• 10 Rekomendasi Shaver Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Shaver Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Shaver Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Shaver Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Shaver Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Shaver Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)

Alat cukur atau shaver merupakan salah satu alat yang penting bagi kaum pria. Bila pisau cukur berisiko melukai kulit, shaver dapat mencukur dengan aman dan cepat sehingga aktivitas mencukur menjadi lebih mudah. Fungsi shaver tidak hanya sebagai pencukur cambang dan jenggot, tetapi beberapa shaver dilengkapi kepala pencukur kumis, bahkan bulu hidung.

Kami akan membantu Anda memilih shaver terbaik untuk pria. Produk electric shaver yang bagus dari merek Kemei, Philips, dan Wahl ada dalam rekomendasi kami. Agar Anda mendapatkan shaver yang sesuai dengan kebutuhan, simak artikel ini sampai habis, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 06 September 2022
Daftar isi

Cara memilih shaver untuk pria

Dalam memilih shaver, ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan agar tidak salah menentukan pilihan. Kami akan menjelaskannya dengan lebih spesifik di bawah ini.

Ketahui tipe-tipe shaver untuk pria

Alat cukur elektrik secara garis besar dibagi menjadi dua tipe, yakni reciprocating dan rotating atau rotary. Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan tiap-tiap tipe agar dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tipe reciprocating, cocok untuk deep shaving atau bercukur di pagi yang sibuk

Tipe reciprocating, cocok untuk deep shaving atau bercukur di pagi yang sibuk

Tipe reciprocating direkomendasikan bagi Anda yang memiliki kumis tebal dan ingin melakukan deep shaving. Shaver ini dapat mencukur dengan mantap karena rambut akan terkait pada pisau bagian luar sehingga tidak mudah lepas. Selanjutnya, pencukuran jenggot akan dilakukan oleh getaran dari pisau bagian dalam.


Untuk Anda ketahui, tipe reciprocating memiliki area kontak dengan janggut yang lebih luas daripada tipe rotating. Hal ini secara langsung berdampak pada kecepatan reciprocating shaver dalam mencukur. Dengan shaver seperti ini, Anda akan selalu punya waktu untuk bercukur bahkan di pagi hari yang sibuk sekalipun.

Tipe rotary, direkomendasikan untuk orang yang memiliki kulit sensitif

Tipe rotary, direkomendasikan untuk orang yang memiliki kulit sensitif

Apabila kulit Anda terasa menggelenyar atau mengalami pendarahan ketika memakai shaver tipe reciprocating, segeralah beralih ke tipe rotary. Shaver yang berputar lembut di kulit pipi dan dagu Anda ini cocok digunakan untuk kulit sensitif.


Memang, butuh waktu untuk membiasakan diri menggunakannya. Sebab, shaver perlu digerakkan melingkar agar jenggot bisa dicukur bersih. Namun, jika kulit Anda tidak nyaman dengan tekanan akibat penggunaan shaver tipe sebelumnya, pilihlah tipe rotary.

Cari shaver dengan tiga mata pisau atau lebih untuk mencukur secara menyeluruh

Cari shaver dengan tiga mata pisau atau lebih untuk mencukur secara menyeluruh

Pada shaver tipe reciprocating, kinerja shaver akan meningkat dengan bertambahnya mata pisau. Selain dapat mengait lebih banyak rambut, bertambahnya mata pisau juga akan membuat area kontak makin luas. Dengan demikian, rambut Anda akan makin banyak yang bisa terpotong dalam sekali cukur.


Saat ini, sebagian besar reciprocating shaver yang dijual di pasaran memiliki tiga mata pisau. Namun, jika ingin mencukur lebih banyak atau memiliki banyak rambut, sebaiknya pilih shaver dengan empat atau lima mata pisau.

Pilih tipe sumber tenaga shaver sesuai dengan kebutuhan

Metode catu daya pada shaver terbagi menjadi tipe isi ulang dan tipe baterai. Anda dapat memilih shaver dengan catu daya yang cocok untuk keperluan Anda.

Tipe isi ulang, untuk daya yang tidak cepat habis

Tipe isi ulang, untuk daya yang tidak cepat habis

Shaver yang dayanya dapat diisi ulang cocok untuk Anda yang ingin bercukur dengan nyaman. Meskipun tanpa kabel, shaver ini memiliki ketajaman yang baik. Sebagai informasi, sebagian besar alat cukur yang saat ini ada di pasaran merupakan tipe yang dapat diisi ulang.


Jika Anda khawatir shaver kehabisan daya ketika dipakai, produk dengan rechargeable AC dapat menjadi solusi. Umumnya tipe ini dibuat tanpa kabel seperti halnya tipe yang dapat diisi ulang. Namun, saat energi shaver berada dalam kondisi kritis, Anda dapat bercukur sambil melakukan pengisian daya.

Tipe baterai, direkomendasikan untuk bepergian dan perjalanan bisnis

Tipe baterai, direkomendasikan untuk bepergian dan perjalanan bisnis

Shaver dengan tenaga baterai memiliki bentuk compact dan nyaman untuk dibawa saat bepergian atau dalam perjalanan bisnis. Dibanding tipe isi ulang, shaver tipe baterai sedikit kurang tajam. Meski begitu, kinerja shaver tipe baterai cukup memadai untuk digunakan dalam situasi darurat. Satu hal lagi, pastikan untuk menggunakan baterai AA atau AAA sebelum membeli shaver tipe isi ulang, ya.

Cek fitur unggulan yang ditawarkan

Cek fitur unggulan yang ditawarkan

Selanjutnya, Anda perlu mengecek fitur unggulan yang ditawarkan shaver untuk pria. Berikut ini beberapa fitur unggulan yang ada pada shaver khusus untuk pria.


  • Mesin pembersih otomatis agar perawatannya lebih mudah. Anda hanya perlu memasukkan shaver ke dalam mesin dan mesin akan bekerja sendiri membersihkan shaver sekaligus mengisi dayanya.

  • CloseCut blades, untuk kenyamanan mencukur dalam jarak dekat. Pisau CloseCut memiliki tepi membulat yang dapat meluncur mulus di kulit sehingga Anda tak perlu khawatir kulit akan terluka.

  • IPX7 waterproof, shaver tahan air agar bisa dibersihkan rambut sisa pencukuran. Shaver dengan fitur ini memungkinkan Anda mencuci semua bagian shaver karena tahan air.

10 Rekomendasi shaver terbaik untuk pria

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk shaver terbaik untuk pria yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 2 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Kemei Men's Care 5 in 1 Suit menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Abeni Alat Cukur Elektrik memiliki angka penjualan tertinggi. 

Gambar produk
1
Abeni Alat Cukur Elektrik 1

Abeni

2
Han River Alat Cukur Rambut Elektrik 1

Han River

3
Kemei Appliances Electric Shaver 1

Kemei

4
Panasonic Shaver 1

Panasonic

5
Philips Electric Shaver 1

Philips

6
Enchen Blackstone Electric Shaver Razor 1

Enchen

7
Shengfa Alat Cukur Kumis dan Jenggot 1

Shengfa

8
Goto Hardware Kova Razor Electric Shaver 1

Goto Hardware

9
Wahl Finale Shaver 1

Wahl

10
Remington Dual Foil Travel Shaver 1

Remington

Nama produk

Alat Cukur Elektrik

Alat Cukur Rambut Elektrik

Appliances Electric Shaver

Shaver

Electric Shaver

Blackstone Electric Shaver Razor

Alat Cukur Kumis dan Jenggot

Kova Razor Electric Shaver

Finale Shaver

Dual Foil Travel Shaver

Keunggulan

Multifungsi, bisa mencukur cambang, janggut, kumis, dan bulu hidung

Berfitur IPX7 Waterproof, shaver bisa dicuci secara keseluruhan

Ukuran portabel, bisa juga digunakan dalam kondisi kering atau basah

Shaver yang efektif menghindarkan kulit dari iritasi

Tak perlu khawatir mencukur dalam jarak dekat dengan CloseCut blades

Shaver dengan pencukur mengambang yang dapat mengikuti lekuk wajah

Desainnya compact seperti smartphone, aman ditaruh di kantong saku

Berteknologi 4D Touch, hasilkan pencukuran yang lebih merata

Cegah iritasi dengan shaver berfitur hypoallergenic foils

Shaver portabel dengan fitur dual foil untuk mencukur lebih praktis dan cepat

Harga mulai dariRp 170.000,00Rp 240.000,00Rp 155.000,00Rp 154.900,00Rp 23.108,00Rp 111.000,00Rp 49.500,00Rp 297.500,00Rp 1.650.000,00Rp 314.300,00
Dimensi produk11 cm x 8 cm x 19 cmTidak disebutkan11,8 cm x 6,3 cm x 3,5 cm11 cm × 6 cm × 4,5 cm10 cm x 5 cm x 3 cm15,5 cm x 5,3 cm11 cm x 6 cm x 2 cmTidak disebutkanTidak disebutkan10,9 cm x 8,1 cm x 6,3 cm
Berat produk500 g500 g218 g150 g140 g139 gTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan180 g
Tipe shaverRotaryRotaryReciprocatingRotaryRotaryRotaryReciprocatingRotaryReciprocatingReciprocating
Jumlah mata pisauTidak disebutkan3 buah2 buah3 buahTidak disebutkan3 buah1 buahTidak disebutkanTidak disebutkan2 buah
Tipe sumber tenagaBaterai isi ulangBaterai isi ulangBaterai isi ulangBaterai AA 2 buahBaterai AA 2 buahBaterai isi ulangBaterai isi ulangBaterai isi ulangBaterai isi ulangBaterai AA 2 buah
Waktu stand byTidak disebutkan60 menit45 menitTidak disebutkan60 menit1,5 jamTidak disebutkan50 menit80 menit60 menit
Waktu charging3 jam8 jam8 jam--1 jam12 jam4 jam2 jam-
AksesoriKabel pengisian daya, sikat, panduanAlat cukur kumis, jenggot elektrik, kabel USB pengisian daya, sikat pembersihKuas pembersih, protective cap, kabel charger, dan tas shaverKuas pembersih dan protective capKuas pembersih dan protective capKabel USB pengisian dayaKepala cukur, sikat pembersih, chargerKabel USB pengisian daya, kepala pencukur hidung, kepala pencukur jenggot, sikat pembersih, docking, panduanSikat pembersih, pre-shave brush, foil guard, charging stand, charger, panduanHandy travel lock
FiturWaterproof, kepala pencukur kumis, kepala pencukur bulu hidungIPX7 waterproof, kepala pencukur kumis, kepala pencukur bulu hidungTidak disebutkanTidak disebutkanCloseCut bladesIPX7 waterproofPelindung baja4D Touch, kepala pencukur kumis, kepala pencukur bulu hidungHipoallergenic foilsDual foil
Tautan produk
10
Dimensi produk10,9 cm x 8,1 cm x 6,3 cm
Berat produk180 g
Tipe shaverReciprocating
Jumlah mata pisau2 buah
Tipe sumber tenagaBaterai AA 2 buah
Waktu stand by60 menit
Waktu charging-
AksesoriHandy travel lock
FiturDual foil
9
Dimensi produkTidak disebutkan
Berat produkTidak disebutkan
Tipe shaverReciprocating
Jumlah mata pisauTidak disebutkan
Tipe sumber tenagaBaterai isi ulang
Waktu stand by80 menit
Waktu charging2 jam
AksesoriSikat pembersih, pre-shave brush, foil guard, charging stand, charger, panduan
FiturHipoallergenic foils
8

Goto HardwareKova Razor Electric Shaver

Mulai dari Rp 297.500,00

Dimensi produkTidak disebutkan
Berat produkTidak disebutkan
Tipe shaverRotary
Jumlah mata pisauTidak disebutkan
Tipe sumber tenagaBaterai isi ulang
Waktu stand by50 menit
Waktu charging4 jam
AksesoriKabel USB pengisian daya, kepala pencukur hidung, kepala pencukur jenggot, sikat pembersih, docking, panduan
Fitur4D Touch, kepala pencukur kumis, kepala pencukur bulu hidung
7

ShengfaAlat Cukur Kumis dan Jenggot

Mulai dari Rp 49.500,00

Dimensi produk11 cm x 6 cm x 2 cm
Berat produkTidak disebutkan
Tipe shaverReciprocating
Jumlah mata pisau1 buah
Tipe sumber tenagaBaterai isi ulang
Waktu stand byTidak disebutkan
Waktu charging12 jam
AksesoriKepala cukur, sikat pembersih, charger
FiturPelindung baja
6

EnchenBlackstone Electric Shaver Razor

Mulai dari Rp 111.000,00

Dimensi produk15,5 cm x 5,3 cm
Berat produk139 g
Tipe shaverRotary
Jumlah mata pisau3 buah
Tipe sumber tenagaBaterai isi ulang
Waktu stand by1,5 jam
Waktu charging1 jam
AksesoriKabel USB pengisian daya
FiturIPX7 waterproof
5
Dimensi produk10 cm x 5 cm x 3 cm
Berat produk140 g
Tipe shaverRotary
Jumlah mata pisauTidak disebutkan
Tipe sumber tenagaBaterai AA 2 buah
Waktu stand by60 menit
Waktu charging-
AksesoriKuas pembersih dan protective cap
FiturCloseCut blades
4
Dimensi produk11 cm × 6 cm × 4,5 cm
Berat produk150 g
Tipe shaverRotary
Jumlah mata pisau3 buah
Tipe sumber tenagaBaterai AA 2 buah
Waktu stand byTidak disebutkan
Waktu charging-
AksesoriKuas pembersih dan protective cap
FiturTidak disebutkan
3

KemeiAppliances Electric Shaver

KM-1102

Mulai dari Rp 155.000,00

Dimensi produk11,8 cm x 6,3 cm x 3,5 cm
Berat produk218 g
Tipe shaverReciprocating
Jumlah mata pisau2 buah
Tipe sumber tenagaBaterai isi ulang
Waktu stand by45 menit
Waktu charging8 jam
AksesoriKuas pembersih, protective cap, kabel charger, dan tas shaver
FiturTidak disebutkan
2

Han RiverAlat Cukur Rambut Elektrik

HRTXD02

Mulai dari Rp 240.000,00

Dimensi produkTidak disebutkan
Berat produk500 g
Tipe shaverRotary
Jumlah mata pisau3 buah
Tipe sumber tenagaBaterai isi ulang
Waktu stand by60 menit
Waktu charging8 jam
AksesoriAlat cukur kumis, jenggot elektrik, kabel USB pengisian daya, sikat pembersih
FiturIPX7 waterproof, kepala pencukur kumis, kepala pencukur bulu hidung
1
Dimensi produk11 cm x 8 cm x 19 cm
Berat produk500 g
Tipe shaverRotary
Jumlah mata pisauTidak disebutkan
Tipe sumber tenagaBaterai isi ulang
Waktu stand byTidak disebutkan
Waktu charging3 jam
AksesoriKabel pengisian daya, sikat, panduan
FiturWaterproof, kepala pencukur kumis, kepala pencukur bulu hidung

Tips merawat dan membawa shaver dengan benar

Agar shaver awet dan bisa dipakai berkali-kali, rawatlah shaver Anda dengan benar. Ingin tahu bagaimana cara merawat shaver dan bolehkan membawa shaver saat naik pesawat? Simak tips merawat dan membawa shaver dengan benar di bawah ini!

Cara merawat shaver dengan benar agar awet dipakai

Cara merawat shaver dengan benar agar awet dipakai

Membersihkan shaver setelah dipakai sangatlah penting untuk menjaga ketajamannya. Namun, pastikan bagian dalam shaver tetap terlapisi minyak setelah dicuci dengan alkohol karena alkohol dapat melarutkan minyak. Meski pelumas minyak lebih disarankan, Anda tetap dapat menggantinya dengan silikon atau pelumas komersial yang lain.


Pisau luar dan baterai juga perlu diganti setelah satu hingga dua tahun pemakaian walaupun sudah dirawat dengan rutin. Karena itu, sebaiknya pilih produk dengan suku cadang yang dapat dibeli terpisah agar memudahkan Anda di kemudian hari.

Apakah diperbolehkan membawa alat cukur pria ke dalam pesawat?

Apakah diperbolehkan membawa alat cukur pria ke dalam pesawat?

Alat cukur pria dapat dibawa ke dalam pesawat karena tidak ada standar spesifik yang diatur oleh penerbangan mengenai shaver. Dengan demikian, Anda dapat membawa shaver favorit Anda tanpa perlu merasa khawatir.

Baca juga rekomendasi perlengkapan cukur lainnya di sini

Kegiatan mencukur akan terasa lengkap bila terdapat produk lain yang membuat hasil cukur tampak sempurna. Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk pendamping dalam aktivitas bercukur, seperti shaving foam, shaving gel, dan shaving cream. Selamat menikmati sajian kami melalui link berikut ini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan shaver untuk pria pilihan Anda? Shaver adalah alat yang penting bagi kaum pria. Saat Anda harus tampil rapi dan hanya ada sedikit waktu, shaver yang sesuai dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

Ketika Anda hendak membeli shaver, luangkanlah sedikit waktu untuk membaca tips yang telah kami berikan agar tidak salah pilih. Semoga Anda dapat menemukan shaver terbaik yang dapat diandalkan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cetaphil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat, terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi, dari yang mahal hingga harga kurang dari 100 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga menyiapkan beberapa rekomendasi merek serum retinol yang bagus, seperti Somethinc, Avoskin, dan Azarine. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, manakah yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya tips memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Peeling gel adalah produk yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Peeling gel biasanya memiliki kandungan AHA, BHA, atau PHA yang berfungsi membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati. Saat ini sudah banyak peeling gel yang bagus, seperti merek Hanasui, Girlpal, dan The Body Shop.Kami akan memberi rekomendasi peeling gel terbaik. Anda bisa mendapatkan peeling gel untuk kulit berminyak dan berjerawat, kulit kering, dan sensitif. Selain itu, tips memilih produk eksfoliasi gel juga akan dibahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Yuk, baca lebih lanjut!
    Perawatan wajah
  • 10 Skincare Aloe Vera Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Skincare Aloe Vera Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Aloe vera dikenal memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Namun, tentunya tidak mudah jika Anda harus mengolah sendiri tanaman lidah buaya menjadi skincare. Untuk itu, Anda bisa menggunakan produk perawatan dengan kandungan Aloe vera agar lebih praktis. Ada banyak skincare Aloe vera yang bagus dari merek lokal, seperti Wardah, N'PURE, dan Azarine. Ada juga merek Korea, seperti Benton, Nature Republic, dan Innisfree. Temukan skincare Aloe vera yang tepat di artikel ini! Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Putu Ayu Elvina dan dr. Ida Ayu Diah Purnama.
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori