• 10 Rekomendasi Popok Dewasa Terbaik untuk Merawat Orang Lansia (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Popok Dewasa Terbaik untuk Merawat Orang Lansia (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Popok Dewasa Terbaik untuk Merawat Orang Lansia (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Popok Dewasa Terbaik untuk Merawat Orang Lansia (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Popok Dewasa Terbaik untuk Merawat Orang Lansia (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Popok Dewasa Terbaik untuk Merawat Orang Lansia (Terbaru Tahun 2020)

Apa yang Anda ketahui tentang popok dewasa? Hampir sama seperti popok bayi, popok dewasa merupakan popok yang digunakan oleh orang lansia untuk menampung urine dan feses. Hal ini dikarenakan mereka kesulitan menahan buang air besar dan kecil ketika mengalami kondisi medis tertentu.

Di antara banyaknya merek popok dewasa yang dijual di pasaran, seperti Confidence, Oto, Lifree mungkin membuat Anda kebingungan memilih. Kali ini, kami akan merekomendasikan produk popok dewasa yang sesuai untuk kebutuhan Anda. Tips memilih popok dewasa pun juga akan kami ulas. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 13 November 2020
  • 34.028 Views
Daftar isi

Cara memilih popok dewasa untuk merawat orang lansia

Saat memilih popok dewasa, terdapat beberapa poin yang harus Anda perhatikan dari segi kenyamanan dan kemudahan pemakaiannya. Pertama-tama, kami akan mengulas tips memilih popok dewasa terbaik untuk merawat orang lansia.

Pilih popok dewasa sesuai dengan kategori ADL (Activity of Daily Living)

Pilih popok dewasa sesuai dengan kategori ADL (Activity of Daily Living)
Untuk memilih popok dewasa yang sesuai bagi orang lansia, pahamilah terlebih dahulu kondisi dan aktivitas mereka. Hal ini dapat mengacu pada ADL atau activity of daily living. Pengukuran kemandirian pemakai berdasarkan ADL dapat mengidentifikasikan kemampuan dan keterbatasan orang lansia supaya memudahkan Anda memilih popok dewasa yang tepat. Misalnya, pemilihan popok dewasa untuk merawat di rumah, di rumah sakit, atau perawatan lansia yang sakit dan harus rawat jalan di rumah.
ADL (activity of daily living) adalah istilah yang mengacu pada perawatan diri, seperti mandi, berpakaian, makan, minum, buang air besar, buang air kecil, dan kemampuan merawat diri lainnya. Kategori ADL umumnya diklasifikasikan menurut score yaitu dari angka 0-6. Semakin tinggi nilainya maka semakin tinggi tingkat ketergantungan dan perawatan yang dibutuhkan. Jadi, apabila Anda sudah mengetahui kondisi dan tingkat kemandirian pemakai berdasarkan ADL, Anda dapat memilih produk popok dewasa yang sesuai.

Perhatikan kenyamanan pemakai

Kenyamanan pemakai yang mengenakan popok dewasa merupakan poin yang penting untuk diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa poin yang harus Anda perhatikan.

Pilihlah ukuran yang sesuai

Pilihlah ukuran yang sesuai
Kebanyakan popok dewasa yang dijual di pasaran sudah diberi keterangan unisex atau popok yang bisa digunakan untuk pria atau wanita. Namun, kami menyarankan Anda terlebih dahulu mengukur lingkar pinggang, pinggul, dan pangkal paha pemakainya. Tiap ukuran lingkar pinggul sudah diklasifikasikan menjadi ukuran S, M, L, XL, dan sebagainya. Ukuran yang sesuai dapat mencegah pemakainya dari ruam kemerahan, iritasi, gatal, infeksi jamur, dan lainnya.
Jika pemakai dapat memilih popok dewasa sendiri, hampir dipastikan tidak ada kesalahan pemilihan ukuran. Namun, apabila Anda membeli popok dewasa untuk orang lansia dengan kondisi berbaring saja di tempat tidur, Anda perlu mengira-ngira ukuran yang pas. Meskipun ada kemungkinan produk tersebut terlalu longgar atau terlalu ketat, tetapi cara ini bisa Anda coba. Pastikan Anda mengacu pada ukuran lingkar pinggang, pinggul, dan pangkal paha yang sudah kami sebutkan di atas saat membeli popok dewasa.

Pilih popok dewasa dengan bahan dan sirkulasi udara yang baik

Pilih popok dewasa dengan bahan dan sirkulasi udara yang baik
Popok dewasa merupakan produk yang digunakan terus-menerus dalam jangka waktu lama. Hal ini dapat menyebabkan kulit pemakainya terkena iritasi sehingga menjadi kasar. Oleh karena itu, saat memilih popok dewasa, penting sekali untuk melihat kelembutan bahan yang digunakan serta bersirkulasi udara yang baik. Misalnya, bahan serat nanoselulosa kami rekomendasikan karena sifatnya yang lembut, berdaya serap baik, serta dapat mencegah bau. Untuk mencegah agar kotoran tidak lengket di kulit, beberapa perusahaan telah mengembangkan idenya dengan menggunakan bahan dari katun dan juga dari bahan-bahan yang memiliki daya serap tinggi. Oleh karena itu, pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulit pemakainya.
Sama seperti popok bayi, popok dewasa pun saat ini juga memiliki beberapa inovasi. Kesesuaian popok dewasa pun tergantung pada pemakainya. Jika Anda pertama kali membeli dan terjadi iritasi kulit, ingatlah bahan apa yang digunakan pada produk tersebut, kemudian pilihlah produk lainnya dengan bahan berbeda. Jadi, saat akan membeli popok dewasa dari toko fisik atau toko online, jangan lupa memastikan bahan apa yang digunakan.

Jangan membuat pemakainya merasa terbebani memakai popok dewasa

Ketika membeli popok dewasa, poin lain yang juga penting untuk diperhatikan adalah Anda perlu membuat pemakai merasa nyaman dan tidak terbebani. Berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan.

Pilih tipe perekat atau tipe celana sesuai kebutuhan

Pilih tipe perekat atau tipe celana sesuai kebutuhan
Terdapat dua tipe popok dewasa yaitu tipe perekat dan tipe celana. Bagi orang lansia yang membutuhkan perawatan atau ketergantungan tinggi, sebaiknya memilih popok tipe perekat. Di samping itu, untuk orang lansia yang masih bisa berdiri, popok dewasa tipe celana bisa jadi pilihan karena cara pemakaiannya seperti celana dalam biasa. Namun, ada bagian perekat dari popok tipe perekat yang menempel di kulit sehingga membuat mereka tidak nyaman. Untuk orang-orang lansia dengan kasus seperti ini, pilihlah popok tipe celana untuk kenyamanan pemakai dan perawat lansia tersebut.
Di sisi lain, meskipun popok dewasa tipe celana cocok bagi lansia yang masih bisa mandiri, banyak yang mengatakan bahwa tipe ini kurang nyaman apabila dipakai tidur. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih tipe popok yang sesuai dengan kondisi dan situasi pemakainya.

Cek daya serap produk guna mengontrol frekuensi penggantian

Ketika memilih popok untuk merawat orang lansia, penting bagi Anda untuk mengecek daya serap produk tersebut. Produk yang memiliki daya serap baik menentukan berapa jumlah urine yang bisa diserap dalam satu pemakaian popok celana. Banyak produk yang memiliki daya serap urine dalam dua hingga tiga kali buang air kecil atau sekitar 300 ml. Daya serap urine tergantung pada setiap produk yang Anda beli. Jadi, pilihlah produk berdasarkan situasi dan kondisi pemakainya. Popok dewasa tipe perekat memiliki daya serap yang lebih tinggi dibandingkan tipe celana.
Setelah buang air kecil, idealnya popok memang harus segera diganti. Namun, di samping merawat lansia, mungkin Anda melakukan pekerjaan lainnya seperti pekerjaan rumah. Jadi, bagi Anda yang memiliki pekerjaan lain selain merawat orang lansia, pilihlah produk yang berdaya serap tinggi untuk mengurangi frekuensi penggantian popok dewasa.

Pilih produk compact untuk menghemat tempat penyimpanan

Pilih produk compact untuk menghemat tempat penyimpanan
Sebisa mungkin, pilihlah popok dewasa yang berbentuk compact dan juga ramping. Popok dewasa merupakan popok yang digunakan oleh orang dewasa. Oleh sebab itu, satu lembar popoknya memiliki ukuran yang besar. Karena dipakai setiap hari, tidak sedikit orang yang membelinya dalam jumlah banyak sekaligus. Jika Anda tidak menginginkan tempat penyimpanan ekstra untuk popok dewasa berjumlah banyak tersebut, Anda perlu mengecek ukuran dari kemasannya terlebih dahulu.
Namun, berbeda kondisi tiap pemakainya, produk yang compact dan berukuran ramping ini terkadang cepat bocor. Anda tidak perlu khawatir karena ada juga produk yang meskipun bukan tipe ramping, tetapi memiliki ukuran kemasan yang kecil. Jadi, pertimbangkan juga poin ini sebelum membeli popok dewasa.

Cara menghemat pengeluaran pembelian popok dewasa

Cara menghemat pengeluaran pembelian popok dewasa
Saat ini, harga satu pack popok dewasa dengan total isi delapan lembar adalah kisaran empat puluh ribu rupiah. Semakin banyak keunggulan produk yang ditawarkan, semakin mahal harganya. Karena popok dewasa digunakan sehari-hari, penting sekali bagi Anda untuk memikirkan bagaimana cara meminimalkan pengeluaran dengan membeli produk yang hemat di kantong.
Bagi Anda yang ingin berhemat, sebaiknya Anda memisahkan pemakaian sehari-hari popok dewasa tersebut. Misalnya, saat kulit pemakai gatal atau iritasi, Anda bisa memilih produk dengan bahan berkualitas. Namun, saat keadaannya baik-baik saja, Anda bisa memakai produk dengan harga terjangkau untuk aktivitas sehari-hari. Jika terdapat diskon untuk pembelian produk dengan harga grosir, Anda bisa membeli popok dewasa dengan jumlah banyak.

10 Rekomendasi popok dewasa terbaik untuk merawat orang lansia

Setelah mengetahui cara memilih popok dewasa yang baik, di sini kami akan mengulas produk-produk rekomendasi yang bisa Anda jadikan acuan untuk membeli produk terbaik. Semoga bermanfaat.
10
Klasifikasi ADLUntuk lansia yang masih bisa berdiri dan beraktivitas sendiri
Untuk jenis kelaminUnisex
TipeTipe celana
Daya serapDaya serap tinggi
UkuranM-L-XL
BahanMenyerupai bahan pakaian
9
Klasifikasi ADLUntuk pasien rumah sakit, lansia dengan ketergantungan tinggi, dan lain-lain
Untuk jenis kelaminUnisex
TipeTipe perekat
Daya serapDaya serap tinggi
UkuranM-L-XL
BahanTidak ada keterangan
8
Klasifikasi ADLUntuk pasien rumah sakit, lansia dengan ketergantungan tinggi, berbaring di tempat tidur dan lain-lain
Untuk jenis kelaminUnisex
TipeTipe perekat
Daya serapDaya serap tinggi
UkuranM-L-XL
BahanBahan lembut
7
Klasifikasi ADLUntuk orang lansia dengan tingkat ketergantungan tinggi ataupun rendah
Untuk jenis kelaminUnisex
TipeTipe perekat
Daya serapTidak ada keterangan
UkuranM-L-XL
BahanBahan lembut dan berkualitas
6
Klasifikasi ADLUntuk orang lansia dengan tingkat ketergantungan tinggi ataupun rendah
Untuk jenis kelaminUnisex
TipeTipe perekat
Daya serapDaya serap tinggi
UkuranS-M-L-XL
BahanBahan lembut seperti kain
5
Klasifikasi ADLUntuk orang lansia yang bisa beraktivitas dan berjalan sendiri
Untuk jenis kelaminUnisex
TipeTipe celana
Daya serapDaya serap tinggi
UkuranS-M-L-XL
BahanBahan lembut dan nyaman
4
Klasifikasi ADLUntuk orang lansia dengan kondisi aktif
Untuk jenis kelaminUnisex
TipeTipe celana
Daya serapDaya serap tinggi
UkuranM-L-XL
BahanBahan ultra soft cover, bersirkulasi udara baik dan selembut kain
3
Klasifikasi ADLUntuk orang lansia dengan tingkat ketergantungan tinggi ataupun rendah
Untuk jenis kelaminUnisex
TipeTipe perekat
Daya serapDaya serap 6 kali lebih tinggi
UkuranM-L-XL
BahanBahan yang cepat kering dan lembut
2

UnicharmLifree Popok Celana Tipis & Nyaman Bergerak

Rp 71.000,00

Klasifikasi ADLUntuk orang lansia yang bisa beraktivitas dan berjalan sendiri
Untuk jenis kelaminUnisex
TipeTipe celana
Daya serapDaya serap 3 kali buang air kecil
UkuranM-L-XL
BahanBahan selembut kain
1
Klasifikasi ADLUntuk orang lansia dengan kondisi sakit atau bedrest
Untuk jenis kelaminUnisex
TipeTipe perekat
Daya serapDaya serap ekstracepat
UkuranM-L-XL
BahanBerbahan clothlike selembut kain

Tabel perbandingan produk popok dewasa terbaik untuk merawat orang lansia

Gambar produk
1
Softex  Confidence Adult Premium L 15's 1

Softex

2
Unicharm Lifree Popok Celana Tipis & Nyaman Bergerak 1

Unicharm

3
Softex  Confidence Adult Diapers Classic L 15's 1

Softex

4
Softex Confidence Adult Pants L 10's 1

Softex

5
Top  Adult Pants Popok Celana Dewasa XL 10 1

Top

6
Sensi Sure Diapers XL 6+1 1

Sensi

7
Popoku Adult Diapers L 2pcs 1

Popoku

8
Certainty Disposable Adult Diapers 1

Certainty

9
WeCare Adult Diapers M 10 1

WeCare

10
Oto  Diapers Adult Pants XL 8pcs 1

Oto

Nama produk

Confidence Adult Premium L 15's

Lifree Popok Celana Tipis & Nyaman Bergerak

Confidence Adult Diapers Classic L 15's

Confidence Adult Pants L 10's

Adult Pants Popok Celana Dewasa XL 10

Sure Diapers XL 6+1

Adult Diapers L 2pcs

Disposable Adult Diapers

Adult Diapers M 10

Diapers Adult Pants XL 8pcs

Keunggulan

Kandungan ekstrak aloe vera membuat permukaan dalam lembut

Sangat tipis, pas di badan dan tak tampak memakai popok

Bebas bocor, nyenyak semalaman!

Cegah kebocoran dengan Side Leak Guards!

Ada wetness indicator untuk cegah kebocoran

High-tech drop zone membuat popok terasa kering dan nyaman

Kemasan kecil isi 2 lembar, praktis buat bepergian!

Lebih hemat! Tidak sampai Rp 100.000 sudah dapat 18 pcs!

Dengan antibakteri untuk mencegah pertumbuhan kuman

With cloth-like material! Serasa pakai celana dalam biasa

HargaRp 73.300,00Rp 71.000,00Rp 83.000,00Rp 95.000,00Rp 100.000,00Rp 44.800,00Rp 12.100,00Rp 99.900,00Rp 43.500,00Rp 62.000,00
Klasifikasi ADLUntuk orang lansia dengan kondisi sakit atau bedrestUntuk orang lansia yang bisa beraktivitas dan berjalan sendiriUntuk orang lansia dengan tingkat ketergantungan tinggi ataupun rendahUntuk orang lansia dengan kondisi aktifUntuk orang lansia yang bisa beraktivitas dan berjalan sendiriUntuk orang lansia dengan tingkat ketergantungan tinggi ataupun rendahUntuk orang lansia dengan tingkat ketergantungan tinggi ataupun rendahUntuk pasien rumah sakit, lansia dengan ketergantungan tinggi, berbaring di tempat tidur dan lain-lainUntuk pasien rumah sakit, lansia dengan ketergantungan tinggi, dan lain-lainUntuk lansia yang masih bisa berdiri dan beraktivitas sendiri
Untuk jenis kelaminUnisexUnisexUnisexUnisexUnisexUnisexUnisexUnisexUnisexUnisex
TipeTipe perekatTipe celanaTipe perekatTipe celanaTipe celanaTipe perekatTipe perekatTipe perekatTipe perekatTipe celana
Daya serapDaya serap ekstracepatDaya serap 3 kali buang air kecilDaya serap 6 kali lebih tinggiDaya serap tinggiDaya serap tinggiDaya serap tinggiTidak ada keteranganDaya serap tinggiDaya serap tinggiDaya serap tinggi
UkuranM-L-XLM-L-XLM-L-XLM-L-XLS-M-L-XLS-M-L-XLM-L-XLM-L-XLM-L-XLM-L-XL
BahanBerbahan clothlike selembut kainBahan selembut kainBahan yang cepat kering dan lembutBahan ultra soft cover, bersirkulasi udara baik dan selembut kainBahan lembut dan nyamanBahan lembut seperti kainBahan lembut dan berkualitasBahan lembutTidak ada keteranganMenyerupai bahan pakaian
Tautan produk

Kesimpulan

Nah, apa Anda sudah menentukan produk popok dewasa yang tepat? Setelah membaca artikel kami, pastilah Anda menyadari bahwa membeli produk popok dewasa tidaklah boleh sembarangan.
Pilihlah bahan popok dewasa yang pas untuk Anda atau orang lansia yang Anda rawat. Tipe celana atau tipe perekat juga bisa Anda pilih sesuai kondisi. Lalu, jangan lupa untuk berhemat dengan membeli produk yang tidak membebani kantong Anda! Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Test pack adalah salah satu langkah awal yang bisa dilakukan untuk mengecek kehamilan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran. Akan tetapi, bagaimana cara menentukan produk yang tepat?Dalam artikel ini, kami akan membahas secara tuntas mengenai test pack. Simak ulasan kami, mulai dari cara memilih test pack yang tepat sampai rekomendasi produk seperti Akurat, Sensitif, dan Clearblue. Ulasan mengenai cara pemakaian test pack yang benar juga akan kami paparkan pada akhir artikel. Selamat membaca!
    Produk dewasa & kewanitaan
    273.006 Views
  • 10 Rekomendasi Pencukur Miss V Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pencukur Miss V Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021)
    Dewasa ini mulai banyak wanita yang mencukur bulu di area miss V atau area kemaluan. Namun, jika Anda mencukur dengan alat cukur biasa, ujung rambut bisa menjadi tajam. Hal ini dapat menyebabkan rasa gatal pada permukaan kulit miss V yang sensitif. Untuk itu, Anda memerlukan pencukur khusus area miss V.Akhir-akhir ini telah banyak merek pencukur miss V yang beredar di pasaran, seperti Veet, Philips, atau Panasonic. Kali ini kami akan memberikan tips memilih pencukur miss V beserta rekomendasi produknya untuk Anda. Mari simak artikel ini dan temukan pencukur miss V yang tepat!
    Produk dewasa & kewanitaan
    74.643 Views
  • 10 Rekomendasi Pembersih Kewanitaan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pembersih Kewanitaan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Setiap wanita pasti menginginkan tubuh yang bersih dan sehat. Tak hanya tubuh bagian luar, area kewanitaan yang tersembunyi pun perlu untuk dirawat. Salah satu cara yang dilakukan adalah membersihkannya menggunakan pembersih kewanitaan, seperti Betadine, Purbasari Sabun Sirih Manjakani, atau Lactacyd Feminine Hygiene.Memilih sabun pembersih kewanitaan ini bukan perkara sepele. Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan supaya tidak salah pilih. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips cara memilih pembersih kewanitaan serta memberikan rekomendasi produk terbaik yang bisa diandalkan. Selamat membaca!
    Produk dewasa & kewanitaan
    37.235 Views
  • 10 Rekomendasi Pembalut Nifas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pembalut Nifas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Setelah melahirkan, Anda akan mengalami postpartum bleeding selama beberapa pekan. Pada masa nifas ini, Anda akan mengeluarkan darah dari rahim seperti saat menstruasi dengan cairan yang lebih banyak dan pekat. Untuk itu, Anda memerlukan pembalut khusus masa nifas atau maternity pad.Pembalut nifas berkuran lebih panjang, lebih lebar, serta mampu menyerap cairan dengan cepat. Beberapa pembalut nifas yang bisa ditemukan dengan mudah antara lain Softex Maternity, Dacco Mama, dan Sofie Maternity. Melalui artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih pembalut nifas serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!
    Produk dewasa & kewanitaan
    19.078 Views
  • 10 Rekomendasi Pembalut Kain Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pembalut Kain Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat ini, makin banyak orang yang menyadari pentingnya gaya hidup sehat dengan mulai mengurangi sampah. Bagi para wanita, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan pembalut kain. Dibandingkan dengan pembalut sekali pakai, pembalut kain dinilai lebih aman, hemat, dan ramah lingkungan. Namun, memilih pembalut kain, terutama untuk para pemula, merupakan hal yang cukup membingungkan. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan memberikan tips cara memilih pembalut kain. Tidak lupa, rekomendasi produk dapat Anda temukan di bawah ini, mulai dari Hannahpad, Demibumi, BabyClo dan lainnya. 
    Produk dewasa & kewanitaan
    20.639 Views
  • 10 Rekomendasi Pembalut Terbaik untuk Malam Hari (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pembalut Terbaik untuk Malam Hari (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai wanita, pastinya Anda mengetahui bagaimana repotnya bila sedang menstruasi, terlebih saat Anda tidur di malam hari. Umumnya, kekhawatiran terbesar adalah darah menstruasi yang merembes dan mengotori tempat tidur Anda. Nah, kali ini, kami akan membantu Anda untuk menghilangkan kekhawatiran tersebut.Kami akan menjelaskan hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih pembalut untuk malam hari, serta merekomendasikan produk pembalut terbaik untuk Anda. Mulai dari pembalut herbal Natesh, pembalut super tipis Laurier, hingga pembalut antibocor Charm akan kami ulas!
    Produk dewasa & kewanitaan
    40.718 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori