• 10 Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Salah satu momok bagi kulit adalah munculnya jerawat pada wajah. Untungnya, kini ada banyak brand yang memproduksi moisturizer untuk kulit berjerawat, baik dari lokal maupun internasional. Wardah, Sensatia Botanicals, dan Innisfree merupakan beberapa contohnya. 


Tiap-tiap produk memiliki karakteristik yang berbeda. Ada yang bersifat non-comedogenic, ada yang cocok untuk mengatasi jerawat pada remaja, dan lainnya. Namun, manakah yang paling tepat untuk digunakan? Kali ini dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, akan memberikan komentar mengenai pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Yuk, simak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Dia Febrina
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Dia Febrina, Sp.KK

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Dia Febrina, Sp.KK

dr. Dia Febrina, Sp.KK adalah dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Pendidikan Dokter Umum dan Spesialis, Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Pendiri klinik Medika Asyifa Jatiasih dan Dr. Derm Skin Care ini memiliki ketertarikan dalam bidang dermatologi kosmetik, estetik, dan tumor bedah kulit. Saat ini dr. Dia aktif melakukan edukasi seputar kesehatan kulit dan kelamin, salah satunya melalui akun Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pelembap wajah untuk kulit berjerawat

Pertama-tama, kami akan menjelaskan secara terperinci empat poin dalam memilih pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Silakan perhatikan dengan saksama agar Anda tidak salah dalam memilih produk.

Periksa keberadaan bahan kandungan untuk perawatan kulit berjerawat

Hal utama yang harus Anda periksa adalah keberadaan bahan yang efektif untuk merawat kulit berjerawat. Anda juga harus memperhatikan kecocokan komposisi bahan aktifnya dengan jenis kulit dan penyebab munculnya jerawat.

Untuk mengatasi masalah pori tersumbat, pilih bahan yang kaya antioksidan

Untuk mengatasi masalah pori tersumbat, pilih bahan yang kaya antioksidan

Akar penyebab munculnya jerawat adalah pori-pori yang tersumbat. Penyumbatan pori-pori biasanya diakibatkan oleh proses pembersihan dan gosokan terhadap wajah yang terlalu berlebihan. Penggunaan produk dengan bahan kandungan yang dapat mengiritasi kulit, misalnya lipid peroxide, juga bisa menyumbat pori-pori. Lipid peroxide adalah asam lemak yang telah mengalami oksidasi dalam jangka waktu lama.


Ketika kulit terstimulasi, regenerasi kulit terjadi terlalu cepat sehingga keratin yang berukuran kecil akan bercampur dengan sebum. Akibatnya, terjadilah penyumbatan yang akan menutup pori-pori kulit. Untuk mencegah terjadinya penyumbatan seperti ini, kami sarankan Anda memakai pelembap yang mengandung antioksidan. Dengan begitu, Anda dapat mencegah terjadinya oksidasi pada sebum.


Berikut adalah beberapa kandungan bahan antioksidan yang ampuh mencegah jerawat:

  • Vitamin C dan vitamin C derivatif
  • Fullerene
  • Na tocopheryl phosphate


Jika kulit Anda lebih rentan berjerawat, sebaiknya gunakan pelembap yang mengandung bahan non-comedogenic. Dengan begitu, bakteri penyebab jerawat tidak akan tumbuh subur di kulit Anda.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Untuk mengatasi pori yang tersumbat, Anda dapat menggunakan bahan yang bersifat komedolitik atau korneolitik. Bahan-bahan tersebut contohnya adalah salicylic acid (BHA), AHA, dan retinoid. Bahan-bahan ini dapat membantu eksfoliasi atau pengelupasan pada lapisan kulit teratas (stratum korneum). Cara kerjanya adalah dengan mengurangi atau melonggarkan ikatan antara sel keratinosit yang menyumbat pori.

Untuk merawat kondisi kulit berjerawat, pilih bahan yang mengandung anti-inflamasi

Untuk merawat kondisi kulit berjerawat, pilih bahan yang mengandung anti-inflamasi

Meski Anda sudah merawat kulit secara rutin dan maksimal, kadang-kadang jerawat masih bisa muncul. Jika jerawat yang muncul memiliki warna putih (white acne), silakan gunakan pelembap dengan perpaduan bahan sebagai berikut:


  • Bahan anti-inflamasi: glycyrrhizic acid 2K, allantoin, salicylic acid
  • Bahan penghambat sekresi sebum: rice power No. 6, 10-Hydroxydecanoic acid, estradiol
  • Bahan exfoliatorresorcin, sulfur, salicylic acid
  • Bahan sterilisasi: salicylic acid, benzalkonium chloride, isopropylmethylphenol


Untuk mencegah kulit terasa kasar, silakan Anda gunakan pelembap yang mengandung bahan anti-inflamasi. Apabila Anda memiliki kulit berminyak, kami sarankan untuk memakai pelembap dengan bahan penghambat sekresi sebum. 


Sebaliknya, bila Anda memiliki kulit kering, sebaiknya hindari keberadaan bahan penghambat sekresi sebum dalam pelembap yang digunakan. Jika penggunaan kedua bahan di atas tidak berhasil mengatasi jerawat, Anda bisa menggunakan bahan exfoliator dan sterilisasi. 


Namun, perlu diingat, kedua bahan ini hanya boleh digunakan sesekali. Anda juga tidak dianjurkan untuk memakainya secara rutin. Hal ini karena penggunaan bahan exfoliator dan sterilisasi dapat merusak lapisan pelindung alami kulit. Kulit Anda justru akan berjerawat jika Anda memakainya setiap hari.


Selain itu, bila kondisi jerawat jadi bertambah parah dan meradang, segera kunjungi dokter kulit. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan saran penggunaan bahan yang lebih cocok untuk kulit Anda.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Inflamasi atau peradangan berperan dalam proses primer terjadinya jerawat. Oleh karena itu, penggunaan skincare dengan bahan anti-inflamasi sangat diperlukan untuk perawatan sehari-hari kulit berjerawat. 


Kandungan anti-inflamasi yang dapat membantu Anda mengatasi jerawat adalah niacinamide, green tea, dan hamamelis (witch hazel). Selain itu, ada juga salicylic acid (BHA), zinc, Aloe vera, chamomile, cucumber, dan licorice extract.

Ketahui mengenai kandungan bahan pelembapnya

Ketahui mengenai kandungan bahan pelembapnya

Pada dasarnya, akan lebih baik jika Anda memilih pelembap wajah dengan kemampuan melembapkan yang tinggi. Teori ini juga berlaku saat Anda akan memilih pelembap wajah untuk kulit berjerawat.


Ada beberapa bahan pelembap yang biasanya digunakan dalam suatu produk. Anda mungkin sudah tidak asing dengan glycerin, butylene glycolpropylene glycol, hydrolyzed hyaluronic acid, dan lainnya. 


Namun, bila Anda relatif sering berjerawat, sebisa mungkin hindari produk yang mengandung glycerin. Hal ini karena glycerin merupakan sumber energi bagi bakteri penyebab jerawat. Penggunaannya tentu akan memperparah kondisi kulit wajah Anda. Untuk pemilik kulit berminyak, biasanya penggunaan bahan pelembap butylene glycol lebih direkomendasikan karena memberi sensasi menyegarkan.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Jerawat dapat terjadi pada kulit berminyak atau kulit kering. Terapi akne menggunakan bahan aktif, seperti benzoyl peroxide, salicylic acid, retinoid oles, atau obat minum dapat menjadikan kulit kering dan iritasi. Nah, penggunaan pelembap dapat membantu kulit menerima pengobatan jerawat dengan kandungan tersebut.


Pemilik kulit berjerawat yang cenderung berminyak sebaiknya menghindari pelembap dalam bentuk minyak (oil) atau heavy cream. Sebaliknya, Anda dapat memilih pelembap dengan tipe humektan yang mengandung hyaluronic acid dan heparan sulfate analog


Kandungan kombinasi antara dimethicone dan glycerin juga terbilang baik. Kandungan ini umumnya ada di dalam pelembap untuk tipe kulit berjerawat. Pelembap dengan kandungan dimethicone bagus untuk tipe kulit berjerawat dan sensitif karena bersifat non-comedogenic dan hypoallergenic

Pastikan kandungan bahan aktifnya tidak mengiritasi kulit

Pastikan kandungan bahan aktifnya tidak mengiritasi kulit

Pelembap wajah untuk kulit berjerawat mungkin saja mengandung bahan aktif yang dapat mengiritasi kulit. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan uji kecocokan dengan mencoba produk tester terlebih dahulu. Sayangnya, tidak semua produsen pelembap menyediakan produk tester. Jadi, Anda hanya bisa memperhatikan komposisi bahan yang tercantum, serta membaca review pengguna di internet.


Produk pelembap untuk kulit berjerawat juga terkadang diperkaya dengan etanol atau mentol agar dapat memberi sensasi menyegarkan. Akan tetapi, kedua bahan ini berpotensi menyebabkan iritasi pada kulit. Jika kulit Anda berjerawat, sebaiknya hindari penggunaan produk yang memiliki kandungan bahan tersebut.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Pilih pelembap yang bersifat oil-free atau tanpa kandungan mineral oil atau vegetable oil. Selain itu, pilih pelembap yang bersifat non-comedogenic dan tidak menyumbat pori sehingga tidak memperparah timbulnya jerawat. Hindari pelembap dengan kandungan yang bersifat comedogenic, seperti isopropyl myristate, isopropyl palmitate, dan coconut oil

Perhatikan kemudahan penggunaannya, terutama bagi remaja

Perhatikan kemudahan penggunaannya, terutama bagi remaja

Kemudahan penggunaan pelembap juga menjadi poin penting dalam memilih suatu produk. Terlebih, pelembap wajah untuk mengatasi jerawat biasanya harus digunakan dua kali sehari. Oleh sebab itu, usahakan untuk memilih produk yang membuat Anda nyaman.


Untuk menilai kenyamanan pelembap, Anda bisa menggunakan beberapa cara. Pertama, periksa tekstur pelembap wajah yang akan dipilih. Kebanyakan pelembap untuk perawatan jerawat memiliki tekstur yang dingin dan menyegarkan. Bagi remaja yang aktif berkegiatan, tekstur seperti ini sangat menyenangkan untuk dipakai. 


Selain itu, ada pula pelembap yang teksturnya lembut dan lembap. Jadi, Anda hanya perlu memutuskan tekstur mana yang lebih disukai. Namun ingat, bila Anda memilih produk dengan tekstur lembut dan lembap, pastikan bahan pelembapnya bukanlah glycerin.


Langkah berikutnya adalah mengecek kemasan yang digunakan. Karena akan dipakai setiap hari, kemasan produk dapat memengaruhi tingkat stres. Kemasan yang memudahkan Anda dalam memakainya tentu akan membuat Anda lebih nyaman, begitu pula sebaliknya. 


Untuk itu, silakan perhatikan ukuran botol, struktur mulut kemasan, hingga tipe kepala botol. Dengan demikian, Anda juga dapat memperkirakan jumlah pelembap yang akan dikeluarkan dalam sekali tekan.


Hal penting lain yang juga harus diperhatikan adalah aroma pelembap yang Anda pilih. Pastikan aromanya membuat Anda nyaman walau dipakai dalam waktu lama. Untuk Anda yang tidak terlalu suka dengan wewangian, Anda dapat memilih produk yang tidak memiliki aroma.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Pelembap dengan tekstur gel atau losion dapat digunakan untuk remaja karena tidak menimbulkan rasa berminyak atau greasy feel

10 Rekomendasi pelembap wajah terbaik untuk kulit berjerawat

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pelembap wajah terbaik untuk kulit berjerawat yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dia Febrina, Sp.KK.

10
Bahan antioksidanVaccinium myrtillus fruit extract
Bahan anti-inflamasiLauric acid, salicylic acid, polyethylene
Bahan pelembapGlycerin
Isi20 ml
Permasalahan kulitJerawat, bekas jerawat, warna tidak merata, bintik hitam, komedo, pori besar, warna tidak merata, kulit kusam
9
Bahan antioksidanTocopherol
Bahan anti-inflamasiWillow bark extract, Torreya nucifera seed oil
Bahan pelembapButylene glycol
Isi100 ml
Permasalahan kulitJerawat, bintik hitam
8

Kiehl'sBreakout Control Acne Treatment Facial Lotion

Mulai dari Rp 625.000,00

Bahan antioksidanGinger root extract, BHT
Bahan anti-inflamasiCapryloyl salicylic acid
Bahan pelembapAloe barbadensis leaf extract, zinc PCA
Isi60 ml
Permasalahan kulitKulit berminyak, kulit kombinasi, jerawat
7

Sensatia BotanicalsIndian Fig Finishing Dream Cream

Mulai dari Rp 240.000,00

Bahan antioksidanOlive oil, Terminalia ferdinandiana fruit extract, argan oil, vitamin E, pricky pear seed oil
Bahan anti-inflamasiCitric acid, tamarind extract
Bahan pelembapShea butter, kukui nut oil, jojoba seed oil, squalane, sodium hyaluronate
Isi65 gr
Permasalahan kulitKulit berminyak, kulit kombinasi, jerawat
6
Bahan antioksidanTidak disebutkan
Bahan anti-inflamasiAllantoin, citric acid
Bahan pelembapHyaluronic acid, Aloe barbadensis leaf juice
Isi50 ml
Permasalahan kulitJerawat, kulit sensitif, komedo
5

Ferenbell CoSome by Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Cream

Mulai dari Rp 198.000,00

Bahan antioksidanTea tree leaf extract, turmeric root extract, Camellia sinensis leaf extract, Coptis japonica extract, witch hazel extract, Houttuynia cordata extract, madecassoside, asiaticoside
Bahan anti-inflamasiAllantoin, capryloyl salicylic acid
Bahan pelembapCentella asiatica extract, glycerin, ceramide NP
Isi60 gr
Permasalahan kulitJerawat
4

Rohto Acnes Natural Care Oil Control & Whitening Cream

Mulai dari Rp 31.500,00

Bahan antioksidanTidak disebutkan
Bahan anti-inflamasiPear juice ferment filtrate, glycolic acid, Scutellaria baicalensis root extract, Houttuynia cordata extract, Glycine soja seed extract
Bahan pelembapImproved hyaluronic acid, glycerin
Isi40 gr
Permasalahan kulitJerawat, flek hitam, warna tidak merata
3
Bahan antioksidanAscorbyl tetraisopalmitate, Polygonum cuspidatum root extract, matricaria flower extract, rosemary leaf extract
Bahan anti-inflamasiSalicylic acid, licorice leaf extract
Bahan pelembapButylene glycol, glycerin, Centella asiatica extract, cinnamon bark extract, Scutellaria baicalensis root extract, glucose, Camellia sinensis leaf extract,
Isi40 ml
Permasalahan kulitJerawat, kulit kusam
2
Bahan antioksidanTidak disebutkan
Bahan anti-inflamasiSalicylic acid, zinc gluconate
Bahan pelembapCeramide complex, PHA, betaine
Isi30 gr
Permasalahan kulitJerawat, kulit sensitif, kulit kering, atopi
1

EminaMs. Pimple Acne Solution Moisturizing Gel

Mulai dari Rp 24.000,00

Bahan antioksidanTocopheryl acetate, witch hazel extract, tocopherol
Bahan anti-inflamasiEpilobium angustifolium extract
Bahan pelembapButylene glycol, Aloe vera leaf extract
Isi20 ml
Permasalahan kulitJerawat

Tabel perbandingan produk pelembap wajah terbaik untuk kulit berjerawat

Gambar produk
1
Emina Ms. Pimple Acne Solution Moisturizing Gel 1

Emina

2
Erha Acne AcneAct Gentle Acne Moisturizer 1

Erha

3
Wardah Acnederm Night Treatment Moisturizer 1

Wardah

4
Rohto  Acnes Natural Care Oil Control & Whitening Cream 1

Rohto

5
Ferenbell Co Some by Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Cream 1

Ferenbell Co

6
Sebapharma Sebamed Clear Face Care Gel 1

Sebapharma

7
Sensatia Botanicals Indian Fig Finishing Dream Cream 1

Sensatia Botanicals

8
Kiehl's Breakout Control Acne Treatment Facial Lotion 1

Kiehl's

9
Innisfree Bija Trouble Lotion 1

Innisfree

10
Garnier Acne-care Whitening Cream  1

Garnier

Nama produk

Ms. Pimple Acne Solution Moisturizing Gel

Acne AcneAct Gentle Acne Moisturizer

Acnederm Night Treatment Moisturizer

Acnes Natural Care Oil Control & Whitening Cream

Some by Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Cream

Sebamed Clear Face Care Gel

Indian Fig Finishing Dream Cream

Breakout Control Acne Treatment Facial Lotion

Bija Trouble Lotion

Acne-care Whitening Cream

Keunggulan

Cegah pengaruh buruk sinar matahari pada jerawat

Merawat kulit sensitif dan berjerawat Anda dengan lembut

Mencerahkan kulit saat Anda tidur

Kaya pelembap tanpa meninggalkan kesan berminyak

Kembalikan kondisi kulit yang rusak dalam tiga puluh hari

Tekan pertumbuhan bakteri secara alami

Produk lokal dengan kemampuan luar biasa

Kandungan salicylic acid hingga 1,5% untuk meratakan tekstur kulit

Formula ringan, cepat meresap, dan menyegarkan

Atasi dua belas masalah kulit akibat jerawat

Harga mulai dariRp 24.000,00Rp 102.000,00Rp 33.500,00Rp 31.500,00Rp 198.000,00Rp 169.600,00Rp 240.000,00Rp 625.000,00Rp 190.000,00Rp 17.000,00
Bahan antioksidanTocopheryl acetate, witch hazel extract, tocopherolTidak disebutkanAscorbyl tetraisopalmitate, Polygonum cuspidatum root extract, matricaria flower extract, rosemary leaf extractTidak disebutkanTea tree leaf extract, turmeric root extract, Camellia sinensis leaf extract, Coptis japonica extract, witch hazel extract, Houttuynia cordata extract, madecassoside, asiaticosideTidak disebutkanOlive oil, Terminalia ferdinandiana fruit extract, argan oil, vitamin E, pricky pear seed oilGinger root extract, BHTTocopherolVaccinium myrtillus fruit extract
Bahan anti-inflamasiEpilobium angustifolium extractSalicylic acid, zinc gluconateSalicylic acid, licorice leaf extractPear juice ferment filtrate, glycolic acid, Scutellaria baicalensis root extract, Houttuynia cordata extract, Glycine soja seed extractAllantoin, capryloyl salicylic acidAllantoin, citric acidCitric acid, tamarind extractCapryloyl salicylic acidWillow bark extract, Torreya nucifera seed oilLauric acid, salicylic acid, polyethylene
Bahan pelembapButylene glycol, Aloe vera leaf extractCeramide complex, PHA, betaineButylene glycol, glycerin, Centella asiatica extract, cinnamon bark extract, Scutellaria baicalensis root extract, glucose, Camellia sinensis leaf extract, Improved hyaluronic acid, glycerinCentella asiatica extract, glycerin, ceramide NPHyaluronic acid, Aloe barbadensis leaf juiceShea butter, kukui nut oil, jojoba seed oil, squalane, sodium hyaluronateAloe barbadensis leaf extract, zinc PCAButylene glycolGlycerin
Isi20 ml30 gr40 ml40 gr60 gr50 ml65 gr60 ml100 ml20 ml
Permasalahan kulitJerawatJerawat, kulit sensitif, kulit kering, atopiJerawat, kulit kusamJerawat, flek hitam, warna tidak merataJerawatJerawat, kulit sensitif, komedoKulit berminyak, kulit kombinasi, jerawatKulit berminyak, kulit kombinasi, jerawatJerawat, bintik hitamJerawat, bekas jerawat, warna tidak merata, bintik hitam, komedo, pori besar, warna tidak merata, kulit kusam
Tautan produk

Dapatkah jerawat hilang dengan penggunaan pelembap wajah?

Dapatkah jerawat hilang dengan penggunaan pelembap wajah?

Banyak orang mempertanyakan bagaimana jerawat bisa muncul. Pada remaja, penyebab utama munculnya jerawat adalah produksi sebum yang berlebih. Sementara pada orang dewasa, bila jerawat muncul di sekitar area dagu, biasanya ada dua masalah yang patut dicurigai. 


Pertama, adanya proses regenerasi kulit yang tidak teratur. Masalah kedua adalah kondisi kulit yang terlalu kering. Kedua masalah tersebut dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori sehingga merangsang munculnya jerawat. Untuk mencegahnya, Anda harus menghindari proses pencucian atau penggosokkan kulit wajah yang terlalu berlebihan.


Jika Anda masih remaja dan memutuskan melakukan perawatan pada kulit berjerawat, silakan berfokus untuk mengontrol produksi sebum. Di sisi lain, bila Anda telah dewasa, kami sarankan untuk fokus pada kelembapan kulit dan perawatan keratin. 


Jerawat pada usia dewasa juga biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Untuk itu, Anda harus memperbaiki gaya hidup dan pola makan agar berhasil mengatasi jerawat secara tuntas. Penggunaan pelembap sendiri tidak dapat benar-benar menyembuhkan jerawat. Namun, pemakaiannya dapat mencegah terjadinya jerawat pada kulit wajah.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Pelembap merupakan salah satu terapi tambahan (adjunctive) untuk jerawat. Hal ini ditujukan terutama untuk penderita jerawat yang sedang mendapatkan pengobatan menggunakan bahan aktif tertentu. Bahan aktif yang umum digunakan adalah benzoyl peroxide, retinoid, antibiotik dengan basis alkohol, dan salicylic acid


Beberapa bukti ilmiah menunjukkan bahwa pemberian tambahan pelembap dalam proses pengobatan akne dapat memperbaiki tanda dan gejala jerawat. Selain itu, penggunaan pelembap dapat meningkatkan kepatuhan penderita jerawat terhadap pengobatan. Hal ini karena pelembap dapat mengurangi risiko iritasi akibat bahan aktif yang terkandung dalam obat jerawat. 

Baca juga rekomendasi produk perawatan kulit berjerawat lainnya di sini

Untuk mengatasi jerawat, Anda tidak bisa hanya mengandalkan pelembap. Supaya kulit terbebas sepenuhnya dari jerawat, Anda perlu memakai rangkaian perawatan khusus. Sabun muka, serum, masker, hingga sunblock khusus untuk kulit berjerawat bisa Anda gunakan agar kulit tetap terjaga. Untuk informasi selengkapnya, silakan cek artikel kami di bawah ini, ya.

Kesimpulan

Pemilihan pelembap wajah yang tepat bagi kulit berjerawat merupakan langkah penting untuk menghindari timbulnya masalah kulit lainnya. Dengan mengaplikasikan pelembap wajah yang sesuai, kulit berjerawat Anda tentu akan terasa lebih sehat dan bebas iritasi.

Nah, bagaimana pendapat Anda tentang artikel kami kali ini? Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan produk yang sesuai dengan masalah jerawat yang sedang dihadapi. Mari jaga kesehatan kulit yang berjerawat dengan pelembap yang tepat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merek Somethinc, Avoskin, dan Olay. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Peeling Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Peeling Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Peeling gel adalah produk yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Peeling gel biasanya memiliki kandungan AHA, BHA, atau PHA yang berfungsi membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengurangi tekstur kasar pada kulit.Saat ini sudah banyak peeling gel yang bagus. Sebut saja merek Hanasui, Girlpal, dan The Body Shop. Nah, kami akan memberi rekomendasi peeling gel terbaik. Anda bisa mendapatkan peeling gel untuk kulit berminyak dan berjerawat, serta kulit kering dan sensitif. Selain itu, tips memilih produk eksfoliasi gel juga akan dibahas. Yuk, baca lebih lanjut!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Batangan Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Batangan Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2022)
    Saat usia menginjak 40-an, kulit sudah tidak seelastis dahulu. Bahkan tanda-tanda penuaan juga sudah mulai muncul. Untuk mengembalikan kesehatan kulit, Anda membutuhkan produk perawatan kulit seperti sabun muka untuk usia 40-an. Agar Anda tidak salah pilih, kami akan menjelaskan cara memilih sabun muka untuk usia 40 tahun ke atas yang bagus.Kami juga akan merekomendasikan pencuci muka terbaik untuk umur 40-an. Anda akan menemukan berbagai merek facial wash untuk usia 40 tahun, seperti Dove, Oilum, dan Cetaphil. Baca artikelnya dan temukanlah sabun batang yang sesuai agar kulit Anda terjaga.
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori