1. TOP
  2. Elektronik rumah tangga
  3. TV & perangkat video
  4. 10 Rekomendasi TV OLED Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi TV OLED Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi TV OLED Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi TV OLED Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi TV OLED Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi TV OLED Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi TV OLED Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

TV OLED punya banyak keunggulan. Beberapa kelebihan TV OLED adalah lebih tipis, stylish, dan menawarkan gambar yang tajam. LG, Panasonic, dan Sony merupakan merek TV OLED terbaik di pasaran. Saat ini Anda dihadapkan dengan spesifikasi dan fitur yang beragam. Hal ini mungkin membuat Anda bingung dalam memilih produknya.

Di artikel ini kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli TV OLED. Ada juga rekomendasi produk dengan berbagai ukuran dan harga untuk jadi pertimbangan Anda. Bacalah dengan saksama ulasannya dan temukan TV OLED yang bagus untuk Anda.

Diperbaharui 11-30-2022
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Perbedaan antara TV LCD dan TV OLED

Perbedaan antara TV LCD dan TV OLED

Ada dua jenis televisi yang mendukung resolusi 4K, yaitu TV LCD dan TV OLED. Perbedaan mendasar keduanya terletak pada pemancar cahaya (backlight). Kami akan menjelaskan beberapa perbedaannya lebih detail di bawah ini.


  • TV LCD memerlukan backlight sebagai sumber cahaya untuk layarnya. Kelemahan TV LCD adalah adanya perubahan warna jika dilihat dari samping. TV LCD juga mengalami penurunan kualitas gambar saat menampilkan gerakan yang cepat. Dengan demikian, TV LCD kurang cocok untuk Anda yang sering menonton tayangan olahraga.
  • TV OLED tidak memerlukan backlight karena sumber cahayanya adalah tampilan layarnya sendiri. Jenis TV ini memiliki kualitas gambar yang terjaga meski dilihat dari samping. TV OLED juga tetap menampilkan gambar yang berkualitas walau sedang menampilkan gerakan cepat. Selain itu, kontras gambar yang dihasilkannya lebih tajam dan menarik.

Cara memilih TV OLED

Kami akan membagikan poin-poin cara memilih TV OLED yang dapat Anda jadikan referensi. Bacalah dengan teliti setiap poinnya sehingga Anda mengerti soal spesifikasi TV yang dibutuhkan. 

① Periksa performa dan kualitas gambarnya

Periksa performa dan kualitas gambarnya

Meskipun berbeda merek, TV OLED memiliki struktur panel yang sama. Hal ini karena semua panelnya diproduksi oleh LG. Maka dari itu, TV OLED mampu menghasilkan tampilan gambar yang bagus, apa pun mereknya. Namun, Anda perlu memperhatikan bagaimana TV tersebut melakukan pemrosesan gambar. Hal ini disebabkan tiap produsen memiliki kinerja pemrosesan gambar yang berbeda-beda.


Anda juga perlu mengecek keberadaan fitur 4K upscalingFitur ini memungkinkan Anda menonton siaran digital terestrial pada resolusi 4K. Anda perlu mengecek juga kemampuan TV memproses video dari internet dan menjaga tampilannya tetap indah untuk berbagai resolusi. Jadi, Anda dapat menikmati video YouTube dan streaming film dari berbagai platform dengan tampilan berkualitas.

② Cek kualitas audio dari speaker pada TV OLED

Cek kualitas audio dari speaker pada TV OLED
Sumber: lg.com

Tampilan gambar beresolusi tinggi harus diimbangi dengan suara yang berkualitas. Maka dari itu, periksalah performa speaker dari TV OLED. Anda dapat melihat nilai output dari speaker yang ditampilkan dengan satuan W.


Sebagian besar speaker pada TV memiliki output maksimum 40 W hingga 50 W. Ada juga model dengan nilai output 140 W atau lebih. Makin besar nilai angkanya, makin keras pula suara yang dihasilkan dan daya yang dibutuhkan.


Ada juga TV dengan teknologi Dolby Atmos yang biasanya digunakan di bioskop. Speaker Dolby Atmos mampu memproyeksikan suara tiga dimensi, yaitu dari depan dan belakang serta kiri dan kanan. Dengan begitu, suara helikopter yang sedang bergerak dan hujan yang turun akan terdengar seolah ada di sekeliling Anda.

③ Sesuaikan ukuran TV dengan ruangan

Sesuaikan ukuran TV dengan ruangan

Menonton TV dengan jarak yang terlalu jauh atau terlalu dekat akan membuat mata kurang nyaman. Jadi, mengetahui jarak ideal antara Anda dan TV adalah hal yang penting. Jika Anda menonton TV 2K, jarak idealnya adalah 3 kali dari tinggi layar TV. Sementara itu, jarak ideal menonton TV 4K adalah 1,5 kali dari ketinggian layar.

Sebagai contoh, Anda menggunakan TV 4K 55 inci dengan tinggi layar 70 cm. Tinggi 70 cm dikalikan 1,5 adalah 105 cm. Dengan demikian, jarak terpendek Anda dengan TV saat menonton setidaknya 1 meter. Oleh karenanya, Anda perlu mengetahui luas ruangan yang akan digunakan untuk meletakkan TV. Setelah itu, barulah Anda dapat memilih ukuran TV yang sesuai.

④ Pilih berdasarkan fitur yang sesuai dengan kebutuhan

Selanjutnya, Anda perlu mengetahui fitur-fitur tambahan yang berguna untuk menonton TV. Dengan mengetahui hal itu, Anda dapat memilih fitur dan spesifikasi TV yang dicari. 

Motion blur, video lebih halus untuk menyaksikan program olahraga

Motion blur, video lebih halus untuk menyaksikan program olahraga
Sumber: sony.co.id
Fitur motion blur berfungsi untuk memproyeksikan adegan yang bergerak cepat sehingga dapat terlihat lebih jelas. Fitur ini sangat berguna ketika Anda menonton gambar yang bergerak cepat, seperti acara olahraga dan adegan menari.

Pada umumnya, TV mampu menampilkan gambar bergerak sekitar 60 frame (gambar) dalam 1 detik. Anda bisa menonton tayangan yang bergerak dengan lebih lembut lewat motion blur, yaitu 120 frame per detik. Gambar yang dihasilkannya pun lebih halus daripada TV LCD. Jika Anda ingin menonton program olahraga di layar yang lebar, pastikan ada fitur motion blur.

Kompatibilitas, nikmati video dan film dari berbagai platform

Kompatibilitas, nikmati video dan film dari berbagai platform

Pada dasarnya, semua TV OLED kompatibel dengan koneksi internet. Dengan begitu, Anda dapat menonton film dari berbagai platform, seperti YouTube, Netflix, dan Disney+. Namun, Anda perlu memastikan apakah TV tersebut kompatibel dengan platform yang Anda gunakan. 


Anda juga harus memeriksa jenis dan resolusi video yang disediakan tiap platform sehingga memungkinkan untuk diputar di TV. Hal ini karena format dan resolusi gambar yang disediakan setiap streaming platform berbeda-beda.


Ada juga TV yang dilengkapi fitur deteksi suara. Dengan fitur ini, Anda dapat memberikan perintah suara pada TV tanpa menggunakan remote control. Fitur ini tentu akan memudahkan Anda dalam pengoperasiannya.

Chromecast, proyeksikan layar smartphone ke TV secara real time

Chromecast, proyeksikan layar smartphone ke TV secara real time
Chromecast berfungsi untuk mentransmisikan (casting) layar smartphone ke TV. Dengan fitur ini, Anda dapat menayangkan video, game, dan aplikasi dari smartphone secara real time. Fitur ini sangat berguna ketika Anda menginginkan tampilan yang lebih besar untuk smartphone.

Selain itu, Anda bisa mengontrol TV melalui smartphone dengan fitur Chromecast. Anda dapat memutar video, menjeda, dan menaikkan volume dengan mudah. Anda juga dapat mengontrol TV dengan perintah suara melalui smartphone.

⑤ Lihat keunggulan TV berdasarkan mereknya

Kualitas gambar dan suara pada tiap TV OLED berbeda, tergantung dari produsennya. Untuk mengetahuinya, Anda bisa membaca ulasan singkat dari kami di bawah ini.

Sony, pusatnya hiburan di rumah

Sony, pusatnya hiburan di rumah
Sumber: sony.co.id

TV Sony direkomendasikan untuk Anda yang ingin menikmati hiburan di rumah dengan lebih meriah dan nyaman. Beberapa TV OLED Sony dilengkapi teknologi Netflix Calibrated Mode. Fitur ini menawarkan sensasi menonton film Netflix dengan visual dan audio berkualitas studio.


Selain itu, TV OLED Sony memberikan pengalaman bermain PlayStation 5 yang fantastis. Adanya fitur Auto HDR Tone Mapping akan mengoptimalkan gambar yang dihasilkannya. Dengan begitu, Anda akan merasa seperti sedang berada di dalam game!

Panasonic, menghasilkan gambar yang lebih detail

Panasonic melengkapi produknya dengan fitur Hexa Chroma Drive. Fitur ini telah bersertifikat Ultra HD Premium sebagai teknologi video kelas internasional di industri film dan Hollywood. Hanya Panasonic yang sudah menerima sertifikasi ini.


Tak hanya itu, TV OLED Panasonic dilengkapi 4K Colour Engine yang dapat meningkatkan kualitas gambar. Teknologi tersebut akan menjadikan gambar yang Anda saksikan lebih detail dan realistis. TV OLED Panasonic juga memiliki HCX Pro Intelligent Processor yang dapat menghasilkan performa gambar kelas profesional.

LG, dibekali teknologi cerdas AI ThinQ

LG, dibekali teknologi cerdas AI ThinQ
Sumber: lg.com
LG adalah perusahaan yang memproduksi panel organic light-emitting diode berwarna hitam dengan kedalaman yang pekat. Anda juga tidak perlu khawatir dengan kesehatan mata bila menonton menggunakan TV OLED LG. Produknya memiliki blue light yang rendah, bebas kedipan layar, dan bebas pantulan cahaya.

TV OLED LG juga dibekali teknologi AI ThinQ yang cerdas. Berkat teknologi tersebut, Anda dapat memberikan perintah suara untuk mengendalikan ekosistem rumah (IoT) melalui TV. Hal ini membuat hidup lebih praktis karena Anda dapat memberikan perintah tanpa menggunakan remote control.

10 Rekomendasi TV OLED terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk TV OLED terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

LG

OLED evo C2

LG OLED evo C2 1枚目

Solusi brilian untuk bujet dan ruangan yang terbatas

2

Sony

A80K Series

Sony A80K Series 1枚目

Menikmati prosesor yang cerdas dengan lebih terjangkau

3

Sony

A80J Series

Sony A80J Series 1枚目

Teman sempurna untuk bermain PlayStation 5

4

LG

OLED evo Gallery Edition G2

LG OLED evo Gallery Edition G2 1枚目

Memanjakan mata sambil mempercantik ruangan

5

Panasonic

JZ950 Series

Panasonic JZ950 Series 1枚目

Menghasilkan warna yang indah dan akurat

6

Toshiba

X9900L Series

Toshiba X9900L Series 1枚目

Menawarkan gambar dan audio kelas bioskop

7

Sony

A8H Series

Sony A8H Series 1枚目

Gambarnya makin apik dengan dukungan fitur yang beragam

8

LG

OLED B2

LG OLED B2 1枚目

TV OLED besar yang tidak membuat kantong jebol

9

Panasonic

HZ1500 Series

Panasonic HZ1500 Series 1枚目

Pilihan utama filmmaker profesional Hollywood

10

Xiaomi

Mi TV Master OLED

Xiaomi  Mi TV Master OLED 1枚目

Suara lebih menggelegar berkat speaker yang kuat

Perincian produk
Close
No.1

LGOLED evo C2OLED42C2PSA

Mulai dari Rp13.260.000,00

Solusi brilian untuk bujet dan ruangan yang terbatas

Kelebihan:

  • Menawarkan performa yang menggiurkan untuk harganya
  • Punya fitur gaming yang luas

Kekurangan:

  • Belum mendukung HDR10+

LG C2 merupakan salah satu TV OLED termurah di pasaran. Rasanya sulit menyaingi kelebihannya dari segi harga. Karena itu, produk ini menjadi TV OLED terbaik bagi Anda yang bujetnya terbatas.


TV ini bahkan dilengkapi fitur variable refresh rate dan auto low latency mode untuk performa gaming yang maksimal. Selain itu, masih ada NVIDIA G-Sync, AMD FreeSync Premium, Dolby Vision Gaming, hingga HDR khusus gaming. Tidak heran bila TV OLED LG ini bersertifikasi High Gaming Performance Gold dari TÜV Rheinland.

No.2

SonyA80K SeriesXR-65A80K

Mulai dari Rp38.999.000,00

Menikmati prosesor yang cerdas dengan lebih terjangkau

Kelebihan:

  • Prosesornya canggih, dapat meningkatkan pengalaman menonton secara otomatis
  • Viewing angle lebih luas dari seri A80J

Kekurangan:

  • Brightness dan kualitas speaker tidak sebaik Sony A80J

Produk ini bisa menjadi alternatif jika Anda menaksir fitur Sony A80J, tetapi keberatan dengan harganya. Sony A80K merupakan versi terbarunya dengan fitur serupa sekaligus harga yang lebih rendah. Tingkat keterangan dan kualitas audionya memang terbilang di bawah versi sebelumnya. Namun, fitur utama keduanya mirip.


TV OLED Sony ini masih mendapatkan dukungan Cognitive Processor XR. Prosesor tersebut dapat mengenal objek gambar dan latar belakangnya untuk mengoptimalkan setiap frame. Produk ini bahkan punya viewing angle yang lebih luas.

No.3

SonyA80J SeriesXR-65A80J

Mulai dari Rp40.399.000,00

Teman sempurna untuk bermain PlayStation 5

Kelebihan:

  • Banyak fitur untuk memaksimalkan pengalaman gaming dengan PS5
  • Prosesornya canggih, dapat meningkatkan pengalaman menonton secara otomatis

Kekurangan:

  • Fitur gaming tidak terlalu signifikan untuk konsol selain PS5

Pilih produk ini jika Anda ingin TV OLED yang kompatibel dengan PS5. Teknologi Bravia XR pada produk ini memungkinkan Anda menikmati game PS5 dengan gambar dan audio yang lebih hidup. Adanya fitur Auto HDR Tone Mapping otomatis mempertajam kontras sehingga detail dalam lebih game lebih terlihat.


Terdapat juga fitur game mode untuk memaksimalkan input dari konsol game. Dengan begitu, game yang Anda mainkan jadi lebih mulus dan responsif. Hal ini terutama akan meningkatkan performa game dengan intensitas tinggi yang membutuhkan kecepatan.

No.4

LGOLED evo Gallery Edition G2OLED65G2PSA

Mulai dari Rp41.499.000,00

Memanjakan mata sambil mempercantik ruangan

Kelebihan:

  • Brightness tinggi untuk TV OLED
  • Tampil elegan dengan Gallery Design

Kekurangan:

  • Hanya bisa ditempelkan ke dinding

Jika harga bukan masalah bagi Anda, inilah TV OLED terbaik untuk dipilih. LG G2 menawarkan gambar yang menawan sambil tampil cantik. "Gallery Design" dari LG menghadirkan TV dengan bingkai yang minimalis dan bezel yang hampir tak terlihat.


Keunggulan lain dari TV OLED LG ini adalah memiliki layar yang cerah. Anda tidak akan kesulitan menikmati gambarnya di ruangan yang terang. Bagi cinephile, ini adalah TV yang sulit untuk dilewatkan.

No.5

PanasonicJZ950 SeriesTH-65JZ950G

Mulai dari Rp31.862.000,00

Menghasilkan warna yang indah dan akurat

Kelebihan:

  • Dilengkapi fitur untuk mempertajam warna
  • Menggunakan OS Android TV, lebih banyak aplikasi hiburan

Kekurangan:

  • Fitur menonton filmnya tidak sebanyak Panasonic HZ1500G di kelas harga yang sama

Salah satu keunggulan dari TV OLED Panasonic ini adalah dapat menyuguhkan warna yang indah dan akurat. Selain Hexa Chroma Drive, produk ini dilengkapi teknologi 4K Colour Engine.


Kombinasi teknologi tersebut membuat layarnya menampilkan warna yang akurat. Selain itu, kualitas gambarnya menjadi lebih detail dan realistis. Produk ini cocok dipilih bila Anda menyukai tampilan layar dengan akurasi warna yang tajam.

No.6

ToshibaX9900L Series65X9900LP

Mulai dari Rp36.335.000,00

Menawarkan gambar dan audio kelas bioskop

Kelebihan:

  • Remote control punya banyak shortcut untuk aplikasi
  • Dilengkapi fitur IMAX Enhanced yang belum banyak dimiliki TV OLED lain

Kekurangan:

  • IMAX Enhanced belum dimiliki banyak streaming service

Kualitas dari teknologi IMAX tentu tak perlu diragukan lagi. Nah, pengalaman tersebut kini bisa Anda bawa pulang ke rumah. TV OLED terbaru dari Toshiba ini dilengkapi fitur IMAX Enhanced. Fitur tersebut dapat mempertajam gambar dan suara.


Anda yang gemar menikmati konten Disney+ boleh memasukkan produk ini ke dalam wish list. Hal ini karena konten-konten di streaming service tersebut sudah ada yang kompatibel dengan IMAX Enhanced. Mari rasakan sensasi baru dalam menikmati film di rumah!

No.7

SonyA8H SeriesKD-55A8H

Mulai dari Rp27.249.000,00

Gambarnya makin apik dengan dukungan fitur yang beragam

Kelebihan:

  • Harga terjangkau untuk TV OLED Sony
  • Punya banyak fitur yang meningkatkan kualitas gambarnya

Kekurangan:

  • Tidak banyak fitur untuk gaming

Tak perlu khawatir dengan harga tinggi jika Anda mencari TV OLED Sony. Ada juga yang harganya bersaing dengan produk lain, seperti Sony A8H. Jadi, Anda yang mengutamakan brand Sony bisa memilih produk ini. Meskipun termasuk TV OLED yang terjangkau dari Sony, performanya tetaplah luar biasa dengan fitur-fiturnya.


Untuk meningkatkan ketajaman dan kehalusan gambar, produk ini punya fitur Pixel Contrast Booster serta X-Motion Clarity. Sementara itu, ada fitur Acoustic Surface Audio yang membuat audionya dapat didengar dari berbagai arah. Kelengkapan fiturnya tersebut membuat TV OLED termurah dari Sony ini terasa seperti versi lite dari seri A9G.

No.8

LGOLED B2OLED55B2PSA

Mulai dari Rp16.899.000,00

TV OLED besar yang tidak membuat kantong jebol

Kelebihan:

  • Kedalaman warna hitamnya tinggi
  • Punya viewing angle yang luas

Kekurangan:

  • Layarnya tidak secerah TV OLED LG yang lain

TV OLED umumnya berukuran minimal 55 inch. Kombinasi tersebut menghasilkan TV yang harganya cukup tinggi. Namun, tidak demikian halnya dengan produk ini. LG B2 menawarkan harga yang bersahabat untuk TV OLED berukuran 55 inch. Dengan begitu, produk ini cocok untuk Anda yang ingin TV besar sambil tetap berhemat.


Dengan kedalaman warna hitam yang luar biasa, produk ini akan sempurna sebagai TV di ruangan gelap. Viewing angle yang luas juga membuat warnanya tidak washed out atau pudar dari banyak sudut. Kontrasnya yang tinggi pun tetap dapat dipertahankan dalam situasi tersebut.

No.9

PanasonicHZ1500 SeriesTH-65HZ1500G

Mulai dari Rp30.499.000,00

Pilihan utama filmmaker profesional Hollywood

Kelebihan:

  • Banjir fitur untuk menonton film
  • Direkomendasikan oleh sineas Hollywood

Kekurangan:

  • Tidak ada aplikasi Disney+

TV OLED Panasonic ini memegang sertifikasi The Choice of Hollywood Professionals. Produk ini telah dikalibrasi sehingga dapat memberikan gambar yang sesuai dengan keinginan sineas Hollywood.


Dengan dukungan HDR10+, Dolby Vision IQ, dan Filmmaker Mode, Anda akan serasa seperti masuk ke dalam film yang sedang disaksikan. Tentunya jika Anda adalah penggemar film Hollywood, produk ini tidak bisa dilewatkan.

No.10

Xiaomi Mi TV Master OLED

Mulai dari Rp34.500.000,00

Suara lebih menggelegar berkat speaker yang kuat

Kelebihan:

  • Performa audionya ada di kelas atas
  • Dapat menghaluskan gambar dengan fitur 120 Hz MEMC

Kekurangan:

  • Tidak ada dekoder DVB-T2 untuk mendapatkan siaran digital

TV OLED Xiaomi ini direkomendasikan untuk Anda yang mencari televisi dengan sensasi suara powerful. Produk ini dilengkapi sembilan unit speaker dan teknologi Dolby Atmos 2.1.2. Berkat teknologi tersebut, efek suara yang dihasilkannya terasa seperti audio bioskop!


Ada juga teknologi refleksi kubah yang memberikan pengalaman suara seakan-akan ada di atas kepala Anda. Untuk melengkapi keunggulannya, produk ini diberikan fitur 120 Hz MEMC (motion estimation, motion compensation). Fitur tersebut mendukung tayangan dengan frame rate rendah serasa menjadi 120 fps.

Baca juga rekomendasi perangkat eksternal TV di sini

Jika Anda memiliki TV OLED, pastikan Anda memiliki perangkat eksternal yang sesuai. Nah, artikel di bawah ini berisi perangkat-perangkat pendukung yang akan menambah keseruan Anda dalam menonton TV. Untuk lebih lengkapnya, cek tautan berikut!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, kesan apa yang Anda dapatkan? Anda mungkin akan berpendapat bahwa TV OLED memiliki harga yang tidak murah. Maka dari itu, ikutilah tips memilih TV OLED dari kami agar Anda mendapatkan produk yang worth it.

Ada beberapa merek beserta keunggulan dari tiap produk yang kami ulas. Anda dapat menjadikannya sebagai acuan dalam mencari TV OLED terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda. Selamat memilih!

5 Rekomendasi TV OLED terbaik

No. 1LGOLED evo C2OLED42C2PSA

No. 2SonyA80K SeriesXR-65A80K

No. 3SonyA80J SeriesXR-65A80J

No. 4LGOLED evo Gallery Edition G2OLED65G2PSA

No. 5PanasonicJZ950 SeriesTH-65JZ950G

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Produk populer

Favlist populer