• 10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Micellar water merupakan produk pembersih yang mengombinasikan minyak dan air. Kombinasi ini dapat mengangkat kotoran pada wajah tanpa membuatnya kering. Keunggulan ini membuat micellar water menjadi pilihan pembersih wajah yang populer. Apakah Anda juga tertarik menggunakannya?


Ada banyak produk micellar water, misalnya saja produk merek Garnier, Wardah, atau Emina. Selain ketiganya, masih banyak merek micellar water yang bagus lainnya. Anda tak perlu bingung memilihnya karena kami akan memberikan tips memilih micellar water dalam artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk micellar water terbaik di pasaran. Baca sampai selesai, ya.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 05 September 2022
Daftar isi

Apa perbedaan micellar water dengan susu pembersih dan toner?

Apa perbedaan micellar water dengan susu pembersih dan toner?

Micellar water terbuat dari micelles atau molekul minyak superkecil yang tersuspensi dalam air. Teksturnya sangat cair dan terasa ringan saat digunakan. Micellar water juga tidak meninggalkan rasa lengket setelah dipakai karena ukuran molekul minyaknya sangat kecil.


Berbeda dengan micellar water, susu pembersih terbuat dari emulsi lemak dan air. Tekstur susu pembersih lebih kental dan tak jarang meninggalkan rasa lengkat di wajah. Inilah sebabnya, susu pembersih sering digunakan bersama toner.

 
Toner berfungsi membersihkan sisa makeup atau kotoran yang belum tuntas dibersihkan dengan susu pembersih atau sabun. Namun, toner tidak dapat digunakan sebagai pembersih utama seperti micellar water karena kandungannya tidak cukup kuat membersihkan wajah.

Cara memilih micellar water

Tak sulit memilih micellar water untuk membersihkan wajah. Anda hanya perlu mengenali kebutuhan kulit. Berikut tips dari kami untuk mendapatkan micellar water terbaik.

Pilih sesuai tipe kulit wajah

Berbeda tipe kulit wajah, berbeda pula kebutuhannya. Saat memilih micellar water, Anda perlu mengenali terlebih dahulu tipe kulit dan kebutuhannya.

Kulit berminyak, kandungan oil control untuk wajah bebas kilap

Kulit berminyak, kandungan oil control untuk wajah bebas kilap

Salah satu masalah yang kerap dialami pemilik wajah berminyak adalah wajah terlihat mengilap karena produksi minyak yang berlebih. Saat memilih micellar water, carilah produk dengan kandungan yang dapat mengurangi minyak berlebih (oil control). Selain itu, Anda juga perlu micellar water yang bersifat non-comedogenic agar wajah bebas dari komedo.

 

Kulit berminyak juga rentan terhadap munculnya jerawat. Jika kulit Anda berminyak dan berjerawat, pertimbangkan pula produk yang dapat membasmi dan mencegah jerawat muncul kembali. Bagi Anda pemilik kulit wajah berminyak, kami telah menyiapkan artikel khusus mengenai micellar water yang cocok untuk Anda. Cari tahu lebih lanjut dalam tautan di bawah ini, ya.

Kulit sensitif, micellar water bebas zat aditif agar terhindar dari iritasi

Kulit sensitif, micellar water bebas zat aditif agar terhindar dari iritasi

Saat memilih micellar water, pemilik kulit sensitif perlu mencermati adanya bahan aditif di dalamnya. Bahan aditif seperti parfum (fragrance), AHA, atau BHA dapat memicu iritasi pada kulit sensitif. Pastikan produk pilihan Anda bebas dari zat aditif ini dengan memeriksa komposisinya. Agar makin aman, carilah produk dengan label non-allergen atau hypoallergenic.

 
Pemilik kulit sensitif juga perlu menghindari kandungan alkohol. Alkohol dapat membuat kulit sensitif kehilangan kelembapan alami sehingga kulit menjadi kering. Meski kebanyakan produk micellar water tidak mengandung alkohol, Anda perlu memastikan dengan melihat kemasannya. Untuk mengetahui lebih jauh tentang produk micellar water terbaik bagi kulit sensitif, Anda dapat membaca artikel kami di bawah ini.

Kulit kering, kandungan bahan menghidrasi agar wajah tetap lembap

Kulit kering, kandungan bahan menghidrasi agar wajah tetap lembap

Jika kulit Anda terasa kesat atau bahkan tertarik setelah mencuci muka, Anda mungkin memiliki tipe kulit kering. Kulit kering membuat wajah terlihat kusam dan kasar. Inilah sebabnya, Anda memerlukan produk skincare yang dapat menghidrasi kulit, tak terkecuali produk micellar water.


Saat memilih micellar water, pemilik kulit kering perlu memilih produk dengan kandungan yang dapat menghidrasi kulit. Kandungan-kandungan ini antara lain hyaluronic acid dan Aloe vera. Selain kandungan yang menghidrasi kulit, terdapat pula micellar water untuk kulit kering yang mengandung minyak (oil infused). Kandungan minyak alami seperti ini dapat membantu melembapkan kulit.

Pertimbangkan produk yang dapat membersihkan makeup waterproof

Pertimbangkan produk yang dapat membersihkan makeup waterproof

Ada begitu banyak produk micellar water di pasaran dengan kemampuan membersihkan yang beragam, termasuk dalam menyingkirkan makeup waterproof. Jika memungkinkan, pertimbangkan produk yang ampuh menghapus makeup waterproof karena biasanya mampu membersihkan dengan lebih cepat. Anda tak perlu mengoleskannya berulang kali untuk membersihkan wajah dengan tuntas.

 
Jika Anda ingin membeli micellar water yang dapat membersihkan makeup waterproof, pastikan dengan melihat labelnya. Mencermati review dari para pengguna juga dapat membantu Anda mengetahui kemampuan sesungguhnya produk tersebut dalam membersihkan makeup waterproof. Meski diklaim dapat membersihkan, produk micellar water belum tentu efektif mengatasi makeup waterproof.

Cermati kandungan skincare di dalamnya

Cermati kandungan skincare di dalamnya

Di pasaran, banyak produk micellar watar yang dilengkapi dengan berbagai kandungan yang bermanfaat bagi kulit. Berikut beberapa kandungan dalam micellar water yang sekaligus dapat merawat kulit.


  • Hyaluronic acid, kelembapan terkunci sehingga kulit tetap kenyal. Hyaluronic acid merupakan bahan yang baik bagi kulit kering. Bahan ini dapat menembus lapisan kulit dan mengunci kelembapan kulit. Kulit pun terhidrasi dan senantiasa lembap.

  • Vitamin C, nutrisi penting untuk wajah cerah. Vitamin C memiliki banyak manfaat bagi kulit seperti mencerahkan hingga mengatasi jerawat. Nutrisi ini juga penting untuk melindungi kulit dari radikal bebas.

  • Aloe vera, kaya antioksidan yang dibutuhkan kulit. Aloe vera pada produk micellar water dapat membantu melembapkan wajah. Kandungan ini juga berfungsi menenangkan kulit dan mengurangi kulit kemerahan.

  • Glycerin, kaya manfaat untuk beragam masalah kulit. Glycerin dapat membersihkan wajah sekaligus menjaga keseimbangan pH wajah. Bahan juga ini bebas minyak dan non-comedogenic.

Sesuaikan kemasan dan berat bersih dengan kebutuhan

Sesuaikan kemasan dan berat bersih dengan kebutuhan

Micellar water hadir dalam beragam kemasan dan ukuran. Kemasan micellar water umumnya berupa botol bening yang membantu Anda melihat sisa isinya. Biasanya botol seperti ini memiliki tutup flip-top yang mudah dibuka sehingga lebih praktis saat digunakan. Ada pula kemasan dengan tutup botol putar yang lebih aman karena tak mudah terbuka.

 
Soal ukuran, Anda dapat memilih produk dengan ukuran kecil, mulai dari 55 ml sampai 100 ml. Ukuran ini pas untuk Anda bawa traveling. Jika Anda lebih suka membeli dalam ukuran besar, terdapat pula produk dengan berat bersih mencapai 300 ml. Produk seperti ini tak cuma lebih awet, tetapi juga lebih hemat sehingga cocok untuk stok Anda di rumah.

10 Rekomendasi micellar water terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk micellar water terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 31 Agustus 2022:
Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa POND'S Vitamin Micellar Water Brightening Rose memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
POND'S Vitamin Micellar Water Brightening Rose 1

POND'S

2
Garnier Micellar Cleansing Water Pink 1

Garnier

3
L’Oréal Paris Revitalift Crystal Purifying Micellar Water 1

L’Oréal Paris

4
Emina Bright Stuff Micellar Water 1

Emina

5
Gloria Origita Cosmetics Cleanface Micellar Water 3in1 For Oily Skin 1

Gloria Origita Cosmetics

6
SOMETHINC  Reset Gentle Micellar Cleansing Water 1

SOMETHINC

7
Beiersdorf NIVEA Hydration MicellAIR  1

Beiersdorf

8
Wardah  Lightening Oil-Infused Micellar Water 1

Wardah

9
Y.O.U Prebiotic-Infused Micellar Cleansing Water 1

Y.O.U

10
Kao Biore Make Up Remover Perfect Cleansing Water Oil Clear 1

Kao

Nama produk

Vitamin Micellar Water Brightening Rose

Micellar Cleansing Water Pink

Revitalift Crystal Purifying Micellar Water

Bright Stuff Micellar Water

Cleanface Micellar Water 3in1 For Oily Skin

Reset Gentle Micellar Cleansing Water

NIVEA Hydration MicellAIR

Lightening Oil-Infused Micellar Water

Prebiotic-Infused Micellar Cleansing Water

Biore Make Up Remover Perfect Cleansing Water Oil Clear

Keunggulan

Menutrisi kulit dengan kandungan lima vitamin

Pembersih all-in-one untuk kulit sensitif

Bersih tuntas hingga lima lapisan kulit

Kotoran sirna dengan sekali usap

Serap minyak berlebih bikin wajah makin fresh

Formulanya tak menimbulkan iritasi, aman untuk kulit sensitif

Dua bahan melembapkan dalam satu produk

Makeup waterproof bersih, kulit tetap lembap

Wajah bersih, microbiome kulit tetap terjaga keseimbangannya

Angkat tuntas makeup sampai pori terdalam juga sebum berlebihan

Harga mulai dariRp 15.000,00Rp 18.000,00Rp 41.100,00Rp 17.500,00Rp 16.500,00Rp 45.000,00Rp 33.500,00Rp 22.500,00Rp 23.000,00Rp 28.900,00
Tipe kulitSemua jenis kulitSensitifBerminyakSemua jenis kulitBerminyakSemua jenis kulitNormal sampai keringNormal sampai keringSemua jenis kulitBerminyak, kombinasi
Kandungan skincareVitamin A, B3, B5, C, E, niacinamide, organic French rose extractGlycerinHexylene glycol glycerinSummer plum extractVitamin A, C, E, cherry extractAloe vera, mugwort, calendulaHyaluronic acid, golden algae, marine salt extractAdvanced Niacinamide, alantoin, macadamia oil, jojoba oil, avocado oil, soybean oilAloe vera extract, glycerin, prebiotik dari cichory rootGlycerin, butylene glycol
Bebas bahan aditifBebas alkoholBebas parfumTidak disebutkanBebas paraben, alkohol, silikonTidak disebutkanTidak disebutkanBebas alkohol dan pewangiBebas alkoholBebas paraben, alkohol, pewangi, dan mineral oilBebas alkohol, pewangi, pewarna
Berat bersih55 ml, 100 ml, 235 ml50 ml, 125 ml, 400 ml95 ml, 400 ml50 ml, 100 ml100 ml, 250 ml40 ml, 160 ml125 ml50 ml, 100 ml50 ml, 110 ml90 ml, 300 ml
Tautan produk
10

KaoBiore Make Up Remover Perfect Cleansing Water Oil Clear

Mulai dari Rp 28.900,00

Tipe kulitBerminyak, kombinasi
Kandungan skincareGlycerin, butylene glycol
Bebas bahan aditifBebas alkohol, pewangi, pewarna
Berat bersih90 ml, 300 ml
9

Y.O.UPrebiotic-Infused Micellar Cleansing Water

Mulai dari Rp 23.000,00

Tipe kulitSemua jenis kulit
Kandungan skincareAloe vera extract, glycerin, prebiotik dari cichory root
Bebas bahan aditifBebas paraben, alkohol, pewangi, dan mineral oil
Berat bersih50 ml, 110 ml
8

Wardah Lightening Oil-Infused Micellar Water

Mulai dari Rp 22.500,00

Tipe kulitNormal sampai kering
Kandungan skincareAdvanced Niacinamide, alantoin, macadamia oil, jojoba oil, avocado oil, soybean oil
Bebas bahan aditifBebas alkohol
Berat bersih50 ml, 100 ml
7
Tipe kulitNormal sampai kering
Kandungan skincareHyaluronic acid, golden algae, marine salt extract
Bebas bahan aditifBebas alkohol dan pewangi
Berat bersih125 ml
6

SOMETHINC Reset Gentle Micellar Cleansing Water

Mulai dari Rp 45.000,00

Tipe kulitSemua jenis kulit
Kandungan skincareAloe vera, mugwort, calendula
Bebas bahan aditifTidak disebutkan
Berat bersih40 ml, 160 ml
5

Gloria Origita CosmeticsCleanface Micellar Water 3in1 For Oily Skin

Mulai dari Rp 16.500,00

Tipe kulitBerminyak
Kandungan skincareVitamin A, C, E, cherry extract
Bebas bahan aditifTidak disebutkan
Berat bersih100 ml, 250 ml
4
Tipe kulitSemua jenis kulit
Kandungan skincareSummer plum extract
Bebas bahan aditifBebas paraben, alkohol, silikon
Berat bersih50 ml, 100 ml
3

L’Oréal ParisRevitalift Crystal Purifying Micellar Water

Mulai dari Rp 41.100,00

Tipe kulitBerminyak
Kandungan skincareHexylene glycol glycerin
Bebas bahan aditifTidak disebutkan
Berat bersih95 ml, 400 ml
2

GarnierMicellar Cleansing Water Pink

Mulai dari Rp 18.000,00

Tipe kulitSensitif
Kandungan skincareGlycerin
Bebas bahan aditifBebas parfum
Berat bersih50 ml, 125 ml, 400 ml
1

POND'SVitamin Micellar Water Brightening Rose

Mulai dari Rp 15.000,00

Tipe kulitSemua jenis kulit
Kandungan skincareVitamin A, B3, B5, C, E, niacinamide, organic French rose extract
Bebas bahan aditifBebas alkohol
Berat bersih55 ml, 100 ml, 235 ml

Pertanyaan umum seputar micellar water

Pertanyaan umum seputar micellar water

Setelah membahas tips memilih dan merekomendasikan produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar micellar water untuk Anda. Bacalah uraian di bawah ini untuk mengetahui jawaban dari tiap pertanyaannya!

Mencuci muka atau menggunakan micellar water dulu?

Micellar water merupakan langkah pertama perawatan wajah. Inilah sebabnya micellar water berfungsi sebagai first cleanser dalam proses double cleansing wajah. Jadi, bersihkan wajah dengan micellar water terlebih dahulu sebelum mencuci muka.

Haruskah membilas wajah setelah memakai micellar water?

Tidak hanya membilas wajah, Anda perlu mencuci wajah dengan sabun muka setelah memakai micellar water. Mencuci muka setelah menggunakan micellar water penting untuk memastikan wajah benar-benar bersih.

Baca juga rekomendasi micellar water lainnya di sini

Selain micellar water untuk wajah sensitif dan berminyak, kami juga memiliki artikel khusus micellar water untuk makeup waterproof. Makeup waterproof dikenal memiliki formula yang kuat sehingga tak mudah bersih dengan pembersih biasa. Jika Anda tertarik mengenal produk micellar water ini, baca artikelnya sampai habis, ya.

Kesimpulan

Micellar water menjadi pembersih wajah favorit karena praktis dan memiliki risiko iritasi yang rendah. Saat memilihnya, Anda tetap perlu memperhatikan jenis kulit. Cermati pula kandungan skincare di dalamnya agar menemukan produk yang sesuai kebutuhan.


Tak hanya membersihkan wajah, micellar water juga dapat menutrisi dan menjadikan kulit wajah sehat. Semoga tips dari kami dalam artikel ini membantu Anda menemukan micellar water terbaik. Selamat tampil glowing dengan micellar water.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Produk Double Cleansing Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Double Cleansing Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Double cleansing adalah istilah untuk dua tahapan membersihkan kulit wajah. Metode ini bisa dilakukan pada semua jenis kulit, baik kulit berminyak, kering, maupun sensitif. Dengan menggunakan produk double cleansing, kotoran di kulit, seperti debu, minyak, keringat, serta makeup, dapat dibersihkan secara tuntas. Kulit pun bisa bebas jerawat, beruntusan, dan komedo.Artikel ini berisi poin-poin penting dalam memilih produk double cleansing. Anda juga akan menemukan rekomendasi produk double cleansing yang bagus dari berbagai merek, seperti Wardah dan Nivea. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Selamat membaca!
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cleansing oil adalah pembersih berbahan dasar minyak yang efektif membersihkan riasan dan kotoran di wajah. Sekarang ini banyak cleansing oil yang bagus beredar di pasaran, seperti merek Bioré, DHC, Hada Labo, dan Shu Umera. Selain itu, jenisnya pun bermacam-macam, mulai dari tipe deep cleansing oil sampai yang non-comedogenic.Kali ini kami akan mengulas tips memilih cleansing oil. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi cleansing oil untuk berbagai jenis kulit, seperti kulit kering, sensitif, komedo, berminyak, dan berjerawat. Semoga artikel ini bisa membantu Anda memilih cleansing oil terbaik, ya!
    Pembersih makeup
  • 10 Cleansing Balm Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cleansing Balm Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Cleansing balm adalah produk pembersih yang dapat menghapus makeup secara lembut tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit. Kini tersedia cleansing balm yang bagus untuk kulit berminyak, sensitif, kering, berjerawat, dan lainnya. Banyaknya pilihan ini mungkin membuat Anda kebingungan saat memilih.Nah, kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih cleansing balm terbaik, baik yang noncomedogenic maupun cleansing balm untuk jerawat. Agar lebih yakin, baca juga tips dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Produk dari merek lokal terkenal, seperti Somethinc, Dear Me Beauty, hingga Wardah juga akan kami ulas.
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu pembersih wajah yang populer digunakan adalah micellar water. Produk pembersih berbahan dasar air ini mampu membersihkan makeup serta kotoran secara mudah dan cepat. Namun, tidak semua produk micellar water dapat digunakan untuk kulit sensitif. Terlebih lagi bila kulit sensitif disertai dengan masalah jerawat, berminyak, kering, dan beruntusan.Sebab itu, kali ini kami akan memberikan rekomendasi micellar water untuk kulit sensitif. Ada berberbagai merek yang bagus dan berkualitas, seperti Wardah, Garnier, dan Simple. Namun sebelum itu, kami akan mengulas cara memilihnya terlebih dahulu. Simak sampai habis, ya!
    Pembersih makeup
  • 10 Micellar Water Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Micellar Water Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Micellar water adalah pembersih wajah berbahan dasar air yang ringan dan dikenal nyaman untuk semua jenis kulit. Produk ini telah menjadi pelengkap double cleansing yang praktis. Dari banyaknya produk micellar water, manakah yang paling recommended untuk Anda dengan kulit berminyak?Di artikel ini, kami telah menyiapkan rekomendasi micellar water yang bagus untuk Anda. Merek micellar water terbaik, seperti Garnier, SOMETHINC, L’Oréal, dan Biore juga telah kami review. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, Sp.KK. Simak terus ulasan kami!
    Pembersih makeup
  • 10 Brush Cleanser Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Brush Cleanser Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Kuas makeup merupakan senjata para beauty enthusiast untuk menghasilkan riasan sempurna. Namun, jika hanya digunakan tanpa dibersihkan, kuas akan menjadi sarang bakteri. Karena itu, pemilik makeup brush perlu memiliki brush cleanser (pembersih kuas). Di pasaran ada berbagai merek brush cleanser yang ditawarkan, seperti Real Techniques, Aeris Beaute, dan Beautyblender.Pada kesempatan ini, kami akan merekomendasikan sepuluh brush cleanser terbaik. Kami juga akan mengulas cara memilih produk beserta tips membersihkan kuas makeup. Baca artikelnya sampai habis, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty content creator sekaligus makeup artist kami, Luella Artistry.
    Pembersih makeup
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori