10 Rekomendasi Shaver Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Shaver Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2018)

Alat cukur atau shaver adalah salah satu alat grooming bagi kaum pria. Dengan mencukur janggut dan kumis saja setiap harinya, akan dapat menumbuhkan rasa percaya diri Anda dalam berpenampilan. Terlebih lagi, Anda tidak perlu takut memakan waktu yang lama karena shaver dapat mencukur dengan cepat, aman, dan rapi.

Saat ini sudah banyak produk shaver yang menawarkan berbagai macam fungsi seperti Braun, Panasonic, dan Phillips. Tentunya hal itu pasti membuat Anda bingung dalam memilih shaver yang tepat untuk Anda. Karena itu, kami akan menjelaskan kepada Anda cara memilih shaver. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk shaver populer berdasarkan harga dan kinerjanya. Temukanlah alat cukur yang sesuai dengan Anda di sini!

Daftar isi

Cara memilih shaver untuk pria

Dalam memilih shaver, ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan. Kami akan menjelaskannya secara lebih spesifik di bawah ini. Semoga artikel kami dapat membantu Anda dalam memilih shaver yang sesuai dengan Anda!

Pilih tipe mata pisau yang tepat untuk Anda

Dalam memilih shaver, keamanan dan kenyamanan sangatlah penting untuk mencukur setiap harinya. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengetahui tipe mata pisau yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Terlebih lagi bagi Anda pemilik kulit sensitif. Tentunya Anda harus ekstra berhati-hati dalam memilih mata pisau shaver.

Tipe reciprocating yang dapat mencukur dengan cepat

Tipe reciprocating yang dapat mencukur dengan cepat

Shaver dengan mata pisau tipe reciprocating ini adalah yang paling populer. Pada tipe ini, terdapat 5 buah mata pisau dalam 1 buah pisau. Anda pun dapat menghasilkan cukuran yang rapih dan bersih. Selain itu, shaver dengan mata pisau tipe ini juga dapat mencukur segala jenis rambut seperti rambut keriting, rambut tipis, rambut kasar, dan lainnya.

Semakin banyak jumlah mata pisau dalam sebuah pisau shaver, maka semakin tinggi juga performanya. Jadi, tidak heran jika harga dari shaver dengan mata pisau tipe ini cukup mahal. Selain itu, shaver dengan mata pisau tipe ini juga harus diminyaki secara berkala performanya tidak menurun. Meski perawatannya merepotkan dan menimbulkan suara yang cukup bising saat digunakan, jenis ini cocok untuk Anda yang ingin lebih hemat waktu dalam bercukur.

Tipe rotasi yang tidak berisik dan nyaman di kulit

Tipe rotasi yang tidak bising dan nyaman di kulit

Shaver dengan mata pisau tipe rotasi ini bekerja dengan cara berputar saat digunakan. Tipe rotasi sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki kulit yang sensitif. Shaver ini tidak bising saat digunakan. Selain itu, shaver dengan mata pisau tipe ini juga tidak perlu sering diminyaki.

Kekurangannya adalah sulit digunakan untuk mencukur bagian tertentu saja. Kemungkinan untuk tidak sengaja mencukur bagian yang tidak ingin dicukur pun cukup tinggi. Selain itu kecepatan kerja mata pisaunya juga lambat, sehingga memerlukan waktu untuk mendapatkan hasil yang rapih dan bersih. Jenis ini cocok bagi Anda yang memiliki rambut tipis saja.

Tipe rotary untuk mencukur rambut tebal

Tipe rotary untuk mencukur rambut tebal

Mata pisau tipe rotary berbentuk spiral. Mata pisau ini akan bergerak berputar ketika digunakan. Dengan menggunakan shaver bermata pisau ini, Anda yang memiliki janggut tebal sekalipun dapat bercukur dengan mudah. Selain itu, shaver ini memiliki bentuk yang sama dengan pisau cukur berbentuk T, sehingga mudah digunakan bagi Anda yang belum terbiasa menggunakan shaver.

Shaver dengan mata pisau rotary cocok dipilih bila Anda mempertimbangkan dampak cukur pada kulit dan kemantapan dalam bercukur. Kedua kelebihan ini tidak dapat Anda dapatkan dari kedua tipe mata pisau lainnya. Akan tetapi, varian produk untuk shaver bermata pisau tipe rotary tidak banyak di pasaran. Anda pun mungkin akan sedikit kesulitan dalam memilih yang cocok untuk Anda.

Pilih tipe sumber tenaga sesuai dengan kondisi

Pilih tipe sumber tenaga sesuai dengan kondisi

Tipe sumber tenaga shaver umumnya terbagi menjadi 3 jenis, yaitu dry battery type, rechargeable battery type, dan AC recharge type. Bagi Anda yang sering berpergian, shaver bertenaga dry battery type cocok untuk dipilih. Dengan ini, Anda bisa bercukur tanpa khawatir repot dengan kabel yang kusut. Kelemahan tipe ini adalah semakin sering Anda bercukur, semakin sering Anda harus mengganti baterainya, sehingga kurang ekonomis.

Rechargeable type sangat cocok bagi Anda yang sering bercukur di kamar mandi. Tipe ini biasa ditemukan pada shaver berfitur tahan air. Bila dayanya habis, Anda hanya perlu mengisi ulangnya saja, tidak perlu ganti baterai. Shaver dengan sumber energi AC recharge type harus dihubungkan ke sumber listrik untuk bisa digunakan. Memang cukup merepotkan, tetapi dengan ini Anda tidak lagi perlu takut kehabisan baterai.

Perhatikan metode pembersihannya

Perhatikan metode pembersihannya

Setelah shaver digunakan hendaklah dibersihkan untuk menghilangkan potongan rambut yang tersisa pada mata pisau. Metode pembersihan shaver dibagi menjadi tiga jenis, yaitu dengan cara manual, dicuci dengan air, dan pembersihan otomatis.

Pembersihan secara manual memang tidak memerlukan biaya, tetapi Anda perlu meluangkan waktu dan usaha untuk melakukannya. Untuk shaver yang dibersihkan dengan cara dicuci dengan air, Anda perlu memisahkan bagian pisau dan badan shaver dahulu sebelum mencucinya. Selain dengan air, Anda juga dapat mencucinya dengan cairan pembersih khusus. Akan tetapi, setelah dicuci dan dikeringkan, Anda perlu meminyakinya agar performa shaver Anda tetap bagus.

Bila shaver Anda dilengkapi fitur pembersih otomatis, maka Anda tidak perlu repot membersihkannya. Shaver ini mampu membersihkan, mengeringkan, dan mengisi daya baterai sendiri secara otomatis. Dengan kemampuan seperti ini, tentu saja shaver yang dilengkapi fitur pembersih otomatis dibanderol mahal.

Pilih yang mata pisaunya dapat diganti

Pilih yang mata pisaunya dapat diganti

Harga mata pisau pengganti yang sesuai dengan shaver Anda bisa saja mahal, jadi sebaiknya pertimbangkanlah dahulu sebelum membeli. Sebelum Anda membeli shaver, sebaiknya lihatlah terlebih dahulu harga mata pisau penggantinya. Perlu diperhatikan juga bahwa berbeda jenis shaver, berbeda pula ukuran mata pisaunya.

Tentukan gaya mencukur Anda

Tentukan gaya mencukur Anda

Sebelum membeli shaver, tentukanlah terlebih dahulu gaya bercukur yang Anda inginkan. Umumnya terdapat 2 tipe gaya dalam bercukur, yaitu wet shaving yang menggunakan busa cukur atau air dan dry shaving yang tidak perlu menggunakan apapun.

Bagi Anda yang menyukai gaya wet shaving, maka Anda perlu membeli shaver yang tahan air. Ada shaver dengan fitur tahan air seluruhnya dan ada pula yang hanya tahan air pada bagian kepala shaver-nya saja. Bila Anda senang bercukur di kamar mandi, sebaiknya Anda memilih shaver yang tahan air di seluruh bagiannya. Sedangkan bila Anda suka bercukur dengan menggunakan busa cukur, shaver yang tahan air pada bagian kepalanya saja sudah cukup untuk Anda.

Pilih shaver yang memungkinkan untuk dipakai di luar negeri

Pilih shaver yang memungkinkan untuk dipakai di luar negeri

Bila Anda termasuk orang yang sering pergi ke luar negeri, perhatikanlah angka tegangan pada shaver Anda. Untuk berjaga-jaga, pilihlah shaver dengan tegangan AC 100-240 V. Bentuk colokan di setiap negara juga berbeda-beda, karena itu siapkanlah selalu konventer steker agar Anda dapat menggunakan shaver di negara mana pun Anda berada.

10 Rekomendasi shaver untuk pria

Apakah sekarang Anda sudah mengerti poin yang harus diperhatikan dalam memilih shaver? Berikutnya kami akan memberikan rekomendasi beberapa produk shaver terbaik pilihan kami. Barangkali salah satunya bisa menjadi produk pilihan Anda.

10. Philips Shaver PQ206

10. Philips Shaver PQ206

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 155.000

Shaver dengan fitur tahan air

Salah satu produk dari Philips ini kami rekomendasikan kepada Anda yang sering keluar kota atau jauh dari sumber tenaga listrik. Shaver ini menggunakan dua baterai AA sebagai sumber energi, sehingga lebih praktis. Selain ukurannya yang kecil sehingga mudah dibawa ke mana saja, hasil cukurannya pun bersih dan lembut.

Shaver ini telah dilengkapi dengan fitur tahan air. Jadi Anda tidak perlu takut untuk menggunakannya di kamar mandi. Dengan bentuk yang ergonomis dan pegangan yang anti selip, shaver ini terasa nyaman digenggam. Bercukur pun jadi lebih mudah dan menyenangkan!

9. Panasonic Spinnet Shaver ES 534

9. Panasonic Spinnet Shaver ES 534

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 101.900

Menghindarkan kulit dari iritasi

Dengan bentuk yang sederhana dan nyaman digenggam, shaver keluaran Panasonic ini dapat mencukur dengan hasil yang halus. Shaver ini bermata pisau tipe rotary dan memiliki 3 mata pisau didalamnya. Hasil cukur yang rapi dan bersih pun bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Dengan desain spinnet, shaver ini tidak akan meninggalkan bekas kasar pada kulit setelah bercukur. Bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan banyak uang hanya untuk bercukur, shaver ini dapat menjadi pilihan Anda. Hasil memuaskan dengan harga terjangkau, dijamin tidak akan membuat kantong Anda kempes!

8. Philips Shaver Norelco 9700

8. Philips Shaver Norelco 9700

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 5.571.000

Shaver dengan tiga pilihan kecepatan

Inilah shaver yang kami rekomendasikan kepada Anda yang menginginkan kenyamanan saat bercukur. Shaver ini memiliki tiga pilihan kecepatan. Kecepatan slow untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, medium untuk mencukur menyeluruh, dan fast untuk mencukur dengan cepat.

Dengan shaver ini Anda dapat bercukur dengan lebih efektif dan sesuai kebutuhan. Meski harganya cukup mahal, tetapi setimpal dengan fitur yang disediakan. Bila Anda tidak memiliki batasan budget untuk shaver, tidak ada salahnya mencoba produk berkualitas dari Philips yang satu ini!

7. Panasonic Electric Razor Shaver ES-LV61-A

7. Panasonic Electric Razor Shaver ES-LV61-A

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.855.000

Mata pisau tetap tajam hingga 70.000 kali pencukuran

Shaver dari Panasonic ini memiliki bentuk yang kecil dengan lima buah mata pisau. Shaver ini dapat menjangkau semua bagian yang ingin Anda cukur. Mata pisaunya pun terbuat dari bahan hypoallergenic, sehingga aman bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.

Shaver ini sangat cocok bagi Anda yang ingin bercukur cepat dengan hasil yang optimal rapinya. Selain itu, shaver ini juga dapat Anda gunakan baik untuk wet shaving ataupun dry shaving, lho! Ketajaman pisau pada shaver ini tidak perlu diragukan lagi mengingat mata pisaunya dapat bertahan hingga 70.000 cukuran.

6. Braun Foil Shaver series 5

6. Braun Foil Shaver series 5

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.805.000

Ada pembersih otomatisnya

Kelebihan produk dari Braun ini adalah 100% tahan terhadap air. Oleh karena itu, shaver ini cocok digunakan oleh Anda yang senang bercukur di kamar mandi. Shaver ini juga memiliki sistem pembersih otomatis yang juga dapat sekaligus mensterilkan pisau cukur, jadi Anda tidak perlu repot-repot untuk membersihkannya.

Bagian atas shaver-nya dapat bergerak mengikuti bentuk wajah Anda. Cocok untuk Anda yang mendambakan kepraktisan dengan tingkat keamanan yang tinggi. Mata pisaunya didesain untuk dapat memotong secara akurat. Anda pun dapat bercukur dengan cepat dan efektif.

5. Nova Shaver NHC

5. Nova Shaver NHC

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 120.000

Mata pisau berbahan stainless steel anti karat

Selain dapat mencukur janggut dan kumis Anda, shaver ini juga dapat digunakan untuk mencukur rambut. Mata pisaunya terbuat dari bahan stainless steel yang tahan lama dan tidak mudah berkarat. Bagi Anda yang menginginkan produk 3 in 1, shaver Nova ini bisa menjadi pilihan.

Shaver ini menggunakan baterai yang dapat diisi ulang. Setiap pembelian produk ini, Anda juga akan langsung mendapatkan sikat pembersihnya. Berbagai manfaat dalam harga yang terjangkau, produk ini tidak akan membuat Anda merasa rugi!

4. Flyco Shaver Speed XL 3

4. Flyco Shaver Speed XL 3

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 168.000

Mencukur cepat dengan hasil yang halus

Bila Anda pria yang menginginkan penampilan yang rapi tetapi hanya memiliki sedikit waktu untuk bercukur, Flyco Shaver Speed X ini sangat cocok untuk Anda. Tiga buah mata pisaunya membuat kinerja shaver ini semakin cepat dan hasilnya pun rapi dan halus. Anda pun bisa mendapatkan kepercayaan diri tanpa perlu berlama-lama bercukur.

Shaver ini juga didesain nyaman dan pas saat digenggam. Penutup shaver ini juga dapat dilepas dengan mudah saat Anda ingin membersihkan mata pisaunya. Selain itu, Anda akan mendapatkan sikat pembersih di setiap pembeliannya. Menjaga kebersihan shaver pun tidak lagi sulit!

3. Remington Titanium Shaver F5800

3. Remington Titanium Shaver F5800

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 770.000

Bisa untuk wet shaving maupun dry shaving

Shaver seri F5800 dari Remington ini dapat mencukur janggut atau kumis Anda baik dalam keadaan basah ataupun kering. Shaver ini menggunakan daya baterai yang dapat diisi ulang. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk mencari penggantinya saat baterai sudah habis.

Notifikasi baterai pada shaver ini menggunakan indikator LED. Hanya dengan satu indikator baterai penuh, Anda dapat menggunakan shaver ini selama 60 menit. Shaver praktis ini kami rekomendasikan kepada para manula yang tidak begitu mengerti teknologi rechargeable shaver.

2. Razor Electric Shaver S8862

2. Razor S8862

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 253.777

Bercukur lebih praktis dan efisien

Bentuknya yang kecil dan ringan membuat shaver dari Razor ini mudah dibawa ke mana saja tanpa makan banyak tempat di tas Anda. Terlebih lagi, shaver ini memiliki tiga buah mata pisau floating razor blade. Anda pun dapat mencukur dalam keadaan kering dengan hasil yang rapi.

Jika Anda membeli produk dari Razor ini Anda akan mendapatkan sebuah sikat untuk membersihkan wajah setelah mencukur. Baterainya dapat diisi ulang sehingga tidak perlu repot berganti-ganti baterai. Bagi Anda yang sering mobile ke berbagai tempat, shaver ini dapat menjadi pilihan utama Anda.

1. Flyco Foil Shaver FS622

1. Flyco Foil Shaver FS622

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 261.630

Memiliki lima buah mata pisau

Dibekali lima mata pisau, shaver ini sangat efisien dalam mencukur berbagai tipe rambut, baik yang tebal, tipis, panjang, atau pendek. Bagian pisau pencukurnya akan mengikuti kontur wajah Anda saat dipakai untuk bercukur. Selain aman, hasilnya pun rapi dan halus.

Sistem keamanannya tidak hanya sampai di situ. Switch-nya dilengkapi dengan safety lock untuk meminimalisir penyalahgunaan. Dilengkapi dengan baterai berkapasitas 600mAh, shaver ini dapat digunakan selama 30 menit bila baterai penuh. Ada power indicator-nya juga lho, untuk mencegah Anda kehabisan daya baterai!

Cara merawat shaver dengan benar

Cara merawat shaver dengan benar

Setelah Anda menggunakan shaver, biasakanlah untuk langsung membersihkannya. Tentu saja akan lebih menguntungkan bila shaver Anda memiliki fitur pembersih otomatis. Bila memang harus membersihkannya secara manual, gunakanlah sikat khusus shaver. Sebisa mungkin, bersihkan mata pisaunya dari potongan rambut yang menempel.

Bila shaver Anda termasuk tipe yang bisa dicuci, pertama bukalah bagian kepalanya. Setelah terbuka, pisahkan mata pisaunya, lalu cucilah dengan air. Namun perlu diingat, sebaiknya Anda membaca dahulu manual penggunaan shaver dengan seksama agar Anda tahu pasti cara yang paling tepat untuk membersihkannya.

Setelah bersih, keringkan semua bagian shaver. Setelah semua kering, barulah Anda boleh merakitnya kembali. Jangan lupa untuk meminyaki mata pisaunya agar tidak cepat berkarat.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan shaver pilihan Anda? Ketika hendak membeli shaver, luangkanlah sedikit waktu Anda untuk membaca tips yang telah kami berikan agar Anda tidak salah pilih.

Shaver adalah alat yang berguna bagi pria. Saat Anda harus tampil rapi, semetara hanya ada sedikit waktu untuk bercukur, shaver yang sesuai dengan Anda tentunya dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Jadi, jangan sampai salah pilih, ya!