mybest
Pisau

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Perlengkapan outdoor
  4. 10 Rekomendasi Pisau Outdoor Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Outdoor Activist]
  • 10 Rekomendasi Pisau Outdoor Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Outdoor Activist] 1
  • 10 Rekomendasi Pisau Outdoor Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Outdoor Activist] 2
  • 10 Rekomendasi Pisau Outdoor Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Outdoor Activist] 3
  • 10 Rekomendasi Pisau Outdoor Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Outdoor Activist] 4
  • 10 Rekomendasi Pisau Outdoor Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Outdoor Activist] 5

10 Rekomendasi Pisau Outdoor Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Outdoor Activist]

Saat Anda berada di alam bebas, pisau outdoor sangat dibutuhkan. Mengolah bahan makanan hingga membelah kayu akan lebih mudah dengan adanya pisau outdoor. Pisau outdoor juga dikenal sebagai pisau survival atau pisau camping. Anda akan menemukan pisau outdoor yang bagus merek Tekiro, Firecast, dan Eiger dalam artikel ini.

Kami akan mengupas cara memilih pisau outdoor terbaik untuk Anda. Rekomendasi produk beserta ulasannya pun telah kami siapkan. Pisau lipat untuk Anda yang menyukai kepraktisan juga ada, lho! Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. 
Diperbaharui 21/02/2024
Adlai Yulianus
Pakar
Aktivis kegiatan alam bebas
Adlai Yulianus

Pria yang bekerja di bidang komputer ini menekuni hobi kegiatan alam bebas sejak 1985. Adlai Yulianus yang akrab disapa Lele masih aktif dalam kegiatan alam bebas baik secara berkelompok maupun sendiri (solo). Beliau aktif melakukan kegiatan alam bebas di hutan rimba, gunung, pemanjatan tebing, dan penelusuran goa. Salah satu pencapaiannya adalah mendaki puncak Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl).

Profil Adlai Yulianus
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pisau outdoor

Semua pisau outdoor memang bisa digunakan di alam bebas. Meski begitu, beberapa di antaranya memiliki spesialisasi sehingga lebih pas untuk penggunaan tertentu. Simaklah penjelasan cara memilihnya berikut ini agar Anda mendapatkan produk yang tepat.
1

Sesuaikan ukuran pisau dengan tujuan penggunaannya

Sesuaikan ukuran pisau dengan tujuan penggunaannya

Jenis pisau outdoor yang kami sarankan untuk survival atau bushcraft (seni bertahan hidup di alam liar) adalah fixed blade. Pisaunya kuat dan tahan banting sehingga cocok untuk tugas ringan hingga berat. Nah, pisau ini umumnya berukuran panjang 1330 cm. Anda bisa menyesuaikan ukuran produk dengan kebutuhan.


  • Pilihlah pisau outdoor yang berukuran pendek jika kegiatan camping Anda tidak membutuhkan tugas berat. Makin pendek ukuran pisau outdoor, makin cocok digunakan untuk membuat perkakas hingga mengolah makanan. Pisau outdoor yang ukurannya lebih pendek lagi tentu praktis untuk dibawa, tetapi fungsinya tidak setinggi yang berukuran standar.

  • Pisau yang lebih panjang bisa dipilih bila kegiatan camping Anda melibatkan kegiatan heavy duty. Sementara itu, makin panjang ukurannya, produknya lebih cocok digunakan untuk batoning (membelah kayu) dan memotong dahan pohon. Sebaliknya, produk yang lebih panjang dari ukuran standar tidak mudah dibawa. Namun, produk seperti ini praktis untuk babat alas.

Sebisa mungkin pilihlah pisau outdoor yang full tang karena bilah pisaunya memanjang sampai ke gagangnya dan lebih erat menempel. Bilah pisau jenis ini tidak mudah terlepas bahkan patah dari gagangnya saat Anda melakukan tugas-tugas berat. Anda bisa membawa dua macam pisau, yaitu full tang dan serbaguna, tergantung tujuan perjalanan Anda.

2

Ketahui karakteristik dari material bajanya

Tergantung pada jenis baja bilahnya, tingkat ketajaman dan cara perawatan pisau outdoor berbeda-beda. Ada yang tahan karat atau bisa dipakai di dalam air, lho.

Baja karbon: Mudah diasah sampai benar-benar tajam

Baja karbon: Mudah diasah sampai benar-benar tajam
Pisau yang terbuat dari baja karbon mudah untuk diasah, tetapi tidak mudah dirawat. Baja ini bisa diasah sampai benar-benar tajam. Karena itu, produknya cocok untuk heavy duty, seperti membelah kayu, membuat perkakas, dan memotong dahan pohon.

Jika Anda jarang membersihkannya, baja ini mudah berkarat. Jadi, Anda perlu rajin membersihkan produknya dengan minyak. Pisau dari baja karbon terasa kukuh saat digenggam, serta nyaman digunakan sehingga membuatnya disukai banyak orang. Pisau yang terbuat dari baja karbon biasanya berbentuk full tang dan memiliki bilah cukup besar atau panjang.

Baja H1: Cocok untuk kegiatan di laut, seperti memancing dan menyelam

Baja H1: Cocok untuk kegiatan di laut, seperti memancing dan menyelam
Baja H1 memiliki kemampuan tahan karat yang tinggi meski terendam di air laut dalam waktu lama. Oleh karenanya, pisau dari baja ini banyak dimanfaatkan untuk kegiatan outdoor di laut, misalnya memancing dan menyelam.

Dibandingkan baja karbon atau blue paper steel, ketajaman pisau ini masih kalah. Namun, makin tinggi harga produknya, ketajamannya pun makin baik. Jika Anda mengutamakan ketajaman pisau, pilihlah yang harganya lebih tinggi.

Stainless steel: Tahan karat sehingga mudah dirawat

Stainless steel: Tahan karat sehingga mudah dirawat

Salah satu keunggulan pisau stainless steel adalah tidak mudah berkarat. Tidak heran kalau bahan baja ini banyak diolah menjadi perkakas rumah tangga, antara lain pisau dapur. Meski tidak memerlukan perawatan khusus, kekuatannya tidak sebaik baja karbon.


Selain itu, pisau stainless steel tidak mudah diasah sampai sangat tajam. Akan tetapi, karena tidak mudah berkarat, produknya cocok digunakan di lingkungan yang basah. Jika Anda ingin menggunakannya di laut, bilaslah dengan air bersih dan keringkan dengan baik.

Baja molibdenum: Kuat, tajam, dan tahan lama

Baja molibdenum: Kuat, tajam, dan tahan lama

Karakteristik baja molibdenum adalah relatif ringan dan mudah diasah. Keunggulannya antara lain tidak mudah berkarat, mata pisaunya tidak mudah patah, dan ketajamannya dapat bertahan lama. Baja yang kuat dan mudah digunakan ini cukup terkenal di luar negeri. Pisaunya banyak digunakan di negara beriklim dingin seperti Eropa Utara.

3

Perhatikan bentuk bilah pisau karena memengaruhi ketajaman dan fungsinya

Selain ukuran dan material, fungsi pisau outdoor bisa tergantung pada bentuk bilahnya. Hal tersebut dapat memengaruhi tingkat ketajaman dan fungsi yang dimiliki.

Ujung mata pisau tipe drop point, untuk pisau serbaguna

Ujung mata pisau tipe drop point, untuk pisau serbaguna

Pisau drop point adalah tipe yang paling umum digunakan untuk camping. Tipe ini pas untuk berbagai keperluan karena cukup tajam dan kukuh. Ciri khas dari tipe drop point adalah memiliki punggung bilah yang datar, kemudian sedikit menukik di ujungnya.


Kami merekomendasikan produknya jika Anda berencana untuk camping. Untuk berburu, Anda bisa mempertimbangkan pisau spear point yang lebih tajam. Namun, secara keseluruhan kekuatannya tidak setinggi tipe drop point.

Punggung dan mata pisau yang datar, untuk batoning

Punggung dan mata pisau yang datar, untuk batoning

Jika kegiatan outdoor Anda banyak melibatkan memotong kayu dan batoning, pastikan Anda membawa pisau yang datar. Punggung yang datar akan memudahkan Anda saat menekan pisau dengan jari untuk memotong kayu. Mata pisau yang datar pun mutlak untuk memotong kayu. Sebaliknya, Anda akan kesulitan melakukannya jika menggunakan pisau bergerigi.


Namun, mata pisau yang bergerigi akan memudahkan Anda saat perlu memotong tali atau logam yang tipis. Jadi, produknya banyak digunakan untuk kegiatan outdoor di sekitar lingkungan berair. Sesuaikan saja bentuk pisaunya dengan kebutuhan Anda.

4

Jika memilih pisau lipat outdoor, pastikan bisa dikunci agar lebih aman

Jika memilih pisau lipat outdoor, pastikan bisa dikunci agar lebih aman
Pisau lipat lebih praktis karena bilahnya bisa dilipat ke dalam gagang. Namun, pisau ini kurang tajam dibandingkan fixed blade. Pisau ini biasanya digunakan untuk tugas ringan, seperti memasak, memotong ranting, dan lainnya. Karena itu, pisau lipat lebih cocok digunakan sebagai pisau utama di area perkemahan atau pisau cadangan di alam liar.

Saat memilih pisau lipat, pastikanlah produknya memiliki fungsi pengunci. Tipe lock-back dilengkapi tombol untuk melipat pisau di sisi belakang gagangnya. Sementara itu, pengunci tipe liner lock terletak di pangkal mata pisau. Anda sebaiknya memastikan tipe penguncinya lebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya.


Saat menggunakan tipe lock-back, tekanlah tombol untuk melepaskan pengunci sambil menarik mata pisaunya keluar. Jangan sampai Anda tidak sengaja menekan tombolnya saat sedang memegang gagangnya. Hal yang sama juga berlaku pada tipe liner lock. Meski sudah dilengkapi pengunci, tetap berhati-hatilah saat menggunakan pisau lipat.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Pisau Outdoor Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Pisau Outdoor terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 21 Februari 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Material
Bentuk bilah pisau
Bisa dilipat
Disertai pengunci
Panjang mata pisau
Panjang keseluruhan
Berat
1

BOLDe

Super Knives GRANITO Cooking Knife

BOLDe Super Knives GRANITO Cooking Knife 1

Rp49.900

Lebih Murah

Pisau berkualitas tinggi, hasilkan potongan presisi dan kenyamanan saat memasak di outdoor

Baja karbon

Drop point

19 cm

33 cm

Tidak diketahui

2

Tekiro

Pisau LipatGT-SK1710

Tekiro Pisau Lipat 1

Rp81.500

Menengah

Praktis dipakai serta dilengkapi mata pisau tajam dan tak gampang rusak

Stainless steel

Drop point

Tidak diketahui

17,5 cm

100 gram

3

Tekiro

Pisau Lipat Multifungsi 15 in 1GT-MK1706

Tekiro Pisau Lipat Multifungsi 15 in 1 1

Rp81.500

Menengah

Pisau lipat 15 in 1, solusi serbaguna untuk segala situasi!

Stainless steel

Drop point

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

4

MIELEE

Pisau Daging Baja Jepang Outdoor Mini

MIELEE Pisau Daging Baja Jepang Outdoor Mini 1

Rp139.000

Agak Mahal

Pisau daging yang pas untuk dipakai menemani kegiatan berkemah

Stainless steel

Drop point

(Cover)

Tidak diketahui

27 cm

Tidak diketahui

5

Cold Steel

Kobun Fixed Blade

Cold Steel Kobun Fixed Blade 1

Rp78.000

Agak Murah

Hadapi tantangan lebih percaya diri dengan keandalan pisau ini, pilihan petualang sejati!

Japanese AUS8A stainless steel

Datar

(Cover)

9,8 cm

22 cm

124,7 gram

6

Firecast

Folding Knife

Firecast Folding Knife 1

Rp129.000

Agak Mahal

Optimalkan pengalaman memancing Anda dengan pisau lipat ini!

Metal alloy

Drop point

Tidak diketahui

7-8,5 cm

15-20 cm

Tidak diketahui

7

Outdoor Indonesia

Pisau Lipat Mini Survival W33

Outdoor Indonesia  Pisau Lipat Mini Survival  1

Rp79.998

Agak Murah

Mini dan harganya ramah kantong

Stainless steel

Drop point

Tidak diketahui

5,3 cm

14,9 cm

Tidak diketahui

8

Columbia TBE

Tactical Series Matougui Kukri Knive 070B

Columbia TBE  Tactical Series Matougui Kukri Knive  1

Rp100.000

Menengah

Pisau tangguh yang ujung gagangnya bisa dipakai untuk memalu

Baja 3Cr13Mov

Drop point

15,5 cm

29,5 cm

300 gram

9

Eiger

Wolf Tooth Knives3803

Eiger  Wolf Tooth Knives 1

Rp149.000

Agak Mahal

Pisau lipat ekonomis yang kaya akan fitur

Stainless steel 420

Drop point

Tidak diketahui

20 cm

800 gram

10

Opinel

No.08 Stainless Steel Folding Knife - Outdoor

Opinel  No.08 Stainless Steel Folding Knife - Outdoor 1

Rp450.000

Lebih Mahal

Mata pisau bisa dipakai untuk memotong logam tipis hingga menghaluskan kayu

Stainless steel

Datar

8,3 cm

19 cm

42,5 gram

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

BOLDeSuper Knives GRANITO Cooking Knife

Super Knives GRANITO Cooking Knife 1
Sumber: boldestore.com
Harga referensi
Rp49.900
Lebih Murah
Harga referensi
Rp49.900
Lebih Murah

Pisau berkualitas tinggi, hasilkan potongan presisi dan kenyamanan saat memasak di outdoor

BOLDe Super Knives GRANITO Cooking Knife adalah pisau dengan desain ergonomis dan mata pisau berlapis granit yang tahan karat. Terbuat dari bahan berkualitas tinggi, pisau ini memberikan presisi potong maksimal dan daya tahan yang luar biasa. Dengan pegangan yang nyaman, memasak saat camping menjadi lebih efisien dan aman.

Berkat daya tahan yang baik, pisau ini tak hanya jadi andalan di dapur, tetapi juga di acara outdoor. Hadir dengan kekuatan potong superior, membuat pengalaman memasak menjadi lebih menyenangkan dan hasil yang profesional. Pisau ini adalah pilihan ideal untuk Anda yang mencari kombinasi sempurna antara kualitas dan gaya dalam setiap masakan.

MaterialBaja karbon
Bentuk bilah pisauDrop point
Bisa dilipat
Disertai pengunci
Panjang mata pisau19 cm
Panjang keseluruhan33 cm
BeratTidak diketahui
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

TekiroPisau LipatGT-SK1710

Harga referensi
Rp81.500
Menengah

Praktis dipakai serta dilengkapi mata pisau tajam dan tak gampang rusak

Pisau lipat Tekiro hadir sebagai alat serbaguna dengan desain kompak dan kuat. Mata pisau tahan karat dan dilengkapi mekanisme lipat yang praktis membuat pisau ini mudah dibawa dan tidak gampang rusak.

Kepraktisan dan keandalan pisau ini membuatnya menjadi pilihan tepat untuk keperluan sehari-hari. Anda dapat memakai pisau ini untuk kegiatan dapur ringan atau keperluan outdoor yang membutuhkan alat potong tajam dan ringkas.

MaterialStainless steel
Bentuk bilah pisauDrop point
Bisa dilipat
Disertai pengunci
Panjang mata pisauTidak diketahui
Panjang keseluruhan17,5 cm
Berat100 gram
View all
No.3

TekiroPisau Lipat Multifungsi 15 in 1GT-MK1706

Harga referensi
Rp81.500
Menengah

Pisau lipat 15 in 1, solusi serbaguna untuk segala situasi!

Pisau lipat Tekiro yang satu ini adalah alat serbaguna yang paling pas untuk kegiatan camping. Dengan 15 fungsi yang beragam, termasuk pisau, gunting, hingga pembuka botol, produk ini memenuhi kebutuhan pengguna dalam berbagai situasi.

Terbuat dari bahan berkualitas tinggi yang tahan karat dan kokoh, memastikan keandalan dan ketahanan dalam penggunaan jangka panjang. Pisau lipat ini adalah pilihan ideal bagi Anda yang mengutamakan kepraktisan, kualitas, dan fungsionalitas dalam satu produk.

MaterialStainless steel
Bentuk bilah pisauDrop point
Bisa dilipat
Disertai pengunciTidak diketahui
Panjang mata pisauTidak diketahui
Panjang keseluruhanTidak diketahui
BeratTidak diketahui
View all
No.4

MIELEEPisau Daging Baja Jepang Outdoor Mini

Harga referensi
Rp139.000
Agak Mahal

Pisau daging yang pas untuk dipakai menemani kegiatan berkemah

Anda sedang mencari pisau daging untuk dibawa saat berkemah atau hiking? Nah, kami rekomendasikan pisau daging mini dari MIELEE. Ukurannya yang compact dilengkapi dengan sarung pisau membuatnya mudah dan aman dibawa. Ketajamannya juga tidak diragukan lagi karena bilah pisau terbuat dari stainless steel. Dengan begitu, memotong daging saat camping makin mudah dengan pisau mini satu ini.

MaterialStainless steel
Bentuk bilah pisauDrop point
Bisa dilipat
Disertai pengunci(Cover)
Panjang mata pisauTidak diketahui
Panjang keseluruhan27 cm
BeratTidak diketahui
View all
No.5

Cold SteelKobun Fixed Blade

Harga referensi
Rp78.000
Agak Murah

Hadapi tantangan lebih percaya diri dengan keandalan pisau ini, pilihan petualang sejati!

Pisau Cold Steel Kobun Fixed Blade adalah pilihan unggul untuk kebutuhan taktis saat melakukan kegiatan outdoor. Selain untuk keperluan memasak, pisau tajam dan tangguh ini juga sering digunakan petugas keamanan sebagai alat pelindung diri.

Produk ini juga cocok untuk pencinta alam atau Anda yang mencari perlengkapan andal dalam situasi darurat. Dengan bahan berkualitas tinggi dan konstruksi yang kokoh, pisau ini memberikan daya tahan yang dibutuhkan untuk berbagai situasi. Pisau dari Cold Steel ini siap menjadi teman setia Anda saat menjelajah dan mampu berikan perlindungan ekstra.

MaterialJapanese AUS8A stainless steel
Bentuk bilah pisauDatar
Bisa dilipat
Disertai pengunci(Cover)
Panjang mata pisau9,8 cm
Panjang keseluruhan22 cm
Berat124,7 gram
View all
No.6

FirecastFolding Knife

Folding Knife 1
Sumber: shopee.co.id
Folding Knife 2
Sumber: shopee.co.id
Folding Knife 3
Sumber: shopee.co.id
Folding Knife 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp129.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp129.000
Agak Mahal

Optimalkan pengalaman memancing Anda dengan pisau lipat ini!

Firecast Folding Knife adalah pisau lipat yang ideal untuk Anda yang hobi memancing. Dengan mata pisau tajam dan kokoh, pisau ini mampu memotong tali, membersihkan ikan, dan melakukan tugas-tugas penting saat memancing. Desain lipat yang ringkas membuatnya mudah dibawa dalam tas pancing atau saku, siap digunakan saat diperlukan.

Produk ini cocok untuk para pemancing yang menghargai kualitas dan kemudahan penggunaan dalam segala kondisi. Dari pemula hingga ahli, Firecast Folding Knife siap menemani Anda menghadapi petualangan memancing dengan percaya diri.

MaterialMetal alloy
Bentuk bilah pisauDrop point
Bisa dilipat
Disertai pengunciTidak diketahui
Panjang mata pisau7-8,5 cm
Panjang keseluruhan15-20 cm
BeratTidak diketahui
View all
No.7

Outdoor Indonesia Pisau Lipat Mini Survival W33

Harga referensi
Rp79.998
Agak Murah

Mini dan harganya ramah kantong

Produk ini adalah opsi terbaik bila Anda butuh pisau outdoor, tetapi tidak mau mengeluarkan terlalu banyak dana. Harganya relatif ramah kantong sehingga dompet Anda tidak akan langsung kosong usai membeli produk ini. Selain itu, pisau outdoor lipat ini juga memiliki ukuran yang kecil sehingga menjadi begitu mudah disimpan. Dilengkapi dengan klip khusus, pisau ini dapat dikaitkan di saku, kantong, sabuk, tas, dan lainnya.

MaterialStainless steel
Bentuk bilah pisauDrop point
Bisa dilipat
Disertai pengunciTidak diketahui
Panjang mata pisau5,3 cm
Panjang keseluruhan14,9 cm
BeratTidak diketahui
View all
No.8

Columbia TBE Tactical Series Matougui Kukri Knive 070B

Tactical Series Matougui Kukri Knive  1
Sumber: shopee.co.id
Tactical Series Matougui Kukri Knive  2
Sumber: shopee.co.id
Tactical Series Matougui Kukri Knive  3
Sumber: shopee.co.id
Tactical Series Matougui Kukri Knive  4
Sumber: shopee.co.id
Tactical Series Matougui Kukri Knive  5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp100.000
Menengah
Harga referensi
Rp100.000
Menengah

Pisau tangguh yang ujung gagangnya bisa dipakai untuk memalu

Jika Anda membutuhkan rekomendasi pisau tangguh yang versatile, produk ini bisa dimasukkan ke dalam wishlist. Bentuk melengkung dan ukuran medium menjadikan pisau outdoor kukri ini cocok untuk berbagai situasi.


Bentuk melengkung menjadikannya optimal digunakan untuk memotong, menusuk, dan menebas dengan lebih dalam. Sementara itu, bagian ujung gagangnya juga bisa digunakan untuk memalu. Memasak, berburu, memotong semak, dan berbagai kegiatan lainnya pun kian mudah dilakukan berkat keberadaan pisau ini.

MaterialBaja 3Cr13Mov
Bentuk bilah pisauDrop point
Bisa dilipat
Disertai pengunci
Panjang mata pisau15,5 cm
Panjang keseluruhan29,5 cm
Berat300 gram
View all
No.9

Eiger Wolf Tooth Knives3803

Harga referensi
Rp149.000
Agak Mahal

Pisau lipat ekonomis yang kaya akan fitur

Produk ini merupakan salah satu pisau outdoor Eiger paling populer di e-commerce Indonesia. Untuk harganya yang ekonomis, produk ini menawarkan fitur menarik. Gagang produk ini dapat Anda fungsikan untuk memecahkan kaca atau membuka jendela saat keadaan darurat.


Pisau lipat outdoor ini juga sudah dilengkapi mekanisme penguncian sehingga lebih aman. Anda bisa membuka bilah produk ini dengan mudah karena gagangnya dilengkapi thumb stud. Dengan harga dan fiturnya, bisa dikatakan bahwa produk ini merupakan salah satu pisau Eiger terbaik. Tidak hanya kegiatan outdoor, Eiger Wolf Tooth cocok Anda manfaatkan untuk kebutuhan memotong sehari-hari.

MaterialStainless steel 420
Bentuk bilah pisauDrop point
Bisa dilipat
Disertai pengunci
Panjang mata pisauTidak diketahui
Panjang keseluruhan20 cm
Berat800 gram
View all
No.10

Opinel No.08 Stainless Steel Folding Knife - Outdoor

Harga referensi
Rp450.000
Lebih Mahal

Mata pisau bisa dipakai untuk memotong logam tipis hingga menghaluskan kayu

Pisau camping ini memiliki keunikan di bagian mata pisaunya. Desainnya dibuat setengah bergerigi dan setengah lagi bentuknya datar. Selain itu, bagian punggungnya diberikan lubang. Dengan mata pisau yang bergerigi, produk ini akan lebih mudah digunakan untuk memotong tali atau logam tipis. Sementara itu, bagian yang datar bisa dimanfaatkan untuk menghaluskan kayu.

Lubang di bagian atas mata pisau bisa dimanfaatkan untuk membuka sekrup dan semacamnya. Seperti produk dari Opinel lainnya, pisau ini dilengkapi Virobloc Safety Rings untuk mengunci bilahnya. Dengan segala kelebihannya, pisau ini bisa dijadikan pilihan utama untuk kegiatan trekking, mountaineering, canyoning, sailing, caving, hingga paragliding.
MaterialStainless steel
Bentuk bilah pisauDatar
Bisa dilipat
Disertai pengunci
Panjang mata pisau8,3 cm
Panjang keseluruhan19 cm
Berat42,5 gram
View all

Hal yang perlu diperhatikan terkait penggunaan pisau outdoor

Sehubungan dengan penggunaan pisau outdoor, ada beberapa hal krusial yang perlu Anda pertimbangkan. Silakan simak penjelasan lengkap kami di bawah ini.

Ketahui hukum membawa dan memakai pisau outdoor

Ketahui hukum membawa dan memakai pisau outdoor
Perlu digarisbawahi, memakai dan menyimpan senjata tajam di Indonesia harus mengikuti peraturan perundang-undangan. Undang-Undang Darurat Nomor 12 tahun 1951 pasal 2 ayat 1 dan 2 mengatur kepemilikan senjata tajam.

Ayat 1 menyebut bahwa kepemilikan tanpa hak berupa senjata tajam akan dihukum paling lama 10 tahun. Selanjutnya, ayat 2 mengatur bahwa kepemilikan senjata tajam hanya diperbolehkan untuk beberapa hal, tetapi tidak termasuk survival.


Di Indonesia, tidak ditemukan peraturan perundang-undangan yang mengatur secara spesifik mengenai izin kepemilikan senjata tajam. Hal ini berbeda dengan kepemilikan senjata api yang memang diatur. Perlu diingat bahwa membawa senjata tajam, seperti pisau, tidak diperbolehkan meski untuk keperluan berjaga-jaga atau perlindungan diri.


Saat Anda membawa pisau outdoor ke area perkemahan atau sejenisnya, bungkus atau tutuplah dengan aman. Sebisa mungkin jangan membuatnya tampak mencolok. Berikan kesan pisau tersebut tidak akan digunakan saat itu juga karena sudah dibungkus rapi.


Setelah selesai camping, jangan lupa keluarkan pisau tersebut dari kantong atau tas Anda. Jika Anda terkena razia di jalan, pisau tersebut tetap dianggap sebagai milik Anda meskipun tidak sengaja terbawa. Jangan sampai Anda malah dicurigai ingin berbuat kriminal hanya karena lupa mengeluarkan pisau outdoor dari kantong atau tas.

Lebih baik jika Anda membawa pisau serbaguna dan pisau khusus

Lebih baik jika Anda membawa pisau serbaguna dan pisau khusus
Memilih pisau outdoor tidak mudah karena tidak ada pisau universal yang bagus untuk segala hal. Oleh sebab itu, kami menyarankan Anda memiliki satu pisau yang tajam dan kukuh sebagai pisau serbaguna. Selain itu, siapkan pisau cadangan dengan keunggulan dalam hal lain, misalnya kepraktisan.

Jika Anda berencana camping di alam bebas, siapkanlah pisau-pisau untuk memasak, memotong tali, hingga batoning. Apa pun kondisinya, sangat sulit untuk melakukan semua hal di alam dengan satu pisau. Jadi, sebaiknya Anda membawa minimal dua pisau yang sesuai kebutuhan.

Tips dari outdoor activist kami, Adlai Yulianus

Tips dari outdoor activist kami, Adlai Yulianus

Untuk kegiatan alam bebas, seperti pendakian gunung, memasuki hutan, dan pendakian gunung, pastikan pisau sesuai dengan genggaman Anda. Penyesuaian tersebut tentunya pada bagian besar dan panjangnya supaya tidak mudah lepas.


Saat ini banyak produk yang sudah dilengkapi dengan tali yang berfungsi untuk diikatkan ke pergelangan tangan Anda. Dengan demikian, pisau tidak mudah terlepas saat Anda menggunakannya. Ada juga yang hanya berlubang pada bagian gagangnya supaya Anda bisa menambahkan tali sesuai dengan kebutuhan.


Beberapa merek pisau outdoor sudah dilengkapi dengan batu pemantik untuk membuat api. Ada juga yang sudah dilengkapi peluit. Dua fungsi tambahan ini dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan ketika memilih pisau outdoor.

5 Rekomendasi Pisau Outdoor terbaik

No. 1: BOLDeSuper Knives GRANITO Cooking Knife

No. 2: TekiroPisau LipatGT-SK1710

No. 3: TekiroPisau Lipat Multifungsi 15 in 1GT-MK1706

No. 4: MIELEEPisau Daging Baja Jepang Outdoor Mini

No. 5: Cold SteelKobun Fixed Blade

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Perlengkapan outdoor
  4. 10 Rekomendasi Pisau Outdoor Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Outdoor Activist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.