10 Rekomendasi OLED TV Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi OLED TV Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Apa yang Anda ketahui tentang OLED TV? Lebih tipis, lebih stylish, dan kualitas gambar lebih tajam merupakan beberapa kelebihan TV ini dibandingkan LCD TV yang sudah kita kenal. Karena kelebihannya ini, umumnya OLED TV memiliki harga yang jauh lebih mahal.

Agar tidak salah pilih karena terlanjur membeli produk yang mahal, kali ini kami akan menjelaskan tips bagaimana memilih OLED TV yang pas sesuai dengan kebutuhan. Tidak hanya itu, produk-produk dari Sony, Panasonic, dan LG akan kami ulas di sini. Jangan sampai terlewatkan!

Daftar isi

OLED TV direkomendasikan untuk Anda yang mengutamakan kualitas gambar

OLED TV direkomendasikan untuk Anda yang mengutamakan kualitas gambar

Organic Light-Emitting Diode (OLED) adalah pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organik yang tidak memerlukan backlight seperti liquid crystal display (LCD). Karena tidak memerlukan backlight seperti halnya TV konvensional lain, TV jenis ini bisa memancarkan cahaya sendiri. Dengan demikian, TV jenis ini lebih tipis, lebih ringan, dan juga memiliki desain yang lebih stylish. Anda pun dapat menikmati gambar yang indah tanpa adanya sisi gambar yang blur akibat cahaya yang tidak menyebar dengan baik seperti halnya LCD TV.

OLED TV memang sangat kami rekomendasikan bagi Anda yang menginginkan gambar lebih indah dan lebih tajam dari LCD TV. Namun, kami tidak dapat merekomendasikan produk ini untuk Anda yang tidak terlalu mementingkan kualitas gambar. Hal ini dikarenakan bentuknya yang lebar dan harganya yang mahal membuat TV ini sayang untuk dibeli.

Bagi Anda yang ingin menonton film atau acara olahraga dari layar yang powerful yang lebih detail dan nyata, OLED TV sangatlah cocok untuk Anda. Namun, bagi Anda yang lebih suka menonton di layar yang lebih kecil dengan tetap didukung teknologi 4K, silakan baca artikel ini sampai habis!

Cara memilih OLED TV

Kami akan membagikan poin-poin cara memilih OLED TV terbaik yang dapat Anda jadikan referensi saat akan membeli produk pilihan. Kami mengulas dari sisi kelebihan dan kekurangan masing-masing merek OLED TV yang dijual di pasaran. Fitur-fitur terbaik yang mungkin Anda butuhkan juga akan kami bagikan. Jadi, jangan sampai salah beli ya!

Cek ukuran bodi dan layar televisi Anda

Cek ukuran bodi dan layar televisi Anda

Ukuran OLED TV yang paling populer adalah 55 inci. Ukuran yang populer ini sekaligus merupakan ukuran yang terkecil dan terlaris di pasaran. Jadi, bagi Anda yang mencari TV dengan ukuran layar lebih kecil, sangat disayangkan, tetapi Anda harus mencari TV tipe lain.

Pada umumnya, jarak pandang untuk TV ukuran 55 inci ini adalah kurang lebih 2 meter. Akhir-akhir ini pun banyak dijual produk TV yang bisa ditonton dari jarak dekat. Namun, apabila terlalu dekat, sensasi menonton TV dari layar lebar pun tidak akan dirasa maksimal. Selain itu, menonton TV dari jarak yang terlalu dekat juga membahayakan kesehatan mata. Untuk menentukan jarak pandang yang ideal, Anda harus menyesuaikan ukuran TV dengan ukuran ruangan Anda.

Jika Anda bermaksud mengganti TV lama Anda dengan OLED TV, terdapat hal yang perlu Anda perhatikan. Perhatikan ukuran bodi TV yang ditambah dengan ukuran layar liquid crystal yang digunakan. Hal ini karena ukuran layar OLED TV yang lebih tipis.

Periksa jumlah terminal HDMI dan terminal lain yang ada pada TV

Periksa jumlah terminal HDMI dan terminal lain yang ada pada TV

Menampilkan video, gambar, dan suara dari gadget Anda bukanlah hal yang mustahil dilakukan. Untuk menikmati hal tersebut membutuhkan unit output yang dihubungkan ke terminal yang biasanya ada di bagian belakang TV. Hal tersebut bukan hanya berlaku untuk OLED TV saja. Saat membeli TV baru, Anda perlu memeriksa ketersediaan terminal dan berapa jumlah terminal HDMI dari TV tersebut.

Selain itu, Anda juga perlu memastikan terminal USB dan cara yang diperlukan TV untuk terhubung ke internet. Karena jika dua hal ini tidak didukung oleh TV yang Anda beli, Anda perlu menambahkan sendiri dengan membeli router hardisk.

Periksa fitur, kualitas gambar, dan suara TV berdasarkan mereknya

Munculnya OLED panel saat ini dipelopori oleh merek LG yang merupakan produsen asal Korea. Kualitas suara dan gambar berbeda tergantung dari tiap-tiap produsen. Untuk mengetahuinya Anda bisa membaca ulasan kami di bawah ini.

Sony : unggul dalam menghasilkan gambar yang lebih detail & suara yang menyatu

Sony: unggul dalam menghasilkan gambar yang lebih detail & suara yang menyatu

Salah satu TV produksi Sony yang terkenal adalah seri Bravia. Sony Bravia direkomendasikan untuk Anda yang ingin menikmati film dengan gambar yang indah dan suara yang nyata, serta rasio kontras yang tinggi dengan warna hitam sesungguhnya.

Sony Bravia juga dilengkapi dengan teknologi bernama Acoustic Surface yang diklaim mampu menghasilkan kualitas suara seolah keluar dari layar. Anda dapat merasakan bahwa merek ini sangat mengutamakan resolusi tinggi termasuk kualitas suara.

Merek ini juga memiliki fitur yang bernama Voice Zoom yang dapat memperbesar volume suara tanpa mengubah semua suara. Selain itu, Anda pun tetap dapat menikmati gambar yang indah meskipun sedang menonton drama dengan jumlah piksel yang tinggi.

Panasonic : memiliki kualitas gambar menakjubkan & fitur untuk mengedit foto

Panasonic: memiliki kualitas gambar menakjubkan & fitur untuk mengedit foto

Panasonic seri VIERA sangat pas untuk Anda yang menginginkan OLED TV dengan kualitas gambar menakjubkan plus kontras warna yang dipadukan dengan 6 color reproduction. Perpaduan warna ini membuat gambar yang dihasilkan lebih hidup hingga tidak ada satu pun warna yang tertinggal.

Panasonic juga melengkapi produknya dengan fitur Hexa Chroma Drive. Fitur ini telah menerima sertifikasi sebagai Ultra HD Premium dari dunia internasional sebagai teknologi video generasi berikutnya di industri film dan Hollywood. Hanya Panasonic yang sudah menerima sertifikasi ini.

Di samping itu, Panasonic juga memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk mengedit foto yang sudah diambil dari kamera. Fitur ini cocok untuk Anda yang suka memotret dan langsung melihat gambarnya melalui layar TV yang lebar. Tidak berhenti sampai di situ saja, TV ini juga kompatibel dengan fitur Oheya Jump Link. Dengan demikian, Anda dapat menonton acara TV yang telah direkam dari perangkat TV VIERA atau DIGA, serta terhubung ke internet secara nirkabel.

LG : harga terjangkau, koneksi internet cepat, sempurna menempel di dinding ruangan

LG : harga terjangkau, koneksi internet cepat, sempurna menempel di dinding ruangan

LG adalah perusahaan yang memproduksi panel organic light-emitting diode yang mampu menghasilkan warna hitam dengan kedalaman yang pekat. Banyak yang berpendapat bahwa teknologi LG dalam mengubah kualitas gambar dan suara tidaklah sebaik merek lainnya. Meskipun begitu, hal tersebut bukanlah masalah besar jika kualitas penayangan video sangat bagus, serta didukung dengan resolusi 4K dan Blu-ray

Dibandingkan produsen lain, produk-produk TV dari LG sangat tipis dan ringan. TV LG sangat cocok digantung di dinding untuk menambah keindahan ruangan Anda. Selain itu, TV LG dilengkapi juga dengan fitur webOS 3.5 yang memudahkan Anda dalam mengakses internet hanya dengan satu remote control. Produk ini juga cocok untuk Anda yang mencari produk dengan kemudahan akses internet.

Fitur yang membuat produk ini sangat diminati adalah harganya yang terjangkau. Meskipun harganya berbeda tergantung pada tiap-tiap produk, merek LG populer karena harganya yang lebih murah untuk TV ukuran 55 inci dibandingkan merek lain.

Pilih berdasarkan fitur yang sesuai keinginan Anda

Setelah Anda mengetahui kelebihan masing-masing brand, Anda bisa memilih produk dari fungsi-fungsi yang ditawarkan yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut beberapa contohnya.

Teknologi Motion Blur : untuk Anda yang suka menonton program olahraga

Teknologi Motion Blur : untuk Anda yang suka menonton program olahraga

Fitur Motion Blur berfungsi untuk memproyeksikan adegan atau tayangan yang bergerak cepat sehingga terlihat lebih jelas. Fitur ini sangat berguna ketika Anda menonton gambar cepat yang bergerak, seperti acara olahraga, adegan menari, dan lain-lain. Tanpa fitur ini, gambar atau video yang bergerak akan terlihat blur dan tidak jelas.

Umumnya, dalam satu detik televisi mampu menampilkan gambar bergerak sekitar enam puluh gambar. Dengan fitur ini, Anda bisa menonton tayangan yang bergerak dengan lebih lembut. Jika Anda ingin menonton program olahraga di layar yang lebar, pastikan fitur Motion Blur terpasang.

Cek jumlah perangkat tuner untuk merekam

 

Cek jumlah perangkat tuner untuk merekam

Jumlah perangkat tuner dari TV memengaruhi jumlah program digital yang bisa direkam dalam sekali waktu. Semakin banyak tuner yang didukung, semakin banyak program yang diterima dalam sekali proses perekaman.

Perangkat tuner juga bisa ditambah secara built-in untuk recorder. Namun, untuk Anda yang sering merekam, pilihlah TV dengan perangkat tuner berjumlah banyak.

Wi-Fi Direct : bisa terkoneksi internet tanpa router

Wi-Fi Direct: bisa terkoneksi internet tanpa router

Wi-Fi Direct adalah teknologi yang memungkinkan TV Anda terhubung dengan internet tanpa router. TV Anda juga dapat terhubung ke perangkat yang memiliki kemampuan Wi-Fi Direct tanpa koneksi internet.

Jika TV Anda didukung dengan wireless LAN, koneksi internet dapat tersebar melalui router ke seluruh ruangan. Jadi, ini bukanlah fitur yang wajib dimiliki. Namun, fitur ini bermanfaat dan praktis jika Anda ingin memperluas lingkup berselancar di internet. Misalnya, Anda dapat menonton film melalui smartphone dengan tetap terhubung televisi. Anda dan keluarga pun tidak perlu berkumpul di dekat router untuk menikmati internet.

Pastikan TV yang Anda pilih beresolusi 4K

Pastikan TV yang Anda pilih beresolusi 4K

Sebagian besar OLED TV memang dibuat dengan standar resolusi 4K yang berkualitas tinggi. Namun, tidak semua OLED TV didukung teknologi tersebut. Jika Anda ingin membeli produk dari LG, beberapa seri TV LG tidak didukung dengan teknologi 4K Upscaler. Oleh karena itu, pastikan Anda mengecek terlebih dahulu apakah Anda bisa menikmati tayangan beresolusi 4K.

10 Rekomendasi OLED TV terbaik

Langsung saja, di bawah ini kami akan membagikan daftar sepuluh produk OLED TV yang kami rekomendasikan. Buatlah acara berkumpul bersama keluarga Anda menjadi lebih menyenangkan!

10. LG 55EG9A7T

10. LG 55EG9A7T

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 14.425.000

Dimensinya sangat tipis! Pas dengan berbagai interior rumah

Apakah Anda bingung mencari TV yang pas dengan interior rumah Anda? Tidak perlu bingung, pilihlah televisi yang sangat tipis dari LG ini. Karena memiliki dimensi amat tipis, TV akan terlihat indah menghiasi ruangan Anda apa pun jenis gaya interiornya. Gantunglah di dinding rumah atau letakkan di atas rak TV sesuai selera.

Ukuran layar 55 inci
Ukuran TV Tidak ada keterangan
Konektivitas HDMI, HDMI ARC, USB, RF In, LAN, Audio Digital Out, Bluetooth, WiFi, Komposit In 1, Komposit In (AV) 1
Jumlah terminal HDMI HDMI 4, USB 4
Fitur webOS 2.0, Magic Remote, dan lain-lain
4K Upscaler Tidak tersedia

9. Sony Bravia KD-65A8F OLED 4K Ultra HD HDR Smart TV

9. Sony Bravia KD-65A8F OLED 4K Ultra HD HDR Smart TV

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 52.630.526

Pengalaman baru dengan Acoustic Surface Technology

Ingin merasakan sensasi menonton TV dengan suara dan gambar yang memiliki harmoni sempurna? Produk dari Sony ini adalah pilihan Anda. Tidak seperti produk lain yang suaranya keluar melalui speaker TV, produk ini dapat menghasilkan suara dari seluruh layar. Rasakan pengalaman baru yang tidak biasa!

Ukuran layar 65 inci
Ukuran TV Dengan stand:1447 mm x 841 mm x 255 mm
Konektivitas Wi-Fi, HDCP, HDMI, Audio/Headphone output, USB, RF
Terminal HDMI HDMI Input 4, HDCP2.3, HDMI-CEC
Fitur Dolby Vision, Acoustic Surface
4K Upscaler Tersedia

8. Panasonic OLED TV TH-55FZ950G

8. Panasonic OLED TV TH-55FZ950G

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 16.800.000

Hadirkan film berkualitas Hollywood di rumah Anda!

Anda penggemar film Hollywood? Kini Anda bisa menikmati gambar berkualitas tinggi ala film Hollywood di rumah. Televisi ini menggabungkan teknologi Hexa Chrome Drive dan layar 4K HRD OLED. Dijamin, tayangan apa pun yang Anda tonton akan memiliki kualitas gambar menakjubkan setara sinema Hollywood.

Ukuran layar 55 inci
Ukuran TV Tanpa stand: 1228 mm x 713 mm x 62 mm
Konektivitas Digital Tuner Reception, Analogue Tuner, HDMI, USB, Port LAN
Terminal HDMI HDMI*9 2, HDMI (4K 60/50p dengan HDCP2.2) 4
Fitur Hexa Chroma Drive Pro, Bluetooth Audio Link, My Home Screen 3.0, Multi HDR Support
4K Upscaler Tersedia

7. LG 55EG910T 55″ Curved Full HD OLED TV

7. LG 55EG910T 55" Curved Full HD OLED TV

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 16.000.000

Kelengkungan optimal membuat dunia yang ditonton seolah mengelilingi Anda

Jika menonton film dari layar datar biasa terasa kurang nyata bagi Anda, saatnya mencoba televisi layar lengkung LG ini. Dengan menonton dari layar lengkung atau curved membuat film serta tayangan lain seolah mengelilingi Anda. Produk ini kami rekomendasikan bagi Anda yang menginginkan tayangan lebih nyata dan seolah terlibat dalam TV.

Ukuran layar 55 inci
Ukuran TV Tanpa stand: 1227 mm x 720 mm x 90 mm
Konektivitas HDMI Input, USB 2.0 Input, LAN Port, RF Antenna Input, Composite/Component Input, Digital Audio Out
Terminal HDMI HDMI Input 3
Fitur Smart Mobile Link (MHL), SmartShare, WiFi Built-In, Time Machine, webOS 2.0
4K Upscaler Tidak tersedia

6. LG OLED65E6T 65″ OLED TV – OLED HDR

6. LG OLED65E6T 65" OLED TV - OLED HDR

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 37.950.000

Magic remote memberi kemudahan menonton televisi dari tangan Anda!

Remote control biasanya dilengkapi dengan tombol-tombol yang banyak dan merepotkan. Nah, magic remote dari LG merupakan remote yang bekerja seperti sebuah mouse. Dengan remote control ini, Anda dapat dengan mudah menggerakkan atau mengeklik kursor di layar TV. Jika Anda tidak suka ribet dan ingin nyaman menonton TV, pilihlah produk ini.

Ukuran layar 65 inci
Ukuran TV Tidak ada keterangan
Konektivitas Tidak ada keterangan
Terminal HDMI Tidak ada keterangan
Fitur Picture-on-Glass, Dolby Vision, Magic Remote, Magic Connection, webOS 3.0
4K Upscaler Tersedia

5. Sony Bravia KD-65A1 A1 OLED 4K Ultra HD HDR Smart TV (Android TV)

5. Sony Bravia KD-65A1 A1 OLED 4K Ultra HD HDR Smart TV (Android TV)

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 52.630.526

Bergaya ultra-minimalist dengan cable-free look

Produk ini merupakan salah satu seri televisi yang tidak hanya mewah, tetapi juga memberikan keindahan tersendiri saat diletakkan di satu ruangan. Tampilan tanpa kabelnya akan membuat kamar Anda bersih dan rapi. Untuk itu, Sony Bravia seri ini cocok bagi Anda yang tinggal di apartemen bergaya modern dan berkelas.

Ukuran layar 65 inci
Ukuran TV Tanpa stand: 1451 mm x 834 mm x 86 mm
Konektivitas Wi-Fi, ethernet input, RF, HDMI, HDCP, HDMI-CEC, audio/headphone output, USB ports
Terminal HDMI HDMI Input 4, HDMI-CEC 1
Fitur Acoustic Surface, Dolby Vision, Clear Phase, TRIMUNILOS Display
4K Upscaler Tersedia

4. LG OLED65W8PTA 65″ OLED TV W – OLED Signature

4. LG OLED65W8PTA 65" OLED TV W - OLED Signature

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 100.000.000

Bukan cuma manusia, TV pun berotak cerdas!

Pilihlah produk ini apabila televisi konvensional Anda saat ini terlihat banyak bintik hitam. TV ini menggunakan prosesor pintar α9 yang dapat mengurangi bintik hitam dan kesalahan akurasi warna dua kali lipat dibandingkan teknologi biasa. Produk ini cocok untuk Anda yang tidak mementingkan harga dan lebih mengutamakan kualitas.

Ukuran layar 65 inci
Ukuran TV Tidak ada keterangan
Konektivitas HDMI, USB, Bluetooth
Terminal HDMI HDMI 4
Fitur webOS Smart TV, a9 Processor, Cinema HDR, Dolby Atmos, Acoustic Surface, 4K HDR Processor X1 Extreme
4K Upscaler Tersedia

3. LG OLED55B8PTA 55″ OLED TV – Cinema HDR & Dolby Atmos

3. LG OLED55B8PTA 55" OLED TV - Cinema HDR & Dolby Atmos

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 17.499.000

Bawa keajaiban dunia ke ruangan Anda dengan fitur Gallery Mode

Travelling ke berbagai tempat yang indah di dunia tentu impian banyak orang. Bagi Anda yang belum bisa mewujudkannya, Anda bisa menghadirkannya di rumah Anda melalui televisi yang memiliki fitur Gallery Mode ini. Fitur tersebut dapat menampilkan pemandangan indah disertai alunan musik yang membuatnya tampak nyata.

Ukuran layar 55 inci
Ukuran TV 1228 mm x 749 mm x 220 mm
Konektivitas HDMI, USB, Bluetooth
Terminal HDMI HDMI 1 (rear)/ 3 (slide)
Fitur Prosesor pintar a7, Dolby Atmos, Gallery Mode, webOS, Magic Remote, OLED Surround
4K Upscaler Tersedia

2. Sony Bravia KD-55A1 A1 OLED 4K Ultra HD HDR Smart TV (Android TV)

2. Sony Bravia KD-55A1 A1 OLED 4K Ultra HD HDR Smart TV (Android TV)

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 36.841.053

Jelajahi dunia dengan televisi berbasis android

Bukan hanya dari handphone, Anda pun dapat menjelajahi dunia dengan mudah melalui televisi dari Sony ini. Sistem operasi smart TV ini menggunakan sistem android. Menonton video Youtube dari TV jadi lebih asyik. Pilihlah TV ini jika Anda ingin menikmati ribuan aplikasi di layar besar dan indah seperti di smartphone Anda.

Ukuran layar 55 inci
Ukuran TV Tidak ada keterangan
Konektivitas Tidak ada keterangan
Terminal HDMI Tidak ada keterangan
Fitur Processor X1 Extreme, TRILUMINOS Display, Acoustic Surface, Dolby Vision
4K Upscaler Tersedia

1. Sony Bravia KD-65A9F A9F OLED 4K Ultra HD HDR Smart TV (Android TV)

1. Sony Bravia KD-65A9F A9F OLED 4K Ultra HD HDR Smart TV (Android TV)

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 63.156.842

Akurasi dan detail menakjubkan dari TV berprosesor generasi terbaru!

Master Series ini diklaim oleh Sony sebagai produk yang termasuk dalam jajaran televisi kelas premium. Salah satu keunggulannya adalah penggunaan prosesor X1 Ultimate yang mampu mendeteksi objek untuk akurasi dan detail yang menakjubkan. Produk pemenang awards ini cocok bagi Anda yang mencari televisi kelas premium dengan berbagai fitur unggulan.

Ukuran layar 65 inci
Ukuran TV Tanpa stand: 1449 mm x 835 mm x 86 mm
Konektivitas Wi-Fi, ethernet input, Bluetooth, RF, HDMI, HDMI-CEC, Audio/Headphone, USB, USB HDD Recording
Terminal HDMI HDMI 4 (1 slide, 3 bottom), HDCP 2.3 (for HDMI™1/2/3/4), HDMI-CEC
Fitur Picture processor X1 ultimate, Acoustic Surface Audio +, Pixel Contrast Booster, Dolby Vision, Triluminos Display, Netflix Calibrated Mode
4K Upscaler Tersedia

Baca juga rekomendasi produk perangkat eksternal terbaik di sini!

Jika Anda memiliki OLED TV, pastikan Anda juga memiliki perangkat eksternal yang sesuai dengan produk yang Anda beli. Nah, beberapa artikel di bawah ini merupakan perangkat-perangkat pendukung yang akan menambah keseruan Anda menikmati televisi. Untuk lebih lengkapnya, cek laman berikut ini!.

Kesimpulan

Setelah membaca seluruh artikel di atas, kesan apa yang Anda dapatkan? Pasti Anda akan langsung berpendapat bahwa OLED TV memiliki harga yang mahal. Agar tidak salah membeli, sebaiknya Anda mengikuti tips cara memilih OLED TV terbaik dari kami.

Berbagai merek beserta keunggulan masing-masing sudah kami ulas. Sony, LG, Panasonic adalah beberapa merek OLED TV yang banyak dijual di pasaran. Jangan lupa untuk membaca artikel kami sebelum membeli. Selamat memilih!