• 9 Pisau Outdoor Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 9 Pisau Outdoor Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 9 Pisau Outdoor Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 9 Pisau Outdoor Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 9 Pisau Outdoor Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 5

9 Pisau Outdoor Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)

Saat Anda berada di alam bebas, pisau outdoor sangat dibutuhkan. Mengolah bahan makanan hingga membelah kayu akan lebih mudah dengan produknya. Produknya juga dikenal sebagai pisau survival atau pisau camping. Eiger, Victorinox, dan Spyderco adalah beberapa merek pisau outdoor dengan reputasi yang bagus.

Kami akan mengupas cara memilih pisau outdoor terbaik untuk Anda. Rekomendasi produk beserta ulasannya pun telah kami siapkan. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Temukan pisau outdoor impian Anda di artikel ini. Ada pisau lipat untuk Anda yang ingin praktis, lho!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Adlai Yulianus
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 31 Oktober 2022
Daftar isi

Profil pakar: Aktivis kegiatan alam bebas, Adlai Yulianus

Profil pakar: Aktivis kegiatan alam bebas, Adlai Yulianus
Adlai Yulianus
Aktivis kegiatan alam bebas
Adlai Yulianus

Pria yang bekerja di bidang komputer ini menekuni hobi kegiatan alam bebas sejak 1985. Adlai Yulianus yang akrab disapa Lele masih aktif dalam kegiatan alam bebas baik secara berkelompok maupun sendiri (solo).


Beliau aktif melakukan kegiatan alam bebas di hutan rimba, gunung, pemanjatan tebing, dan penelusuran goa. Salah satu pencapaiannya adalah mendaki puncak Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl).

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pisau outdoor

Semua pisau outdoor memang bisa digunakan di alam bebas. Meski begitu, beberapa di antaranya memiliki spesialisasi sehingga lebih pas untuk penggunaan tertentu. Simaklah penjelasan cara memilihnya berikut ini agar Anda mendapatkan produk yang tepat.

Sesuaikan ukuran pisau dengan tujuan penggunaannya

Sesuaikan ukuran pisau dengan tujuan penggunaannya

Jenis pisau outdoor yang kami sarankan untuk survival atau bushcraft (seni bertahan hidup di alam liar) adalah fixed blade. Pisaunya kuat dan tahan banting sehingga cocok untuk tugas ringan hingga berat. Nah, pisau ini umumnya berukuran panjang 13—30 cm.


Makin pendek ukuran pisau outdoor, makin cocok digunakan untuk membuat perkakas hingga mengolah makanan. Sementara itu, makin panjang ukurannya, produknya lebih cocok digunakan untuk batoning (membelah kayu) dan memotong dahan pohon.


Pisau outdoor yang ukurannya lebih pendek lagi tentu praktis untuk dibawa, tetapi fungsinya tidak setinggi yang berukuran standar. Sebaliknya, produk yang lebih panjang dari ukuran standar tidak mudah dibawa. Namun, produknya praktis untuk babat alas.


Anda bisa menyesuaikan ukuran produknya dengan kebutuhan. Pilihlah pisau outdoor yang berukuran pendek jika kegiatan camping Anda tidak membutuhkan tugas berat. Pisau yang lebih panjang bisa dipilih bila kegiatan camping Anda melibatkan heavy duty.


Selain itu, sebisa mungkin pilihlah pisau outdoor yang full tang. Produknya memiliki bilah pisau yang memanjang sampai ke gagangnya sehingga lebih erat. Bilah pisau jenis ini tidak mudah terlepas bahkan patah dari gagangnya saat Anda melakukan tugas-tugas berat. Anda bisa membawa dua macam pisau, yaitu full tang dan serbaguna, tergantung tujuan perjalanan Anda.

Ketahui karakteristik dari material bajanya

Tergantung pada jenis baja bilahnya, tingkat ketajaman dan cara perawatan pisau outdoor berbeda-beda. Ada yang tahan karat atau bisa dipakai di dalam air, lho. Di bawah ini, tiap jenis bajanya akan kami jelaskan satu per satu untuk Anda. Disimak baik-baik, ya.

Baja karbon: Mudah diasah sampai benar-benar tajam

Baja karbon: Mudah diasah sampai benar-benar tajam
Pisau yang terbuat dari baja karbon mudah untuk diasah, tetapi tidak mudah dirawat. Baja ini bisa diasah sampai benar-benar tajam. Karena itu, produknya cocok untuk heavy duty, seperti membelah kayu, membuat perkakas, dan memotong dahan pohon.

Jika Anda jarang membersihkannya, baja ini mudah berkarat. Jadi, Anda perlu rajin membersihkan produknya dengan minyak. Pisau dari baja karbon terasa kukuh saat digenggam, serta nyaman digunakan sehingga membuatnya disukai banyak orang. Pisau yang terbuat dari baja karbon biasanya berbentuk full tang dan memiliki bilah cukup besar atau panjang.

Baja H1: Cocok untuk kegiatan di laut, seperti memancing dan menyelam

Baja H1 memiliki kemampuan tahan karat yang tinggi meski terendam di air laut dalam waktu lama. Oleh karenanya, pisau dari baja ini banyak dimanfaatkan untuk kegiatan outdoor di laut, misalnya memancing dan menyelam.

Dibandingkan baja karbon atau blue paper steel, ketajaman pisau ini masih kalah. Namun, makin tinggi harga produknya, ketajamannya pun makin baik. Jika Anda mengutamakan ketajaman pisau, pilihlah yang harganya lebih tinggi.

Stainless steel: Tahan karat sehingga mudah dirawat

Stainless steel: Tahan karat sehingga mudah dirawat

Salah satu keunggulan pisau stainless steel adalah tidak mudah berkarat. Tidak heran kalau bahan baja ini banyak diolah menjadi perkakas rumah tangga, antara lain pisau dapur. Meski tidak memerlukan perawatan khusus, kekuatannya tidak sebaik baja karbon.


Selain itu, pisau stainless steel tidak mudah diasah sampai sangat tajam. Akan tetapi, karena tidak mudah berkarat, produknya cocok digunakan di lingkungan yang basah. Jika Anda ingin menggunakannya di laut, bilaslah dengan air bersih dan keringkan dengan baik.

Baja molibdenum: Kuat, tajam, dan tahan lama

Karakteristik baja molibdenum adalah relatif ringan dan mudah diasah. Keunggulannya antara lain tidak mudah berkarat, mata pisaunya tidak mudah patah, dan ketajamannya dapat bertahan lama. Baja yang kuat dan mudah digunakan ini cukup terkenal di luar negeri. Pisaunya banyak digunakan di negara beriklim dingin seperti Eropa Utara.

Perhatikan bentuk bilah pisau karena memengaruhi ketajaman dan fungsinya

Selain ukuran dan material, fungsi pisau outdoor bisa tergantung pada bentuk bilahnya. Hal tersebut dapat memengaruhi tingkat ketajaman sehingga produknya punya fungsi tersendiri. Pahamilah bentuk-bentuk pisau yang tersedia agar Anda tidak salah pilih.

Pilih ujung mata pisau tipe drop point untuk pisau serbaguna

Pilih ujung mata pisau tipe drop point untuk pisau serbaguna

Pisau drop point adalah tipe yang paling umum digunakan untuk camping. Tipe ini pas untuk berbagai keperluan karena cukup tajam dan kukuh. Ciri khas dari tipe drop point adalah memiliki punggung bilah yang datar, kemudian sedikit menukik di ujungnya.


Kami merekomendasikan produknya jika Anda berencana untuk camping. Untuk berburu, Anda bisa mempertimbangkan pisau spear point yang lebih tajam. Namun, secara keseluruhan kekuatannya tidak setinggi tipe drop point.

Pilih punggung dan mata pisau yang datar untuk batoning

Pilih punggung dan mata pisau yang datar untuk batoning

Jika kegiatan outdoor Anda banyak melibatkan memotong kayu dan batoning, pastikan Anda membawa pisau yang datar. Punggung yang datar akan memudahkan Anda saat menekan pisau dengan jari untuk memotong kayu. Mata pisau yang datar pun mutlak untuk memotong kayu. Sebaliknya, Anda akan kesulitan melakukannya jika menggunakan pisau bergerigi.


Namun, mata pisau yang bergerigi akan memudahkan Anda saat perlu memotong tali atau logam yang tipis. Jadi, produknya banyak digunakan untuk kegiatan outdoor di sekitar lingkungan berair. Sesuaikan saja bentuk pisaunya dengan kebutuhan Anda.

Jika memilih pisau lipat outdoor, pastikan bisa dikunci agar lebih aman

Jika memilih pisau lipat outdoor, pastikan bisa dikunci agar lebih aman
Pisau lipat lebih praktis karena bilahnya bisa dilipat ke dalam gagang. Namun, pisau ini kurang tajam dibandingkan fixed blade. Pisau ini biasanya digunakan untuk tugas ringan, seperti memasak, memotong ranting, dan lainnya. Produknya lebih cocok digunakan sebagai pisau utama di area perkemahan atau pisau cadangan di alam liar.

Saat memilih pisau lipat, pastikanlah produknya memiliki fungsi pengunci. Tipe lock-back dilengkapi tombol untuk melipat pisau di sisi belakang gagangnya. Sementara itu, pengunci tipe liner lock terletak di pangkal mata pisau. Anda sebaiknya memastikan tipe penguncinya lebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya.


Saat menggunakan tipe lock-back, tekanlah tombol untuk melepaskan pengunci sambil menarik mata pisaunya keluar. Jangan sampai Anda tidak sengaja menekan tombolnya saat sedang memegang gagangnya. Hal yang sama juga berlaku pada tipe liner lock. Meski sudah dilengkapi pengunci, tetap berhati-hatilah saat menggunakan pisau lipat.

9 Rekomendasi pisau outdoor terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sembilan produk pisau outdoor terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sembilan produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adlai Yulianus.

Gambar produk
1
Morakniv Companion (C) 1

Morakniv

2
Eiger  Wolf Tooth Knives 1

Eiger

3
Cold Steel SRK (SK-5) 1

Cold Steel

4
Buck 112 Ranger Knife 1

Buck

5
Victorinox  Hunter Pro Alox 1

Victorinox

6
Opinel  No.08 Stainless Steel Folding Knife - Outdoor 1

Opinel

7
Spyderco  Pacific Salt 2 1

Spyderco

8
SOG Pentagon FX 1

SOG

9
Kershaw  Camp 14 1

Kershaw

Nama produk

Companion (C)

Wolf Tooth Knives

SRK (SK-5)

112 Ranger Knife

Hunter Pro Alox

No.08 Stainless Steel Folding Knife - Outdoor

Pacific Salt 2

Pentagon FX

Camp 14

Keunggulan

Gagang ergonomis berbahan karet TPE yang nyaman digenggam

Pisau lipat ekonomis yang kaya akan fitur

Fixed blade multifungsi untuk segala situasi

Pisau modern berdesain klasik

Pisau lipat elegan yang akan meningkatkan rasa percaya diri Anda

Mata pisau bergerigi parsial, multifungsi untuk camping

Bebas memotong ikan laut segar tanpa khawatir karat

Kukuh dan berdaya tahan tinggi

Mantap untuk dibawa ekspedisi ke alam liar

Harga mulai dariRp 350.000,00Rp 209.000,00Rp 1.755.000,00Rp 1.000.000,00Rp 1.688.000,00Rp 550.000,00Rp 2.280.000,00Rp 5.000.000,00Rp 1.946.000,00
MaterialBaja karbonStainless steelBaja karbonStainless steelStainless steelStainless steelBaja H1Baja molibdenumBaja karbon
Panjang keseluruhan21,9 cm20 cm25 cm18,4 cm13,7 cm (tertutup)19,7 cm22,1 cm25,2 cm50,8 cm
Panjang mata pisau10,4 cmTidak tercantum15 cm7,6 cmTidak tercantum9,5 cm9,6 cm12,2 cm35,6 cm
Berat110 g300 g232 g159,4 g187 g62,37 gr82 g184 g581 g
Tautan produk
9

Kershaw Camp 14

1076

Mulai dari Rp 1.946.000,00

MaterialBaja karbon
Panjang keseluruhan50,8 cm
Panjang mata pisau35,6 cm
Berat581 g
8

SOGPentagon FX

Mulai dari Rp 5.000.000,00

MaterialBaja molibdenum
Panjang keseluruhan25,2 cm
Panjang mata pisau12,2 cm
Berat184 g
7
MaterialBaja H1
Panjang keseluruhan22,1 cm
Panjang mata pisau9,6 cm
Berat82 g
6

Opinel No.08 Stainless Steel Folding Knife - Outdoor

Mulai dari Rp 550.000,00

MaterialStainless steel
Panjang keseluruhan19,7 cm
Panjang mata pisau9,5 cm
Berat62,37 gr
5
MaterialStainless steel
Panjang keseluruhan13,7 cm (tertutup)
Panjang mata pisauTidak tercantum
Berat187 g
4
MaterialStainless steel
Panjang keseluruhan18,4 cm
Panjang mata pisau7,6 cm
Berat159,4 g
3
MaterialBaja karbon
Panjang keseluruhan25 cm
Panjang mata pisau15 cm
Berat232 g
2
MaterialStainless steel
Panjang keseluruhan20 cm
Panjang mata pisauTidak tercantum
Berat300 g
Jumlah penjualan28
1
MaterialBaja karbon
Panjang keseluruhan21,9 cm
Panjang mata pisau10,4 cm
Berat110 g

Ketahui hukum membawa dan memakai pisau outdoor

Perlu digarisbawahi, memakai dan menyimpan senjata tajam di Indonesia harus mengikuti peraturan perundang-undangan. Undang-Undang Darurat Nomor 12 tahun 1951 pasal 2 ayat 1 dan 2 mengatur kepemilikan senjata tajam

Ayat 1 menyebut bahwa kepemilikan tanpa hak berupa senjata tajam akan dihukum paling lama 10 tahun. Selanjutnya, ayat 2 mengatur bahwa kepemilikan senjata tajam hanya diperbolehkan untuk beberapa hal, tetapi tidak termasuk survival.


Di Indonesia, tidak ditemukan peraturan perundang-undangan yang mengatur secara spesifik mengenai izin kepemilikan senjata tajam. Hal ini berbeda dengan kepemilikan senjata api yang memang diatur. Perlu diingat bahwa membawa senjata tajam, seperti pisau, tidak diperbolehkan meski untuk keperluan berjaga-jaga atau perlindungan diri.


Saat Anda membawa pisau outdoor ke area perkemahan atau sejenisnya, bungkus atau tutuplah dengan aman. Sebisa mungkin jangan membuatnya tampak mencolok. Berikan kesan pisau tersebut tidak akan digunakan saat itu juga karena sudah dibungkus rapi.


Setelah selesai camping, jangan lupa keluarkan pisau tersebut dari kantong atau tas Anda. Jika Anda terkena razia di jalan, pisau tersebut tetap dianggap sebagai milik Anda meskipun tidak sengaja terbawa. Jangan sampai Anda malah dicurigai ingin berbuat kriminal hanya karena lupa mengeluarkan pisau outdoor dari kantong atau tas.

Lebih baik jika Anda membawa pisau serbaguna dan pisau khusus

Lebih baik jika Anda membawa pisau serbaguna dan pisau khusus
Memilih pisau outdoor tidak mudah karena tidak ada pisau universal yang bagus untuk segala hal. Oleh sebab itu, kami menyarankan Anda memiliki satu pisau yang tajam dan kukuh sebagai pisau serbaguna. Selain itu, siapkan pisau cadangan dengan keunggulan dalam hal lain, misalnya kepraktisan.

Jika Anda berencana camping di alam bebas, siapkanlah pisau-pisau untuk memasak, memotong tali, hingga batoning. Apa pun kondisinya, sangat sulit untuk melakukan semua hal di alam dengan satu pisau. Jadi, sebaiknya Anda membawa minimal dua pisau yang sesuai kebutuhan.

Tips dari outdoor activist kami, Adlai Yulianus

Tips dari outdoor activist kami, Adlai Yulianus

Untuk kegiatan alam bebas, seperti pendakian gunung, memasuki hutan, dan pendakian gunung, pastikan pisau sesuai dengan genggaman Anda. Penyesuaian tersebut tentunya pada bagian besar dan panjangnya supaya tidak mudah lepas.


Saat ini banyak produk yang sudah dilengkapi dengan tali yang berfungsi untuk diikatkan ke pergelangan tangan Anda. Dengan demikian, pisau tidak mudah terlepas saat Anda menggunakannya. Ada juga yang hanya berlubang pada bagian gagangnya supaya Anda bisa menambahkan tali sesuai dengan kebutuhan.


Beberapa merek pisau outdoor sudah dilengkapi dengan batu pemantik untuk membuat api. Ada juga yang sudah dilengkapi peluit. Dua fungsi tambahan ini dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan ketika memilih pisau outdoor.

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan outdoor lainnya di sini

Selain pisau outdoor, masih banyak perlengkapan yang perlu disertakan untuk dibawa ke alam. Headlamp, jas hujan, dan tas carrier pun tak kalah penting. Berikut ini kami sudah menyiapkan rekomendasi produknya untuk Anda. Silakan baca pada link dari kami berikut ini.

Kesimpulan

Sudah menemukan pisau outdoor yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Tergantung pada tujuan pemakaiannya, Anda membutuhkan ukuran produk yang berbeda. Periksa juga material baja dan bentuknya agar tingkat ketajamannya pas dengan selera Anda.


Pilihlah pisau lipat jika Anda lebih mengutamakan kepraktisan. Apa pun produk pilihan Anda, berhati-hatilah dalam menggunakannya, ya. Ikuti juga peraturan yang ada agar keamanan dan kenyamanan Anda terjamin selama menggunakan pisau outdoor terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sedia payung sebelum hujan, begitulah kata pepatah. Namun, bagaimana jika Anda mengendarai motor atau sepeda? Mantel atau jas hujan tentu menjadi barang yang lebih tepat untuk dipakai. Baik model ponco maupun setelan, jas hujan dianggap lebih mampu menghalau air hujan dan mencegah pakaian agar tak basah. Ada berbagai macam merek jas hujan yang bagus, seperti Respiro, Axio, hingga EIGER. Kali ini, kami akan memberikan review produk jas hujan terbaik yang hadir dalam berbagai harga. Sebelum itu, kami akan menjelaskan juga cara memilihnya. Simak hingga tuntas, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Walkie talkie dan handy talky sering digunakan sebagai alat komunikasi dalam sejumlah kegiatan. Kedua alat komunikasi ini dijadikan pilihan karena mudah digunakan. Selain itu, walkie talkie dan handy talky dapat dioperasikan tanpa pulsa dan internet sehingga lebih hemat biaya operasional.Anda akan menemukan berbagai merek walkie talkie dan handy talky yang bagus, seperti Motorola, Xiaomi, dan Baofeng. Agar tidak kebingungan saat memilih, kami akan memberikan tips memilih walkie talkie dan handy talky. Kami juga memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus.
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda berencana pergi ke luar negeri saat musim salju? Jika ya, Anda akan membutuhkan baju hangat atau down jacket yang sesuai. Namun, jaket ini sangat beragam jenisnya, mulai dari merek The North Face, CONSINA, UNIQLO, dan lain sebagainya.Agar Anda tidak bingung, kami akan memperkenalkan berbagai down jacket, baik yang ringan maupun yang mudah dilipat. Bukan hanya itu, kami juga akan memberitahukan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan down jacket yang bagus. Jadi, selamat menyimak dengan saksama, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cooler box adalah perlengkapan yang wajib ada untuk menjaga kesegaran makanan dan minuman saat piknik atau berkemah. Anda bisa menyimpan bahan makanan, minuman, buah-buahan, dan ikan agar tetap segar. Banyaknya pilihan cooler box yang bagus di pasaran mungkin akan membuat Anda bingung. Namun, Anda tidak perlu khawatir.Di artikel ini, kami akan memberikan tips memilih cooler box untuk beragam kebutuhan Anda. Tak lupa, kami juga akan mengulas berbagai merek cooler box terbaik, seperti Rubbermaid, LION STAR, IGLOO, dan lainnya. Untuk lebih lengkapnya, simak artikel ini terus, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu cara melindungi mata saat beraktivitas di luar ruangan adalah dengan menggunakan kacamata anti UV. Namun, banyak orang kebingungan saat mencari kacamata yang efektif mengingat adanya berbagai standar dan perbedaan dalam spesifikasi lensa.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih kacamata anti UV agar Anda dapat menemukan produk yang bagus sesuai kebutuhan. Kami juga akan merekomendasikan produk-produk dari berbagai merek, seperti RockBros, GREY JACK, dan Bitzen. Mari kenakan kacamata yang tepat dan lindungi mata Anda dari radiasi UV!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Tas Anti Air Terbaik untuk Kegiatan Outdoor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tas Anti Air Terbaik untuk Kegiatan Outdoor (Terbaru Tahun 2022)
    Ketika melakukan beragam kegiatan outdoor, Anda perlu menggunakan tas anti air untuk menyimpan barang bawaan. Dengan demikian, barang bawaan Anda tidak akan basah jika terkena air atau tiba-tiba turun hujan. Di pasaran, Anda bisa menemukan tas anti air dengan beragam model dan ukuran.Beberapa produk cocok untuk digunakan saat melakukan kegiatan di laut. Beberapa di antaranya juga memiliki desain trendi sehingga pas untuk dipakai sehari-hari. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih tas anti air. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus dari merek Arei, Consina, dan Eiger.
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Sarung Tangan Terbaik untuk Kegiatan Outdoor - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sarung Tangan Terbaik untuk Kegiatan Outdoor - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Ada banyak kegiatan outdoor yang dapat Anda lakukan, seperti climbing, camping, dan hiking. Saat melakukan kegiatan tersebut, tentunya penggunaan sarung tangan adalah hal yang penting agar keamanan tangan terjaga. Sarung tangan tersedia di pasaran dengan desain dan performa yang berbeda-beda.Kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika hendak memilih sarung tangan. Bukan hanya itu, kami juga telah menyiapkan rekomendasi merek sarung tangan yang bagus, seperti EIGER dan Naturehike. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Selamat membaca!
    Perlengkapan outdoor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori