10 Rekomendasi Pisau Outdoor Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Pisau Outdoor Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Saat berada di alam bebas, pisau outdoor sangat Anda butuhkan, misalnya untuk mengolah bahan makanan dan membelah kayu. Ada beberapa nama lain untuk pisau outdoor, seperti pisau camping atau pisau tentara. Beberapa merek pisau outdoor yang terkenal dan memiliki reputasi baik adalah Victorinox, Opinel, Morakniv, dan Spyderco.

Anda bingung memilih pisau outdoor yang tepat untuk Anda? Sebelum membeli, sebaiknya baca dulu artikel berikut karena kami akan membahas cara memilih pisau outdoor dan memberikan rekomendasi beberapa produk terbaik untuk Anda. Jadikan artikel ini referensi Anda dalam memilih pisau outdoor.

Daftar isi

Cara memilih pisau outdoor

Pisau outdoor tipenya bermacam-macam dan material mata pisaunya pun berbeda-beda. Kami akan menjelaskan masing-masing jenis pisau tersebut sehingga Anda bisa memilih pisau yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih berdasarkan ketajaman dan kemudahan saat membawanya

Secara umum, pisau outdoor dibagi menjadi 3 jenis. Kami akan menjelaskan setiap jenisnya di bawah ini, jadi pilihlah sesuai kebutuhan Anda!

Pisau bilah : Kokoh, mata pisau panjang, dan cocok untuk kondisi outdoor sesungguhnya

Pisau bilah : Kokoh, mata pisau panjang, dan cocok untuk kondisi outdoor sesungguhnya

Pisau bilah memiliki bentuk yang kaku dan tidak bisa dilipat sehingga cocok untuk dipakai melakukan pekerjaan berat. Pisau jenis ini mudah dibersihkan saat kotor dan mudah diasah ketika mata pisaunya mulai tumpul. Bisa dibilang pisau ini sangat dapat diandalkan untuk memotong dahan pohon dan tali, bahkan pada kondisi petualangan sungguhan, seperti survival di hutan.

Pisau lipat : Cocok untuk digunakan di area perkemahan

Pisau lipat : Cocok untuk digunakan di area perkemahan

Pisau lipat merupakan pisau yang lebih aman saat dibawa karena mata pisaunya bisa dilipat. Namun, pisau ini lebih tidak tajam jika dibandingkan dengan pisau bilah sehingga pisau lipat biasanya digunakan untuk mengolah bahan makanan, memotong ranting, atau sejenisnya. Pisau ini lebih cocok digunakan di area perkemahan saja daripada di alam liar.

Jika kotoran yang menempel tidak segera dibersihkan, pisau ini mudah berkarat sehingga harus dibersihkan dengan benar setelah digunakan.

Tool knife : Kombinasi berbagai peralatan lain yang berguna selain pisau

Tool knife : Kombinasi berbagai peralatan lain yang berguna selain pisau

Tool knife adalah alat serbaguna yang dilengkapi beberapa alat lain seperti pembuka kaleng, sendok, dan cutter di samping pisau. Pisau jenis ini bisa digunakan untuk berbagai kegiatan outdoor, seperti mendaki gunung, panjat tebing, dan sebagai alat untuk kondisi darurat karena ukurannya yang compact dan multifungsi.

Dari segi ketajaman dan daya tahan, pisau ini masih kalah jika dibandingkan dengan pisau bilah dan pisau lipat. Namun, pisau ini terkenal lebih praktis karena terdiri dari banyak alat dalam satu produk.

Pilih material yang sesuai dengan penggunaannya

Pisau outdoor memiliki jenis bahan yang berbeda-beda tergantung penggunaannya di lapangan. Setelah ini, kami akan menjelaskan 5 karakteristik bahan pisau yang umum digunakan, pilihlah berdasarkan penggunaannya!

Baja karbon : Mudah diasah dan sangat tajam

Baja karbon : Mudah diasah dan sangat tajam

Pisau yang terbuat dari baja karbon memiliki ketajaman sangat baik dan mudah untuk dirawat. Pisau ini cocok untuk Anda yang mengutamakan ketajaman pisau dan ingin bisa menebas dahan-dahan pohon dengan mudah.

Jika Anda jarang membersihkannya, pisau ini mudah berkarat, tetapi tidak akan jadi masalah bila Anda rajin membersihkannya. Pisau jenis ini kokoh saat digenggam dan nyaman saat digunakan sehingga membuatnya makin disukai banyak orang.

Blue paper steel : Biasa dipakai sebagai pisau dapur dan pas untuk mengolah makanan

Blue paper steel : Biasa dipakai sebagai pisau dapur dan pas untuk mengolah makanan

Bahan pisau ini disebut juga Aogami dan berasal dari Jepang serta memiliki ketajaman yang baik. Bahan pisau ini cocok untuk mengolah daging dan ikan. Jika Anda menggunakan pisau ini dan merasakan ketajamannya, Anda pasti tidak akan puas dengan ketajaman pisau lainnya. Seperti bahan baja karbon, bahan ini mudah berkarat sehingga Anda perlu merawatnya dengan baik. Sayangnya, Anda masih akan kesulitan menemukan produk ini di pasaran Indonesia.

Baja H1 : Cocok untuk kegiatan di laut, seperti memancing dan menyelam

Baja H1 : Cocok untuk kegiatan di laut, seperti memancing dan menyelam

Bahan baja H1 ini memiliki kemampuan tahan karat yang tinggi meski terendam di air laut dalam waktu lama. Pisau dengan bahan ini cocok untuk kegiatan outdoor di laut, seperti memancing dan menyelam. Dibanding baja karbon atau blue paper steel, ketajaman pisau ini masih kalah, tetapi dikatakan bahwa semakin tinggi harga pisau ini, ketajamannya pun semakin baik. Jika Anda mengutamakan ketajaman pisau, pilihlah yang harganya lebih tinggi.

Stainless steel : Tahan karat, mudah diasah, dan biasa dipakai membuat pisau dapur

Stainless steel : Tahan karat, mudah diasah, dan biasa dipakai membuat pisau dapur

Bahan yang tahan karat ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Bahan stainless steel ini banyak digunakan untuk pembuatan pisau dapur dan gunting. Selain tahan karat, pisau ini juga mudah diasah. Namun, pengasahan berlebihan bisa membuat pisau ini terlalu tajam sehingga Anda harus berhati-hati agar tidak mengasahnya terlalu tajam. Jika Anda menggunakannya di laut, bilaslah dengan air bersih dan keringkan dengan baik.

Baja molibdenum : Kuat, tajam, dan tahan lama

Baja molibdenum : Kuat, tajam, dan tahan lama

Bahan ini relatif ringan dan mudah diasah, serta ketajamannya bertahan lama. Keunggulan bahan ini adalah tidak mudah berkarat, mata pisaunya tidak mudah patah, dan pengasahan tambahan akan membuatnya semakin tajam. Pisau berbahan kuat dan mudah digunakan ini cukup terkenal di luar negeri, terutama di negara beriklim dingin seperti Eropa Utara.

Perhatikan bentuk pisau karena mempengaruhi ketajaman dan daya tahannya

Perhatikan bentuk pisau karena mempengaruhi ketajaman dan daya tahannya

Ketajaman dan daya tahan pisau akan berubah tergantung pada jenis pisau dan bahan pembuatnya, tetapi ternyata bentuk pisau juga akan mempengaruhi ketajamannya. Sebaiknya Anda memahami tentang bentuk pisau terlebih dahulu.

Bentuk pisau yang umum adalah V-shaped atau disebut pisau datar. Ketajaman dan daya tahan pisau ini berada di tingkat menengah. Di sisi lain, pisau berongga dengan desain berlubang pada mata pisaunya merupakan bentuk pisau yang susah untuk tajam meski sudah diasah berulang kali. Namun, ujung pisaunya lebih tipis dibanding pisau berbentuk datar sehingga ketajamannya lebih baik. Anda harus berhati-hati saat mengiris dengan pisau berongga.

Ada juga pisau berbentuk cembung yang digunakan juga untuk membuat kapak. Karakteristik pisau ini adalah mata pisaunya tidak datar. Meskipun tidak begitu tajam, pisau ini memiliki daya tahan tinggi, bahkan bisa dipakai untuk membelah kayu.

Sebaiknya bawa pisau serbaguna dan pisau khusus

Sebaiknya bawa pisau serbaguna dan pisau khusus

Meski Anda sudah sering melakukan kegiatan outdoor, tetap saja memilih pisau outdoor tidak mudah karena tidak ada pisau universal yang dapat digunakan untuk segala hal. Karena itu, kami menyarankan Anda memiliki satu pisau khusus dengan ketajaman dan daya tahan yang bagus, serta pisau serbaguna yang bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

Jika Anda berencana berkemah bukan di area khusus perkemahan, Anda perlu menyiapkan satu pisau untuk membuat api unggun dan membelah kayu, lalu sebuah pisau multi tools dan pisau bilah sebagai cadangan. Apa pun kondisinya, sangat sulit untuk melakukan semua hal di alam dengan satu pisau. Jadi, sebaiknya Anda membawa 2 atau 3 pisau sesuai kebutuhan.

Pilih pisau lipat yang bisa dikunci agar lebih aman

Pilih pisau lipat yang bisa dikunci agar lebih aman

Saat memilih pisau lipat, satu hal yang tidak boleh terlewat adalah memastikan pisau tersebut memiliki fungsi pengunci. Ada tipe lock-back yang dilengkapi tombol untuk melipat pisau di sisi belakang gagangnya, lalu ada tipe liner lock yang penguncinya terletak di pangkal mata pisau, dan ada juga tipe ball lock. Sebaiknya Anda memastikan hal tersebut lebih dahulu sebelum memutuskan membelinya.

Jika Anda menggunakan pisau dengan tipe lock-back dan ingin mengeluarkan mata pisaunya, tekan tombol untuk melepaskan pengunci sambil menarik mata pisaunya keluar. Hati-hati agar Anda tidak menekan tombolnya secara tidak sengaja untuk membuka pisau saat Anda sedang memegang gagangnya. Hal yang sama juga berlaku pada tipe liner lock dan ball lock, Anda harus selalu berhati-hati.

10 Rekomendasi pisau outdoor terbaik

Selanjutnya kami akan memberikan rekomendasi pisau yang bisa Anda pilih ketika berkegiatan di alam terbuka atau bagi Anda yang sekadar mencari pisau untuk koleksi. Silakan pilih pisau outdoor yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Eiger Multi Tools P333

10. Eiger Multi Tools P333

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 229.000

Bisa jadi kunci inggris sekaligus pisau, fungsional!

Produk ini merupakan tool knife buatan lokal yang terbuat dari bahan stainless steelTool knife ini berbentuk kunci Inggris sehingga memiliki keunikan tersendiri dibanding tool knife lain. Produk ini tidak hanya berguna saat camping, tetapi bisa digunakan juga untuk mengendurkan atau mengencangkan mur dan baut.

Selain kunci Inggris, pisau ini dilengkapi berbagai peralatan outdoor lain, seperti pisau outdoor, pembuka kaleng, dan gunting kecil. Produk ini cocok dimiliki bila Anda mencari pisau serbaguna yang bisa digunakan untuk memperbaiki mesin atau benda lainnya sekaligus bisa digunakan untuk kegiatan outdoor.

Material Stainless steel
Panjang keseluruhan Tidak ada keterangan
Panjang mata pisau Tidak ada keterangan
Berat 100 gr

9. Morakniv Eldris

9. Morakniv Eldris

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 592.920

Imut nan praktis, warnanya pun beragam, lho!

Pisau Morakniv Eldris ini kami rekomendasikan untuk Anda yang menyukai pisau berukuran kecil, tetapi cukup tajam. Mata pisaunya berukuran kurang dari 6 cm dengan ketebalan 2 mm, tidak terlalu panjang untuk ukuran pisau bilah. Ukurannya yang kecil membuat pisau ini bisa Anda simpan di kantong dengan mudah atau dikalungkan di leher.

Dari segi ukuran dan kemudahan disimpannya, produk ini akan sangat cocok dibawa untuk panjat tebing karena lebih efisien dan ringkas. Selain itu, pisau ini tersedia dalam berbagai pilihan warna, seperti hitam, biru dan merah. Warnanya cukup mencolok sehingga lebih mudah ditemukan saat terselip atau terjatuh.

Material Stainless steel
Panjang keseluruhan 14,2 cm
Panjang mata pisau 5,9 cm
Berat 62 gr

8. IKEA VÖRDA Vegetable Knife

8. IKEA VÖRDA Vegetable Knife

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 169.000

Bahan molibdenumnya membuat pisau awet dan tetap tajam dalam waktu lama

Pisau keluaran IKEA ini terbuat dari bahan baja tahan karat molibdenum. Pisau ini bisa Anda gunakan untuk memotong sayuran ketika piknik bersama keluarga di ruang terbuka. Selain itu, produk ini juga cocok bagi Anda yang menginginkan pisau yang tetap tajam dalam waktu lama, tanpa perlu diasah dan tidak mudah berkarat.

Produk ini memiliki desain lekukan khas pada bilah pisaunya yang berfungsi untuk membuat makanan tidak menempel pada pisau saat makanan dipotong. Anda jadi bisa memotong sayuran dengan lebih cepat saat camping. Harga pisau ini juga terjangkau sehingga bisa Anda jadikan sebagai pisau cadangan saat melakukan kegiatan outdoor.

Material Baja molibdenum
Panjang keseluruhan 30 cm
Panjang mata pisau 16 cm
Berat 220 gr

7. Opinel No8 Outdoor

7. Opinel No8 Outdoor

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 455.000

Mata pisau unik bergerigi parsial, bikin memotong buah dan daging lebih mudah

Pisau outdoor Opinel No 8 ini memiliki keunikan di bagian mata pisaunya, yakni desainnya setengah bergerigi dan setengah lagi bentuknya datar, ditambah lagi dengan lubang di bagian atasnya. Dengan bentuk mata pisau bergerigi, pisau ini bisa digunakan untuk menyobek daging atau memotong buah dengan lebih mudah.

Lubang di bagian atas mata pisau bisa berfungsi untuk membuka sekrup dan semacamnya. Seperti pisau outdoor dari Opinel lainnya, pisau ini dilengkapi Virobloc Safety Rings untuk mengunci mata pisaunya agar lebih aman. Untuk Anda yang ingin mencari pisau outdoor bergerigi berkualitas dan aman, pilih produk ini!

Material Stainless steel
Panjang keseluruhan 19,7 cm
Panjang mata pisau 9,5 cm
Berat 62,37 gr

6. Gerber Paraframe Mini

6. Gerber Paraframe Mini

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 250.000

Pisau mini dengan desain minimalis dan bobot yang ringan

Pisau ini terbuat dari bahan high carbon stainless yang tahan karat dan dilengkapi frame lock yang berfungsi sebagai pengaman. Dengan menggunakan kunci pengaman ini, Anda bisa menggunakan pisau dengan posisi mantap dan aman ketika memotong. Desain fine edge blade pada mata pisaunya membuat hasil potongannya rapi.

Kesan yang muncul saat menggunakan pisau ini adalah desainnya minimalis dan bobotnya ringan. Bobotnya hanya sekitar 39,7 gram dan bisa dibuka menggunakan satu tangan dengan mudah. Untuk Anda yang suka pisau outdoor dengan bobot yang super ringan, produk ini cocok untuk Anda!

Material Baja karbon
Panjang keseluruhan 13,3 cm
Panjang mata pisau 5,64 cm
Berat 39,7 gr

5. Morakniv Companion

5. Morakniv Companion

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 430.000

Handle ergonomis berbahan TPE rubber yang nyaman digenggam

Bagi Anda yang masih pemula dalam kegiatan outdoor, sebaiknya pilih pisau outdoor yang aman dan mudah dibawa seperti pisau ini. Pisau ini memiliki pegangan berbahan TPE (Thermoplastic elastomers) rubber yang ergonomis dan antislip sehingga bisa Anda pegang dengan kuat serta mengurangi risiko kecelakaan saat menggunakan pisau.

Pisau ini terbuat dari Swedish stainless steel yang tahan lama dan tajam sehingga Anda tidak perlu ragu akan kualitasnya. Salah satu keunikan produk ini adalah kantong pisaunya memiliki banyak variasi warna, seperti hitam, hijau, merah muda, dan jingga. Produk ini cocok sekali untuk remaja yang baru pertama kali camping atau hiking.

Material Stainless steel
Panjang keseluruhan 21,9 cm
Panjang mata pisau 10,4 cm
Berat 118 gr

4. Kershaw Cryo, Tanto Blackwash 1555TBW

4. Kershaw Cryo, Tanto Blackwash 1555TBW

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 572.000

Black-oxide blackwash bikin pisau ini makin awet dan tahan korosif

Kershaw Cryo Tanto Blackwash merupakan salah satu produk pisau outdoor yang mengutamakan daya tahan tinggi. Bagian black-oxide blackwash pada pisau ini membuatnya tahan lama dan tidak mudah korosif. Pisau ini memang sengaja didesain sebagai pisau yang kokoh dan kuat, tetapi dari segi estetika tetap terlihat menarik.

Ditambah lagi mata pisaunya terbuat dari stainless steel, semakin menegaskan bahwa pisau ini bisa dipakai dalam jangka waktu panjang. Selain awet, pisau ini juga bisa dibuka dengan mudah menggunakan satu jari karena adanya teknologi Speedsafe. Pisau ini cocok untuk Anda yang menginginkan pisau outdoor dengan daya tahan tinggi.

Material Stainless steel
Panjang keseluruhan 16,5 cm
Panjang mata pisau 7 cm
Berat 116,2 gr

3. Spyderco Pacific Salt Yellow FRN C91PYL

3. Spyderco Pacific Salt Yellow FRN C91PYL

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.360.000

Bebas memotong ikan laut segar tanpa harus takut karat

Pisau lipat Spyderco ini terbuat dari baja H1 sehingga tidak perlu khawatir terhadap karat meskipun basah atau terkena air laut. Dengan begitu, Anda bisa membawanya ke laut untuk memancing dan dapat memotong langsung ikan segar hasil tangkapan Anda. Cocok untuk Anda suka memakan sashimi atau mengolah ikan langsung saat memancing.

Meskipun tidak sering dibersihkan, kualitas ketajaman dan daya tahan pisau ini tetap terjaga dengan baik. Selain itu, pada mata pisaunya terdapat lubang sebesar 14 sehingga pisau lebih mudah dibuka meskipun tangan Anda basah atau menggunakan sarung tangan. Desain pegangannya juga antislip sehingga nyaman saat dipakai!

Material Baja H1
Panjang keseluruhan 21,9 cm
Panjang mata pisau 9,7 cm
Berat 86 gr

2. Victorinox Swiss Army Super Tinker

2. Victorinox Swiss Army Super Tinker

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 459.000

Semua yang Anda butuhkan saat berpetualang ada di pisau ini

Produk ini merupakan pisau multifungsi dengan kegunaan yang luas. Victorinox Swiss Army terbukti hingga beberapa dekade setelah perang dunia kedua masih menjadi produk pilihan untuk kegiatan outdoor. Produk ini dilengkapi dengan peralatan yang bisa digunakan untuk hampir semua keperluan ketika Anda berpetualang.

Produk ini terdiri dari beberapa peralatan fungsional dalam satu paket, seperti dua bilah pisau, pembuka kaleng, obeng, hingga gunting. Dengan pisau ini, camping Anda akan lebih nyaman dan lebih siap saat menghadapi situasi darurat yang mungkin terjadi. Cocok untuk Anda yang ingin membawa multi tools berkualitas dan efisien!

Material Stainless steel
Panjang keseluruhan 9,14 cm
Panjang mata pisau Tidak ada keterangan
Berat 85 gr

1. Opinel No12 Explore

1. Opinel No12 Explore

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.000.000

Survival knife berukuran besar yang dilengkapi fire starter dan peluit

Jika Anda terjebak dalam kondisi survival di hutan, mungkin pisau Opinel No 12 Explore adalah pisau outdoor yang paling Anda harapkan ada di saku. Keunggulan pisau ini adalah dilengkapi peralatan yang dibutuhkan saat kondisi survival, seperti fire starter untuk membuat api dan peluit yang mampu menghasilkan suara 110 db.

Dari segi pisaunya, ketajaman pisau ini sangat baik dan antikarat karena terbuat dari bahan sandvik stainless steel. Pegangannya berbahan fiberglass yang tidak mudah rusak dalam kondisi medan apa pun. Pisau ini merupakan alat yang wajib Anda miliki jika ingin pergi menjelajah hutan yang kondisinya masih liar.

Material Stainless steel
Panjang keseluruhan
Panjang mata pisau 10 cm
Berat

Perhatikan hukum membawa dan memakai pisau outdoor

Perhatikan hukum membawa dan memakai pisau outdoor

Di Indonesia memakai dan menyimpan senjata tajam harus mengikuti peraturan perundang-undangan. Menurut Undang-Undang Darurat Nomor 12 tahun 1951, pasal 2 ayat 1 dan 2 mengatur kepemilikan senjata tajam. Dalam pasal 2 ayat 1 disebutkan bahwa kepemilikan tanpa hak berupa senjata tajam akan dihukum paling lama 10 tahun. Lalu, ayat 2 mengatur bahwa kepemilikan senjata tajam hanya diperbolehkan untuk beberapa hal, yaitu untuk pertanian, untuk pekerjaan rumah tangga, dan untuk koleksi sebagai benda pusaka atau benda kuno.

Di Indonesia tidak ditemukan peraturan perundang-undangan yang mengatur secara spesifik mengenai izin kepemilikan senjata tajam. Hal ini berbeda dengan kepemilikan senjata api yang memang diatur. Perlu Anda ingat bahwa membawa senjata tajam yang bersifat menikam seperti pisau tidak diperbolehkan untuk keperluan berjaga-jaga atau perlindungan diri.

Saat Anda membawa pisau outdoor ke area perkemahan atau sejenisnya, bungkus atau tutuplah dengan aman. Jangan membuat tampilannya tampak mencolok saat Anda membawa pisau dan berikan kesan pisau tersebut tidak akan digunakan saat itu juga, serta sudah dibungkus dengan aman.

Selain itu, setelah selesai camping, jangan lupa keluarkan pisau tersebut dari kantong atau tas Anda. Jika Anda terkena razia di jalan, pisau tersebut tetap dianggap sebagai milik Anda, meskipun tidak sengaja terbawa. Jangan sampai Anda malah dicurigai ingin berbuat kriminal hanya karena membawa pisau untuk keperluan berkemah.

Baca juga rekomendasi multi tools untuk kegiatan outdoor di sini

Multi tools biasanya berisi beberapa peralatan yang berguna untuk outdoor, seperti pisau, gunting kuku, dan pembuka kaleng. Multi tools banyak dipilih karena lebih efisien dan mudah dibawa. Bagi Anda yang ingin mencari tahu mengenai multi tools lebih lanjut bisa membaca artikelnya di sini.

Baca juga rekomendasi kapak untuk kegiatan outdoor di sini

Saat melakukan kegiatan outdoor, kurang lengkap rasanya tanpa membuat api unggun. Untuk membuat api unggun, Anda akan memerlukan kapak untuk membelah kayu bakar. Di artikel berikut ini Anda bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai cara memilih kapak outdoor yang baik. Baca artikelnya di sini.

Kesimpulan

Kami telah mengulas cara memilih pisau outdoor. Kami juga telah merekomendasikan 10 pisau outdoor yang bisa dijadikan pertimbangan oleh Anda. Silakan pilih pisau outdoor sesuai dengan yang Anda butuhkan ketika berkegiatan di alam terbuka atau sekadar untuk koleksi. Bagaimana pendapat Anda?

Berhati-hatilah dalam menggunakan senjata tajam dan ikuti peraturan yang ada agar Anda aman dan nyaman selama berkegiatan!