1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Pembersih makeup
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Micellar water merupakan produk pembersih yang mengombinasikan minyak dan air. Kombinasi ini dapat mengangkat kotoran pada wajah tanpa membuatnya kering. Keunggulan ini membuat micellar water menjadi pilihan pembersih wajah yang populer. Apakah Anda juga tertarik menggunakannya?


Ada banyak produk micellar water, misalnya saja produk merek Garnier, Wardah, atau Emina. Selain ketiganya, masih banyak merek micellar water yang bagus lainnya. Anda tak perlu bingung memilihnya karena kami akan memberikan tips memilih micellar water dalam artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk micellar water terbaik di pasaran. Baca sampai selesai, ya.

Diperbaharui 09-05-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa perbedaan micellar water dengan susu pembersih dan toner?

Apa perbedaan micellar water dengan susu pembersih dan toner?

Micellar water terbuat dari micelles atau molekul minyak superkecil yang tersuspensi dalam air. Teksturnya sangat cair dan terasa ringan saat digunakan. Micellar water juga tidak meninggalkan rasa lengket setelah dipakai karena ukuran molekul minyaknya sangat kecil.


Berbeda dengan micellar water, susu pembersih terbuat dari emulsi lemak dan air. Tekstur susu pembersih lebih kental dan tak jarang meninggalkan rasa lengkat di wajah. Inilah sebabnya, susu pembersih sering digunakan bersama toner.

 
Toner berfungsi membersihkan sisa makeup atau kotoran yang belum tuntas dibersihkan dengan susu pembersih atau sabun. Namun, toner tidak dapat digunakan sebagai pembersih utama seperti micellar water karena kandungannya tidak cukup kuat membersihkan wajah.

Cara memilih micellar water

Tak sulit memilih micellar water untuk membersihkan wajah. Anda hanya perlu mengenali kebutuhan kulit. Berikut tips dari kami untuk mendapatkan micellar water terbaik.

① Pilih sesuai tipe kulit wajah

Berbeda tipe kulit wajah, berbeda pula kebutuhannya. Saat memilih micellar water, Anda perlu mengenali terlebih dahulu tipe kulit dan kebutuhannya.

Kulit berminyak, kandungan oil control untuk wajah bebas kilap

Kulit berminyak, kandungan oil control untuk wajah bebas kilap

Salah satu masalah yang kerap dialami pemilik wajah berminyak adalah wajah terlihat mengilap karena produksi minyak yang berlebih. Saat memilih micellar water, carilah produk dengan kandungan yang dapat mengurangi minyak berlebih (oil control). Selain itu, Anda juga perlu micellar water yang bersifat non-comedogenic agar wajah bebas dari komedo.

 

Kulit berminyak juga rentan terhadap munculnya jerawat. Jika kulit Anda berminyak dan berjerawat, pertimbangkan pula produk yang dapat membasmi dan mencegah jerawat muncul kembali. Bagi Anda pemilik kulit wajah berminyak, kami telah menyiapkan artikel khusus mengenai micellar water yang cocok untuk Anda. Cari tahu lebih lanjut dalam tautan di bawah ini, ya.

Kulit sensitif, micellar water bebas zat aditif agar terhindar dari iritasi

Kulit sensitif, micellar water bebas zat aditif agar terhindar dari iritasi

Saat memilih micellar water, pemilik kulit sensitif perlu mencermati adanya bahan aditif di dalamnya. Bahan aditif seperti parfum (fragrance), AHA, atau BHA dapat memicu iritasi pada kulit sensitif. Pastikan produk pilihan Anda bebas dari zat aditif ini dengan memeriksa komposisinya. Agar makin aman, carilah produk dengan label non-allergen atau hypoallergenic.

 
Pemilik kulit sensitif juga perlu menghindari kandungan alkohol. Alkohol dapat membuat kulit sensitif kehilangan kelembapan alami sehingga kulit menjadi kering. Meski kebanyakan produk micellar water tidak mengandung alkohol, Anda perlu memastikan dengan melihat kemasannya. Untuk mengetahui lebih jauh tentang produk micellar water terbaik bagi kulit sensitif, Anda dapat membaca artikel kami di bawah ini.

Kulit kering, kandungan bahan menghidrasi agar wajah tetap lembap

Kulit kering, kandungan bahan menghidrasi agar wajah tetap lembap

Jika kulit Anda terasa kesat atau bahkan tertarik setelah mencuci muka, Anda mungkin memiliki tipe kulit kering. Kulit kering membuat wajah terlihat kusam dan kasar. Inilah sebabnya, Anda memerlukan produk skincare yang dapat menghidrasi kulit, tak terkecuali produk micellar water.


Saat memilih micellar water, pemilik kulit kering perlu memilih produk dengan kandungan yang dapat menghidrasi kulit. Kandungan-kandungan ini antara lain hyaluronic acid dan Aloe vera. Selain kandungan yang menghidrasi kulit, terdapat pula micellar water untuk kulit kering yang mengandung minyak (oil infused). Kandungan minyak alami seperti ini dapat membantu melembapkan kulit.

② Pertimbangkan produk yang dapat membersihkan makeup waterproof

Pertimbangkan produk yang dapat membersihkan makeup waterproof

Ada begitu banyak produk micellar water di pasaran dengan kemampuan membersihkan yang beragam, termasuk dalam menyingkirkan makeup waterproof. Jika memungkinkan, pertimbangkan produk yang ampuh menghapus makeup waterproof karena biasanya mampu membersihkan dengan lebih cepat. Anda tak perlu mengoleskannya berulang kali untuk membersihkan wajah dengan tuntas.

 
Jika Anda ingin membeli micellar water yang dapat membersihkan makeup waterproof, pastikan dengan melihat labelnya. Mencermati review dari para pengguna juga dapat membantu Anda mengetahui kemampuan sesungguhnya produk tersebut dalam membersihkan makeup waterproof. Meski diklaim dapat membersihkan, produk micellar water belum tentu efektif mengatasi makeup waterproof.

③ Cermati kandungan skincare di dalamnya

Cermati kandungan skincare di dalamnya

Di pasaran, banyak produk micellar watar yang dilengkapi dengan berbagai kandungan yang bermanfaat bagi kulit. Berikut beberapa kandungan dalam micellar water yang sekaligus dapat merawat kulit.


  • Hyaluronic acid, kelembapan terkunci sehingga kulit tetap kenyal. Hyaluronic acid merupakan bahan yang baik bagi kulit kering. Bahan ini dapat menembus lapisan kulit dan mengunci kelembapan kulit. Kulit pun terhidrasi dan senantiasa lembap.

  • Vitamin C, nutrisi penting untuk wajah cerah. Vitamin C memiliki banyak manfaat bagi kulit seperti mencerahkan hingga mengatasi jerawat. Nutrisi ini juga penting untuk melindungi kulit dari radikal bebas.

  • Aloe vera, kaya antioksidan yang dibutuhkan kulit. Aloe vera pada produk micellar water dapat membantu melembapkan wajah. Kandungan ini juga berfungsi menenangkan kulit dan mengurangi kulit kemerahan.

  • Glycerin, kaya manfaat untuk beragam masalah kulit. Glycerin dapat membersihkan wajah sekaligus menjaga keseimbangan pH wajah. Bahan juga ini bebas minyak dan non-comedogenic.

④ Sesuaikan kemasan dan berat bersih dengan kebutuhan

Sesuaikan kemasan dan berat bersih dengan kebutuhan

Micellar water hadir dalam beragam kemasan dan ukuran. Kemasan micellar water umumnya berupa botol bening yang membantu Anda melihat sisa isinya. Biasanya botol seperti ini memiliki tutup flip-top yang mudah dibuka sehingga lebih praktis saat digunakan. Ada pula kemasan dengan tutup botol putar yang lebih aman karena tak mudah terbuka.

 
Soal ukuran, Anda dapat memilih produk dengan ukuran kecil, mulai dari 55 ml sampai 100 ml. Ukuran ini pas untuk Anda bawa traveling. Jika Anda lebih suka membeli dalam ukuran besar, terdapat pula produk dengan berat bersih mencapai 300 ml. Produk seperti ini tak cuma lebih awet, tetapi juga lebih hemat sehingga cocok untuk stok Anda di rumah.

10 Rekomendasi micellar water terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk micellar water terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

POND'S

Vitamin Micellar Water Brightening Rose

POND'S Vitamin Micellar Water Brightening Rose 1枚目

Menutrisi kulit dengan kandungan lima vitamin

2

Garnier

Micellar Cleansing Water Pink

Garnier Micellar Cleansing Water Pink 1枚目

Pembersih all-in-one untuk kulit sensitif

3

L’Oréal Paris

Revitalift Crystal Purifying Micellar Water

L’Oréal Paris Revitalift Crystal Purifying Micellar Water 1枚目

Bersih tuntas hingga lima lapisan kulit

4

Emina

Bright Stuff Micellar Water

Emina Bright Stuff Micellar Water 1枚目

Kotoran sirna dengan sekali usap

5

Gloria Origita Cosmetics

Cleanface Micellar Water 3in1 For Oily Skin

Gloria Origita Cosmetics Cleanface Micellar Water 3in1 For Oily Skin 1枚目

Serap minyak berlebih bikin wajah makin fresh

6

SOMETHINC

Reset Gentle Micellar Cleansing Water

SOMETHINC  Reset Gentle Micellar Cleansing Water 1枚目

Formulanya tak menimbulkan iritasi, aman untuk kulit sensitif

7

Beiersdorf

NIVEA Hydration MicellAIR

Beiersdorf NIVEA Hydration MicellAIR  1枚目

Dua bahan melembapkan dalam satu produk

8

Wardah

Lightening Oil-Infused Micellar Water

Wardah  Lightening Oil-Infused Micellar Water 1枚目

Makeup waterproof bersih, kulit tetap lembap

9

Y.O.U

Prebiotic-Infused Micellar Cleansing Water

Y.O.U Prebiotic-Infused Micellar Cleansing Water 1枚目

Wajah bersih, microbiome kulit tetap terjaga keseimbangannya

10

Kao

Biore Make Up Remover Perfect Cleansing Water Oil Clear

Kao Biore Make Up Remover Perfect Cleansing Water Oil Clear 1枚目

Angkat tuntas makeup sampai pori terdalam juga sebum berlebihan

Perincian produk
Close
No.1

POND'SVitamin Micellar Water Brightening Rose

Mulai dari Rp15.000,00

Menutrisi kulit dengan kandungan lima vitamin

Kelebihan:

  • Mengandung lima jenis vitamin dengan beragam fungsi seperti mencerahkan dan melembapkan kulit
  • Mengandung organic French rose extract yang kaya antioksidan

Kekurangan:

  • Produk mengandung parfum yang menurut beberapa reviewer cukup menyengat

Salah satu keunggulan micellar water jika dibandingkan dengan jenis pembersih lain adalah kemampuannya menutrisi kulit. Sama seperti produk micellar water dari POND'S ini. Tak main-main, produk ini mengandung lima jenis vitamin dan French rose extract.


Teknologi micellar-nya mampu mengangkat kotoran, makeup, dan minyak berlebih dengan lembut. Layak dimiliki bila Anda mencari micellar water yang mampu membersihkan sekaligus menutrisi kulit.

No.2

GarnierMicellar Cleansing Water Pink

Mulai dari Rp18.000,00

Pembersih all-in-one untuk kulit sensitif

Kelebihan:

  • Tekstur ringan, tidak lengket, tidak berminyak, dan lembut dalam membersihkan wajah
  • Membersihkan sekaligus menyegarkan wajah
  • Memiliki tiga pilihan ukuran mulai dari travel size (50 ml) sampai besar (400 ml)

Kekurangan:

  • Beberapa reviewer mengaku perlu mengusap beberapa kali untuk membersihkan makeup berat seperti di bagian mata

Produk micellar water dari Garnier ini diklaim cocok untuk kulit sensitif karena tidak mengandung parfum. Teksturnya ringan seperti air. Pas untuk Anda yang memiliki kulit sensitif dan mencari micellar water yang ringan. Menariknya lagi, produk ini tersedia dalam ukuran besar (400 ml). Anda tak perlu berulang kali membeli saat produknya sudah habis.

No.3

L’Oréal ParisRevitalift Crystal Purifying Micellar Water

Mulai dari Rp41.100,00

Bersih tuntas hingga lima lapisan kulit

Kelebihan:

  • Mampu membersihkan dan menyamarkan pori-pori kulit
  • Oil-free technology menjadikan wajah bebas kilap lebih lama
  • Tersedia dalam ukuran besar (400 ml), cocok untuk stok di rumah

Kekurangan:

  • Beberapa reviewer mengaku muncul bruntusan dan jerawat setelah menggunakan produk beberapa waktu

Pori-pori yang tersumbat kotoran dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat sampai tampilan pori-pori yang besar. Pembersihan wajah yang menyeluruh dapat mengatasi masalah ini. Jika Anda mencari micellar water yang dapat membersihkan jauh ke dalam pori-pori, pilih saja produk ini.


Produk ini diklaim dapat membersihkan hingga lima lapisan kulit. Menariknya, produk ini menjanjikan hasil nyata dalam delapan hari pemakaian. Setelah memakai produk ini, pori-pori diklaim lebih tersamarkan. Penggunaan dalam jangka panjang diklaim akan membuat wajah sebening kristal.

No.4

EminaBright Stuff Micellar Water

Mulai dari Rp17.500,00

Kotoran sirna dengan sekali usap

Kelebihan:

  • Ada formula brightening untuk mencerahkan kulit
  • Teruji secara dermatologis, tidak lengket, dan tidak berminyak
  • Melindungi kulit dari polusi debu dan kotoran

Kekurangan:

  • Tidak tersedia dalam ukuran besar yang cocok untuk stok di rumah

Anda mencari micellar water yang sekaligus mencerahkan dan melindungi kulit dari polusi? Ini dia pilihan produk untuk Anda. Produk dalam kemasan travel friendly ini diklaim mampu membersihkan dalam sekali usap. Kandungannya mencerahkan dan mampu melindungi dari debu dan kotoran. Wajah juga menjadi halus dan lembut seketika setelah menggunakan produk ini.

No.5

Gloria Origita CosmeticsCleanface Micellar Water 3in1 For Oily Skin

Mulai dari Rp16.500,00

Serap minyak berlebih bikin wajah makin fresh

Kelebihan:

  • Mengandung vitamin C untuk mencerahkan dan menutrisi kulit
  • Harga terjangkau dengan isi cukup banyak (100 ml)

Kekurangan:

  • Mengandung parfum yang menurut beberapa reviewer cukup kuat aromanya

Produksi minyak yang berlebihan tak hanya membuat wajah terlihat kucel, makeup pun cepat luntur. Inilah alasannya pemilik wajah berminyak memerlukan produk yang dapat menyerap minyak. Misalnya saja micellar water dari Cleanface ini.


Selain mengandung oil absorbing agent untuk mengatasi masalah tersebut, produk ini juga mengandung vitamin C. Wajah bersih ternutrisi, minyak berlebih pun pergi. Cocok dipilih bila Anda butuh micellar water untuk mengatasi minyak wajah yang berlebih.

No.6

SOMETHINC Reset Gentle Micellar Cleansing Water

Mulai dari Rp45.000,00

Formulanya tak menimbulkan iritasi, aman untuk kulit sensitif

Kelebihan:

  • Mampu membersihkan makeup waterproof, sunscreen, dan sebum berlebih

Kekurangan:

  • Beberapa reviewer mengaku ada efek lengket dan licin setelah pemakaian sehingga wajah perlu dicuci lagi

Micellar water dari Somethinc ini merupakan produk vegan dengan non-ionic surfactant yang tidak menembus kulit dan menarik sebum alami. Formulanya hypoallergenic dan tidak menimbulkan iritasi sehingga cocok untuk kulit sensitif.


Micellar water ini juga diklaim mampu menjaga kelembapan dan skin barrier. Produk ini dapat dipertimbangkan jika Anda memiliki kulit sensitif dan tengah mencari micellar water untuk makeup waterproof.

No.7

BeiersdorfNIVEA Hydration MicellAIR

Mulai dari Rp33.500,00

Dua bahan melembapkan dalam satu produk

Kelebihan:

  • Mengandung bahan yang melembapkan kulit seperti hyaluronic acid dan marine salt extract
  • Mengandung golden algae yang membantu mengurangi kerutan dan garis halus

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam satu ukuran 

Jika Anda memiliki kulit kering dan ingin mencoba produk micellar water, pilih saja produk ini. Produk ini diklaim mampu menghidrasi kulit karena mengandung hyaluronic acid. Kandungan marine salt extract-nya juga efektif melembapkan kulit kering. Jika kulit kering Anda cenderung sensitif, produk ini juga cocok untuk Anda karena bebas alkohol dan parfum.

No.8

Wardah Lightening Oil-Infused Micellar Water

Mulai dari Rp22.500,00

Makeup waterproof bersih, kulit tetap lembap

Kelebihan:

  • Menurut beberapa reviewer, produk ini cukup ampuh menghapus makeup waterproof

Kekurangan:

  • Menurut beberapa reviewer, efek mencerahkannya tidak terlalu terlihat

Makeup berat seperti makeup mata atau makeup waterproof cenderung sulit dibersihkan. Namun, Anda yang kerap memakai jenis makeup seperti ini tak perlu lagi khawatir. Inilah produk micellar water yang dapat Anda coba untuk membersihkan makeup waterproof.


Meski dapat membersihkan makeup waterproof, produk ini tak membuat kulit kering karena kandungan empat botanical oils. Kandungan tambahan berupa allantoin juga membuat kulit makin lembap. Pas dimiliki jika Anda mencari micellar water untuk makeup waterproof yang tidak membuat kulit kering.

No.9

Y.O.UPrebiotic-Infused Micellar Cleansing Water

Mulai dari Rp23.000,00

Wajah bersih, microbiome kulit tetap terjaga keseimbangannya

Kelebihan:

  • Terbuat dari bahan yang 100% alami yang mampu menyeimbangkan microbiome kulit
  • Melembapkan dan menenangkan kulit berkat kandungan Aloe vera

Kekurangan:

  • Ukuran paling besar hanya 110 ml, kurang cocok untuk stok di rumah

Microbiome kulit wajah yang seimbang merupakan awal dari kulit wajah yang sehat dan bebas dari masalah kulit. Mampu menyeimbangkan microbiome kulit adalah keunggulan produk ini berkat kandungan prebiotik alaminya. Tak hanya itu, produk ini juga membuat kulit wajah segar dan terhidrasi. Anda yang menginginkan kulit wajah lebih sehat perlu mencoba micellar water ini.

No.10

KaoBiore Make Up Remover Perfect Cleansing Water Oil Clear

Mulai dari Rp28.900,00

Angkat tuntas makeup sampai pori terdalam juga sebum berlebihan

Kelebihan:

  • Berkhasiat sebagai oil control dengan mengangkat sebum berlebih dan non-comedogenic
  • Mampu menghapus makeup ringan seperti BB cream dan bedak hingga pori-pori terdalam

Kekurangan:

  • Beberapa reviewer mengaku mengalami bruntusan setelah beberapa waktu pemakaian

Produksi sebum yang berlebihan dapat membuat kulit terlihat mengilap sehingga kulit tidak terlihat fresh. Masalah ini kerap dialami oleh pemilik kulit berminyak. Untuk mengatasinya, cobalah produk micellar water dari Biore ini.


Selain mampu mengangkat sebum berlebih, produk ini juga diklaim mengangkat kulit kusam berkat Japan Smooth Bright Technology di dalamnya. Uniknya, produk ini juga sudah teruji tidak menimbulkan alergi dan tidak pedih di mata. Pemilik kulit berminyak dengan masalah sebum berlebih pasti makin nyaman memakainya.

Pertanyaan umum seputar micellar water

Pertanyaan umum seputar micellar water

Setelah membahas tips memilih dan merekomendasikan produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar micellar water untuk Anda. Bacalah uraian di bawah ini untuk mengetahui jawaban dari tiap pertanyaannya!

Mencuci muka atau menggunakan micellar water dulu?

Micellar water merupakan langkah pertama perawatan wajah. Inilah sebabnya micellar water berfungsi sebagai first cleanser dalam proses double cleansing wajah. Jadi, bersihkan wajah dengan micellar water terlebih dahulu sebelum mencuci muka.

Haruskah membilas wajah setelah memakai micellar water?

Tidak hanya membilas wajah, Anda perlu mencuci wajah dengan sabun muka setelah memakai micellar water. Mencuci muka setelah menggunakan micellar water penting untuk memastikan wajah benar-benar bersih.

Baca juga rekomendasi micellar water lainnya di sini

Selain micellar water untuk wajah sensitif dan berminyak, kami juga memiliki artikel khusus micellar water untuk makeup waterproof. Makeup waterproof dikenal memiliki formula yang kuat sehingga tak mudah bersih dengan pembersih biasa. Jika Anda tertarik mengenal produk micellar water ini, baca artikelnya sampai habis, ya.

Kesimpulan

Micellar water menjadi pembersih wajah favorit karena praktis dan memiliki risiko iritasi yang rendah. Saat memilihnya, Anda tetap perlu memperhatikan jenis kulit. Cermati pula kandungan skincare di dalamnya agar menemukan produk yang sesuai kebutuhan.


Tak hanya membersihkan wajah, micellar water juga dapat menutrisi dan menjadikan kulit wajah sehat. Semoga tips dari kami dalam artikel ini membantu Anda menemukan micellar water terbaik. Selamat tampil glowing dengan micellar water.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer