10 Rekomendasi Pisau Outdoor Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Pisau Outdoor Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Pisau merupakan peralatan yang berguna ketika Anda berpetualang di alam bebas. Opinel, Morakniv dan Spyderco menyediakan pisau yang bisa dipakai untuk mempermudah Anda saat camping, hiking, dan kegiatan outdoor lainnya.

Kami akan mengupas cara memilih pisau untuk keperluan outdoor. Pilihlah pisau yang sesuai untuk kegiatan Anda di alam terbuka.

Daftar isi

Cara memilih pisau outdoor

Pisau outdoor umumnya digunakan bagi mereka yang senang berkegiatan di luar ruangan atau Anda yang bekerja di area hutan, sungai atau di laut. Pisau outdoor juga bisa digunakan saat keadaan darurat misalnya ketika Anda tersesat di area hutan. Penggunaan pisau outdoor biasanya digunakan untuk memotong dahan, membuat api unggun, memotong tali hingga mengolah hasil pancingan Anda di perairan. Pada umumnya pisau outdoor tersedia dengan berbagai bahan dan tipe. Penasaran dengan cara memilih pisau outdoor yang sesuai? Ayo simak ulasan kami berikut ini!

Jenis pisau outdoor

Pisau outdoor terdiri dari dua jenis yaitu pisau bilah yang tidak bisa dilipat dan pisau outdoor yang bisa dilipat atau biasa disebut pisau lipat.

Pisau bilah

Pisau bilah

Pisau bilah umumnya lebih kuat, lebih besar, lebih panjang dan lebih mudah serta siap digunakan daripada pisau lipat. Karena ukurannya yang relatif besar, pisau bilah lebih mudah untuk dibersihkan. Pisau bilah memerlukan sarung untuk menjaga pisau dalam keadaan aman selama tidak digunakan.

Pisau bilah umumnya lebih besar dari pisau lipat sehingga bisa memakan ruang saat disimpan. Pisau bilah juga relatif lebih berat dibanding pisau lipat. Pisau jenis ini digunakan untuk keperluan standar seperti memotong dahan, ranting atau memotong bahan yang tebal dan rumit.

Pisau lipat

Pisau lipat

Pisau jenis ini sesuai namanya mudah dilipat, mudah dibawa dan relatif lebih ringan dibandingkan pisau bilah. Pisau lipat cocok digunakan apabila Anda berkemah di kawasan khusus yang dikelola oleh instansi khusus.
Pisau jenis ini memerlukan perawatan ekstra dibandingkan pisau bilah.

Anda harus mengecek kebersihannya secara berkala, terutama di bagian kecil tersembunyi yang memiliki lipatan. Jika ada kotoran yang tidak terlihat dan ikut masuk ketika Anda melipat pisau, akan mengakibatkan pisau mudah berkarat. Pisau lipat umumnya menghemat ruang saat dibawa. Anda bisa menyimpan pisau lipat dengan peralatan P3K.

Bahan pisau outdoor

Pisau outdoor memiliki jenis bahan yang berbeda-beda tergantung penggunaan outdoor-nya. Ada 4 jenis bahan yang biasa digunakan pada pisau outdoor. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda ketika berkegiatan di alam terbuka.

Baja karbon

Baja karbon

Pisau dengan bahan baja karbon biasa digunakan untuk pekerjaan kasar, karena umumnya lebih tebal dan keras. Anda bisa memotong batang pohon atau ranting dengan mudah dengan pisau jenis ini. Pisau yang terbuat dari baja karbon memiliki ketajaman yang bagus dan mudah untuk diasah. Pisau ini cocok digunakan jika Anda mencari pisau yang tajam dan mudah dirawat.

Pisau dengan bahan ini relatif bisa terawat dalam jangka waktu lama selama Anda membersihkannya dengan benar. Pisau jenis ini kokoh saat digenggam dan akan terasa nyaman saat digunakan. Pisau yang terbuat dari bahan ini cukup populer digunakan. Kekurangan baja karbon adalah mudah berkarat.

Baja H-1

Baja H-1

Bahan ini memiliki kemampuan yang tinggi terhadap pembentukan karat walau direndam di air laut untuk waktu yang lama. Bahan baja H-1 biasa disebut super stainless steel dengan ketahanan terhadap karat lebih tinggi daripada baja tahan karat biasa. Pisau ini bisa Anda pakai di tempat dengan kelembapan tinggi seperti hutan tropis atau di rawa.

Pisau jenis ini cocok digunakan ketika Anda menyelam atau memancing. Pisau baja H-1 memiliki ketajaman lebih rendah dibandingkan pisau dengan bahan baja karbon dan pisau kertas biru.

Stainless steel (baja tahan karat)

Stainless steel (baja tahan karat)

Bahan ini merupakan pisau yang paling umum digunakan dan paling banyak ditemukan. Bahan ini memiliki keunggulan tahan terhadap karat yang cocok bagi Anda yang kesulitan atau malas membersihkan pisau. Namun jika Anda menggunakan pisau jenis ini di laut, Anda perlu membersihkannya secara hati-hati lalu dikeringkan dengan baik. Pisau ini juga akan memberikan ketajaman ekstra ketika diasah sehingga Anda perlu berhati-hati.

Baja molybdenum

Baja molybdenum

Bahan ini relatif lunak dan tajam ketika diasah dan ketajamannya bertahan hingga waktu lama. Pisau berbahan molybdenum memiliki ketahanan terhadap pembentukan karat dalam waktu yang lama. Pisau ini banyak digunakan di luar negeri dengan iklim dingin seperti Eropa bagian utara.

Pisau serbaguna atau keperluan khusus?

Pisau serbaguna atau keperluan khusus?

Jika Anda mencari pisau untuk menyelam atau memancing di laut, kami merekomendasikan pisau dengan bahan yang tahan karat. Jika Anda memancing di kolam air tawar Anda tidak begitu memerlukan pisau yang tahan karat selama Anda bisa membersihkan dan mengeringkannya dengan benar.

Pisau untuk keperluan khusus dapat digunakan sesuai jenis dan fungsinya, misalnya untuk memotong sayur dan daging. Namun jika Anda mencari pisau untuk keadaan darurat, Anda bisa memakai pisau serbaguna. Pisau jenis ini dapat berguna untuk mengolah makanan maupun untuk keperluan lain seperti memotong tali dan keperluan lain selama Anda tersesat.

10 Rekomendasi pisau outdoor terbaik

Selanjutnya kami akan memberikan rekomendasi pisau yang bisa Anda pilih ketika Anda berkegiatan di alam terbuka. Anda juga bisa menjadikan ulasan ini sebagai referensi bagi Anda yang mencari pisau sekadar untuk koleksi. Silakan pilih pisau outdoor yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. Teiton Pisau Lipat Kartu

10. Teiton Pisau Lipat Kartu

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 17.100

Pisau darurat serbaguna yang muat di dompet Anda

Pisau ini terbuat dari baja tahan karat dengan ukuran yang kecil. Pisau ini juga tidak akan berubah bentuk jika terkena panas. Keunikan pisau ini dapat dilipat menjadi sebesar kartu kredit dengan ukuran 5,5 x 8,6 cm. Anda bisa menyimpan di saku atau di dompet bersama kartu penting Anda lainnya. Bentuknya yang mungil membuat produk ini cocok dipakai jika diperlukan dalam keadaan darurat.

Pisau ini memiliki mekanisme perlindungan, yakni tidak melukai kulit, merobek saku ataupun memotong berkas tanpa disengaja saat pisau dalam keadaan berbentuk kartu. Pisau ini walaupun kecil bisa dipakai untuk memotong sayuran, membuka kemasan kardus, menajamkan pensil, memotong kertas hingga memotong tali. Anda yang membutuhkan pisau untuk berjaga-jaga, cocok memiliki produk ini di dalam dompet Anda.

9. Morakniv Eldris Blue

 

9. Morakniv Eldris Blue

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 592.920

Pisau baja tahan karat pelengkap pisau utama

Pisau ini cocok digunakan sebagai pisau tambahan ketika Anda berkegiatan di alam bebas. Produk ini bisa digesekkan dengan pemantik untuk menghasilkan percikan api saat Anda membuat api unggun. Pisau ini berukuran kurang dari 6 cm, tidak terlalu panjang untuk ukuran pisau bilah. Untuk menjaga agar tidak mudah hilang, pisau ini dilengkapi oleh seuntai tali paracord yang bisa Anda kalungkan di leher.

Produk ini tersedia dengan beberapa varian warna yakni hitam, hijau, biru dan keemasan yang cocok untuk Anda sesuaikan dengan suasana saat berkemah. Pilihan warna yang relatif mencolok akan mempermudah Anda untuk menemukan produk ini bila terselip atau terjatuh di luar ruangan. Jadi ketika Anda berkemah jangan sampai ketinggalan pisau ini sebagai pelengkap pisau utama.

8. Ikea Vorda

8. Ikea Vorda

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 169.000

Pisau untuk keperluan di dapur dan outdoor

Produk ini adalah pisau serbaguna berbentuk bilah. Anda bisa menggunakannya di dapur atau untuk keperluan di luar ruangan. Pisau Ikea Vorda terbuat dari bahan baja tahan karat molybdenum. Pisau ini digunakan khusus untuk memotong sayuran ketika Anda piknik bersama keluarga di ruang terbuka. Produk ini cocok bagi Anda yang mencari pisau yang mampu tajam dalam waktu yang lama tanpa diasah serta tidak mudah berkarat.

Produk ini memiliki desain khusus pada bilah pisaunya yang memiliki lekukan pada mata pisau. Lekukan tersebut berfungsi untuk membuat makanan tidak menempel pada pisau saat makanan dipotong. Anda mau memasak sayuran segar bersama keluarga saat piknik? Jangan lupakan pisau yang satu ini!

7. Opinel No. 07

7. Opinel No. 07

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 500.000

Pisau outdoor pertama untuk remaja

Produk ini cocok digunakan oleh remaja yang baru pertama kali melakukan kegiatan di alam terbuka. Produk ini bisa digunakan untuk kegiatan pramuka, berkemah, hiking atau kegiatan lainnya. Pegangan pada produk ini menggunakan bahan polyamide yang berguna untuk menahan guncangan, udara lembap dan suhu udara yang ekstrim.

Produk ini didesain dengan mata pisau yang berbentuk melengkung sehingga tidak terlalu tajam dan lebih aman untuk digunakan anak remaja. Bentuk pisau yang melengkung juga membuat pisau ini cocok untuk digunakan untuk mengoles mentega atau selai saat Anda berpiknik dengan anak Anda. Ingin memberi pengalaman pertama yang berkesan pada anak Anda saat berkemah? Pastikan Anda membawa produk ini.

6. Gerber Mini Paraframe Fine Edge

6. Gerber Mini Paraframe Fine Edge

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 330.000

Pisau ringan yang mudah dibawa dan dibersihkan

Pisau ini terbuat dari bahan baja tahan karat stainless steel. Pisau ini memiliki frame lock yang berfungsi sebagai pengaman. Dengan menggunakan kunci pengaman ini, Anda bisa menggunakan pisau dalam posisi mantap ketika memotong. Di bagian belakang pisau terdapat klip yang bisa Anda gunakan untuk menempelkan pisau pada sabuk atau pada saku sehingga memudahkan saat dibawa.

Pisau ini cocok untuk keperluan serbaguna yang bisa Anda pakai memotong tali hingga memasak saat beraktivitas di luar ruangan. Pilihlah produk ini jika Anda membutuhkan pisau yang aman ketika digunakan, mudah dibawa dan mudah dibersihkan.

5. Kershaw Cryo 1555ti

5. Kershaw Cryo 1555ti

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 800.000

Pisau lipat dengan berbagi teknologi

Pisau ini adalah pisau dengan baja tahan karat stainless steel yang dilengkapi dengan berbagai teknologi. Pertama, untuk membuka bilah pisau, Anda tinggal menggerakan fitur yang terdapat di gagang pisau sehingga Anda bisa membuka pisau lebih cepat daripada pisau lipat biasa. Untuk meningkatkan kualitas bilah pisau, produk ini menggunakan 2 jenis bahan baja premium yang dijadikan satu.

Teknologi lainnya adalah menggunakan sistem penguncian khusus Kershaw yang mampu mencegah pisau terlipat saat sedang digunakan. Dari segi desain, pisau ini menggunakan titanium carbo nitride pada bilahnya untuk membuat pisau selalu terlihat mengkilap. Produk ini cocok bagi Anda yang senang bereksperimen dengan pisau di alam terbuka.

4. Spyderco Salt FRN H-1 C91PYL

4. Spyderco Salt FRN H-1 C91PYL

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.360.000

Untuk Anda yang berkegiatan di air laut

Pisau lipat Spyderco ini terbuat dari bahan H-1 dengan ukuran bilah pisau kurang dari 10 cm. Dengan menggunakan pisau ini Anda tidak perlu khawatir terhadap karat karena pisau ini tidak berkarat ketika terkena air laut. Produk ini memiliki keunggulan dari segi ukuran yang kecil dan ketahanan di air yang sudah teruji. Produk ini cocok untuk Anda gunakan berkegiatan di dalam air seperti saat menyelam atau memancing.

Pisau ini merupakan jenis pisau lipat yang dibuka dengan memasukan jari Anda ke dalam lubang sebesar 14 mm. Ukuran sebesar ini dibuat untuk memudahkan pisau saat akan dibuka menggunakan sarung tangan atau ketika tangan basah. Pegangan pisau ini didesain agar bisa digunakan oleh kedua tangan. Cocok untuk Anda yang mempunyai hobi menyelam atau mengeksplorasi keindahan bawah laut.

3. Victorinox Super Tinker Swiss Army

3. Victorinox Super Tinker Swiss Army

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 389.000

Semua yang Anda butuhkan saat berpetualang ada di pisau ini

Produk ini merupakan pisau multifungsi dengan kegunaan yang luas. Pisau yang terbukti hingga beberapa dekade setelah perang dunia kedua masih menjadi produk pilihan untuk kegiatan outdoor. Produk ini dilengkapi dengan peralatan yang bisa digunakan untuk hampir semua keperluan ketika Anda berpetualang.

Produk ini terdiri dari beberapa peralatan fungsional dalam satu paket seperti 2 bilah pisau, pembuka tutup botol, obeng, pengait multiguna, tusuk gigi hingga pinset. Dengan membawa pisau ini saat Anda tersesat akan meningkatkan kepercayaan diri Anda untuk bisa menghadapi situasi darurat tersebut. Berpetualang tidak akan lengkap dengan produk ini. Pisau yang berkelas!

2. Morakniv Companion MG FT 10258

2. Morakniv Companion MG FT 10258

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 375.000

Bahan baja lebih tipis untuk penggunaan yang maksimal

Produk ini cocok bagi Anda yang mencari pisau bilah yang tidak terlalu berat. Baja karbon pada pisau ini didesain dengan ketebalan yang lebih tipis dibanding pisau pada umumnya namun tidak mengurangi performa saat pisau digunakan. Material yang tipis membuat pisau ini lebih mudah ketika diasah. Kekurangan pisau ini harus dirawat lebih ekstra hati-hati.

Pisau dengan bahan baja karbon ini musti diseka dan dioles pelumas jika sudah digunakan. Pisau ini termasuk pisau serbaguna yang bisa Anda andalkan ketika berkegiatan di luar ruangan. Pegangan pada pisau ini terbuat dari karet empuk yang tidak licin, pas di tangan dan mudah untuk digunakan. Pisau ini cocok untuk Anda gunakan saat mengumpulkan ranting di hutan ketika ingin membuat api unggun !

1. Opinel No. 9

 

1. Opinel No. 9

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 275.000

Elegan, populer dan cocok untuk segala keperluan

Pisau lipat Opinel terbuat dari stainless steel dengan ketebalan 8,9 cm yang dilengkapi dengan sketsa khusus. Pisau ini dilengkapi dengan pegangan yang terbuat dari pohon beech alami. Produk ini dilengkapi dengan cincin khusus untuk mengunci pisau. Cincin Double Virobloc yang ada produk ini mampu mengunci pisau pada keadaan terbuka atau tertutup.

Pisau serbaguna ini dapat Anda gunakan untuk berbagai keperluan mulai memotong ikan, memotong daging, sampai meraut kayu. Namun pisau ini tidak direkomendasikan untuk penggunaan berat. Produk ini menggunakan baja khusus XC90 yang tidak mudah bengkok ketika digunakan sehingga cocok untuk memahat.  Produk ini direkomendasikan bagi Anda yang mencari pisau serbaguna dengan harga terjangkau.

Perhatikan pengunci pisau lipat saat digunakan

Perhatikan pengunci pisau lipat saat digunakan

Beberapa pisau lipat menggunakan mekanisme pengunci agar pisau bisa digunakan secara aman saat kondisi terbuka. Oleh karena itu pastikan pengunci terpasang dengan benar ketika pisau outdoor digunakan. Ada beberapa tipe pengunci diantaranya tipe liner lock yang berbentuk batang seperti penggaris  kecil dan akan bergesar ke tengah pisau ketika pisau berada dalam kondisi terbuka sehingga menahan pisau untuk kembali ke posisi tertutup. Ketika pisau dilipat liner lock akan bergeser ke sisi pegangan pisau.

Frame lock memiliki mekanisme penguncian yang sama dengan liner lock, bedanya liner lock merupakan batang khusus pengunci yang ditambahkan di antara rongga pegangan pisau lipat sedangkan pada frame lock yang berfungsi sebagai pengunci adalah bagian dari badan pegangan.

Pada sistem lock back pengunci berada pada bagian pegangan pisau paling atas. Untuk membuka kunci Anda bisa menekan tombol baja yang berada di tengah dengan posisi sejajar dengan pegangan. Ball lock akan mengunci pisau otomatis ketika pisau terbuka, untuk membuka kunci Anda bisa menekan bola pengunci ke arah yang berlawanan dari sisi tegaknya pisau.

Pastikan pisau terbuka sempurna untuk mengaktifkan sistem pengunci ketika pisau digunakan. Semua sistem ini akan mengunci otomatis ketika pisau terbuka sempurna yang ditandai dengan posisi bilah pisau sejajar dengan pegangan. Pastikan untuk tidak menekan pengunci pisau saat pisau digunakan. Hal ini bisa mengakibatkan pisau tidak stabil saat digunakan dan bisa membuat Anda cedera.

Hukum membawa dan memakai pisau outdoor

Hukum membawa dan memakai pisau outdoor

Di Indonesia memakai dan menyimpan senjata tajam harus mengikuti peraturan perundang-undangan. Berdasarkan undang-undang darurat no 12 tahun 1951, pasal 2 ayat 1 dan 2 mengatur kepemilikan senjata tajam, dalam pasal 2 ayat 1 disebutkan bahwa kepemilikan tanpa hak berupa senjata tajam akan dihukum paling lama 10 tahun. Ayat 2 mengatur bahwa kepemilikan senjata tajam hanya diperbolehkan untuk beberapa hal yaitu untuk pertanian, untuk pekerjaan rumah tangga dan untuk koleksi sebagai benda pusaka atau benda kuno.

Di Indonesia tidak ditemukan peraturan perundang-undangan yang mengatur secara spesifik mengenai izin kepemilikan senjata tajam. Hal ini berbeda dengan kepemilikan senjata api yang memang diatur. Perlu Anda ingat bahwa membawa senjata tajam yang bersifat menikam seperti pisau tidak diperbolehkan untuk keperluan berjaga-jaga atau perlindungan diri.

Kami menyarankan Anda yang membawa pisau outdoor untuk berkonsultasi atau meminta izin kepada instansi terkait. Jangan sampai Anda malah dicurigai ingin berbuat kriminal hanya karena membawa pisau untuk keperluan berkemah.

Kesimpulan

Kami telah mengulas cara memilih pisau outdoor. Kami juga telah merekomendasikan 10 pisau outdoor yang bisa dijadikan pertimbangan oleh Anda. Silakan pilih pisau outdoor sesuai dengan yang Anda butuhkan ketika berkegiatan di alam terbuka atau sekadar untuk koleksi. Bagaimana pendapat Anda?

Berhati-hatilah dalam menggunakan senjata tajam dan ikuti peraturan yang ada agar Anda aman dan nyaman selama berkegiatan !