10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2017)

10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2017)

Banyak masalah yang dapat menimbulkan dan memperparah kondisi jerawat Anda. Salah satu faktor penyebabnya adalah produk perawatan wajah yang tidak sesuai dengan kondisi kulit Anda yang berjerawat. Karena itu, Anda sangat dianjurkan untuk lebih berhati-hati dalam memilih produk perawatan wajah. Pastikan Anda mengetahui kandungan bahan dalam produk yang Anda gunakan.

Bagi Anda yang masih bingung, kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Tidak hanya itu, kami juga akan menyajikan penjelasan mengenai beberapa produk pelembab terbaik yang cocok bagi kulit berjerawat Anda. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih pelembap wajah untuk kulit berjerawat

Sebelum memperkenalkan produk-produk terbaik pilihan kami, pertama-tama kami akan menjelaskan poin-poin dan tips untuk memilih pelembap wajah untuk kulit berjerawat.

Memilih pelembap yang sesuai dengan jenis jerawat

Hal pertama yang harus diketahui sebelum memilih produk pelembap wajah untuk kulit berjerawat adalah jenis jerawat. Penyebab dari tiap jenis jerawat berbeda-beda, sehingga Anda perlu lebih selektif dalam memilih produk pelembap wajah. Nah, berikut penjelasannya!

Jerawat di usia remaja: pilih pelembap yang mampu merawat permukaan kulit

Jerawat di usia remaja: pilih pelembap yang mampu merawat permukaan kulit

Kulit remaja usia belasan tahun sangat rentan terhadap masalah jerawat. Pada masa ini, produksi sebum pada kulit meningkat. Hal ini dapat menyebabkan masalah pada kulit wajah setiap remaja.

Untuk menghilangkan masalah jerawat di usia remaja, sebenarnya tidaklah sulit. Produk pelembap wajah yang mengklaim memiliki kandungan bebas minyak, bahan antibakteri, dan bahan peeling sangat dianjurkan bagi Anda yang masih remaja dan memiliki masalah kulit berjerawat. Fokus utama dalam memilih produk pelembap wajah untuk jerawat jenis ini adalah produk pelembap yang mampu mengurangi produksi sebum kulit.

Jerawat di usia dewasa (20-30 tahun): pilih pelembap yang mampu menjaga kondisi kulit

Jerawat di usia dewasa (20-30 tahun): pilih pelembap yang mampu menjaga kondisi kulit

Tidak sedikit orang yang mengalami masalah jerawat saat menginjak usia 20-30 tahun. Hal ini bisa dikarenakan kebiasaan merokok dan stres akibat pekerjaan. Pola hidup dan konsumsi makanan yang kurang sehat pun mampu memicu masalah jerawat. Konsumsi makanan dengan kadar minyak berlebih juga berperan dalam timbulnya jerawat di kulit Anda.

Produk pelembap wajah yang cocok untuk kulit berjerawat di usia dewasa adalah produk yang mampu menjaga kelembapan kulit. Jika Anda memiliki kulit yang kering, pelembap jenis ini sangat dianjurkan karena mampu memperbaiki kondisi kulit wajah Anda menjadi lebih baik.

Selain itu, teknik memijat wajah yang benar setelah menggunakan pelembap wajah juga dapat mendorong hasil yang maksimal. Menggunakan pelembap wajah yang mengandung vitamin dan mineral juga dianjurkan bagi Anda yang sedang memiliki masalah kulit berjerawat.

Fokus pada label “non-comedogenic tested

Fokus pada label "non-comedogenic tested"

Hal penting lainnya dalam memilih pelembap wajah untuk kulit berjerawat adalah ada tidaknya label hasil uji non-comedogenic. Uji non-comedogenic dilakukan untuk melihat respon kulit terhadap pelembap yang diaplikasikan. Penilaian dilihat berdasarkan timbul atau tidaknya komedo yang berpotensi sebagai bakal jerawat. Uji ini dikatakan berhasil apabila tidak menimbulkan bakal jerawat. Produk yang lulus uji biasanya berlabel “non-comedogenic tested“.

Penggunaan pelembap dengan label “non-comedogenic tested” tidak dapat menyembuhkan jerawat. Namun, dengan memilih produk  berlabel ini, Anda telah berusaha mencegah timbulnya jerawat dan memperbaiki kondisi kulit wajah Anda. Oleh karena itu, bagi Anda yang tidak ingin terus berurusan dengan masalah jerawat, pelembap dengan label “non-comedogenic tested” sangat dianjurkan. Pastikan Anda juga memilih produk pelembap yang seluruh bahan kandungannya cocok dengan kondisi kulit Anda.

Lebih baik memilih pelembap bertekstur lembut

Lebih baik memilih pelembap bertekstur lembut

Tekstur merupakan poin penting dalam memilih produk perawatan kulit. Tekstur yang lembut akan mencegah terjadinya iritasi pada kulit Anda.

Perlu diingat bahwa terdapat banyak penyebab masalah jerawat. Tidak jarang orang menggunakan produk pelembap wajah jenis lotion untuk mengurangi sekresi sebum pada wajah. Namun, harus diperhatikan bahwa kulit yang kering juga dapat meningkatkan produksi sebum wajah guna menyeimbangkan kondisi permukaan kulit. Meningkatnya produksi sebum dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Oleh karena itu, lebih baik bila Anda menggunakan produk pelembap yang dapat menjaga kelembapan kulit.

Produk khusus untuk masalah jerawat atau kulit sensitif

Jenis perawatan sangatlah penting dalam memilih produk perawatan kulit. Bagi Anda yang ingin menyelesaikan masalah jerawat Anda, akan lebih baik bila Anda membeli produk khusus acne care. Produk ini akan berfokus untuk mencegah dan menyembuhkan jerawat Anda. Selain itu, memilih produk perawatan kulit yang tidak menyebabkan iritasi maupun alergi pada kulit juga sangat penting, terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.

Fitur pelembap wajah untuk perawatan jerawat: 1. kombinasi bahan anti-inflamasi

Fitur pelembap wajah untuk perawatan jerawat: 1. kombinasi bahan anti-inflamasi

Bahan anti-inflamasi berguna untuk mencegah dan menekan peradangan pada kulit. Glycyrrhizic acid 2k dan glycyrrhetic acid stearyl merupakan bahan yang sering digunakan dalam produk perawatan jerawat guna menekan kemerahan, panas, dan sakit pada kulit akibat peradangan.

Fitur pelembap wajah untuk perawatan jerawat: 2. kandungan vitamin dan vitamin C derivative

Fitur pelembap wajah untuk perawatan jerawat: 2. kandungan vitamin dan vitamin C derivative

Produk pelembap yang mengandung vitamin dan vitamin C derivative sangat bagus untuk perawatan wajah berjerawat. Vitamin C dapat menekan produksi sebum, memberi efek anti-inflamasi, dan meregenerasi kulit. Sayangnya, vitamin C yang dapat diserap oleh kulit hanyalah vitamin C derivative. Contoh vitamin C derivative adalah vitamin C phospate dan ascorbic acid glucoside, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya vitamin C, vitamin B2 juga dapat menekan produksi sebum. Vitamin A pun berkhasiat dalam merawat kulit berjerawat dengan mendukung pertumbuhan epidermis kulit dan mempercepat regenerasi kulit. Vitamin-vitamin ini tidak hanya didapat dari produk perawatan kulit saja, namun Anda juga dapat memperolehnya dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.

Fitur pelembap wajah untuk perawatan jerawat: 3. oil-free

Fitur pelembap wajah untuk perawatan jerawat: 3. oil-free

Pelembap wajah untuk perawatan jerawat biasanya tidak mengandung alkohol dan oil-free. Jika produk pelembap wajahnya mengandung minyak, maka keseimbangan kadar sebum pada kulit wajah akan kacau dan dapat menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih produk pelembap wajah yang mengandung sedikit minyak maupun oil-free, bagi Anda yang ingin mengatasi masalah jerawat.

Fitur pelembap wajah untuk perawatan jerawat: 4. bebas alkohol

Fitur pelembap wajah untuk perawatan jerawat: 4. bebas alkohol

Sangat penting untuk memilih produk yang tidak mengandung alkohol bila Anda hendak membeli produk perawatan kulit berjerawat. Memang alkohol dapat memberikan sensasi menyegarkan pada kulit, tetapi alkohol juga dapat membuat kulit Anda kering. Kondisi kulit kering malah akan memperparah masalah jerawat Anda. Produk yang mengandung alkohol seperti ethanol, sangat tidak dianjurkan bagi Anda pemilik masalah jerawat akibat kulit kering.

10 Rekomendasi pelembab wajah terbaik untuk kulit berjerawat

Setelah memberikan tips, izinkan kami memperkenalkan beberapa produk terbaik rekomendasi kami di bawah ini. Semoga Anda dapat menemukan pelembap wajah untuk kulit berjerawat yang cocok dengan Anda.

10. Erha 21 Acne Care Lab Acne Clarifying Gel

10. Erha 21 Acne Care Lab Acne Clarifying Gel

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 109.000

Solusi melembapkan kulit berjerawat dari ahli dermatologis

Pelembap ini merupakan produk dari Klinik Dermatologi Erha. Produk ini dapat dipakai bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat maupun rentan berjerawat. Clarifying gel dari Erha ini mengandung asam salisilat, nicotinamide, AHA, dan sebum regulator yang dapat mengurangi dan mengontrol produksi minyak berlebih serta kemerahan pada kulit.

Pelembap ini lebih baik digunakan pada malam hari karena dapat meningkatkan sensitifitas kulit Anda. Untuk mendapat hasil yang lebih maksimal, Anda dapat menggunakan pelembap ini bersama rangkaian produk dari Acne Care Lab Erha lainnya.

9. Shisedo Ibuki Refining Moisturizer

9. Shisedo Ibuki Refining Moisturizer

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 470.000

Meremajakan dan melindungi kulit dari luar

Produk ini secara intensif memperbaiki dan memperkuat kulit Anda. Pelembap ini mampu memperbaiki masalah pori-pori kulit, bekas jerawat, dan kulit kasar. Dengan teksturnya yang ringan, Anda akan merasa segar setelah mengaplikasikannya. Kandungannya mampu meningkatkan faktor pelembap alami kulit, memperbaiki tekstur, dan melindungi kulit.

Shisedo Ibuki Refining Moisturizer sangat cocok digunakan bagi Anda yang memiliki kulit kering. Bagi Anda yang memiliki kulit normal dan sedikit berminyak, pelembap ini dapat digunakan saat malam hari guna menghindari tampilan kulit wajah yang terlihat berminyak.

8. Murad Skin Perfecting Lotion

8. Murad Skin Perfecting Lotion

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 550.000

Melembapkan dan menyehatkan kulit

Pelembap ini memiliki kandungan oil-free yang tidak akan membuat wajah Anda tampak berminyak ketika menggunakannya. Teksturnya yang lembut dan ringan membantu kulit wajah Anda terlihat lembut dan sehat. Pelembap ini dapat menutupi pori-pori, memperbaiki tekstur, meredakan kemerahan dan iritasi pada kulit Anda sehingga kulit Anda terlihat lebih sehat.

Pelembap ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang memiliki masalah pori-pori kulit besar serta kemerahan pada kulit akibat jerawat. Pelembap ini juga dapat digunakan bagi Anda pemilik kulit yang cenderung mudah mengalami masalah jerawat.

7. Neutrogena Oil-Free Acne Correct & Cover Pink Grapefruit Moisturizer

7. Neutrogena Oil-Free Acne Correct & Cover Pink Grapefruit Moisturizer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 195.000

Melembapkan kulit dan menyamarkan bekas jerawat

Tidak sedikit orang dengan masalah jerawat, memiliki masalah juga dengan bekas jerawat. Jika Anda juga memiliki masalah tersebut, Neutrogena Oil-Free Acne Correct & Cover Pink Grapefruit Moisturizer dapat menjadi jalan keluar Anda. Pelembap ini memiliki bahan dasar air yang dapat menyamarkan kemerahan dan bekas luka karena jerawat.

Produk ini memiliki dua pilihan warna, yaitu fair to light dan medium to tan. Jadi, pilihlah yang cocok dengan warna kulit Anda! Pelembap ini dapat menjaga agar kulit Anda tetap lembap serta melawan jerawat tanpa menyumbat pori-pori kulit Anda. Anda dapat mengaplikasikan pelembap ini sebagai pendamping ­make-up sehari-hari Anda.

6. Sebamed Clear Face Care Gel

6. Sebamed Clear Face Care Gel

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp. 171.999

Pelembap kulit tanpa tambahan bahan pewangi

Pelembap ini dapat mengatasi masalah jerawat dan komedo Anda. Dengan pH 5,5, pelembap ini mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Kandungan dalam pelembap ini dapat menyembuhkan luka bekas jerawat, iritasi, dan kulit yang kasar. Pelembap ini bahkan tidak menggunakan tambahan bahan pewangi dan pewarna!

Produk ini cocok digunakan untuk segala jenis kulit yang rentan terhadap masalah jerawat. Jadi, Anda yang memiliki kulit berminyak tidak perlu takut menggunakan produk ini. Produk ini juga sangat direkomendasikan pada Anda yang memiliki masalah kulit rosacea, perioral dermatitis, dan seborroic dermatitis.

5. OXY Acne Control Moisturizer SPF15 PA+

5. OXY Acne Control Moisturizer SPF15 PA+

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 150.000

Melembapkan kulit dan melindungi dari radiasi matahari

Pelembap ini memiliki tekstur yang ringan dan tidak membuat kulit Anda terasa berminyak. Dibuat dengan formula baru yang mengandung Acnoplex, pelembap ini mampu melawan jerawat dan mengurangi noda bekas jerawat. Kandungan alaminya mampu menjaga kulit tetap lembut dan lembap serta memperkecil pori-pori sehingga kulit tampak lebih halus.

Tidak hanya melindungi Anda dari jerawat, pelembap ini juga dapat melindungi Anda dari paparan sinar ultraviolet. Sebagai hasilnya, kulit Anda tidak akan kemerahan maupun kecokelatan karena jerawat. Jadi, bagi Anda yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, OXY Acne Control Moisturizer SPF15 PA+ dapat menjadi solusi Anda.

4. Wardah Acne Perfecting Moisturizer Gel

4. Wardah Acne Perfecting Moisturizer Gel

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 27.500

Menjaga kelembapan dan kesehatan kulit

Pelembap yang satu ini memiliki tekstur yang ringan dan mudah meresap di kulit. Pelembap ini dibekali dengan SPF18 untuk melindungi kulit Anda dari radiasi matahari. Pelembap ini diperkaya dengan triclosan untuk mencegah timbulnya jerawat dan ekstrak witch hazel sebagai oil control-nya.

Pelembap ini juga diperkaya dengan pro vitamin B5 dan vitamin E yang berfungsi untuk menjaga kelembapan alami kulit dan melindungi kulit Anda dari paparan radikal bebas di udara. Karena harganya yang ekonomis dan telah memiliki lisensi halal, produk lokal ini diminati oleh banyak kalangan wanita di Indonesia.

3. Acnes Oil Control & Whitening Cream

3. Acnes Oil Control & Whitening Cream

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 34.500

Mencegah jerawat dan memudarkan bekas jerawat

Acnes merupakan produsen perawatan kulit yang terkenal dengan spesialisasinya dalam menangani masalah jerawat. Produk yang ditawarkannya untuk mengatasi jerawat adalah Acnes Oil Control & Whitening Cream. Produk ini dapat melembapkan kulit dan mencegah jerawat timbul kembali. Kandungan kombinasi ekstrak tanaman didalamnya dapat mengurangi minyak berlebih.

Bagi Anda yang memiliki masalah hiperpigmentasi akibat jerawat, pelembap ini memiliki whitening agent yang berfungsi untuk mencerahkan kulit, menyamarkan flek hitam, dan noda bekas jerawat Anda. Pelembap ini lebih baik diaplikasikan pada kulit yang sedikit basah untuk menghindari sensasi lengket pada kulit.

2. Clean & Clear Essential Moisturizer

2. Clean & Clear Essential Moisturizer

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 13.500

Melembapkan kulit kering tanpa membuat kulit berminyak

Memiliki kulit wajah yang kering tidaklah luput dari masalah jerawat. Kulit yang kering ditambah dengan kondisi lingkungan yang tidak mendukung, dapat membuat luka pada kulit yang kemudian menjadi jerawat. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat menggunakan Clean & Clear Essential Moisturizer.

Pelembap ini memiliki tekstur yang lembut dan mudah menyerap. Kandungan salicyclic acid di dalamnya dapat membantu Anda merawat kulit berjerawat. Setelah menggunakan pelembap ini, Anda akan merasa kulit Anda lebih bersih dan lembut. Anda harus buktikan sendiri!

1. Sariayu Pelembap Jeruk Relaxing Aromatic

1. Sariayu Pelembap Jeruk Relaxing Aromatic

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 9.500

Merawat kulit dan menenangkan pikiran

Minyak yang berlebihan pada kulit wajah dapat menjadi penyebab masalah jerawat. Kandungan ekstrak jeruk nipis dalam pelembap ini dapat mengurangi minyak berlebih pada kulit dan mengatasi masalah kulit mengkilat akibat minyak. Kandungan produk ini juga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, mencegah radang, serta menyembuhkan luka, dan hiperpigmentasi akibat jerawat.

Pelembap ini juga memiliki minyak esensial neroli yang berfungsi sebagai relaxing aromatic untuk meredakan stres. Walau pelembap ini dijual dengan harga yang murah, namun kandungan yang dimilikinya mampu membantu Anda mengatasi serta mencegah masalah jerawat Anda. Murah bukan berarti murahan, ya!

Kesimpulan

Ada anggapan bahwa masalah jerawat itu bersifat sementara. Walau begitu, perawatan yang tepat sangatlah penting untuk menghindari masalah yang ditimbulkan jerawat, seperti luka bekas jerawat, hiperpigmentasi, dan kemerahan pada kulit. Jadi, Anda harus merawat kulit berjerawat Anda sebaik mungkin bila Anda tidak ingin masalah tersebut timbul.

Tujuan dari pelembap wajah untuk kulit berjerawat adalah untuk melembapkan kulit dan mencegah timbulnya jerawat baru. Harus diingat bahwa produk bebas minyak dan bebas alkohol sangat dianjurkan bagi perawatan kulit jerawat. Selain itu, menjaga kebersihan diri juga sangatlah penting. Jadi, apakah sekarang Anda sudah menemukan pelembap wajah untuk kulit berjerawat yang cocok untuk Anda?