• 10 Sunscreen Murah Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Sunscreen Murah Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Sunscreen Murah Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Sunscreen Murah Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Sunscreen Murah Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Sunscreen Murah Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)

Paparan sinar matahari dapat menimbulkan flek hitam pada kulit wajah dan tubuh. Kulit juga menjadi rentan iritasi, terbakar, atau kemerahan. Karena itu, Anda disarankan menggunakan sunscreen atau sunblock setiap kali berkegiatan di luar ruangan. Saat ini tersedia berbagai merek sunscreen yang bagus, baik untuk remaja, anak, maupun dewasa. 

Kali ini kami akan membahas sunscreen murah dan bagus. Baca juga tips penting dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Kami juga akan memberikan rekomendasi sunscreen dari beberapa merek, seperti Erha, Avoskin, Parasol, dan sunscreen murah lainnya. Silakan disimak!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Indah Maharani
  • Pembaharuan terakhir: 16 September 2021
  • 358.978 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Dokter Indah Maharani merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya dan Universitas Indonesia. Rani merupakan dokter spesialis yang berpengalaman di bidang dermatologi kosmetik dan estetika, tumor dan bedah kulit, serta dermatologi anak. Sebagai dokter spesialis kulit dan kelamin, Dokter Rani aktif praktik di ERHA Derma Center dan RS Premier Jatinegara.

Dokter Rani juga menjadi owner dan menjadi salah satu dokter aktif di klinik Medivita, Jakarta Barat. Menyukai olahraga, Rani juga merupakan founder dari komunitas olahraga Derm Runners dan Derm Cyclist. Dokter yang juga aktif sebagai pengurus Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia ini bisa Anda sapa melalui Instagram-nya.

Apa perbedaan SPF dan PA?

Apa perbedaan SPF dan PA?
SPF adalah standar UV protection untuk melindungi kulit dari sinar UVB, sedangkan PA adalah standar UV protection untuk melindungi kulit dari sinar UVA. Sinar UVA itu sendiri memiliki pengaruh buruk yang menyebabkan penuaan pada kulit. 

Sementara itu, sinar UVB dapat menyebabkan kulit terbakar. Makin besar kadar SPF dan PA dalam suatu produk, makin besar pula perlindungan yang diberikan untuk kulit Anda.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

SPF adalah singkatan dari sun protection factor. SPF merupakan indikator perlindungan kulit terhadap sinar ultraviolet B. SPF selalu diikuti dengan angka, seperti 15, 30, 50, dan seterusnya. Angka ini merupakan penunjuk seberapa kuat sunblock dapat mencegah sunburn yang ditandai dengan warna kemerahan pada kulit.


Contohnya, produk dengan SPF 30 mampu melindungi kulit 30 kali lebih lama dari sunburn dibandingkan jika Anda tidak menggunakannya. Misalnya, jika Anda tidak menggunakan sunblock, kulit akan mengalami sunburn dalam waktu 10 detik. Namun, ketika menggunakan sunblock SPF 30, kulit baru akan mengalami sunburn setelah terpapar UVB selama 300 detik. 


Angka pada SPF 30 sendiri ditentukan dari angka 300 dibagi 10. Jadi, angka SPF menunjukkan berapa kali kekuatan proteksi sunblock dibandingkan tanpa penggunaan sunblock. Harap diingat bahwa angka ini tidak menunjukkan lamanya jangka waktu proteksi.


Sebaliknya, PA adalah singkatan dari protection grade of UVA. PA merupakan indikator perlindungan kulit terhadap pajanan sinar ultraviolet A. Hal ini diukur dari kemampuan proteksi sunblock untuk mencegah kulit agar tidak menjadi tanned dibandingkan tanpa penggunaan sunblock


PA biasanya diikuti dengan tanda +, ++, +++, sampai ++++. Makin banyak tanda +, makin besar daya proteksinya terhadap sinar UVA.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sunscreen murah

Di bawah ini, kami akan membahas beberapa poin penting yang dapat Anda jadikan acuan dalam memilih suncreen dengan harga yang terjangkau.

Pilih sunscreen dengan harga tidak lebih dari Rp 150.000

Pilih sunscreen dengan harga tidak lebih dari Rp 150.000
Saat flek hitam dan kerutan makin terlihat, tentu Anda akan menghabiskan banyak uang untuk perawatan. Sunscreen merupakan produk skincare yang dapat melindungi kulit Anda dari tanda-tanda penuaan akibat pajanan sinar matahari. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh melewatkannya. Jika selama ini Anda mengesampingkan sunscreen karena mahal, Anda dapat memilih produk seharga di bawah Rp150.000.

Sesuaikan kadar UV protection dengan kebutuhan Anda

Makin besar kadar SPF dan PA memang akan memperbesar perlindungan terhadap kulit Anda. Akan tetapi, hal tersebut juga akan memberi beban yang lebih besar kepada kulit. Oleh sebab itu, besarnya kadar SPF dan PA juga harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

SPF 10–15 / PA + untuk kegiatan sehari-hari

SPF 10–15 / PA + untuk kegiatan sehari-hari
Sunscreen dengan SPF 1015 atau PA + dapat Anda pilih untuk penggunaan sehari-hari ketika kulit Anda tidak akan terpapar sinar matahari lebih dari dua jam. Anda dapat menggunakan sunscreen SPF 15 untuk perlindungan kulit dalam perjalanan ke kampus atau kantor saat tidak terpapar sinar matahari dalam waktu lama.
dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Sunblock dengan SPF 15 dapat memblokir ataupun menyerap sebanyak 93% pajanan sinar UV. Sementara itu, PA + menunjukkan kemampuan sunblock memproteksi kulit agar tidak tanned sebanyak dua kali lebih lama dibandingkan tanpa proteksi sunblock

SPF 15-30 / PA ++ untuk berkegiatan di luar ruangan

SPF 15-30 / PA ++ untuk berkegiatan di luar ruangan
Kategori sunscreen ini cocok digunakan saat Anda melakukan kegiatan di ruangan terbuka. Contohnya, saat Anda bersepeda, jogging, atau sejumlah kegiatan olahraga lainnya. Akan tetapi, ingatlah bahwa sunscreen ini hanya bekerja secara efektif untuk pemakaian selama maksimal sekitar 5 jam.
dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Sunblock dengan SPF 30 mampu memblokir ataupun menyerap sebanyak 97% sinar UV. Sementara itu, PA ++ memberikan proteksi 4–8 kali lebih lama agar kulit tidak menjadi tanned ketimbang tidak memakai sunblock.


Untuk kegiatan sehari-hari, baik di dalam maupun di luar ruangan, gunakanlah sunblock dengan SPF minimal 30. Selalu pilihlah produk yang bersifat broad spectrum. Broad spectrum sendiri maksudnya adalah produk yang memberikan proteksi terhadap UVA dan UVB.

SPF 30-50 / PA +++ untuk beraktivitas di bawah terik matahari dalam waktu lama

SPF 30-50 / PA +++ untuk beraktivitas di bawah terik matahari dalam waktu lama

Saat pergi liburan seperti ke pantai atau ke gunung, Anda akan menghabiskan banyak waktu di alam terbuka. Tentunya Anda menyadari bahwa kulit Anda akan betul-betul terpapar sinar matahari. Nah, untuk kondisi seperti itu, kami menyarankan Anda untuk memilih sunscreen dengan SPF dan PA besar. Dengan demikian, Anda dapat leluasa beraktivitas tanpa harus khawatir kulit terbakar.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Sunblock SPF 50 mampu memblokir ataupun menyerap sebanyak 98% sinar UV. Sementara itu, SPF 100 mampu menghalau sebanyak 99% sinar UV. Perlu diketahui bahwa tidak ada sunblock yang mampu menyerap atau memblokir 100% sinar UV.


PA +++ menunjukkan proteksi terhadap proses tan pada kulit 8–16 kali lebih lama ketimbang tidak menggunakan sunblock. Saat berkegiatan di bawah matahari, seperti berolahraga outdoor ataupun melakukan kegiatan air, pilihlah sunblock yang water resistant. Tetap lakukan aplikasi ulang setelah dua jam atau sesuai dengan indikator pada label kemasan sunblock.

Pilih jenis sunscreen atau sunblock yang nyaman untuk digunakan

Umumnya, sunscreen yang dijual di pasaran bertekstur losion atau gel. Namun, ada pula sunscreen dalam bentuk spray. Anda dapat memilih produk yang membuat nyaman untuk digunakan.

Jenis losion atau gel, dilengkapi dengan bahan pelembap

Jenis losion atau gel, dilengkapi dengan bahan pelembap
Jika Anda memiliki jenis kulit kering, sunscreen bertekstur losion pas untuk Anda pilih. Biasanya, sunscreen jenis ini juga dilengkapi bahan pelembap sehingga tidak hanya melindungi kulit, tetapi juga mencegah kulit dari kekeringan.
Beda halnya jika Anda memiliki jenis kulit berminyak. Sunscreen bertekstur gel lebih cocok untuk Anda. Sunscreen bertekstur gel sama-sama memberi kelembapan untuk kulit. Hanya saja, teksturnya lebih ringan dan lebih mudah menyerap.
dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Sunblock berbahan gel dan lotion cocok untuk area kulit yang berambut. Misalnya, Anda bisa memakainya untuk area lengan dan kaki dengan bulu rambut yang lebat. Bahan ini bersifat lebih cair sehingga akan mempermudah aplikasi sunblock ke permukaan kulit yang berambut. Sebaliknya, sunblock berbahan krim cocok untuk area wajah dan tipe kulit kering.

Jenis spray, jika Anda mementingkan kepraktisan

Jenis spray, jika Anda mementingkan kepraktisan
Sunscreen jenis spray menawarkan kemudahan dalam pengaplikasiannya. Tidak perlu waktu lama, Anda cukup menekan tombol spray-nya, lalu produk di dalam botol langsung menempel pada kulit. Dengan tekstur yang cair dan partikel yang makin halus setelah disemprotkan, produk ini cepat terserap kulit. Saat Anda tidak mempunyai banyak waktu untuk bersiap-siap, sunscreen jenis spray ini dapat menjadi pilihan.
dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Jika memilih jenis spray, pastikan seluruh area yang terpapar sinar UV mendapatkan jumlah sunblock spray yang cukup. Semprotkan pada seluruh area kulit yang terbuka dan jangan lupa untuk meratakannya dengan tangan. 


Penggunaan sunblock spray yang terlalu sedikit dan tidak merata akan menyebabkan tidak tercapainya fungsi proteksi sunblock. Berhati-hatilah saat mengaplikasikannya dan hindarilah area mata.

Periksa juga kandungan bahan aktif lainnya

Periksa juga kandungan bahan aktif lainnya
Tidak hanya memeriksa besarnya kadar SPF dan PA, sebaiknya Anda juga memeriksa bahan-bahan lain sebelum membeli sunscreen. Beberapa kandungan, seperti hyaluronic acid, Aloe vera extract, dan vitamin B5 akan membantu menjaga kelembapan kulit Anda. Sementara itu, kandungan vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang menjaga kulit dari dampak buruk radiasi.
Sama dengan skincare lainnya, kami juga menyarankan Anda untuk memilih sunscreen yang rendah kandungan bahan aditifnya. Bagaimanapun, penggunaan sunscreen sebenarnya akan menambah beban pada kulit Anda. Oleh sebab itu, sebisa mungkin Anda harus memperkecil beban tersebut dengan menghindari sunscreen yang mengandung bahan aditif berlebihan.

Kandungan bahan-bahan aditif juga dapat memicu iritasi pada kulit yang sensitif. Jadi, pastikan Anda memeriksa komposisi yang terkandung dalam formula sunscreen sebelum membelinya.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Kandungan bahan aktif sunblock terbagi dalam dua kelompok besar, yaitu bahan dasar fisik dan bahan dasar kimiaSunblock yang bekerja secara fisik memiliki kandungan antara lain titanium dioksida dan zinc oxide


Jenis sunblock ini melindungi kulit dengan memantulkan sinar UV. Produk ini biasanya terasa lebih sulit diaplikasikan pada kulit karena bersifat lebih thick dan meninggalkan warna putih di kulit. Untuk kulit sensitif, kulit bayi, dan anak pilihlah jenis sunblock yang berbahan aktif fisik ini.


Sunblock yang bekerja secara kimia memiliki kandungan bahan aktif antara lain oxybenzone, avobenzone, octisalate, octocrylene, homosalate, dan octinoxate. Jenis sunblock ini bekerja melindungi kulit dengan menyerap sinar UV. Jenis sunblock ini lebih mudah diserap kulit, terasa lebih ringan, dan tidak meninggalkan warna putih di kulit.

Gunakan sunscreen atau sunblock dengan formula water resistant saat pergi ke pantai atau berenang

Gunakan sunscreen atau sunblock dengan formula water resistant saat pergi ke pantai atau berenang
Tentu Anda tidak ingin sunscreen yang sudah Anda aplikasikan terhapus karena air. Apalagi jika Anda akan bermain air dalam waktu yang lama. Untuk itu, kami sarankan agar Anda menggunakan sunscreen yang memiliki formula water resistant. Dengan demikian, Anda dapat leluasa bermain air dan kulit pun tetap terlindungi dari dampak buruk sinar UV.
dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Terdapat dua kategori sunblock water resistant, yaitu yang mampu melindungi selama empat puluh menit dan delapan puluh menitAngka ini menunjukkan bahwa sunblock mampu memberikan perlindungan selama jangka waktu tersebut dalam keadaan basah ataupun berkeringat. Setelah melampaui batas waktu, perlindungan sunblock akan mengalami penurunan sehingga diperlukan pengaplikasian ulang.

10 Rekomendasi sunscreen murah terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sunscreen murah terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Indah Maharani. 

10
UV protectionMatte: SPF 50+, PA +++・Natural: SPF 50+, PA ++++
JenisLosion
Kandungan bahan aktif lainnyaVitamin C dan vitamin E
Isi30 ml
9
UV protectionSPF 30
JenisLosion
Kandungan bahan aktif lainnyaAloe vera
Isi60 ml
8
UV protectionSPF 30
JenisSpray
Kandungan bahan aktif lainnyaAloe vera, jojoba oil, Centella asiatica, dan licorice
Isi100 ml
7

ElsheskinDaily Protection Gel For Acne Skin

Mulai dari Rp 87.000,00

UV protectionSPF 30
JenisGel
Kandungan bahan aktif lainnyaCapryloyl salicylic acid, sulfur, Aloe vera extract
Isi15 gram
6
UV protectionSPF 25+, PA++
JenisSpray
Kandungan bahan aktif lainnyaAloe vera extract dan vitamin E
Isi60 ml
5
UV protectionSPF 50, PA+++
JenisLosion
Kandungan bahan aktif lainnyaPollustop™, soybean phytoplacenta extract, vitamin E
Isi30 gram
4

BeiersdorfNIVEA Sun Protect Moisture Spray SPF 30

Mulai dari Rp 99.900,00

UV protectionSPF 30, PA +++
JenisSpray
Kandungan bahan aktif lainnyaVitamin E
Isi150 ml
3

AvoskinThe Great Shield Sunscreen

Mulai dari Rp 55.000,00

UV protectionSPF 50 PA++++
JenisLosion
Kandungan bahan aktif lainnyaZinc oxide, niacinamide, Centella asiatica, dan vitamin C
Isi5 ml
2
UV protectionSPF 50+, PA++++
JenisLosion
Kandungan bahan aktif lainnyaMatte & Fresh: airlicium・Correct & Protect: vitamin CG・Bright & Clear: brightening niacinamide・Moisture & Fresh: hyaluronic acid
Isi50 ml
1

KaoBiore UV Aqua Rich Watery Essence with Micro Defense SPF 50+/PA++++

Mulai dari Rp 40.000,00

UV protectionSPF 50, PA++++
JenisLosion (essence)
Kandungan bahan aktif lainnyaHyaluronic acid, royal jelly, dan ekstrak citrus
Isi15 gram, 50 gram

Tabel perbandingan produk sunscreen murah terbaik

Gambar produk
1
Kao Biore UV Aqua Rich Watery Essence with Micro Defense SPF 50+/PA++++ 1

Kao

2
L'Oreal Paris UV Defender 1

L'Oreal Paris

3
Avoskin The Great Shield Sunscreen 1

Avoskin

4
Beiersdorf NIVEA Sun Protect Moisture Spray SPF 30 1

Beiersdorf

5
Erha Perfect Shield Helios Daily Sunscreen 1

Erha

6
Parasol Cooling Mist Sun Spray SPF 25+ PA++ 1

Parasol

7
Elsheskin Daily Protection Gel For Acne Skin 1

Elsheskin

8
Macaria Macaria Sunscreen Spray 1

Macaria

9
Madame Gie Madame Protect Me 1

Madame Gie

10
Garnier Light Complete Super UV 1

Garnier

Nama produk

Biore UV Aqua Rich Watery Essence with Micro Defense SPF 50+/PA++++

UV Defender

The Great Shield Sunscreen

NIVEA Sun Protect Moisture Spray SPF 30

Perfect Shield Helios Daily Sunscreen

Cooling Mist Sun Spray SPF 25+ PA++

Daily Protection Gel For Acne Skin

Macaria Sunscreen Spray

Madame Protect Me

Light Complete Super UV

Keunggulan

Formula yang ringan agar kulit tidak terbebani

Mencegah kulit terlihat 5 tahun lebih tua

Sunscreen aman untuk kulit sensitif dan ibu hamil atau menyusui

Cegah kulit menggelap saat bermain air dengan formula waterproof

Melindungi dari matahari sekaligus blue rays dari gadget!

Formulanya membantu mencegah timbulnya keriput pada kulit wajah!

Tidak suka sensasi lengket saat menggunakan sunscreen? Coba dulu yang satu ini!

Kulit glowing dan terlindungi bukan lagi mimpi

Mengandung Aloe vera yang melembapkan kulit

Kandungan vitamin C mampu samarkan noda hitam

Harga mulai dariRp 40.000,00Rp 92.000,00Rp 55.000,00Rp 99.900,00Rp 126.500,00Rp 67.000,00Rp 87.000,00Rp 119.000,00Rp 29.000,00Rp 65.000,00
UV protectionSPF 50, PA++++SPF 50+, PA++++SPF 50 PA++++SPF 30, PA +++SPF 50, PA+++SPF 25+, PA++SPF 30SPF 30SPF 30Matte: SPF 50+, PA +++・Natural: SPF 50+, PA ++++
JenisLosion (essence)LosionLosionSprayLosionSprayGelSprayLosionLosion
Kandungan bahan aktif lainnyaHyaluronic acid, royal jelly, dan ekstrak citrusMatte & Fresh: airlicium・Correct & Protect: vitamin CG・Bright & Clear: brightening niacinamide・Moisture & Fresh: hyaluronic acidZinc oxide, niacinamide, Centella asiatica, dan vitamin CVitamin EPollustop™, soybean phytoplacenta extract, vitamin EAloe vera extract dan vitamin ECapryloyl salicylic acid, sulfur, Aloe vera extractAloe vera, jojoba oil, Centella asiatica, dan licoriceAloe veraVitamin C dan vitamin E
Isi15 gram, 50 gram50 ml5 ml150 ml30 gram60 ml15 gram100 ml60 ml30 ml
Tautan produk

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Standar angka SPF ditentukan pada penggunaan sunblock sebanyak 2 mg/cm². Namun, sebagian besar orang menggunakan sunblock terlalu sedikit, yaitu sekitar 0,5 mg/cm² saja. Penggunaan sunblock yang terlalu sedikit akan menurunkan kemampuan perlindungannya. 


Sayangnya, sangat sulit untuk menentukan jumlah sunblock yang cukup untuk mencapai proteksi yang sesuai dengan label. Tips praktisnya adalah gunakan sunblock berbahan krim sebanyak satu jari tangan (sepanjang jari telunjuk). Gunakan estimasi ini untuk area seluas wajah dan leher agar mendapatkan proteksi optimal sesuai dengan label sunblock.

Baca juga rekomendasi sunscreen terbaik lainnya di sini

Setelah membaca artikel ini, mungkin Anda tertarik untuk mencari tahu lebih banyak lagi mengenai sunscreen. Tidak perlu khawatir karena kami juga telah mempersiapkan artikel-artikel terkait yang membahas tentang sunscreen terbaik lainnya. Anda dapat membuka link di bawah ini!

Kesimpulan

Setelah Anda mengetahui tips cara memilih sunscreen dengan harga terjangkau, sudahkah Anda menemukan produk yang tepat? Baik itu jenis spray, losion, maupun gel, pilihlah yang membuat Anda nyaman untuk menggunakannya.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya agar sesuai dengan kondisi kulit Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih sunscreen terbaik dan sampai bertemu di artikel selanjutnya.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi para wanita, bicara perihal payudara tidak akan ada habisnya. Ada saja yang dikeluhkan, mulai dari tidak puas dengan ukurannya sampai payudara yang kendur. Karena itu, bust up cream hadir sebagai solusi yang dapat memberikan efek bust up dan mengembalikan kekencangan payudara.Produk bust up cream dari Mustika Ratu, Clinelle, dan Royalty mungkin sudah banyak dikenal publik. Namun, masih banyak produk lain yang juga tak kalah bagusnya. Agar tidak salah pilih, artikel ini akan membahas cara memilih bust up cream beserta produk rekomendasinya. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda.
    Perawatan badan
    194.664 Views
  • 10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Whitening agent, seperti alpha arbutin, kojic acid, dan niacinamide di dalamnya akan mengembalikan warna kulit Anda seperti semula.Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett, NIVEA, Vaseline, dan Kojie San. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!
    Perawatan badan
    189.501 Views
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari berbagai kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.Agar Anda tidak salah pilih, kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering. Tentu saja lengkap dengan rekomendasi beberapa produk dari merk terbaik yang ada di pasaran. Wardah, Kiehl's, dan Laneige adalah beberapa contoh di antaranya. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
    103.685 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sinar matahari berlebihan diketahui berpotensi menyebabkan kanker kulit. Karena itu, penting sekali untuk melindungi kulit Anda dengan pengaplikasian tabir surya secara rutin. Beragam sunscreen untuk badan dan muka telah banyak beredar di pasaran. Produk mancanegara, seperti Nivea dan Vaseline, maupun produk lokal seperti Wardah dan Joylab, bisa menjadi referensi Anda.Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh sunscreen terbaik untuk Anda. Mulai dari produk dengan SPF 30 sampai 50, akan kami bahas di sini. Kami juga akan menjelaskan perbedaan antara sunscreen dan sunblock. Jadi, mari simak sampai akhir, ya!
    Perawatan badan
    373.217 Views
  • 10 Rekomendasi Lotion Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lotion Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit kering yang tidak ditangani dengan benar bisa menyebabkan masalah serius, seperti kulit kasar, bersisik, kemerahan, dan gatal. Lakukan perawatan dari luar untuk mengatasinya, yaitu memakai lotion dengan formula khusus yang mengatasi kulit kering. Namun, mungkin Anda akan kesulitan memilih merek yang bagus untuk kulit Anda.Kami akan memandu Anda menemukan lotion yang bagus untuk kulit kering. Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Firda N. Kusdwiharto, juga turut memberikan komentarnya di artikel ini. Kami juga mempunyai rekomendasi produk dari merek ternama, seperti L'Occitane, Innisfree, dan Cetaphil. Selamat membaca!
    Perawatan badan
    191.534 Views
  • 10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Scrub bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit menjadi lebih halus. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli body scrub, seperti tekstur butiran, bahan baku, dan khasiatnya untuk kulit. Anda dapat memilih di antara beberapa merk yang populer, seperti Mustika Ratu, The Body Shop, dan LUSH.Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara memilih scrub badan yang bagus. Anda juga dapat menemukan rekomendasi scrub badan terbaik. Baca juga tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani mengenai penggunaan body scrub yang tepat. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
    224.242 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Cetaphil Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Cetaphil Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2021)
    Beberapa orang memiliki kulit yang mudah bereaksi terhadap faktor eksternal atau sensitif. Kulit sensitif tidak dapat dirawat dengan produk perawatan kulit biasa. Kabar baiknya, Cetaphil memiliki rangkaian produk khusus untuk merawat kulit sensitif.Di satu sisi, rangkaian perawatan yang lengkap memberikan banyak pilihan untuk Anda. Namun, banyaknya produk tersebut juga kadang menyulitkan Anda memilih produk yang sesuai kebutuhan. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan memberikan rekomendasi produk Cetaphil untuk kulit sensitif. Simak sampai selesai, ya!
    Perawatan badan
    4.103 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori