• 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Remaja (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Remaja (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Remaja (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Remaja (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Remaja (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Remaja (Terbaru Tahun 2022)

Ketika memasuki usia remaja, kondisi kulit juga akan mulai berubah. Karena itu, banyak remaja usia 14 tahun ke atas yang mencari skincare, salah satunya essence yang aman dipakai remaja. Namun, ada begitu banyak produk essence yang tersedia di pasaran. Tahukan Anda essence mana yang terbaik?

Kali ini kami akan membahas essence yang bagus dan aman untuk remaja dari berbagai merk, seperti Garnier, Innisfree, COSRX. Tidak lupa, kami juga akan membahas cara memilih dan memberi rekomendasi produknya. Baca juga tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Indah Maharani
Primastuti Indah
Icazahra
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Berkolaborasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Indah Maharani

Berkolaborasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Indah Maharani

Dokter Indah Maharani merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya dan Universitas Indonesia. Rani merupakan dokter spesialis yang berpengalaman di bidang dermatologi kosmetik dan estetika, tumor dan bedah kulit, serta dermatologi anak. Sebagai dokter spesialis kulit dan kelamin, Dokter Rani aktif praktik di ERHA Derma Center Kemanggisan dan RS Premier Jatinegara.


Dokter Rani juga menjadi owner dan salah satu dokter aktif di klinik Medivita, Jakarta Barat. Menyukai olahraga, Rani juga merupakan founder dari komunitas olahraga Derm Runners dan Derm Cyclist. Dokter yang juga aktif sebagai pengurus Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia ini bisa Anda sapa melalui Instagram-nya.

Hal yang perlu diketahui oleh remaja mengenai kulit

Banyak remaja yang mulai menyadari perubahan pada kulit mereka. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan.

Apa masalah kulit yang dialami oleh remaja?

Apa masalah kulit yang dialami oleh remaja?

Kebanyakan orang mulai mengalami masa pubertas sejak menginjak umur 12 tahun. Sejak memulai masa remaja, masalah kulit mungkin akan mulai bermunculan. Masalah kulit pertama yang mungkin terjadi pada remaja adalah jerawat


Hal ini disebabkan tubuh yang mulai memasuki masa pubertas sehingga keseimbangan hormon terganggu. Karena itu, jerawat di usia remaja memang tidak bisa dihindari. Namun, tetap saja banyak remaja yang menatap cermin setiap hari dan mencuci muka secara berlebihan untuk menghindari jerawat.

Faktanya, menatap cermin setiap hari dan mencuci muka terlalu sering adalah salah satu penyebab masalah kulit, lho. Kegiatan mencuci muka yang berlebihan akan merusak keseimbangan sebum dan air pada kulit. 

Akibatnya, kulit menjadi kering sehingga masalah kulit mudah muncul. Lalu, menatap cermin setiap hari dapat memunculkan perasaan ingin memencet jerawat, yang akan membuat jerawat bertambah parah. Karena itu, kami akan memaparkan tentang cara perawatan kulit yang benar di artikel ini.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Saat masa remaja, terjadi perubahan berbagai fungsi organ tubuh, termasuk kulit. Hal ini terjadi akibat adanya pengaruh perubahan hormonal di dalam tubuh. Masa perubahan ini dikenal juga dengan istilah masa pubertas. Pubertas biasanya terjadi pada usia kurang lebih dua belas tahun. Namun, tanda perubahan bisa dirasakan sejak usia delapan tahun atau dikenal dengan masa prapubertas.


Perubahan yang tampak nyata pada remaja adalah perubahan pada kulit, terutama kulit wajah. Pada masa pubertas, kelenjar sebum menjadi aktif produksi. Hal ini berbeda daripada masa anak-anak karena sebelumnya kelenjar ini belum aktif. Dengan aktifnya kelenjar sebum, masalah jerawat pada remaja akan mulai muncul.

Perlukah remaja memakai essence?

Perlukah remaja memakai essence?
Mencuci muka penting untuk mengurangi sebum dan melenyapkan jerawat akibat ketidakseimbangan hormon. Namun, terkadang mencuci muka bisa menghilangkan sebum yang diperlukan oleh kulit Anda.

Sebum sering dikatakan sebagai penyebab jerawat, tetapi sebenarnya sebum muncul karena kondisi kulit yang mengalami kekeringan. Kekeringan kulit sendiri bisa disebabkan oleh pembersihan wajah yang berlebihan.


Sebagai akibatnya, kandungan air dan lemak di kulit mengalami ketidakseimbangan. Jadi, kekeringan kulit akan menyebabkan kelebihan sebum, dan kelebihan sebum akan menyebabkan jerawat. Untuk memutus lingkaran setan tersebut, gunakanlah essence yang tepat setelah mencuci muka supaya kulit kembali lembap. 


Mungkin beberapa orang merasa ini terlalu dini untuk dilakukan, tetapi penggunaan essence untuk melembapkan diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit. Berhati-hatilah agar Anda menggunakan essence yang memang aman digunakan untuk remaja.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Hal yang harus diperhatikan oleh remaja adalah pentingnya membersihkan dan cara merawat kulit. Karena kelenjar sebum mulai aktif maka akan terjadi penumpukan sebum yang dapat menyebabkan sumbatan pada pori-pori. 


Untuk mengatasinya, biasakanlah untuk membersihkan wajah dengan pembersih wajah (facial cleanser) yang lembut. Penggunaan essence untuk remaja sifatnya tentatif dan tergantung dengan kebutuhan dan permasalahan kulit masing-masing. Pilihlah jenis essence yang sesuai dengan jenis kulit dan masalah kulit Anda.

Cara memilih essence untuk remaja

Di pasaran, ada begitu banyak jenis essence yang beredar. Berikut ini akan kami paparkan poin-poin penting dalam memilih essence yang sesuai dengan kulit remaja!

Pilihlah essence yang sederhana

Kulit remaja hanya perlu perawatan minimal, yaitu cuci muka dan pelembap saja. Maka dari itu, essence yang diperlukan pun cukup yang sederhana. Berikut ini akan kami jelaskan yang dimaksud dengan essence sederhana.

Berharga ekonomis dengan fungsi minimal

Berharga ekonomis dengan fungsi minimal
Ada begitu banyak produk perawatan kulit yang dijual di bagian kosmetik di pusat perbelanjaan. Produk seperti face emulsion dan serum biasanya diletakkan di rak yang sama dengan essence. Jadi, jangan sampai salah mengambil produk.
Essence tersedia dalam berbagai harga. Namun, untuk para remaja, pilihlah yang paling ekonomis. Kami merekomendasikan essence berharga Rp150.000–Rp300.000 dengan isi yang banyak dan fungsi sederhana. Karena memiliki struktur kulit yang masih bagus, remaja belum membutuhkan essence dengan kandungan kompleks.
Makin kompleks kandungan sebuah essence, maka makin mahal pula harganya. Daripada membuang uang untuk membeli produk yang tidak sesuai dengan usia, lebih baik simpan uangmu untuk kebutuhan lainnya.
dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Essence adalah skincare berbahan dasar utama air yang mengandung zat aktif dengan konsentrasi tinggi. Bahan aktif ini bertujuan untuk melembapkan, melindungi, dan meningkatkan kesehatan kulit. Pada remaja, essence dapat digunakan asal sesuai dengan kondisi kulit yang dialami. Contohnya, pilihlah essence yang diperuntukan untuk kulit berjerawat jika Anda memang memiliki masalah jerawat. 


Untuk remaja berkulit normal atau kering, penggunaan essence yang memiliki sifat melembapkan dapat dipilih. Selain sifat essence yang terasa ringan di kulit, bahan dasar air juga dapat memberikan kelembapan tanpa menimbulkan minyak berlebih di kulit. Dengan begitu, produk seperti ini dapat mengurangi risiko munculnya jerawat. Dengan pemilihan jenis essence yang tepat, hasil optimal bisa didapatkan. 

Tanpa kandungan pemutih wajah untuk menghindari jerawat

Tanpa kandungan pemutih wajah untuk menghindari jerawat
Berbagai produk kosmetik yang menyertakan kandungan pemutih masih kerap dijumpai. Namun, kandungan pemutih belum diperlukan bagi para remaja karena kondisi kulit yang masih dalam tahap pertumbuhan. Lain halnya jika sudah berusia 20-an, kandungan pemutih dapat membantu mencerahkan kulit dan membuatnya tampak lebih muda. 

Kandungan pemutih seperti hidrokuinon dan arbutin berfungsi untuk menormalkan kembali siklus metabolisme kulit agar noda dan bintik hitam tersamarkan. Namun, kulit remaja masih memiliki metabolisme yang bagus sehingga tidak memerlukan kandungan pemutih


Selain itu, karena hormon baru mulai aktif, penggunaan essence dengan pemutih pada remaja dapat menyebabkan jerawat. Jadi, andalkan kemampuan penyembuhan alami kulit daripada menggunakan kandungan yang tidak sesuai.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Pada masa pubertas, kondisi kulit terkadang akan menjadi relatif sensitif. Untuk itu, pemilihan bahan aktif yang terkandung di dalam skincare perlu diperhatikan. Tidak jarang kulit menjadi iritasi akibat terlalu banyak menggunakan berbagai macam skincare. Penggunaan zat aktif yang tidak esensial sebaiknya dihindari untuk mencegah iritasi pada kulit

Utamakan yang bebas alkohol untuk meminimalkan iritasi

Selain yang sederhana, pilihlah juga essence yang bebas alkohol. Berikut ini adalah pemaparan mengenai kandungan alkohol dalam kosmetik.

Kandungan alkohol dapat mengurangi kelembapan kulit

Kandungan alkohol dapat mengurangi kelembapan kulit
Alkohol (etanol) pada kosmetik memiliki kemampuan membersihkan serta membasmi bakteri. Selain itu, alkohol juga dikenal ampuh sebagai penghilang sebum di wajah, pengencang kulit, bahkan sebagai pengawet dan pengemulsi. Tidak heran banyak produsen yang memasukkan alkohol pada produk essence mereka.

Sayangnya, si kulit kering dan sensitif perlu berhati-hati dengan kandungan ini. Kulit mungkin akan terasa halus dan mulus setelah penggunaan produk beralkohol. Akan tetapi, sebenarnya pada saat itu kandungan air pada kulit telah terambil. 


Dengan kata lain, penggunaan essence yang mengandung alkohol akan membuat kelembapan kulit hilang. Untuk kulit sensitif, kandungan alkohol bisa menyebabkan kulit terasa perih dan memerah. Jika mengalaminya, segeralah beralih ke produk yang bebas alkohol.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Alkohol sering dijumpai dalam berbagai skincare. Alkohol merupakan bahan aktif yang digunakan sebagai emulsifier, menstabilkan zat aktif, pengawet, atau membantu penetrasi zat aktif ke dalam kulit.


Di sisi lain, alkohol dapat menyebabkan terganggunya sawar kulit (skin barrier) akibat terlarutnya lapisan lemak pelindung permukaan kulit. Akibatnya, terjadi peningkatan pelepasan air dari permukaan kulit dan menyebabkan kulit menjadi kering dan mudah iritasi. 

Produk yang benar-benar bebas alkohol untuk kulit sensitif

Produk yang benar-benar bebas alkohol untuk kulit sensitif
Kandungan alkohol yang biasa digunakan pada essence adalah etanol. Produk yang tidak mengandung etanol biasanya diklaim sebagai produk bebas alkohol. Namun, banyak kandungan alkohol lain yang biasanya terdapat dalam suatu produk, seperti stearyl alcohol, lauryl alcohol, cetearyl alcohol, dan behenyl alcohol. Jadi, bagi pemilik kulit kering dan sensitif harap tetap berhati-hati dengan kandungan-kandungan tersebut.
Sebenarnya, alkohol tidak selalu membuat kulit menjadi kasar dan harus dihindari sepenuhnya, lho. Alkohol juga memiliki kelebihannya tersendiri. Kenali jenis kulitmu dengan baik sebelum memutuskan untuk menggunakan produk dengan alkohol. Mengganti essence yang biasa dipakai dengan kondisi kulit saat itu juga bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan kulit yang sehat.
dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Terdapat berbagai macam bentuk alkohol yang dijumpai dalam skincare. Meski banyak bentuk alkohol yang sebaiknya dihindari, tetapi tidak semua bentuk alkohol adalah buruk. Alkohol dalam bentuk etanol, isopropil alkohol, alkohol denat (denaturated), dan metanol dapat menyebabkan kulit menjadi kering, iritasi, dan menyebabkan breakouts. Alkohol dalam bentuk benzil alkohol dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit.


Namun, tidak semua bentuk alkohol buruk bagi kulit. Fatty alcohol adalah bentuk alkohol yang bermanfaat bagi kulit. Fatty alcohol ini biasanya berfungsi sebagai emulsifier dalam skincare. Fatty alcohol juga bersifat melembapkan kulit. Fatty alcohol biasanya ditemukan pada produk skincare dalam bentuk cetearyl, stearyl, setyl dan behenyl. Bentuk alkohol ini aman untuk kulit. 

Periksa yang memiliki kandungan obat untuk kulit berjerawat

Periksa yang memiliki kandungan obat untuk kulit berjerawat
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kulit remaja memiliki sekresi sebum yang aktif karena pengaruh hormon. Hal inilah yang menyebabkan jerawat mudah muncul. Sebenarnya, jerawat bisa dicegah dengan mencuci muka secukupnya. Namun, bagi yang sering berkeringat, masalah jerawat tetap menjadi kekhawatiran tersendiri.
Sebagai solusi, pilihlah essence dengan kandungan obat jerawat, seperti salicylic acid dan isopropyl methylphenol. Bahan-bahan ini ampuh dalam membasmi bakteri penyebab jerawat dan melunakkan kulit mati agar jerawat tidak mudah muncul. Hanya saja, jika jerawatmu hanya sedikit, biarkanlah jerawat sembuh alami tanpa penggunaan kandungan obat jerawat.
dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Karena remaja sering kali memiliki masalah jerawat, diperlukan skincare yang sesuai dan efektif mengatasi masalah tersebut. Essence yang mengandung asam salisilat, niacinamide, dan azelaic acid dapat menjadi salah satu pilihan untuk kulit yang mudah berjerawat.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

GarnierSakura White Pinkish Radiance Essence Lotion

Mulai dari Rp 79.000,00

10 Rekomendasi essence terbaik untuk remaja

Berikut ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi merk essence yang bagus untuk remaja. Semua produk di bawah merupakan produk pilihan kami dan bukan rekomendasi dari dr. Indah Maharani. Mulai dari yang biasa sampai yang mengandung bahan obat jerawat. Selamat memilih!

10
Isi50 ml
Kandungan alkoholAda (alcohol)
Perawatan kulit berjerawatTidak
9

Garnier Light Complete White Speed Super Essence

Mulai dari Rp 33.000,00

Isi10 ml
Kandungan alkoholAda (alcohol denat, arachidyl alcohol, behenyl alcohol, benzyl alcohol)
Perawatan kulit berjerawatTidak
8
Isi50 ml
Kandungan alkoholAda (cetearyl alcohol)
Perawatan kulit berjerawatTidak
7
Isi50 ml
Kandungan alkoholTidak
Perawatan kulit berjerawatYa
6

Holika Holika Aloe Soothing Essence 90% Emulsion

Mulai dari Rp 298.000,00

Isi200 ml
Kandungan alkoholTidak ada
Perawatan kulit berjerawatYa
5
Isi30 ml
Kandungan alkoholTidak ada
Perawatan kulit berjerawatYa
4
Isi60 ml
Kandungan alkoholTidak ada
Perawatan kulit berjerawatTidak
3

COSRX Advanced Snail 96 Mucin Power Essence

Mulai dari Rp 200.000,00

Isi100 ml
Kandungan alkoholTidak ada
Perawatan kulit berjerawatTidak
2

Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence

Mulai dari Rp 299.000,00

Isi100 ml
Kandungan alkoholAda (alcohol)
Perawatan kulit berjerawatTidak
1
Isi60 ml
Kandungan alkoholTidak ada
Perawatan kulit berjerawatTidak

Tabel perbandingan produk essence terbaik untuk remaja

Gambar produk
1
Benton  Snail Bee High Content Essence 1

Benton

2
Avoskin  Perfect Hydrating Treatment Essence 1

Avoskin

3
COSRX  Advanced Snail 96 Mucin Power Essence 1

COSRX

4
Bio Essence  Bio Treatment Essence in Oil 1

Bio Essence

5
Luxcrime  Aurora Serum Essence :  Acne Care 1

Luxcrime

6
Holika Holika  Aloe Soothing Essence 90% Emulsion 1

Holika Holika

7
LACOCO Hydrating Divine Essence 1

LACOCO

8
Innisfree Green Tea Moisture Essence 1

Innisfree

9
Garnier  Light Complete White Speed Super Essence 1

Garnier

10
Etude  Wonder Pore Tightening Essence 1

Etude

Nama produk

Snail Bee High Content Essence

Perfect Hydrating Treatment Essence

Advanced Snail 96 Mucin Power Essence

Bio Treatment Essence in Oil

Aurora Serum Essence : Acne Care

Aloe Soothing Essence 90% Emulsion

Hydrating Divine Essence

Green Tea Moisture Essence

Light Complete White Speed Super Essence

Wonder Pore Tightening Essence

Keunggulan

Ucapkan selamat datang pada kulit yang lembut, kenyal, dan elastis!

Beraroma lembut dengan teknologi nano partikel yang mudah menyerap di kulit

Melembapkan kulit seharian dengan manfaat anti-inflamasi untuk kulit iritasi

Spesialis dalam mengatasi bekas luka

Katakan tidak pada jerawat dan bekasnya!

Makin hemat waktu dengan essence sekaligus face emulsion ini

Lawan tanda penuaan dini sejak masa remaja!

Dengan ekstrak teh hijau segar untuk kelembapan sepanjang hari

Bebas kulit kusam hanya dalam 6 hari!

Memiliki tiga manfaat utama untuk solusi masalah pori-pori

Harga mulai dariRp 155.000,00Rp 299.000,00Rp 200.000,00Rp 120.000,00Rp 149.000,00Rp 298.000,00Rp 250.000,00Rp 330.000,00Rp 33.000,00Rp 245.000,00
Isi60 ml100 ml100 ml60 ml30 ml200 ml50 ml50 ml10 ml50 ml
Kandungan alkoholTidak adaAda (alcohol)Tidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidakAda (cetearyl alcohol)Ada (alcohol denat, arachidyl alcohol, behenyl alcohol, benzyl alcohol)Ada (alcohol)
Perawatan kulit berjerawatTidakTidakTidakTidakYaYaYaTidakTidakTidak
Tautan produk

Cara efektif dalam menggunakan essence

Selain memperhatikan merk serta produk yang baik, diperlukan juga cara penggunaan yang tepat agar manfaatnya bisa maksimal. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan essence.

Bagaimana penggunaan essence yang efektif?

Bagaimana penggunaan essence yang efektif?
Waktu yang paling baik untuk menggunakan essence adalah setelah mencuci muka, terutama setelah mandi. Kulit yang baru saja dibersihkan akan mudah menyerap air. Jadi, tidak perlu lagi mempermasalahkan air yang tersisa di wajah setelah mandi karena kulit akan menyerapnya dengan baik. Nah, berikut ini adalah langkah yang tepat untuk menggunakan essence:
  1. Setelah wajah dibersihkan, tuangkan essence dan ratakan di kedua telapak tangan. Usahakan agar essence terbaur rata di telapak tangan. 
  2. Lalu, aplikasikan essence dengan menekan wajah secara perlahan selama 5–10 detik. Panas dari tangan akan membuat essence lebih mudah menyerap. 
  3. Untuk mengunci kelembapan, tambahkan face emulsion dengan cara penggunaan yang sama. 
  4. Namun, untuk para remaja yang sibuk di pagi hari, gunakan produk essence yang menjadi satu dengan face emulsion.
dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Waktu terbaik menggunakan essence adalah sesaat setelah kulit wajah dibersihkan. Zat aktif pada skincare akan lebih efektif meresap ke dalam kulit saat kulit dalam keadaan lembap. Setelah kulit wajah dibersihkan dengan air dan facial cleanser yang lembut, aplikasikan essence pada kulit sebelum menggunakan serum ataupun moisturizer

Bagaimana cara merawat wajah yang tepat?

Bagaimana cara merawat wajah yang tepat?

Untuk menghilangkan masalah kulit, berhati-hatilah saat membersihkan wajah. Poin-poin di bawah ini bisa Anda jadikan referensi saat menggunakan essence.


  • Pertama-tama, cucilah tangan sampai bersih. 
  • Spons cuci muka dapat digunakan untuk membuat busa dan membersihkan wajah. 
  • Hindari menggosok wajah dengan kuat supaya kulit tidak iritasi.
  • Pernah melihat iklan di televisi yang menggambarkan penggunaan essence dengan cara menepuk wajah? Jangan menirunya, ya! Menepuk kulit wajah tidak akan membuat essence lebih mudah terserap, tetapi malah akan melukai kulit wajah.
  • Selain itu, penggunaan essence dengan kapas bisa membuat kulit menjadi kasar akibat serat kapas yang tersisa. Jadi, gunakanlah essence menggunakan tangan saja. Namun, pastikan kulit tangan bersih ketika akan mengaplikasikan essence.
dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Untuk kulit remaja, biasakanlah untuk membersihkan wajah secara teratur minimal sebanyak dua kali dalam sehari. Pilihlah skincare yang sesuai dengan jenis kulit dan masalah kulit. 


Skincare berbahan dasar air seperti essence cocok untuk kulit remaja yang cenderung mudah berjerawat. Minimalkan penggunaan skincare bertumpuk atau berlapis untuk menghindari penyumbatan di pori-pori kulit yang berpotensi menyebabkan jerawat.

Baca juga produk perawatan lainnya untuk remaja di sini

Selain essence, Anda yang kini sudah menginjak usia remaja pasti ingin memiliki produk perawatan lainnya untuk tubuh, bukan? Jika iya, silakan cek artikel kami lainnya di bawah ini.

Kesimpulan

Menemukan essence yang tepat untuk kulit remaja tergolong tidak mudah. Karena itu, berhati-hatilah dalam memilih. Pastikan untuk memilih yang sesuai dengan kondisi kulit remaja yang masih dalam tahap pertumbuhan. 

Gunakan essence dengan kandungan yang sederhana dan berharga ekonomis. Penggunaan essence penting untuk mencegah kekeringan yang ditimbulkan setelah mencuci muka. Jangan lupa untuk memilih essence yang sesuai dengan jenis kulit.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagian orang memiliki wajah berjenis kulit kering. Jenis kulit seperti ini membutuhkan waktu dan perawatan lebih agar kondisinya bisa tetap terjaga. Anda bisa menggunakan serum wajah yang mengandung pelembap agar kelembapan alami kulit wajah bisa terjaga sempurna.Kini, ada banyak serum wajah untuk kulit kering dari merek Shiseido, Avene, Kiehl’s dan sebagainya yang mungkin membuat Anda bingung memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan tips memilihnya agar Anda bisa menemukan serum yang bagus untuk kulit kering Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina.
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori