentuknya mirip, mungkin Anda merasa kesulitan dalam memilih. Untuk itu, pilihlah topi yang menawarkan banyak kelebihan dan nyaman saat dikenakan. 

Sebagai contoh, saat Anda ingin mengencangkan topi agar tidak terbang tertiup angin, topi harus dilengkapi gesper. Begitu juga saat Anda ingin membeli bucket hat. Apakah produk tersebut sudah dilengkapi tali? Jadi, jangan sampai Anda membeli topi hanya karena tren, tetapi tidak merasa nyaman saat memakainya.

④ Sesuaikan dengan bentuk wajah Anda

Sesuaikan dengan bentuk wajah Anda
Topi yang terlihat bagus saat dikenakan orang lain belum tentu bagus saat kita pakai. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya adalah bentuk wajah. Jadi, sangat penting untuk menyesuaikan topi dengan bentuk wajah supaya mendapatkan tampilan yang bagus. Berikut ini tips yang bisa Anda ingat!

  • Wajah oval: Jenis wajah ini cocok mengenakan semua jenis topi

  • Wajah bulat: Hindari topi dengan puncak bulat karena akan membuat Anda terlihat bundar. Fedora dan flat cap adalah pilihan terbaik.

  • Wajah kotak: Pakailah topi yang menciptakan kesan bulat, seperti bucket hat, baseball cap, dan snapback. 

  • Wajah panjang: Topi fedora dan bucket hat adalah pilihan yang tepat. Tepian lebarnya dapat mengurangi wajah panjang Anda.

  • Wajah hati: Fedora dengan brim medium, beanie, baseball cap. Hindari topi dengan brim lebar.

  • Wajah segitiga/buah pir: Sama seperti wajah oval, Anda bisa mencoba banyak jenis topi. Flat cap, fedora, snapback, bucket hat, semua cocok.

10 Rekomendasi topi terbaik untuk pria

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk topi terbaik untuk pria yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Eiger

Baseball Cap

Eiger Baseball Cap  1枚目

Topi nyaman untuk menemani aktivitas harian

2

Heuvel Tribe

Beanie Bnh Series Rey

Heuvel Tribe Beanie Bnh Series Rey 1枚目

Memberi perlindungan dan kehangatan pada kepala

3

Geof Maxx

Vrox Khaki Brown

Geof Maxx  Vrox Khaki Brown 1枚目

Tampil cool dengan perpaduan warna kalem

4

Jamont

Plain Newsboy Flat Hat

Jamont Plain Newsboy Flat Hat 1枚目

Topi seniman yang membuat look Anda makin artsy

5

Iguls

Topi Peci Miki Hat Premium

Iguls Topi Peci Miki Hat Premium 1枚目

Topi trendi Islami untuk penyemangat ibadah

6

House of Cuff

Brown Fedora Hat Laken

House of Cuff Brown Fedora Hat Laken 1枚目

Maksimalkan gaya vintage Anda dengan topi fedora

7

RCKLS.

Topi Pria Jaring Trucker

RCKLS.  Topi Pria Jaring Trucker 1枚目

Desain full jaring, kepala jadi tetap sejuk

8

Decathlon

Adjustable Running Visor

Decathlon Adjustable Running Visor 1枚目

Fashion item pelengkap saat berolahraga

9

Adidas

Training Topi Snapback Unisex Hitam

Adidas Training Topi Snapback Unisex Hitam  1枚目

Mampu melindungi kepala dari sinar UV 50

10

Animous

Metsa Bucket Jungle Hat

Animous Metsa Bucket Jungle Hat  1枚目

Ringkas dan comfy untuk penggunaan luar ruangan

Perincian produk
Close
No.1

EigerBaseball Cap T.12C-6048

Mulai dari Rp129.000,00

Topi nyaman untuk menemani aktivitas harian

Eiger merupakan salah satu brand topi terbaik, termasuk juga produk baseball cap ini. Produk ini terbuat dari bahan yang antilembap karena dapat kering dengan cepat. Jadi, kepala Anda tak akan mudah gerah meskipun memakai topi ini seharian.


Jika Anda menginginkan topi untuk sehari-hari, pertimbangkanlah untuk memilih produk ini. Topi keren untuk pria ini berdesain all black dengan gambar logo brand berwarna sama. Bagian brim-nya juga kokoh sehingga awet untuk pemakaian jangka panjang.

No.2

Heuvel TribeBeanie Bnh Series Rey

Mulai dari Rp119.000,00

Memberi perlindungan dan kehangatan pada kepala

Seperti kupluk pada umumnya, topi ini terbuat dari bahan wol. Karakteristik wol sendiri dikenal kuat dan tebal, bahkan dapat menjaga kepala tetap hangat. Bagi Anda yang berencana traveling ke tempat dingin seperti daerah puncak, produk ini dijadikan andalan. Beanie hat dari Heuvel Tribe ini juga tersedia dalam beberapa pilihan warna. Jadi, Anda dapat menyesuaikannya dengan tema outfit Anda.

No.3

Geof Maxx Vrox Khaki Brown

Mulai dari Rp185.000,00

Tampil cool dengan perpaduan warna kalem

Topi dengan brim yang agak panjang ini dilengkapi detail patch Geof Maxx yang khas dengan model yang simpel. Trucker hat ini hadir dengan perpaduan warna hitam dan cokelat yang tampak kalem. 


Anda dapat mix and match topi ini dengan busana berwarna gelap. Kombinasi tersebut akan menampilkan kesan cool pada diri Anda. Bagi Anda yang tak ingin rambut cepat bau karena tertutup topi sembari tetap tampil keren, produk ini adalah solusinya.

No.4

JamontPlain Newsboy Flat Hat

Mulai dari Rp109.000,00

Topi seniman yang membuat look Anda makin artsy

Apakah Anda merupakan pegiat seni atau sekadar penikmat karya seni? Jika ya, jangan ragu untuk melengkapi tampilan Anda dengan produk ini. Anda dapat mengenakannya pada acara-acara seni agar merasa makin artsy.


Topi flat cap yang juga dikenal sebagai topi seniman ini terbuat dari bahan yang tebal. Untuk dikenakan saat cuaca dingin, topi ini akan terasa nyaman di kepala. Selain itu, terdapat pilihan warna, seperti Coffee, Dark Grey, Red Wine, dan sebagainya.

No.5

IgulsTopi Peci Miki Hat Premium

Mulai dari Rp99.000,00

Topi trendi Islami untuk penyemangat ibadah

Miki hat merupakan peci atau kupluk untuk beribadah yang didesain modern dan premium. Topi tanpa brim ini memiliki lipatan pada bagian bawah yang berfungsi sebagai tempat uang kertas untuk berinfak. Bagi Anda yang ingin tampil lebih trendi saat ke masjid, jangan ragu untuk memilih produk ini.


Meskipun berfungsi sebagai peci, bagian belakang miki hat memiliki strap yang adjustable. Gesper untuk mengencangkan lingkar kepala terbuat dari besi bermutu tinggi. Selain berbahan premium, topi ini juga memiliki jahitan yang rapi dan halus.

No.6

House of CuffBrown Fedora Hat Laken

Mulai dari Rp120.000,00

Maksimalkan gaya vintage Anda dengan topi fedora

Untuk Anda yang akan menghadiri acara bertema vintage, sertakanlah produk ini sebagai pelengkap dress code. Topi fedora ini didesain sebagai topi tanpa sambungan belakang. Materialnya ialah hard laken yang memiliki sirkulasi udara sehingga rambut tak mudah lepek karena berkeringat.


Pada bagian brim-nya terdapat lis berwarna cokelat muda agar kontras dengan warna topi, yakni cokelat tua. Pada bagian lingkar kepala, terdapat aksen band berwarna hitam untuk menampilkan kesan manly. Anda dapat memadukannya dengan gaya pakaian kasual jika ingin tetap terlihat modern.

No.7

RCKLS. Topi Pria Jaring Trucker

Mulai dari Rp130.000,00

Desain full jaring, kepala jadi tetap sejuk

Jika Anda belum terbiasa mengenakan topi karena khawatir kepala terasa gerah, produk inilah jawabannya. Bagian cap-nya merupakan full bahan jaring sehingga sirkulasi udaranya sangat baik. Kepala Anda dijamin akan selalu sejuk dan tak berkeringat saat mengenakan topi ini.


Bagian belakang topi dibekali snap berbahan plastik dengan kualitas distro sehingga tak mudah patah. Panjang brim topi ini ialah 7 cm, cukup panjang untuk melindungi area mata dari sinar matahari. Bagian depan cap juga dilengkali dengan aksesori band sehingga tampilannya tidak terlalu polos.

No.8

DecathlonAdjustable Running Visor

Mulai dari Rp120.000,00

Fashion item pelengkap saat berolahraga

Jika Anda memiliki hobi berolahraga dan ingin terlihat lebih keren, jangan lupa untuk mengenakan topi Decathlon ini. Panjang brim atau bagian lidah topi ini adalah 7,5 cm. Dengan begitu, sinar matahari atau cahaya lampu di malam hari tidak akan membuat Anda silau. 


Pengikat bagian belakang topi ini juga terbuat dari bahan elastik yang tidak membuat kepala merasa sakit. Tersedia pula beberapa pilihan warna yang dapat Anda suka, seperti abu-abu, ungu, dan biru. 

No.9

AdidasTraining Topi Snapback Unisex Hitam GM4984

Mulai dari Rp300.000,00

Mampu melindungi kepala dari sinar UV 50

Topi ini memiliki brim datar beserta bagian crown yang tinggi. Grafik logo Adidas yang terpampang cukup besar di bagian depan cap menjadi aksen yang menarik perhatian. Perpaduan warna topi all black dengan aksen putih juga membuatnya tampak keren.


Menariknya lagi, topi ini diklaim mampu melindungi kepala dari sinar UV 50. Bagi Anda yang mementingkan kesehatan kulit kepala dan rambut, jatuhkanlah pilihan pada produk ini. Rambut Anda akan terhindar dari kerusakan, kulit kepala juga tidak kering akibat sengatan sinar matahari.

No.10

AnimousMetsa Bucket Jungle Hat ANM - 0010-3

Mulai dari Rp150.000,00

Ringkas dan comfy untuk penggunaan luar ruangan

Topi rimba ini dilengkapi dengan beberapa lubang sirkulasi udara yang mengitari lingkar kepala. Selain itu, terdapat tali beserta stopper atau pengukur kekencangan tali. Jadi, topi tak akan mudah terbang dan jatuh saat diterpa angin.


Pada bagian dalam topi terdapat ritsleting sebagai pengunci ketika topi dilipat. Bucket hat ini dapat diringkas berbentuk bulat dan dapat digantung pada tas karena dilengkapi pengait. Untuk Anda yang memiliki aktivitas outdoor, produk ini adalah pilihan tepat.

Baca juga rekomendasi topi lainnya di sini

Dalam artikel ini, kami telah merekomendasikan berbagai macam model topi pria. Namun, Anda juga bisa melihat rekomendasi topi pria di artikel kami yang lain. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan beberapa model topi pria lainnya, silakan klik saja tautan yang ada di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda mengenai artikel ini? Meski terlihat sepele, model topi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penampilan. Jadi, jangan sampai salah membeli topi supaya penampilan Anda tidak terlihat aneh. 


Kami telah menjelaskan mengenai macam-macam topi pria serta hal apa saja yang harus diketahui. Tak hanya itu, kami juga sudah memberikan rekomendasi topi terbaik yang bisa dibeli secara online. Semoga penjelasan kami bermanfaat, ya! 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer